Doa Agar Dagangan Laris dan Diberkahi Allah

Doa Agar Dagangan Laris dan Diberkahi Allah image

Bagi seorang pengusaha, berinovasi dan membuat strategi dalam menjalankan bisnis sangat diperlukan, supaya usaha tetap lancar dan kepuasan pelanggan terpenuhi.

Namun selain berikhtiar, sudah seharusnya usaha selalu dibarengi dengan doa agar dagangan laris dan selalu diberkahi oleh Allah.

Menjalankan usaha berarti siap dengan segala risiko dan tantangan yang ada.

Itulah sebabnya, jika Anda seorang pedagang, berbagai usaha perlu diupayakan supaya bisnis berjalan dengan baik, tentu dengan cara yang halal.

Sedangkan usaha berdagang itu sendiri, memiliki keutamaan dibandingkan dengan jenis profesi yang lain. Sebab, selain karena dicontohkan oleh Rasulullah SAW sendiri, berniaga adalah kegiatan yang dihalalkan oleh Allah SWT.

Hal ini tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 275 yang memiliki arti, “Padahal, Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba." Tentu saja selain harus menghindari riba, ada banyak ketentuan lain yang harus diperhatikan dalam berdagang supaya berkah.

Pentingnya Berdoa
doa-agar-dagangan-laris
foto: merdeka.com

Melansir dari DetikNews, berdoa berarti memohon dan meminta. Dalam Al Quran sendiri melalui beberapa suratnya, memiliki makna tersendiri mengenai doa.

Dalam Al Baqarah dan Yunus, disebutkan bahwa doa adalah meminta pertolongan dan ibadah. Sedangkan pada surat Al Isra, bermakna panggilan.

Ibadah, termasuk dalam hal ini doa, yang ditujukan kepada Allah, maka akan dijanjikan untuk dikabulkan. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam QS Al Mu’min: 60. 

Arti ayat ini adalah “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Dengan melantunkan doa, berarti Anda berkomunikasi dengan Allah SWT. Jika dilakukan dengan adab tertentu, maka Anda akan memperoleh manfaat atau keutamaan berdoa. 

Misalnya jika diniatkan dengan tulus, khusyuk, sungguh-sungguh, penuh harapan dan keyakinan, menghadap kiblat, dengan suara lembut di waktu-waktu yang mustajab, serta sambil memuji Allah.

Dengan memperhatikan adab tersebut, niscaya Allah akan mengabulkan semua permohonan hamba-Nya.

Maka jika sedang berdagang atau berbisnis, Anda perlu melafazkan doa agar dagangan laris terus, supaya usaha lancar dan barokah, sesuai adab di atas. 

Jika bisnis sedang susah atau pembeli menjadi sepi, ada baiknya berdoa di waktu-waktu yang mustajab, supaya dikabulkan oleh Allah SWT. 

Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Muslim, dimana Rasulullah bersabda, “Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir.

Allah berfirman ‘Barang siapa yang berdoa kepadaKu, Aku kabulkan. Siapa yang meminta, Aku berikan, dan siapa yang memohon ampunan, Aku ampuni’”.

Berdoa merupakan penyampaian rasa ikhtiar, harapan, serta bentuk terima kasih dan berhusnuzan kepada Sang Pencipta. Sebab menurut Surat Al Fathir ayat 3, manusia wajib mengingat bahwa nikmat dan rezeki itu datangnya hanya dari Allah SWT.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

Arab-Latin: Yā ayyuhan-nāsużkurụ ni'matallāhi 'alaikum, hal min khāliqin gairullāhi yarzuqukum minas-samā`i wal-arḍ, lā ilāha illā huwa fa annā tu`fakụn.

Artinya: “Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah Pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi?” (QS. Fathir: 3)

Ayat ini mengingatkan bahwa agar dagangan laris banyak pembeli, atau supaya usaha yang sedang dijalani berkah dan lancar, Anda harus selalu mengingat penciptanya.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan, yaitu dengan rajin melafalkan doa, dzikir, sholawat, maupun istighfar.

Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah
doa-agar-dagangan-laris
foto: id.theasianparent.com

Sebenarnya ada banyak ayat suci yang kerap dilantunkan sebagai permohonan dan permintaan kepada Allah.

Kalimat-kalimat doa yang biasa diajarkan para ulama dan Ustaz ini umumnya bersumber dari AL Quran, meskipun ada juga sebagian yang berasal dari kitab-kitab lain.

Lantas, bagaimana bacaan doa agar dagangan laris yang sebaiknya diamalkan? Ada beberapa doa yang bisa Anda amalkan sebagai bentuk ikhtiar dalam mencari rezeki. Berikut doanya.

1.         Doa Sebelum Mengawali Hari

Seusai shalat Subuh dan sholat sunah, ada amalan yang sebaiknya Anda baca sebanyak 70 kali dan dilakukan selama 40 hari tanpa putus. Bagi Anda yang akan memulai kegiatan mencari rezeki, ada baiknya mengamalkan doa yang berasal dari nukilan Surat Al Qasas ayat 24 ini. 

Melansir dari Mantra Sukabumi Pikiran Rakyat, Habib Luthfi bin Yahya mengatakan bahwa keutamaan membaca ini adalah untuk memperoleh rezeki dan menjauhkan kefakiran. Berikut bunyinya:

رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Arab-Latin: Robbi inni limaa anzalta ilayya min khoirin faqiir)

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”. (QS. Al-Qasas 24).

Selain itu, setelah di pagi hari terutama setelah menunaikan sholat fardhu Subuh, jangan lupa melantunkan doa yang juga diriwayatkan oleh Rasulullah ini.

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab- Latin: Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu, ilmu yang bermanfaat, rizeki yang baik, dan amalan yang diterima. (HR. Ibnu Majah)

Anda bisa rutin membacanya di pagi hari, sebagai doa agar dagangan laris sesuai sunnah, sebelum membuka toko atau memulai pekerjaan. Sebab, berdoa di pagi sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2.         Doa-doa Ketika Berdagang

Selain berdoa sebelum memulai hari, ada banyak doa lain yang bisa diamalkan sepanjang hari untuk memperlancar usaha Anda. Anda bisa mengulang-ulangnya kapan saja dan dimana saja. Melansir dari Kumparan, ada tiga amalan yang relevan dengan kegiatan berdagang.

Doa Pertama

Amalan berikut dikutip dari Buku Fadhilatul Amal Doa Pembuka Rezeki, Sukses Usaha & Karier yang ditulis Ust. Zainal Alim. Anda bisa mengamalkan ini sebagai doa agar dagangan laris dan banyak pelanggan, yang bisa diamalkan para pedagang maupun pengusaha lainnya.

 

اَللَّهُمَّ اِنِّي أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنَى رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Arab-Latin: Allahumma innii as'aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka 'alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

Anda bisa membacanya kapan saja sebagai doa penarik pembeli agar dagangan laris, usaha yang dijalankan berkah, dan menjadikannya rezeki yang halal.

Doa Kedua

Dari buku miliki Ustaz Fayumi Al Maliki yang bertajuk Kumpulan Doa Pembuka Rezeki, Anda bisa membacanya sebagai amalan doa agar dagangan laris dan usaha yang dijalankan sukses.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ صِحَّةً فِى اِيْمَانٍ وَ اِمَانًا فِى حُسْنِ خُلُقٍ وَنَجَاحَا يَتْبَعُهُ فَلاَحٌ وَرَحْمَةٌ مِنْكَ وَعَافِيَةً وَمَغْفِرَةً مِنْكَ وَرِضْوَانًا

