20 Usaha Rumahan yang Menguntungkan di Masa Pandemi

20 Usaha Rumahan yang Menguntungkan di Masa Pandemi image

Banyak bisnis yang terdampak COVID-19, mulai dari penurunan pendapatan, gulung tikar hingga terpaksa merumahkan karyawannya.

Meski sulit, nyatanya kondisi ini memunculkan banyak peluang usaha rumahan yang menguntungkan.

Kampanye di rumah saja yang digalakkan oleh hampir seluruh negara, membuat masyarakat kian terbatas menjalani kegiatannya di luar ruangan.

Pembatasan aktivitas ini rupanya memicu lahirnya beragam ide bisnis yang inovatif. 

Kuncinya adalah menemukan produk atau layanan yang dibutuhkan bagi orang-orang di luar sana.

Meski ada banyak peluang usaha kecil rumahan yang menguntungkan untuk dicoba, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan perubahan perilaku konsumsi masyarakat. 

Alih-alih menjalankan bisnis secara tradisional, beberapa ide berikut justru mendukung orang-orang menjalani kehidupan new normal.

Apa saja usaha rumahan yang menguntungkan untuk Anda coba di masa pandemi ini?

1.   Online Shop
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: elshinta.com

Dulu, kegiatan berbelanja barang identik dengan pergi ke toko, mall, atau pasar.

Namun beberapa tahun belakangan, perilaku konsumsi masyarakat seluruh dunia, termasuk Indonesia makin bergeser menjadi daring.

Melansir dari The Jakarta Post, 14 September 2020, gaya belanja online masyarakat Indonesia ini kian mengalami lonjakan terutama saat pandemi.

Terutama saat aturan PSBB dijalankan, dimana aktivitas sebagian besar masyarakat praktis di dalam rumah saja. 

Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat online shop. Jika sebelumnya sudah ada usaha tradisional yang dijalankan, Anda bisa mempromosikannya lewat sosial media atau marketplace.

Tak perlu khawatir, memiliki toko online merupakan usaha menjanjikan untuk pemula. 

Karena faktanya, melansir dari hasil penelitian dari McKinsey, pada Agustus 2018, Indonesia merupakan pasar online terbesar di Asia Tenggara.

Proyeksi pertumbuhan diperkirakan bisa mencapai hingga delapan kali lipat, dari 2017 hingga 2011. 

Ini berarti peluang berdagang secara daring masih terbuka sangat lebar. Terutama jika Anda jeli untuk melihat peluang usaha yang jarang, tapi dibutuhkan banyak orang.

Apalagi membuka toko online sekarang ini kian gampang, dengan modal yang tidak perlu besar.

2.   Reseller dan Dropshipper
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: blog.amartha.com

Tidak memiliki produk sendiri yang bisa dijual secara online? Jangan khawatir. Anda bisa menjualkan barang milik orang lain secara online, sebagai Reseller.

Prinsipnya, dengan cara membeli sejumlah item dari produsen atau distributor, dan menjualnya kembali, selisih harganya bisa diperoleh sebagai keuntungan.

Perkembangan e-Commerce yang pesat membuat kegiatan Ini menjadi salah satu bisnis online rumahan yang menguntungkan. Tak perlu membeli dan menyetok banyak barang untuk menjadi Reseller.

Dengan membina serta memiliki perjanjian yang baik, produsen bisa terus mengirimkannya kepada Anda sehingga stok tetap terjaga.

Sedangkan Dropship, merupakan perkembangan dari profesi Reseller.

Berbekal keahlian memasarkan secara digital dan tanpa perlu membeli atau menyetok barangnya terlebih dahulu, ide ini berpotensi besar menghasilkan keuntungan. Pasalnya, Anda bisa menjalankannya bahkan tanpa modal sekalipun.

Promosikan saja barang yang ingin dijual melalui berbagai platform digital, misalnya website, media sosial, hingga bergabung dengan marketplace.

Jika diibaratkan, Anda adalah perantara Antara penjual dan pembeli dan memperoleh komisi karena jasa tersebut.

Ketika pembeli memesan produk secara daring di platform pemasaran online, kemudian melakukan pembayaran, Anda tinggal meminta produsen atau distributor mengirimkannya.

