10 Ide Bisnis Dropship Yang Menjanjikan

10 Ide Bisnis Dropship Yang Menjanjikan image

Bisnis dropship adalah banyak diminati karena tak butuh banyak modal, sistem bisnis ini menjual barang orang lain tanpa punya stok.

Bisnis ini sejatinya muncul seiring perkembangan internet yang semakin maju dengan baik. Bahkan sudah banyak platform jual beli online yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis ini.

Sepertinya bisnis dropship 2021 juga salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk membantu perekonomian di tengah pandemi.

Kamu bisa jalankan sebagai usaha sampingan, bahkan sebagai usaha utama dengan memaksimalkan promosi. Karena kekuatan utama dari pengembangan bisnis ini ada pada pemasaran yang baik.

Setelah mengetahui dari penjelasan di atas mengenai bisnis dropship itu apa, pastinya kamu juga harus mengetahui hal lainnya. Dari mulai contoh, cara melakukan bisnis ini hingga lainnya.

Pada artikel ini juga membahas keterangan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis ini seperti berikut ini.

Kekurangan 
ide-bisnis-dropship
foto: akseleran.co.id

Sebelum menjalani bisnis ini, kita juga perlu mengetahui kekurangan bisnis dropship. Hal ini demi meminimalisir kemungkinan buruk yang pada akhirnya terjadi ketika bisnis ini dijalankan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa kekurangan dari bisnis ini, mari kita simak langsung keterangan pada artikel ini.

1. Kurang bisa kontrol kualitas barang

Salah satu hal yang menjadi kekurangan dalam bisnis dropship ialah kurang bisa mengontrol kualitas barang dengan baik.  Awalnya mungkin kita bisa mencari dan menentukan supplier terbaik pilihan kita.

Namun kedepannya kita belum bisa menjamin kualitas barang apakah selamanya baik atau bahkan buruk di tengah jalan.

iklan-reseller

2. Tidak bisa leluasa mengetahui stock

Ketika kita mengandalkan produk dari supplier tanpa kita sendiri punya stok, pastinya akan kesulitan dalam mengontrolnya.

Bayangkan saja, ketika ada pembeli suatu produk yang kita tawarkan, pastinya harus menanyakan stok pada supplier. Jika pelanggan kita banyak, bukan tidak mungkin akan semakin kewalahan nantinya.

3. Sering ada kendala dalam hal pengiriman

Masalah yang seringkali muncul ketika menjalani usaha dropship adalah masalah pengiriman barang. Biasanya hal ini terjadi ketika pelanggan kita membeli barang yang beragam dengan banyak supplier.

Akan kerepotan dalam hal koordinasi hingga menjaga kepercayaan pelanggan karena pengiriman dari banyak supplier tersebut.

4. Keuntungan lebih sedikit

Untuk masalah keuntungan dalam bisnis ini pastinya akan sangat berbeda dengan ketika kita punya produk sendiri.

Dengan mengambil untung dari selisih harga produk yang dijual orang lain, kita pastinya tidak dapat leluasa menentukan harga. Hal ini yang menjadi alasan mengapa memang keuntungan yang diperoleh kecil.

5. Cukup banyak pesaing

Selain kekurangan, ternyata cukup banyak pula kelebihan yang ditawarkan dari bisnis ini yang membuat banyak peminatnya.

Hal ini menjadikan bisnis ini punya banyak pesaingnya. Misalnya saja salah satu produk dengan supplier sama akan punya kesempatan untuk memiliki dropship lebih dari sepuluh atau bahkan ratusan.

Kelebihan
ide-bisnis-dropship
foto: maucash.id

Setelah kita mengetahui kekurangannya, kita juga perlu mengetahui kelebihan bisnis dropship sebagai pembanding. Ternyata ada banyak sekali kelebihan dari bisnis ini yang satu ini hingga membuat banyak peminat.

Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini supaya kamu punya sedikit gambaran jika ingin memulainya.

1. Modal sedikit

Menjalani bisnis ini lebih kepada memasarkan produk orang lain, hal ini yang membuat seorang dropshipper hanya butuh sedikit modal. Barang dari supplier dan ia juga tidak perlu melakukan stock nantinya.

Hanya mengambil keuntungan dari setiap produk terjual membuat pelaku bisnis ini tidak perlu siapkan banyak modal. 

