22 Usaha Rumahan Makanan Ringan Viral Terbaru 2021

22 Usaha Rumahan Makanan Ringan Viral Terbaru 2021 image

Tahukah Anda, bisnis kuliner merupakan salah satu yang tak pernah mati. Setiap saat ada saja menu baru yang bermunculan, apalagi makanan ringan.

Makanya, jika Anda ingin menambah penghasilan atau banting setir dari pekerjaan yang kurang menjanjikan. Usaha rumahan makanan ringan bisa jadi solusi tepat.

Beberapa alasan bisa memperkuat semangat Anda untuk memulai usaha rumahan makanan modal kecil ini.

Seperti banyaknya pilihan yang tersedia, sehingga Anda bisa memilih mana yang cocok untuk dijual di lingkungan Anda atau secara online. Berikut ini, daftar makanan ringan yang masih fresh untuk dijadikan bisnis.

1. Jamur dan Usus Crispy
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: kompas.com

Jika Anda memiliki modal terbatas, pilihan makanan ringan jamur atau usus crispy bisa menjadi menu andalan bisnis rumahan yang dirintis. 

Bahan utamanya adalah jamur tiram yang bentuknya seperti kerang dengan permukaan bergerigi atau usus ayam yang sudah dibersihkan.

Kunci kelezatan cemilan ini terletak pada tepung crispy yang digunakan, sehingga ketika digigit teksturnya sangat renyah dan bumbunya sangat terasa. 

Makanan ringan ini sedang populer di kalangan anak-anak hingga dewasa, bahkan di berbagai gerai makanan hingga resto dijadikan salah satu menu cemilan favorit.

Anda bisa mulai membuka bisnis ini dengan modal minim, berkisar Rp. 1 jutaan saja.

Untuk membeli bahan, kemasan, dan perlengkapan menggoreng. Anda juga bisa menambahkan aneka rasa sebagai toppingnya.

2. Lukumades
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: traveling.bisnis.com

Makanan ringan ini merupakan cemilan yang populer di Yunani, bentuknya bulat sebesar bola pingpong dengan bahan dasar tepung terigu yang diberi ragi instan.

Rasanya, mirip dengan donat namun lebih ringan dan tidak cepat membuat eneg.

Modal untuk memulai bisnis ini juga tak terlalu mahal karena bahan pembuatan Lukumades sangat sederhana.

Di awal bisnis, Anda bisa memaksimalkan kompor, kuali, dan alat saring makanan. Untuk satu porsi berisi sekitar 15, Anda bisa untung hingga Rp. 10 ribuan.

Tinggal membuat kemasan kekinian yang menarik, kemudian beri topping yang  original buatan sendiri.

Contohnya, coklat kacang, tiramisu keju, dan lainnya. Sehingga, orang lebih tertarik untuk membeli dan mencobanya.

3. Salted Egg Chicken
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: asianfoodnetwork.com

Telur asin belakangan kembali hits, sebagai campuran dari berbagai makanan.

Jika dulu lebih dikenal berbentuk telur rebus, sekarang kuning telurnya dijadikan bahan pencampur bumbu masakan dan rasanya sangat yummy dan creamy.

Anda bisa memadukan saus telur asin tersebut dengan ayam goreng, seperti yang menjadi salah satu menu andalan di gerai ayam cepat saji. 

Tapi, untuk versi rumahan bisa dimodifikasi dengan memotong ayam menjadi ukuran kecil, dibalut dengan tepung dan digoreng.

Setelah itu, baru diberi siraman saus telur asin berbumbu dan disajikan. 

Dengan tampilan yang menarik dan packaging yang tepat, Anda bisa menjualnya dengan harga di atas Rp. 20 ribuan untuk satu porsinya.

Alhasil, keuntungan yang didapat bisa semakin besar apalagi jika citarasanya benar-benar sedap pastinya pecinta makanan tersebut berani bayar mahal.

4. Bomboloni
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: id.pinterest.com

Makanan ringan yang satu ini, merupakan jenis donat yang berbentuk bulat tanpa bagian tengah yang bolong.

Isiannya bisa disesuaikan dengan request pembeli, bahkan saat ini ada bomboloni yang rasanya pedas, asam, hingga asin dari campuran keju.

