25 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

25 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan image

Moms, pernahkah Anda terpikir untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?

Entah itu karena desakan ekonomi atau keinginan pribadi, mencoba peruntungan dengan berbisnis rupanya cukup profitable, lho.

Apalagi, di era kekinian, ada sederet usaha sampingan ibu rumah tangga yang terbilang lumayan menggiurkan untuk dicoba.

Dan lagi, beberapa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang populer belakangan ini bisa Anda jalankan tanpa memerlukan banyak modal.

Dengan kegigihan dan kerja keras, modal yang Anda tanamkan untuk membesarkan bisnis tersebut tentunya akan kembali dalam jumlah yang lebih besar.

Jadi, siapkah Anda menjadi bos bagi diri Anda sendiri?

Jika iya, simak deretan macam-macam usaha sampingan ibu rumah tangga di bawah ini. Siapa tahu, Anda langsung terinspirasi untuk mencoba salah satu atau beberapa di antaranya.

1. Berjualan dengan Sistem Resell & Dropship
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga

Tak terhitung jumlah ibu rumah tangga di seluruh penjuru tanah air yang telah menjadi reseller dan dropshipper.

Alasan mengapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini begitu digandrungi banyak orang adalah karena mudahnya berjualan dengan sistem resell (menjual kembali) dan dropship.

Apa bedanya?

Sekilas kedua istilah tersebut seolah memiliki arti yang sama, padahal cara kerja reselling dan dropshipping berbeda, lho.

Tidak seperti reseller, seorang dropshipper tidak wajib menyimpan stok fisik dari produk yang diperolehnya dari distributor (pemasok).

Maka dari itu, berjualan dengan sistem dropship paling pas buat ibu rumah tangga dengan modal pas-pasan, karena ini sebetulnya termasuk jenis usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal.

Selain itu, sebagai dropshipper, Anda juga tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan produk Anda.

2. Berjualan secara Online
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: suara.com

Berkat kecanggihan teknologi yang ada di genggaman Anda, kini berniaga jadi semakin mudah dilakukan, Moms.

Menggabungkan tips usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini dengan poin sebelumnya, Anda akan berkesempatan untuk meraup pundi-pundi rupiah cukup dengan memanfaatkan smartphone Anda.

Ya, apabila Anda pada akhirnya memutuskan untuk menjadi reseller atau dropshipper, coba tawarkan barang dagangan Anda kepada teman-teman atau pengikut akun medsos Anda juga (selain kepada tetangga atau kerabat dekat).

Dengan begitu, Anda dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial.

Pun, karena dilakukan secara online, bisnis ini bersifat fleksibel. Artinya, Anda bisa menekuninya kapanpun Anda punya waktu luang.

3. Jadi Graphic Designer
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: gripdesign.com

Anda mahir mendesain grafis-grafis cantik untuk keperluan branding atau marketing medsos? Moms, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk menghasilkan cuan dari kemahiran tersebut.

Faktanya, semakin hari semakin banyak influencer atau perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa graphic designer untuk mempercantik laman media sosial mereka.

Ini adalah peluang bagi Anda untuk meraup keuntungan dengan menawarkan jasa kreatif Anda.

4. Jadi Penerjemah
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: tirto.id

Kalau Moms memiliki kemahiran berbahasa asing, menjadi translator (penerjemah) tentu bukan hal sulit bagi Anda. Apalagi jika Anda punya sertifikat proficiency dengan nilai yang tergolong bagus, wah, sudah pasti banyak orang akan berbondong-bondong memanfaatkan jasa Anda.

Tawarkan harga promo di awal untuk menarik minat pelanggan. Begitu Anda berhasil mengantongi review positif dari klien-klien Anda, Anda bisa meningkatkan harganya secara bertahap. Anda bahkan bisa mematok harga tinggi jika Anda berstatus sebagai penerjemah tersumpah, lho.

Lalu, menjadi ahli di niche tertentu berpotensi lebih menguntungkan daripada menjadi penerjemah umum. Jika Moms memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan, hokum, kesehatan, atau IT, jenis proyek terjemahan khusus seperti ini biasanya membayar lebih banyak.

