18 Inspirasi Usaha Modal 300 ribu Dengan Untung Besar

18 Inspirasi Usaha Modal 300 ribu Dengan Untung Besar image

Banyak yang tidak berani membuka usaha karena kendala modal. Padahal ada banyak usaha yang sebenarnya tidak membutuhkan modal besar.

Misalnya beberapa usaha modal 300 ribu yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Kunci penting dari berbisnis bukan hanya tentang modal. Tetapi bagaimana Anda bisa menemukan kebutuhan pasar sehingga mampu memenuhi apa yang dicari pelanggan.

Ada banyak contoh usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan. Mulai dari yang online sampai yang offline. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk memulainya, mungkin beberapa ide inspiratif di bawah ini akan membantu.

18 Ide Bisnis Modal 300 Ribu yang Untung Besar

Apakah saat ini Anda sedang mengantongi uang 300 ribu dan ingin berbisnis?

Jika Anda bingung harus memulai usaha apa, beberapa inspirasi di bawah ini bisa Anda jadikan solusinya.

1.  Menjadi Reseller
usaha-modal-300-ribu
foto: blog.amartha.com

Ide usaha online modal terjangkau yang perlu Anda pertimbangkan adalah bergabung menjadi reseller. 

Banyak produk yang penjualnya telah membuka jasa reseller dengan berbagai persyaratan tertentu.

Pastikan Anda mengetahui apa kebutuhan pasar yang tinggi.

Lalu pilih pihak ketiga yang dapat dipercaya serta terbukti track record-nya. Setelah keduanya beres, tugas Anda selanjutnya adalah mulai melakukan promosi.

Sebagai reseller, cara promosinya mudah dan praktis.

Bisa secara online atau memberitahukan secara langsung kepada teman atau tetangga. Syarat menjadi reseller, Anda harus membeli barangnya terlebih dahulu lalu menjualnya pada pembeli.

iklan-reseller

2. Menjadi Dropshipper
usaha-modal-300-ribu
foto: fissilmi-kaffah.com

Kalau tidak mau yang menggunakan modal atau menyetok produk terlebih dahulu, Anda bisa memilih ide usaha sebagai dropshipper.

Banyak keuntungan menjadi dropshipper yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari tidak usah menyetok produk, tidak perlu ikut mengemas kalau ada pesanan, serta bisa bekerja sama dengan beberapa supplier.

Saat ini sudah banyak toko online yang membuka jasa dropship. Ada yang menjual kosmetik, makanan ringan, pakaian, dan masih banyak lagi.

Pastikan untuk melakukan riset sebelum memilih produk yang akan dijual. Modalnya yang penting Anda memiliki ponsel dan kuota internet.

Proses promosi barang bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial. Kalau mau yang lebih canggih lagi, Anda bisa membuat website sendiri.

3. Bisnis Pulsa
usaha-modal-300-ribu
foto: sepulsa.com

Untuk memutarkan uang 300 ribu, Anda bisa mencoba memulai bisnis pulsa. Saat ini kebutuhan akan pulsa semakin tinggi, terutama bagi yang selalu mendaftarkan kuota internet.

Kebutuhan akan pulsa yang tinggi tersebut bisa menjadi peluang besar bagi Anda. Bahkan cara menjalankan usahanya sangat mudah. Promosi juga bisa dilakukan kepada teman, keluarga, atau lingkungan sekitar.

Jika diamati, orang-orang lebih suka membeli pulsa di tempat terdekat alih-alih harus pergi ke konter. Lagipula kalau nanti bisnis sudah membesar, Anda bisa menambah usaha yang lainnya.

4. Usaha Telur Asin
usaha-modal-300-ribu
foto: bobo.grid.id

Usaha berikutnya yang bisa Anda coba adalah berjualan telur asin. Usaha populer modal kecil satu ini kian digandrungi karena rasanya yang enak. Bahkan saat ini telah muncul berbagai varian rasanya, selain yang original.

Telur asin sangat cocok untuk menemani hidangan sarapan, makan siang, bahkan makan malam.

Biasanya telur asin banyak dijual di warung makan. Sehingga Anda juga bisa menitipkannya pada beberapa warung makan apabila telah memulai bisnis.

