5 Cara Menjadi Reseller Shopee, Pasti Bisa Sukses

5 Cara Menjadi Reseller Shopee, Pasti Bisa Sukses image

Berjualan di Shopee menjadi alternatif yang mudah dan menguntungkan. Tidak perlu dengan modal besar, menjadi reseller sekalipun tetap bisa mendapatkan hasil yang cukup besar.

Apalagi jika Anda benar-benar memahami bagaimana cara menjadi reseller Shopee yang sukses.

Menjadi reseller memiliki keuntungan tersendiri, karena bisa membeli produk dengan harga murah dari supplier. Kemudian menjualnya kembali dengan selisih harga beli.

Keuntungan jadi reseller Shopee Anda bisa menjual produk dengan brand yang sudah dikenal, dan tidak perlu modal terlalu besar.

Nah, bagaimana cara menjadi reseller Shopee agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal?

1. Buat Toko di Shopee dengan Profil yang Lengkap
cara-menjadi-reseller-shopee
foto: 99.co

Untuk membuat toko di Shopee sebenarnya sangatlah mudah. Jika lewat aplikasi, Anda cukup mengunduh aplikasi Shopee kemudian ikuti petunjuk pembuatan akun.

Begitu juga ketika melalui website, ikuti semua petunjuk layaknya menggunakan aplikasi mobile pada umumnya.

Namun, tentunya sekedar memiliki toko tidak akan membuat Anda bisa berjualan maksimal.

Ada strategi yang harus dilakukan agar toko bisa perform secara maksimal. Caranya adalah dengan melengkapi semua informasi mengenai toko secara lengkap.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pikirkan branding toko, mulai dari username dan nama toko.

Nama sangatlah penting untuk dijadikan sebagai branding toko.

Nama yang cocok dan sesuai dengan barang yang dijual, pastinya akan memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada para pelanggan. Begitu juga dengan username dari akun Shopee.

Nama yang unik dan menarik tentunya akan lebih diingat dan bisa menarik pembeli.

Tidak seperti akun default yang biasanya secara otomatis terdaftar. Buatlah username yang memang sesuai dengan jenis toko yang dijalankan tersebut.

  • Melengkapi semua informasi mengenai profil dan toko.

Langkah selanjutnya untuk menjadi reseller, Anda harus detail dalam memberikan informasi kepada pelanggan. Informasi tersebut ada dalam profil akun yang digunakan dalam pembuatan toko online di Shopee.

Beberapa informasi yang harus diisi dengan lengkap mulai dari nama toko, deskripsi toko, gambar deskripsi toko, dan lain sebagainya.

Semua informasi tersebut pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung toko online Anda. Semakin lengkap data yang diberikan, maka semakin banyak orang yang memberikan kepercayaan terhadap toko tersebut.

Pengisian deskripsi toko juga harus memenuhi beberapa hal yang dibutuhkan oleh pelanggan. Seperti jenis produk yang dijual, jam layanan toko, pengiriman, dan berbagai promo yang disediakan.

Hal yang penting selanjutnya untuk meningkatkan performa toko berupa gambar deskripsi toko. Gambar ini bisa dalam bentuk gambar yang sesuai dengan toko, brand, banner promo, voucher, dan lain sebagainya.

  • Upload produk pertama.

Semua hal yang disebutkan dalam poin-poin sebelumnya merupakan langkah awal pembuatan toko. Begitu juga dengan mengunggah produk yang akan pertama kali dijual.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah kelengkapan berbagai informasi dalam upload produk pertama tersebut. mulai dari nama produk, deskripsi, kategori, harga, stok, variasi dalam bentuk warna, ukuran, dan sebagainya, berat, kondisi baru atau bekas, dan jasa kirim yang digunakan.

Dengan mengupload produk ini, berarti Anda sudah siap untuk mendapatkan pesanan dari para pelanggan. Namun tentunya tidak cukup dengan menunggu pelanggan memesan. Anda bisa melakukan beberapa strategi lain dalam menjadi reseller di Shopee ini.

2. Pelajari Cara Berjualan di Shopee dengan Manfaatkan Strategi Promosi yang Disediakan
cara-menjadi-reseller-shopee
foto: markey.id

Di setiap marketplace tentunya memiliki strategi yang berbeda-beda. Hal itu dikarenakan adanya mekanisme yang berbeda dalam berbagai transaksi jual beli.