2. Bebas memilih produk

Kelebihan lainnya dalam hal memilih produk yang nantinya akan dijual kepada pelanggan. Seorang dropshipper bebas menentukan barang apa yang mereka jual nantinya.

Pastinya disesuaikan pula dengan tingkat pengetahuan akan produk yang baik dan juga keuntungan yang cukup menjanjikan untuk dirinya sendiri nanti.

3. Tidak perlu stok barang

Dengan menjual produk dari supplier, bisnis ini juga punya kemungkinan untuk dropshiper tidak perlu stock barang. Yang tahu dan harus bersiap dengan ketersediaan barang ialah supplier sendiri.

Pastinya hal ini tidak akan merepotkan dropshipper apalagi menuntut untuk punya banyak modal melakukan stock produk.

4. Tidak repot menyiapkan tempat usaha

Barang dari supplier, sementara pengiriman juga dilakukan oleh supplier pastinya membuat dropshiper tidak perlu menyiapkan tempat usaha.

Terlebih lagi internet sekarang ini sangat mudah diakses dan membantu sekali pekerjaan ini. Banyak dropshipper yang hanya memanfaatkan toko online mereka dan bisa sukses besar.

5. Minim resiko kerugian

Selain beberapa kelebihan diatas, menjalani usaha dropship juga mempunyai kemungkinan besar minim akan kerugian.

Kita tidak perlu membeli maupun melakukan stock barang yang akan kita jual nantinya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini minim akan resiko mengalami kerugian dalam prosesnya.

6. Cocok untuk yang jago memasarkan produk

Untuk kamu yang memang punya ketertarikan dan juga kemampuan lebih dalam pemasaran, cocok banget menjalani bisnis ini. Karena kekuatan yang penting ialah segi pemasaran.

Ketika kamu dapat menggaet pelanggan dalam jumlah yang banyak, pastinya keuntungan dari penjualan barang sistem dropship ini semakin banyak.

7. Waktu yang fleksibel

Bisnis ini bisa dijalani dengan sistem usaha sampingan atau juga usaha utama karena waktunya yang fleksibel. Bahkan banyak ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran yang juga menjalani bisnis ini.

Nyatanya dengan keterbatasan waktu mereka miliki tersebut, banyak diantaranya sukses dan mampu membantu ekonomi keluarga.

8. Mudah dilakukan

Bisnis ini sangat cocok dilakukan disemua kalangan baik itu anak muda atau remaja, dewasa hingga orang tua. Bagi yang kurang paham mengenai internet juga bisa menjalani bisnis ini secara offline.

Yang terpenting adalah semangat dan juga kemampuan dalam hal pemasaran produk yang harus lebih baik dari yang lainnya.

9. Banyak pilihan produk 

Punya banyak pilihan produk yang akan dipasarkan nantinya juga menjadi salah satu kelebihan dari bisnis ini. Kamu bisa mencari produk yang sekiranya kamu senangi dan juga kamu ketahui informasinya dengan baik.

Mulai dari produk pakaian, produk aksesoris dengan harga yang kecil atau produk lain dengan harga mahal.

10. Banyak pilihan supplier

Selain produk yang akan dipasarkan nantinya, kamu juga punya kesempatan besar untuk memilih berbagai supplier. Banyak supplier yang memang menyediakan berbagai barang dan kamu bebas menentukan mana yang terbaik.

Pastinya carilah supplier yang terpercaya demi menjaga kelancaran dalam menjalani usaha ini.

iklan-reseller 

Kiat atau tips
ide-bisnis-dropship
foto: jurnalposmedia.com

Sebelum menjalaninya, kita juga perlu mengetahui kiat bisnis dropship supaya bisa lebih sukses kedepannya. Sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan jika memang kita punya niatan baik.

Seperti apa kiat atau tips yang bisa kamu coba lakukan untuk usaha kamu nantinya? simak baik-baik penjelasan seperti berikut ini pastinya.

1. Cari pengetahuan sebanyak-banyaknya

Langkah awal dalam menjalani usaha apapun ialah mengetahui banyak informasi tentang usaha yang akan dijalani. Banyak faktor yang perlu dimengerti dari produk, pesain, cara pengembangan bisnis dan lainnya.

Pastinya hal ini demi tujuan supaya usaha yang dijalani dapat berlanjut dengan baik hingga sukses dengan baik pastinya.

