24 Ide Usaha Modal 1 Juta, Memangnya Bisa Untung Besar?

24 Ide Usaha Modal 1 Juta, Memangnya Bisa Untung Besar? image

Membuat usaha dapat membawa Anda satu langkah lebih dekat dengan financial freedom.

Namun, merancang sebuah bisnis juga bukan suatu hal yang mudah. Selain memerlukan ide bisnis yang kreatif, kamu juga butuh modal. 

Bagaimana pun juga, Anda tidak perlu khawatir. Ada berbagai macam ide usaha yang hanya perlu modal 1 juta atau ke bawah. Dengan begitu, Anda juga bisa meraup keuntungan, bahkan jika modal Anda tidak banyak.

Lantas, apakah ide usaha modal 1 juta ini dapat membawa keuntungan besar? 

Mari kita review satu per satu dari 24 ide bisnis modal kecil ini, serta keuntungannya!

24 Peluang Usaha Modal 1 Juta — Jasa Digital

Berikut adalah beberapa contoh usaha dengan modal 1 juta.

1. Menjadi Dropshipper
usaha-modal-1-juta
foto: fissilmi-kaffah.com

Sistem bisnis dropship tidak membutuhkan modal yang banyak. Jika Anda berhasil menggaet orderan, maka supplier akan langsung mengirimkan barang ke customer

Dengan begitu, Anda tidak perlu menyetok barang dan tetap bisa mendapatkan selisih keuntungan dari harga jual supplier dan harga beli customer

Lantas, apa modalnya? Modal Anda hanya sebatas keahlian memasarkan barang yang sudah tersedia dari supplier.

Ada baiknya jika Anda menguasai digital marketing (terutama social media) atau bahkan membuka website toko online sendiri melalui WordPress.

Bermodalkan kedua ini, Anda pun bisa mendapat keuntungan kira-kira 20-40 persen dari produk yang Anda jual sebagai dropshipper.

iklan-reseller

2. Bisnis Membuat Konten
usaha-modal-1-juta
foto: kreditpintar.com

Zaman sekarang, bisnis bukan hanya soal bisa menjual produk.

Anda juga harus dapat mengerti cara pembuatan konten untuk memikat hati calon pelanggan. Karena itu, muncul sebuah jenis usaha baru yang menawarkan jasa pembuatan konten.

Jika Anda memang mahir dalam membuat konten unik dan menarik, maka Anda dapat mencobanya. Modal yang Anda perlukan hanyalah mengetahui teknik content writing dan laptop. 

Dengan banyak membaca tips-tips pembuatan konten serta belajar desain menggunakan Canva, Anda pun sudah aman. 

Untuk keuntungannya sendiri pun lumayan lho. Sebagai pemula, jika Anda membuat 30 konten per bulan, Anda sudah bisa meraup keuntungan hingga Rp750.000.

Ketika Anda sudah mulai berpengalaman dan membangun portofolio yang bagus, Anda pun bisa membangun agensi sosial media dan mendapatkan Rp4-5 Juta per bulannya.

3. Pemasaran Affiliate
usaha-modal-1-juta
foto: markbro.com

Bisnis yang satu ini serupa dengan dropshipping. Namun bukannya menjual produk secara langsung, cara kerja affiliate lebih ke Anda mereferensikan suatu produk atau bahkan jasa ke orang lain. 

Jika orang tersebut menerima referensi Anda dan menggunakan kode untuk melakukan transaksi, Anda pun mendapatkan komisi.

Dengan seperti ini, Anda pun tidak perlu khawatir soal penyimpanan stok atau pesanan. Yang Anda butuhkan hanyalah suatu platform untuk memberikan referensi.

Biasanya bisnis ini berguna bagi mereka yang sudah mempunyai platform tertentu. Misalnya membuat podcast atau video YouTube, sebagai influencer sosial media, atau melalui artikel penulisan blog.

