29 Ide Usaha Sampingan Di Rumah Tanpa Modal Besar

29 Ide Usaha Sampingan Di Rumah Tanpa Modal Besar image

Memanfaatkan waktu luang sebaiknya dengan hal-hal yang positif. Salah satunya dengan melakukan kerja sampingan. Banyak ide usaha sampingan di rumah yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Selain bisa menambah pemasukan, kadang banyak juga yang usaha sampingannya justru lebih maju. Sehingga memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan utama.

Tetapi jika Anda adalah pekerja keras yang ingin mendapat penghasilan berkali lipat, memiliki dua pekerjaan memang tidak ada salahnya. Asal bisa membagi waktu dengan baik supaya tidak ada yang keteteran.

Ada beberapa usaha sampingan yang menghasilkan uang setiap hari, mulai dari berdagang atau menggunakan keterampilan.

Semakin baik Anda mencari peluang, maka semakin besar kesempatan memperoleh untung yang besar.

29 Ide Usaha Sampingan Dari Rumah Saja

Jika Anda bingung bagaimana untuk memulainya, beberapa ide usaha sampingan di bawah ini mungkin bisa memberikan solusi:

1. Bisnis Reseller
usaha-sampingan-di-rumah
foto: blog.amartha.com

Jika Anda tertarik untuk berjualan produk tetapi tidak memiliki modal besar, menjadi reseller merupakan salah satu solusi yang tepat.

Usaha sampingan bisnis reseller juga menjadi ide populer karena banyak yang melakukannya. Bahkan tidak sedikit juga anak-anak sekolah dan mahasiswa yang sukses menjadi reseller.

Caranya cukup mencari produsen terpercaya untuk menyetok barang-barang yang ingin Anda jual. Misalnya kosmetik, jilbab, pakaian, sepatu, tas, dan lain-lain.

Pastikan untuk mencari tangan pertama dengan track record yang bisa dipercaya. Baik itu melalui testimoni atau pengalaman seseorang yang Anda kenal.

Anda bisa memasarkan produk secara online melalui media sosial dan website, atau offline melalui mulut ke mulut.

2. Bisnis Dropship
usaha-sampingan-di-rumah
foto: fissilmi-kaffah.com

Menjadi seorang dropshipper merupakan usaha sampingan tanpa modal yang bisa Anda jalankan. Sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin direpotkan mengenai modal besar.

Hal-hal yang harus Anda persiapkan hanya ponsel pintar atau laptop dan kuota internet. Lalu mencari jasa dropship terbaik dan terpercaya untuk menjalin kerjasama.

Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu khawatir mengenai pengemasan. Sebab packing dan pengiriman telah menjadi tanggung jawab produsen tangan pertama.

Tugas Anda hanyalah melakukan promosi sebaik-baiknya. Bisa melalui grup jual beli online, e-commerce, website, dan secara offline.

Sama seperti reseller, Anda perlu memilih produsen yang telah terpercaya. Bisa produsen untuk pakaian anak, buku, kosmetik, perabotan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

3. Penulis Lepas
usaha-sampingan-di-rumah
foto: fastwork.id

Kerja sampingan yang menjanjikan lainnya adalah menjadi seorang penulis lepas. Saat ini banyak muda mudi berprofesi sebagai freelance writer dan menghasilkan uang yang lumayan banyak.

Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang bagus, pekerjaan ini bisa menjadi solusi paling tepat. Modal yang Anda perlukan antara lain laptop, kuota internet, dan pengetahuan seputar menulis.

Tidak masalah jika belum menguasai dengan baik, seiring berjalannya waktu pasti tulisan Anda akan berkembang sendiri.

Selain bisa menawarkan jasa tulisan secara langsung atau mengikuti jasa penulisan artikel, Anda juga bisa mengambil proyek di beberapa platform khusus freelancer.

4. Agen Pulsa dan Token Listrik
usaha-sampingan-di-rumah

Bisnis sampingan ala rumahan yang pasti laku adalah menjadi agen pulsa dan token listrik. Saat ini siapapun pasti membutuhkan pulsa. Apalagi jika Anda juga menjual kuota internet semua operator.

Token listrik juga tidak kalah ramai pembeli. Sehingga dapat menjadi peluang yang besar bagi Anda. Promosinya sendiri bisa secara lisan dari mulut ke mulut.

