20+ Peluang Usaha di Masa Pandemi, Pemula pun Bisa Mencoba!

20+ Peluang Usaha di Masa Pandemi, Pemula pun Bisa Mencoba! image

Sejak wabah Covid-19 melanda Tanah Air, banyak sektor terdampak termasuk bagi para pelaku bisnis. Menemukan peluang usaha di masa pandemi bukan pekerjaan yang mudah.

Bisnis yang biasanya berjalan normal sebelum wabah melanda, banyak yang mengalami penurunan secara signifikan bahkan beberapa di antaranya harus gulung tikar.

Kendati demikian ada beberapa sektor bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Bisnis apa saja?

Macam Usaha yang Bisa Dilakukan saat Pandemi

Tidak semua bisnis mengalami masa keterpurukan saat pandemi melanda seperti sekarang. 

Lantas bisnis apa saja yang memiliki prospek cerah saat masa pandemi? Berikut adalah peluang usaha menjanjikan di masa pandemi yang bisa Anda coba.

1.     Jualan Online
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: sirclo.com

Banyak bisnis yang telah beralih dari penjualan offline menjadi penjualan sistem online.

Bila Anda adalah pelaku bisnis yang produknya dapat bertahan selama masa pengiriman, maka tidak ada salahnya ikut membanting stir metode penjualan.

Produk yang bisa Anda jual secara online di antaranya pakaian, alat kecantikan, furniture, alat tulis, makanan, hingga tanaman.

Anda bisa memanfaatkan situs jual-beli online gratis, seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan sebagainya. Atau Anda juga bisa menggunakan sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Ada pula situs gratis seperti Blogspot dan Wordpress yang bisa Anda gunakan.

iklan-reseller

2.     Jual Masker
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: tirto.id

Masker merupakan produk yang paling banyak dicari para pembeli sejak pandemi melanda Tanah Air. Anda bisa memanfaatkan masker sebagai usaha menambah pemasukan di era yang serba sulit ini.

Ada dua jenis masker, yakni masker kain yang bisa dipakai berulang kali dan masker sekali pakai, baik itu medis maupun non medis.

Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak dengan harga murah di e-Commerce kemudian menjualnya kembali secara offline maupun online.

Namun sayangnya Anda pun harus siap dengan para pesaing yang sudah lebih dulu mengambil langkah dalam penjualan masker. Tidak masalah!

Untuk saat ini masker selalu dibutuhkan. Bisnis ini masih sangat menjanjikan. Bila Anda menekuninya, bisnis ini akan berkembang.

3.     Jasa Desain
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: rencanamu.id

Di era pandemi semakin banyak para pelaku bisnis tingkat mikro mulai memasarkan produk mereka secara digital.

Maka jangan heran apabila jasa desain pun kerap dicari untuk membantu mereka mendesain situs ataupun foto produk.

Anda yang memiliki kemampuan desain, manfaatkan peluang ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan di masa pandemi.

Harga umum di pasaran untuk satu kali desain logo berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 500 ribu. Lumayan, bukan?

Sedangkan untuk jasa desain website jelas lebih mahal karena menggunakan rumus IT yang rumit. Desain feed instagram pun kerap dicari, loh! Anda bisa mematok harga Rp 50 ribu per desain.

4.     Jasa Semprot Desinfektan
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: ayosemarang.com

Pandemi belum berakhir. Indonesia masih terus berupaya mencegah wabah ini terus menyebar, salah satunya adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan.

Jasa semprot desinfektan bisa Anda jadikan sebagai alternatif usaha yang menjanjikan saat pandemi.

Anda dapat memulainya dari skala kecil terlebih dulu dengan jasa penyemprotan desinfektan di rumah-rumah.

5.     Penulis Lepas
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: fastwork.id

Peluang bisnis di masa pandemi selanjutnya adalah sebagai penulis lepas. Bagi Anda yang suka dan gemar menulis, menulis bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Budaya belanja masyarakat perlahan mulai bergeser, dari yang membeli secara langsung menjadi metode online.

Karena lebih banyak pembeli yang berbelanja secara online, maka para pelaku bisnis pun berlomba-lomba memasarkan produk mereka secara online

Dari sini pula peluang penulis pun semakin besar.

