20 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2021

20 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2021 image

Kondisi pandemi telah mengubah cara masyarakat mengonsumsi barang dan jasa.

Jika ingin mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing di tahun 2021 ini, buang jauh-jauh pikiran untuk menjalankannya secara mainstream.

Dengan memulai bisnis yang mendukung bagaimana cara masyarakat menjalankan kehidupan new normal sekarang, peluang Anda untuk meraih pasar, kian tinggi.

Lagipula, bisnis memang tentang bagaimana berinovasi sesuai dengan keadaan terkini. Siapa yang jeli melihat peluang, merekalah yang menang.

Inilah daftar 20 ide bisnis dengan peluang terbaik di tahun 2021.

1.   Makanan Sehat
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: healthline.com

Peluang untuk bisnis makanan tidak pernah surut, meski diterpa banyak isu ekonomi, hingga pandemi. Melansir The Jakarta Post, 27 Mei 2020, bisnis kuliner online menjadi peluang menarik bagi sebagian orang, meski wabah COVID-19 melanda.

Jika Anda suka dan bisa memasak, tidak ada salahnya untuk mulai menyeriusinya sebagai pekerjaan.

Mau itu jajanan alias makanan kecil, atau warung masakan rumahan, hingga katering, semuanya boleh saja dilakukan. 

Karena faktanya, bisnis ini merupakan usaha rumahan yang tidak ada matinya dan selalu dibutuhkan banyak orang.

Yang perlu diberi perhatian lebih, carilah peluang atau berinovasi supaya produk yang Anda jual, berbeda dengan yang lain. Tentukan niche Anda, dan perkuat brandingnya. 

Misalnya, di tengah derasnya arus bisnis makanan junk food dan tidak sehat di luar sana, juallah makanan sehat. Tambahkan pengetahuan mengenai nilai gizi pada produk Anda.

Jika ingin berfokus pada katering rumahan, maka buatlah makanan sehat yang mendukung diet yang dibutuhkan pelanggan. 

Dengan begini, produk Anda akan terlihat outstanding dari yang lain, sebab belum banyak pesaing di bisnis kuliner sehat.

Selain menentukan niche, pertimbangkan pula bagaimana perubahan cara pelanggan mengonsumsi produk. 

Jika Anda membuat dan menjual makanan kecil yang tahan lama, tawarkan juga secara online di sosial media atau bergabung dengan marketplace.

Untuk katering atau masakan rumahan, opsi delivery, takeaway akan sangat memudahkan pelanggan untuk menemukan produk Anda. 

Tidak ada salahnya juga untuk bergabung sebagai mitra Go atau Grab Food. Selain dapat membantu meraih pasar yang lebih luas, hal ini juga berguna untuk meningkatkan omzet.

2.   Berjualan Barang Vintage
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: rumah123.com

Anda pernah mendengar istilah thrifting? Istilah ini kerap muncul di kalangan anak muda untuk menggambarkan kegiatan berburu barang bekas, terutama pakaian.

Beberapa waktu belakangan, banyak orang tertarik dengan hal-hal yang berbau vintage, alias antik. 

Entah itu perabot rumah seperti kursi, meja, atau jendela jadul, hingga busana, tas, dompet, dan aksesori lainnya.

Di beberapa kota besar, flea market bahkan diusung menjadi konsep belanja kekinian yang diminati anak muda, bahkan diadakan di mall. 

Nah, besarnya minat masyarakat, terutama anak muda akan barang antik, baju preloved alias secondhand ini bisa dijadikan ide bisnis. Jika modal tidak terlalu banyak, tidak usah membuat toko secara fisik.

Buat saja online shop dan pasarkan lewat sosial media, website, atau bergabung dengan marketplace. 

Gunakan sebagian ruangan di garasi atau kamar, untuk membuat studio mini. Bersihkan dengan layak barang vintage-nya, tata secara estetik, ambil foto, lalu jual saja secara daring. 

Jika Anda ingin memfokuskan diri pada busana vintage, pastikan membersihkan dengan layak, beri label milik sendiri jika diperlukan, baru menjualnya.

3.   Bisnis Hewan Peliharaan
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: flokq.com

Peluang usaha untuk hewan peliharaan semakin lama terlihat makin cerah. Terutama sejak naiknya jumlah adopsi binatang selama pandemi.

Melansir dari Kontan, 18 November 2020, 67% rumah tangga di Indonesia mempunyai hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, burung, dan sebagainya. 