Kalau sudah ada pelanggan yang datang, biasanya akan menjadi pelanggan tetap.

Tergantung bagaimana cara Anda memberikan pelayanan. Semakin baik dan ramah pelayanannya, maka pembeli akan semakin betah.

5. Jasa Sablon
usaha-sampingan-di-rumah
foto: printgraphicmagz.com

Membuka jasa sablon sangat cocok untuk ide usaha sampingan di rumah bagi laki-laki. Modal yang Anda butuhkan antara lain keterampilan sablon serta alat-alat yang diperlukan.

Cara promosi juga bisa dilakukan secara online, bahkan melalui e-commerce. Selanjutnya jika telah berkembang dengan baik, Anda bisa memberikan peluang berupa lapangan kerja bagi orang lain.

Untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan ketelitian, telaten, dan promosi yang tidak kenal lelah. Semakin maksimal promosi yang Anda lakukan, maka hasilnya juga semakin baik.

Jasa sablon juga sering dipercaya untuk membuatkan seragam organisasi, sekolah, dan berbagai institusi. Jadi bersiaplah untuk melakukan kerja sama dengan penjahit.

6. Jasa Laundry
usaha-sampingan-di-rumah
foto: liputan6.com

Membuka jasa laundry cocok sebagai ide usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Dengan modal mesin cuci, sabun cuci, serta parfum laundry, Anda sudah bisa menjalankan usaha.

Untuk pelayanan yang lebih baik, sediakan jasa antar jemput pakaian.

Sebab saat ini semakin banyak pelanggan yang ingin pelayanan penuh. Bedakan tarif antara pelanggan yang antar jemput pakaian kotor dan yang tidak menggunakan jasa.

Selain menyiapkan benda-benda dan peralatan yang diperlukan, Anda juga harus mempelajari beberapa hal seputar cuci baju. Tujuannya supaya pakaian pelanggan tidak ada yang rusak setelah dicuci.

7. Jasa Pengetikan
usaha-sampingan-di-rumah
foto: economy.okezone.com

Jasa pengetikan sangat tepat dijadikan sebagai kerja sampingan mahasiswa. Apalagi jika Anda sedang skripsi atau menunggu wisuda.

Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk mulai mencoba usaha. Misalnya dengan membuka pelayanan berupa jasa pengetikan.

Klien bisa datang dari sesama mahasiswa dari satu jurusan atau jurusan lain, juga siswa siswi yang masih sekolah.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan promosi sebaik mungkin melalui beberapa metode.

Bergabunglah dengan berbagai grup di kampus dengan menyertakan contact person. Pasti banyak mahasiswa yang akan menggunakan jasa pengetikan Anda.

8. Makelar Tanah
usaha-sampingan-di-rumah
foto: sarjanaekonomi.co.id

Semakin tahun, harga tanah semakin mahal. Bukan hanya harganya saja yang mahal, tetapi proses pengurusan jual beli tanah juga kian sulit.

Tetapi masyarakat juga tidak pernah berhenti melakukan transaksi yang berhubungan dengan tanah.

Sebenarnya ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda yang paham mengenai tata cara pembelian tanah. Sebab menjadi makelar tanah merupakan usaha sampingan yang berpenghasilan besar.

Persiapan yang perlu Anda lakukan adalah bekerja sama dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) terpercaya.

Selain itu, urusan tanah juga akan melibatkan kepala desa dan jajarannya. Pastikan juga memiliki kemampuan negosiasi yang baik.

9. Jualan Snack dan Minuman
usaha-sampingan-di-rumah
foto: bruker.com

Dari dulu hingga sekarang, siapapun pasti doyan yang namanya ngemil. Sehingga snack atau makanan ringan menjadi ide bisnis yang tak lekang oleh waktu.

Dimanapun dan kapanpun pasti orang-orang membutuhkan makanan ringan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Supaya menghasilkan untung yang berlimpah, jangan hanya menjualnya secara offline saja tetapi juga online.

Tawarkan ke beberapa grup jual beli, buat toko online, dan lakukan promosi sebaik mungkin.

Biasanya orang-orang juga tertarik membeli jajanan unik jaman dulu untuk nostalgia. Jadi tidak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam list.