Cemilan ini sangat disukai oleh generasi milenial, makanya banyak pebisnis yang menyediakannya sebagai salah satu produk unggulan.

Jika Anda juga ingin bersaing membuka bisnis rumahan ini, pastikan untuk memiliki ciri khas yang membedakannya dari produk sejenis lainnya.

Soal modal, juga tergolong murah karena Anda cukup menyediakan bahan baku yang mudah didapat dan harga terjangkau. Mirip dengan bahan baku pembuatan donat pada umumnya.

Untuk awal, Anda bisa menjualnya secara online sebagai media agar orang lebih cepat mengenal produk tersebut.

Kemudian dapat dilanjutkan dengan membuka gerai di rumah atau menyewa toko kecil untuk menerima orderan.

Keuntungan dari produk ini juga tidak sedikit, asalkan Anda konsisten dalam memberikan produk terbaik dan original resep tanpa meniru milik orang lain.

5. Dessert Box
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: kompas.com

Orang sekarang sangat suka makanan yang praktis dan siap makan, apalagi untuk pilihan makanan ringan manis.

Desert box adalah salah satunya, yang memadukan beberapa komponen makanan manis seperti cake, puding, dan olahan buah.

Untuk menjualnya, Anda bisa mengemasnya dalam box  khusus dengan membentuk layer yang berwarna warni.

Kemudian dijual dengan harga yang sesuai dengan kalkulasi bahan dan proses pengolahan. 

Sudah banyak yang berhasil jadi pebisnis dessert box ini, kebanyakan adalah mereka yang memberikan perpaduan layer dessert unik tapi rasanya sangat lezat dan cocok bagi pecinta makanan manis.

6. Burger
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: cosmopolitan.co.id

Sejak dulu, burger sudah menjadi salah satu ide usaha rumahan makanan ringan yang menjanjikan keuntungan lumayan besar.

Apalagi jika Anda punya kreasi sendiri dalam isian burger yang dijual, sehingga membuatnya berbeda dari burger pada umumnya.

Contohnya saja, memberikan saus blackpaper yang menjadi saus utama burger Anda.

Kemudian pemilihan daging yang menjadi poin utama burger, serta sayuran dan saus tambahan hingga keju penyempurna.

Anda bisa menciptakan ide saus yang disukai calon konsumen, kemudian lakukan uji coba rasa kepada orang-orang terdekat dan minta masukannya.

Jika ok, maka Anda sudah selangkah lebih maju untuk menjadi pengusaha burger yang sukses di masa depan.

Yang perlu dipersiapkan untuk usaha ini adalah, resep yang sudah layak jual, kemudian bahan pembuatan, kemasan yang menarik, dan kalkulasi harga yang masuk akal baik untuk penjual maupun pembeli.

7. Es Krim Goreng
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: dapurkobe.co.id

Namanya mungkin agak aneh, tapi makanan ringan yang satu ini banyak disukai karena rasanya yang unik. 

Es krim dibalut adonan roti yang kriuk di luar dan lembut dan dingin didalam.

Ini bisa menjadi salah satu menu andalan, jika Anda membuka gerai Usaha rumahan makanan ringan modal kecil kekinian.

Karena, rasanya sangat unik dan membuat para penggemar es krim jadi ketagihan.

Tinggal memadukan bahan roti yang tepat sehingga menghasilkan tekstur yang pas, kemudian pilihan es krim dengan rasa lezat dan tekstur lembut dan lumer di mulut.

Untuk membuat es krim goreng, dimulai dari pembuatan adonan roti, kemudian diisi dengan es krim sesuai varian rasa yang Anda siapkan.

Kemudian goreng hingga bagian luar rotinya kecoklatan, pastinya es krim di dalamnya juga sudah semakin lumer.

Untuk penyajian yang bernilai jual tinggi, Anda bisa menambahkan topping seperti whipped cream atau taburan Oreo yang semakin menggugah selera.

8. Telur Gulung
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: hot.liputan6.com

Anda pasti sering melihat pedagang telur gulung yang hanya bermodalkan kuali yang diisi minyak panas, kemudian tusuk sate dan telur.  Proses pembuatannya juga mudah dan rasanya tak kalah enak.

Makanan ringan ini sangat disukai anak-anak, apalagi jika diberi saus tomat atau saus sambal. Dengan modal kecil, Anda sudah bisa merintis usaha makanan ini.