Sayangnya, hal ini tidak diimbangin dengan ketersediaan produk perawatan, makanan, serta aksesoris untuk mereka.

Ketimpangan ini dirasakan oleh sebagian besar pemilik hewan, terutama yang bertempat tinggal di daerah yang agak pelosok. 

Membuka toko dan perawatan hewan atau pet grooming bisa menjadi peluang usaha yang masih jarang, tapi menguntungkan.

Dengan memberikan layanan salon atau penitipan bagi binatang peliharaan, berikut segala macam aksesoris pemeliharaannya, Anda bisa mendulang sukses besar. 

Tentu jika dibarengi dengan rencana bisnis dan strategi pemasaran yang mendukung. Untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, promosikan toko dan salon Anda secara online. 

Bergabung dengan marketplace, membuat sosial media, hingga website akan sangat memudahkan pelanggan mencari dan menghubungi jasa Anda.

                                                                                                      

4.   Membuka Kursus Online
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: randasaputra.com

Pandemi tak hanya mengubah cara masyarakat mengonsumsi produk dan jasa, namun juga berkomunikasi.

Jika memiliki keahlian khusus, misalnya di bidang pendidikan, bahasa asing, tata boga, otomotif, atau beladiri, Anda bisa menjualnya. Saat ini, ada banyak kursus keahlian yang ditawarkan secara online. 

Mulai dari kelas tutorial, workshop, hingga webinar untuk mempelajari suatu skill tertentu, tak pernah sepi peminat, meski dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Hal ini membuktikan bahwa peluang bisnis membuka kursus secara daring cukup besar.

Melansir dari Media Indonesia, 10 September 2020, ketika masyarakat memiliki banyak waktu luang, kursus online menjadi aktivitas yang paling digemari.

Bahkan, kelas baking atau memanggang roti yang diadakan oleh Chef ternama di Indonesia baru-baru ini, sold out dalam waktu singkat. 

Meski harganya cukup fantastis. Menangkap peluang ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum mulai menawarkan kursus daring. 

Berbekal kecakapan mengajar saja tidak cukup, Anda sebaiknya membuat program yang menarik, menyisipkan tren terkini dalam pembelajaran, dan tentu saja jaringan internet yang lancar.

5.   Menjadi Affiliate Marketing
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: markbro.com

Di era serba digital ini, industri e-Commerce kian melesat tinggi dan menjadi salah satu pemicu bergesernya pola konsumsi masyarakat. Semua orang kian gemar berbelanja secara daring.

Selain sangat mudah dan praktis, pilihannya juga lebih banyak dan harganya cukup bersaing. 

Biaya transportasi pun ketika digantikan dengan ongkos pengiriman, masih jauh lebih murah dibandingkan harus datang sendiri ke toko atau pasar.

Dunia digital ini memunculkan banyak  celah bisnis baru untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Affiliate Marketing. 

Jenis pemasaran terkini ini muncul sebagai salah satu wujud dari digital marketing. Dilansir dari website Forbes pada 23 Januari 2020, Affiliate Marketing ini diperkirakan akan menghasilkan hingga 8 miliar dolar pada 2022. 

Ini berarti, peluang untuk berpartisipasi dan mendapatkan uang dari pemasaran ini masih sangat terbuka lebar.

Pada prinsipnya, Affiliate Marketing merupakan program kemitraan, dimana Anda  sebagai mitra suatu produk atau institusi, harus mempromosikan produk secara daring. 

Aktif dalam bersosial media adalah syarat utamanya. Diikuti oleh keahlian copywriting, soft selling yang membuai, dan review untuk memperkuat, Anda harus menawarkan produk tersebut melalui sebuah link.

Posting di sosial media dan buatlah teman-teman di jejaring sosial Anda tertarik untuk membelinya.

 Jika ada yang melakukan pembelian produk melalui link tersebut, Anda akan mendapatkan komisi sebagai bentuk hasil kemitraan.

Prinsipnya, ini adalah bentuk bagi hasil antara penjual dan Anda sebagai perantara, yang mempromosikan dan memudahkan pelanggan membeli produk tersebut. 

Affiliate Marketing merupakan peluang usaha bagi pemula yang belum banyak pesaing saat ini. Bukan seleb di dunia maya, influencer, atau orang dengan follower banyak?

Jangan khawatir. Sistem pemasaran ini umumnya tidak mengharuskan Anda memiliki banyak teman di jejaring sosial. 

