Resep Sambal Terong Tanpa Digoreng, Cocok Untuk Diet

Resep Sambal Terong Tanpa Digoreng, Cocok Untuk Diet image

Sudah sejak lama terong digunakan untuk menggantikan daging, terutama oleh para penganut diet vegetarian.

Dengan nutrisi tinggi serta hampir tidak mengandung lemak maupun kolesterol, buah ini menyehatkan. Resep sambal terong yang khas Indonesia adalah menu yang cocok untuk diet.

Baik bagi yang sedang menjalankan penurunan berat badan, vegetarian, maupun terapi pemeliharaan risiko penyakit degeneratif, hidangan ini cocok untuk semuanya.

Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara terbaik dan sehat dalam mengolah terong. 

Sebab, jika dimasak sembarang, kandungan nutrisinya bisa berkurang, bahkan menimbulkan masalah kesehatan baru.

Padat Gizi
resep-sambal-terong
foto: food.detik.com

Di seluruh dunia, terong mudah ditemukan dalam berbagai ukuran, varian dan warna. Di Indonesia, hijau dan ungu adalah yang paling sering dijumpai untuk diolah menjadi masakan. 

Pernahkan Anda menyadari, dalam sebuah resep sambal terong penyet favorit keluarga, ada banyak rahasia nutrisi yang belum banyak diketahui? Melansir dari Health Line, buah yang masih tergolong beri ini memiliki sedikit kalori. 

Uniknya, kepadatan nutrisinya cukup tinggi. Yaitu vitamin C, K, B1, B6, yang masing-masing bisa memenuhi 3,4, dan 10% dari kebutuhan harian Anda.

Sedangkan kandungan lainnya adalah serat, folat, protein, serta mineral (kalium, tembaga, dan mangan).

Deretan gizi di atas, ditambah dengan antioksidan, adalah perpaduan yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Pada resep sambal terong balado yang diolah dengan benar supaya nutrisi tidak hilang, mampu membantu mengontrol kolesterol serta mencegah kanker.

Serat di dalamnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pengontrol berat badan dan gula darah. Tak heran banyak pelaku diet dan terapi kesehatan yang memasukkan terong dalam menu harian mereka.

Awas Salah Mengolah

Sudah banyak penelitian yang dibuat mengenai manfaat buah ini untuk membuat manusia tetap sehat.

Sayangnya, jika diolah dengan kurang tepat, kandungan nutrisinya bisa berkurang, bahkan hilang sama sekali. 

Misalnya, vitamin C yang ada pada terong akan cepat hilang jika dimasak terlalu lama atau dengan panas yang tinggi.

Alih-alih mengeksekusi resep sambal terong goreng, olah saja dengan cara panggang, tumis, atau kukus. 

Cara tersebut akan membantu membuat teksturnya lembut, namun tidak merusak bentuknya. Buah ini cenderung mudah menyerap minyak.

Alih-alih bermanfaat mengurangi, terong goreng hanya akan menambah kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kenaikan berat badan.

Menggorengnya juga bisa merusak teksturnya menjadi lembek, dengan bentuk yang keriput dan tidak beraturan.

Beberapa saran memasak jadul juga kerap menambahkan garam pada potongan terong mentah sebelum dimasak, supaya tidak terlalu lembek dan pahit.

Melansir Eating Well, teknologi pertanian terkini bisa menghasilkan varian yang tidak pahit, siap dimasak, dan mudah empuk, tanpa membuatnya lembek. Lagi pula, tambahan garam berlebih juga kurang baik untuk kesehatan. 

Juga, alih-alih mencoba resep sambal terong rebus, yang membuat teksturnya kurang menarik, Anda bisa memanggang atau menumis saja. 

Bentuk yang masih bagus, warna tidak menggelap, serta tidak terlalu lunak bisa makin membuat orang kian berselera untuk memakannya. Karenanya, teknik memasaknya pun harus diperhatikan.

Resep Masak Sambal Terong

Budaya kuliner Nusantara memiliki ciri hidangan yang dimasak pedas, entah dari cabai atau rempah-rempah.

Nah, sambal terong merupakan salah satu sajian asli Indonesia, yang bercita rasa lezat, bergizi tinggi, namun bisa dibilang murah meriah. 

