17 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Potensial dan Menguntungkan

17 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Potensial dan Menguntungkan image

Tertarik memulai usaha, tetapi hanya punya modal 500 ribu? Tidak perlu sedih, Anda tetap bisa memulainya. Temukan ide usaha modal 500 ribu di artikel ini.

Membuka usaha adalah hal yang menarik bagi banyak orang. Anda mungkin termasuk salah satunya. Sayangnya, faktor modal seringkali menjadi alasan untuk membatalkan niat usaha.

Bagi kebanyakan orang, memulai usaha perlu modal besar. Padahal, banyak peluang usaha yang hanya butuh modal sedikit. Anda bahkan bisa memulai usaha hanya dengan modal sebesar 500 ribu saja.

Jika jeli, Anda akan mudah menemukan ide usaha modal 500 ribuan. Atau jika Anda butuh inspirasi untuk memulai, Anda bisa mendapatkannya dalam artikel ini.

1. Memulai Bisnis Dropship
usaha-modal-500-ribu
foto: fissilmi-kaffah.com

Dropship adalah kegiatan menjual produk dari supplier tanpa membeli stok barangnya. Anda hanya perlu hp atau laptop dan koneksi internet. Kemudian, memasarkan produk supplier ke orang-orang.

Anda tidak perlu modal untuk mengadakan barang. Anda mungkin hanya perlu membayar biaya pendaftaran ke supplier. Itupun tidak semua supplier meminta biaya pendaftaran.

Jadi, modal yang Anda miliki bisa dipakai untuk iklan di media sosial.

Dengan memanfaatkan iklan di media sosial, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan strategi iklan yang tepat, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari sini.

2. Menjadi Seorang Reseller
usaha-modal-500-ribu
foto: blog.amartha.com

Reseller adalah orang yang membeli barang dari supplier, kemudian menjualnya.

Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dengan modal yang sedikit. Anda hanya perlu pintar-pintar mencari supplier dengan harga murah.

Jangan lupa untuk mempelajari produk apa yang disukai oleh orang-orang.

Tujuannya, agar Anda terhindar dari kerugian akibat barang tidak laku. Dengan menjual barang yang disukai pasar dengan modal rendah, Anda bisa mendapat untung yang maksimal.

3. Mencoba Berjualan Pulsa
usaha-modal-500-ribu
foto: 123pulsa.com

Saat ini, banyak hal yang bisa dilakukan secara online. Orang-orang bisa membeli barang lewat marketplace. Bahkan mereka juga bisa membeli pulsa.

Tetapi, bukan berarti Anda sudah tidak bisa menjual pulsa. Ada saatnya ketika orang tidak bisa terhubung ke internet. Akhirnya, ia tidak bisa membeli pulsa lewat marketplace.

Atau, ada juga orang yang tidak terbiasa membeli pulsa melalui marketplace. Mereka lebih memilih membeli pulsa lewat agen penjual pulsa. 

Di sinilah peluang Anda untuk menjadi penjual pulsa.

Untuk menjual pulsa, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Kemudian, Anda perlu mengisi saldo pulsa yang dapat dijual.  Saldo ini berbeda dengan pulsa biasa.

Setelah mendaftar dan memiliki saldo, Anda bisa mulai menawarkan pulsa yang Anda jual. Tawarkan pada orang-orang di sekitar Anda. Misalnya saja tetangga, saudara, rekan kerja, dan lainnya.

Karena hampir semua orang punya smartphone, menjual pulsa menjadi peluang usaha modal 500 ribu yang bagus.

4. Coba Menjual Aksesoris HP Juga
usaha-modal-500-ribu
foto: radarpekalongan.co.id

Di samping menjual pulsa, Anda bisa juga menjual aksesoris hp. Mulailah dengan aksesoris yang harganya murah. Misalnya, kabel data, ring stand, earphone murah, dan lainnya.

Contohnya, Anda bisa mendapatkan kabel data dengan harga murah. Hanya sekitar 5 ribu rupiah untuk satu kabel data, kemudian jual kembali dengan harga 10 ribu rupiah. Tetapi, Anda harus membelinya dalam jumlah yang banyak.

Anda bisa mulai dengan menjualnya di rumah. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya. Karena, menyewa tempat di luar akan menghabiskan lebih banyak uang.

Agar bisa diketahui teman-teman Anda, gunakan saja media sosial. Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau banyak orang hanya dari rumah.

Jika Anda sudah dapat modal lebih, barulah bisa menjual aksesoris yang sedikit lebih mahal. Misalnya, powerbank atau headset yang lebih mahal. Anda juga bisa mulai menjual di luar setelah modalnya cukup.