10. Jasa Penerjemah
usaha-sampingan-di-rumah
foto: tirto.id

Usaha jasa untuk mahasiswa Bahasa Inggris adalah membuka jasa penerjemah. Bukan hanya terbatas untuk mahasiswa, tetapi bagi Anda yang kemampuan berbahasa Inggrisnya bagus.

Jasa penerjemah banyak dibutuhkan oleh mahasiswa S1 sampai S3, terutama saat mengerjakan tugas akhir atau jurnal.

Syaratnya Anda harus memiliki pengetahuan yang luas seputar berbagai istilah bahasa Inggris kedokteran, pendidikan, bisnis, agama, hukum, dan lain-lain.

Cara pemasarannya juga sederhana, yaitu melalui media online atau platform khusus tertentu.

Bergabunglah juga ke berbagai grup fakultas dan jurusan agar bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.

11. Jasa Bimbingan Belajar
usaha-sampingan-di-rumah
foto: jurnalpost.com

Jasa bimbingan belajar juga dianggap sebagai kerja sampingan dengan prospek gemilang. Apalagi saat ini proses pelaksanaannya bisa dilakukan secara online.

Jasa bimbingan belajar yang bisa Anda tawarkan antara lain pelajaran matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan berbagai bahasa asing lainnya.

Tawarkan juga paket khusus dengan harga tertentu, dimana ada fasilitas lebih seperti Quiz dan Ulangan harian.

Awalnya mungkin hanya ada satu atau dua peserta bimbingan belajar saja. Seiring berjalannya waktu, murid Anda akan semakin banyak.

12. Jasa Potong Rambut
usaha-sampingan-di-rumah
foto: thejakartapost.com

Biasanya tukang cukur rambut akan buka di sore hari. Sehingga bisnis ini juga cocok sebagai usaha sampingan fleksibel bagi karyawan. Faktanya barber shop tidak pernah sepi dari waktu ke waktu.

Sebanyak apapun jumlah jasa potong rambut, jumlah dari pelanggannya juga tak kalah banyak.

Tetapi Anda harus memiliki keterampilan yang benar-benar baik. Jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan Anda, maka mereka juga akan rajin untuk datang.

Pelanggan yang datang tidak hanya kalangan anak muda saja, tetapi juga anak-anak dan orang dewasa bahkan manula. Pastikan Anda memiliki wawasan luas seputar trend potong rambut jadul dan terbaru.

13. Ojek Online
usaha-sampingan-di-rumah
foto: banksinarmas.com

Kerja sampingan bagi karyawan yang harus Anda coba berikutnya adalah ojek online. Banyak karyawan yang bekerja sambil bergabung dengan ojek online, bisa dengan sepeda motor atau mobil.

Keuntungannya juga lumayan besar jika Anda bisa mendapatkan pelanggan yang banyak. Tetapi syaratnya harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda gunakan.

14. Agen Bensin Eceran
usaha-sampingan-di-rumah
foto: smartlegal.id

Kalau Anda tinggal di desa, coba terapkan bisnis bensin eceran. Pasalnya mayoritas penduduk di desa lebih suka membeli bensin eceran alih-alih pergi ke SPBU.

Menjadi agen bensin eceran sangat cocok untuk ide usaha sampingan di desa dengan pendapatan yang lumayan.

Caranya cukup menyiapkan botol berukuran besar untuk menampung bensin. Lalu menjualnya dengan dititipkan ke warung atau toko-toko.

Jenis bisnis ini tidak memerlukan pemasaran secara online. Pasti banyak warga yang sudah tahu sendiri dan akan membeli produk bensin Anda.

Pastikan untuk menitipkan bensin eceran ke warung yang belum menjual bensin. Lakukan riset terlebih dahulu apakah orang-orang di sekitar Anda juga lebih suka untuk membeli bensin secara eceran.

15. Jasa Fotografer
usaha-sampingan-di-rumah
foto: sribu.com

Usaha sampingan bagi milenial yang sangat cocok adalah menawarkan jasa fotografer. Apalagi saat ini hampir semua momen diabadikan dengan foto. Jadi peluangnya juga sangat besar.

Sebagai langkah awal, Anda bisa mencari model untuk menunjukkan hasil jepretan terlebih dahulu. Setelah itu tinggal lakukan posting dan promosi di media sosial.

Promosi bisa dilakukan melalui akun instagram, facebook, WhatsApp, serta grup freelancer.

