12 Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah dan Contoh Bisnisnya

12 Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah dan Contoh Bisnisnya image

Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri karena fleksibilitas dan kebebasannya dalam memberikan keputusan. Namun, melakukannya tidaklah mudah.

Salah satu solusinya adalah memiliki usaha rumahan. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara membuka usaha sendiri di rumah sedari dini.

Cara tersebut sangat bermanfaat sehingga Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai usaha tersebut. Kemudian, cara ini juga menjadi patokan utama usaha rumahan jenis apa yang ingin dilakukan nantinya. 

Beberapa Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Sebelum melakukan usaha rumahan, ada baiknya Anda mengetahui berbagai cara membuka usaha sendiri dari nol yang tersedia di bawah ini, yaitu:

1. Punya Keinginan Besar untuk Memiliki Bisnis
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: disdag.samarindakota.go.id

Sebelum benar-benar terjun dalam bisnis, pastikan Anda memiliki ketertarikan atau pun keinginan yang besar untuk memulainya.

Karena tanpa adanya keinginan berbisnis, maka Anda akan sulit memulai hal tersebut.

Memang, ada kisah pengusaha lain yang memang tidak punya pilihan selain berjualan karena masalah ekonomi. Namun, hal tersebut menjadi pemicu bagi mereka sehingga punya keinginan yang besar untuk berbisnis. 

Sedangkan bagi orang yang tidak berkeharusan untuk berbisnis haruslah memiliki keinginan yang lebih besar untuk berbisnis, karena bisnis tersebut memakan waktu, tenaga, serta uang yang tak sedikit. 

2. Berpikiran Positif
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: lifestyle.kompas.com

Tidak ada pengusaha yang tidak pernah merugi. Bahkan beberapa pengusaha besar dan ternama harus mengalami jatuh bangun, berganti haluan bisnis, ganti lokasi, dan lainnya.

Kesuksesan dan kegagalan dalam bisnis ibaratnya koin dengan sisi yang berbeda. Jadi, gagal merupakan hal normal ketika Anda membuka usaha walau di rumah sekalipun.

Walaupun demikian, Anda harus berpikiran positif dan menjauhkan diri dari pikiran negatif dan kegagalan tersebut. Karena pikiran negatif akan memberikan dampak pada kinerja yang memburuk.

Sedangkan pikiran positif akan menjadi penyemangat bagi Anda sehingga dapat bekerja lebih baik, efisien dan efektif.

Bahkan kegagalan yang pernah terjadi sebelumnya justru dapat menjadi penyemangat dan media belajar untuk sukses di masa depan nanti.

3. Memilih Jenis Usaha 
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: modulmakalah.blogspot.com

Salah satu langkah awal memulai usaha lainnya adalah memilih jenis usaha yang ingin dilakukan. Jenis bisnis ini sangat banyak walaupun  harus dilakukan dari rumah sekalipun.

Kebanyakan orang akan menganjurkan untuk ikutan berbisnis yang sedang trend agar cepat laku dan mudah dikenal.

Namun, banyak juga orang yang jualan berdasarkan kesukaannya seperti mainan, koleksi barang tertentu, dan lainnya.

Kedua hal tersebut tidak ada yang salah dan memang bergantung kepada preferensi masing-masing, tetapi setidaknya terdapat beberapa jenis bisnis yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Jajanan Ringan

Bisnis makanan tentunya tidak akan pernah mati. Salah satu jenis makanan yang selalu laris adalah jajanan ringan baik itu yang tradisional atau pun kekinian. Jajanan ini sangat digemari oleh setiap orang baik itu anak-anak sampai orang tua.

Jenis makanan ringan ini bisa Anda masak dan persiapkan di rumah dan dijual di tempat yang sama. Anda juga bisa menjualnya dengan menitipkan jajanan tersebut ke warung-warung.

  • Minuman Ringan

Salah satu contoh usaha sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah adalah minuman ringan. Melakukannya cukup mudah, Anda bisa membuka warung kecil dan menyediakan minuman tersebut di kulkas.

Anda juga bisa meracik sendiri minuman tersebut sehingga lebih unik dan enak. Namun, minuman racikan sendiri memiliki kendala tersendiri seperti bagaimana mengenalkannya kepada orang-orang.