5. Coba Peluang Thrift Shop
usaha-modal-500-ribu
foto: konsultanku.co.id

Orang-orang mulai banyak yang sadar untuk hidup hemat. Mereka mulai dengan membeli barang fashion bekas. Ini bisa menjadi peluang Anda untuk membuka thrift shop.

Bisnis Anda pas untuk menarget anak-anak muda yang suka fashion tetapi ingin tetap hemat.

Pastikan produk fashion yang Anda jual dalam kondisi yang layak. Agar para pelanggan Anda senang dengan bisnis Anda. 

Apalagi, anak-anak muda hobi menyebarkan informasi ke teman-teman tongkrongannya.

Jika bisnis Anda bagus di mata mereka, bisa saja menjadi marketing dari mulut ke mulut. Ini akan menguntungkan buat Anda.

Anda bisa mulai menjual tanpa menyiapkan lokasi strategis. Caranya dengan menjual produk melalui media sosial. Anak muda masa kini hampir semuanya menggunakan media sosial.

Dengan begitu, mereka akan mudah menemukan bisnis Anda. 

6. Jual Hijab ke Teman
usaha-modal-500-ribu
foto: antaranews.com

Hijab kini tidak sekedar menjadi penutup aurat bagi muslimah. Melainkan juga sebagai tren fashion. Perempuan senang memakai hijab dengan berbagai model dan warna. 

Ini bisa menjadi peluang usaha sampingan modal 500 ribu yang bagus bagi Anda.

Terutama, jika Anda memiliki banyak kenalan perempuan. Tetapi, pastikan model hijab yang akan Anda jual diminati orang-orang. 

Anda bisa menanyakan ke teman-teman Anda, model seperti apa yang mereka sukai. Setelah melakukan riset, Anda bisa mulai menjualkan hijab kepada teman Anda. 

Gunakan juga media sosial untuk mempromosikan hijab yang Anda jual. Media sosial dapat memperluas jangkauan Anda.

7. Cari Keuntungan lewat Laundry Sepatu
usaha-modal-500-ribu
foto: serpongku.com

Banyak orang tidak sempat mengurus sepatu mereka. Mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Ada juga orang yang sempat, tetapi tidak mau repot mengurus sepatu mereka.

Padahal, menjaga agar sepatu tetap tampil maksimal juga berpengaruh pada penampilan secara keseluruhan. 

Anda bisa memanfaatkan keadaan ini untuk membuka jasa laundry sepatu.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk jasa laundry sepatu juga tidak terlalu mahal. Anda akan butuh sikat khusus sepatu, spray pembersih sepatu, semir sepatu, cairan anti air, cairan pengkilap sepatu dan lainnya.

Untuk semir sendiri, Anda bisa dapatkan hanya dengan 7 ribu sampai 200 ribuan.

Spray sepatu juga bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, mulai dari 20 ribuan hingga 200 ribuan. Untuk sikat sepatu, bisa Anda dapatkan mulai dari 7 ribuan hingga 200 ribuan.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menawarkannya kepada para tetangga dan teman-teman. Bisa juga dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

8. Buka Warkop di Rumah
usaha-modal-500-ribu
foto: qhomemart.com

Semakin hari, semakin banyak orang yang suka minum kopi. Lebih lagi kalau kumpul kumpul sesama teman, tukang ojek, dan lainnya. Anda bisa memanfaatkan ini dengan membuka warkop.

Warkop tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda bisa mulai dari rumah. Selanjutnya, yang Anda butuhkan adalah kopi bubuk dan air panas.

Untuk menyimpan air panas, Anda bisa menggunakan termos yang ada di rumah. Jika tidak ada atau tidak cukup, Anda bisa membelinya hanya dengan biaya mulai dari 50 ribuan untuk kapasitas 2 liter.

Harga kopi kemasan pun murah. Hanya sekitar seribu lima ratus hingga dua ribu per sachet. Lebih murah lagi jika Anda membeli dengan jumlah banyak di agen.

Dengan memulai usaha warkop di halaman atau garasi rumah, biaya untuk modal akan dipangkas. Akan lebih murah jika dibanding menyewa tempat.

Setelah modal terkumpul, barulah Anda bisa mengembangkan bisnis ini. Misalnya dengan menambah mesin penyeduh kopi. Atau, memindahkan warkop Anda ke lokasi yang lebih strategis.

9. Menjual Gorengan yang Banyak Diminati
usaha-modal-500-ribu
foto: pergikuliner.com

Orang-orang senang mencari gorengan di pagi hari. Biasanya, gorengan dijadikan teman minum kopi. Sebagian dari mereka juga sarapan hanya dengan gorengan.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Anda bisa mencoba berjualan gorengan di rumah.

Menjual gorengan di rumah tidak perlu modal yang banyak. Anda hanya perlu membeli bahan-bahan untuk membuat gorengan. Misalnya, tempe, tahu, tepung, sayuran, minyak goreng, dan lainnya. 

