19 Nama Unik untuk Usaha Makanan dengan Konsep yang Berbeda

19 Nama Unik untuk Usaha Makanan dengan Konsep yang Berbeda image

Nama untuk sebuah usaha makanan harus mampu menjadi daya tarik untuk para pelanggan. Nama unik untuk usaha makanan akan lebih mudah diingat, dan membuat rasa penasaran bagi pelanggan baru. Dengan begitu akan membawa banyak pelanggan baru untuk merasakan menu yang ditawarkan.

Menemukan nama yang unik untuk sebuah usaha makanan memang agak sulit. Karena di dalam nama tersebut harus memenuhi beberapa unsur. Mulai dari kata-kata yang unik, berkaitan dengan jenis usaha kuliner, dan juga menunjukkan karakter atau ciri khas dari usaha tersebut.

Nah, apa saja kumpulan nama usaha unik yang belum digunakan dan bisa menjadi pilihan untuk usaha kuliner?

1. Kripique
nama-unik-untuk-usaha-makanan
foto: merdeka.com

Jika mendengar nama ini pastinya setiap orang akan langsung tahu usaha kuliner ini punya produk berupa keripik. Nama ini pastinya terdengar sangat friendly karena mengandung kata “Que” yang bisa diasosiasikan dengan “Aku”. Tentunya kata ini bisa menunjukkan kedekatan dengan setiap orang.

Dengan nama yang simpel ini, memungkinkan untuk setiap orang mudah mengingatnya, dan selalu menghubungkan produk keripik dengan Kripique ini.

2. Iceland Cream

Nama usaha kuliner ini sangat cocok untuk Anda yang akan mendirikan usaha es krim. Iceland bisa dihubungkan dengan arti dalam bahasa Indonesia yang berarti dunia es. Bisa juga dihubungkan dengan produk es krim yang berasal dari negara Islandia.

Dari nama ini membuat para pelanggan akan mudah mengingatnya, dan juga beranggapan bahwa usaha Anda merupakan tempatnya menjual es krim terbaik. Belum lagi jika Anda benar-benar menawarkan rasa yang punya kualitas terbaik.

3. Serba Mie

Kata “Serba” dalam nama usaha ini menunjukkan banyaknya variasi menu dari berbagai jenis mie. Dengan memilih nama ini, akan membuat pelanggan punya ekspektasi bahwa tempat usaha Anda menyediakan berbagai jenis mie.

Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan. Akan banyak konsumen atau pecinta mie yang datang ke tempat Anda setelah mendengar nama ini. Selain itu, nama ini memang benar-benar sangat mudah diingat.

4. Lumbung Bakso

Kata “Lumbung” bisa diartikan sebagai tempatnya atau pusatnya bakso. Hal ini juga akan menarik minat para pelanggan untuk menemukan berbagai macam jenis bakso. Daya tarik dari nama saja sudah mampu membuat para pelanggan untuk datang dan mencoba menu yang ditawarkan.

Dengan nama Lumbung Bakso ini, juga menunjukkan bahwa karakter dari usaha kuliner tersebut menyediakan berbagai jenis bakso. Sehingga para pelanggan yang ingin mendapatkan bakso, akan datang ke tempat ini.

5. We Can Donuts

Nama usaha kuliner ini jelas menyediakan makanan ringan berupa donat. Istilah “We Can Do” menjadi salah satu istilah yang sangat mudah diingat. Selain itu juga seakan memberikan dorongan untuk memotivasi setiap orang bahwa kita bisa melakukan apapun.

Nama unik ini juga bisa dikaitkan dengan filosofi tertentu. Bahwa siapapun bisa melakukan apapun yang diinginkan, asalkan mau berusaha.

Dari nama tersebut juga bisa dikaitkan dengan keterbatasan beberapa orang yang sedang melakukan diet. We Can Donuts ini bisa mengambil segmen pelanggan yang sedang melakukan diet dengan menyediakan menu diet yang aman.

6. Hola Pizza
nama-unik-untuk-usaha-makanan
foto: bola.com

Nama usaha yang unik juga bisa mengadaptasi dari bahasa asing, seperti “Hola Pizza” ini. “Hola” merupakan bahasa Spanyol yang berarti “Halo” dalam bahasa Indonesia. Kata ini jika dihubungkan dengan “Pizza” tentunya menunjukkan bahwa pizza yang dibuat merupakan menu dari Spanyol.