Selisih antara harga pokok dan jual inilah yang menjadi keuntungannya.

Tak perlu repot memiliki gudang dan modal besar, bukan? Tentu saja Anda dan produsen harus memiliki perjanjian dulu di awal untuk memudahkan alur transaksinya.

3.   Tutor/ Konsultan Online
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: sasanadigital.com

Jika Anda memiliki skill tertentu, manfaatkan saja dengan membuka kelas atau kursus secara daring.

Misalnya keahlian memasak, membuat roti atau kue, membuat website, fitness, olahraga, bahasa asing, dan sebagainya.

Banyak sasana olahraga maupun individu yang menawarkan kelas olahraga secara virtual selama pandemi ini. Nyatanya, peminatnya sangat banyak.

Begitu juga dengan kelas belajar Bahasa asing, pemrograman, desain grafis, dan skill lain, yang ternyata juga memiliki banyak peminat.

Hal ini tentu bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis baru, terutama bagi Anda yang memang suka berbagi dan berbicara di depan banyak orang.

Menjadi tutor dalam kelas online merupakan ide usaha rumahan kreatif yang kian marak terutama di masa pandemi ini.

Masyarakat yang ingin mempelajari skill baru namun terbatas ruang geraknya akan sangat tertolong dengan penawaran ini.

Untuk pembeda, buatlah program dan paket yang menarik, serta menggunakan metode yang kreatif. Hal ini bisa membuat konsumen puas dan tetap setia dengan kelas Anda. 

Jika kurang tertarik dengan ide kelas virtual dengan banyak orang di dalamnya, coba saja menjadi konsultan bagi individu yang membutuhkan kecakapan Anda.

Jasa konsultan daring juga kian menjamur di era pandemi ini. 

Jika Anda memiliki passion dan skill bisnis, keuangan, komunikasi, social media, atau marketing, tidak ada salahnya memulai bisnis konsultan sendiri.

4.   Bimbingan Belajar
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: quipper.com

Memiliki keahlian di bidang mata pelajaran? Anda bisa memulai bimbingan belajar sendiri di rumah.

Ada banyak pasar yang terbuka untuk jasa ini, terutama ketika semua sekolah ditutup dan penerapan belajar jarak jauh dimulai.

Melansir hasil riset Technavio bertajuk Global Online Education Market pada Desember tahun lalu, pasar pendidikan online diperkirakan akan tumbuh sebesar 247,46 miliar dolar selama 2020 – 2024. 

Tak hanya di perkotaan, hal ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha rumahan di desa juga.

Terutama dengan fakta bahwa banyak orang tua yang tidak bisa atau mampu mendampingi putra-putrinya untuk belajar di rumah.

Dengan keahlian di bidang mata pelajaran yang dikuasai, Anda bisa menjembatani kekurangan sistem belajar jarak jauh ini.

Skill komunikasi juga dibutuhkan di sini. Selain itu, metode pengajaran yang kreatif juga bisa menjadi nilai lebih supaya tujuan pembelajaran Anda tercapai.

5.   Jasa Titip
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: tosupedia.com

Ledakan e-Commerce menimbulkan banyak peluang bisnis baru.

Salah satunya adalah jasa titip atau biasa disebut juga dengan nama Jastip. Ini merupakan peluang usaha rumahan yang menguntungkan dengan modal kecil, bahkan bisa dibilang tanpa modal sama sekali.

Dengan menawarkan jasa ini, Personal Shopper, istilah lain dari Jastip, Anda akan membantu para pelanggan mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Dulu, umumnya produk yang bisa dijadikan peluang bisnis jasa titip adalah barang yang sulit dicari.

Misalnya impor atau hanya tersedia di luar negeri. Namun kini, hampir semua produk bisa didapatkan melalui Personal Shopper, terutama item dengan tingkat permintaan tinggi. 

Contohnya saja, merk hijab online terkenal akan meluncurkan koleksi terbarunya.

Dengan stok yang terbatas, ribuan peminat tentu berebut mendapatkan item tersebut. Di sinilah jasa titip bisa dimanfaatkan. 

Pelanggan tak perlu duduk stand by berjam-jam di depan website-nya untuk menjadi pemesan pertama atau takut kehabisan stok.