Untuk peralatan, Anda bisa memanfaatkan wajan, sodet, serta kompor yang ada di rumah. 

Kemudian, Anda bisa menawarkan gorengan ke tetangga. Karena sudah kenal, mereka akan senang hati membeli dari Anda.

Atau, Anda juga bisa menjual gorengan di pinggir jalan. Orang yang lewat bisa saja ingin membeli gorengan. Mereka pun mampir ke tempat Anda.

10. Menjual Kue Kering maupun Basah
usaha-modal-500-ribu
foto: bp-guide.id

Punya kemampuan lebih dalam hal membuat kue? 

Manfaatkan apa yang Anda punya. Yaitu dengan menjual kue ke tetangga. Anda juga bisa menjualnya melalui media sosial. Ini akan meningkatkan jumlah calon pembeli Anda.

Anda bisa menawarkan kue yang Anda buat ke orang-orang yang ingin mengadakan acara.

Atau, katakanlah ke mereka kalau Anda menerima pesanan kue. Mereka yang ingin membeli akan memesan kepada Anda.

Bisnis kue akan lebih ramai ketika menjelang hari raya, terutama kue kering.

Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan membuat lebih banyak kue kering. Saat hari biasa, Anda bisa membuat kue kering atau basah sesuai pesanan.

Jika pesanan kue sangat banyak, Anda bisa meminta DP untuk menambah modal.

11. Menjajakan Cilok yang Disukai Anak Sekolahan
usaha-modal-500-ribu
foto: kompas.com

Cilok merupakan jajanan yang disukai banyak orang.

Harganya pun sangat murah sehingga dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Dari anak-anak hingga orang dewasa dapat membeli makanan yang satu ini.

Namun biasanya, anak usia sekolah lah yang paling senang makan jajanan satu ini. Mereka biasanya menyantap hidangan yang satu ini setelah pulang dari sekolah. Atau, mereka juga membeli cilok saat bermain.

Menjual cilok bisa Anda lakukan mulai dari rumah. Yang Anda butuhkan adalah cilok siap masak. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 10 ribuan untuk 15 butir.

Anda bahkan bisa mendapat harga lebih murah jika membeli banyak, 50 ribu untuk 100 butir. Artinya, hanya 500 rupiah untuk setiap  butir cilok.

Atau jika ingin, Anda juga bisa membuat cilok dari awal.

Kemudian, Anda akan butuh panci pengukus dan kompor. Keduanya merupakan peralatan yang biasa ditemukan di dapur.

12. Berjualan Tahu Bulat yang Cocok di Lidah Masyarakat
usaha-modal-500-ribu
foto: resepedia.id

Tahu bulat cukup digemari masyarakat. Harganya yang murah seperti cilok membuat berbagai kalangan bisa membelinya. Rasanya juga cocok di lidah kebanyakan orang.

Anda juga bisa menjual makanan yang satu ini di rumah. Hanya perlu siapkan kompor, wajan, sodet, dan tahu bulat siap goreng. Untuk tahu bulatnya, bisa Anda dapatkan hanya dengan 4 ribu rupiah tiap 10 buah.

Jual ke anak-anak yang sedang bermain di depan rumah dan para tetangga. Jangan dulu berpikir untuk menjualnya keliling menggunakan mobil bak. Kecuali, jika Anda punya. 

13. Coba Ikut Tren dengan Jual Dimsum
usaha-modal-500-ribu
foto: kompas.com

Dimsum kini menjadi makanan yang populer di tengah masyarakat.

Dengan peminat yang ramai, dimsum menjadi ide usaha makanan modal 500 ribu yang potensial. Anda bisa pelajari cara membuat dimsum untuk dijual dari berbagai sumber seperti internet.

Mulailah dengan berjualan dimsum siap saji di rumah. Atau, Anda juga bisa menjual dimsum yang dibekukan. Pembeli nantinya hanya tinggal mengukusnya saja.

Anda juga bisa membuat dimsum beku berdasarkan pesanan teman-teman atau tetangga.

Jadi, mereka memesan dulu, baru Anda buat. Dengan cara itu, Anda akan terhindar dari risiko dimsum yang rusak akibat terlalu lama disimpan.

Jangan lupa promosikan dimsum beku Anda ke media sosial. Karena, media sosial kini telah digunakan banyak orang. Sehingga, jangkauan Anda bisa lebih luas.

14. Berjualan Bubur Ayam yang Jadi Menu Sarapan Khalayak
usaha-modal-500-ribu
foto: tokopedia.com

Bubur ayam menjadi makanan yang populer di tengah masyarakat.

Orang-orang biasanya menyantap hidangan yang satu ini pada pagi hari. Paduan bubur, ayam, bawang goreng, seledri, dan kacang begitu diminati.