Untuk menunjang branding atau memperkenalkan produk, pelaku bisnis kerap mencari jasa kepenulisan untuk membantu mendeskripsikan produk, membuat artikel edukasi dengan harapan calon pembeli mau mampir ke situs mereka.

Usaha ini tetap bisa Anda jalankan meski nanti pandemi telah berakhir. Terlebih inspirasi atau ide menulis bisa Anda dapatkan dari mana saja.

Bila Anda menekuni bidang ini, kesuksesan bisnis menulis sangat terbuka.

Apalagi ketika Anda telah memiliki branding dan pangsa pasar sendiri, tanpa Anda mencari calon pembeli, mereka yang akan mencari Anda dengan sendirinya.

6.     Jual Pulsa/Data
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: sepulsa.com

Peluang usaha menjanjikan saat pandemi selanjutnya adalah bisnis pulsa atau paket data internet. Jumlah pengguna internet terus mengalami peningkatan.

Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang mengeluarkan peraturan mengenai WFH dan belajar di rumah.

Selain itu, adanya PSBB membuat masyarakat memiliki gerak ruang yang terbatas.

Akhirnya mereka memilih menghabiskan waktu di rumah dengan menonton film, berbelanja, belajar, maupun bekerja dari rumah dengan menggunakan internet.

Kesimpulannya adalah semua orang membutuhkan pulsa dan internet sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu kebutuhan akan pulsa maupun paket data pun terus meningkat, maka bisnis ini dapat Anda manfaatkan sebagai usaha menjanjikan di masa pandemi.

Strategi yang bisa Anda coba terapkan adalah tidak perlu mematok harga yang terlalu mahal.

Lebih baik Anda mendapatkan sedikit keuntungan namun datang terus-menerus, daripada mendapat laba dengan nominal lebih besar namun jarang.

7.     Jual Makanan Beku
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: tirto.id

Meski layanan makan di tempat seperti restoran dan cafe merupakan bisnis yang paling berdampak kala pandemi seperti saat ini, namun bisnis kuliner merupakan salah satu yang sukses bertahan.

Ini karena semua orang membutuhkan makanan, baik pandemi maupun tidak.

Yang jelas, Anda harus jeli melihat pangsa pasar. Bila Anda adalah salah satu pelaku bisnis di bidang kuliner, Anda dapat mencoba menjual makanan beku atau frozen food.

Strategi bisnis ini dinilai ampuh menanggulangi sepinya pelanggan akibat dampak wabah corona.

Anda dapat menyimpan stok makanan beku ini dengan waktu yang lebih lama dibandingkan makanan siap saji.

Untuk semakin menarik minat pembeli, Anda bisa mencoba melayani pembelian secara online dengan jasa antar untuk jarak tertentu.

iklan-reseller

8.     Bisnis Catering Sehat
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: koinworks.com

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini memang lebih banyak karena bahan baku makanan sehat relatif lebih mahal. Namun saat pandemi seperti sekarang, makanan sehat jauh lebih diminati.

Anda perlu menyediakan berbagai macam menu. Buatlah promo sesekali untuk menarik minat pembeli.

Anda pun bisa bekerja sama dengan jasa layanan pengantar untuk mengantarkan pesanan pembeli.

9.     Jasa Ketik
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: fastwork.id

Bisnis di masa pandemi yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah bisnis jasa ketik.

Jasa ketik ini bisa berupa pengetikan ulang pada dokumen-dokumen perusahaan. Biasanya perusahaan mencari jasa mengetik ulang untuk merapikan isi dokumen.

Untuk biaya jasa ini tergantung kesepakatan dari dua belah pihak. Ada yang mematok harga per jam atau per hari, ada pula yang mematok harga per lembar dokumen.

Jasa ketik lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis di masa pandemi adalah jasa mengetik tugas kuliah.

Tugas ini termasuk jasa ketik untuk skripsi, tugas akhir, atau tugas resume lainnya. Untuk biaya pun bisa Anda tentukan sendiri.

10. Jasa Joki Game
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: harapanrakyat.com

e-Sport di Indonesia tengah mengalami masa puncak. Hal ini semakin banyak pula jumlah penggemar game online di Tanah Air.