Untuk membuat produk jualan Anda lebih enak dan selalu dicari, buatlah varian yang berbeda. Misalnya dengan menambahkan sosis pada bagian dalam telur atau keju mozarella.

Bisa juga menambahkan bakso atau potongan daging sapi untuk memberi rasa dan tekstur yang beda.

Untuk modal, sebenarnya juga tidak besar karena bahan-bahan yang dibutuhkan  masuk kategori murah.

Seperti telur, tusuk sate, minyak goreng, dan saus. Akan bertambah jumlah modalnya ketika Anda menggunakan tambahan isian untuk telur gulung tersebut.

Jika Anda menjual di lokasi yang ramai anak-anak, sekaligus promosi melalui media sosial maka modal akan lebih cepat berputar kembali.

Kemudian keuntungan juga semakin besar dan bisa segera ditabung untuk masa depan.

9. CornDog
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: okemom.com

Belakangan ini, media sosial menjadi sarana munculnya banyak peluang usaha rumahan makanan ringan yang dimanfaatkan banyak orang.

Salah satu yang sempat viral adalah corndog, cemilan asal negeri ginseng yang sering ditampilkan dalam sejumlah drama Korea.

Mirip dengan telur gulung, tapi untuk bagian luarnya dibuat dari tepung terigu yang difermentasikan bersama ragi. Kemudian bagian dalam diisi keju mozarella atau sosis super besar.

Rasanya adalah perpaduan antara renyah di bagian luar, lembut pada bagian dalam tepung dan asin jika Anda memilih isian mozarella atau gurih untuk isian sosis.

Tapi, sekarang semakin banyak varian corndog yang bisa Anda jadikan produk makanan ringan untuk dijual. Ada yang diisi dengan coklat, pisang, dan banyak lagi.

Bahkan, Anda tetap bisa menjual dengan harga murah dan untung besar jika memanfaatkan bahan murah namun diolah dengan cara yang tepat.

Misalnya, untuk mozarella bisa dibuat dari bahan keju cheddar yang diberi susu dan tepung tapioka. Begitu juga dengan sosis yang bisa dibuat sendiri, sehingga modal bahan baku bisa diminimalisir.

10. Churros
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: kompas.com

Ini adalah makanan ringan asal Meksiko dan Spanyol, yang sedang viral di Indonesia.

Boleh dibilang kalau makanan ini adalah donatnya orang Spanyol, tapi bedanya adalah pada bentuk yang memanjang seukuran telunjuk.

Bahan pembuatannya yang mudah didapat dan murah, menjadikan Churros cocok dijadikan makanan viral 2021 untuk dijual.

Apalagi, jika Anda memberikan topping yang tepat seperti gula halus, coklat, atau selai stroberi. Tentu kenikmatan makan Churros akan lebih sempurna.

Jika Anda ingin keuntungan lebih dari bisnis Churros, jangan lupa menyediakan minuman yang biasanya jadi teman makan cemilan ini.

Seperti kopi, teh, susu, dan minuman hangat lainnya. Sebab tak sedikit yang suka mencelupkan churros ke dalam minuman sebelum menikmatinya.

11. Pisang Nugget
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: youtube.com

Sebenarnya makanan ringan ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu, semakin populer sejak menjadi produk bisnis salah satu anak Presiden Jokowi yaitu Kaesang Pangarep.

Konsepnya sama dengan nugget pada umumnya, tapi untuk bahan baku yang biasanya ayam diganti dengan pisang yang sudah dihaluskan.

Soal rasa, tentunya tak kalah enak karena memadukan tepung roti sebagai bagian terluar yang menciptakan rasa tekstur renyah.

Kemudian bagian dalam berupa pisang memiliki aroma dan citarasa yang khas.

Kemudian saat penyajian, ada yang diberi topping atau polosan sehingga sangat cocok jadi cemilan sore menemani waktu santai bersama keluarga.

Menu ini bisa jadi pilihan ide jualan Anda, karena pecinta pisang pasti ingin sesuatu yang beda dari hanya sekedar pisang goreng biasa.

Modalnya, juga hanya berkisar satu jutaan saja jika Anda memanfaatkan rumah sebagai tempat berjualan dan media sosial untuk mempromosikannya.

