26 Bisnis Online yang Menjanjikan, Untuk Pemula Modal Minim

26 Bisnis Online yang Menjanjikan, Untuk Pemula Modal Minim image

Percaya atau tidak, bisnis offline saat ini sudah semakin tergerus akibat hadirnya berbagai bisnis online yang menjanjikan untung besar.

Bahkan pemilik usaha offline berbondong-bondong beralih membuka toko online dengan harapan bisa dapat untung lebih besar.

Buat Anda yang mau mulai bisnis online, perlu tahu berbagai jenis bisnis yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan.

Apalagi, jika Anda memang akan menggantungkan penghasilan pada bisnis tersebut. Berikut ini ada daftar bisnis online yang bisa dijadikan pilihan.

20+ Bisnis Online yang Menjanjikan

Ternyata banyak pilihan bisnis yang bisa dimulai melalui platform online.

Buat Anda para pemula tak perlu modal banyak, cukup fokus dan lakukan salah satu bisnis berikut untuk mewujudkan mimpi jadi pebisnis sukses di masa depan.

1. Reseller
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: akseleran.co.id

Ini adalah salah satu bisnis online yang menjanjikan saat ini dan diminati banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa yang ingin punya bisnis tanpa modal.

Sistem kerjanya, menjual produk dari supplier dengan sistem penentuan harga yang disepakati antara supplier dan reseller.

Anda bisa pilih supplier yang menjual produk ternama dan sudah dikenal banyak orang.

Ini akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen, walaupun persaingan antar reseller produk yang sama akan sangat sengit.

Prosedur kerja reseller, dimulai dari memilih supplier, kemudian memilih produk apa yang akan dijual. Selanjutnya melakukan promosi melalui media sosial atau marketplace untuk mencari konsumen. 

Selanjutnya tinggal menunggu konsumen request barang, dan Anda tinggal pesan barang ke supplier kemudian kirim ke alamat konsumen.

Keuntungan yang didapat adalah dari selisih harga beli dari supplier dengan harga jual yang diterapkan untuk konsumen.

Untuk awal, keuntungan mungkin masih sedikit tapi selama Anda konsisten maka keuntungan hingga ratusan ribu hingga jutaan bisa masuk ke kantong setiap bulannya.

2. Dropshipper
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: fissilmi-kaffah.com

Mirip dengan reseller, bedanya pada salah satu bisnis online terbaik ini Anda tidak perlu stok barang di tempat sendiri.

Cukup mempromosikan produk dari supplier atau distributor yang sudah Anda pilih.

Selanjutnya, ketika ada konsumen yang ingin membeli produk tersebut melalui Anda maka tinggal minta supplier mengirimkannya.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga barang asli dengan yang dipromosikan melalui berbagai platform.

Bisnis ini dinilai sangat menjanjikan keuntungan besar, asalkan pebisnis bisa menjual produk dengan cara promosi yang tepat.

Kemudian, produk yang dipilih memang merupakan kebutuhan banyak orang dan memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

3. Fashion Wanita
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: womantalk.com

Produk fashion wanita, juga merupakan salah satu pilihan produk bisnis online yang tak pernah surut pembelinya.

Makanya toko online yang menjual produk mulai dari baju, celana, underwear, hingga hijab dan aksesoris wanita terus bertambah.

Memang, potensi untung sangat bergantung dari produk apa yang Anda jual dan bagaimana marketing online yang dilakukan. Selama Anda bisa, maka potensi untung juga akan semakin besar.

4. Fashion Anak
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: zalora.co.id

Anda juga bisa memilih bisnis fashion anak brand sendiri, jika memang Anda punya kemampuan membuat desain pakaian anak.

Kemudian berkoordinasi dengan penjahit dan pekerja di bidang tekstil untuk mewujudkan desain menjadi pakaian anak yang up to date.

Modalnya tidak akan terlalu tinggi, hanya kreativitas untuk menghasilkan desain, kemudian biaya kolaborasi dengan pengusaha tekstil.

Selanjutnya hanya biaya beli kuota internet untuk mempromosikan bisnis dan produk fashion anak yang ingin dijual.

Semakin unik dan kreatif produk yang Anda sediakan, maka akan semakin banyak orang yang suka.