Jenis keuntungannya pun bervariasi. Karena affiliate lebih cenderung digital daripada sistem dropship, Anda pun mendapat keuntungan bukan hanya saat terjadi penjualan.

Berikut adalah 3 cara Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui affiliate

  • PPS (Pay Per Sale): Dapat komisi sekitar 20-40 persen ketika terjadi penjualan (sale).
  • PPL (Pay Per Lead): Dapat komisi tertentu dari setiap leads (kontak calon pelanggan yang tertarik produk) yang Anda dapatkan.
  • PPC (Pay Per Click): Dapat komisi tertentu dari setiap calon pelanggan yang mengunjungi situs bisnis melalui blog atau sosial media Anda.

Karena begitu banyak cara yang bervariasi, nilai penghasilannya pun bervariasi. Bagi pemula affiliate marketing, Anda mungkin bermula dengan 20-40 persen komisi per penjualan.

Namun, jika Anda sudah mahir, Anda bisa meraih passive income hingga puluhan juta rupiah per bulan.

4. Jual (atau Buat) E-book
usaha-modal-1-juta
foto: fjb.kaskus.co.id

Dengan kemajuan teknologi, semakin banyak orang yang beralih dari membaca buku fisik ke e-book.

Anda dapat menggunakan peluang usaha ini untuk menjual e-book orang lain atau bahkan menulis/membuat e-book Anda sendiri.

Saat membuat e-book pun, Anda hanya perlu bermodalkan laptop dan internet.

Kumpulkan judul buku-buku terlaris, kemudian unduh versi PDF atau e-pub untuk memudahkan pelanggan membaca. Lalu, jual e-book ini dengan harga Rp3-5 ribu per buku. 

Untuk melakukan ini, Anda dapat mencontoh @paperlessly.id atau @peoniesbooks.id di Instagram. Pastikan Anda juga menerapkan social media marketing demi mendapatkan pelanggan.

Di sisi lain, Anda juga bisa membuat e-book Anda sendiri untuk jual melalui pendistribusian online.

Royalti yang Anda dapatkan pun cenderung lebih tinggi jika dibandingkan buku fisik. Namun, pastikan Anda menulis berdasarkan keahlian Anda.

Awalnya mungkin Anda perlu mematok harga rendah. Harga ini pun akan tergantung berdasarkan pasaran yang ada.

Namun, untuk penulis pemula, ada baiknya bila Anda menetapkan kisaran Rp25-50 ribu per buku.

Setelah mempunyai reputasi yang lebih kredibel, Anda pun bisa mulai menaikkan harga.

Jika Anda melakukan pemasaran dengan tepat, Anda pun dapat meraih penghasilan hingga $500 per bulan.

5. Membuat Blog
usaha-modal-1-juta
foto: soloensis.com

Rasanya sudah tidak asing lagi mendengar kata blog.

Namun, blog bukan hanya sekedar hobi di zaman ini. Anda put dapat mengubah blog menjadi suatu bisnis yang mendatangkan passive income.

Modal Anda pun hanya sekedar laptop, hosting berkualitas, serta alamat domain. Untuk hal ini, Anda bisa mencari di Niagahoster, Dewaweb, Hostinger, dan lainnya. Keseluruhan modal pun seharusnya tidak melebihi Rp1 Juta.

Selain melalui affiliate, Anda juga dapat mendapatkan uang dari blog Anda dengan:

  • Menjual backlink (Sekitar Rp100.000);
  • Memasang Google AdSense;
  • Terima sponsor dengan review produk;

Dan banyak trik lainnya! Karena itu, usaha modal 1 juta ini pantas untuk Anda coba.

6. Buka Kelas Online
usaha-modal-1-juta
foto: kompasiana.com

Setiap orang memiliki suatu kelebihan atau kepandaian tertentu, termasuk Anda. Karena itu, Anda bisa mencoba memulai usaha, di mana produk yang Anda jual adalah pengetahuan. 