Bahkan tak sedikit di antara mereka yang menggunakan jasa joki agar terlihat lebih bergengsi di banding player lainnya.

Anda pun bisa memanfaatkan jasa joki game online sebagai peluang bisnis saat pandemi. Jasa joki game merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah.

Dibutuhkan kemampuan di atas rata-rata. Anda pun akan membutuhkan party-an agar proses joki menjadi lebih mudah.

Penghasilan dari jasa joki game pun terbilang lumayan, loh! Sebagai contoh jasa joki game online Mobile Legend. Biaya joki ranked dihitung per bintang.

Misalnya dari tier Master menuju Grand Master membutuhkan 4 bintang setiap romawi. Untuk mencapai tier Grand Master dari Master 4 romawi.

Bila biaya per bintang Anda patok seharga Rp 2.000, maka untuk tier Master ke Grand Master ad

alah 4 bintang x Rp 2.000 x 4 (angka romawi) = Rp 32.000. Tier Master ke Grand Master masih tidak begitu sulit bila Anda melakukannya secara solo atau bermain sendiri.

Biaya jasa joki tersebut akan terus meningkat sesuai level tier. Per bintang tier Master Rp 2.000. Per bintang tier Grand Master Rp 3.000. Per bintang tier Epic Rp 4.000.

Per bintang tier Legend I hingga III umumnya Rp 5.000 – Rp 6.000. Untuk tier Mythic bisa mencapai Rp 10.000 per bintangnya.

Harga tersebut hanya sebagai gambaran. Untuk berapa besarnya biaya jasa, Anda bisa menentukannya sendiri sehingga hasil pemasukan pun dapat Anda maksimalkan.

11. Jual Pakaian
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: pasarsragenonline.com

Pakaian merupakan kebutuhan yang tidak dapat digantikan dengan barang apapun. Jadi potensi bisnis ini tetaplah menjanjikan sebagai usaha di masa pandemi.

Untuk mencegah kerumunan pembeli di toko, Anda bisa menjualnya secara daring atau online.

Manfaatkanlah media sosial dan situs penjualan online gratis untuk memasarkan produk Anda. Jangkauan pasar Anda akan semakin luas.

Selain itu bisnis pakaian secara online dinilai lebih praktis karena pembeli tak harus datang ke tempat Anda. Hanya melakukan transaksi secara online, pembeli tinggal menunggu barang diantar sampai di rumah.

Namun, pastikan bahwa Anda memberikan keterangan produk selengkap mungkin. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman mengenai ekspetasi pembeli.

Jelaskan secara rinci mengenai ukuran, bahan kain, model baju, dan sebagainya. Bila perlu Anda bisa menyertakan video produk

Jangan sampai karena Anda kurang detail memberikan deskripsi produk akan berdampak kekecewaan pembeli.

Ini dapat berakibat tidak baik untuk reputasi toko Anda, apalagi bila Anda menggunakan platform jual-beli online.

Bila reputasi toko Anda kurang baik, maka pembeli pun akan berbelok ke lapak yang memiliki reputasi lebih baik dibandingkan toko Anda. Jadi, bisnis pakaian secara online ini pun gampang-gamang susah, ya.

iklan-reseller

12. Jual Sembako
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: 99.co

Bisnis jual sembako pun bisa menjadi pilihan. Sembako merupakan kebutuhan pokok dan setiap orang membutuhkannya.

Orang-orang pun tengah berusaha agar kebutuhan pangan tercukupi demi menjaga kesehatan di tengah pandemi berlangsung.

Adapun jenis sembako yang bisa Anda jual antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, garam, teh, kopi. Sertakan juga keperluan sehari-hari, seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan sebagainya.

Anda pun bisa menambahkan produk persediaan makanan, seperti roti tawar, roti kering, frozen food atau makanan beku, kue kering, mie instan, minuman instan, susu, dan sebagainya.

Selain membuka toko di rumah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk memasarkan produk Anda.

Strategi penjualan melalui situs jual-beli online pun patut Anda coba untuk meningkatkan omzet. Anda juga bisa membuka jasa layanan antar untuk jarak tertentu.