Apalagi jika ditambah dengan pelayanan yang baik saat konsumen ingin melakukan transaksi, tentu kepuasan belanja membuat mereka jadi loyal kepada bisnis Anda.

5. Desain Grafis
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: kompasiana.com

Untuk yang punya kemampuan desain grafis, apalagi dengan background pendidikan tersebut jangan sia-siakan kemampuan Anda.

Bukalah bisnis online desain grafis, yang saat ini sangat dibutuhkan banyak orang.

Baik itu perusahaan maupun individu, semakin bagus kualitas desain Anda makan harga jual karya akan semakin tinggi. 

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bergabung terlebih dahulu di komunitas desain grafis lepas alias freelance.

Kemudian promosikan kemampuan Anda lewat portofolio desain yang pernah dibuat, setelah itu cari klien melalui situs-situs freelancer yang saat ini sudah sangat menjamur.

Jika hasil karya Anda berkualitas, maka kemungkinan untuk mengembangkan bisnis lewat website sendiri sehingga klien bisa langsung berinteraksi dengan Anda.

Penghasilan yang bisa didapat adalah mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, tergantung sejauh mana Anda profesional di bidang tersebut.

6. Blogger
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: soloensis.com

Memiliki blog sendiri, jangan diisi hanya dengan konten-konten biasa.

Mulailah untuk mengembangkannya menjadi blog yang dicari orang dan menjadi blogger yang selalu dicari karena konten terbaik yang dibutuhkan pengguna internet.

Contohnya saja, bagaimana Javamilk bisa berhasil meraih banyak apresiasi.

Blog tersebut memberikan informasi traveling ke Eropa dan juga Jepang super lengkap. Bisa jadi panduan para traveller yang ingin mengunjungi negara-negara di sana.

Anda bisa memilih satu tema yang dikuasai, kemudian buat konten-konten menarik seputar tema tersebut dengan sumber data yang lengkap.

Bisnis ini tidak butuh modal selain kemampuan otak menciptakan konten-konten terbaik yang disukai banyak orang.

7. Youtuber
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: cnbcindonesia.com

Banyak orang yang saat ini sukses jadi Youtuber, berawal dari membuat konten secara konsisten dengan tema yang jelas.

Kemudian mendulang untung dari berbagai platform, mulai dari jumlah subscriber, jumlah viewers, hingga iklan yang masuk ke halaman youtube.

Jika Anda berminat, bisa memilih bisnis ini sebagai salah satu modal sukses masa depan.

Tapi perlu menerapkan cara memulai bisnis online dari nol. Seperti  punya channel Youtube, kemudian kamera HP untuk merekam video dan ide kreatif yang siap membuat orang terkesima.

Anda bisa berkiblat dari sejumlah youtuber Indonesia yang sukses, seperti Atta Halilintar hingga Fadil Jaidi yang saat ini mulai dipertimbangkan karena konten youtubenya yang beda dari konten pada umumnya.

8. Kursus Bidang Tertentu
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: liputan6.com

Punya kemampuan di bidang pelajaran atau keterampilan tertentu? Jangan abaikan! Anda bisa menjadikannya bisnis online yang juga sangat menjanjikan.

Misalnya, kursus pelajaran sekolah untuk anak SD, SMP, hingga SMA yang digelar daring atau face to face di rumah mereka masing-masing.

Bisa juga Anda membuka kursus belajar musik, menyanyi, hingga belajar menjadi koki handal.

Semua itu tentu harus dilandasi kemampuan yang cukup, supaya orang percaya dan mau menjadikan Anda sosok yang membantu mereka sukses di bidang tertentu.

9. SEO
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: zulfirman.com

Promosi melalui jalur online tak akan pernah lepas dari yang namanya Search Engine Optimization (SEO).

Dengan teknik SEO yang tepat, sebuah website bisa menduduki daftar pencarian teratas pada platform seperti Google.

Ketika Anda punya keahlian seputar SEO, tak ada salahnya “menjual” kemampuan tersebut untuk membantu pemilik website agar bisa “naik daun” di dunia internet.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu mempersiapkan website sendiri sebagai langkah mencari konsumen. Kemudian promosikan produk jasa SEO yang bisa Anda berikan untuk konsumen.