Asalkan rajin mengunggah konten pemasaran dan hasilnya membuat banyak orang cukup tertarik untuk ikut membeli, Anda tetap bisa menghasilkan uang.

Raksasa digital seperti Airbnb dan Shopee diketahui membuka peluang Affiliate Marketing bagi umum. Anda bisa mencobanya sebagai mitra di sana.

 

6.   Penulis Freelance
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: fastwork.id

Saat ini, ada banyak peluang kerja untuk menyalurkan hobi dan bakat menulis Anda. Membuka jasa penulis secara online bisa menjadi solusi untuk menghasilkan banyak tambahan pendapatan.

Tentu saja jika dibarengi dengan keahlian dalam mengolah kata dan komitmen yang kuat. 

Saat ini, industri telah mengklasifikasi beberapa skill dalam penulisan.

Mulai dari menulis untuk konten website dan blog, jurnalistik, copywriting, terjemahan, proofreading, UX writing, dan sebagainya. 

Melansir dari Forbes, 23 April 2021, Bureau of Labor Statistic di AS, kebutuhan akan orang yang bisa menulis, terus tumbuh. Terutama akibat munculnya media-media baru dan tuntutan digital masa kini. 

Ini membuktikan bahwa industri masih terus akan membutuhkan kecakapan dalam menulis dan peluang di bisnis ini masih terbuka lebar.

Untuk memulai bekerja sebagai penulis lepas, Anda bahkan tidak membutuhkan modal besar. 

Cukup dengan laptop, koneksi internet yang lancar, dan mulai bergabung dengan platform penyedia pekerjaan freelance. Seperti Freelancer, Fiverr, atau Sribulancer.

Lebih suka menulis fiksi? Salurkan bakat dan minat Anda dengan mendaftarkan diri ke Wattpad, atau platform cerita fiksi lainnya.

7.   Jastip
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: enterpreneur.bisnis.com

Satu lagi profesi yang muncul karena industri e-Commerce yang secara cepat mengambil alih pasar perdagangan tradisional di hati masyarakat dunia.

Pekerjaan Jastip atau Jasa Titip ini terbilang susah-susah gampang, sebab tugas utamanya adalah menggantikan peran berbelanja bagi klien. 

Peran ini dulunya juga disebut sebagai Personal Shopper. Tugasnya adalah membelikan titipan belanja para pemesan yang tidak bisa berbelanja sendiri.

Dulu, Jastip ini terbatas pada barang impor atau buatan luar negeri yang jarang tersedia di Indonesia. 

Namun saat ini, profesi Jasa Titip menawarkan jasa membelikan klien barang apa saja yang mereka inginkan.

Terutama barang-barang yang sulit didapat, biasanya karena permintaannya cukup tinggi sementara stoknya tidak banyak. 

Saat ini ada banyak brand lokal yang menjadi rebutan para fashionista Indonesia, karena seringkali menjual item yang limited stock. Di sinilah layanan titip bisa dipesan.

Pelanggan tidak perlu ikut mengantre atau atau menunggu di depan laptop dan membuka website online shop yang diinginkan tengah malam. 

Barang-barang dari merk terkenal seringkali membuka orderan pada jam-jam tertentu, yang kadang tidak bisa diikuti oleh sebagian peminat. Maka tugas Jastip adalah untuk menjembatani gap ini. 

Beberapa pelanggan juga akan mengontak Personal Shopper, terutama ketika mereka belum paham tata cara pembelian secara online. Lalu darimana keuntungannya diperoleh?

Komisi para Jasa Titip ini biasanya ditentukan di awal dan menjadi kesepakatan dengan pelanggan.

8.   Kerajinan Tangan
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: bundamimi.com

Jika Anda seorang perajin, ide bisnis sudah ada di depan mata. Baik itu membuat lilin, anyaman daun kelapa, bambu, atau tembikar, pengembangan dan pengadaan produk telah ada di tangan.

Tinggal bagaimana mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat, pengiriman, serta managemen inventaris. 

Kendala yang umum terjadi di Indonesia dimana ada banyak perajin adalah, produk kerajinan tangan sudah banyak dilakukan orang lain.

Namun ada banyak celah yang belum dimanfaatkan masyarakat Indonesia, terutama ketika masyarakat masih menjalankannya secara tradisional. 

Di era digital seperti sekarang ini, orang di seluruh dunia saling terkoneksi.

Manfaatkan hal ini dengan melakukan pemasaran secara online, bahkan bergabung dengan marketplace di dalam maupun luar negeri, jika memungkinkan. 