13. Jual Handsanitizer
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: kompas.com

Handsanitazer seakan sudah menjadi kebutuhan dan wajib dimiliki. Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di masa pandemi.

Anda bisa membeli handsanitazer kemasan 1 liter atau 5 liter kemudian mengemasnya kembali menjadi menjadi kemasan yang lebih praktis. Misal Anda dapat menjualnya dengan kemasan 50 ml atau 100 ml.

Dari mana kemasan botol 50 ml dan 100 ml? Anda bisa mendapatkan kemasaran tersebut dengan mudah dan terjangkau dengan membelinya di e-Commerce.

14. Bimbingan Belajar Online
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: pintek.id

Bila biasanya Anda menerima peserta didik untuk datang ke rumah, maka saat pandemi seperti sekarang, Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk tetap bisa menghasilkan rupiah. Anda bisa membuka bimbingan belajar secara online.

Bila Anda khawatir mengenai persaingan yang ada, mengingat telah Anda ada bimbingan belajar berbasis online di Indonesia, maka Anda bisa membuka bimbingan online skala kecil terlebih dulu.

15. Jasa EO Online
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: kreasiukasah.co.id

Event Organizer pun tak ingin ketinggalan mengikuti pergeseran budaya masyarakat. Di tengah pandemi seperti sekarang, banyak even atau acara yang digelar secara online.

Meski secara daring, pergelaran tersebut harus membutuhkan persiapan yang matang, loh.

Karena tidak semua perusahaan atau orang mampu membuat even secara online, maka banyak pula yang menggunakan jasa EO online. Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis ini.

Untuk memulainya, Anda memerlukan tim yang bisa diajak bekerja sama. Carilah orang yang mau bekerja bersama, dan. Tidak perlu terlalu banyak orang.

Cukup 5 sampai 7 orang saja namun bersedia bekerja semua, dibanding banyak anggota namun sulit bahkan tidak mau bekerja sama.

Selain itu pilihlah partner kerja yang berkompeten. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam melakukan job desk setelah menerima pesanan pelanggan.

Bila Anda telah menggeluti bisnis ini sebelum pandemi berlangsung, Anda hanya perlu menggencarkan promosi melalui sosial media guna mengenalkan Jasa EO Online Anda.

Namun bila Anda merupakan pendatang baru, Anda perlu usaha double untuk memperkenalkan bisnis Anda. Lakukan promosi dengan gencar dan tawarkan promo menarik.

Anda bisa menerima jasa even berskala kecil terlebih dulu, seperti webminar sederhana dan ulang tahun.

16. Video Creator
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: tanyadigital.com

Video creator identik dengan Youtube. Ya, bisa jadi. Bila Anda adalah orang yang gemar membuat konten menarik, maka Anda bisa memanfaatkan platform Youtube sebagai penghasil rupiah di masa pandemi.

Buatlah konten yang menarik, menghibur, dan mengedukasi.

Bila video yang Anda buat mendapatkan jumlah viewers banyak, pundi rupiah pun akan mengalir dengan sendirinya.

Untuk menjadi video creator, Anda memerlukan kamera, mic, lighting bila perlu, dan piranti PC untuk editing.

Ketika telah berkembang, Anda akan memiliki tim sendiri untuk keperluan video Anda.

17. Bisnis Webinar
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: sasanadigital.com

Webinar atau seminar online memang tengah trend sejak pandemi melanda. Anda pun bisa menjadikan webinar sebagai bisnis yang menjanjikan saat pandemi.

Anda bisa membuat webinar berbayar dengan topik yang sedang dibutuhkan masyarakat saat ini, seperti topik kesehatan, bisnis, keuangan, motivasi, dan sebagainya.

Anda dapat menghadirkan pembicara ternama guna menarik minat calon audiens.

Bisnis webinar tentu membutuhkan modal yang lebih sedikit dibandingkan seminar yang digelar di sebuah ruangan.

Anda tidak perlu menyewa gedung, catering makanan, peralatan presentasi, dan sebagainya.

Cukup bermodalkan kamera, ruangan untuk pemateri dan moderator, dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk broadcast.

Webinar atau seminar online kian diminati karena peserta tidak harus datang langsung ke lokasi. Peserta dapat mengikuti jalannya seminar di mana saja mereka tengah berada saat itu.