Bukan hanya barang dengan tingkat permintaan tinggi, kebutuhan sehari-hari juga bisa dibeli melalui jasa ini.

Jastip juga seringkali menjadi jembatan bagi sebagian orang yang masih belum paham tata cara pembelian secara online. Baik melalui website maupun marketplace.

6.   Warung Kopi
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: coffeetimes.id

Tidak bisa dipungkiri, kopi merupakan minuman sosial bagi masyarakat Indonesia dan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang.

Tidak terbatas pada satu kalangan atau gender saja, kopi bisa dinikmati bersama oleh pria, wanita, tua, maupun muda. 

Bisnis kopi sebenarnya sempat terdampak oleh pandemi COVID-19, terutama di masa PSBB dimana aktivitas outdoor masyarakat sangat terbatas.

Namun, dilansir dari Katadata pada 9 November 2020, situasi sulit ini juga melahirkan banyak ide dan cara baru dalam berbisnis kopi. 

Misalnya dengan menjual berbagai varian kopi dalam bentuk botol dan literan, serta menjualnya secara online, maupun take away dan delivery.

Anda bisa bergabung dengan marketplace atau menjalin kemitraan dengan Grab atau Go Food, untuk meraih pasar yang lebih luas. Dengan begini, pelanggan tetap bisa menikmati kopi meski di rumah saja.

Untungnya, seiring dengan berjalannya waktu, aturan PSBB mulai diperlonggar, meski masih ada pembatasan waktu operasional.

Jika belum memungkinkan menjual kopi kekinian ala café, warkop yang lebih merakyat bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis.

Ini merupakan contoh usaha rumahan yang menguntungkan. Tak perlu banyak meja dan kursi, asalkan tersedia beragam jenis kopi dan minuman lain, Anda bisa memulainya kecil-kecilan di teras atau garasi rumah.

Jangan lupa sediakan wifi dan aneka jajanan agar pengunjung betah untuk ngopi di sana.

Jika sudah mulai berkembang, Anda bisa mendekor warkop supaya lebih estetik dan nyaman serta mempromosikannya di social media.

Promosi secara digital memungkinkan bisnis Anda dikenal lebih banyak orang yang juga bisa berdampak pada kenaikan jumlah pelanggan.

7.   Jual Pulsa dan Token Listrik
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: idwebpulsa.com

Sembako sudah dikenal menjadi kebutuhan utama sejak dulu kala. Namun pulsa dan token listrik pun kini termasuk menjadi barang pokok masyarakat di masa kini.

Tak heran jika permintaan akan keduanya pun sama tingginya dengan beras atau minyak goreng.

Berjualan pulsa elektrik dan token listrik bisa menjadi ide usaha rumahan yang menguntungkan karena ini menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat.

Meski ada banyak pesaing, namun tingkat kebutuhannya cukup tinggi. 

Begitu pula dengan kemungkinan repeat order-nya yang besar, karena akan terus-menerus dibutuhkan.

Tak perlu mencari tempat untuk disewa ataupun peralatan khusus, seperti etalase, untuk memulai bisnis ini. 

Anda bisa membuka usaha ini di ruang tamu dan menjadikan tetangga, teman, atau saudara untuk menjadi pelanggan pertama. Memang keuntungannya bisa dibilang receh.

Namun jika pelanggan kian bertambah dan permintaan terus bertambah, bisnis pun berpotensi makin besar.

8.   Penulis Paruh Waktu
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: hipwee.com

Suka menulis dan ahli dalam mengolah kata? Jadikan saja kemampuan ini sebagai senjata untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Ada banyak peluang untuk menjual skill menulis. 

Misalnya menjadi penulis online untuk blog atau website, copywriter untuk berbagai platform digital marketing, hingga menjadi ghostwriter.

Dilansir dari media NPR pada 16 September 2020, sebanyak dua juta pekerja Amerika telah bekerja lepas sejak 12 bulan terakhir. 

Studi ini didapatkan dari Upwork, sebuah platform yang menyediakan berbagai jenis pekerjaan freelance.

Menjadi penulis freelance merupakan prospek usaha rumahan yang menguntungkan, bahkan tanpa memerlukan modal. 

Berbekal laptop dan skill dalam merangkai kata yang memberi dampak pada pembacanya, Anda bisa mendaftar ke berbagai platform pekerjaan freelance.