Karakter tersebut bisa langsung terekam dalam benak para pelanggan. Selain itu kata “Hola” juga menjadi salah satu kata ajakan yang sangat unik bagi para konsumen. Dengan nama ini tentunya membuat banyak orang akan lebih tertarik untuk merasakan menu pizza yang ditawarkan.

7. Eat Mie

Kata ini bisa diasosiasikan dengan bahasa Inggris yang berarti “Makan Mie” atau juga “Makan Aku”. Sebuah kalimat ajakan untuk memakan produk mie yang disediakan. Dua frase ini menjadi unik, dan mudah diingat.

Dengan nama usaha kuliner ini Anda sama halnya memberikan tawaran kepada para pelanggan untuk makan mie di tempat ini. Selain itu, jika seseorang sedang menginginkan mie, pastinya akan langsung teringat dengan usaha kuliner dengan nama “Eat Mie” ini.

8. Good Food

Nama usaha ini terdengar sangat tidak asing bukan? Ada dua hal yang membuat nama usaha ini terdengar friendly, yaitu dari kata “Good” dan yang kedua sangat mirip dengan “Go Food”.

Kata “Good” sendiri bisa diasosiasikan dengan menu-menu yang aman dan sehat. Hal ini bisa menjadi nama untuk usaha kuliner yang fokus untuk segmen orang yang melakukan diet. Sehingga ketika ada orang yang menginginkan makanan yang baik dan sehat, akan selalu teringat dengan “Good Food” ini.

Sedangkan jika digabungkan, “Good Food” bisa menjadi salah satu usaha kuliner yang mirip dengan Go Food. Jadi, usaha kuliner ini cocok menjadi nama usaha makanan rumahan online.

9. Sushinesia

Dari namanya sudah menggambarkan bahwa makanan ini merupakan produk sushi. Sedangkan tambahan kata “Nesia” bisa merujuk pada karakter sushi tersebut. Seperti sushi yang dibuat dengan bahan-bahan khas Indonesia, sushi ala Indonesia, dan lain sebagainya.

Nama ini terdengar sangat unik dan mudah diingat oleh siapapun. Kesederhanaan nama ini membuat siapapun akan tertarik untuk mencoba menu yang ditawarkan. Terutama ketika memang usaha kuliner ini menawarkan sebuah menu sushi yang tidak seperti sushi pada umumnya.

10. Dunia Jus
nama-unik-untuk-usaha-makanan
foto: health.kompas.com

Kata “Dunia Jus” ini bisa diartikan sebagai tempatnya atau pusatnya segala macam jus. Hal ini juga bisa menjadi salah satu karakter yang menguatkan usaha kuliner yang Anda jalani ini.  Dari nama ini tentunya setiap pelanggan mempunyai gambaran, bahwa usaha kuliner Anda ini menyediakan berbagai jenis jus yang lengkap.

Kata “Dunia” menjadi kata yang banyak digunakan oleh para pengusaha. Seperti “Dunia Game”, “Dunia Gadget”, dan lain sebagainya. Karena itu, kata “Dunia” juga sangat cocok digunakan untuk jenis usaha kuliner. Hanya saja usaha kuliner tersebut harus menyebutkan jenis produk yang lebih khusus, seperti “Dunia Jus” ini.

11. Bolu Lava

Keunikan dari nama ini juga menunjukkan keunikan dari produk yang disediakan. Karakter kue bolu dari nami “Bolu Lava” ini menggambarkan bahwa kue bolu yang disediakan memiliki tambahan pasta, saus, dan lain sebagainya seperti lava yang tumpah dari gunung.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para pelanggan. Apalagi bagi pecinta kue yang mendengar tentang nama “Bolu Lava” ini. Namanya sangat mudah diingat, dan juga memberikan daya tarik berupa menu yang menggugah selera para konsumen.

Para pecinta kuliner tentunya akan langsung memburu usaha Anda ini. Ketika Anda mampu menyediakan menu yang bisa memuaskan para pelanggan, pastinya usaha kuliner ini akan terus berkembang. Bukan tidak mungkin bisa sangat terkenal jika Anda mampu memanfaatkan semua media.