Tidak usah terlalu susah, Anda pun bisa bermodal topik pembelajaran dan HP.

Kelasnya pun bisa Anda lakukan melalui grup WhatsApp atau Telegram. Biasanya bisa Anda mulai dengan Rp100.000 per orang. 

Jika terasa sulit, Anda juga bisa memanfaatkan platform pembelajaran online.

Mulai dari Udemy, Glints, atau Bizlab. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan platform pembelajaran melalui website sendiri, sama seperti Niko Julius.

Penghasilan Anda pun akan sedikit demi sedikit naik setelah Anda membangun kredibilitas.

Rata-rata penghasilan bisnis online ini pun dapat mencapai lebih dari $10.000 per bulan, yaitu setara Rp140 Juta.

7. Menulis di Website
usaha-modal-1-juta
foto: senikomunikasi.com

Tidak harus blog atau e-book. Anda dapat membuka bisnis di mana Anda menulis sebuah artikel di berbagai platform.

Misalnya Medium, Babe, Basabasi, Mojok, dan berbagai platform lainnya. Penghasilan Anda di sini dapat mencapai ratusan ribu rupiah per artikelnya.

Jika Anda lebih tertarik dengan menulis karangan fiksi, Anda dapat mencoba platform novel digital. Misalnya NovelMe, GoodNovel, Dreame, Noveltoon, dan lainnya.

Biasanya rate yang Anda dapat tergantung platform masing-masing, tapi Anda bisa mulai dengan mendapatkan kisaran Rp500.000 dengan menulis 60-80 ribu kata per bulan.

iklan-reseller

8. Membuka Bisnis Translator Lepas
usaha-modal-1-juta
foto: jobskarir.id

Hal ini cocok bagi Anda yang menyukai bahasa.

Anda bisa mengumpulkan beberapa orang yang fasih berbahasa asing, mulai dari Inggris, Arab, Mandarin, Korea, Jerman, dan lainnya. Kemudian, dirikan sebuah usaha agensi penerjemah.

Modal Anda hanyalah laptop. Jika Anda ingin terlihat lebih resmi, Anda juga dapat membuat website sendiri dan beli domain serta hosting untuk terlihat lebih kredibel. Kemudian, mulai cari klien perorangan atau perusahaan.

Untungnya, penerjemahan ini dapat Anda buat per kata atau per lembar. Karena itu, keuntungannya pun lebih banyak.

Ide Bisnis Kreatif — Jasa Produk Kesenian

9. Pembuatan Tas Handmade
usaha-modal-1-juta
foto: goukm.id

Membuat bisnis tas handmade dapat membawa keuntungan bagi Anda.

Hal ini karena tas handmade pada umumnya bisa Anda tetapkan dengan harga yang sedikit lebih mahal karena ada nilai seninya.

Anda juga dapat menaikkan harga bila Anda menerima pesanan custom. Artinya Anda membuat tas sesuai dengan design atau request dari pelanggan. 

Modal yang Anda perlu keluarkan pun tidak banyak. Bahan tas yang murah bisa Anda dapatkan di harga kisaran Rp20 ribu hingga Rp75 ribu. Tentunya, semakin bagus dapat semakin mahal. 

Anda pun dapat meraih keuntungan tinggi dengan menjual produk ini melalui Instagram atau platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya.

10. Pembuatan Aksesoris
usaha-modal-1-juta
foto: bp-guide.id

Tidak sedikit juga orang yang mendapatkan penghasilan dari bisnis aksesoris atau perhiasan.

Anda bisa membuatnya langsung dan menjualnya, atau memilih untuk menjadi reseller yang menjual perhiasan dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Tergantung dari kualitas bahannya, modal yang Anda butuhkan pun bervariasi.

Ada perhiasan yang dapat Anda jual semurah Rp5.000 atau bahkan hingga lebih dari Rp100.000. Karena itu, pastikan Anda memilih bahan yang cocok dengan modal dan pangsa pasar Anda.