5. Jadi Penulis Lepas
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: fastwork.id

Jika Moms hobi menulis dan mampu mengubah ide-ide kreatif menjadi tulisan yang enak dibaca, jangan ragu mencoba peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini.

Untuk menjadi penulis lepas (freelance writer), Anda cuma butuh laptop dan koneksi Internet yang stabil. Jika Anda belum pernah menulis untuk media manapun sebelumnya, susun beberapa tulisan sebagai portofolio Anda.

Kemudian, gunakan portofolio tersebut sebagai sarana promosi Anda. Tawarkan kepada blogger atau pemilik website besar yang kemungkinan mengalami kesulitan untuk mengunggah konten secara rutin.

Atau, bergabunglah dengan agensi kepenulisan. Kabarnya, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan komisi dengan menjadi kontributor tetap dari platform menulis seperti IDNTimes dan UC News.

6. Jadi Tutor Les
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: popmama.com

Demand akan tenaga pengajar dan tutor les privat meningkat sejak pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan. Ini karena banyak orang tua yang merasa kewalahan untuk mendampingi buah hatinya sembari mereka juga harus bekerja dari rumah.

Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi tutor les privat. Pilih mata pelajaran yang Anda kuasai dan ceritakan rencana Anda tersebut kepada tetangga di sekitar komplek perumahan Anda.

Promosi dari mulut ke mulut ini biasanya ampuh untuk menarik calon murid pertama Anda.

7. Jadi Video Editor
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: windowsreport.com

Moms, Anda pernah punya pengalaman mengedit video-video keren untuk tugas di bangku sekolah/perkuliahan atau proyek di perusahaan Anda bekerja sebelumnya? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha kreatif ibu rumah tangga yang satu ini.

Pasar untuk jenis usaha sampingan yang satu ini terbilang cukup besar saat ini, terlebih tidak sedikit orang yang menjadi YouTuber. Asalkan Anda memiliki skill mengedit yang mumpuni, tidak sulit untuk menggaet klien pertama Anda.

Jika Moms memeriksa platform kerja lepas kebanyakan, Anda akan melihat banyak orang menawarkan jasa video editing mereka dengan tarif selangit. Tidak sedikit editor yang memungut biaya ratusan hingga jutaan rupiah untuk mengedit video sesuai keinginan klien.

Nah, jika Moms suka mengedit video dan punya kreativitas yang tidak terbatas, video editing jelas merupakan ide usaha sampingan terbaik untuk Anda.

8. Jadi Virtual Assistant
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: tweakyourbiz.com

Virtual assistant (VA) agaknya bukanlah jenis pekerjaan yang umum dijumpai di tanah air. Namun, profesi yang satu ini cukup populer di luar negeri, khususnya di negara-negara berbahasa Inggris.

Tugas seorang VA sebetulnya tidak jauh berbeda dengan tanggung jawab sekretaris pada umumnya. Contohnya, merencanakan jadwal meeting, mengelola email, atau melakukan tugas-tugas administratif lainnya untuk sang klien.

Hanya saja, yang membedakan keduanya yakni VA bekerja secara remote. Artinya, Anda usah khawatir kalau-kalau usaha online sampingan ibu rumah tangga yang satu ini akan mencuri waktu Anda untuk berkumpul bersama suami dan si kecil.

9. Membuka Bisnis Jahit
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: riraclothing.com

Bisnis menjahit baju termasuk salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan, lho. Meski sekarang sebagian orang lebih menggemari fast fashion, rupanya masih ada beberapa yang justru lebih menyukai baju buatan tangan. Ini karena hasil jahitan sendiri terlihat unik dan tidak ada duanya.

Pun, membuka bisnis menjahit tidak akan menguras tabungan Anda. Dengan modal awal kurang dari 5 juta, Anda sudah bisa menjalankan usaha menjahit Anda sendiri dari rumah.

