Dijamin Enak! 5 Resep Cumi Sambal Hijau Ini Wajib Dicoba

Dijamin Enak! 5 Resep Cumi Sambal Hijau Ini Wajib Dicoba image

Jika Anda bosan dengan olahan cumi yang biasa, maka Anda wajib mencoba resep cumi sambal hijau ini. Tentunya, resep-resep olahan cumi sambal hijau ini akan sesuai dengan selera Anda.

Meski diolah dengan bahan-bahan seadanya, namun resep cumi sambal hijau sederhana ini sangat enak. Oleh karena itu, 5 olahan resep cumi sambal hijau berikut wajib kamu coba di rumah. 

Cumi Asin Sambal Hijau
resep-cumi-sambal-hijau

Resep cumi sambal hijau yang enak pertama adalah cumi asin sambal hijau. Ada berbagai macam jenis cumi, salah satunya adalah cumi asin yang cocok diolah dengan sambal hijau.

Untuk memasak olahan cumi asin sambal hijau sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk 4 porsi hanya ¼ cumi asin, 10 cabai hijau keriting, 5 cabai merah keriting, 6 bawang merah, 3 bawang putih, 2 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, lengkuas, terasi, sereh, kecap asin, garam, dan juga gula.

Cara membuat resep cumi asin sambal hijau pun sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan 4 langkah berikut.

  1. Cuci cumi asin hingga bersih. Rebus pada air mendidih selama beberapa menit. Setelah itu tiriskan, lalu potong kecil-kecil.
  2. Siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal hijau. Kemudian blender halus cabai hijau, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan juga terasi.
  3. Tumis bumbu sambal hijau hingga harum, lalu masukkan daun jeruk, lengkuas, sereh, dan daun salam.
  4. Setelahnya, masukkan kecap asin, gula, dan juga garam secukupnya sesuai selera Anda. Terakhir, masukkan cumi asin, maka hidangan Anda siap disajikan.



iklan-lauk


Cumi Kentang Sambal Hijau
resep-cumi-sambal-hijau

Olahan cumi berikutnya yang wajib Anda coba adalah resep cumi kentang sambal hijau. Cumi kentang bukan merupakan salah satu jenis cumi, namun cumi kentang adalah sebutan untuk cumi yang dicampur dengan kentang.

Bahan-bahan untuk membuat olahan cumi kentang sambal hijau pun tidak jauh berbeda dengan olahan cumi asin sambal hijau. 

Bahan-bahan yang diperlukan ada ¼ cumi basah, 1 buah kentang ukuran sedang, 8 buah cabai hijau keriting, 2 buah cabai hijau besar, 5 buah cabai rawit, 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, ½ bawang bombay, lengkuas, tomat, daun salam, daun jeruk, saus tiram, gula, dan garam.

Cara memasaknya pun tidak jauh berbeda dengan memasak cumi asin sambal hijau.

  1. Cuci bersih cumi, kemudian rebus setengah matang di air mendidih. Kentang juga direbus setengah matang, lalu dipotong menjadi bentuk dadu.
  2. Ulek atau blender bumbu sambal hijau, seperti cabai hijau keriting, cabai hijau besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Bawang bombay dan tomat dipotong kecil-kecil.
  3. Geprek lengkuas, kemudian tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dan dipotong tadi. Jangan lupa masukkan juga daun jeruk, daun salam, saus tiram, gula, dan garam secukupnya. 
  4. Setelah bumbu harum, masukkan cumi dan kentang yang sudah dipotong tadi. Jika sudah matang, Anda bisa menyajikannya untuk makan bersama keluarga.

Cumi Goreng Tepung Sambal Hijau
resep-cumi-sambal-hijau

Salah satu resep olahan cumi yang enak berikutnya adalah resep cumi goreng tepung sambal hijau.

Resep ini sedikit berbeda dengan dua resep olahan cumi sebelumnya, karena pada resep ini cumi akan dibaluri tepung dan digoreng tanpa bumbu terlebih dahulu.

