17 Inspirasi Jualan Online Tanpa Modal Dengan Untung Besar

17 Inspirasi Jualan Online Tanpa Modal Dengan Untung Besar image

Saat ini bisnis bisa dilakukan dengan mudah secara online. Bahkan Anda tidak perlu khawatir mengenai modal yang harus dipersiapkan. Sebab ada beberapa jualan online tanpa modal yang bisa Anda coba.

Jika dulu bisnis harus mengeluarkan modal yang besar, kemudahan teknologi telah mengubah segalanya.

Anda tidak perlu khawatir atau pusing harus pinjam modal kesana kemari, karena ada jenis bisnis yang tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Apalagi jualan tidak terbatas pada barang saja. Anda bisa menjual jasa apapun, selama itu dibutuhkan oleh banyak orang.

Jadi, tugas Anda adalah mengetahui kemampuan yang Anda miliki dan mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang.

Inspirasi Jualan Online Tanpa Perlu Modal Besar

Jualan tanpa modal bukan berarti tidak melibatkan uang sama sekali. Tetap ada beberapa hal yang membutuhkan uang, misalnya membeli kuota internet. Apalagi jualan Anda ini akan dilakukan secara online.

Berikut ini adalah sederet ide jualan online tanpa modal besar yang bisa Anda terapkan:

1. Menjadi Dropshipper
jualan-online-tanpa-modal
foto: fissilmi-kaffah.com

Jualan online tanpa modal bagi mahasiswa yang bisa Anda coba adalah menjadi dropshipper.

Bukan hanya terbatas untuk mahasiswa, tetapi juga karyawan maupun anak sekolah. Bahkan ibu rumah tangga juga bisa melakukannya.

Apapun profesi Anda, asalkan punya smartphone sudah bisa bergabung menjadi dropshipper. Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh, tanpa perlu repot melakukan packing.

Tugas Anda hanya melakukan promosi di berbagai media sosial.

Barang yang dijual bisa bervariasi, tergantung supplier yang Anda ikuti. Bisa kosmetik, pakaian, botol custom, atau barang-barang lainnya. Usahakan memilih benda yang selalu diminati.

2. Menjadi Reseller
jualan-online-tanpa-modal
foto: blog.amartha.com

Menjadi reseller dapat Anda jadikan kerja sampingan modal kecil. Sekali lagi, Anda hanya perlu memanfaatkan ponsel pintar untuk melakukan promosi. Mengingat hampir semua orang telah menggunakan media sosial.

Barang-barang yang dapat Anda tawarkan ada banyak. Mulai dari peralatan sekolah, atau peralatan sehari-hari. Usahakan untuk memilih supplier yang aman dan terpercaya.

Caranya dengan melakukan riset terlebih dahulu secara maksimal.

Setelah menemukan yang sesuai, Anda bisa bergabung dan langsung melakukan promosi. Biasanya promosi banyak dilakukan di grup-grup jual beli yang ada di media sosial.

3. Membuka Bimbingan Online
jualan-online-tanpa-modal
foto: dewirieka.com

Usaha online tanpa modal lainnya adalah membuka bimbingan online. Cocok sekali bagi Anda yang menyukai dunia pendidikan. Apalagi jika kuliah di jurusan guru.

Awalnya lakukan promosi terlebih dahulu di berbagai media sosial. Tuliskan mata pelajaran apa saja yang Anda tawarkan, termasuk biaya per pertemuan atau per bulan.

Bimbingan online membutuhkan koneksi internet yang lancar.

Pastikan Anda tidak mengabaikan hal ini. Membahas tentang bimbingan online, biasanya peminat paling banyak adalah untuk mata pelajaran matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris.

4. Jasa Pembuatan Website
jualan-online-tanpa-modal
foto: jmc.co.id

Apakah Anda bisa membuat website? Daripada ilmunya tidak dipakai dan bisa lupa,  lebih baik memanfaatkannya untuk membuka jasa.

Banyak industri atau bisnis yang membutuhkan jasa seorang pembuat website. Rata-rata untuk keperluan bisnis supaya bisa berkembang lebih maksimal.

Membuat website bisa menjadi ide jualan jasa online menjanjikan. Usia bisnis Anda ini pasti akan bertahan lama karena semakin hari semakin banyak yang mengantre untuk membuat website.