12. Crispy Talas

Nama usaha kuliner selanjutnya ini juga selain menunjukkan jenis kuliner, juga menunjukkan keunggulan dari produk yang dijual. Dari namanya setiap orang akan tahu bahwa Anda menyediakan keripik talas, dan nama “Crispy” yang digunakan menunjukkan bahwa keripik tersebut mempunyai tekstur yang crispy.

Kata crispy sendiri identik dengan kerenyahan. Sehingga dengan menggunakan nama brand creative makanan ini tentunya bisa membuat para pelanggan akan membayangkan bahwa keripik talas buatan Anda memiliki keunggulan dalam tekstur yang renyah.

Selain itu, kata crispy juga identik dengan penggunaan tepung. Ini menjadi salah satu jenis makanan ringan yang unik. Jika memang Anda mampu membuat produk tersebut, pastinya menjadi sangat unik di telinga dan tentunya di lidah para konsumen.

13. Bebekologi Resto

Nama ini punya unsur yang dekat dengan dunia pendidikan. Unsur “Logi” biasanya digunakan di dalam berbagai ilmu pengetahuan. Nama usaha kuliner ini akan sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki jenis usaha makanan bebek yang berada di area kampus.

Tidak hanya itu, kata “Logi” juga bisa menunjukkan bahwa ada unsur keilmuan yang digunakan. Dari nama ini membuat siapapun yang mendengar kata ini akan berasumsi bahwa setiap menu yang dihidangkan punya keistimewaan tersendiri, karena sangat memahami masakan bebek.

Nama ini begitu unik, dan sangat akrab di telinga para konsumen. Terutama yang sedang menempuh sekolah di perguruan tinggi. Keuntungan besar bagi Anda yang menggunakan nama ini ketika menemukan lokasi yang tepat di area kampus.

14. Gegelatte Cafe

Pernah mendengar istilah “Gege”? istilah ini sangat populer di kalangan anak muda yang punya hobi bermain game online. “Gege” bisa diartikan seorang pemain yang memiliki kemampuan luar biasa dalam permainan.

Jika diasosiasikan dengan nama “Latte” bisa diartikan menjadi nama cafe yang menyediakan kopi dengan racikan terbaik. Karena kata “Latte” sendiri memang identik dengan dunia kopi.

Usaha kuliner yang menggunakan nama ini tentunya sudah jelas bahwa kuliner tersebut merupakan tempat nongkrong para pecinta kopi. Selain itu, dari nama “Gege” sendiri bisa menjadi karakter tersendiri dari cafe tersebut.

Misalnya dengan menyediakan akses internet terbaik, sehingga anak-anak muda yang nongkrong memang menyukai game, dan memang disediakan untuk bermain game. Nama ini akan menjadi karakter yang sangat kuat, dan dipilih oleh para konsumen yang menyukai game dan suka nongkrong.

15. Mancing Selera
nama-unik-untuk-usaha-makanan
foto: qraved.com

Dari kata “Mancing” yang ada di dalam kata tersebut bisa dibayangkan bahwa jenis usaha kuliner tersebut menyediakan makanan olahan ikan. Usaha kuliner bisa dalam bentuk seafood, resto yang menyediakan kolam pemancingan, dan lain sebagainya.

Dua frase “Mancing Selera” ini pastinya akan menarik minat para pelanggan untuk datang dan mencoba masakan tersebut. Para pelanggan yang memiliki hobi memancing juga pastinya akan langsung tergerak ketika mendengar nama ini.

Dari namanya juga bisa menunjukkan bahwa usaha kuliner ini memiliki konsep yang unik. Dimana ada area pemancingan, juga ada resto yang disediakan untuk makan.

Jika Anda memiliki usaha yang punya konsep serupa, nama “Mancing Selera” ini pastinya akan menjadi nama terbaik untuk usaha Anda tersebut. Selain namanya yang mudah diingat, juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para pelanggan yang memang menyukai masakan-masakan olahan dari ikan.

16. Foto Coffee

Setiap orang yang mendengar kata ini, pastinya langsung diasosiasikan dengan tempat untuk menggandakan dokumen. Biasanya tempat yang satu ini sangat familiar dengan para mahasiswa yang penuh dengan tugas-tugas pembuatan makalah.