12. Takoyaki
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: puripangan.co.id

Buat Anda yang ingin mencari segmen pasar pecinta makanan Jepang, Takoyaki bisa menjadi salah satu produk cemilan yang dipilih.

Rasanya unik, karena memadukan rasa manis dan gurih karena dibuat dari bahan tepung yang diberi tambahan daun  bawang lalu digoreng dengan alat khusus.

Bentuknya bulat, dengan bagian dalam diisi dengan daging gurita segar.

Jadi, saat digigit akan terasa sedikit kenyal dari daging gurita. Sensasi rasanya akan semakin maksimal dengan taburan katsuo atau ikan bonito yang diasapkan.

Kemudian ditambah mayonaise, saus sambal hingga saus khas Jepang yang memiliki rasa berbeda dari saus pada umumnya. 

Anda bisa memulai usaha rumahan ini sendiri atau bergabung dengan franchise.

Yang pasti, keuntungannya lumayan karena orang Indonesia memang tak sedikit yang suka dengan makanan ringan yang gurih dan cenderung pedas serta unik.

Soal modal, tergantung pada cara berjualan yang Anda pilih.

Jika ingin membuat takoyaki original buatan sendiri, maka selain bahan baku maka Anda juga perlu mempersiapkan alat goreng khusus dan beberapa bahan khas Jepang. Jika dikalkulasikan bisa berkisar Rp. 2 jutaan.

Tapi, jika Anda ingin bergabung menjadi mitra franchise untuk usaha Takoyaki maka semua bahan dan alat sudah disediakan pemilik franchise.

Jadi, Anda tinggal setor modal untuk memulai memasarkannya.

13. Sate Taichan
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: food.detik.com

Makanan ringan ini banyak dijadikan cemilan sebelum makan siang, terbuat dari daging ayam yang diberi bumbu khusus kemudian dibakar hingga matang.

Sebenarnya sepintas mirip dengan sate madura, hanya saja sausnya bukan kecap dan kacang melainkan saus cabe yang diberi jeruk nipis.

Di kota besar, makanan ini sudah menjadi salah satu makanan mewah walaupun dasarnya hanya menggunakan bahan baku yang mudah didapatkan. Seperti ayam, bumbu khasnya yang dibuat dari rempah familiar di dapur Anda.

Jika Anda mengemasnya dengan tampilan yang bagus mulai dari berapa jumlah potongan daging di tiap tusuk sate, kemudian berapa tusuk sate untuk satu porsi.

Termasuk wadah untuk sausnya, maka Anda bisa menjualnya dengan harga cukup mahal dan untung bisa cepat didapat.

14. Martabak Manis
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: popmama.com

Sejak dulu, martabak manis sudah jadi salah satu cemilan yang disukai banyak orang dan jadi jenis usaha rumahan makanan ringan yang memberikan untung besar.

Pantas saja, jika hampir di setiap daerah pasti mudah menemukan makanan ini.

Peluang usaha ini juga masih sangat menjanjikan, tinggal Anda memberikan varian kekinian yang memang sedang trend di tengah masyarakat. Tapi, tetap mempertahankan beberapa varian aslinya.

Contoh, untuk bahan dasar martabak yang biasanya tepung dengan aroma vanila, bisa diganti dengan adonan aroma pandan, black martabak dengan bahan yang mampu memberikan cita rasa yang enak.

Selain itu, perhatikan juga topping dari martabak yang Anda jual.

Jangan hanya bertahan dengan topping standar saja. Contohnya, beri topping tiramisu coklat, ovomaltine kacang mede, atau macha yang diberi sentuhan kelapa. 

Dengan begitu, orang akan merasa penasaran dan ingin mencoba martabak buatan Anda.

Ingat! Jika ingin usaha kuliner Anda bertahan lama, kreatif, inovatif, dan konsisten adalah beberapa alasan yang harus diterapkan.

15. Toast Bread
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: archanaskitchen.com

Roti bakar kekinian, beberapa waktu lalu mulai kembali muncul menjadi salah satu makanan ringan yang dicari banyak orang.

Jika biasanya diisi dengan selai biasa, sekarang banyak varian gurih yang ditawarkan pengusaha makanan ringan.

Contohnya saja, roti bakar dengan isian daging yang diberi sayuran dan keju leleh.