Dalam berjualan di Shopee, Anda harus bisa memanfaatkan berbagai program promosi yang telah disediakan. Mulai dari adanya program gratis ongkir, voucher toko, dan lain sebagainya.

Nah, apa saja strategi promosi yang sesuai dengan mekanisme berjualan di Shopee tersebut?

  • Program gratis ongkir XTRA.

Gratis ongkir XTRA bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik para pembeli. Pembeli pastinya bisa mengurangi budget belanja dengan adanya gratis ongkir ini. Karena memang biaya pengiriman dibebankan kepada para pembeli.

Program gratis ongkir dari Shopee ini bisa dimanfaatkan bagi para reseller. Penggunaan program ini pastinya akan mempercepat para pembeli untuk memilih toko Anda.

  • Upload produk setiap hari.

Sistem di dalam Shopee juga akan membantu para reseller yang aktif. Sistem Shopee akan memberikan kesempatan yang besar bagi pemilik toko yang aktif untuk ditempatkan pada halaman pertama pencarian produk.

Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi penjual.

Untuk mendapatkan perhatian dari sistem Shopee ini, minimal Anda harus mengupload produk dengan jumlah 10 setiap hari.

  • Buat harga yang kompetitif.

Harga juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Sedikit saja terdapat perbedaan harga, maka pembeli akan lebih memilih reseller Shopee murah daripada dengan harga yang lebih mahal.

Karena itu, Anda harus selalu memantau setiap harga yang diberikan oleh kompetitor.

Kombinasikan harga yang kompetitif tersebut dengan layanan yang berkualitas. Dua hal ini jika saling terkait pastinya akan membuat toko Anda semakin banyak pembeli, dan dipercaya.

Untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa mencari rekomendasi toko Shopee untuk reseller.

Rekomendasi tersebut berupa supplier yang murah, dan punya selisih harga yang cukup jauh. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

  • Informasi produk harus akurat.

Tentunya Anda tidak ingin mengecewakan para pelanggan bukan? Karena itu pastikan bahwa setiap produk yang diupload selalu memiliki informasi yang akurat.

Untuk memastikan bahwa produk Anda memiliki informasi yang akurat, lihatlah bagian judul produk dengan format yang sesuai. Format judul yang baik berupa “Merek + Model + Spesifikasi + Ukuran”.

Selanjutnya adalah foto produk harus sesuai, dan juga jelas. Usahakan foto produk dari berbagai sisi. Sehingga para pembeli bisa melihat produk dengan detail.

Deskripsi produk juga harus jelas dan tidak bertele-tele. Dalam deskripsi produk ini berikan spesifikasi yang lengkap, kegunaan, dan informasi lainnya yang penting.

Terakhir adalah kategori produk dan variasi. Kategori produk harus sesuai dengan produk yang dijual. Begitu juga ketika ada variasi produk yang digunakan. Sehingga pembeli bisa menemukan produk yang diinginkan.

  • Fitur naikkan produk akan menambah trafik pengunjung toko.

Fitur ini menjadi salah satu fitur promosi yang disediakan Shopee secara gratis. Fitur ini memberikan kesempatan kepada produk Anda untuk mendapatkan tempat di halaman awal saat dilakukan pencarian. Biasanya fitur ini diberikan untuk 5 produk selama 4 jam.

  • Pakai voucher toko untuk menambah ketertarikan pelanggan.

Selain voucher yang bisa didapatkan dari program Shopee, pembeli juga bisa membuat vouchernya sendiri. Dengan voucher ini tentunya Anda bisa menambah strategi dalam promosi produk yang Anda jual.

  • Manfaatkan media sosial untuk promosi.

Shopee juga memberikan fitur untuk membagikan produk yang dijual ke media sosial lainnya. Promosi di media sosial pastinya akan menambah potensi pelanggan yang lebih luas. Sehingga para pengguna media sosial akan lebih menemukan produk Anda di Shopee.