Di samping itu, Anda tidak perlu skill menjahit level tinggi atau pengalaman di bidang tersebut selama bertahun-tahun untuk menekuni usaha sampingan ibu rumah tangga di rumah yang satu ini.

Penjahit di tingkat keterampilan apapun, bahkan pemula yang relatif baru dalam bidang ini, dapat mengubah keterampilan menjahit mereka menjadi uang lho, Moms. Dan, profit Anda juga akan bertumbuh bersamaan dengan skill yang membaik tersebut.

10. Membuka Bisnis Katering
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: koinworks.com

Bisnis katering merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan di rumah dengan prospek cerah, lebih-lebih lagi di kota-kota besar di mana rata-rata penduduknya adalah karyawan kantoran dengan jadwal kerja yang padat.

Alhasil, mereka nyaris tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan mereka sendiri. Otomatis, peluang Anda terbuka lebar untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dari usaha sampingan ibu rumah tangga modal kecil ini.

Namun, perlu diingat bahwa bisnis katering yang sukses lebih dari sekadar menyajikan hidangan yang lezat, Moms. Selain faktor rasa, customer service yang memuaskan juga akan membuat para pelanggan betah.

Pastikan untuk selalu memastikan kembali pesanan pelanggan hingga ke detail terkecil, karena tidak jarang customer sendiri luput dengan order yang sudah dibuat. Amati jika ada satu atau dua item yang berubah.

Lalu, agar pelanggan semakin jatuh cinta dengan pelayanan yang Anda berikan, jangan remehkan impak dari ucapan “terima kasih”, baik itu secara tertulis atau lisan. Buat pelanggan merasa “berarti” dan “penting” untuk mencuri hatinya.

11. Membuka Bisnis Laundry
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: liputan6.com

Menyambung dari ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan sebelumnya, bisnis laundry juga laris manis di perkotaan. Kali ini, bukan cuma karyawan kantoran saja yang akan membutuhkan jasa Anda, tapi para mahasiswa juga.

Modal yang perlu Anda siapkan tidaklah besar. Dengan satu mesin cuci, ruang terpisah untuk menerima pesanan dan melayani pelanggan, sabun cuci, pelembut, pengharum, pelicin pakaian dan setrika, Anda bisa memulai bisnis laundry Anda kapanpun Anda siap.

Walaupun begitu, jangan remehkan ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini. Pasalnya, saat peak season, Anda bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulannya, lho!

12. Membuka Kursus Online
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: mainmain.id

Dewasa ini, membuka kursus online termasuk salah satu cara terbaik untuk memperoleh passive income. Begitu kursus Anda diluncurkan, Anda hanya perlu menunggu sampai uang mengalir ke rekening Anda dengan sendirinya.

Ya, karena sistemnya yang terotomatisasi, Anda usah repot-repot mengurus segala sesuatunya seorang diri, mulai dari menerima pembayaran dari murid Anda hingga mendelegasikan tugas kepada mereka.

Selain itu, ini juga cara yang bagus untuk membagikan pengetahuan Anda kepada orang lain, baik itu di bidang akademis ataupun keahlian-keahlian lainnya.

13. Membuka Toko Kelontong
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: money.kompas.com

Gara-gara pandemi, tak terhitung berapa banyak orang yang mesti kehilangan mata pencahariannya. Jika Moms juga termasuk salah satu yang kurang beruntung, cobalah mendirikan toko kelontong. Tidak disangka, berjualan dari rumah tergolong bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yang menguntungkan, lho.

Pertama, tidak sulit untuk mendapatkan stok barang-barang yang harus dijual. Selain itu, hampir semua produk yang Anda jual nantinya merupakan kebutuhan yang diperlukan setiap hari. Jadi, pemasukan lebih pun akan terus mengalir ke dompet Anda.

Namun, sebelum membuka toko kelontong, Anda perlu membuat perencanaan yang matang. Dengan begitu, bisnis ini dapat bertahan lama dan membantu Moms untuk mengatasi kesulitan finansial dalam jangka waktu yang panjang.