5. Penulis Lepas
jualan-online-tanpa-modal
foto: fastwork.id

Sama seperti penjual pada umumnya, menjadi penulis lepas juga menjual barang. Tetapi yang dijual adalah tulisan. Cocok sekali bagi Anda yang hobi menulis.

Ketika Anda memutuskan jadi penulis lepas, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah belajar. Pelajari bagaimana orang-orang menulis dan menyampaikan gagasan.

Kenali apa itu SEO, tips menulis ulasan produk, serta beberapa hal lainnya.

Mungkin terasa sulit di awal, tetapi menjadi penulis lepas dapat menjadi ide usaha jangka panjang dan selalu dibutuhkan.

Banyak industri yang membutuhkan jasa penulis untuk mengenalkan produk mereka, atau para blogger yang berbagi tips dan tutorial.

Lakukan promosi jasa Anda di media sosial. Bergabunglah dengan grup para blogger dan freelancer. Di sana Anda bisa berjumpa dengan para penulis lepas.

6. Jasa Undangan Digital
jualan-online-tanpa-modal
foto: idntimes.com

Jual jasa undangan digital juga tidak perlu modal yang besar. Tetapi Anda harus memiliki skill mengedit video yang mumpuni.

Semakin unik dan berkesan undangan digital yang Anda buat, maka peminatnya juga semakin besar.

Saat ini  orang-orang lebih suka memberikan undangan digital untuk teman-temannya. Sebab lebih praktis dan elegan dibandingkan undangan kertas.

Promosinya bisa menawarkan ke teman, serta promo di berbagai media sosial. Anda bisa menyertakan salah satu undangan digital yang berhasil Anda buat.

7. Jasa Penerjemah
jualan-online-tanpa-modal
foto: jobskarir.id

Usaha online bagi lulusan Bahasa Inggris adalah menjadi penerjemah. Ini tidak harus menjadi pekerjaan utama Anda, tetapi bisa juga demikian.

Sebab menjadi penerjemah membutuhkan tenaga dan kemampuan berpikir yang maksimal.

Apalagi jika mendapat job berupa novel atau jurnal tebal. Maka Anda harus bersiap-siap untuk lembur sampai pekerjaan selesai.

Tetapi hasil dari menerjemahkan juga besar. Semakin profesional Anda sebagai translator, maka semakin besar gaji yang ditawarkan. Bahkan Anda akan dibayar per kata.

8. Jasa Pengetikan Online
jualan-online-tanpa-modal
foto: economy.okezone.com

Punya laptop atau komputer di rumah? Mulai sekarang alihkan jadi ladang bisnis pengetikan. Jasa pengetikan online dapat menjadi kerja sampingan di laptop yang praktis.

Pasti ada beberapa pelanggan yang akan mencari Anda. Sebab saat ini lumayan banyak yang belum memiliki laptop, sehingga lebih membutuhkan jasa pengetikan.

Selain itu, beberapa orang juga malas untuk mengetik sendiri dan lebih suka menyewa jasa. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Promosinya bisa melalui media sosial dengan ikut bergabung ke beberapa grup sekolah dan kampus.

9. Jasa Edit Foto dan Video
jualan-online-tanpa-modal
foto: idntimes.com

Jualan online tanpa modal yang selalu ramai adalah menawarkan jasa edit foto dan video. Bukan hanya individu saja yang membutuhkan foto atau videonya untuk diedit, tetapi juga beberapa industri.

Pasar yang bisa Anda targetkan adalah muda-mudi yang semakin gemar mengambil foto. Serta para YouTuber yang membutuhkan jasa editing video.

Banyak kesempatan mendapatkan job jika Anda pandai mengedit video. Di desa maupun kota, pasti yang pandai edit foto dan video akan selalu dicari.

Supaya pasar bisa lebih luas lagi, Anda bisa menawarkan jasa ke berbagai media sosial. Termasuk grup freelancer atau editor video.

10. Jasa Baca Tarot
jualan-online-tanpa-modal
foto: lifestyle.okezone.com

Jangan salah, jasa baca tarot juga selalu digemari dari hari ke hari.

Sampai saat ini banyak sekali yang percaya akan kartu tarot dan energi di dalamnya. Terbukti dari banyaknya kanal YouTube yang membahas mengenai tarot.