Selain menjual telur asin di warung makan, promosi juga dapat Anda lakukan secara online. Mulai dari ikut di grup jual beli makanan sampai dengan membuka toko online sendiri.

Modal yang Anda butuhkan juga tidak besar. Uang 300 ribu cukup untuk memulai berjualan telur asin.

5. Jualan Gorengan
usaha-modal-300-ribu
foto: pergikuliner.com

Usaha sampingan modal kecil rumahan adalah bisnis gorengan. Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan gorengan sehingga dalam beberapa events akan membeli makanan ini. Baik saat sedang berkumpul dengan teman atau keluarga.

Anda bisa membuka bisnis gorengan kecil-kecilan dan melihat perkembangannya. Mengenai tempat, gunakan saja teras rumah supaya tidak perlu menyewa.

Banyak juga gorengan yang mulai dijual secara online. Kalua gorengan Anda enak dan harganya wajar, dijamin orang-orang akan selalu ketagihan untuk membeli. Bahkan setiap hari Anda bisa memperoleh pemasukan.

6. Jasa Pengetikan
usaha-modal-300-ribu
foto: economy.okezone.com

Ide usaha sampingan berikutnya adalah membuka jasa pengetikan. Usaha ini termasuk membutuhkan modal kecil bagi Anda yang sudah mempunyai laptop atau komputer.

Jasa pengetikan menjadi salah satu bisnis rumahan yang juga populer. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah yang banyak siswa atau mahasiswanya.

Jasa pengetikan tidak hanya akan menjadi bisnis sampingan saja. Jika Anda bisa mengembangkannya dengan baik, bisnis ini bisa menjadi usaha utama.

iklan-reseller

7. Penulis Lepas
usaha-modal-300-ribu
foto: fastwork.id

Ide usaha online dari rumah saja yang modalnya kecil adalah menjadi seorang penulis lepas. Misalnya menjadi content writer yang semakin banyak dicari oleh industri-industri.

Keberadaan content writer sangat dibutuhkan, karena hampir semua bidang telah memiliki website masing-masing. Jadi, ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda yang suka menulis.

Selain menjadi content writer, Anda juga bisa menulis hal-hal lainnya. Misalnya mengirimkan cerpen ke media online atau media khusus yang akan membayar karya Anda.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu memiliki skill menulis, ponsel pintar, laptop, serta usaha untuk mencari pekerjaan. Gabunglah dengan beberapa grup penulis lepas atau ikuti sejumlah platform khusus para penulis.

8. Bimbingan Belajar
usaha-modal-300-ribu
foto: quipper.com

Membuka bimbingan belajar juga menjadi salah satu bentuk usaha yang paling direkomendasikan. Terutama jika Anda tidak memiliki modal yang besar.

Membuka bimbingan belajar membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam mengajar para siswa siswi. Metodenya bisa secara daring atau langsung bertatap muka.

Kalau Anda tinggal di desa, metode bertatap muka lebih disukai oleh para siswa. Sebab ada beberapa siswa yang mungkin belum memiliki ponsel pintar.

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tetap bisa membuka bimbel online bagi beberapa siswa tertentu.

Promosinya bisa Anda lakukan secara online melalui beberapa media sosial seperti facebook, instagram, atau WhatsApp.

Dijamin setelah mendapatkan satu siswa, akan banyak siswa siswi lain yang ingin bergabung dengan bimbel Anda.

9. Delivery Order Makanan
usaha-modal-300-ribu
foto: parselday.com

Sekarang banyak yang lebih suka order apa-apa secara online karena malas keluar rumah. Tidak terkecuali order makanan.

Anda bisa membuka usaha makanan delivery order yang siap mengantarkan pesanan sampai rumah. Modalnya juga tidak besar, karena Anda bisa membuat daftar para pemesan sebelum memasak.

Banyak menu enak yang bisa Anda tawarkan secara online, mulai dari ayam geprek, seblak, mie dengan varian rasa, dan masih banyak lagi. Promosinya juga mudah, yaitu melalui grup-grup yang ada di media sosial.

Bisnis ini hanya cocok untuk usaha di daerah sekitar saja. Sebab bentuk makanannya tidak bisa dikirim melalui ekspedisi online.

10. Makanan Ringan
usaha-modal-300-ribu
foto: bruker.com

Usaha sampingan makanan ringan juga salah satu ide yang tepat. Sebab semua orang pasti suka ngemil. Di beberapa marketplace, makanan ringan juga selalu terlihat memiliki banyak pembeli.

