10 Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal dan Anti Ribet

10 Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal dan Anti Ribet image

Cara menjadi reseller online shop tanpa modal? Memangnya bisa?

Mungkin banyak yang masih takut menjadi reseller karena khawatir akan modal yang harus dikeluarkan.

Padahal Anda tetap bisa menjadi seorang reseller tanpa perlu khawatir mengenai modal awal. Lalu, bagaimana caranya?

Ada beberapa tahap yang harus Anda pertimbangkan sebelum mendaftar sebagai reseller dalam suatu bisnis online. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai selesai.

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal?

Menjadi reseller pasti menyenangkan. Terutama bagi Anda yang belum memiliki tempat atau lokasi strategis untuk berjualan. Dengan bisnis online, semua hal juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah tahapan menjadi reseller toko online tanpa modal:

1.      Mengerti Sistem Reseller
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: blog.amartha.com

Reseller adalah kegiatan transaksi di mana Anda mengambil barang dari seller untuk dijual kembali.

Banyak yang ragu dengan sistem ini karena dirasa membutuhkan modal banyak lantaran harus stok barang.

Padahal Anda juga bisa melakukannya secara gratis.

Untuk menjalankan bisnis reseller tanpa modal, Anda perlu mempertimbangkan supplier dari daerah yang dekat dengan rumah Anda. Sangat disarankan untuk memilih supplier dari kota yang sama.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar ongkos kirim dua kali. Sebab langsung mengambil produk dari agen atau supplier dari kota yang sama.

Namun, jika memang tidak ada pilihan, menjadi reseller dengan supplier kota lain juga tidak masalah. Asalkan Anda mampu menggunakan metode yang tepat untuk mendapat keuntungan.

Lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini:

Anda memilih produk berupa kosmetik. Supplier yang Anda pilih berasal dari kota yang sama, kebetulan jaraknya juga tidak terlalu jauh dari rumah.

Setelah membuat postingan beberapa kali dengan keterangan sistem pre-order, ada sejumlah pembeli yang akan membeli produk Anda.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan orang-orang lainnya yang juga ingin membeli produk.

Jika sudah terkumpul banyak, Anda bisa mulai mengambil produk yang ada pada supplier untuk dijual ke pembeli yang sudah memesan dengan sistem PO.

Tetapi jika memang tidak ada supplier dari kota atau daerah sama, Anda juga tetap bisa menjadi reseller tanpa modal.

Caranya tetap sama, promosi sebanyak mungkin di berbagai media sosial, lalu kumpulkan sampai beberapa pembeli sehingga barang dari supplier bisa dikirim sekaligus.

Mengenai pembayaran kepada supplier, lakukan saja setelah barang benar-benar terjual kepada pembeli.

Sehingga Anda juga tidak memerlukan modal. Ingat, hal ini membutuhkan kesepakatan dari penjual.

2.      Mempertimbangkan Produk
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: fastwork.id

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah produk. Pertimbangkan dengan baik jenis produk yang akan Anda jual. Sebagai tahapan awal, Anda harus melakukannya secara hati-hati.

Pemilihan produk akan berpengaruh pada kelancaran bisnis Anda di masa mendatang. Jadi, jangan melakukannya secara sembarangan.

Mempertimbangkan produk sebelum membuka bisnis tidak mungkin memakan waktu yang sebentar, sebab ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan dengan baik.

Anda bisa menerapkan tips memilih produk untuk menjadi reseller berikut ini:

  • Pilih produk yang Anda pahami dengan baik. Bisa berupa kosmetik, fashion, peralatan rumah tangga, barang elektronik, dan lain-lain. Intinya produk yang Anda pahami dan sukai.
  • Melakukan Riset dengan baik. Jika Anda ingin produk terjual dengan lancar, maka riset sangat diperlukan. Cari tahu mengenai produk yang paling banyak dicari oleh pasar.
  • Anda juga bisa memilih produk yang tidak mudah rusak, sulit dikirim, atau yang cepat kadaluarsa. Pilihlah produk berupa barang yang aman dikirim di seluruh daerah.
  • Jangan melupakan keuntungan. Pilihlah produk yang mampu menjanjikan untung besar bagi Anda. Sebab barang yang Anda jual akan dikirimkan melalui kurir.