Seperti Sribulancer, Fiverr, hingga Upwork. Ada banyak jenis kepenulisan yang bisa Anda pilih sesuai keahlian menulis Anda. 

Misalnya jurnalistik, terjemahan, konten website, siaran pers, social media, editing, dan sebagainya. Jika tertarik untuk menulis cerita fiksi, Anda juga bisa bergabung di Wattpad, atau platform kepenulisan novel lainnya.

9.   Frozen Food
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: cnnindonesia.com

Melansir dari Tempo, 16 September 2020, bisnis makanan beku semakin mendulang untung di masa pandemi.

Hal ini didorong dengan tren masyarakat yang lebih memilih memasak makanan sendiri di rumah, namun menginginkan kepraktisan. 

Semenjak penerapan PSBB di hampir seluruh wilayah di Indonesia beberapa saat lalu, aktivitas di luar rumah semakin terbatas. Makan di restoran dan warung pun masih terus dibatasi hingga kini.

Membuka bisnis frozen food pun menjadi usaha rumahan yang lagi trend saat ini. 

Betapa tidak, sekarang ini ada beragam varian makanan beku cepat saji untuk dijual.

Mulai dari sosis, bakso, nugget, ayam goreng, hingga tempura dan berbagai jenis roti serta pizza, bisa dijual dalam keadaan beku.

Setelah dibeli, makanan tersebut mudah dimasak dan cepat disajikan.

Tak heran, banyak orang memilih makanan beku sebagai stok bahan makanan di rumah. Untuk mengawali bisnis ini, Anda bisa memulainya dari rumah. 

PEralatan utama seperti chiller dan membina kemitraan dengan berbagai produsen merk frozen food, juga harus dipikirkan.

Melakukan kontak langsung pada produsen atau distributor resmi berbagai merk makanan beku bisa dilakukan untuk mendapatkan harga yang baik. 

Hal ini memungkinkan Anda menjual produk dengan harga yang terjangkau namun tetap mendapat keuntungan.

10.   Pertamini
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: cnnindonesia.com

Berjualan bensin secara eceran memang sudah banyak dilakukan orang. Namun BBM merupakan salah satu barang kebutuhan sehari-hari, sehingga konsumsinya pun tidak akan pernah sepi.

Bahkan cenderung naik, mengingat jumlah kendaraan bermotor pun kian meningkat.

Peluang untuk terjadi perulangan pembelian pun cukup besar, terutama jika lokasi penjualan Anda cukup jauh dari pom bensin besar.

Jika rumah Anda cukup strategis, terutama sering dilewati kendaraan, menjual BBM secara ecer bisa menjadi solusi usaha rumahan yang menguntungkan.

Dengan memberikan tampilan yang cukup mendekati pom bensin yang asli, nilai jual dari bisnis pun bisa meningkat.

Jangan lupa sediakan alat pemadam kebakaran serta pertimbangkan pula pemakaian listrik, sebelum menghitung keuntungan.

11.   Jualan Baju Preloved
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: liputan6.com

Busana second hand memang sedang naik daun. Jika beberapa tahun yang lalu, berjualan baju preloved menjadi usaha yang langka tapi menguntungkan, kini sudah banyak pesaingnya.

Memulai bisnis ini pun cukup mudah. Tinggal cari supplier yang cocok dengan selera. 

Misalnya pakaian second hand dari Korea, Jepang, atau bahkan baju bermerk dari negeri jiran. Yang harus diperhatikan, perhatikan kebersihan barang yang dijual.

Akan lebih baik jika disterilkan sebelum dijual kemudian beri pewangi dan label baru jika memungkinkan. 

Dengan demikian, Anda bisa menawarkan item preloved dengan harga yang lebih baik dan membuat pelanggan pun lebih nyaman dengan barang tersebut.

Jika memulai bisnis ini di rumah, pertimbangkan juga membeli peralatan display seperti gantungan baju atau manekin. 

Usahakan membuat foto dengan estetik, serta memberi keterangan lengkap di bawahnya saat melakukan display di website atau marketplace Anda.

Hal ini memungkinkan calon pelanggan memahami kondisi produk, sehingga meminimalisir adanya komplain setelah membeli.