14. Menjual Mainan Anak-Anak
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: popmama.com

Termasuk peluang usaha yang tak lekang oleh waktu, berjualan mainan anak-anak merupakan bisnis yang menggiurkan dengan prospek bagus. Moms tentu tahu bahwa mainan ibarat benda yang tidak bisa dipisahkan dari anak.

Selain menghibur, faktanya bermain juga memiliki dampak positif bagi perkembangan motorik anak. Alhasil, pasar untuk mainan anak-anak pun terbuka lebar bagi Anda.

Untuk memperoleh stok produknya sendiri juga sangat mudah. Saat ini, banyak distributor yang menawarkan paket usaha untuk pengecer dengan harga ekonomis. Jadi, Anda bisa menambahkan mark-up harga yang pantas untuk memperoleh keuntungan sebaik mungkin.

15. Menawarkan Jasa Mengasuh Anak
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: klikdokter.com

Anda suka anak-anak? Buka daycare center di kawasan tempat tinggal Anda!

Ide ini tergolong cukup baru. Walaupun begitu, tidak sedikit yang sudah mencoba dan berhasil. Karena semakin banyak keluarga di mana kedua orang tuanya sama-sama berkarir, industri penitipan anak pun mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup pesat.

Anda juga dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Sebagai sang owner, Anda bahkan juga bisa mematok tarif sesuai keinginan Anda. Namun, tetap usahakan agar tarif tersebut sesuai dengan kemampuan finansial keluarga yang tinggal di sekitar Anda.

Dengan begitu, daycare center Anda tidak akan pernah sepi customer.

16. Menawarkan Jasa Rias
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: skills.id

Menjadi penata rias memang membutuhkan dedikasi yang besar, namun pada akhirnya usaha Anda akan benar-benar terbayar. Lebih-lebih, dengan industri kecantikan yang selalu berkembang, demand untuk profesi ini akan selalu ada.

Jika Moms menjadi makeup artist, Moms tidak perlu mengkhawatirkan soal sepi job. Faktanya, industri kecantikan sendiri diperkirakan akan terus tumbuh sekitar 8% per tahunnya. Pelanggan akan terus berdatangan, terutama mereka yang membutuhkan jasa rias untuk keperluan pernikahan dan kelulusan.

Di samping itu, Anda dapat bekerja di mana saja. Sebagai seorang makeup artist, Anda bisa bekerja di mana saja karena jasa rias dibutuhkan di mana-mana. Peluang Anda betul-betul tidak terbatas.

17. Menjajakan Busana Muslimah
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: wolipop.detik.com

Pasar busana muslim sangat besar di Indonesia. Ini karena selain sebagian besar penduduk negara kita rata-rata memeluk agama Islam, peminatnya pun banyak, terlebih dari kaum hawa.

Maka, tidak heran jika bisnis fashion muslimah diminati banyak ibu rumah tangga, menjadikannya salah satu usaha ibu rumah tangga sukses yang paling beken. Ragam produk yang bisa Anda jual pun bervariasi, seperti hijab instan dan baju gamis.

18. Menjajakan Makanan Ringan
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: aktualita.co

Siapa yang tidak suka makan camilan? Rasanya, kudapan ringan pas dimakan hampir di berbagai suasana, terutama untuk menemani acara santai seperti menonton TV atau sekadar mengobrol bersama teman.

Maka, tidak heran jika konsumsi snack harian di Indonesia sangat tinggi, terlebih lagi di kalangan milenial. Alhasil, ini mengarah pada peluang bagi Moms untuk menjual bermacam-macam jenis camilan, terutama jika Moms terinspirasi untuk terjun ke bidang kuliner.

Meski Anda tidak berbakat memasak, Anda tetap berkesempatan untuk mencari cuan lewat usaha makanan sampingan ibu rumah tangga yang satu ini. Namun, pertama-tama Anda perlu mencari tahu tren snack yang paling laris di market sebelum menjalankan bisnis Anda.

