Resep Rahasia Mie Goreng Jawa Spesial Khas Abang-Abang

Resep Rahasia Mie Goreng Jawa Spesial Khas Abang-Abang image

Pasti Anda sudah sering membeli mie goreng jawa di kaki lima kan? Pernahkah Anda tertarik untuk mencoba membuat sendiri di rumah? Ini dia resep mie goreng jawa yang patut Anda coba di rumah.

Siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini? Pasti sudah sering Anda jumpai di malam hari. Baik dengan gerobak atau dengan tenda kaki lima. 

Mie goreng jawa sangat menggiurkan lidah Anda ketika malam hari bukan? Aromanya dan tampilannya sangat menggugah selera.

Mie goreng jawa adalah salah satu makanan yang paling populer.

Masakan ini banyak Anda temukan di mana-mana, mulai dari kaki lima hingga restoran dan hotel. Mie goreng jawa menggunakan bumbu dasar rempah pada umumnya, sehingga aromanya harum.

Ciri Khas
resep-mie-goreng-jawa
foto: kompas.com

Rasa yang paling khas dari mie goreng jawa adalah manis dan pedas dari merica. Jika Anda pecinta rasa pedas, Anda bisa request untuk ditambahkan cabe pada proses memasaknya.

Kini, mie goreng jawa sudah tersebar di mana pun selain di pulau jawa. Dan kebanyakan memenuhi pinggir jalanan kota dan kabupaten di malam harinya. Menjadi salah satu street food yang mudah Anda temui dan selalu cocok untuk semua lidah masyarakat.

Mie goreng jawa yang paling terkenal adalah di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Di sana biasanya ada yang versi berkuah, namanya Mie Godog. Godog artinya direbus, namun warna mie-nya terkadang tidak coklat karena tanpa kecap.

Variasi mie jawa lainnya juga ada mie goreng jawa nyemek. Nyemek adalah jenis mie goreng jawa yang sedikit basah namun tidak berkuah sehingga tekstur mie lebih lengket.

Biasanya, penyebutan ‘mie’ di daerah tanah Jawa menjadi ‘bakmi’. Penyebutan bakmi berasal dari akulturasi budaya dengan Tiongkok.

Namun, yang sering menyebar ke pelosok tanah air adalah versi gorengnya.

Di Yogyakarta sendiri banyak sekali kedai atau warung mie goreng jawa yang sudah terkenal namanya, bahkan Anda harus mengantri berjam-jam untuk menikmatinya. Salah satunya adalah Bakmi Jawa Pak Pele.

Rasanya nikmat sekali ketika Anda santap pada malam hari, apalagi dengan secangkir minuman rempah atau wedang uwuh. Tapi apakah Anda rela bersabar berjam-jam untuk sepiring mie goreng jawa?

resep-mie-goreng-jawa
foto: kumparan.com

Mie goreng jawa khas Jogja biasanya seporsi seharga 12 ribu rupiah hingga 20 ribu. Tergantung isi dan topingnya. Dan terkadang tergantung seberapa sudah berjualan dan seberapa terkenal warung itu.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa membuatnya sendiri di rumah Anda. Dengan resep spesial, Anda tidak perlu lagi mencari di mana mie goreng jawa kaki lima yang nikmat dan tidak perlu antri berjam-jam.

Simak resep mie goreng jawa spesial yang satu ini. Bakal menggoyang lidah Anda.

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Di antaranya:

1. Bahan

  • 1 bungkus mie telur, bisa menggunakan mie apa saja, sesuai selera Anda. Tapi umumnya mie dengan ukuran agak tebal dan kenyal
  • 1 butir telur ayam
  • 1 potong dada ayam, diiris dadu atau disuwir-suwir, sesuaikan dengan selera Anda
  • setengah batang wortel diiris tipis-tipis
  • 2 batang daun bawang diiris kecil-kecil
  • 2 batang seledri irisan panjang
  • 5 lembar kol diiris kasar
  • 5 butir cabe rawit utuh, atau bisa disesuaikan dengan selera pedas Anda
  • 2 sdm kecap manis merk apa saja

2. Bumbu Halus

  • 3 butir bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 butir kemiri

Siapkan peralatan masak Anda, kemudian mulai memasak dan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Rebus mie Anda terlebih dahulu hingga matang. Usahakan jangan terlalu matang supaya teksturnya tetap kenyal. Setelah matang, tiriskan terlebih dahulu.