Jangan lupa, lakukan juga promosi di berbagai media sosial yang dimiliki supaya hasilnya lebih menguntungkan.

10. Penulis Lepas
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: fastwork.id

Buat yang hobi menulis dan memahami kaidah penulisan berbagai jenis artikel, bisa menggunakan hobi tersebut menjadi bisnis yang cukup menjanjikan untuk jangka panjang.

Dimulai dengan bergabung terlebih dahulu, menjadi freelancer di beberapa situs penulis lepas. 

Kemudian kembangkan kemampuan Anda soal dunia penulisan yang dibutuhkan klien. Setelah itu, bisa membuat situs sendiri dan mencari klien yang butuh jasa penulis.

Bisnis ini, tidak butuh modal besar karena tergantung pada kemampuan menulis seseorang. Semakin bagus kualitas tulisannya, maka fee yang bisa didapat juga semakin besar.

Untuk awal, Anda bisa mematok harga murah berdasarkan jumlah kata dari setiap artikel yang dibuat.

Apalagi saat ini banyak jenis tulisan yang dibutuhkan berbagai pihak, terutama sejak dunia online semakin merajai lalu lintas bisnis.

Sehingga perusahaan bahkan personal butuh banyak konten berbentuk tulisan yang bisa membuat situs yang mereka miliki berkembang lebih pesat.

11. Penerjemah Online
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: jobskarir.id

Sama halnya dengan penulis lepas, penerjemah juga banyak dicari saat ini.

Kebanyakan untuk pembuatan berbagai jenis dokumen resmi individu maupun perusahaan terkait bisnis atau perjalanan ke luar negeri.

Jadi, buat Anda yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa asing tertentu akan sangat menjanjikan untuk membuka bisnis ini. Apalagi jika sudah punya lisensi sebagai penerjemah profesional.

Anda tinggal mempromosikan diri melalui media sosial, lengkap dengan portofolio contoh dokumen yang sudah pernah Anda terjemahkan. Dan pilihan jenis dokumen yang bisa Anda terjemahkan. 

Dengan promosi yang tepat dan kualitas yang bagus, tentu klien tidak segan untuk order jasa Anda.

12. Software Development
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: medium.com

Saat ini bisnis berbasis aplikasi juga banyak ditawarkan, pembuatan software seperti aplikasi menjadi hal yang sangat penting.

Bagi yang memiliki kemampuan di bidang komputerisasi khususnya software, kesempatan ini tak boleh disia-siakan.

Anda bisa membantu banyak perusahaan untuk menciptakan aplikasi yang user friendly, sehingga pengembangan usaha mereka bisa semakin pesat.

Sebab, konsumen sekarang sangat ingin dimanjakan dengan kemudahan transaksi melalui sistem online berbasis aplikasi.

Selain aplikasi, Anda juga bisa membuat berbagai software yang nantinya bisa dipakai untuk memudahkan kinerja perusahaan. Baik itu software absensi, keamanan, keuangan, dan lainnya.

13. Percetakan Online
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: printerous.com

Maksudnya adalah, bisnis jasa yang menyediakan pencetakan dokumen jenis apa saja dengan kualitas terbaik dan harga bersaing.

Saat ini, orang juga banyak membutuhkan percetakan berkualitas tanpa harus datang langsung ke lokasi percetakan tersebut.

Modal yang dibutuhkan juga tak terlalu besar, dimana Anda cukup berkoordinasi dengan jasa percetakan untuk mengerjakan order klien yang didapat melalui platform online. 

Buat yang memiliki modal cukup, tentu akan lebih baik karena Anda bisa membeli perlengkapan percetakan yang dibutuhkan.

Untuk menjalankan bisnis online ini, yang dibutuhkan selain modal adalah kemampuan Anda untuk mencetak dokumen dengan cepat dan berkualitas sesuai order.

14. Influencer
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: commbox.io

Untuk menjalankan bisnis online menjadi influencer memang tidak mudah, sebab Anda harus punya background yang bagus tentang sebuah tema.

Sehingga ketika Anda berbagi informasi, tips, atau apapun melalui media sosial memiliki landasan yang jelas.

