17 Franchise Makanan Terlaris yang Diminati Banyak Orang

17 Franchise Makanan Terlaris yang Diminati Banyak Orang image

Waralaba atau franchise makanan terlaris jumlahnya cukup banyak di Indonesia. Ada yang dimiliki oleh artis dan ada yang dimiliki oleh pengusaha besar. Jenis makanannya juga bervariasi mulai dari franchise makanan tradisional hingga modern.

Waralaba ini hadir dalam bentuk booth atau dalam bentuk kedai makanan cepat saji yang besar. Umumnya franchise hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jakarta, Semarang, dan lainnya.

Apabila Anda tertarik untuk melihat seperti apa bisnis waralaba yang cukup menguntungkan di Indonesia. Atau ingin mencoba membukanya juga untuk mendulang peluang yang cukup besar? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Ngikan Yuk
franchise-makanan-terlaris
foto: infobdg.com

Waralaba ini sudah sangat terkenal akan dimiliki oleh selebgram. Apalagi dalam pembangunannya juga bekerja sama dengan pemilik dari Baba Rafi. Jadi, brand ini sudah sangat kuat sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Jika ingin memiliki franchise dari brand Ini harga yang harus dibeli sekitar Rp300 juta. Harga itu belum termasuk bahan baku dan juga gaji dari pegawai. Untuk tempat harus dicari sendiri yang cukup strategis.

Pengelolaan dari franchise ini dilakukan oleh pusat. Jadi seluruh bahan baku hingga pegawai sudah akan disiapkan. Selanjutnya berbagai jenis laporan akan diberikan secara langsung pada akhir bulan termasuk dengan berbagai pengeluaran dan juga untung yang didapat.

2. Geprek Bensu
franchise-makanan-terlaris
foto: kabar24.bisnis.com

Geprek Bensu adalah salah satu arah lokal yang cukup banyak diminati meski harganya terbilang mahal. Salah satu paket yang ditawarkan adalah Rp400 juta. Paket ini sudah termasuk mendapatkan berbagai perlengkapan untuk dan juga alat promosi.

Tidak diketahui apa syarat khusus yang harus dipenuhi jika ingin mengambil waralaba ini. Dari berbagai sumber yang berbeda salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki lokasi yang cukup strategis. 

Selain mengharuskan pemilik harus memiliki lokasi yang strategis. Setiap tahun harus membayar biaya waralaba dari merek yang digunakan. Biaya waralaba ini sekitar 5% dari besar paket kerjasama yang sudah diambil.

Selebihnya jika sudah memiliki keuntungan maka bisa langsung didapatkan oleh pemilik. Tentu setelah dikurangi dengan biaya operasional dan juga gaji dari pegawai.

3. Kebab Baba Rafi
franchise-makanan-terlaris
foto: enterpreneur.bisnis.com

Salah satu merek kebab yang sangat terkenal bahkan di luar negeri. Tidak mengherankan Jika harga franchise dari Kebab Baba Rafi cukup tinggi. Salah satu paket yang ditawarkan adalah container dengan harga sekitar Rp300 juta.

Meski menawarkan dengan harga yang cukup tinggi untuk memperoleh waralabanya juga tidak mudah. Seseorang juga harus melakukan presentasi bisnis dan berbagai tahapan. Setelah selesai baru melakukan penandatanganan kerjasama.

Tim dari pemilik waralaba biasanya juga akan membantu untuk melakukan survei tempat. Setelah itu, mereka juga bisa melakukan training pada pegawai agar sesuai dengan SOP.

Dengan harga yang ditawarkan Anda bisa balik modal dalam kurun waktu 1,5-2 tahun. Sementara itu kontrak waralaba yang ditawarkan hanya bisa berlaku hingga 5 tahun saja. Lebih dari itu harus ada pembaruan kembali.

4. Jiwa Toast dan Kopi Janji Jiwa
franchise-makanan-terlaris
foto: pergikuliner.com

Waralaba Jiwa Toast (Roti Bakar) dan Kopi Janji Jiwa saat ini sudah memiliki ratusan obat yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bisa membeli lisensi maka Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp 85 Juta. Uang ini untuk membeli lisensi saja dan belum dengan peralatan yang lain.