12.   Affiliate Marketing
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: beritateknologi.id

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak peluang bisnis baru di era e-Commerce ini.

Salah satunya adalah affiliate marketing, yang cocok sebagai usaha rumahan yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga. 

Bahkan mahasiswa, pelajar, atau karyawan yang membutuhkan pekerjaan sampingan yang menghasilkan bisa melakukannya.

Prinsipnya, Anda harus mempromosikan produk milik pihak lain secara daring melalui sebuah link. 

Jika pengikut atau teman di social media melakukan pembelian melalui kode link yang Anda bagikan tadi, maka di sinilah uang bisa didapat.

Sistemnya adalah bagi hasil penjualan antara penjual dan Anda yang telah membantu memasarkan produknya. 

Melansir dari Forbes, 23 Januari 2020, Affiliate Marketing merupakan salah satu metode paling efektif untuk mendapatkan penghasilan online, mendorong penjualan, serta meningkatkan kesadaran akan suatu merek. 

Bahkan diproyeksikan, pada tahun 2022, industri pemasaran model ini bisa melampaui angka 8 miliar dolar. Artinya, masih besar sekali peluang untuk mendapatkan penghasilan dari profesi ini.

Anda tidak harus menjadi influencer dengan follower besar dulu untuk bisa mendapatkan uang dengan sistem ini. 

Tips usaha rumahan yang menguntungkan dengan sistem affiliate ini adalah dengan rajin membuat konten serta aktif mempromosikan produk, tanpa berbayar. Alias, lakukan review jujur untuk sebagai permulaannya. 

Gunakan social media Anda, seperti Twitter atau Tiktok, dan mulailah melakukan review berbagai barang, vila, hotel, atau lokasi wisata yang Anda kunjungi.

Anda juga bisa bergabung dengan marketplace yang memang membuka sistem pemasaran model ini, misalnya Shopee atau Airbnb.

13.   Pangkas Rambut
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: metro.tempo.co

Anda menyukai hair styling dan paham tren terkini mengenainya? Bisnis pangkas rambut menjadi satu dari sekian macam usaha rumahan yang menguntungkan.

Jika modal belum mencukupi, Anda bisa memulainya di ruang tamu tanpa perlu menyewa tempat yang bisa menghabiskan banyak dana. 

Mengkhususkan diri pada pangkas rambut pria, alih-alih membuka salon untuk lelaki dan perempuan, juga bisa menghemat modal.

Mengapa? Sebab peralatan untuk perawatan rambut wanita lebih kompleks dan mahal dibanding lelaki. 

Dengan begini, Anda bisa fokus mengembangkan usaha dan meningkatkan skill terlebih dahulu.

Jika bisnis mulai terlihat ada kemajuan, Anda bisa mempertimbangkan lokasi yang lebih strategis dan mempelajari kecakapan lain. 

Misalnya skill memangkas rambut untuk wanita juga. Selain bermanfaat untuk meraih pasar yang lebih besar, strategi ini juga bisa membuat bisnis makin berkembang.

14.   Laundry Kiloan
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: fastpay.co.id

Jasa cuci pakaian merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. Meski ada banyak persaingan di suatu daerah, bisnis laundry kiloan tak pernah sepi pelanggan.

Terutama jika rumah Anda cukup dekat dengan area pemukiman padat penduduk atau daerah kos-kosan sekitar kampus. 

Areal industri atau perkantoran yang seringkali dipadati oleh karyawan juga merupakan pasar yang baik untuk industri jasa cuci pakaian.

Gaya hidup yang serba sibuk memungkinkan para pelanggan untuk mendelegasikan tugas mencuci dan menyetrika bajunya pada jasa laundry. 

Ini merupakan peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Sebagai pembeda, tawarkan berbagai kemudahan dan promo menarik, misalnya gratis antar jemput atau cuci 10x gratis 1x.

Hal ini bisa membuat pelanggan Anda tertarik dan tak mau pindah ke tempat lain.

15.   Gas dan Air MInum Isi Ulang
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: klikdokter.com

Elpiji dan air galon merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat masa kini, selain sembako. Menjual gas dan air minum isi ulang bisa menjadi pilihan jika Anda ingin membuka usaha kecil-kecilan di rumah.

