16 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

16 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula image

Siapa yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermodalkan laptop dan internet?

Selain itu, Anda hanya perlu mengetahui secara cermat bisnis yang ingin Anda jalankan melalui cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang membawa untung berikut.

Perhatikan 4 Hal Berikut Sebelum Terjun ke Bisnis Online

Anda perlu menyiapkan beberapa strategi bagaimana cara melakukan bisnis online secara benar sebelum mengetahui cara menghasilkan uang dari internet. Perhatikanlah 4 hal berikut di bawah ini.

1. Tanamkan Mindset Berbisnis yang Benar
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: akseleran.co.id

Menjalankan bisnis baik itu secara online maupun offline pasti membutuhkan mindset yang tepat. Hal terpenting yang Anda bisa terapkan dalam berbisnis adalah tetap konsisten karena faktanya uang tidak bisa Anda dapatkan dalam sekejap.

Anda memerlukan proses yang tidak mudah. Selain itu, Anda harus berani mengambil resiko apabila gagal dan mau mengulang lagi dari awal.

Anda perlu menanamkan mindset ini pada diri sendiri. Harapannya, Anda tidak akan langsung berhenti atau putus asa ketika bisnis Anda gagal atau macet di tengah jalan.

2. Apa Jenis Bisnis yang Tepat Bagi Anda?

Anda perlu tahu cara menentukan jenis bisnis yang tepat. Sebuah bisnis yang berhasil adalah yang memang sesuai dengan kemampuan Anda. Kemudian, carilah jenis usaha yang menguntungkan saat ini.

Menentukan bisnis yang tepat dapat meningkatkan persentase kesuksesan dalam Anda berbisnis.

Cobalah untuk mendalami jasa atau produk yang akan Anda tawarkan melalui riset di internet. Cocokkan hasil riset tersebut dengan kemampuan yang Anda miliki.

Misalnya, jasa content creator sedang naik daun sedangkan Anda memiliki keahlian yang baik dalam bidang editing video. Kesimpulannya, Anda bisa memilih usaha ini.

Untuk lebih lengkapnya, Anda cukup membaca cara menghasilkan uang untuk pemula sampai habis.

3. Pentingnya Melakukan Analisa Kompetitor
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: belumlama.com

Ketahuilah sepak terjang kompetitor Anda sebelum benar-benar terjun ke dalam usaha yang Anda inginkan.

Berkompetisi dengan kompetitor adalah hal wajar dalam menjalankan usaha. Jadikanlah hal itu sebagai peluang untuk berkembang dan belajar.

Lakukanlah analisis terhadap pesaing bisnis Anda. Kunjungilah dan pelajari media sosial, situs, dan bagaimana kompetitor Anda mengiklankan usaha mereka. Setelahnya, pelajari cara Anda akan memasarkan dan mempromosikan usaha Anda sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat tiga bentuk pengelompokan pesaing bisnis. Simak penjelasan singkat di bawah ini.

  • Pesaing utama. Produk atau jasa yang mereka punya mirip. Selain itu, target pemasaran mereka juga sama dengan yang Anda miliki.
  • Pesaing sekunder. Perbedaannya terletak pada target pemasaran saja, sedangkan mereka memiliki jasa atau produk yang mirip dengan milik Anda.
  • Pesaing tersier. Pesaing jenis ini memang tidak secara langsung berkompetisi dengan Anda, tetapi masih ada hubungan dengan jenis produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Kesimpulannya, Anda bisa memprioritaskan bisnis Anda untuk bersaing dengan para pesaing utama. Namun Anda harus tetap memonitor pesaing sekunder maupun tersier.

4. Gencarlah Berpromosi untuk Mensukseskan Bisnis Anda

Sebuah bisnis tidak akan menjadi besar apabila pemiliknya tidak melakukan iklan atau promosi.

Promosi bertujuan untuk mengenalkan usaha Anda ke masyarakat. Dengan kata lain, Anda akan lebih banyak menarik pengunjung.

Promosikan bisnis Anda baik secara offline maupun online. Misalnya, sebarkan iklan tentang bisnis Anda kepada teman-teman, rekan kerja, atau keluarga Anda.

Anda juga bisa menggunakan media iklan online untuk mempromosikan bisnis dengan mengeluarkan sedikit modal tentu saja.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengetahui cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet melalui bisnis online.