Setidaknya dengan melakukan konstruksi hingga menyewa tempat dan juga gaji karyawan untuk tahun pertama harus mengeluarkan sekitar Rp200 juta. Dengan modal ini maka bisnis yang dijalankan termasuk dengan bahan baku untuk kopi dan roti bakar kekinian.

Untuk keuntungan biasanya tergantung dengan omset harian yang dilakukan. Berapa poin yang nantinya didapat seorang pemegang lisensi juga harus membayar biaya perawatan sekitar Rp1,5 juta setiap bulan hingga akhir kontrak selesai.

5. Tahu Gila
franchise-makanan-terlaris
foto: sasamecoffee.com

Sudah terlihat dari namanya jika waralaba makanan ini menghadirkan berbagai olahan tahu yang rasanya pedas. Meski hanya olahan tahu, peminatnya ada banyak, sehingga para pemilik franchise jumlahnya ada ratusan di seluruh Indonesia.

Untuk bisa berjualan dengan menggunakan merek ini diperlukan biaya yang bervariasi. Biaya tertinggi sekitar Rp10 juta dan sudah akan mendapatkan booth lengkap dengan banner. Selanjutnya, untuk bahan baku juga disediakan.

Dengan simulasi penjualan bisa berjalan dengan baik atau optimis, pendapatan yang akan diterima sekitar Rp4 juta bersih. Apabila dikelola sendiri akan lebih besar karena tidak perlu membayar biaya pegawai.

6. Sabana Fried Chicken
franchise-makanan-terlaris
foto: sabanaku.com

Gerai ayam goreng cepat saji ini juga cukup diminati karena memiliki rasa yang cukup enak dan ukurannya yang besar. Tidak mengherankan jika peminatnya sangat banyak dan waralabanya sudah menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Apabila ingin mendapatkan waralaba dan penjualan ayam Sabana, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp24 juta. Biaya ini sudah termasuk dengan gerobak untuk memajang indah peralatannya.

Pada awal pembukaan harga itu sudah termasuk dengan modal bahan baku. Dengan apa yang didapatkan ini maka seorang pemilik franchise bisa langsung berjualan setelah mereka menjalani training agar ayam yang dijual sesuai dengan standar.

7. Es Teler 77
franchise-makanan-terlaris
foto: bantennews.co.id

Salah satu merek es teler yang sudah terkenal di Indonesia dan juga mancanegara. Setidaknya ada lebih dari 100 gerai yang tersebar dan tetap beroperasi hingga sekarang. Biasanya gerai berada di mall atau pusat perbelanjaan.

Jika ingin mengambil waralaba di sini biaya yang harus dibayarkan untuk menggunakan brand adalah Rp85 juta untuk kontrak sekitar 5 tahun. Setelah itu harus memperbarui lagi kontrak jika tetap menggunakan merek ini.

Untuk biaya operasional hingga sewa lainnya akan ditanggung oleh kedua belah pihak. Artinya baik pihak franchise atau pihak yang membeli merek itu akan melakukan kerjasama dengan sistem bagi sekitar 50:50. Artinya jika ada kerugian pihak pemilik franchise juga akan menanggung.

8. RM Padang Sederhana
franchise-makanan-terlaris
foto: solo.tribunnews.com

RM Padang Sederhana memiliki banyak jaringan di seluruh Indonesia. Dengan menghadirkan makanan dengan kualitas yang sangat baik, jaringannya selalu disukai oleh banyak orang yang dilakukan oleh turis dari luar negeri. 

Sebenarnya masih terbuka peluang usaha jika ingin melakukan kerjasama dalam pembukaan franchise di salah satu kota. Soalnya informasi terkait dengan biaya kerjasama tidak dipublikasi oleh pihak pemilik brand.

Namun, satu hal yang diketahui jika rumah makan ini mengusung konsep bagi hasil dengan orang yang menggunakan perannya. Inilah yang menjadi kunci sukses mengapa rumah makan yang awalnya sangat sederhana ini bisa memiliki banyak jaringan.

9. Rocket Chicken
franchise-makanan-terlaris
foto: hargaria.com

Salah satu daftar franchise 2021 yang cukup dinikmati adalah Rocket Chicken. Berarti ini cukup dinikmati karena menawarkan harga makanan yang relatif terjangkau sehingga peminatnya ada banyak di berbagai kota khususnya kota kecil.