Untuk memulai, Anda dapat mencoba menjual di Instagram, Facebook, atau melalui toko online seperti Tokopedia dan Shopee.

11. Jual Buket
usaha-modal-1-juta
foto: jejakpiknik.com

Bunga menjadi salah satu cara kita mengapresiasi orang lain.

Terutama di tengah masa pandemi di mana orang tidak bisa saling bertatap muka, buket bunga dapat menjadi salah satu mengekspresikan rasa apresiasi tersebut.

Jika Anda mempunyai keterampilan dan kreatifitas dalam merangkai bunga, Anda dapat mencoba ide bisnis kreatif ini.

Dalam kasus Yosefine dari Lanushky Bouquet, dia berhasil meraih omzet Rp20-30 juta per bulan dengan modal awal hanya Rp100.000 saja.

Untuk memaksimalkan pemasaran, Anda juga dapat menggunakan sosial media. Pastikan Anda menyediakan buket bagi berbagai acara, misalnya untuk wisuda, valentine, pernikahan, dan acara lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba varian buket lainnya, misalnya snack, uang, atau balon.

12. Toko Serba Custom
usaha-modal-1-juta
foto: bukalapak.com

Orang semakin tertarik dengan customization di mana pelanggan dapat meminta request untuk desain produk.

Mulai dari kaos, notebook, tumblr, casing, dan barang lainnya. Karena ada pangsa pasarnya, Anda bisa langsung membuka toko serba custom!

Walau terdengar mahal, tapi sebenarnya Anda hanya butuh modal laptop saja.

Hal ini karena sudah ada berbagai macam platform yang menyediakan design custom untuk berbagai produk. Contohnya adalah custom.co.id dan ciptaloka.com.

Sehingga Anda tidak perlu repot produksi dan pengiriman. Anda hanya butuh melakukan desain dan menetapkan harga jual sedikit lebih tinggi. Mudah, kan?

13. Usaha Hadiah Custom
usaha-modal-1-juta
foto: hipwee.com

Bisnis yang satu ini dapat Anda lakukan dengan keterampilan mendesain. Misalnya menggambar suatu ilustrasi atau scrapbook custom. Jika Anda sama sekali tidak bisa desain, 

Anda juga bisa memilih untuk membuat hadiah custom berbentuk gift box atau hampers. Biasanya isinya pun disesuaikan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Modalnya pun sangat kecil. Berdasarkan cerita sukses para pengusaha, berikut prospeknya:

  • Ilustrasi: Modal Rp1 Juta (jika produk non-digital) dengan omzet hingga Rp50-60 Juta per bulan
  • Scrapbook: Modal Rp200.000 dengan omzet hingga Rp15-20 Juta per bulan
  • Hampers: Modal Rp200.000 dengan omzet hingga Rp100 Juta per bulan

Tentunya tidak akan selalu seperti ini. Anda juga dapat menekan modal yang ada dengan pemilihan bahan yang berbeda.

Namun, di saat yang sama, omzetnya juga butuh waktu dan energi dulu sebelum bisa berkembang sampai setinggi ini.

iklan-reseller

Ide Bisnis Makanan dan Minuman — Modal 1 Juta

14. Kopi Kekinian
usaha-modal-1-juta
foto: antaranews.com

Tentu Anda tidak lagi asing dengan tren kopi kekinian.

Walau di tengah pandemi, Anda pun tetap bisa menjual kopi 1L melalui toko online. Mengingat orang Indonesia sangat menyukai kopi, apakah usaha modal 1 juta ini menguntungkan?

Perkiraan modal pun bisa Anda sesuaikan. Namun, yang Anda paling butuhkan adalah modal alat pembuatan kopi dan uang untuk promosi marketing secara online. 

