Dijamin Nagih! Ini 5 Resep Sambal Jengkol Favorite Keluarga

Dijamin Nagih! Ini 5 Resep Sambal Jengkol Favorite Keluarga image

Jika Anda bingung ingin memasak apa, maka resep sambal jengkol ini sangat cocok untuk Anda. Sambal jengkol bisa dikreasikan menjadi macam-macam menu yang pastinya tidak akan membuat Anda cepat bosan.

Resep sambal jengkol sederhana ini tentunya akan membuat Anda ketagihan dan menjadi menu favorite keluarga Anda. Cara membuatnya pun sangat mudah, tidak memakan waktu yang lama, dan dijamin enak.

Berikut berbagai kreasi resep sambal jengkol yang bikin nagih.

Resep Sambal Jengkol Cumi Asin
resep-sambal-jengkol
foto: cookpad.com

Resep sambal jengkol enak yang pertama adalah sambal jengkol cumi asin. Jika Anda penyuka makanan laut, terutama cumi. Maka, resep sambal jengkol cumi asin ini sangat cocok untuk Anda. 

Bahan-bahan untuk membuat sambal jengkol cumi asin pun tidak banyak. Untuk porsi 3 orang, Anda hanya membutuhkan seperempat kg jengkol, seperempat kg cumi asin, minyak goreng, dan air.

Sedangkan untuk membuat sambalnya hanya memerlukan bahan 8 buah cabai keriting, 3 buah tomat hijau, 7 bawang merah, 5 bawang putih, dan beberapa cabai rawit sesuai selera. Jika Anda menyukai rasa pedas, tambahkan lebih banyak cabai rawit. Namun jika tidak, jangan menggunakan cabai rawit.

Bumbu pelengkap yang digunakan adalah penyedap rasa, gula, garam, bubuk cabai, dan juga terasi. Adapun cara membuat sambal jengkol cumi asin adalah sebagai berikut.

  1. Potong jengkol dan cumi, lalu dicuci hingga bersih.
  2. Rebus jengkol dan goreng cumi hingga setengah matang.
  3. Ulek atau blender halus cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, dan sedikit terasi.
  4. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan masukkan cumi dan jengkol. Kemudian masukkan bumbu-bumbu pelengkap, seperti penyedap rasa, gula, garam, dan bubuk cabai sesuai selera. 
  5. Angkat dan sajikan untuk makan bersama keluarga.

Resep Sambal Goreng Jengkol
resep-sambal-jengkol
foto: lifestyle.okezone.com

Resep sambal jengkol yang kedua adalah sambal goreng jengkol. Jika Anda adalah pecinta jengkol, maka resep sambal goreng jengkol ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. 

Cara membuatnya yang simpel dan rasanya yang sangat enak, tentunya membuat menu ini menjadi menu kesukaan semua orang. 

Bahan-bahan yang diperlukan sangat sedikit dan mudah, yakni 1 bungkus jengkol, 8 cabai rawit, 5 cabai merah besar, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, garam, gula, dan bumbu penyedap rasa.

Cara membuat sambal goreng jengkol sangat mudah, yakni: 

  1. Potong jengkol dan cuci hingga bersih. Lalu, goreng jengkol hingga layu.
  2. Haluskan bumbu-bumbu, seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum. Jika sudah harum, maka masukkan bumbu penyedap, seperti gula, garam, dan penyedap rasa.
  4. Jika rasanya sudah pas, selanjutnya masukkan jengkol yang sudah digoreng tadi. Tumis beberapa saat dan hidangkan jika sudah matang.

Resep Sambal Jengkol Ikan Asin
resep-sambal-jengkol
foto: cookpad.com

Resep sambal jengkol berikutnya adalah sambal jengkol ikan asin. Jika kamu tidak menyukai cumi asin seperti yang ada di resep sebelumnya, kamu bisa menggantinya dengan ikan asin. 

Resep sambal jengkol ikan asin juga tidak kalah populer dibandingkan dengan resep sambal jengkol lainnya. Perpaduan antara ikan asin dan juga jengkol menciptakan rasa yang gurih dan tentunya sangat enak. Oleh karena itu, menu makanan sambal jengkol ikan asin menjadi menu kesukaan keluarga.