Beberapa acara yang bisa Anda beri tawaran untuk fotografi antara lain acara lamaran, tunangan, pernikahan, ulang tahun, dan masih banyak lagi.

16. Jasa Percetakan Undangan
usaha-sampingan-di-rumah
foto: investasiuntung.com

Usaha rumahan yang tak kalah menjanjikan adalah membuka jasa percetakan undangan.

Mungkin tidak selalu ada pesanan setiap hari, tetapi pesanan akan datang menumpuk pada bulan-bulan tertentu. Jadi Anda tetap bisa menjalankan pekerjaan utama dengan baik.

Untuk menghemat waktu, Anda juga bisa mempersiapkan beberapa desain terbaru untuk undangan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan promosi secara maksimal melalui berbagai media sosial.

Saat ini juga banyak yang mulai promosi undangan pernikahan melalui e-commerce, sehingga Anda bisa melakukan hal serupa.

17. Warung Kopi WiFi
usaha-sampingan-di-rumah
foto: serpongku.com

Kerja sampingan menjanjikan berikutnya adalah membuka warung kopi yang menyediakan WiFi. Pasti banyak anak muda maupun orang dewasa yang tertarik untuk mampir.

Tidak perlu membuat warung kopi yang terlalu besar. Cukup tempat sederhana tetapi memiliki kondisi bersih dengan beberapa hiasan yang cantik.

Penataan tempat yang rapi akan membuat pelanggan betah.

Tambahkan juga lampu warna-warni untuk membuat tampilan warung semakin memesona. Jika ingin kesan yang lebih klasik sekaligus elegan, Anda bisa menambahkan lukisan klasik.

18. Budidaya Lele
usaha-sampingan-di-rumah
foto: dkp.jatimprov.go.id

Rekomendasi usaha rumahan di kampung yang dapat Anda coba adalah budidaya lele. Banyak yang suka makan lele karena rasa dagingnya yang empuk dan lezat.

Prospeknya juga gemilang sebab selalu dibutuhkan. Jika saat panen tiba, Anda bisa menjualnya secara langsung pada tetangga sekitar atau memasarkannya secara online.

Selain itu, tidak mustahil juga untuk menjalin kerjasama dengan rumah makan penyetan. Sebagaimana bisnis pada umumnya, promosi yang maksimal juga akan memberikan hasil yang terbaik.

19. Jasa Pemasangan Backdrop
usaha-sampingan-di-rumah
foto: youtube.com

Saat ini jasa backdrop banyak dibutuhkan untuk berbagai acara.

Mulai dari acara ulang tahun, lamaran, tunangan, hingga pernikahan. Tidak heran bahwa pemesanan backdrop merupakan jasa yang ramai dicari.

Jika ingin membuka usaha sampingan pemasangan backdrop, Anda harus memiliki cukup modal untuk membeli beberapa peralatannya. Selain mempunyai modal yang cukup, pastikan juga ada tim yang bisa diajak bekerja sama.

Hal-hal yang Anda butuhkan antara lain peralatan untuk dekorasi, lampu hias, bunga, serta akomodasi. Promosi bisa dilakukan dengan menawarkan jasa di media sosial seperti grup jual beli yang ada di kota Anda.

20. Tambal Ban Online
usaha-sampingan-di-rumah
foto: news.detik.com

Usaha sampingan unik yang masih jarang ada di beberapa daerah adalah jasa tambal ban online. Syaratnya hanya berlaku di satu kota saja.

Ide usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki keterampilan tambal  ban secara cepat. Dengan modal peralatan canggih, Anda bisa datang ke lokasi dimana pelanggan membutuhkan jasa.

Tarifnya juga tidak kaleng-kaleng, sebab jasa yang Anda berikan juga lumayan sulit. Belum lagi jika lokasi pelanggan yang bannya bocor berada di tempat jauh, pastinya ada harga mahal yang harus dibayar.

Jika Anda menyukai hal-hal unik dan tantangan, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini.

21. Jasa Desain Grafis
usaha-sampingan-di-rumah
foto: kompasiana.com

Jasa desain grafis merupakan usaha sampingan dengan untung besar yang wajib Anda coba. Apalagi di zaman sekarang dimana kebutuhan akan desain grafis juga semakin besar.