Ada banyak variasi masakan ini, mulai dari balado, penyet, hingga menggunakan terasi. Untuk mengurangi memasak dengan cara  digoreng, berikut adalah beberapa resep memasak yang lebih sehat.

Resep Sambal Terong Sederhana
resep-sambal-terong
foto: palmia.co.id

Masakan ini mudah dibuat dan simple. Untuk memaksimalkan rasa dan teksturnya, pilihlah yang kulitnya masih kesat, tanpa ada keriput, lecet, maupun kerusakan. 

Guna menghindari penambahan kolesterol dan overcooking yang mengakibatkan hilangnya nutrisi, terong dimasak dengan cara dipanggang atau grill. Berikut cara membuatnya. 

Bahan:

  • 2 batang terong ungu berukuran sedang
  • 5 buah cabai keriting
  • 10 buah cabai rawit (opsional)
  • 4 butir bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 3 butir bawang putih
  • Sedikit terasi
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Garam, gula, penyedap sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Bersihkan terong, potong bagian batang dan ujung bawahnya. Irislah berbentuk lingkaran atau strip (memanjang) sesuai selera, tanpa mengupas kulitnya.
  2. Panaskan grill pan atau panggangan, olesi terong dengan sedikit minyak. Panggang masing-masing sisi selama kurang lebih 4 menit, hingga tekstur lebih lembut. Angkat, kemudian letakkan di atas piring saji.
  3. Ulek cabai, bawang merah dan putih, terasi, serta tomat.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus yang sudah diulek. Aduk, tunggu sampai harum baru bumbui gula, garam, dan penyedap. Campurkan merata, tunggu sampai meletup-letup. Koreksi rasa.
  5. Matikan api dan tuang tumisan bumbu di atas terong yang sudah dipanggang tadi.
  6. Masakan siap dinikmati.


Resep Sambal Terong Terasi
Spesial
resep-sambal-terong
foto: cookpad.com

Setelah mengetahui bagaimana cara sehat untuk mengolah buah ini, kini Anda bisa berkreasi dengan tambahan bahan dan bumbu lain.

Yang terpenting, untuk keperluan diet dan terapi kesehatan, hindari olahan goreng. Namun yang tak kalah penting, pilihlah terong yang masih segar.

Saat ini, terong bisa ditemukan dalam berbagai ukuran dan warna.

Apa pun varietas yang Anda pilih, belilah terong yang tanpa bintik-bintik lunak atau luka di kulitnya. Bentuk mentahnya harusnya keras, sedikit berat, dengan kulit yang licin dan halus.

Supaya menjadi menu yang berbeda, resep membuat sambal terong sebelumnya juga bisa dimodifikasi seperti berikut.

Bahan:

  • 3 batang terong
  • 5 buah cabai merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 7 cabai rawit
  • 5 butir bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 2 sendok teh terasi
  • Setengah sendok teh gula merah
  • 1 sendok minyak untuk menumis
  • Garam, penyedap sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Bersihkan terong. Letakkan secara horizontal di atas talenan. Potong bagian batang dan ujungnya. Irislah setengah memanjang, lalu letakkan salah satu bagian dengan sisi terpotong di bawah talenan. Iris menjadi papan setebal kurang lebih 1,5 – 2 cm. Untuk membuat strip terong, iris setiap papan menjadi 2 atau 3 strip.
  2. Panaskan wajan Teflon, grill masing-masing sisinya kurang lebih 6-7 menit hingga teksturnya cukup lembut. Sisihkan.
  3. Panaskan sesendok minyak. Tumis cabai, bawang merah dan putih, serta tomat sebentar.
  4. Angkat, masukkan ke ulekan. Haluskan bersama terasi. Tambahkan garam dan gula merah. Ulek kembali, kemudian koreksi rasa.
  5. Masukkan terong ke dalam ulekan, penyet bersama sambal .
  6. Hidangan siap disajikan.

Itulah resep sambal terong yang digemari oleh seantero masyarakat Indonesia.

Mau khas Jawa Timuran dengan bumbu terasi sebagai cirinya, atau gaya balado ala Minang, menu ini selalu sukses menggoyang lidah. Nah, yang mana favorit Anda sekeluarga?