Tapi, bisnis ini patut dicoba karena bisa menjanjikan peluang keuntungan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Misalnya, ketika Anda mahir soal hubungan percintaan kemudian berbagi tips tentang hal berbau relationship.. Jika orang yang menonton konten atau media sosial Anda akan banyak terbantu.

Ujung-ujungnya followers bisa bertambah dan Anda bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai cara.

Mulai dari endorse toko online yang berhubungan dengan romansa, kemudian kalkulasi followers dari media sosial tertentu, dan banyak lagi.

15. Pulsa Online
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: maxmanroe.com

Dari dulu sampai sekarang, bisnis pulsa online masih menjadi salah satu yang dimanfaatkan banyak orang.

Tak perlu modal besar, cukup punya HP Android maka Anda sudah bisa menjual pulsa dan token listrik. Untungnya akan tergantung dengan segencar apa Anda promosi kepada konsumen.

Untuk awal, menjadi agen pulsa adalah hal yang sangat masuk akal. Anda tinggal pilih distributor pulsa yang sudah berpengalaman. Kemudian ikuti prosedur mendaftar jadi agennya. 

Lalu, Anda tinggal isi saldo untuk memenuhi order konsumen yang butuh pulsa, kuota internet, atau token listrik.

Jika bisnis berkembang maka Anda bisa merambah bisnis pembayaran berbagai jenis tagihan secara online. Mulai dari tagihan telepon, listrik, air, hingga asuransi.

Semakin lengkap layanan yang Anda berikan, maka akan semakin besar potensi keuntungan yang bisa didapat. 

16. Web Development
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: everylogi.com

Membuat website dan mengembangkannya, bukan perkara mudah karena tak semua orang bisa.

Jika Anda paham dan punya latar belakang pendidikan di dunia teknologi informasi, tentu sangat paham bagaimana bahasa program seperti CSS, PHL, hingga HTML.

Berbekal ilmu tersebut, Anda bisa membuka bisnis pengembangan website. Karena, saat ini banyak pengusaha yang ingin menampilkan bisnisnya secara online melalui website.

Anda tinggal menampung keinginan klien, kemudian mewujudkannya menjadi sebuah website yang mampu bersaing di dunia digital.

Anda akan diganjar dengan bayaran yang mahal dan sebanding dengan apa yang sudah dihasilkan.

17. Fotografi
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: liputan6.com

Kalau biasanya bisnis fotografi yang berkembang itu harus punya toko offline seperti studio foto.

Sekarang, melalui platform online Anda juga bisa memuaskan pelanggan dengan hasil jepretan Anda. contohnya, foto produk bisnis untuk para pelaku bisnis online.

Anda cukup minta pemilik produk untuk mengirim sample produk mereka, kemudian Anda tinggal membuat foto yang sesuai dengan konsep bisnis dari klien.

Bisa juga dengan bisnis jual beli foto, melalui situs fotografi yang makin menjamur. Semakin bagus dan berkualitas foto yang dihasilkan, maka bayaran yang didapat semakin besar.

Makanya, terus asah hobi fotografi Anda dan jadikan bisnis online yang menjanjikan tanpa modal untuk jangka panjang.

18. Kuliner
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: money.kompas.com

Bisnis kuliner tidak ada matinya dari dulu hingga sekarang, bedanya kalau dulu Anda harus buka warung atau booth untuk menarik konsumen. Sekarang, dapat berjualan secara online.

Contohnya, ketika Anda bisa membuat kue kering untuk lebaran maka tinggal promosikan hasil kue buatan Anda melalui media sosial dan marketplace.

Lalu ketika ada konsumen yang berminat, tinggal dibuatkan dan dikirim ke alamat mereka.Anda bisa berbisnis dari rumah kapan saja, selama ada order yang masuk. 

Sudah banyak yang berhasil membuka bisnis online kuliner, lalu menuai keuntungan luar biasa.

Anda bisa menjadi yang berikutnya, tapi memang harus dipastikan bahwa masakan yang akan dijadikan produk bisnis itu layak jual dan berbeda dari produk kuliner yang sudah banyak dijual orang.

Memang akan butuh persiapan yang cukup matang, mulai dari membuat contoh produk dan meminta orang-orang terdekat Anda untuk mencicipinya.