Hal yang perlu Anda ingat dalam memilih produk adalah memiliki pengetahuan mengenai produk tersebut.

Sebab nanti akan ada banyak calon pembeli yang bertanya seputar produk Anda.

Product knowledge dalam berbisnis sangatlah penting, karena pelanggan hanya akan tertarik dengan seller yang mampu menjawab setiap pertanyaan sebaik mungkin.

Sebagai contoh, Anda memilih menjadi reseller untuk produk kosmetik.

Maka, harus ada bekal pengetahuan seputar skincare, perawatan tubuh, perawatan rambut, dan lain-lain yang harus Anda ketahui.

3.      Memilih Supplier
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: blog.modalku.co.id

Langkah ketiga menjadi reseller adalah memilih supplier yang tepat.

Memilih toko online sebagai supplier juga tidak boleh sembarangan, karena nasib produk yang akan Anda jual tergantung supplier yang Anda pilih.

Sebagaimana yang telah dibahas pada poin pertama, usahakan memilih toko yang dekat dengan rumah Anda.

Bukan hanya tentang jarak rumah, tetapi Anda juga harus memilih toko yang sudah pasti aman dan terpercaya.

Supplier yang sudah terbukti aman biasanya memiliki banyak produk untuk diposting, memiliki website yang aktif, punya media sosial yang bisa dihubungi, dan alamat kantor juga jelas.

Pastikan juga untuk memilih supplier yang mudah dihubungi, sehingga Anda bisa melakukan konsultasi atau pemesanan dengan mudah.

Keramahan dan respon yang baik dari supplier juga dibutuhkan, karena tujuan Anda adalah melakukan kerjasama dengan baik.

Sebelum benar-benar menentukan supplier bisnis online, lakukanlah pemantauan mengenai pelayanan yang diberikan.

Bisa dari testimoninya atau bagaimana ia berinteraksi dengan calon pembeli.

Jika kebetulan supplier memiliki toko online, Anda bisa melihat penilaian yang diberikan oleh pembeli. Supplier yang tepercaya pasti mendapatkan nilai dan ulasan yang baik dari pembeli.

Usahakan untuk memilih supplier dengan mempertimbangkan kota atau daerah asalnya.

Jika Anda berada di Jawa Barat, lebih baik memilih daerah asal supplier yang sama. Sebab ada ongkos kirim yang harus dibayar.

Jika kebetulan supplier yang Anda pilih berada dalam satu kota atau berjarak dekat dengan kota Anda, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan lebih dari satu supplier.

Tetapi hal ini bisa menjadi opsi tambahan apabila bisnis dengan supplier awal sudah bisa berjalan dengan baik, begitu pula dengan pemasaran yang Anda lakukan.

Selain itu, kesepakatan di awal dengan supplier juga sangat diperlukan. Jadi, pastikan untuk memperhatikan beberapa aspek penting berikut ini sebelum mulai mendaftar sebagai reseller tanpa modal:

  • Berapa biaya produk yang dijual dari supplier.
  • Membuat kesepakatan harga sebaik mungkin, jika perlu Anda bisa melakukan penawaran untuk mendapat harga yang lebih miring.
  • Katakan kepada supplier bahwa Anda akan memberikan pembayaran setelah produk terjual. Dengan begitu, tidak perlu ada modal yang harus dikeluarkan sebelum barang laku.
  • Saling percaya satu sama lain. Dalam beberapa kasus, ada yang bertukar foto KTP sebagai bukti bahwa kedua pihak harus bisa dipercaya satu sama lain.

Hal-hal di atas perlu Anda lakukan di awal perkenalan dengan supplier. Tepatnya sebelum mulai mendaftar untuk ikut bekerjasama.

Setelah menemukan supplier yang dirasa tepat, langkah selanjutnya adalah mulai memahami kompetitor yang ada.