Jika dimulai dari usaha rumahan, pasarkan dengan menerapkan strategi yang baik. Buat website yang dengan indah bisa memajang hasil karya Anda di sana.

Desainlah website dan sosial media dengan estetik, lalu masukkan beberapa konten tutorial atau DIY untuk para follower Anda. 

Jangan pelit ilmu namun juga hindari menuang semuanya dalam satu wadah. Menjadi interaktif dengan pelanggan adalah salah satu kunci meraih kesuksesan di era digital ini.

Tidak ada bisnis paling lancar di dunia ini sebenarnya, karena selera konsumen akan selalu berubah. 

Tapi dengan mempertahankan kualitas dan melakukan maintenance yang baik terhadap layanan dan pemasaran, bisa membuatnya bertahan lama.

9.   Menjadi Konsultan Online
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: sasanadigital.com

Jika Anda memiliki keahlian tertentu dan tidak ingin membuka kelas secara virtual untuk banyak orang, coba saja layanan konsultasi online.

Saat ini ada banyak peluang untuk menjadi konsultan, mengikuti kebutuhan industri. 

Misalnya bidang bisnis, sosial media, digital marketing, keamanan cyber, hingga perdagangan internasional. Jasa konsultasi daring kini kian banyak ditawarkan oleh para praktisi dan profesional di bidangnya.

Tentu saja Anda harus memiliki skill dan pengalaman di bidang itu, sebelum menawarkan layanan konsultasi ini.

10.   Layanan Kurir Medis
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: investor.id

Teknologi yang semakin maju kian mengubah wajah industri, termasuk layanan pengiriman.

Jasa pengantaran untuk paket, makanan, hingga pindahan memang sudah banyak ditemui di Indonesia dan negara lainnya. 

Dilansir dari Global News Wire, 3 Juni 2021, layanan kurir medis secara global tumbuh dengan mantap sebagai efek pengiriman ekspres.

Jasa kirim on the same day juga mempengaruhi meningkatnya permintaan pasar akan hal ini. 

Dari sisi produsen dan distributor, layanan ini mampu memangkas biaya dibandingkan menggunakan sistem internal.

Saat ini, layanan kurir medis merupakan usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia. 

Memang sudah ada aplikasi kesehatan yang bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, tapi khusus untuk mengantar obat pada pasien.

Tapi menjadi pengantar barang-barang medis, seperti obat, spesimen, atau peralatan laboratorium di Indonesia, tentu sangat visioner. 

Terutama jika Anda memiliki kendaraan dan keterampilan manajemen waktu yang bisa diandalkan. Jika memiliki modal yang lebih, tidak ada salahnya membuat aplikasi atau website khusus jasa ini, 

Bekerja sama dengan laboratorium , klinik kesehatan, hingga rumah sakit untuk menawarkannya.

Layanan ini akan sangat berguna bagi lansia, anak-anak, maupun orang-orang yang tidak bisa lama mengantre atau datang ke fasilitas kesehatan.

11.   Jasa Perawat Lansia
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: mynurz.com

Berbeda dengan kebanyakan negara di Barat, masyarakat Indonesia masih menjaga tradisi untuk merawat orang tuanya saat mereka sudah renta.

Jika di luar negeri ada banyak fasilitas perawatan warga senior, di Indonesia justru membutuhkan layanan untuk mereka di rumah. 

Terutama jika anak-anak mereka ada di usia produktif dimana harus banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di luar rumah.

Jasa merawat lansia ini bisa dibilang cukup menjanjikan, mengingat hingga saat ini tingkat permintaannya cukup tinggi. 

Kebanyakan jasa perawat ditawarkan untuk bayi dan anak-anak, sedangkan khusus untuk warga senior, cukup sedikit.

Hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha, terutama jika Anda memiliki pengetahuan mengenai kesehatan atau perawatan.

12.   Penyewaan Drone
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: tekno.kompas.com

Kebutuhan pesawat tanpa awak untuk kebutuhan dokumentasi dan pengintaian kini kian tinggi.

Saat ini, drone merupakan peralatan fotografi yang semakin dibutuhkan hampir semua industri di dunia. Melansir dari Okezone, 27 Januari 2021, drone bisa dijadikan prospek bisnis yang ideal dan menguntungkan. 

Mulai dari perusahaan hingga pertanian, manfaat drone cukup banyak. Untuk dokumentasi, pemantauan, pengawasan keamanan, penyelamatan, hingga pengiriman barang.