Untuk memulai waralaba dengan merek ini dibutuhkan biaya awal setidaknya Rp150 juta. Meski demikian untuk bisa bertahan di tangan awal diharapkan memiliki modal sekitar Rp250 Juta untuk menyewa tempat usaha hingga membeli bahan baku dan membayar karyawan.

Rocket chicken menawarkan berbagai varian menu yang menarik mulai dari ayam goreng sederhana hingga berbagai olahan seperti sosis dan burger. Biasanya di setiap kota hadir lebih dari satu gerai dan dekat dengan kawasan yang cukup ramai seperti kampus atau pusat perkantoran.

10. Eatlah
franchise-makanan-terlaris
foto: woop.id

Franchise makanan terlaris selanjutnya adalah Eatlah. Dan ini menawarkan rice box yang di dalamnya kreasi nasi dan juga ayam bumbu tepung yang menggunakan baluran saus telur asin. Selain itu, juga ada rasa lain dari yang asin hingga yang pedas.

Makanan ini dikembangkan sejak tahun 2016 dan terus bertahan hingga sekarang dan menambah berbagai gerai di seluruh Indonesia. Untuk bisa mendapatkan merek ini seseorang harus membayar biaya sekitar Rp300 juta. Biaya ini sudah termasuk berbagai alat yang digunakan untuk memasak dan bahan baku.

Umumnya makanan ini hadir di mall atau pusat perbelanjaan. Itulah kenapa omset hariannya lebih tinggi. Pada saat pandemi semua penjualan dilakukan secara online dan tetap laku keras karena memiliki rasa yang enak.

11. Kue Balok Parikesit
franchise-makanan-terlaris
foto: food.grab.com

Kue balok Parikesit adalah salah satu makanan yang bentuknya mirip sekali dengan pukis. Hanya saja warnanya coklat dan dalamnya lumer. Karena keunikannya, kue ini selalu diminati oleh banyak orang.

Untuk bisa mendapatkan waralaba ini anda harus menyiapkan dana mulai dari Rp17 juta. Dengan tanah ini anda akan mendapatkan booth peserta dengan seluruh perlengkapan dan bahan baku untuk pembuatan.

Omset bulanan yang bisa didapatkan jika berjualan dan laris manis sekitar Rp60 juta. Dengan omset ini maka anda bisa langsung balik modal dalam waktu kurang dari 2 bulan. 

12. Bakwan Day
franchise-makanan-terlaris
foto: traveloka.com

Salah satu jajanan yang cukup unik karena membuat gorengan menjadi next level. Brand ini menawarkan berbagai jenis bakwan yang diolah menjadi unik dan bahan yang dipakai juga premium. Tidak mengherankan jika memiliki harga sedikit mahal tetapi tetap diminati.

Beberapa produk unggulan yang ada adalah bakwan dengan topping pepperoni hingga bakwan dengan topping rebon. Makanan ini cukup unik dan jarang ditemui sehingga banyak sekali peminatnya khususnya di beberapa kota besar.

Modal yang dikeluarkan untuk mendapatkan gerobak dan memakai brand sekitar Rp25 juta. Dengan biaya ini seseorang bisa mendapatkan balik modal mulai dari 3-9 bulan saja. Meski demikian untuk yang didapatkan akan besar karena sudah didukung oleh sistem yang baik.

Para mitra juga akan mendapatkan suplai tahu secara langsung. Dengan begitu mereka hanya perlu menggoreng akan mengolahnya sebelum dijual kepada para pembeli.

13. Tahu Isi Jeletot
franchise-makanan-terlaris

Selanjutnya adalah tahu isi jeletot Taisi. Kemitraan ini sudah ada lebih dari puluhan cabang di seluruh Indonesia. 

Untuk harga kemitraan tidak dipublikasikan secara langsung oleh pihak pemilik brand. Meski demikian dari apa yang didapatkan oleh para mitranya kurang lebih biaya yang harus dikeluarkan di bawah dari Rp25 juta.