Bukan hanya membaca arti kartu tarot secara general saja, tetapi banyak yang membuka jasa untuk membaca tarot secara pribadi.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membaca tarot, tidak ada salahnya untuk mencoba. Tetapi Anda harus memiliki channel YouTube atau mempunyai website terlebih dahulu.

Jasa baca tarot juga menjadi ide bisnis unik yang tidak butuh modal.

11. YouTuber
jualan-online-tanpa-modal
foto: cnbcindonesia.com

Apakah Anda suka membuat konten atau suka nge-vlog? Jika demikian, coba kesempatan untuk menjadi YouTuber. Saat ini YouTube menjadi penghasil pundi-pundi rupiah yang sangat diminati.

Mengenai kontennya, bisa berisi diri Anda sendiri atau hal-hal lainnya. Banyak jenis konten yang disukai, tetapi pastikan untuk membuat konten yang bermanfaat dan tidak melanggar kode etik.

Anda bisa membuat konten tutorial makeup, resep memasak, belajar bahasa asing, ulasan buku atau film, animasi komedi, dan lain-lain.

Banyak ide konten yang bisa Anda pakai. Pastikan untuk memilih yang Anda sukai supaya tetap bisa produktif setiap hari.

12. Jasa Latihan Makeup Online
jualan-online-tanpa-modal
foto: tokopedia.com

Siapa bilang latihan makeup hanya bisa dilakukan secara tatap muka?

Di zaman digital seperti sekarang ini, latihan makeup bisa dilakukan secara online. Sudah banyak yang membuktikannya sendiri dan berhasil.

Jika Anda memiliki skill makeup yang baik, coba buka jasa latihan makeup online.

Ini akan menjadi usaha online tanpa modal yang tidak pernah sepi. Saat ini, para perempuan suka sekali memakai makeup dalam berbagai events.

Tingginya minat perempuan terhadap dunia makeup juga dibuktikan dengan banyaknya peminat kanal YouTube seputar kecantikan. Jadi, Anda juga bisa memanfaatkan peluang ini.

13. Instruktur Yoga Online
jualan-online-tanpa-modal
foto: tintyoga.com

Kerja sampingan online berikutnya adalah menjadi instruktur yoga online.

Jika Anda telah menjadi instruktur yoga sebelumnya, kesempatan untuk mengembangkan bisnis secara online tetap bisa berjalan dengan baik.

Perkenalkan kelas yoga Anda di berbagai media sosial. Serta tuliskan harga dan sertifikasi yang Anda miliki. Anda juga perlu menambahkan jenis yoga dan manfaat yang dapat diperoleh peserta.

Selain bisa mendapatkan uang, Anda juga bisa menyalurkan hobi dan passion.

14. Makelar Tanah dan Kendaraan
jualan-online-tanpa-modal

Jualan online tanpa modal bergaji besar adalah menjadi makelar. Ada beberapa jenis makelar yang bisa Anda tekuni, bisa menjadi makelar kendaraan atau makelar tanah.

Jika Anda ingin menjadi makelar tanah, syaratnya adalah mengetahui prosedur jual beli tanah yang benar.

Mengenai pajak, mengenal Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dan lain-lain. Jual beli tanah cukup rumit, tetapi honor makelar tanah dijamin besar.

Sama seperti menjadi makelar kendaraan, Anda juga harus mengerti banyak hal tentang kendaraan. Harga pasar, serta mampu mencari produk dan pelanggan dengan baik.

15. Fotografer
jualan-online-tanpa-modal
foto: beres.id

Biasanya, seorang fotografer memang memiliki hobi yang sama dengan pekerjaanya. Jika Anda adalah seorang fotografer, cobalah untuk menjual hasil jepretan Anda di berbagai media.

Jepretan yang unik dan bagus akan tetap dihargai dengan baik. Bahkan hasil foto Anda bisa dihargai di luar negeri.

Caranya dengan bergabung di berbagai grup fotografer di media sosial. Pasti banyak yang akan berbagi tips mengenai media atau platform yang bisa menerima hasil foto.

16. Jasa Pembuatan Akun Media Sosial
jualan-online-tanpa-modal
foto: hipwee.com

Bukan hanya website saja yang memiliki banyak peminat, tetapi media sosial juga banyak digunakan untuk berjualan.