Sayangnya, meski dari tahun ke tahun harganya terus menurun, namun angkanya masih terlihat cukup mahal bagi sebagian orang. 

Nah, di masa sekarang ini, bisnis penyewaan drone merupakan usaha yang tak pernah sepi. Pasalnya, alat ini kerap dimanfaatkan sebagai dokumentasi untuk berbagai acara. 

Pernikahan, pembuatan company profile, produksi iklan, hingga acara keluarga yang menginginkan dokumentasi yang lengkap dari banyak sisi. Peluang bisnis ini cukup menjanjikan dan belum banyak pemain di dalamnya.

13.    Jasa Servis Kendaraan on Call
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: cnnindonesia.com

Apa yang biasa dilakukan jika motor atau mobil Anda tiba-tiba mogok di pinggir jalan atau tengah malam?

Jika Anda merupakan pengguna harian kendaraan bermotor, situasi seperti ini seringkali datang tak terduga. Mencari bengkel dalam keadaan seperti ini jelas bukanlah solusi praktis dan mudah. 

Membuat ide usaha dimana tukang servis yang akan mendatangi pelanggan memang bukan suatu hal yang baru.

Namun jasa ini masih belum banyak yang menggarap. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai ide untuk memulai bisnis baru. 

Tentu memiliki keahlian dalam bidang otomotif adalah suatu keharusan. Jika memiliki modal lebih, Anda bisa merekrut beberapa teknisi dan memulai layanan servis kendaraan secara online maupun on call.

Tawarkan secara online dan buatlah website jika memungkinkan supaya pangsa pasar Anda semakin luas. 

Pelanggan pun bisa dengan mudah menemukan dan menghubungi Anda.

Menggunakan platform digital untuk melakukan promosi maupun mengunggah testimoni bisa meningkatkan kredibilitas Anda di mata calon pelanggan.

14.   Pengembang Aplikasi
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: jagatreview.com

Manusia masa kini tak bisa lepas dari smartphone. Semua kemudahan ada di dalam genggamannya dengan menggunakan aplikasi.

Ini adalah kesempatan besar bagi Anda, terutama yang memiliki keahlian di bidang tersebut, untuk menjadikannya ide usaha. 

Bisa dibilang, membuka jasa sebagai pengembang aplikasi adalah usaha yang dibutuhkan setiap hari, di masa kini. Sebab, kebutuhan industri, baik besar maupun kecil, akan adanya jasa ini semakin tinggi. 

Hal ini tentu didasarkan pada tingginya kebutuhan akan mengembangkan bisnis menjadi sebuah aplikasi yang mudah diakses masyarakat.

Jadi, jika Anda memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT, tidak ada salahnya memulai usaha sendiri sebagai mobile app developer.

15.   Memonetisasi Audiens
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: id.fmuser.net

Sebenarnya istilah ini kurang populer di Indonesia. Namun dengan menggunakan kata influencer atau pemengaruh di dunia maya, cukup familiar bukan? Nah, saat ini bukan rahasia lagi jika akun media bisa dimonetisasi. 

Melansir dari BBC, 5 Januari 2018, 3 milyar orang atau sekitar 40% dari seluruh populasi dunia menggunakan sosial media.

Mereka mengetweet atau membagikan foto di sana, dan berinteraksi atas unggahan seseorang. 

Hal ini membuktikan bahwa keinginan orang untuk bisa eksis di dunia maya cukup besar. Tak heran akun sosial media pun menjadi sasaran bagi para pengiklan untuk “menitipkan dagangannya” di sana. 

Jika Anda memiliki akun Instagram, Youtube, Twitter, atau Tiktok yang kini sedang hot, manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Ada banyak program monetisasi seperti postingan berbayar, pemasaran afiliasi, atau bahkan menjual produk secara fisik atau digital.

16.   Cyber Security Software
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: financesonline.com

Di dunia serba digital ini, sebagian besar orang memiliki akun di berbagai aplikasi serta sosial media.

Ada banyak keuntungan ikut serta dalam kecanggihan teknologi digital ini. Selain kemudahan dan kepraktisan, hal ini juga membantu Anda terkoneksi dengan seluruh dunia. 

Sayangnya kecanggihan dunia digital memunculkan celah, yaitu adanya cyber crime yang bukan hanya merugikan secara mental, namun juga finansial. 