Berikut kurang lebih rincian modalnya:

  • Kopi bubuk: Kisaran Rp80.000/kg
  • Krimer: Kisaran Rp40.000/kg
  • Gula aren: Kisaran Rp35.000/kg
  • Gelas plastik (dengan logo custom): Kisaran Rp250.000/500 pcs
  • Moka pot: Kisaran Rp100.000
  • Marketing Instagram: Rp280.000/14 hari

Total modalnya menjadi kisaran Rp785.000. Ketika nanti Anda sudah meraih keuntungan, Anda pun dapat menaikkan harganya. Selain itu, prospek keuntungannya pun dapat menjadi miliaran rupiah per bulannya.

15. Minuman Manis
usaha-modal-1-juta
foto: yukorder.com

Baik itu minuman coklat, teh tarik, dan lainnya, orang Indonesia sangat menggemari minuman manis. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk membuka bisnis minuman.

Berikut adalah contoh rincian modal dan prospek keuntungannya:

  • Thai tea: Modal kisaran Rp275.000 (termasuk bahan dan teko) dengan perkiraan omzet hingga Rp15 Juta per bulan
  • Minuman coklat: Modal kisaran Rp325.000 (termasuk bahan dan teko) dengan perkiraan omzet hingga Rp17 Juta per bulan

Ternyata usaha modal 1 juta ini lumayan menjanjikan, bukan?

16. Katering Makanan
usaha-modal-1-juta
foto: kompas.com

Jika Anda terampil dalam memasak, Anda bisa mencoba usaha bisnis katering. Terutama jika lokasi Anda berdekatan dengan sekolah, universitas, hingga daerah perkantoran. 

Anda pun dapat memakai dapur dan peralatan Anda sendiri tanpa harus membeli.

Modal yang Anda perlu keluarkan hanya sebatas bahan baku variabel yang bergantung pada jenis makanan yang Anda jual.

Selain itu, menjual makanan seperti ini cenderung untung karena harganya bisa Anda tetapkan dua kali lipat dari harga modal. omzetnya pun dapat mencapai hingga Rp75 juta per bulan.

17. Bubur Ayam
usaha-modal-1-juta
foto: kompas.com

Menjadi salah satu menu sarapan favorit, menjual bubur ayam dapat membawa keuntungan bagi Anda.

Karena itu, bubur ayam pun dapat menjadi salah satu usaha modal 1 juta yang cocok untuk Anda.

Jika Anda menjual secara online, maka Anda pun tidak membutuhkan gerobak.

Cukup bahan baku makanan serta styrofoam. Perkiraan modal Rp250.000 per 30 porsi bubur. Sementara, omzetnya pun bisa mencapai Rp50 Juta per bulan.

Tentunya hal ini tidak terjadi sekaligus. Awalnya mungkin Anda hanya bisa mulai menjual belasan porsi.

Namun, dengan seiring waktu dan bertambahnya penjualan, Anda pun dapat meraih keuntungan hingga sebesar itu.

18. Nasi Uduk/Kuning
usaha-modal-1-juta
foto: resepistimewa.com

Alternatif lain dari penjualan makanan sarapan selain bubur adalah nasi uduk dan nasi kuning.

Mengingat sedang masa pandemi dan Anda dapat menjual secara online, peralatan masak atau gerobak pun tidak Anda butuhkan.

Berikut rincian modal untuk bahan baku:

  • Nasi uduk: Modal Rp600.000
  • Nasi kuning: Modal Rp900.000

Tentunya modal ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Ketika Anda mulai berjualan dan meraih keuntungan, Anda pun dapat menaikkan modal untuk mencapai omzet yang lebih tinggi.

Perkiraan omset usaha nasi uduk dan nasi kuning pun dapat mencapai Rp17-20 Juta per bulannya.

iklan-reseller

19. Jualan Gorengan
usaha-modal-1-juta
foto: economy.okezone.com

Gorengan tidak hanya dapat Anda jual secara online, tapi Anda juga bisa menitipkannya di toko lain.