Bagaimana jika menggunakan mie instan? Tidak masalah, tapi sebaiknya hanya gunakan mie-nya saja tanpa bumbunya.

  1. Tumis bumbu halus terlebih dahulu. Sebaiknya bawang merah dan bawang putih iris tipis-tipis dan tidak terlalu besar. Tumis semua bumbu hingga mulai harum.
  2. Jika sudah mulai harum, masukkan 1 butir telur, kemudian orak arik. Pastikan potongan telur menjadi kecil-kecil.
  3. Kemudian masukkan potongan dada ayam yang sudah Anda iris sesuai selera Anda. Tumis perlahan. Pastikan api tidak terlalu besar, supaya potongan ayam matang merata.
  4. Jika ayam sudah mulai berubah warna, masukkan kol, wortel, daun bawang, seledri dan cabe yang sudah Anda iris sesuai selera Anda. Kemudian aduk hingga rata. Tambahkan gula, garam dan merica secukupnya.
  5. Kemudian masukkan mie yang sudah matang. Aduk hingga rata. Jika terlalu kering bisa Anda tambahkan sedikit air.
  6. Tambahkan kecap secukupnya. Aduk, kemudian cicipi. Jika kurang pas bisa Anda tambahkan bumbu penyedap.
  7. Jika sudah matang, angkat dan siap Anda hidangkan.
  8. Tambahkan juga bawang goreng, acar dan kerupuk. Supaya lebih nikmat.

Mie goreng jawa terasa lebih nikmat jika Anda santap ketika masih hangat dan berasap dengan acar yang segar dan kerupuk atau emping.

Cara menyantapnya berbeda dengan mie ayam atau mie pangsit, Anda sudah tidak perlu menambahkan saus sambal atau kecap atau sambal cabe, karena rasanya sudah lengkap dan hanya perlu Anda tambahkan kerupuk dan acar.

Anda juga bisa memberi toping lainnya atau lauk pengganti ayam, semisal ikan. Namun tetap dengan potongan kecil-kecil. Supaya pas dengan sesuap satu sendok makan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan telur dadar atau telur ceplok supaya lebih nikmat dan lebih kenyang.

Cara Membuat Acar
resep-mie-goreng-jawa
foto: masakapahariini.com

Anda tidak tahu bagaimana membuat acar? Jangan khawatir. Untuk acar Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Potong dadu kecil-kecil 1 buah wortel
  2. Potong dadu kecil-kecil 1 buah timun tanpa bijinya.
  3. 5 siung bawang merah dengan irisan besar-besar
  4. 10 cabe rawit hijau dan biarkan utuh
  5. 2 sendok teh cuka
  6. 1 sendok teh garam dan gula secukupnya

Kemudian, campur jadi bahan-bahan di atas dalam satu wadah. Tambahkan air mendidih sekitar 250ml.

 

Selanjutnya, koreksi rasanya. Asam, asin, manis pedas. Jika kurang, bisa Anda tambahkan sesuai selera. Anda juga bisa tambahkan setengah sendok teh penyedap rasa.

Yang terakhir, masukkan wadah tersebut ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam. Lalu siap untuk dihidangkan.

Kini, mie goreng jawa spesial buatan Anda sudah bisa dinikmati di rumah bersama keluarga dan siap dihidangkan kapanpun. Maka dari itu, Anda tidak perlu lagi menunggu malam hari ketika sedang ingin menyantap mie goreng jawa.

Selain itu, Anda tidak perlu mengantri berjam-jam atau bingung memilih warung mie goreng jawa yang mana, karena membuat sendiri di rumah sangatlah mudah dan cukup hemat untuk makan sekeluarga dibanding harus membeli beberapa bungkus di warung. Sebab, mie goreng jawa rumahan Anda juga lebih enak.

Mudah bukan resep mie goreng jawa yang bisa Anda kreasikan di rumah? Silahkan dicoba, siapa tahu Anda selanjutnya bisa menciptakan warung mie jawa sendiri nantinya.