Anda bisa menjual makanan ini di rumah. Alat-alat untuk membuatnya, ambil saja dari dapur. 

Tidak perlu memikirkan gerobak. Menggunakan gerobak akan menaikkan biaya. Sehingga, uang 500 ribu bisa saja kurang.

Sebagai gantinya, Anda bisa menjual bubur ayam ini ke tetangga terdekat.

Bisa juga dengan memasarkannya melalui aplikasi pesan. Dengan begini, orang dari luar perumahan bisa mengetahui usaha bubur ayam Anda.

15. Buka Catering Rumahan untuk Acara Tetangga
usaha-modal-500-ribu
foto: oyimedia.com

Orang-orang akan butuh makanan saat mengadakan acara.

Bukan hanya kudapan, makanan berat pun juga dicari pemilik acara. Ini bisa menjadi peluang untuk Anda, terutama dengan skill memasak.

Anda bisa menerima pesanan catering untuk tetangga sekitar rumah.

Supaya tidak terburu-buru ketika memasak, wajibkan mereka untuk memesan jauh hari sebelum acara. Jika pesanan mereka banyak, Anda bisa minta mereka membayar dulu sebelum pesanan dikerjakan.

Modal yang Anda punya bisa dipakai untuk membeli bahan makanan. Untuk alat masak, gunakan saja yang ada di dapur. 

16. Menjual Minuman Dingin di Cuaca Panas
usaha-modal-500-ribu
foto: bp-guide.id

Minuman dingin cocok saat cuaca panas. Anda bisa menjual minuman pada anak-anak yang sedang bermain. Setelah lelah bermain, mereka akan butuh penyegar.

Mereka kemudian akan menyerbu Anda untuk membeli minuman yang dijual. 

Modal untuk menjual minuman dingin sangat kecil. Anda akan butuh minuman kemasan yang instan. Beberapa minuman mungkin butuh blender, tetapi tidak semuanya.

Anda bisa mulai dari rumah. Sasarannya, tentu saja anak-anak yang sering bermain di depan rumah. Atau, Anda juga bisa menjual minuman dingin di pinggir jalan saat hari libur.

Sediakan juga air mineral jika Anda menjual di pinggir jalan saat libur. Orang-orang yang sedang berolahraga seperti jogging atau bersepeda akan lebih butuh air mineral.

Jika Anda berniat menjual minuman dingin di pinggir jalan, Anda akan butuh kontainer es. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengeluarkan sekitar 200 ribuan hingga 400 ribuan.

17. Ternak Lele untuk Konsumsi
usaha-modal-500-ribu
foto: enterpreneur.bisnis.com

Membudidayakan lele bisa jadi pilihan usaha ternak modal 500 ribu.

Awalnya, Anda mungkin berpikir bahwa budidaya lele perlu modal besar dan tanah yang luas. Tetapi sebenarnya, Anda bisa mencoba budidaya lele di rumah. 

Untuk wadah memelihara lele, Anda bisa menggunakan ember yang ukurannya agak besar.

Untuk memilikinya, Anda perlu mengeluarkan sekitar 65 ribuan untuk satu ember. Sediakan beberapa agar bisa menampung lele dalam jumlah banyak.

Kemudian, Anda butuh anakan ikan lele. Untuk mendapatkannya, Anda membutuhkan 500 hingga 1000 rupiah per ekor. Tetapi harganya bisa tergantung dari ukuran dan hal lain.

Kemudian untuk pakan lele, Anda butuh sekitar 15 ribuan per kilogram. Jumlah pembelian pakan lele disesuaikan dengan banyaknya lele yang Anda pelihara.

Setelah panen, Anda bisa menjual lele tersebut ke tetangga. Atau, Anda juga bisa menjadi penyuplai untuk warung makan yang menjual hidangan lele. 

Itulah ide bisnis modal 500 ribuan yang potensial untuk Anda jalankan.

Untuk memaksimalkan penjualan di hampir setiap bisnis tadi, Anda bisa memanfaatkan internet. Yang paling mudah dan murah diterapkan adalah media sosial, secara organik. 

Maksudnya secara organik adalah, Anda tidak menggunakan iklan.

Namun, jika uang Anda mulai terkumpul, Anda bisa mulai beriklan juga. Setelah bisnis Anda tumbuh, Anda juga bisa menambah kepercayaan calon konsumen dengan membuat web.

Perlu diingat bahwa harga setiap bahan  maupun alat yang telah disebutkan bisa saja bervariasi.

Tergantung di mana Anda mendapatkannya, ketersediaan, siapa penjualnya, merek, dan sebagainya.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda siap memulai usaha modal 500 ribu? Setelah siap, langsung ambil tindakan.

Menunda-nunda malah bisa membuat Anda tidak jadi berbisnis.