Anda juga bisa mengkreasikan isian dari roti bakar ini, karena yang namanya roti tawar tak pernah gagal menjadi bahan pembuatan roti bakar yang enak.

Dengan kemasan yang lebih modern, seperti diberi alas kertas minyak yang diberi logo usaha.

Kemudian, isinya dipilih sesuai keinginan banyak orang saat ini. Hasilnya? Anda akan jadi salah satu pengusaha roti bakar yang sukses dan viral. 

16. Brulee Bomb
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: rinaresep.com

Awalnya, makanan viral ini direview oleh artis Nagita Slavina lewat akun media sosialnya. Kemudian, dengan cepat menjadi viral dan banyak yang mencoba membuat resepnya.

Alhasil, usaha makanan paling laris saat ini sekarang sudah menjadi dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

Makanan ringan ini terbuat dari campuran tepung terigu yang diberi keju, daging sapi cincang, dan susu. Kemudian dibentuk bulat dan diberi laposan luar tepung roti dan digoreng.

Yang membuatnya enak adalah, perpaduan keju yang meleleh dan adonan creamy berpadu kriuk saat digigit.

Jika Anda berminat, brulee bomb bisa menjadi salah satu pilihan usaha rumahan yang siap memberikan keuntungan besar.

Apalagi untuk kalangan yang memang suka cemilan gurih dan beraroma keju. 

Mumpung masih belum terlalu lama eksis, Anda masih punya kesempatan sukses dengan menjadikannya produk usaha makanan ringan.

17. Seblak
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: inews.id

Makanan khas Sunda yang satu ini, juga berubah menjadi salah satu makanan yang dijadikan usaha rumahan di berbagai daerah.

Apalagi buat pecinta makanan berkuah yang pedas, perpaduan kuah cabe, kerupuk rebus, bakso, mie, sayur, hingga cekernya memberikan rasa unik yang ngangenin.

Jika di daerah Anda, banyak pecinta pedas maka tak ada salahnya untuk memilih menu ini sebagai usaha makanan ringan.

Tinggal mencari bumbu yang pas sesuai selera masyarakat setempat, kemudian padukan dengan berbagai bahan pelengkap yang mudah diolah, murah, dan tentunya enak.

Jika memang di sekitar tempat tinggal Anda belum ada yang membuka usaha makanan ini, peluang untuk menguasai pasar sangat besar, apalagi jika rasanya enak dan tetap mempertahankan citarasa Sunda yang kental.

18. Cireng
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: kompas.com

Masih berasal dari Sunda, belakangan cireng sedang naik daun dan viral di kalangan artis ibukota.

Beberapa diantaranya menjadikan cemilan ini sebagai produk bisnis mereka, karena memang banyak orang yang suka.

Anda juga bisa merintis usaha rumahan makanan ini, dari segi persiapan bahan sangat mudah ditemukan seperti tepung tapioka dan daun bawang untuk bahan utamanya.

Sama halnya dengan proses pembuatan yang juga gampang, jadi siapa saja bisa membuatnya. Begitu juga dengan citarasa dari cireng ini, gurih, crispy di luar dan kenyal di dalam.

Yang akan membedakannya adalah, apakah Anda akan berkutat dengan rasa original saja atau bisa berkreasi dengan rasa, topping, atau isian.

Ketika Anda berhasil menemukan racikan bumbu yang tepat, kemudian menambahkan topping kekinian maka Anda bisa merajai pasar dengan mudah.

Contohnya isian keju oncom, dendeng balado, dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera masyarakat di kawasan Anda membuka usaha.

Jika konsep rasa dan ukuran cireng sudah didapat, Anda bisa mulai usaha dengan modal ringan.

19. Mac n Cheese
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: food.detik.com

Namanya keren dan merupakan salah satu cemilan yang memberikan rasa gurih, creamy, dan manis yang berpadu dari bahan utama makaroni, keju, susu, dan bumbu lainnya.

Proses pembuatannya dipanggang menggunakan alumunium foil, sering dijadikan cemilan anak-anak hingga generasi milenial yang suka makanan  ala Eropa. 

Jika Anda suka memasak dengan oven, lalu ingin membuka usaha rumahan makanan modal kecil untung besar untuk menambah penghasilan keluarga.