Walau judulnya seminar, kerumunan masa tidak akan terjadi karena digelar secara online.

18. Jasa Pembuatan Website
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: jmc.co.id

Sejak pandemi melanda, banyak pula pelaku bisnis baru bermunculan. Mereka akan membutuhkan bantuan Anda untuk membuat situs atau website untuk memperlancar bisnis mereka.

iklan-reseller

19. Jasa Layanan Pengantaran
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: suara.com

Saat pandemi memang saat paling sulit, termasuk bagi para pelaku bisnis. Namun tahukah Anda bahwa selalu ada peluang yang bisa Anda manfaatkan?

Anda bisa memilih tren bisnis mana saja yang tengah booming untuk kemudian memodifikasinya dan memulai bisnis.

Salah satu bisnis yang mengalami perkembangan sangat pesat saat pandemi adalah jasa layanan pengantaran.

Hal ini  dikarenakan meningkatnya permintaan layanan pengantaran akibat bergesernya perilaku masyarakat, khususnya saat berbelanja.

Perilaku masyarakat yang umumnya menggunakan jasa layanan pengantaran antara lain mengirim barang, membeli makanan, hingga berbelanja.

Tidak ada salahnya bila Anda mencoba merintis bisnis jasa layanan pengantaran untuk usaha di masa pandemi.

Tidak harus langsung berskala besar, Anda bisa memulai jasa tersebut di sektor yang lebih kecil, yakni lingkungan sekitar.

20. Jual Tanaman Hias
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: tabloidbintang.com

Bila dahulu Anda mengoleksi tanaman hias untuk hobi semata, maka kegemaran tersebut bisa menjadi peluang bisnis di masa pandemi.

Pasalnya, tak sedikit orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Umumnya untuk mengurangi kebosanan, mereka akan mencari aktivitas ringan yang menyenangkan, seperti menamam tanaman hias.

Apalagi bagi yang gemar merawat tanaman hias, kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan.

Jangan khawatir, tanaman hias dapat Anda distribusikan melalui e-Commerce. Jenis tanaman hias yang banyak beredar di pasaran umumnya dapat bertahan selama masa perjalanan pengiriman sampai dengan satu minggu.

Jenis tanaman hias yang banyak dicari adalah sejenis paku-pakuan, kaktus, hingga bonsai.

Anda dapat mempromosikan produk di sosial media. Manfaatkan pula e-Commerce guna menjangkau pasar yang lebih luas.

21. Jasa Layanan Digital Marketing
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: okedigi.com

Menjadi admin dari sebuah akun sosial media pun bisa menghasilkan, loh! Pekerjaan ini seringkali disebut dengan layanan digital marketing.

Selain menjadi admin, layanan digital marketing bisa juga berupa pembuatan toko online, website, atau pengoptimalan produk melalui SEO (Search Engine Optimization).

22. Jual Produk Digital
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: invent.id

Produk digital memang tengah naik daun, khususnya di masa pandemi seperti sekarang.

Bagaimana tidak? Orang-orang lebih memilih menggunakan segala sesuatu yang serba praktis karena dinilai lebih efisien dari segi biaya dan tenaga.

Produk digital yang sering banyak dicari berupa audio, video, e-book, hingga berbagai jenis software.

Bila Anda memiliki keterampilan menulis cerita, baik novel, cerpen, atau puisi yang mampu memikat para pecinta literasi, maka manfaatkanlah kemampuan Anda untuk menghasilkan produk e-book.

Manfaatkan paltform gratis, seperti Wattpad, untuk memberi sampel cerita Anda.

Bila Anda gemar menyanyi atau bermain musik, Anda bisa membuat video musik atau audio mp3. Anda bisa memanfaatkan platform, seperti Spotify, Youtube, SoundCloude, Apple Music, dan sebagainya, untuk memasarkan produk Anda.

Penghasilan Anda melalui karya musik akan terbayar jika banyak penggemar musik mengapresiasi karya Anda dengan mendengarkan musik tersebut.