Daftar 14 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula yang Menguntungkan

Jawaban untuk pertanyaan tentang cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal sebenarnya sangat bervariasi. Tergantung dari jenis usaha yang diinginkan.

Tapi jangan khawatir. Anda akan bisa menentukan cara mendapatkan uang dari internet gratis dengan menyimak daftar berikut.

1. Manfaatkan Situs Freelance untuk Menawarkan Jasa Anda
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: money.kompas.com

Upwork, Fiverr, dan Freelancer merupakan situs penyedia jasa pekerja lepas yang juga merupakan bagian dari cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula 2021.

Registrasi ke situs yang Anda inginkan dan mulai membuat iklan tentang usaha yang akan Anda tawarkan.

2. Content Writer bagi Anda yang Punya Passion Menulis
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: id.techinasia.com

Penulis konten merupakan bentuk peluang usaha bagi yang hobi menulis.

Buatlah pengumuman tentang jasa Anda ke website freelance yang telah disebutkan. Anda pun perlu membuat portofolio atau contoh tulisan untuk dijadikan media iklan Anda kepada klien.

Menjadi content writer yang bisa menghasilkan tulisan berkualitas tentu memerlukan kerja keras dan ketekunan. Hal terpenting dari seorang content writer adalah hasil tulisannya haruslah orisinil atau hasil karya sendiri.

3. Graphic Designer Bagi yang Hobi Menggambar atau Mendesain
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: yooreka.id

Kemampuan mendesain atau menggambar bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet dengan cepat, yakni dengan menjadi graphic designer.

Lalu, jasa apa saja yang bisa ditawarkan? Jenis jasa seperti pembuatan poster atau logo perusahaan cocok untuk content creator.

Saat ini, perusahaan startup banyak yang memerlukan jasa graphic designer. Jadi, peluang usaha ini sudah pasti sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki keahlian menggambar atau mendesain.

4. Mendapatkan Tambahan Penghasilan dengan Membuat Konten Video
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: kreditpintar.com

Apakah Anda gemar mengedit video, gambar, atau audio? Manfaatkanlah hobi ini untuk menghasilkan uang jajan. Bagaimana caranya? Tawarkanlah jasa Anda tersebut ke situs freelance sebagai content creator.

Jasa content creator akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan masyarakat karena kebanyakan promosi yang dilakukan oleh perusahaan menggunakan media video.

Sebagai catatan, menampilkan karya Anda agar klien tertarik adalah hal yang penting.

Menjadi content creator juga bisa Anda jadikan sebagai profesi utama karena profesi ini menjanjikan selain sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

5. Menjadi Alih Bahasa atau Penerjemah Bahasa
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: tirto.id

Cara mudah mendapatkan uang dari internet berikutnya yakni menjadi seorang alih bahasa atau penerjemah. Peluang usaha ini bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama.

Menjadi seorang ahli bahasa tidaklah mudah. Anda haruslah mempunyai wawasan yang luas tentang diksi dan gaya penerjemahan. Misalnya, Anda ingin menjadi penerjemah Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Jadi, Anda harus menguasai kosakata, struktur bahasa, dan istilah-istilah baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Tawarkanlah jasa Anda melalui situs freelance atau carilah klien dengan membuat iklan tentang jasa ini.

Seperti halnya jasa-jasa yang sudah disebutkan di atas, Anda harus mempunyai contoh terjemahan agar klien dapat menilai keahlian Anda.

6. Membuka Jasa Les Privat Online
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: parentmap.com

Membuka jasa les privat saat ini bisa Anda lakukan tanpa tatap muka secara langsung atau online.

Bahkan, Anda tidak perlu pergi-pergi. Cukup berbekal internet, laptop atau PC, dan sebuah webcam Anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

Peluang usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan atau mempunyai passion mengajar.

Selain itu, promosikan jasa tersebut ke situs pekerja lepas seperti di Fiverr untuk menarik klien atau sekedar menambah reputasi.

Selain itu, saat ini pemberlakuan pembelajaran daring membuat para pelajar membutuhkan tambahan pelajaran yang tak lain dari guru les. Jadikanlah ini sebagai cara mendapatkan mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

7. Hasilkan Rupiah Melalui Usaha-Usaha di Blog Pribadi
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: news.indotrading.com

Apakah Anda memiliki website atau blog pribadi? Mengapa tidak dari sana? Ya, benar. Blog atau website pribadi dapat dijadikan sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

8. Menghasilkan Uang dan Mengasah Keahlian dari Online Course
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: randasaputra.com

Keahlian apa yang paling menonjol dalam diri Anda?