14. Tahu Go
franchise-makanan-terlaris
foto: tahugo.co.id

Salah satu gerai makanan ringan yang sedang naik daun di Indonesia. Meski hanya dalam bentuk lahan tahu saja, peluang untuk mendapatkan keuntungannya sangat besar. Apalagi modal yang dikeluarkan juga cukup rendah yaitu sekitar Rp20 juta.

Harga ini sudah mencakup seluruh perlengkapan untuk memasak dan juga gerobak untuk menjual. Bahan baku akan disediakan sehingga jika sudah habis bisa langsung membeli dari sana. Selain itu juga disediakan kemasan yang disertai branding.

Meski terbilang sederhana dan memiliki harga murah. Keuntungan perbulan yang bisa didapatkan oleh mitra bisa mencapai Rp10 juta. Artinya dalam waktu 2 bulan saja sudah bisa balik modal. 

Sementara itu apabila dengan hitungan realistis, perbulan bisa dapat untung Rp2,5 juta. Artinya dalam waktu sekitar 8 bulan sudah balik modal.

15. Mie Setan Njerit
franchise-makanan-terlaris
foto: tribunnews.com

Salah satu franchise makanan terlaris adalah Mie Setan Njerit. Sampai saat ini setidaknya ada lebih dari 200 gerai waralaba yang tersebar di seluruh kota yang ada di Indonesia. Bisnis ini terus berjalan karena menghadirkan makanan yang pedas tetapi masih tetap enak.

Bisnis ini mengelola olahan dari mie dan juga berbagai jenis makanan pendamping seperti es dan juga di dimsum. Harga makanan juga relatif lebih murah sehingga disukai oleh banyak kalangan.

Untuk waralaba mereka menawarkan berbagai jenis paket kerjasama mulai yang paling rendah Rp25 juta, selanjutnya naik kelipatannya hingga Rp75 juta. Untuk paket premium bisa langsung menghubungi dari waralaba. Harga ini sudah mencakup seluruh peralatan dan juga alat branding.

Proyeksi pendapatan yang bisa diperoleh apabila menggunakan waralaba dengan harga yang paling tinggi adalah Rp30 juta per bulan jika optimis. Apabila realistis kurang lebih separuh dari itu.

16. Chicken Time
franchise-makanan-terlaris
foto: chickentimeofficial.com

Waralaba ini memiliki harga sekitar Rp80 juta. Harga ini sudah mencakup seluruh perlengkapan untuk memasak termasuk untuk booth dan branding-nya. Semua sudah lengkap didapatkan sebelum bahan baku untuk ayam goreng dan  burger.

Pengelolaan waralaba ini bebas dari royalti. Artinya uang yang dibayarkan 100% membeli merek tersebut untuk digunakan. Selebihnya akan ada bantuan untuk mendapatkan suplai bahan baku agar kualitas dari produk tetap terjaga.

Simulasi keuntungan yang didapatkan perbulan dengan waralaba ini mulai dari Rp7,5-15 juta. Jadi, dalam waktu sekitar 6-12 bulan sudah kembali modal.

17. Steaky Steak
franchise-makanan-terlaris
foto: steakysteak.com

Waralaba ini hanya menyediakan satu paket kerjasama, yaitu dengan harga Rp70 juta. Harga ini sudah mendapatkan diskon sebesar 50% dari harga awal sekitar Rp140 juta.

Keren makanan ini menjual berbagai jenis olahan steak dengan harga yang cukup terjangkau. Konsumennya berada di kalangan menengah kebawah meski kalangan atas pun masih bisa menikmatinya.

Dengan harga franchise yang sudah ditetapkan. Seseorang bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp26 juta bersih untuk simulasi optimis. Selanjutnya untuk realistis bisa mencapai hingga Rp8 juta per bulan.

Franchise terlaris 2021 sebagian besar sudah masuk dalam daftar di atas. Bahkan ada franchise yang sudah bertahan hingga puluhan tahun dan tetap disukai oleh banyak orang di Indonesia. Tidak mengherankan jika Perancis ini sudah hadir di banyak kota besar.

Franchise makanan terlaris memang memiliki peluang yang besar untuk mendatangkan keuntungan. Apalagi jika anda sudah memiliki lokasi yang cukup strategis dan sudah mendapatkan target market yang tepat. Untuk itu jangan sia-siakan kesempatan dan cari franchise terbaik sesuai dengan kebutuhan.