Namun, jenis usaha ini sangat menggiurkan karena pembelinya cukup beragam dan Anda bisa menargetkannya pada pasar yang luas.

  • Dropship

Dropship juga menjadi pilihan bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan. Cara melakukan bisnis ini sebenarnya mudah karena Anda hanya perlu menghubungkan supplier dengan pembeli dan Anda menjadi perantaranya.

Akan tetapi, pada prakteknya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus pintar dan jeli mencari supplier terbaik, terpercaya, memiliki barang yang bagus dan kualitas pelayanan yang memuaskan.

Kemudian, Anda juga harus bisa menilai apakah calon customer yang ada adalah penipu atau tidak. Karena, sebagai dropshipper Anda tidak bisa mengecek barangnya langsung. 

Posisi Anda hanyalah menjadi perantara dan menyampaikan pesanan customer kepada supplier. Sedangkan supplier akan mengirimkan barang langsung ke alamat customer

Walaupun memiliki risiko yang tidak sedikit, dropship merupakan jenis bisnis yang sangat mudah karena tidak memiliki modal sedikitpun selain “trust”. Jadi, dropship sangat dianjurkan untuk Anda coba.

  • Reseller

Cara membuka usaha kecil-kecilan lainnya adalah dengan menjadi reseller. Sesuai dengan namanya, Anda bisa membeli produk yang dimiliki pihak lain dan menjalankannya dengan nama sendiri bahkan memberikan merk sendiri.

Cara ini cukup efektif terutama bagi Anda yang ahli melihat peluang bisnis untuk sebuah produk dan bisa mencari produsen terbaik.

Namun, cara ini mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan pemasaran dan promosi yang baik agar produk yang Anda kenalkan mudah dikenal masyarakat luas.

Anda bisa menjajakan dagangan ini baik secara online ataupun langsung. Kedua jenis pasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika Anda ingin berbisnis dari rumah maka jualan online adalah pilihan terbaik.

  • Produk Bayi

Salah satu jenis produk yang tidak akan lekang oleh waktu adalah produk bayi. Mengapa? Karena hampir setiap penduduk Indonesia ingin berumah tangga dan pastinya ingin memiliki momongan.

Karenanya, permintaan akan produk bayi tidak akan pernah sepi.

Produk bayi sangat banyak mulai dari popok, pakaian, alat makan, mainan, dan lainnya. Anda bisa fokus pada salah satu jenis produk atau beberapa macam sekaligus.

Pemasarannya bisa dilakukan di sekeliling tempat tinggal ataupun secara online. Jadi, menjadi produk bayi untuk bisnis rumahan merupakan salah satu pilihan yang tepat.

  • Pakaian

Salah satu bisnis rumahan yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah bisnis pakaian. Mengapa? Karena pilihan pakaian sangat banyak bisa berupa kaos, celana, jersey, pakaian wanita, dress dan lainnya.

Anda bisa fokus pada salah satu jenis pakaian seperti kaos.

Kebanyakan orang-orang akan menjual kaos jersey ataupun kaos dengan corak desain buatan sendiri. Anda juga bisa mengambilnya dari produsen dan menjualnya kembali.

Pakaian merupakan salah satu produk yang tidak ada matinya.

Namun, mode dan trend pakaian mudah berubah sehingga Anda harus lihai melihat trend terbaru agar bisa beradaptasi dan menjajakan produk pakaian yang dimiliki dengan baik.

Tentunya masih banyak lagi jenis usaha yang bisa Anda coba. Namun, beberapa pilihan di atas merupakan yang paling umum tetapi tetap memiliki peluang yang besar untuk meraih keuntungan besar walaupun dilakukan dari rumah masing-masing.

4. Membuat Rencana Bisnis
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: idntimes.com

Cara lain yang wajib untuk Anda lakukan adalah membuat perencanaan bisnis yang matang. Hal ini mutlak hukumnya agar Anda bisa membuat persiapan yang baik.