Untuk produknya, Anda bisa menjadi reseller atau dropship di supplier makanan ringan tertentu.

Pilihan jenis jajanan yang cocok dan paling banyak diminati oleh masyarakat. Bisa berupa bakso goreng, keripik buah dan sayur, atau berbagai keripik lainnya.

Awalnya Anda bisa menyetok sedikit makanan ringan. Kemudian tawarkan di beberapa media sosial untuk menarik perhatian pelanggan.

Jangan lupa untuk meminta testimoni dari para pembeli pertama, supaya banyak yang lebih penasaran dengan produk Anda.

Anda juga bisa melakukan promosi dengan cara yang unik dan kreatif. Termasuk menuliskan beberapa manfaat dari produk Anda.

11. Jus Buah
usaha-modal-300-ribu
foto: food.detik.com

Selain menyehatkan, jus buah juga memiliki rasa yang enak dan segar. Syarat untuk membuka usaha jus buah harus memiliki blender terlebih dahulu.

Sebagai permulaan, Anda bisa menjual jus dari beberapa buah saja. Seiring berkembangnya waktu, dagangan Anda akan semakin banyak.

Usaha menguntungkan modal kecil seperti jualan es buah ini cocok bagi Anda yang tinggal di dekat jalan raya.

Buatlah poster yang besar atau papan kecil untuk memberitahu orang-orang bahwa Anda menjual minuman segar.

Penjual jus buah memang sudah banyak, pastikan Anda melakukan riset dan pengamatan terlebih dahulu.

Apakah di daerah sekitar rumah sudah ada pedagang jus buah atau belum. Jika belum ada, maka ini menjadi kesempatan yang besar untuk Anda.

Untuk lebih menarik lagi, tambahkan topping enak seperti susu, meses, choco chips, dan lain-lain.

iklan-reseller

12. Blogger
usaha-modal-300-ribu
foto: soloensis.com

Menjadi seorang blogger juga merupakan ide sampingan yang tidak kalah populer. Mungkin hasilnya tidak akan langsung terlihat, tetapi dengan usaha dan kerja keras tidak ada yang mustahil.

Selain bisa menulis untuk meningkatkan kemampuan, menjadi blogger juga dapat menghasilkan uang. Semakin sukses blog yang Anda kembangkan, maka pendapatannya juga semakin tinggi.

Usaha sampingan menjadi blogger bisa Anda kerjakan sambil menjadi penulis lepas. Jika keduanya bisa berjalan dengan baik, tabungan Anda dijamin melimpah.

Sebagai langkah awal, Anda harus bergabung dengan beberapa grup blogger yang ada di media sosial terlebih dahulu. Di sana ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang akan membantu perkembangan Anda.

13. Jasa Makeup
usaha-modal-300-ribu
foto: jawapos.com

Usaha modal 30 ribu untuk ibu rumah tangga adalah membuka jasa makeup. Bukan jasa rias yang besar, tetapi jasa rias untuk beberapa acara tertentu seperti perpisahan, lamaran, atau prewedding.

Anda tidak akan membutuhkan modal yang besar, apalagi kalau sudah punya banyak peralatan makeup sendiri di rumah.

Jangan lupa untuk memperbanyak koleksi lipstik, karena biasanya pelanggan akan meminta warna yang berbeda-beda.

Promosinya bisa dari mulut ke mulut, teman, serta online. Jika sudah ada pelanggan, pastikan untuk memfoto hasilnya sebagai testimoni. Ini juga akan menjadi daya tarik besar bagi pelanggan baru.

14. Kopi dan Es Teh
usaha-modal-300-ribu
foto: aceh.tribunnews.com

Jualan kopi dan es teh bisa Anda jadikan opsi usaha sampingan paling diminati. Khususnya kalau Anda memiliki lokasi yang strategis dengan suasana tenang.

Warung kopi kecil yang Anda miliki akan menjadi tujuan para anak muda atau orang tua yang ingin berkumpul. Tidak perlu menyewa tempat, cukup gunakan teras atau halaman rumah Anda yang memadai.