Arab-Latin: Allahumma inni as'aluka shihhatan fii iimaanin wa iimaanan fii husni khulukin wa najaahan yatba'uhu falaahun warahmatan minka wa'aafiyatan wa maghfiratan minka wa ridhwaanan

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kemurnian iman dan akhlak terpuji, serta kesuksesan yang disertai keberuntungan, dan aku mohon rahmat, kesehatan pengampunan, dan keridhaan dari-Mu"

Doa Ketiga

Jika Anda memiliki sebuah toko, rumah usaha, atau bahkan berjualan online dalam bentuk sosial media, website, atau marketplace untuk berjualan, ada baiknya sebelum memulai pekerjaan, berdoa terlebih dahulu. Ini adalah doa buka toko agar dagangan laris yang sebaiknya diamalkan menjelang bekerja.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Arab-Latin: Alhamdulillahilladzi rozaqonii haadza min khoiri haulin minnii wa laa quwwatin, allahumma baarik fihi.

Artinya:  “Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezekiku”.

Doa Keempat

Dari Hadis Imam Tirmidzi, ada sebuah amalan yang berisi harapan kepada Allah SWT supaya diberikan rezeki yang halal, dijauhkan dari semua yang diharamkan, serta memohon kekayaan dan kemakmuran hanya kepadaNya.

Anda bisa mengamalkan ini sebagai doa agar dagangan laris manis, mendapatkan untung yang berkah dan tidak haram. Begini bunyinya.

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Arab-Latin: Allahumma akhfinii bikhalaalika anharaamika wa aghninii bifadhlika amman siwaaka.

Doa Kelima

Berikut ini merupakan nukilan Hadist Riwayat Thabrani, yang juga cocok sebagai doa agar dagangan laris manis menurut Islam. Isinya adalah mengharapkan karunia dan anugerah dari Allah SWT, serta meminta rezeki yang baik serta halal. Ini bunyinya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَ عَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا

Arab-Latin: Allahumma inni as’aluka min fadhlika wa astha alika rizqaan thayyiban mubarakah.

Doa lainnya

Selain berdoa dari nukilan ayat suci Al Quran maupun Hadist, Anda juga bisa membaca beberapa surat yang memiliki makna mendalam terkait rezeki. Beberapa diantaranya yang kerap disarankan para ulama untuk memohon rahmat Allah adalah surat Al Waqiah dan ayat Kursi. 

Anda bisa dengan rutin mengamalkannya, sebagai doa agar dagangan laris dan berkah menurut Al Quran. Namun tentu saja, Anda wajib tetap berikhitiar secara halal, menjauhi yang haram, dan ikhlas mengharapkan rida dari Allah.

3.       Istigfar, Selawat, dan Zikir
doa-agar-dagangan-laris
foto: cnnindonesia.com

Selain doa yang diambil dari ayat-ayat suci maupun hadist dari yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, ada banyak kalimat tayibah lainnya yang patut diamalkan sehari-hari. Tidak perlu waktu khusus, Anda bisa mengucapkan istighfar, zikir, maupun selawat kapan saja dan dimana saja. 

Hal ini untuk menandakan bahwa Anda senantiasa mengingat Allah, dan hanya kepada-Nya memohon perlindungan dan pertolongan. Tapi jangan salah, ketiganya juga memiliki konsekuensi yang baik jika rutin diamalkan. Terutama dalam hal kelancaran dan keberkahan rezeki.

Istigfar

Bacaan “Astaghfirullah hal adziim” memang memiliki makna memohon ampunan kepada Allah SWT. Terutama atas perbuatan buruk atau dosa yang telah dilakukan. Namun selain supaya pikiran dan hati selalu dekat dengan Yang Maha Pencipta, Anda juga akan merasakan manfaat istighfar agar dagangan laris. 

Melakukannya pun bisa kapan saja dan dimana saja. Seusai shalat, ketika berjalan, sedang menunggu, saat duduk maupun berbaring. Dari Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Abbas, yang sanadnya telah ternilai shahih oleh Al Hakim serta Ahmad Syakir, Rasulullah menegaskan keutamaan istigfar. 