2. Memilih barang atau produk

Walau usaha ini lebih mengedepankan pemasaran, sebaiknya kita juga harus melakukan pemilihan produk dropship dengan baik. Pasalnya jika kita tidak bisa mendapatkan kualitas baik, pelanggan pada akhirnya kecewa.

Hal ini akan berdampak buruk pada usaha kita kedepannya yang bisa mengalami kemunduran.

3. Lihat pesaing

Selain produk, sebaiknya kamu juga perlu melihat pesaing dari bisnis dropship yang akan kamu jalani. Misalnya saja dropship pakaian dengan supplier sama, kamu sebaiknya bisa memberi keunikan tersendiri dalam usahamu.

Cobalah untuk selalu bisa berusaha lebih baik dari pesaing-pesaing dropship lainnya agar sukses.

4. Tentukan supplier

Tidak hanya masalah produk yang harus dipilih dengan baik, kamu juga perlu memperhatikan supplier pilihanmu. Cobalah untuk mencari supplier yang baik yang selalu bisa mengedepankan kualitas barang dan pelayanannya.

Pastikan juga jika supplier tersebut sangat mudah untuk diajak komunikasi perihal stok dan lainnya.

5. Buat toko 

Setelah menentukan barang hingga supplier, langkah berikutnya adalah membuat toko yang lebih banyak dilakukan secara online.

Dari memanfaatkan media sosial, platform belanja online atau bahkan ada pula yang membuat website sendiri. Tahap ini sebaiknya benar-benar dimanfaatkan untuk bisa mempresentasikan produkmu.

6. Lakukan promosi

Salah satu hal yang menjadi tonggak dan cukup penting dibandingkan lainnya ialah proses pemasaran atau promosi. Jika kamu punya supplier terbaik, produk bagus dengan harga yang baik sekalipun tanpa promosi sepertinya percuma.

Lakukan promosi dengan beragam cara baik itu secara online maupun offline agar maksimal.

7. Menarik pelanggan baru

Dalam hal promosi, fokus pada pelanggan baru yang seharusnya bisa kamu perbanyak jumlahnya.

Nantinya kamu punya peluang besar untuk sukses menjalani bisnis ini karena banyak produk yang terjual. Semakin banyak produk yang terjual, kamu juga akan dapat pula kesempatan untuk mendapatkan banyak untung.

8. Maksimalkan pelayanan

Pelayanan yang baik kepada pelanggan dalam bisnis apapun juga pasti akan membawa pengaruh baik untuk pelakunya.

Pelanggan pastinya akan betah dan juga balik membeli lagi jika pelayanan yang dilakukan baik. Walau produk hingga pengiriman dilakukan oleh supplier, sebaiknya kita bisa mengontrolnya dengan baik.

Resiko bisnis dropship
ide-bisnis-dropship
foto: kumparan.com

Bisnis dropship yang menjanjikan ini sebenarnya minim sekali dalam hal resiko yang bisa ditanggung pelaku usahanya.

Hal ini dikarenakan dalam menjalani bisnis ini tidak banyak modal yang harus dikeluarkan. Barang dan pengiriman di urus orang lain tanpa kita direpotkan untuk melakukan stock hingga pembelian barang.

Contoh Bisnis dropship 

Ada banyak ide bisnis dropship untuk pemula dan semua kalangan dengan modal maupun tanpa modal. Pastinya ini harus kita manfaatkan dengan betul untuk menambah penghasilan kita.

Berikut ini beberapa contoh dari usaha dropship yang bisa kamu coba sebagai usaha sampingan atau usaha utama kamu nantinya.

iklan-reseller

1. Kosmetik
ide-bisnis-dropship
foto: money.kompas.com

Bisnis dropship kosmetik menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh kaum wanita terutama ibu-ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan.

Kebutuhan akan produk kecantikan yang selalu ada membuka peluang tersendiri. Tertarik mencobanya? Sebaiknya memang kamu perlu mengetahui detail produknya dulu.

2. Pakaian
ide-bisnis-dropship
foto: bobo.grid.id

Salah satu bisnis dropship tanpa modal yang juga diminati ialah pakaian yang juga menjadi barang kebutuhan yang selalu ada. Pastinya kamu harus memilih produk pakaian dengan kualitas terbaik untuk dijual nantinya.