15. Jasa Cuci Motor
usaha-modal-300-ribu
foto: otosia.com

Jangan salah, keuntungan jasa cuci motor cukup besar sebagai bisnis sampingan.

Pasalnya banyak yang malas melakukan cuci motor sendiri di rumah. Apalagi jasa cuci motor bisa membersihkan kendaraan sampai bersih mengkilap.

Kalau Anda memiliki kemampuan mencuci beberapa kendaraan dalam sehari, tidak ada salahnya untuk membuka usaha cuci motor. Pasti banyak pelanggan yang akan datang ke tempat Anda.

Usaha cuci motor sangat cocok untuk Anda yang punya rumah di dekat jalan besar.

Pasti beberapa kendaraan akan langsung mampir ketika mengetahui ada tempat cuci motor. Jangan lupa untuk menyiapkan tenaga supaya tetap prima, karena tempat cuci motor selalu dipenuhi oleh pelanggan.

Dengan modal kecil, untungnya bisa besar. Bayangkan kalau satu sepeda motor saja membayar Rp10 ribu.

Jika Anda mendapat pelanggan 10, sehari bisa dapat Rp100 ribu. Kalau 20 bisa dapat Rp200 ribu, dan seterusnya.

16. YouTuber
usaha-modal-300-ribu
foto: finoo.id

Saat ini banyak yang mulai memiliki akun YouTube untuk sumber penghasilan. Metode ini juga bisa Anda jadikan sebagai solusi usaha sampingan dengan peluang besar.

Tapi Anda harus pandai membuat konten yang paling dicari penonton. Semakin banyak penonton, semakin sukses akun YouTube Anda.

Biasanya konten-konten YouTube yang paling banyak peminatnya adalah komedi, tips kecantikan, review makanan, makeup, animasi, film pendek, resep makanan, dan lain-lain.

Cari konten yang paling cocok dengan favorit Anda. Supaya dalam mengerjakannya tidak ada rasa berat atau malas. Sebab kalau mau menjadi YouTuber sukses, Anda harus berusaha dengan keras.

17. Jasa Pembuatan Website
usaha-modal-300-ribu
foto: jmc.co.id

Jasa pembuatan website juga semakin ramai belakangan ini. Banyak organisasi, instansi, bisnis, bahkan perorangan yang mulai menggunakan website.

Di sisi lain, mereka juga belum memiliki kemampuan atau wawasan luas seputar website.

Sehingga membutuhkan konsultasi. Anda bisa melakukan keduanya; jasa konsultasi dan pembuatan website yang bisa ditawarkan di beberapa media sosial.

Biasanya para blogger pemula juga akan tertarik untuk membeli website. Jadi Anda bisa bergabung di grup khusus blogger juga.

18. Jasa Barbershop Panggilan
usaha-modal-300-ribu
foto: jernih.co

Rekomendasi usaha sampingan dengan modal kecil terakhir adalah membuka jasa barbershop panggilan.

Modalnya kecil tetapi untungnya juga lumayan besar, apalagi setiap hari pasti ada saja yang ingin potong rambut.

Jasa tukang cukur panggilan sangat membantu masyarakat yang sibuk dan ingin di rumah saja. Dijamin pasti banyak yang akan tertarik.

Bagaimana Tips Agar Usaha Sukses?

Ada beberapa tips agar usaha Anda bisa sukses meskipun modalnya kecil. Seperti menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Lakukan riset sebelum memilih jenis bisnis.
  • Selalu melakukan promosi baik secara online maupun offline.
  • Jangan pernah menyerah meskipun awalnya belum memiliki banyak pelanggan.
  • Fokus menjalankan satu bisnis tetapi serius.
  • Memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.
  • Buatlah catatan mengenai visi misi bisnis kedepannya.

Kalau Anda bisa menerapkan beberapa tips di atas, menjalankan bisnis akan menjadi lebih mudah. Meskipun awalnya terasa sulit, apalagi di masa-masa saat mencari pelanggan.

Sebagai pemula, Anda tidak harus langsung membuka bisnis yang besar. Awali dulu dari bisnis kecil tetapi dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Misalnya dengan membuka salah satu usaha modal 300 ribu di atas. Bisnis yang sukses tidak harus menggunakan modal besar, tetapi usaha dan promosi yang bagus serta tidak mudah menyerah. Selamat berbisnis.

iklan-reseller