Selain itu, di masa pandemi ini juga tidak sedikit orang yang ingin membeli gorengan secara mentah, jadi Anda pun dapat menghemat minyak goreng.

Modalnya pun sekitar Rp250.000 saja per hari. Sementara itu, keuntungannya dapat mencapai Rp2 Juta per hari atau sama dengan Rp40 juta per bulan. 

Tentunya, usaha modal 1 juta ini menguntungkan, bukan?

20. Ayam Geprek
usaha-modal-1-juta
foto: lifestyle.sindonews.com

Bisnis ayam geprek yang sempat ngetren pun masih menjadi salah satu pilihan makanan favorit. Terutama pembelian secara online di Gofood dan GrabFood. 

Modalnya pun tidak banyak jika Anda berjual secara online.

Perkiraan modal per porsinya pun sekitar Rp10.000 saja. Dengan modal 1 juta, Anda bisa membuat sekitar 100 porsi dan mendapatkan penghasilan kotor sekitar Rp2 Juta.

Bermodalkan HP dan peralatan masak di rumah, Anda pun dapat meraih keuntungan hingga dua kali lipat modal.

Sedikit demi sedikit, Anda pun dapat menaikkan modal untuk mencapai omzet yang lebih tinggi, bahkan hingga Rp5 juta per harinya lho!

Usaha Modal 1 Juta — Jasa Lainnya

21. Konsultan Diet/Kesehatan
usaha-modal-1-juta
foto: mediaini.com

Banyak orang yang menginginkan berat badan ideal.

Bukan hanya masalah estetika saja, tetapi juga demi menjaga kesehatan di tengah masa pandemi ini. Sayangnya, menurunkan berat badan bukanlah suatu hal yang mudah.

Jika Anda mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menjalani diet, Anda pun dapat menjadi konsultan diet atau kesehatan.

Kalau pun Anda belum mempunyai sertifikasi, Anda bisa mendapatkannya dengan modal Rp200-300 ribu melalui kursus online seperti Udemy, Coursera, atau edX.

Konsultan diet atau kesehatan pun dapat terbayar secara paket (1-3 bulan) atau memilih untuk sejam.

Anda pun dapat meraih keuntungan hingga Rp100.000 per jam, atau setara Rp15-20 juta per bulan.

Jasa yang Anda tawarkan pun dapat berupa sekedar konsultasi, program olahraga, hingga program katering makanan diet.

Dengan begitu, Anda dapat bekerja sama dengan bisnis lain yang menyediakan jasa tersebut dan meraih komisi tambahan.

22. Membudidaya Ikan
usaha-modal-1-juta
foto: market.bisnis.com

Usaha membudidaya ikan sudah ada sejak lama. Namun, bahkan ide bisnis di masa pandemi ini tetap menguntungkan.

Terutama karena daging ikan menjadi salah satu kebutuhan konsumsi protein terbesar selain ayam. 

Lantas, bagaimana dengan modal dan prospek pembudidayaan ikan?

Tentu modal ini akan tergantung pada jenis ikan yang ingin Anda budidayakan. Jika kita mengambil contoh ikan lele, maka modalnya kurang lebih seperti ini:

  • Bibit lele: Rp350.000 per 1000 ekor
  • Pakan: Rp150.000 per 200 ekor
  • Obat: Kisaran Rp200.000

Namun, Anda perlu ingat bahwa Anda membutuhkan kolam yang cukup besar.

Jika kolam yang Anda miliki masih kecil, Anda bisa memulai dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu, seperti 100-200 ekor saja. Untuk 100 ekor sendiri, maka modal Anda berkisar Rp200.000 hingga panen.

Perkiraan harga jualnya pun sekitar Rp375.000 untuk 100 ekor. Ini artinya Anda meraih keuntungan hampir dua kali lipat, yaitu sebesar Rp175.000.

Setelah itu, Anda pun dapat sedikit demi sedikit menambahkan jumlah ikan untuk menambah keuntungan.