Anda dapat membuka jasa pembuatan akun media sosial untuk bisnis. Mulai dari akun instagram, facebook, TikTok, dan lain-lain.

Jasa seperti ini juga sangat dibutuhkan oleh para pemilik bisnis di luar sana. Bahkan jika memungkinkan, Anda juga bisa menjadi pembuat konten yang dibayar sekaligus. Tujuannya yaitu untuk akun promosi.

Tawarkan jasa pembuatan akun media sosial Anda di berbagai platform. Sertakan detail kontak informasi, dan berbagai hal lain yang dibutuhkan.

17. Menjadi Blogger
jualan-online-tanpa-modal
foto: suara.com

Menjadi blogger juga pilihan tepat untuk usaha online tanpa menggunakan modal besar. Di awal, Anda bisa menggunakan website gratis dan rajin meng-upload konten.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memilih nama domain yang cocok. Sesuaikan dengan jenis konten yang akan Anda tulis.

Beberapa niche yang banyak diminati antara lain kecantikan, tips seputar blog, kesehatan, pendidikan, berita, resep, dan lain-lain.

Cara memulai jualan online tanpa modal besar adalah dengan memantapkan hati. Pilih jenis usaha yang ingin Anda jalankan. Usahakan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan bisnis yang tepat.

Bagaimana Tips Menjalankan Bisnis Online?

Anda juga bisa menerapkan beberapa tips berbisnis online berikut ini:

1. Meyakinkan Diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meyakinkan diri sendiri. Jika sudah mantap dan yakin, lebih baik segera menjalankan bisnis.

Tetapi sebelumnya, kenali dulu jenis bisnis yang akan Anda tekuni. Termasuk pasar, kompetitor, dan lain-lain. Bisnis yang dijalankan dengan penuh keyakinan akan memberi dampak yang positif.

2. Berkomitmen

Berkomitmenlah untuk menjalankan bisnis. Jangan dilakukan setengah-setengah, karena hasilnya juga bisa setengah-setengah.

Komitmen di sini bisa dari segi promosi. Mungkin beberapa orang hanya semangat di awal membuka bisnis, tetapi menjadi malas promosi di kemudian hari.

Anda tidak boleh demikian. Apapun yang terjadi, promosi harus tetap berjalan setiap hari. Semakin sering melakukan promosi, kemungkinan mendapatkan banyak pembeli juga semakin besar.

3. Fokus

Apapun jenis bisnis Anda, baik itu produk atau jasa, Anda harus tetap menjalaninya dengan fokus. Jangan mudah tergiur dengan bisnis orang lain yang terlihat lebih menjanjikan.

Semua jenis bisnis memiliki peluang yang sama untuk berkembang lebih maksimal. Tugas Anda adalah fokus dan berkomitmen untuk menjalankan bisnis tersebut.

4. Menyiapkan Tujuan

Persiapkan tujuan Anda jauh hari sebelum memulai bisnis. Buatlah catatan mengenai visi dan misi bisnis. Termasuk membuat target dan beberapa hal penting lainnya, termasuk buyer persona.

Dengan tujuan yang jelas, Anda menjadi tahu arah dari bisnis yang akan Anda jalankan.

5. Terus Belajar

Jangan lupa untuk terus belajar dan pantang menyerah. Meskipun gagal beberapa kali, pebisnis harus siap dengan semua itu. Banyak pebisnis besar yang berawal dari kegagalan.

Kuncinya adalah tetap semangat belajar. Termasuk mengikuti pelatihan jika ada, serta berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

Sebagai seorang pebisnis pemula, Anda juga harus siap dengan berbagai kritik dan saran. Gunakanlah dua hal tersebut sebagai evaluasi terbaik untuk kemajuan bisnis Anda di masa depan.

Jualan online bisa menjadi mudah atau sulit. Semua tergantung pada usaha dan komitmen Anda. Tetapi jika hanya membayangkan saja, maka bisnis sudah pasti tidak jalan.

Di era digital seperti sekarang, sudah saatnya bagi Anda untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Misalnya dengan membuka bisnis online yang tidak memerlukan modal puluhan juta.

Dengan berjuang keras, Anda pasti mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga beberapa ide jualan online tanpa modal dan tips di atas bisa membantu Anda dalam membuka bisnis.