Meskipun terlihat sedikit susah, namun resep ini pastinya akan menjadi resep favorit keluarga.

Untuk mengolahnya, Anda hanya memerlukan ½ kg cumi, 10 cabai rawit hijau, 5 bawang merah, 3 bawang putih, garam, penyedap, dan tepung terigu.

Cara memasaknya adalah sebagai berikut.

  1. Seperti biasa, cuci cumi hingga bersih, kemudian potong dengan bentuk dadu. 
  2. Larutkan 6 sendok makan tepung terigu. Baluri cumi yang sudah dipotong dadu tadi, kemudian goreng ke dalam minyak panas. 
  3. Ulek atau blender halus cabai hijau, bawang merah, dan juga bawang putih. Setelahnya tumis bumbu hingga harum. Jangan lupa masukkan garam dan penyedap sesuai selera.
  4. Jika bumbu sudah harum, masukkan cumi goreng tepung tadi dan masak hingga bumbu menyerap ke dalam cumi. Setelahnya hidangan Anda sudah siap disajikan.


iklan-lauk


Baby Cumi Sambal Hijau
resep-cumi-sambal-hijau

Selain resep cumi asin sambal hijau, ada juga resep yang tak kalah enak, yakni resep baby cumi sambal hijau.

Baby cumi artinya cumi yang digunakan merupakan anak cumi yang masih berukuran kecil. Rasanya tak kalah enak dengan cumi biasa.

Bahan-bahan yang diperlukan pun hampir sama dengan resep cumi asin sambal hijau, yakni ¼ baby cumi, 10 cabai rawit, 8 cabai hijau besar, 3 buah tomat, 7 buah bawang putih, 4 buah bawang merah, sereh, daun jeruk, garam, dan penyedap rasa.

Cara mengolah baby cumi sambal hijau adalah sebagai berikut.

  1. Potong bumbu-bumbu yang sudah disiapkan tadi, seperti cabai rawit, cabai hijau, tomat, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian goreng setengah matang.
  2. Cuci cumi hingga bersih, lalu goreng hingga setengah matang.
  3. Ulek kasar bumbu yang sudah digoreng tadi. Selanjutnya, tumis bumbu yang sudah diulek, lalu masukkan baby cumi yang sudah digoreng tadi.
  4. Terakhir, masukkan bumbu-bumbu penyedap, seperti garam dan bumbu penyedap rasa sesuai selera. Setelahnya Anda bisa menyajikan resep baby cumi sambal hijau ini untuk makan bersama keluarga.

Cumi Pete Sambal Hijau
resep-cumi-sambal-hijau

Sama seperti resep cumi kentang sambal hijau, resep cumi pete sambal hijau menggunakan campuran antara cumi dengan pete yang tentunya akan membuat rasa masakan semakin enak. 

Bahan-bahan dasar yang digunakan pun mirip dengan resep cumi sambal hijau lainnya, yakni 1 ons cumi asin, 2 buah pete, 8 buah cabai hijau besar, 10 buah cabai rawit hijau, 2 buah tomat hijau, 8 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan juga bumbu penyedap.

Cara memasaknya pun sama seperti sebelum-sebelumnya, yakni:

  1. Cuci cumi hingga bersih, lalu rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit.
  2. Goreng cabai hijau, cabai rawit, tomat, bawang merah, dan juga bawang putih hingga layu, kemudian ulek kasar bumbu tersebut.
  3. Selanjutnya, goreng cumi dengan minyak panas sebentar lalu masukkan bumbu yang sudah diulek tadi. 
  4. Tambahkan bumbu-bumbu penyedap, seperti garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera Anda. Terakhir, Anda bisa menyajikan resep baby cumi sambal hijau untuk dinikmati bersama keluarga.

Nah, itu tadi resep cumi sambal hijau yang wajib Anda masak untuk keluarga di rumah. Selain masaknya mudah, rasanya juga sangat enak dan akan menjadi favorite keluarga Anda.


iklan-lauk