Jangan lupa ya, Anda juga dapat mencoba berbagai jenis ikan lain. Mulai dari gurame, nila, dan jenis ikan lainnya.

23. Usaha Penitipan Hewan
usaha-modal-1-juta
foto: jabar.tribunnews.com

Banyak orang yang gemar memelihara hewan. Biasanya tentunya mereka yang punya hewan peliharaan datang dari kalangan masyarakat menengah ke atas.

Baik dari yang berkeluarga maupun yang masih lajang, hewan peliharaan dapat menjadi “teman” bagi orang-orang ini.

Namun, ada kalanya di mana orang tidak dapat merawat hewan tersebut karena alasan tertentu. Mungkin mereka sedang harus menjalankan bisnis di luar kota atau bahkan luar negeri.

Tentunya hewan peliharaan sebagai teman tidak akan ditelantarkan begitu saja. 

Anda bisa menyediakan jalan keluar bagi orang-orang ini dengan membuka usaha penitipan hewan.

Modal Anda pun tidak perlu banyak, hanya perlu internet untuk pemasaran dan memastikan Anda punya rumah yang cukup luas untuk menampung hewan-hewan. Pastinya modalnya pun tidak sampai Rp1 Juta.

Berdasarkan pengalaman pendiri Dog Hotel SBY, Agnes, omzet yang ia capai pun hingga Rp4.5 juta per hari. Hal ini karena tarifnya pun mencapai Rp75.000 per hari dengan titipan hewan hingga 60 ekor.

Sebagai pecinta hewan, Anda wajib mencoba bisnis jasa yang satu ini!

24. Jasa Laundry Kiloan
usaha-modal-1-juta
foto: fastpay.co.id

Banyak orang sibuk, seperti karyawan dan mahasiswa yang tinggal sendiri, yang mungkin tidak mempunyai waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka. Karena itu, banyak juga orang yang bergantung pada jasa laundry.

Tidak usah muluk-muluk, jasa laundry ini bisa Anda mulai di rumah dengan mesin cuci yang Anda punya.

Modalnya pun tidak banyak, minimal perlu mesin cuci dan setrika. Dengan kedua alat ini, modalnya pun berkisar di angka Rp800.000.

Hal yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah memilih cara pemasaran. Tahap pertama, Anda bisa mencoba menawarkan jasa ke tetangga Anda.

Kemudian, mulai membuat selebaran digital yang Anda bisa sebarkan melalui WhatsApp ke teman dan keluarga Anda.

Tahap berikutnya, Anda juga dapat menyebarkan jasa ini ke kos-kosan terdekat.

Jangan lupa untuk memberikan harga promo atau diskon terlebih dahulu untuk terlihat menarik. Setelah itu, Anda pun akan mulai mendapatkan calon pelanggan awal. 

Jika sudah berkembang nanti, prospek omzetnya pun bisa mencapai hingga Rp16 juta per bulan lho. Jadi, tidak ada salahnya mencoba, bukan?

Siap Menjalankan Ide Bisnis Modal Kecil Anda?

Sekian 24 ide usaha dengan modal 1 juta yang dapat Anda pilih.

Namun, Anda perlu ingat bahwa tantangannya pun tidak mudah. Membangun bisnis memerlukan kegigihan dan kesabaran sebelum bisa balik modal dan meraih keuntungan. 

Selain itu, karena kita sedang berada di masa pandemi, ada baiknya jika Anda mulai mencari cara kreatif untuk memasarkan bisnis Anda.

Mulai cari tahu tentang cara berbisnis online yang memanfaatkan sosial media. 

Dengan begitu, Anda pun dapat menekan pengeluaran untuk sewa lokasi atau gudang. 

Walau bermodal 1 juta saja, Anda tidak perlu khawatir. Lalui tantangan bisnis satu per satu untuk dapat meraih kebebasan kamu secara finansial. Selamat berjuang!

iklan-reseller