19. Menjalankan Usaha Franchise Makanan/Minuman
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: paper.id

Siapa bilang Anda memerlukan modal selangit untuk menjalankan usaha waralaba makanan atau minuman? Nyatanya, ada lho, vendor yang menawarkan paket usaha bagi Moms dengan modal terbatas. Biaya yang mesti Anda keluarkan di awal biasanya berkisar 2 sampai 3 jutaan saja.

Dengan modal terjangkau tersebut, Moms bisa memulai bisnis berjualan makanan dan minuman dari manapun yang Anda mau. Bahkan, dengan “nama” yang dipunya oleh franchise tertentu, dijamin Moms akan kebanjiran pelanggan. Artinya, Moms tidak perlu memulai bisnis dari nol.

Alhasil, risiko kerugian pun bisa ditekan hingga serendah mungkin. Terlebih lagi, bisnis di bidang kuliner tidak ada matinya, terutama di kalangan muda-mudi. Buktinya, berbagai macam jenis makanan dan minuman kekinian bermunculan setiap harinya.

Ide yang satu ini patut disebut sebagai salah satu usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar terbaik.

20. Menjual Aksesoris Rambut
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: beautynesia.id

Jika Moms sedang mencari peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta, pertimbangkan untuk menjual aksesoris rambut buatan Anda sendiri.

Namun, sebelum Anda membuat aksesoris rambut untuk dijual, Anda harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin Anda buat. Apakah itu jepit rambut untuk pengantin? Atau scrunchies yang sedang meroket popularitasnya?

Jika Anda memulai dan tidak yakin jenis produk apa yang akan mulai dijual, maka Anda harus mengambil cuti beberapa hari atau minggu untuk melakukan riset pasar.

Jika Moms mengawali bisnis ini dari hobi, Anda cenderung tertarik pada apa yang sudah Anda sukai. Namun, kalau Anda tidak yakin jenis produk apa yang mesti Anda jual, maka Anda harus melakukan riset pasar.

Amati beberapa marketplace dan lihat jenis produk apa yang sedang laris. Sah-sah saja jika Moms ingin membuat barang-barang yang unik, namun pastikan barang-barang tersebut ada peminatnya.

21. Menjual Hampers
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: whatsnewindonesia.com

Berjualan hampers hanya satu dari aneka usaha sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan keuntungan tidak terkira.

Ini karena membuat hampers tidak menghabiskan banyak biaya. Pun, barang-barang di dalamnya bisa Anda beli dalam jumlah besar atau Anda kreasikan sendiri di rumah untuk menekan biaya produksi.

Kabar baiknya, Moms bisa menentukan harga jualnya setinggi yang Anda suka. Inilah yang menjadikan ide bisnis yang satu ini sebagai ladang penghasil uang yang luar biasa, terutama jika Moms menekuninya dengan sungguh-sungguh.

Sebelum memulai, Moms sebaiknya menentukan target pembeli ideal Anda. Kepada siapa kiranya Anda akan menjual hampers tersebut? Kemungkinannya, Moms akan menjual dalam lingkup wilayah lokal ketika pertama kali memulai. Alhasil, Moms perlu memikirkan benda-benda yang sekiranya disukai orang-orang tersebut.

Bisnis ini tidak mengenal jangkauan wilayah, lho. Artinya, menjajakan hampers juga termasuk usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Namun, jika Moms tinggal di pedesaan, maka produk buatan sendiri seperti kue dan selai punya potensi terjual lebih baik daripada hampers yang diisi dengan makanan kaleng.

22. Menjual Makanan Beku (Frozen Food)
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: qoala.app

Frozen food atau makanan beku menjadi solusi praktis bagi mereka yang sibuk dan punya waktu terbatas untuk memasak. Selain praktis, tidak sulit untuk mengolah frozen food. Cukup dihangatkan sebentar di microwave ataupun penggorengan, siapa saja bisa mendapatkan makanan lezat dalam sekejap.

Inilah yang menjadikan frozen food disukai banyak orang. Alhasil, tidak mengherankan jika berjualan makanan beku sendiri menjadi salah satu pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup menggiurkan.