Banyak perusahaan dan industri yang memerlukan jasa desainer grafis. Mulai dari pembuatan logo untuk brand, atau keperluan lain yang membutuhkan skill desainer grafis.

Anda bisa menjadikan keterampilan desain sebagai kerja sampingan yang menjanjikan.

Promosinya bisa melalui media online atau mengikuti platform khusus freelancer yang bisa Anda coba dengan mudah.

22. Jasa Rias Wisuda dan Tunangan
usaha-sampingan-di-rumah
foto: regional.kompas.com

Jika Anda memiliki keterampilan make up, coba tawarkan jasa untuk teman atau saudara yang akan wisuda atau tunangan.

Jika mereka puas, Anda bisa lanjut untuk membuka jasa rias wisuda, tunangan, atau berbagai acara resmi lainnya.

Jasa rias merupakan ide kerja sampingan bagi perempuan yang sangat tepat. Khususnya bagi Anda yang memiliki passion besar di dunia kecantikan.

Acara-acara resmi seperti itu juga tidak akan terjadi setiap hari, sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Promosinya mudah, bisa lewat media sosial dengan bekal hasil testimoni pelanggan yang sudah Anda rias.

Kalau hasilnya bagus dan harganya sesuai, pasti banyak yang akan tertarik dengan jasa rias Anda.

23. Jasa Pembuatan Website
usaha-sampingan-di-rumah
foto: jmc.co.id

Seiring dengan berkembangnya digital marketing, jasa pembuatan website juga semakin dibutuhkan. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan membuat website.

Biasanya jasa pembuatan website meliputi domain, web hosting, serta SSL. Pelanggan yang tidak mau ribet pasti rela membayar berapapun asalkan website jadi sesuai keinginan.

Jasa pembuatan website juga menjadi salah satu ide kerja sampingan dengan prospek gemilang yang bisa Anda coba.

Lakukan promosi di beberapa grup khusus penulis lepas, para blogger, atau grup jual beli.

Siapa tahu ada yang tertarik menggunakan jasa Anda. Intinya jangan pernah berhenti melakukan promosi.

24. YouTuber
usaha-sampingan-di-rumah
foto: wartaekonomi.co.id

Apakah Anda merupakan seseorang yang percaya diri berekspresi di depan kamera? Jika iya, maka usaha sampingan yang cocok bagi Anda adalah menjadi YouTuber.

Tetapi jangan khawatir jika tidak percaya diri tetapi tetap ingin jadi YouTuber, sebab banyak pilihan konten yang bisa Anda pilih.

Beberapa konten menarik yang disukai banyak viewers misalnya kecantikan, tips dan trik, kesehatan, resep makanan, animasi, dan parenting.

Beda lagi jika seorang selebriti, mereka akan mudah mendapatkan viewers dengan menampilkan kehidupan sehari-hari.

Usaha sampingan menjadi YouTuber juga cukup menjanjikan. Banyak YouTuber sukses yang awalnya tidak memiliki penonton.

Kuncinya adalah tidak pernah menyerah dan tetap lakukan promosi agar banyak yang tahu keberadaan kanal YouTube Anda.

25. Blogger
usaha-sampingan-di-rumah
foto: soloensis.com

Selain menjadi seorang YouTuber, Anda juga bisa menjadi seorang blogger. Pasalnya pekerjaan ini juga terbukti menjanjikan.

Usaha sampingan dari rumah saja ini mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk berproses. Tapi jika sudah lancar, rejeki pasti mengalir dengan baik. Sudah banyak yang membuktikannya.

Kuncinya adalah rajin membuat konten setiap hari dan mempostingnya. Pahami beberapa tips seputar SEO supaya website Anda memiliki banyak pengunjung.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram untuk membuat quote pendek. Cantumkan juga keterangan untuk di Bio instagram supaya pembaca bisa berkunjung ke website.

26. Jasa Pembayaran Online
usaha-sampingan-di-rumah
foto: e-ghl.com

Membuka jasa pembayaran online juga menjadi salah satu ide usaha yang tepat. Pasalnya masih banyak masyarakat yang belum memiliki ATM sendiri dan malas pergi ke Bank.

Jasa pembayaran yang bisa Anda tawarkan mulai dari pembayaran listrik, cicilan kendaraan, pajak kendaraan, dan masih banyak lagi.