3. Membuat Copywriting yang Akan Membuat Toko Lebih Menarik
cara-menjadi-reseller-shopee
foto: jetorbit.com

Teknik ini merupakan suatu cara persuasif yang dilakukan dengan membuat kalimat yang menarik. Penggunaan copywriting ini dilakukan bisa ditempatkan pada deskripsi produk, dan juga pada gambar yang digunakan.

Nah, bagaimana copywriting yang bisa Anda lakukan?

  • Membuat headline menarik dan mampu mengikat pelanggan.

Headline dalam hal ini berbeda dengan judul. Headline merupakan bagian awal dari deskripsi produk. Dimana biasanya sebelum masuk ke deskripsi secara lebih mendetail, ada headline yang ditampilkan.

Dalam menyusun headline ini layaknya memberikan penawaran terhadap produk yang dijual. Ada tiga konsep yang bisa Anda lakukan dalam membuat headline yang menarik.

Pertama, headline yang menawarkan manfaat produk. Contohnya “Ingin kulit putih berseri dalam seminggu?” Kata-kata tersebut menawarkan manfaat kulit putih dalam waktu hanya seminggu saja.

Kedua, headline yang mengingatkan tentang suatu konsekuensi. Contohnya, “Yakin mobil lantai rumah Anda bersih tanpa kuman?” Kalimat ini mencoba mengingatkan konsumen untuk membeli pembersih lantai yang bisa membunuh kuman dengan maksimal.

Ketiga, headline yang memberi urgensi. Contohnya, “Dapatkan sepatu dengan diskon 5% untuk 5 orang.” Kalimat ini memberikan dorongan kepada pembeli untuk segera membeli sepatu dengan harga murah, dan terbatas hanya untuk 5 orang.

  • Deskripsi produk harus lengkap, dan jelas memberikan informasi.

Selain detail informasi dalam bentuk spesifikasi, alangkah lebih baik dalam deskripsi tersebut juga ditambahkan manfaat produk. Dengan adanya tambahan ulasan mengenai manfaat pastinya akan membuat pembeli semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

  • Buat gambar produk semenarik mungkin.

Untuk menarik pelanggan juga bisa dilakukan dari gambar yang ditampilkan dalam produk. Sebisa mungkin Anda harus bisa memberikan gambar dengan resolusi besar, dari berbagai sisi, dan juga angle yang menarik.

4. Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Meningkatkan Status Toko Menjadi Star Seller
cara-menjadi-reseller-shopee
foto: economy.okezone.com

Untuk mendapatkan status sebagai star seller ada berbagai hal yang harus dilakukan. Mulai dari pelayanan yang baik, respon terhadap pelanggan dalam membalas chat, hingga eksekusi pesanan dengan tepat dan cepat.

Nah, berikut cara mempercepat status toko Anda menjadi star seller:

  • Memaksimalkan toko agar bisa menjadi Top Notch.

Top Notch ini merupakan penilaian yang dilakukan oleh para pembeli setelah melakukan pembelian. Penilaian dari pelanggan tersebut ditunjukkan dari hasil pemberian peringkat bintang dari 1 hingga 5.

Penilaian ini memberikan kesempatan kepada pembeli untuk menilai produk dan pelayanan yang dilakukan oleh penjual. Jika pembeli merasa puas, pastinya mereka akan memberikan bintang 5. Begitu sebaliknya, jika pembeli kecewa maka akan sangat berpengaruh pada status toko.

Bahkan jika terdapat banyak penilaian yang buruk, membuat toko mengalami penurunan kinerja. Kepercayaan terhadap toko juga akan menurun, sehingga berpengaruh terhadap penjualan produk.

  • Balas chat pelanggan dengan cepat, dan dengan cara yang baik.

Performa dari chat juga bisa berpengaruh terhadap status toko apakah bisa menjadi star seller atau tidak. Semakin cepat dalam merespon chat, tentunya penilaian terhadap chat juga semakin baik. Untuk penilaian ini dilakukan secara langsung oleh sistem Shopee.

  • Mengirimkan pesanan dengan cepat, dan harus sesuai pesanan.

Kecepatan dalam mengirimkan barang menjadi salah satu poin penting dalam perubahan status toko menjadi star seller. Jika Anda menunda-nunda pengiriman barang, meski dengan alasan yang kuat sekalipun akan terlihat oleh sistem.