Untungnya lagi, frozen food termasuk produk yang awet. Jadi, Anda usah was was soal stok yang basi ataupun rusak dalam jangka waktu pendek. Namun, apabila Anda kesulitan mendapatkan mesin pendingin, cobalah untuk berjualan dengan sistem dropshipping.

Beberapa contoh produk frozen food yang kini laris manis di pasaran yakni sosis, nugget, kebab, pastel, bakso, dan dimsum.

23. Menjual Produk Perawatan Hewan Peliharaan
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: flokq.com

Bagi banyak orang, hewan peliharaan tak ubahnya seperti anggota keluarga atau orang tercinta. Demi si kesayangan, tidak sedikit orang yang rela menguras dompet untuk memastikan agar kesehatan, keamanan, dan kenyamanannya terjaga.

Akibatnya, produk-produk perawatan hewan peliharaan (pet care) pun laku keras di pasaran, mulai dari makanan, kandang hewan, dan pernak-pernik terkait hewan peliharaan lainnya.

Kalau Moms tertarik untuk memulai usaha sampingan yang satu ini, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu produk apa yang paling laris saat ini. Pasalnya, variasi dari produk pet care sendiri tidak terhitung jumlahnya. Pilih hanya produk-produk yang betul-betul dibutuhkan banyak orang.

24. Menjual Produk Perlengkapan Bayi
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: parenting.dream.co.id

Siapa yang tidak suka melihat bayi-bayi menggemaskan dengan matanya yang besar dan pipi tembamnya? Sulit untuk tidak tersenyum menyaksikan tingkah menggemaskan bayi.

Dan, kalau Anda juga termasuk seseorang yang mencintai bayi melebihi siapapun, bisnis produk perlengkapan bayi akan menjadi opsi yang tepat buat Anda. Walaupun banyak ragam keperluan bayi yang bisa Anda jual kembali, nyatanya hanya sedikit saja yang mampu terjual laku.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan market research sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda.

Jika Anda sungguh-sungguh hendak menjalankan bisnis ini, pertimbangkan untuk menjajakan barang dagangan Anda di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Atau, apabila modal Anda terbatas, pilih sistem dropshipping. Pastikan Anda ber-partner dengan distributor yang terpercaya, ya.

25. Menjual Stock Photo
usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga
foto: accenture.com

Tahukah Anda? Anda berpeluang untuk memperoleh penghasilan tambahan dari hobi fotografi Anda, lho! Ya, kini menjual stock photo menjadi salah satu tren bisnis paling populer, terutama di kalangan mereka yang doyan memotret.

Kalau Anda juga punya hobi yang sama, jangan berpikir panjang untuk menjual hasil jepretan Anda, bahkan jika Anda fotografer pemula sekalipun!

Kalau Anda aktif mengikuti tren fotografi terkini, Anda akan menjumpai bahwa foto-foto yang diambil dengan smartphone pun tampak bagus, tidak kalah bagusnya dengan foto-foto yang diambil dengan kamera mahal.

Cukup dengan smartphone dan insting memotret yang bagus, Anda juga bisa mengambil foto yang layak untuk dijual dan menghasilkan sejumlah pemasukan tambahan.

Penutup

Menjalani peran ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus entrepreneur tentunya bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda harus mengerjakan semuanya secara bersamaan, wajar jika Anda mudah merasa lelah dan tidak termotivasi.

Namun, ingat kembali apa tujuan utama Anda memulai bisnis tersebut. Apakah itu untuk membahagiakan keluarga Anda? Apakah itu untuk mewujudkan cita-cita Anda? Dengan begitu, semangat Anda akan kembali terlecut. Anda pun siap untuk mengembangkan bisnis Anda hingga sukses.

Namun, jangan lupa untuk meminta bantuan dari suami atau kerabat terdekat Anda jika Anda betul-betul down atau kebingungan tentang operasional usaha Anda pada satu waktu. Bahkan pahlawan super sekalipun tetap membutuhkan bantuan dari partner-nya, lho.

Kalau Anda sendiri, dari sekian banyak ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang terpapar di atas, mana yang kira-kira akan Moms pilih?