Jika layak jual maka Anda tinggal siapkan konsep promosi dan sistem jual beli yang nyaman bagi konsumen.

Misalnya, bisa order melalui Whatsapp kemudian Anda kirim menggunakan ojek online. Ini akan menghemat waktu dan tenaga, tapi memang akan butuh biaya ekstra.

19. Saham
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: investor.id

Sebenarnya ini merupakan salah satu investasi, karena memberikan kesempatan bagi Anda untuk menggunakan modal yang tersedia untuk bermain saham.

Tapi, untuk mengawalinya Anda memang butuh pemahaman yang cukup tentang saham.

Proses bisnis ini, dimulai dari memilih pasar saham melalui aplikasi saham yang terpercaya.

Kemudian Anda lakukan deposit untuk membeli saham dari perusahaan yang memiliki track record keuangan bagus.

Kemudian tinggal menunggu saham yang sudah dibeli berputar di pasar saham.

Ketika harga saham naik, maka Anda akan mendapatkan untung jika menjualnya. Tapi kalau harga saham turun, maka Anda harus siap dengan kerugian yang akan didapat.

20. Toko Online Marketplace
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: padanginfo.com

Membuka toko online melalui marketplace terpercaya, juga bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Tentunya dengan konsep bisnis yang jelas dan produk bisnis yang berpotensi laku di pasaran.

Proses bisnis ini bisa dimulai dari menentukan produk yang ingin dijual. Misalnya, Anda mau menjual aksesoris wanita maka pastikan produk layak jual dan memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Setelah itu, tinggal buka toko online dan isi toko Anda dengan foto, spesifikasi, dan harga produk.

Jangan lupa promosi melalui media sosial dan cara lainnya supaya toko bisa cepat dikenal. Sebab, di marketplace persaingan sangat tinggi.

Hanya yang berkualitas, memberi pelayanan terbaik, dan harga terjangkau biasanya bisa bertahan lama.

Apalagi saat ini sudah banyak marketplace yang punya pasarnya sendiri di Indonesia, jadi harus jeli memilih dan mempromosikan toko Anda.

 

21. Sewa Kendaraan Online

bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: id.techinasia.com

Bisnis berikutnya adalah menyediakan penyewaan kendaraan secara online.

Cocok untuk Anda yang tinggal di kota besar dengan mobilitas yang sangat tinggi. Bisa juga di kawasan yang menjadi pusat destinasi wisata.

Bisnis ini memang harus menggunakan modal, paling tidak Anda punya kendaraan sendiri untuk disewakan. Bisa juga dengan berkoordinasi bersama kerabat yang memiliki kendaraan.

Kemudian buat situs sewa kendaraan, isi dengan produk kendaraan yang siap untuk disewa.

Lalu promosikan melalui berbagai platform internet, mulai dari media sosial hingga iklan berbayar di situs yang berhubungan dengan sewa kendaraan.

Beberapa hal yang perlu dipastikan untuk bisnis ini adalah, Anda punya kendaraan yang kondisinya sehat.

Kemudian driver yang sudah berpengalaman dan menguasai lokasi yang menjadi area penyewaan kendaraan tersebut.

Tak sedikit orang yang bisa sukses dengan bisnis ini, selama digeluti dengan sungguh-sungguh dan memberikan pelayanan terbaik mereka.

Selain itu, kelengkapan armada juga menjadi nilai tambah sehingga konsumen bisa lebih puas memilih kendaraan yang akan disewa.

22. Agen Properti Online
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: pinhome.id

Buat yang punya jiwa marketing, punya pergaulan yang luas maka tak ada salahnya untuk memulai bisnis agen properti online.

Anda bisa bekerjasama dengan pengembang perumahan atau lainnya, untuk memasarkan produk properti mereka.

Fee dari bisnis ini cukup besar, tergantung jenis properti yang berhasil dijual dan bagaimana kontrak kerjasama dengan pengembang terkait persentase keuntungan yang didapat.

Jenis-jenis properti yang saat ini masih banyak dicari adalah tanah di kawasan strategis, rumah dengan berbagai tipe, hingga apartemen di kawasan bisnis yang memiliki akses mudah.

Triknya, Anda perlu membuat website sendiri yang isinya promosi properti dan konten terkait properti.