Mac n cheese bisa dipilih sebagai produk bisnis tersebut. Proses pembuatannya mudah dan bahannya cukup murah harganya.

Anda tinggal memadukan beberapa unsur unik dari rempah yang dipakai, sehingga menciptakan aroma dan rasa berbeda namun disukai konsumen.

Kemudian dikemas dengan cantik, lalu promosikan secara maksimal dari mulut ke mulut hingga media sosial.

Keuntungan yang diperoleh, bisa berkali lipat selama Anda bisa menyajikan produk yang rasanya enak dan harga terjangkau.

Tapi, memang harus terus belajar dan gali kreativitas supaya Anda punya produk yang benar-benar disukai dan tidak membuat bosan.

20. Mozarella Goreng 
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: kompas.com

Siapa bilang keju mozarella tidak bisa digoreng? Makanan ringan ini juga sedang diminati banyak orang, karena rasa keju leleh yang super enak bisa dinikmati dengan kulit krispi dari tepung roti.

Wah, keju mozarella kan mahal, pasti modalnya besar? Tidak! Sekarang sudah banyak resep keju mozarella KW yang rasanya dan teksturnya tak jauh beda dengan yang asli.

Harganya, juga lebih terjangkau bahkan bisa Anda buat sendiri dengan bahan yang mudah didapat.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini, tidak mahal.

Apalagi buat yang hobi masak dan sudah punya perangkat masak di rumah. Cukup menyediakan bahan bakunya, lalu buat produk dengan resep paling enak dan pasarkan dengan cara yang tepat.

Keuntungan potensial dari usaha ini cukup menjanjikan, asalkan Anda memiliki produk yang rasanya konsisten dan harganya terjangkau oleh semua kalangan.

Apalagi, orang banyak menganggap keju mozzarella adalah keju mahal. Waktunya bagi untuk mematahkan anggapan tersebut!

21. Saus Mentai
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: klikdokter.com

Jika Anda sering menonton video di media sosial, saus mentai sangat diminati belakangan ini.

Saus asal Jepang tersebut banyak dijadikan topping makanan mulai dari nasi, ayam goreng, hingga aneka bahan lainnya.

Saus yang awalnya dibuat dari telur ikan tarako diberi lada, kini berkembang dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, diantaranya mayonaise, telur, perasan lemon, saus sambal dan beberapa tambahan bumbu lainnya.

Untuk usaha rumahan, Anda bisa menjadikan saus ini sebagai topping pada kentang, ubi, hingga pisang yang akan menghadirkan rasa yang otentik dan membuat ketagihan.

Proses pembuatannya juga mudah, tinggal padukan bahan utama dan saus kemudian panggang dan sajikan.

Sebagai contoh usaha modal kecil untung besar, Anda masih punya banyak peluang untuk sukses menjual produk makanan ringan dengan saus mentai. 

Coba Anda lakukan survei apa cemilan yang populer di daerah Anda, kemudian padukan dengan saus mentai dan tes rasanya. 

Kalau cocok dengan lidah masyarakat setempat, langsung mulai saja usaha dengan mempromosikannya ke orang terdekat.

Setelah respon yang diterima memuaskan, maka Anda bisa mengembangkannya lalu berkoordinasi dengan platform penjualan online supaya jangkauan konsumen lebih luas.

22. Susu Panggang
usaha-rumahan-makanan-ringan
foto: idntimes.com

Pada urutan terakhir usaha makanan ringan rumahan yang menguntungkan Saat ini, Anda bisa memilih susu panggang yang juga sedang  viral.

Rasanya manis berpadu dengan aroma gurih karena proses pembuatannya dengan dipanggang.

Modalnya tentu tak terlalu besar, karena Anda cukup mempersiapkan susu yang berkualitas dan bahan pelengkap yang tidak mahal.

Hanya saja, perlu ketelatenan untuk menghasilkan produk makanan ringan ini yang benar-benar enak dan diterima oleh konsumen.

Itulah deretan usaha rumahan makanan ringan yang bisa dijadikan referensi, bagi Anda yang ingin punya penghasilan tambahan.

Bisa jadi, ketika Anda sukses menjalankan usaha ini tak perlu pagi kerja yang lain karena potensi pendapatannya cukup menjanjikan.