4.      Mengetahui dan Memahami Kompetitor
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: adhielesmana.com

Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, pasti akan ada yang namanya pesaing. Tidak perlu khawatir, karena hal ini memang wajar.

Ketika memutuskan untuk menjadi reseller, pastikan melakukan riset terlebih dahulu di toko yang Anda pilih.

Biasanya supplier akan menuliskan informasi mengenai siapa saja reseller mereka di website atau media sosialnya.

Tetapi jika tidak ada, Anda bisa melakukan riset sendiri atau bertanya langsung kepada supplier.  

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika mengetahui kompetitor, apalagi jika pesaing sudah melaju duluan dan terbukti mendapat banyak pembeli dengan caranya.

Lakukan pengamatan terhadap kompetitor sebaik mungkin, mengenai metode, penawaran, promo, dan harga yang mereka tawarkan.

Hal ini juga bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk membuat bisnis lebih berkembang. Jika perlu, ikuti juga media sosial pesaing dan baca mengenai hal-hal yang ada di websitenya.

5.      Menentukan Target Bisnis
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: wartaekonomi.co.id

Jika sudah mengetahui kompetitor yang ada, langkah selanjutnya adalah mulai menyusun strategi bisnis.

Mulai dari mempertimbangkan siapa target Anda, dan bagaimana metode pemasaran yang akan Anda lakukan.

Menentukan target bisnis memang harus spesifik. Mulai dari usia calon pembeli, jenis kelamin, pendidikan, dan lain-lain.

Target dari supplier kosmetik tentu akan berbeda dengan target dari supplier buku. Semuanya harus Anda pertimbangkan dengan baik dan disusun rapi.

Catat semua hal dan perkembangan seputar bisnis yang akan Anda jalankan sebaik mungkin.

Menentukan target suatu bisnis akan membuat proses pemasaran lebih mudah sekaligus tertata. Jadi, nantinya tidak melebar kemana-mana.

6. Mulai Melakukan Pemasaran
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: linovhr.com

Setelah menentukan target, kewajiban Anda selanjutnya adalah mulai melakukan pemasaran produk.

Ada beberapa cara pemasaran bisnis yang bisa dilakukan, tetapi sebaiknya menggunakan metode secara online karena Anda berbisnis online.

Caranya bisa dengan membuat website sesuai produk, lalu menghubungkannya dengan beberapa media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter.

Melakukan promosi produk memang bukan langkah yang mudah, langkah ini membutuhkan kesabaran yang luar biasa.

Sebab website atau media sosial yang Anda Kelola tidak bisa langsung mendapat banyak peminat.

Jika hanya seminggu atau sebulan sudah berhenti, rasanya itu sama seperti belum memulai sesuatu dengan baik.

Jadi, pastikan untuk melakukan promosi secara optimal di berbagai media sosial disertai sabar dan konsisten.

Semakin banyak pelanggan yang bisa Anda peroleh, maka keuntungan sudah pasti semakin besar.

Apalagi jika sebelumnya Anda tidak menggunakan modal untuk mengawali bisnis. Ini akan menjadi keuntungan yang besar bagi Anda.

Dua modal penting yang harus Anda miliki sebagai reseller adalah koneksi internet dan kemauan untuk promosi. Percuma kan menjual produk tetapi tidak pernah melakukan promosi?

7. Memilih Tempat
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: accurate.id

Penting memilih tempat berjualan sebagai reseller, supaya barang bisa laku terjual sesuai target pasar. Membahas tentang tempat berjualan, tentu saja bukan lokasi berupa pinggir jalan atau toko.

Tetapi tempat secara online, misalnya di media sosial atau di marketplace.

Temukan tempat paling tepat untuk berjualan. Pahami karakteristik dari para pengguna media sosial atau marketplace yang Anda pilih.

Jika Anda berjualan kosmetik, sudah pasti targetnya adalah perempuan remaja sampai dewasa, maka platform yang paling banyak digunakan adalah Instagram dan TikTok.