Perencanaan bisnis tersebut cukup banyak mulai dari mencari jenis usaha, modal yang digunakan, target pasar, peluang, keuntungan, kerugian, masalah, cara menanganinya, perlu karyawan atau tidak, teknologi yang dipakai, metode pemasaran dan lain-lain.

Perencanaan bisnis yang baik berlaku baik itu untuk cara memulai bisnis kuliner, pakaian dan lainnya. Karena dengan perencanaan yang baik Anda bisa melihat peluang dan keuntungan yang bisa diperoleh dengan baik.

Jika memungkinkan Anda bisa meminta bantuan studi kelayakan untuk menilai rencana tersebut baik untuk dilanjutkan atau tidak.

Hal ini wajar dilakukan karena sekarang banyak studi kelayakan yang menyediakan jasanya untuk skala UMKM ataupun bisnis rumahan.

5. Perkirakan Target Serta Proyeksinya
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: wartaekonomi.co.id

Setiap bisnis haruslah memikirkan target serta proyeksinya dengan baik. Target ini cukup beragam mulai dari target pasar apakah anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua, wanita dan pria dan lainnya. 

Kemudian terdapat target keuntungan dan penjualan yang ingin dicapai. Tentu hal ini sulit dilakukan pada awal bisnis.

Namun, setelah bisnis rumah Anda berjalan beberapa waktu hal ini harus diperkirakan dengan baik agar Anda bisa membuat strategi jitu untuk memperoleh target keuntungan tersebut.

Selanjutnya masalah proyeksi, hal ini berkaitan tentang peluang perkembangan bisnis tersebut ke depannya. Apakah akan mengalami perkembangan, stagnan, atau malah mundur. 

Proyeksi ini sangat penting bagi setiap pemilik usaha karena bisa menjadi penyemangat untuk terus berkembang ataupun memutuskan berhenti pada waktu tertentu. Oleh karena itu, membuat proyeksi bisnis tidaklah mudah terutama untuk bisnis rumahan.

6. Perkirakan Kebutuhan Modal Serta Sumbernya
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: economy.okezone.com

Setiap bisnis pasti membutuhkan modal baik itu uang, waktu, pikiran, tenaga dan lainnya. Semua hal tersebut adalah modal utama yang tidak terbantahkan.

Bahkan untuk usaha tanpa modal uang sama sekali seperti dropship mengharuskan Anda untuk cerdas dan cepat tanggap.

Kebutuhan modal sebelum melakukan bisnis rumahan harus dipikirkan dengan baik. Namun, hal ini bergantung pada skala usaha masing-masing.

Jika Anda ingin memulainya dengan modal kecil, maka ukuran usahanya juga akan mengikuti.

Namun, hitunglah modal dari berbagai hal baik itu yang berupa uang ataupun tidak seperti tenaga dan waktu. Setelah itu, Anda bisa membuat harga yang cocok dengan usaha yang dikeluarkan yang kemudian disesuaikan dengan harga pasar.

Kemudian, Anda juga harus memikirkan dari mana memperoleh modal tersebut. Pada umumnya untuk usaha rumahan memakai dana sendiri yang berasal dari gaji, pinjaman kepada keluarga ataupun pinjaman ringan dari bank.

Setiap jenis pinjaman punya kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga Anda harus mempertimbangkan hal ini dengan seksama.

7. Ikuti Passion Anda
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: finansialku.com

Ketika berbisnis Anda bisa memulainya dari hal yang disukai.

Misalnya saja hobi seperti basket, skateboard, ikan hias dan lainnya. Ada juga yang memulai bisnis rumahan dengan memberikan jasa desain grafis, penulisan artikel, karya ilmiah dan lainnya.

Memulai bisnis dengan passion masing-masing tentu sangat dianjurkan. Karena Anda bekerja di rumah sesuai kesukaan masing-masing dan tetap dibayar dengan layak.

Hal ini bisa dilakukan pada orang yang memang mengetahui passion-nya sedari dini. Sedangkan bagi Anda yang masih bingung, sebaiknya Anda coba ikuti trend yang disukai terlebih dahulu. Cobalah memulai menjual dan menyediakan jasa tersebut. 