Jangan sampai mengecewakan pelanggan karena jahitan kurang rapi, bahan kasar hingga lainnya.

3. Sepatu
ide-bisnis-dropship
foto: dream.co.id

Sepatu juga salah satu produk bisnis dropship anak muda yang juga menjanjikan jika dijalani dengan baik. Banyaknya model sepatu terbaru yang akan menambah keren penampilan menjadi peluang tersendiri.

Bahkan setiap tahun ada saja model sepatu lokal untuk anak mudah keluaran terbaru yang siap bersaing dipasaran.

4. Makanan
ide-bisnis-dropship
foto: idntimes.com

Produk makanan juga bisa jadi ide bisnis dropship yang menjanjikan dan perlu sekali kamu coba untuk menghasilkan uang.

Semua orang pasti butuh makan, dan produk makanan yang beragam saat ini menjadi peluang yang menguntungkan. Dari makanan kecil dengan harga murah hingga jenis makanan yang harga cukup mahal.

5. Produk kesehatan
ide-bisnis-dropship
foto: prosehat.com

Kiat atau cara bisnis dropship tanpa modal seperti tersebut diatas sepertinya bisa diterapkan pada bisnis apa saja termasuk produk kesehatan.

Sekarang banyak supplier obat herbal, alat kesehatan yang aman yang bisa menjadi peluang. Pastinya kamu harus paham betul dan tahu ilmunya jika akan menggeluti bisnis ini nantinya.

6. Aksesoris 
ide-bisnis-dropship
foto: fazzcard.com

Banyak produk aksesoris yang juga dijadikan sebagai peluang usaha dropship pada masa sekarang ini. Dari aksesoris untuk tubuh seperti perhiasan hingga aksesoris untuk smartphone seperti casing dan lainnya.

Walau harganya cukup murah, namun bisa menghasilkan keuntungan banyak jika kamu dapatkan banyak pembeli.

7. Perlengkapan Bayi
ide-bisnis-dropship
foto: birdsnbees.co.id

Tidak hanya produk untuk orang dewasa, bahkan banyak produk perlengkapan bayi yang bisa dijadikan peluang usaha ini. Dari mulai pakaian, produk perawatan hingga mainan yang banyak dijual.

Untuk harganya sendiri pastinya beragam tergantung juga dengan kualitas barang yang diperdagangkan nantinya.

8. Smartphone
ide-bisnis-dropship
foto: tekno.kompas.com

Produk usaha dropship yang juga patut untuk dicoba ialah smartphone dengan segala kelebihan yang ada. Banyaknya smartphone keluaran terbaru tiap bulannya mampu menarik minat banyak pembeli.

Pastinya usaha ini perlu promosi yang baik karena tidak setiap saat orang butuh dan ingin membeli produk ini pastinya.

9. Peralatan rumah tangga
ide-bisnis-dropship
foto: ruparupa.com

Produk lainnya yang sering kali laris ketika dijalankan sebagai usaha dropship adalah produk peralatan rumah tangga. Dari peralatan kecil seperti pisau, hingga peralatan yang harganya lumayan mahal seperti wajan dan lainnya.

Kebanyakan yang memilih produk ini ialah ibu rumah tangga yang tidak hanya tertarik pada barangnya, tapi punya keinginan mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Tas
ide-bisnis-dropship
foto: popbela.com

Selanjutnya ada tas yang juga termasuk salah satu produk laris di pasaran dengan sistem dropship. Baik itu tas perempuan, laki-laki atau bahkan tas anak untuk sekolah juga banyak peminatnya.

Biasanya produk seperti ini akan laris terjual ketika tahun ajaran baru mulai tiba.

Banyaknya produk yang bisa dijadikan pilihan sebagai usaha dropship akan mempermudah kita untuk memulai pastinya. Ingat juga setiap usaha pasti ada rintangan yang harus bisa dilewati.

Ketika gagal pada satu produk, tidak ada salahnya juga mencoba produk lainnya lho.

Setelah mengetahui pengertian, kelebihan dan kekurangan serta beberapa contoh  ide bisnis dropship apa kamu ingin mencobanya?. Mudah-mudahan penjelasan di atas bisa menjadi sedikit gambaran untuk kamu nantinya.

Ingatlah jika usaha yang keras pasti akan membuahkan hasil, jangan pernah ragu untuk mencobanya ya.

iklan-reseller