Melansir dari Tribunnews, 20 November 2020, Menkumham menyatakan bahwa kerugian akibat serangan siber diperkirakan mencapai 6 triliun dolar pada 2021.

Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat jasa personal cyber security, terutama jika bidang keahlian cocok dengan hal ini. 

Ini merupakan usaha yang belum ada di Solo, maupun kota-kota selain Jakarta.

Bahkan, bisa dibilang jarang ditemui di Indonesia. Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin Anda menjadi pemain terdepan di bidang ini.

 

17.   Videografer
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: ekrut.com

Saat ini, kebutuhan akan sebuah video cukup tinggi. Bukan hanya foto, namun video untuk keperluan iklan, dokumentasi acara, paid promote, hingga konten di Youtube dan Tiktok.

Meningkatnya jumlah pemakai sosial media di seluruh dunia juga menaikkan kebutuhan akan seorang videografer. 

Meski banyak yang memanfaatkan smartphone atau webcam untuk membuat video konten, namun untuk kebutuhan yang lebih profesional, jasa pembuat video lah yang pasti dicari. 

Memang membutuhkan peralatan yang mumpuni supaya bisa menawarkan jasa ini, namun skill lebih diutamakan.

Jadi, jika Anda cukup mumpuni dalam membuat dan mengedit video, peluang bisnis ini jangan sampai dilewatkan.

18.   Perawat Taman
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing

Mungkin bisnis ini kurang populer di Indonesia. Namun, justru karena itulah ide ini cukup visioner.

Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dari usaha perawat tanaman. Anda bisa menawarkan jasa ini pada kantor, institusi, hingga rumah tangga. 

Selain pengetahuan di bidang perawatan tanaman, tentu dibutuhkan skill dan sense of art yang tinggi dalam bisnis ini.

Jika tertarik mencobanya, tidak ada salahnya mulai membuat portofolio secara online, agar calon pelanggan memiliki gambaran mengenai pekerjaan Anda. 

Rajin mengunggah foto dan video di website atau sosial media akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas akan jasa Anda.

19.   Food Truck
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: pinterest.com

Industri yang berhubungan dengan makanan bisa dibilang merupakan usaha yang jarang rugi.

Setiap orang membutuhkannya. Anda hanya harus dengan jeli melihat peluang dan mengetahui selera konsumen. 

Beberapa tahun terakhir foodtruck merupakan bisnis yang sedang populer. Ide berjualan di dalam truk dan berpindah tempat memang cukup bagus, mengingat gerai pop up bisa sangat fleksibel. 

Tantangannya adalah menentukan menu yang sekiranya akan disambut baik oleh masyarakat. Anda harus memikirkan dengan baik niche yang akan digunakan sebelum memulai usaha ini. 

Jika ingin berbeda, coba saja menjual makanan sehat, organik, atau penganan cepat saji Korea, jepang, atau Barat. Anak muda suka dengan hal-hal yang berbau kekinian.

20.   Jasa Voice Over dan Dubber
peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing
foto: charprod.co.id

Ketika makin banyak layanan streaming untuk film dan serial dari luar negeri dalam berbagai aplikasi, muncul peluang baru yang menjanjikan.

Viu, Disney Hotstar, dan aplikasi streaming serupa lain, memunculkan banyak profesi lain selain penerjemah. 

Jasa pengisi suara seperti Voice Over dan Dubber kini kian dibutuhkan industri. Bukan hanya untuk mengisi dan mengalihbahasakan film dan video saja, ternyata kebutuhan akan profesi ini cukup luas. 

Seperti pembuatan iklan TV, radio, pembuatan audiobook, layanan suara otomatis seperti bandara, mall, hingga saat mengantre di bank.

Termasuk juga podcast, yang kini kian digandrungi masyarakat. Semuanya membutuhkan modal suara dan keahlian dalam berperan dalam suara. 

Melansir dari Kumparan, 5 April 2020, usaha ini cukup menjanjikan dan tidak membutuhkan modal besar.

Jadi, jika Anda termasuk yang memiliki modal suara empuk untuk ditawarkan, jasa Voice Over dan dubber saat ini cukup menjanjikan.

Itulah daftar peluang usaha yang belum banyak pesaing di tahun 2021 ini.

Meskipun ide bisnis di atas cukup inovatif dan bahkan beberapa diantaranya sangat revolusioner, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. 

Membuat rencana bisnis, strategi pemasaran, serta pengelolaan yang baik bisa membantu bisnis Anda cepat berkembang.