Lakukanlah hal tersebut beberapa kali sampai menemukan passion masing-masing. Itulah salah satu cara memulai usaha jasa atau penyediaan produk yang dianjurkan bagi pemilik bisnis rumahan.

8. Tentukan Kelebihan dari Produk dan Jasa Anda

Cara memulai bisnis dari nol lainnya adalah dengan menentukan apa saja kelebihan dari jasa serta produk yang Anda tawarkan. Karena hal tersebut bisa menjadi branding dan membedakan antara produk dan jasa yang dimiliki dengan milik orang lain.

Para konsumen ingin mendapatkan hal yang lebih dari jasa serta produk yang Anda miliki sehingga mereka memiliki alasan untuk memilih hal tersebut.

Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis memberitahukan apa saja kelebihan dan keuntungan yang didapatkan jika memilih produknya.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda telah membuat pondasi yang kuat yang membuat bisnis rumahan Anda unik dari bisnis lainnya yang sejenis.

9. Terus Belajar
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: pikiran-rakyat.com

Salah hal terpenting dalam bisnis adalah selalu peka pada perubahan trend dan mau terus belajar.

Karena, bisnis itu bergerak secara dinamis sehingga Anda harus siap beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Belajar bisa dilakukan melalui media apa saja seperti buku, jurnal atau tulisan ilmiah, berita, seminar, ikut kelas bisnis, belajar langsung dari pakar bisnis dan lainnya.

Anda tidak hanya belajar tentang perubahan pasar tetapi juga perubahan teknologi yang lebih menguntungkan, cara promosi dan lainnya.

Semua informasi tersebut sangat bermanfaat karena bisa membantu untuk memberikan keputusan bisnis yang tepat. 

10. Perkuat Mental Terhadap Persaingan 
cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah
foto: bisnika.hops.id

Perlu Anda pahami bahwa cara dan langkah-langkah memulai usaha dalam kewirausahaan ini sudah dikenal banyak orang. Jadi, Anda jangan kaget jika menemukan bisnis lain yang mirip dengan milik Anda.

Belum lagi adanya barang substitusi yang bisa menggantikan produk dan jasa yang dimiliki. Terutama untuk bisnis rumahan yang biasanya memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

Oleh karena itu, Anda harus kuat secara fisik dan mental sehingga bisa bersaing dengan pihak lain. Kemudian, pastikan untuk selalu berinovasi dan peka terhadap trend yang ada sehingga produk yang Anda miliki selalu dilirik oleh para konsumen.

11. Mempelajari Sistem Administrasi yang Baik

Administrasi yang baik sangat penting pada setiap bisnis walaupun itu untuk bisnis rumahan. Karena dengan administrasi tersebut Anda bisa memberikan pelayanan terbaik kepada customer.

Kemudian, Anda bisa melakukan pengecekan setiap order setiap harinya, memeriksa stok barang, membuat kalender order dengan baik dan cermat, membuat daftar keluhan dan bagaimana cara mengatasinya dan lain-lain.

Pemakaian sistem administrasi yang baik akan memudahkan Anda dalam jangka panjang. Walaupun penerapannya di awal-awal memang merepotkan. Namun, jika Anda ingin membuat usaha di rumah dengan baik maka hal ini harus diperhatikan dengan baik.

12. Menerapkan Manajemen Keuangan yang Benar

Langkah-langkah untuk memulai usaha yang berikutnya adalah dengan menerapkan manajemen keuangan yang benar. Cara paling sederhana adalah memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis.

Jika tidak, maka uang hasil bisnis akan terus terpakai tanpa Anda sadari dan hal ini bisa mengganggu flow bisnis tersebut. Kemudian, Anda harus membuat laporan keuangan yang baik dan lengkap.

Hal ini sangat penting karena Anda bisa melihat berapa pemasukan dan beban yang dimiliki setiap waktunya.

Hal tersebut juga membantu Anda dalam pengembangan usaha seperti bagian apa saja yang harus ditinggalkan dan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan.

Itulah beberapa cara membuka usaha sendiri di rumah Anda masing-masing. Semua hal di atas sangatlah penting dan membantu satu sama lain sehingga jika Anda ingin berbisnis rumahan yang baik maka ikutilah semua cara tersebut.