Bahan-bahan yang digunakan tidak berbeda jauh dengan resep sambal jengkol cumi asin sebelumnya, yakni ¼ kg jengkol, 1 ons ikan asin, ½ ons cabai merah, 10 butir cabai setan, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 buah tomat, garam, gula, dan penyedap rasa.

Adapun cara membuat sambal jengkol ikan asin adalah sebagai berikut.

  1. Rendam ikan asin di air hangat selama 5 menit, kemudian cuci bersih.
  2. Belah 2 jengkol, kemudian kupas kulitnya. Rendam di air biasa selama 5 menit juga. Setelah direndam, goreng jengkol dan teri dengan api sedang, lalu geprek jengkol.
  3. Ulek atau blender kasar bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai setan dan tomat. Kemudian tumis hingga harum.
  4. Jika sudah harum, masukkan bumbu pelengkap, seperti gula, garam, dan penyedap rasa sesuai selera. Jika sudah pas, masukkan jengkol dan juga teri, lalu goreng hingga bumbu meresap sempurna.
  5. Jika sudah, angkat dan sajikan untuk makan bersama keluarga.

Resep Sambal Jengkol Jeletot
resep-sambal-jengkol
foto: cookpad.com

Jika Anda pecinta makanan pedas, maka resep sambal jengkol jeletot ini sangat cocok untuk Anda. Meskipun pedas, namun ada rasa gurih yang membuatnya semakin enak.

Rasa pedasnya bisa Anda masukkan sesuai selera. Jika Anda sangat menyukai rasa pedas, maka takaran cabai yang Anda gunakan bisa lebih banyak dari yang digunakan pada resep ini. 

Adapun bahan-bahan membuat resep sambal jengkol jeletot ini adalah ½ kg jengkol, ½ kg cabai merah, ¼ tomat, ¼ bawang merah, gula, garam, dan penyedap rasa. 

Cara membuat sambal jengkol jeletot ini adalah sebagai berikut.

  1. Cuci jengkol hingga bersih, kemudian iris tipis atau potong dengan bentuk kotak sesuai selera Anda.
  2. Ulek atau blender bumbu, seperti cabai merah, bawang, dan tomat hingga halus. 
  3. Tumis bumbu hingga harum. Jika sudah harum, masukkan bumbu pelengkap, seperti garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera Anda.
  4. Jika rasanya sudah pas, maka selanjutnya masukkan jengkol dan goreng hingga bumbu meresap sempurna.
  5. Setelahnya, angkat dan sajikan untuk dimakan selagi hangat bersama keluarga Anda.

Resep Sambal Jengkol Balado
resep-sambal-jengkol
foto: idntimes.com

Resep sambal jengkol yang terakhir adalah resep yang sangat terkenal, yakni sambal jengkol balado. Bagi Anda yang menyukai jengkol, tentunya menu ini merupakan menu basic dari olahan sambal jengkol.

Meskipun resep sambal jengkol balado ini merupakan resep basic dari olahan sambal jengkol, namun cita rasanya yang enak dan khas membuat Anda akan selalu membuatnya. 

Bahan-bahan yang digunakan pun tidak banyak. Untuk 7 porsi makanan, Anda hanya memerlukan ¼ kg jengkol, 1 buah kemiri, 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, 6 cabai merah, 1 buah tomat, ½ gula merah, terasi, garam, dan bumbu penyedap.

Adapun cara membuat sambal jengkol balado ini adalah sebagai berikut.

  1. Cuci bersih jengkol, kemudian potong menjadi 4 bagian atau digeprek sesuai dengan selera Anda.
  2. Haluskan bumbu, seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, cabai merah, tomat, dan juga gula merah.
  3. Tumis bumbu hingga tercium bau harum. Setelahnya, masukkan jengkol yang sudah dipotong atau digeprek tadi.
  4. Goreng beberapa saat hingga bumbu meresap sempurna. Jika sudah, angkat dan sajikan.

Itu tadi resep sambal jengkol yang bisa Anda kreasikan sendiri. Berbagai resep yang disajikan pastinya membuat Anda tidak akan pernah bosan dengan olahan dari sambal jengkol. 

5 resep olahan sambal jengkol di atas tentunya akan menjadi favorite keluarga Anda karena rasanya yang gurih dan bikin nagih.