27. Jasa Packing Hantaran dan Souvenir
usaha-sampingan-di-rumah
foto: bp-guide.id

Jasa packing hantaran dan souvenir sangat cocok sebagai kerja sampingan bagi ibu rumah tangga. Modal utama yang Anda butuhkan adalah keterampilan dan kreatifitas.

Jika usaha sudah berjalan, Anda akan memerlukan tim untuk mengerjakan hantaran maupun souvenir. Tidak perlu merekrut banyak tim, cukup satu atau dua orang saja.

Promosi juga bisa dilakukan secara online melalui grup jual beli di daerah Anda. Semakin sering melakukan promosi, maka jasa Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.

28. Jualan Jajanan Pasar
usaha-sampingan-di-rumah
foto: kompas.com

Meski harganya murah, tetapi jajanan pasar terbukti enak dan membuat ketagihan. Buktinya banyak yang menyukai jajanan pasar sehingga stok penjual di pasar selalu habis.

Anda bisa menjual berbagai jenis jajanan pasar seperti roti kukus, sosis solo, cucur, kue lapis, onde-onde, dan lain-lain.

Selain untuk konsumsi pribadi, biasanya jajanan pasar juga digunakan untuk konsumsi dalam acara-acara tertentu. Jadi, ini akan menjadi peluang usaha besar bagi Anda.

Lebih bagus lagi jika bisa memasak beberapa kue sendiri. Jika ada acara besar, pasti banyak ibu-ibu yang akan memesan kepada Anda.

29. Jualan Aneka Keripik
usaha-sampingan-di-rumah
foto: bp-guide.id

Makanan ringan seperti keripik juga selalu menjadi idola. Menjual keripik merupakan salah satu ide bisnis sampingan terbaik yang bisa Anda coba.

Berbagai keripik yang dapat Anda jual antara lain keripik pisang, keripik nangka, jambu, bayam, dan berbagai buah lainnya. Gunakan kemasan menarik untuk menarik perhatian pelanggan.

Anda juga bisa menjualnya secara online melalui media sosial serta membuat toko online sendiri. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk membuat website khusus jualan.

Menjalankan bisnis memang gampang gampang susah. Jika sudah tahu jalannya, berbisnis pasti bisa lebih lancar dan menyenangkan.

Banyak yang sudah beralih menjadi pebisnis karena keuntungan yang didapatkan memang menjanjikan. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika menjalankan bisnis antara lain:

1. Pilih Bisnis yang Tepat

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, Anda harus melakukan riset sebelum berbisnis. Coba cari tahu apa yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini.

Kenali kemampuan Anda. Pilih jenis bisnis yang akan Anda jalankan, baik itu berupa penjualan produk atau penawaran jasa.

2. Jangan Malas

Setelah menemukan jenis bisnis yang sesuai, jangan pernah malas untuk menjalankannya. Jangan pernah menunda-nunda, karena bisnis membutuhkan praktik yang nyata.

Jika hanya dibayangkan saja di angan-angan, tentu saja bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik.

3. Jangan Malu Promosi

Awalnya mungkin sedikit sulit, tetapi seiring berjalan waktu, melakukan promosi akan sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda memiliki ide kreatif dan unik yang bisa membuat promosi lebih menarik.

Anda bisa memilih berbagai metode promosi, termasuk melalui media sosial. Promosi bisa berupa foto, video, atau tulisan.

Jika malas melakukan promosi, pelanggan juga akan malas untuk datang. Cari pelanggan sebanyak mungkin dengan menerapkan promosi yang tepat.

4. Jangan Boros

Anda memang memiliki pekerjaan utama dan sampingan, tetapi bukan berarti bisa boros. Tabung uang dengan baik sehingga bisnis sampingan Anda bisa semakin berkembang.

Suatu saat pasti muncul keinginan untuk membuat bisnis sampingan semakin besar. Pastinya hal itu juga membutuhkan modal.

5. Selalu Bersabar dan Optimis

Setelah melakukan usaha dengan baik, Anda harus tetap sabar dan optimis. Jika promosi yang Anda lakukan telah maksimal, pasti akan ada pelanggan yang datang.

Usaha sampingan di rumah bisa menjadi solusi tepat untuk menambah penghasilan. Jika bisnis telah membesar, Anda mungkin tertarik untuk meninggalkan pekerjaan utama dan fokus menjalankan bisnis saja.