23. Bisnis Pelatihan Online
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: lifestyle.kompas.com

Sekali lagi, telah banyak kegiatan yang perlahan mulai bergeser. Yang awalnya normal dilakukan secara offline, kini menjadi kegiatan yang dilakukan secara online, salah satunya adalah pelatihan.

Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis ini sebagai usaha menjanjikan di masa pandemi.

Banyak perusahaan yang mencari jasa pelatihan online kala pandemi tengah berlangsung. Tentu saja pelatihan online menjadi pilihan yang paling bijak.

Dengan pelatihan yang dilakukan secara online, maka tidak akan membuat kerumuman, tidak ada interaksi secara langsung, dan penyebaran virus pun tidak terjadi.

Jenis pelatihan yang Anda berikan dapat berupa edukasi, manajemen, keuangan, hingga motivasi.

Caranya pun mudah. Anda hanya memerlukan sebuah situs kemudian buatlah e-book atau video singkat guna mengarahkan pengunjung untuk melihat video berbayar Anda.

Selain itu, pelatihan online dianggap lebih praktis, dari segi biaya, waktu, dan tempat. Perusahaan tidak perlu menyewa sebuah gedung atau ruangan.

Peserta pelatihan pun lebih fleksibel karena dapat mengikuti pelatihan di mana saja mereka tengah berada saat itu.

Kelebihan itulah yang membuat perusahaan banyak memilih pelatihan secara online. Anda dapat memanfaatkan jasa pelatihan online sebagai peluang usaha di masa pandemi.

24. Menjadi Dropshipper
peluang-usaha-di-masa-pandemi
foto: fissilmi-kaffah.com

Siapa bilang berbisnis harus memiliki modal terlebih dulu? Tidak harus, kok! Menjadi dropshipper merupakan pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis di masa pandemi dengan tanpa modal.

Anda cukup mempromosikan produk di sosial media atau platform lainnya.

Anda pun bebas menentukan harga sebagai laba. Ketika Anda mendapatkan pesanan, Anda hanya perlu meneruskannya kepada suplier untuk kemudian dikirimkan kepada pelanggan Anda.

Jangan khawatir, produk tersebut akan terkirim menggunakan nama Anda atau toko Anda. Menjadi dropshipper membuat Anda tidak perlu menyediakan barang atau menyediakan stok.

Hanya dengan meng-upload produk dan gencar promosi, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Namun Anda perlu mengetahui perkembangan pasar. Produk apa saja yang sedang trend di kalangan pembeli? Manfaatkan peluang tersebut dengan menjualnya secara dropship.

Anda hanya harus memiliki smartphone dan paket data untuk memulai serta menjalankan bisnis ini.

Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi

Selain 24 bisnis di atas, Anda dapat mencoba bisnis lainnya. Yang menjadi catatan adalah Anda harus mengetahui kemauan pasar serta peluang yang ada.

Setelah memutuskan ingin berbisnis apa, Anda harus fokus dan optimis. Persiapkan diri Anda untuk skenario terburuk. Siapkan pula plan lain untuk menanggulangi skenario terburuk tersebut.

Selanjutnya lakukan promosi secara rutin, berkala, dan gencarkan pada masa tertentu. Buatlah promo menarik pada suatu waktu, seperti HUT Kemerdekaan, menyambut hari raya, dan sebagainya.

Jangan cepat berpuas diri. Orang yang cepat berpuas diri biasanya tidak mau belajar dan terkesan meremehkan segala sesuatu. Ini akan menjadi bumerang, loh!

Teruslah belajar untuk berkembang. Bisnis kecil yang Anda mulai akan menjadi besar bila Anda tekun dan mau berkembang.

Risiko bisnis pun selalu ada. Entah mengalami kerugian, ditipu, hingga kejadian tak terduga seperti bencana alam maupun kecelakaan lain.

Ketika Anda dihadapkan pada situasi yang buruk, cobalah untuk mencari jalan keluar.

Bisnis apapun yang tengah Anda jalankan, Anda harus menekuni setiap proses untuk bisa sukses. Ingatlah bahwa di dunia ini tidak ada yang instan.

Sekecil apapun peluang usaha di masa pandemi, bisnis itu akan berkembang bila Anda mampu membaca pasar, tekun, dan menemukan celah untuk berkembang.

iklan-reseller