Apalagi jika pengiriman tidak sesuai dengan yang dipesan. Tentunya hal itu akan membuat pembeli merasa kecewa. Bahkan tidak mungkin akan membuat keluhan yang menyebabkan toko Anda semakin menurun kredibilitasnya.

Secara sederhana, agar bisa menjadi star seller tentunya Anda harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga harus selalu standby berada di aplikasi Shopee.

Semakin besar respon Anda dalam melakukan pelayanan, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan status star seller.

5. Manfaatkan Fitur-Fitur Menarik yang Disediakan Shopee
cara-menjadi-reseller-shopee
foto: imogenpr.com

Shopee menjadi salah satu marketplace yang memiliki fitur sangat lengkap. Hal inilah yang membuat Shopee menjadi marketplace nomor satu di Indonesia.

Berbagai macam fitur yang disediakan memiliki manfaat, baik untuk pembeli maupun penjual itu sendiri. Nah, fitur apa saja yang harus Anda gunakan agar lebih maksimal dalam mendapatkan pelanggan?

  • Fitur promosi berbayar akan lebih menguntungkan.

Fitur promosi pertama yang harus Anda gunakan agar sukses menjadi reseller adalah fitur promosi Shopee. Fitur ini tidak disediakan secara gratis. Namun ternyata promosi ini sangat membantu para penjual untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Fitur promosi ini di Shopee dinamakan Iklanku. Dengan fitur ini produk dan toko yang Anda miliki akan diprioritaskan dalam mesin pencarian di dalam Shopee. Sehingga produk tersebut akan diiklankan oleh sistem dan pastinya Anda akan lebih banyak menghasilkan keuntungan.

  • Aktif dalam menggunakan fitur Shopee Feed.

Fitur selanjutnya berupa feed layaknya penulisan status di media sosial. Shopee juga memiliki fitur feed yang bisa digunakan untuk mengaktifkan toko lebih baik lagi. Dengan adanya fitur ini, para pembeli dan penjual bisa saling berinteraksi secara langsung.

Cara menggunakan fitur ini seperti layaknya media sosial. Anda bisa memasukkan produk-produk terbaru dalam feed, bisa menawarkan produk yang sedang diskon, dan lain sebagainya.

  • Mencoba menarik pelanggan dengan Shopee Live.

Tidak jauh berbeda dengan fitur sebelumnya, Shopee Live ini juga bisa menjadi ajang pengenalan lebih dalam lagi kepada pelanggan. Dalam Shopee live ini memungkinkan para pengguna untuk bisa streaming secara live.

Banyak para pengguna shopee yang memanfaatkan produk ini sekaligus langsung menawarkannya kepada penonton yang sedang online saat itu.

Adapun fitur ini sekarang banyak dimanfaatkan oleh pengguna dalam menggaet pelanggan baru, membuat sesi tanya jawab, dan tentunya menambah komunikasi agar lebih lancar.

  • Membuat dekorasi Toko dengan menarik.

Dekorasi toko juga menjadi salah satu fitur yang disediakan oleh sistem agar lebih meningkatkan minat para pembeli. Dalam dekorasi toko ini beberapa hal bisa dimaksimalkan dengan tampilan lebih unik dan menarik.

Beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan dari adanya fitur dekorasi toko ini berupa, promosi yang bisa diletakkan dalam halaman toko. Ada promo lainnya berupa diskon, dan voucher yang pastinya akan sangat menarik.

Selain promosi, Anda beberapa hal lainnya juga bisa dimasukkan dengan menggunakan dekorasi toko ini. Anda bahkan bisa meletakkannya dengan sangat mudah dari menggunakan dekorasi toko tersebut. Seperti contohnya garansi produk, ada atau tidaknya return, jam buka, dan lain sebagainya.

Dekorasi toko ini sangat memungkinkan untuk mendesain toko yang Anda miliki dengan sangat mudah. Selanjutnya tinggal bagaimana kreativitas Anda bisa membuat desain toko yang paling unik.

Itulah cara menjadi reseller di Shopee yang pastinya akan membuat Anda mendapatkan keuntungan maksimal. Dengan cara ini perform dari toko Anda akan lebih maksimal, pelanggan akan tertarik untuk membeli, dan status toko pasti akan cepat naik level.