Mengingat sekarang ini banyak yang suka dengan hal unik, Anda juga harus menjual produk dengan cara yang tak kalah unik sekaligus menarik.

Jika memang perlu, gunakan layanan iklan atau promosi berbayar yang ada di media sosial. Sebab strategi ini terbukti bisa membantu pebisnis mendapat lebih banyak followers.

Tetapi jika ingin menggunakan cara yang benar-benar alami, maka Anda harus rajin membuat postingan dan promosi di berbagai platform. Sehingga semakin banyak yang akan mengetahui produk Anda.

8. Rajin Update Informasi Produk
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: pixinal.com

Informasi produk harus rajin di-update supaya pembeli percaya dengan toko Anda. Jangan sampai di toko tertulis stok masih tersedia 20 buah, tetapi kenyataannya sudah habis.

Berikan juga deskripsi produk sebaik mungkin. Sebab banyak pembeli yang salah paham mengenai suatu produk karena tidak ada deskripsi yang jelas.

Pemberian deskripsi juga bisa membuat pembeli tidak dapat melakukan protes atau semena-mena dengan Anda.

Beberapa aspek seperti warna produk, ukuran, dan aspek penting lainnya harus tertulis dengan jelas.

Sebab kesalahan-kesalahan ini bisa memicu pelanggan untuk marah dan kesal dengan pelayanan toko, sehingga mereka memberikan penilaian yang buruk.

Penilaian pelanggan menjadi tolok ukur penting calon pembeli lain yang akan membeli di toko Anda. Pastikan untuk mendapatkan penilaian yang baik.

Usahakan untuk selalu memberikan informasi terbaru seputar produk yang Anda jual, caranya dengan mencatat setiap barang yang laku.

Ingat, informasi mengenai stok barang adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam berbisnis.

9. Memberikan Pelayanan Optimal
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: jasamart.com

Langkah selanjutnya setelah rajin memperbarui informasi seputar produk adalah memberikan pelayanan yang maksimal. Bagaimana cara terbaik melayani pelanggan bisnis?

Tentu saja dengan menjawab pertanyaan seputar produk yang diajukan, membalas dengan cepat, serta mampu memberi keterangan yang jelas terkait produk.

Bukan hanya itu, Anda juga harus ramah dan memilih kata-kata yang terkesan menghormati orang lain sebaik mungkin.

Selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan dengan menerima segala kritik dan saran dari pembeli.

10. Melakukan Evaluasi
cara-menjadi-reseller-online-shop-tanpa-modal
foto: moondoggiesmusic.com

Evaluasi sangat penting untuk bisnis, tidak peduli apakah Anda pemula atau pebisnis berpengalaman.

Dengan evaluasi, Anda bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis. Sehingga jadi tahu mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang harus ditinggalkan.

Dengan evaluasi, Anda juga bisa menghitung keuntungan dan kerugian lebih rinci.

Evaluasi akan membuat bisnis semakin berkembang, karena Anda senantiasa memperbaiki hal-hal yang perlu dilakukan untuk memajukan usaha.

Beberapa informasi mengenai cara menjadi reseller tanpa stok barang di atas bisa Anda jadikan referensi.

Dengan begitu, tidak perlu repot harus menyiapkan modal besar dan tempat untuk menjual produk.

Belum lagi risiko produk tidak terjual sehingga membuat Anda jadi rugi.

Dengan sistem reseller, Anda tidak akan dirugikan karena produk hanya akan dikirim apabila sudah ada pembeli yang memesan.

Sekedar informasi, beberapa produk yang paling laku dan patut Anda pertimbangkan untuk dijual lagi antara lain:

  • Kosmetik
  • Barang elektronik
  • Fashion
  • Voucher game
  • Sepatu wanita
  • Tas wanita
  • Perlengkapan bayi
  • Pakaian anak
  • Pakaian gamis
  • Jam tangan

Sudah tertarik untuk membuka bisnis dari rumah saja? Jangan lupa menerapkan cara menjadi reseller online shop tanpa modal yang tepat seperti di atas. Semoga bermanfaat.