Nama ini sangat pas juga digunakan di area kampus, dan memang menjadi tempat nongkrong para mahasiswa. Dari namanya juga bisa digunakan sebagai konsep yang unik, dimana ada fasilitas yang bisa digunakan oleh para mahasiswa untuk mencetak atau memfotokopi suatu dokumen.

Pastinya akan banyak sekali mahasiswa yang nongkrong, sambil menyelesaikan tugasnya disini. Nama ini juga bisa mengandung konsep unik lainnya. Seperti konsep sebuah cafe yang menyediakan spot foto yang unik.

Nama “Foto Coffee” ini tentunya akan sangat familiar di telinga. Terutama bagi para mahasiswa yang selalu berurusan dengan yang namanya dokumen. Jika kamu menggunakan nama ini, akan lebih pas untuk lokasi yang berada di dekat kampus.

17. TaGar (Tahu Garing)

Nama “Tagar” tidak asing untuk setiap orang yang memiliki media sosial. Kata inilah yang digunakan sebagai sebuah kata kunci dalam mesin pencarian di media sosial.

Dengan menggunakan nama yang sangat familiar tentunya membuat pemilik usaha akan lebih mudah dalam mengenalkan produknya. Selain itu, jenis kuliner “Tahu Garing” juga banyak yang menyukainya. Terutama untuk cemilan saat mengobrol, menonton TV, dan lain sebagainya.

Nama unik untuk usaha makanan ringan ini juga bisa mengandung sebuah konsep yang unik. Misalnya dengan memberikan beberapa kata yang sedang viral di salah satu spot tempat usaha. Kata-kata tersebut bisa menjadi membuat para pengunjung mengetahui informasi yang sedang hits di media sosial.

Dengan nama yang populer dan mudah diingat, pastinya juga membuat usaha ini banyak diingat oleh para konsumen. Bukan tidak mungkin usaha ini akan terus berkembang, atau bahkan terus membuka cabang di berbagai tempat.

18. Doyan Jajan Resto

Kata “Doyan Jajan” sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, yang berarti suka membeli makanan. Bahasa daerah ini juga sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Sehingga dengan nama ini akan banyak orang yang sudah memahami usaha kuliner tersebut.

Nama ini bisa digunakan untuk rumah makan atau resto, tempat oleh-oleh, dan lain sebagainya. Selain itu, kata “Doyan” sendiri lebih menunjukkan pada rasa suka yang berlebihan. Sehingga hal itu bisa menunjukkan bahwa para konsumen yang merasakan menu kuliner usaha ini akan mendapatkan rasa puas, bahkan ketagihan.

Selain makna tersebut, penggunaan kata “Doyan Jajan” ini juga bisa menunjukkan usaha kuliner yang menyediakan makanan khas Jawa. Karena memang dua kata tersebut berasal dari bahasa Jawa. Tentunya hal ini juga menjadi karakter tersendiri, dan membuat daya tarik sebuah usaha kuliner menjadi lebih kuat.

19. Rumah Makan Sawaregna
nama-unik-untuk-usaha-makanan
foto: beautynesia.id

Ide nama usaha makanan rumahan ini juga berasal dari bahasa daerah, yang berarti sekenyang-kenyangnya. Nama tersebut bisa dipahami dengan mudah oleh orang Bali, Jawa, dan Sunda. Meski berasal dari bahasa daerah, hampir semua orang memahami bahasa tersebut.

Nama usaha ini bisa digunakan untuk rumah makan yang memiliki konsep prasmanan. Dengan prasmanan setiap konsumen pastinya bisa mendapatkan rasa puas mendapatkan semua makanan yang diinginkan. Apalagi jika Anda yang memiliki usaha kuliner mampu menyediakan menu dengan kualitas rasa yang benar-benar lezat.

Nama ini juga sangat mudah diingat, dan pastinya akan selalu menggugah selera setiap orang yang mendengar nama “Rumah Makan Sawaregna” ini.

Itulah nama unik untuk usaha makanan yang memiliki daya tarik kuat, mudah diingat, dan juga mengandung karakter khas. Penggunaan nama unik untuk sebuah usaha memberikan keuntungan yang cukup besar, paling tidak menjadi daya tarik pertama dalam menarik konsumen.