Apabila Anda memiliki sebuah keahlian khusus, maka tidak ada salahnya membuka usaha kursus secara online sebagai cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet untuk pemula.

Peluang usaha ini sifatnya setara dengan usaha toko online. Hal yang membuatnya berbeda adalah bisnis ini menawarkan jasa. Jenis jasa yang ditawarkan bisa beragam.

Namun, tentukanlah jenis jasa yang berhubungan satu sama lain agar tidak membingungkan klien.

Misalkan Anda bisa menawarkan jasa pelatihan membuat desain di Adobe Photoshop serta pembuatan konten video menggunakan Adobe Premiere.

Jenis jasa tersebut masih berhubungan karena temanya adalah editing dan visual.

9. Affiliate Marketing Sebagai Penambah Penghasilan Tanpa Modal
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: markbro.com

Apakah ada cara mudah mendapatkan uang dari internet untuk pemula? Jawabannya, tentu saja bisa. Anda dapat bergabung di program afiliasi.

Kabar baiknya, tanpa modal uang pun Anda dapat menjalankan usaha sebagai affiliate marketer. Caranya bagaimana? Simak penjelasannya berikut.

Tentukan dulu situs penyedia program afiliasi. Rekomendasi website penyedia program afiliasi yang terpercaya adalah Amazon Associates, Hostinger Affiliate Program, dan Shopify Affiliates.

Kemudian, buatlah sebuah blog pribadi untuk mulai menjalankan usaha ini. Buatlah artikel atau konten yang berisi tentang produk milik penyedia program afiliasi tersebut.

Artikel tersebut dapat berupa ulasan produk yang ditawarkan. Disini Anda memiliki peran sebagai seorang affiliate marketer.

Anda akan mendapatkan upah berupa komisi jika Anda berhasil menarik pengunjung untuk membeli produk milik penyedia program afiliasi tersebut.

Semakin banyak pengunjung yang tertarik akan semakin besar pula komisi yang Anda dapatkan.

10. Bangunlah Online Shop Milik Anda Sendiri
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: balesin.id

Membangun toko online pribadi memang membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Namun hal ini bukan berarti usaha toko online mustahil untuk dilakukan, malah sebaliknya.

Dengan ketekunan dan kesabaran, membuka toko online dapat dijadikan cara mendapatkan uang dari internet yang sangat menguntungkan.

Untuk memaksimalkan potensi pembeli atau pengunjung, cek beberapa tips di bawah ini.

  • Lakukanlah riset tentang pemasaran produk secara detail. Tentukan dulu produk apa yang paling tepat untuk dijual kepada konsumen.
  • Pelajari tentang cara mengiklankan produk tersebut kepada target konsumen.
  • Selanjutnya, carilah cara untuk membuat daftar harga yang kompetitif di pasaran dengan mempelajari harga produk pesaing Anda.

11. Membangun Blog atau Website Pribadi
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang mudah adalah dengan membangun website atau blog dan menjadi seorang pengelola blog.

Jika Anda tertarik melakukannya, cek hal-hal penting di bawah ini.

  • Pertama, kuasailah cara membangun website melalui Wordpress atau Blogger. Hal ini menjadi dasar agar Anda dapat menjadi blogger yang menghasilkan.
  • Kedua, Anda harus tahu bagaimana membuat artikel dengan menerapkan standar SEO yang berkualitas. Kemampuan membuat artikel SEO ini sangat membantu menaikkan peringkat blog Anda di mesin pencarian.
  • Ketiga, tentukan tema blog yang selalu dicari oleh peselancar internet. Tema-tema blog yang menarik adalah seperti blog tentang teknologi, berita, atau hobi.

Usaha Online Lain yang Membawa Untung

Jika daftar peluang usaha yang sudah disebutkan masih belum cukup, berikut beberapa cara menghasilkan uang dari internet 2021 untuk dijadikan pertimbangan.

1. Investasi Saham Cara Cepat Mendapat Rupiah
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: market.bisnis.com

Secara umum, saham adalah sebuah instrumen pasar modal yang dapat memberikan keuntungan yang tinggi, tetapi juga dengan resiko tinggi.