Tak perlu menyewa tempat di lokasi strategis jika modal yang dimiliki tidak begitu besar.

Manfaatkan saja teras atau garasi rumah untuk memulai bisnis ini. Terutama jika Anda tinggal di daerah pemukiman padat atau dekat dengan kos dan kontrakan karyawan.

Memberikan harga yang bersaing serta menawarkan berbagai kemudahan juga bisa menarik minat pelanggan. MIsalnya gratis antar jemput.

16.   Petshop
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: bisnis.tempo.co

Pandemi membuat banyak orang mengalihkan aktivitasnya dengan melakukan hobi yang disukainya. Salah satunya adalah hewan peliharaan.

Anda bisa dengan cerdik bikin usaha rumahan yang menguntungkan ini dengan membuka petshop. 

BIsa juga dengan menawarkan jasa grooming dan hotel khusus hewan jika memungkinkan.

Banyaknya waktu yang dimiliki sebagian orang untuk merawat dan memperhatikan binatang kesayangan, membuat bisnis petshop kini kian menjanjikan. 

Mulai dari pakan kucing, anjing, burung, kelinci, hingga hamster dan reptil, kian banyak dicari masyarakat. Sebagai pemula, Anda bisa membuka usaha ini dari rumah dulu. 

Promosikan melalui online dan bergabunglah dengan berbagai marketplace untuk meraih pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

17.   Katering
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: bisnisukm.com

Jika Anda suka dan bisa memasak, ide bisnis yang satu ini sangat bisa diterapkan. Terutama di masa pandemi, dimana ada pembatasan bagi pelanggan untuk makan di warung atau restoran.

Bisnis katering kini kian dilirik konsumen sebagai solusi makanan rumahan yang lebih dan aman di masa seperti ini. 

Jika Anda memiliki ilmu gizi, boleh juga paket makan sehat atau diet, dengan menggunakan gaya hidup sehat sebagai pilihan niche.

Sebagai usaha industri rumahan yang menguntungkan, Anda perlu berinvestasi pada resep dan peralatan makan yang higienis.

18.   Jasa Desain Grafis
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: kompasiana.com

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang desain, manfaatkan hal tersebut menjadi usaha sampingan rumahan yang menguntungkan.

Makin pesatnya perkembangan teknologi, membuat jasa desainer grafis kian dibutuhkan dalam banyak industri. 

Misalnya membuat logo untuk perusahaan atau institusi, desain kaos, kartu nama, hingga banner dan baliho untuk iklan kampanye maupun warung.

Ingin mendapat lebih banyak job dan penghasilan? ANda bisa bergabung dengan platform penyedia pekerjaan freelance seperti Upwork atau Fiverr.

19.   Tanaman Hias
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: dw.com

Masa pandemi membuat masyarakat menghabiskan banyak waktunya di rumah dan melakukan kegemarannya.

Selain memelihara binatang, merawat tanaman hias juga menjadi hobi yang kian digandrungi masyarakat. 

Kelangkaan varian tertentu dan harga tanaman yang kian meroket, memunculkan peluang bisnis baru di sini.

Ya, tanaman hias bisa menjadi usaha budidaya rumahan yang menguntungkan, jika ditekuni dengan baik. 

Yang perlu diperhatikan, imbangi dengan pengetahuan dan kecakapan untuk melakukan pembudidayaan.

20.   Jasa Terjemah
usaha-rumahan-yang-menguntungkan
foto: tirto.id

Memiliki kemampuan dalam berbahasa asing juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu modal.

Sama seperti pekerjaan freelance lain, Anda bisa bergabung dengan platform penyedia pekerjaan lepas untuk mendapatkan job. 

Misalnya Sribulancer atau Fiverr. Jika dikerjakan dengan tekun atau bahkan secara full time, penghasilan dari pekerjaan online ini bisa cukup menjanjikan, lho!

Itulah berbagai peluang usaha rumahan yang menguntungkan saat ini. Meski ada banyak industri yang terdampak di masa pandemi seperti ini, namun banyak juga yang bisa dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan. 

Yang terpenting, mulailah usaha dari yang menjadi kesukaan Anda, serta memanfaatkan perkembangan teknologi supaya bisnis bisa terus bersaing. Semoga bermanfaat!