Dengan memperbanyak ucapan ini, maka tidak hanya kesedihan yang akan hilang, namun juga mendekatkan rezeki yang bisa datang dari segala arah. Begini bunyinya.

Selawat

Pernahkan Anda mendengar ucapan, “Ingin rumah ini? Ingin rumah seperti ini? Yuk, selawatin aja!”.

Kalimat viral dari Ustaz terkenal ini memang tidak salahnya. Sebab tak hanya istighfar, kalimat baik lainnya yang bisa memberikan efek dahsyat jika diamalkan secara rutin adalah selawat.

Dari Bersumber dari Jabir Radhiyallahu 'anhu mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai keutamaan selawat. "Siapa membaca selawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia." (Hadist Riwayat Ibnu Mundah).

Melansir dari Liputan6 online, Imam Dainuri mengatakan bahwa jika rutin membaca selawat nariyah seusai shalat sebanyak 11 kali, maka Allah menjamin rezeki yang tidak terputus. 

Meski beberapa kelompok menganggap berselawat itu syirik, namun banyak ulama besar seperti BUya Yahya dan Ustaz Abdul Somad yang justru mengatakan sebaliknya. Jadi kembali lagi pada kepercayaan yang diyakini. 

Jika Anda seorang pedagang yang ingin mengamalkan sholawat agar dagangan laris, rezeki makin lancar, dan berkah, maka lakukanlah sepanjang niatnya adalah tabaruk.

Zikir

Melansir dari Republika, berzikir merupakan salah bentuk ibadah berupa lisan dan kadang diucapkan dalam hati, sebagai cara untuk senantiasa mengingat Allah. Melakukan zikir tidak terikat oleh batasan waktu, Artinya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan saat sedang berjalan, berbaring, atau bekerja. 

Banyak keutamaan dari rutin mengamalkan zikir, salah satunya adalah dibukakannya pintu rezeki oleh Allah SWT. Rasullullah SAW sendiri menganjurkan umatnya untuk senantiasa berzikir supaya nikmat dari Allah senantiasa lancar. 

Melansir dari Sindonews, ada banyak kalimat zikir yang terkait dengan kelancaran rezeki. Jika Anda seorang pedagang atau pengusaha, ini adalah beberapa kalimat dzikir agar dagangan laris, yang bisa diamalkan sehari-hari.  

  • لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Laa haula wa la quwwatta illa billahil alliyil adhiimi

Kalimat ini memiliki arti bahwa tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi dan Agung. 

  • la ilaha malikul haqqul mubin

Kalimat zikir yang tertulis di pintu masuk Ka’bah ini juga terkenal sebagai amalan untuk pembuka rezeki dan bisa diamalkan setiap hari. 

Pada Hadis Riwayat Abu Nu’aim dan Ad Dailami, bacaan ini akan mengamankan siapapun dari kefakiran serta menentramkan dalam kubur.

  • Laa ilaha illallaahul malikul haqqul mubin. Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil 'adzim, astaghfirullah

Kalimat zikir ini memiliki arti bahwa Allah Maha Menguasai, Maha Benar, dan Maha Menjelaskan. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah yang Maha Agung, aku memohon ampun pada-Mu. 

Dengan melafalkan zikir ini, Anda berserah diri dan hanya ikhlas memohon pertolongan hanya dari-Nya, termasuk dalam hal rezeki dan kehidupan.

Itulah beragam doa agar dagangan laris dan diberkahi oleh Allah. Dengan rutin mengamalkannya, termasuk rajin berzikir, istigfar, dan berselawat, maka Allah menjanjikan pintu rezeki Anda akan terbuka lebar.

Tentu jika dibarengi dengan usaha dan ikhtiar yang halal. Selamat mencoba!