Itulah sebabnya, berinvestasi saham merupakan cara mendapatkan uang dari internet 2021.

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu ke perusahaan sekuritas agar bisa segera mulai berinvestasi. Setelah itu, Anda bisa mulai top up untuk membeli saham.

Ada bermacam-macam perusahaan sekuritas yang resmi terdaftar di OJK, seperti Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, dan lainnya.

Hal paling penting dalam berinvestasi saham adalah Anda harus paham ilmunya dulu.

Memang benar Anda akan mendapatkan uang secara instan, tapi tanpa paham ilmu tentang berinvestasi saham Anda akan rugi apabila salah langkah.

2. Tetap Eksis Sebagai Influencer yang Menghasilkan
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: idcloudhost.com

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula melalui jejaring sosial? Jawabannya adalah dengan merintis usaha sebagai influencer.

Seorang influencer adalah orang yang mampu menarik minat orang lain agar membeli produk tertentu.

Sudah banyak para influencer yang beraksi di jejaring sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Apakah Anda tertarik? Simaklah beberapa hal berikut untuk mulai merintis usaha ini.

  • Bangunlah branding atau merek tentang diri Anda sendiri.
  • Dapatkan follower atau pengikut di media sosial dengan promosi melalui akun media sosial Anda.
  • Pastikanlah postingan yang ada di akun media sosial Anda adalah yang menunjukkan citra Anda.

3. Mencari Peruntungan Lewat Channel YouTube
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: finoo.id

Berikutnya, cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula adalah dengan membuat channel YouTube. Faktanya, berprofesi menjadi YouTuber saat ini merupakan salah satu profesi kaum millennial.

Hanya saja memang perlu kesabaran dan ketekunan agar profesi ini mampu menghasilkan keuntungan. Anda harus membuat konten secara rutin dan memastikan bahwa konten tersebut unik serta mampu menarik penonton.

Selain konten, Anda perlu mempelajari syarat untuk dapat menghasilkan uang dari channel Anda. Salah satunya adalah dengan memiliki jam tayang hingga 4000 jam.

4. Berpartisipasi Mengisi Online Survey Bisa Dapat Untung
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: thetastatistik.com

Mengisi online survey ternyata juga mampu menjadi cara cepat mendapatkan uang dari internet. Cara ini terbilang lumayan mudah karena Anda cukup mengisi survey dari penyedia survey. 

Banyak badan usaha, khususnya badan usaha yang baru merintis, yang gencar membagikan survey sebagai masukan untuk mereka.

Maka dari itu, Anda mampu menerima lebih banyak komisi dari mengisi survey yang ada.

Bagaimana cara dibayar hanya dengan mengisi survey? Situs-situs seperti ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense Indonesia, Opinion World, SurveyOn, GlobalTestMarket (Life Points) adalah situs yang akan membayar para pengisi survey.

Daftarkan diri Anda segera dan dapatkan penghasilan tambahan.

5. Jual Beli Barang Seken Sebagai Tambahan Penghasilan
cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula
foto: 99.co

Cara mudah mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang terakhir adalah dengan menjual barang seken tidak digunakan lagi.

Cara ini sangat membantu untuk memperoleh penghasilan secara instan.

Apabila ada ponsel bekas, laptop bekas, atau peralatan elektronik bekas lain yang sudah tidak Anda pakai, pergunakanlah itu untuk menghasilkan tambahan penghasilan lewat online shop jual beli barang bekas.

Manfaatkanlah situs jual beli barang bekas yaitu OLX, Bukalapak, dan Tokopedia.

Agar penjualan barang bekas Anda laku, perlu dilakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan harga yang tepat.

Sudah Siapkah Anda Berbisnis Online?

Sebenarnya masih banyak cara mendapatkan uang dari internet.

Seiring dengan berkembangnya teknologi cara berpikir masyarakat, pasti akan banyak bermunculan gagasan menarik lainnya tentang cara menghasilkan uang dari internet dengan cepat.

Anda perlu mengingat bahwa setiap usaha haruslah murni dari proses sendiri.

Teruslah bertekun serta berkomitmen, alhasil rezeki pasti Anda dapatkan. Belajarlah dari proses yang Anda peroleh dari menjalankan usaha tersebut.

Apabila Anda ingin berpindah ke satu bisnis ke yang lain, daftar peluang usaha di atas dapat Anda jadikan acuan tentang cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Semoga membantu!