Kemudian share link tersebut kepada rekan kerja, kerabat, dan followers Anda di media sosial. Imbasnya, bisnis Anda akan lebih cepat dikenal.

Ketika orang kenal dan tau kredibilitas Anda, maka ketika mereka butuh properti tentu akan menghubungi Anda.

23. Editing Video
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: unbox.id

Akan ada celah bisnis yang siap memberikan penghasilan besar, ketika Anda punya kemampuan editing video.

Apalagi jika mahir menggunakan berbagai jenis aplikasi editing untuk menunjang hasil video yang spektakuler.

Anda cukup bergabung terlebih dahulu di platform freelance, yang memberikan ruang bagi para freelance dengan latar belakang editing video. 

Kemudian lampirkan contoh video yang pernah Anda buat, sebagai penarik bagi calon klien. Setelah itu, tinggal menunggu klien datang untuk menggunakan jasa Anda.

Buat Anda yang sudah profesional dalam hal editing video, akan lebih mudah untuk menghasilkan uang banyak.

Apalagi dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dan kemauan untuk terus belajar menjadi editor video yang handal.

Anda bisa mulai dengan editing video promosi bisnis, pernikahan, dan lainnya.

Kemudian jika sudah banyak klien, maka Anda bisa memperbanyak jenis video yang bisa di edit seperti video company profile dan lainnya.

Soal penghasilan yang bisa didapat dari bisnis ini, sangat tergantung pada video yang dihasilkan dan bagaimana Anda bisa memuaskan klien sesuai yang mereka inginkan.

24. Konsultasi
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: suara.com

Memberikan jasa konsultasi untuk bidang-bidang tertentu masih sangat dibutuhkan.

Misalnya, Anda memiliki basic pendidikan ekonomi maka tinggal buka jasa konsultasi terkait masalah keuangan dan sejenisnya.

Sama halnya dengan Anda yang paham masalah hukum, kesehatan, hingga psikologis.

Realitanya saat ini di negara berkembang profesi konsultan online ini semakin banyak dicari dan menjamur, apa salahnya Anda juga mencoba peruntungan dengan bisnis ini.

Tinggal promosikan kemampuan Anda melalui media sosial, lalu beri pilihan layanan konsultasi apakah melalui chatting, skype, atau media lainnya.

Kemudian pastikan pelayanan terbaik kepada klien selama proses konsultasi hingga berhasil.

25. Artwork
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: abcnews.go.com

Artwork banyak dibutuhkan dalam pembuatan desain grafis, bahkan tak sedikit yang berani bayar mahal untuk artwork yang punya nilai artistik tinggi dan benar-benar otentik.

Kalau Anda memiliki kemampuan untuk membuat artwork, jangan biarkan menjadi sebatas hobi saja. Salurkan bakat tersebut menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Untuk pemula, Anda bisa menjual artwork karya sendiri melalui situs jual beli artwork seperti etsy.com, redbubble.com, dan masih banyak lagi.

Prosedurnya sama dengan jual beli foto online dan marketplace pada umumnya.

Anda tinggal buat akun, pasang foto produk artwork dengan sistem yang sudah disediakan marketplace. Kemudian tinggal promosi dan menunggu konsumen memesan hasil karya tersebut.

26. E-Book
bisnis-online-yang-menjanjikan
foto: penerbitbukudeepublish.com

Selain jadi penulis yang berpengalaman melalui berbagai platform online. Anda juga bisa menjual tulisan Anda dalam bentuk e-book, tapi pastikan terlebih dahulu apakah tulisan itu layak jual atau tidak.

Sudah banyak orang yang mencoba bisnis ini, dengan menjual tulisan karya sendiri atau karya orang terkenal lainnya. Kemudian mereka mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Untuk membuat bisnis ini terkenal, promosi jor-joran melalui media sosial adalah jalur yang paling masuk akal.

Apalagi jika Anda punya jaringan atau koneksi yang luas, akan lebih mudah untuk membuat bisnis ini terkenal.

Itulah deretan bisnis online yang menjanjikan, Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan keahlian, latar belakang pendidikan, atau hobi.

Jika dijalani dengan tekun, fokus, dan sungguh-sungguh maka hasilnya akan membuat Anda jadi pebisnis sukses di masa depan.