19 Peluang Usaha Modal 200 Ribu untuk Berbagai Kalangan yang Menguntungkan

19 Peluang Usaha Modal 200 Ribu untuk Berbagai Kalangan yang Menguntungkan image

Memulai bisnis sendiri memang kelihatannya tidak mudah. Banyak orang berpikir harus mempunyai modal besar atau jaringan luas.

Namun, tidak sedikit orang yang merintis usaha modal 200 ribu saja, dan bisa terus berkembang hingga besar.

Terpenting dari usaha ini berupa niat dan komitmen kuat untuk menjalankannya. Juga harus selalu optimis untuk menjalankan usaha tersebut, dan pantang menyerah.

Anda pasti penasaran apa saja usaha dengan modal 200 ribu bisa mendapatkan jaminan keuntungan yang besar.

Ide Bisnis Modal 200 Ribu untuk Ibu Rumah Tangga

Sekarang ini siapapun bisa memiliki usaha sendiri. Ibu rumah tangga bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk membuat sederhana.

Berikut peluang usaha yang bisa dilakukan oleh para ibu!

1.  Jadi Dropshipper atau Reseller
usaha-modal-200-ribu
foto: maucash.id

Berjualan di online shop menjadi pilihan yang sangat banyak dilakukan saat ini. Adanya teknologi yang semakin banyak dirasakan, semakin besar pula pasar yang terbentuk.

Siapapun juga bisa menjadi penjual dan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari berjualan online ini.

Untuk memulainya Anda bisa membuat toko online sendiri di berbagai marketplace.

Tidak perlu khawatir dengan stok barang. Anda bisa mendapatkan barang dari sistem dropshipper atau juga reseller.

Bedanya, untuk dropshipper Anda hanya memesankan barang ketika ada orderan masuk.

Sedangkan untuk reseller Anda sudah mendapatkan stok barang di rumah, dan menjualnya sesuai dengan stock tersebut.

Untuk dropshipper memang lebih murah biayanya, karena Anda hanya mencari produk ketika ada pesanan. Sedangkan untuk reseller, Anda harus punya stok barang terlebih dahulu dengan membelinya.

Namun, agar biaya yang dikeluarkan lebih kecil, Anda harus mencari supplier yang mau dibayar setelah barang terjual.

Dua sistem ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilihnya dengan memilih supplier yang lebih nyaman untuk diajak kerjasama.

2.  Usaha Catering untuk Bekal
usaha-modal-200-ribu
foto: bisnisukm.com

Usaha ini tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat bagi ibu rumah tangga. Dengan modal yang kecil, ibu bisa membuat berbagai macam menu makanan yang ditawarkan untuk berbagai kalangan.

Sasarannya mulai dari teman sekolah anak, tetangga yang bekerja di kantor, yang tidak memiliki banyak waktu memasak.

Dalam memasarkannya Anda bisa meminta bantuan anak-anak untuk menawarkan usahanya. Bisa juga melalui kontak di Whatsapp, atau sosial media lainnya.

Semakin banyak pesanan, maka modal yang terkumpul juga bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya.

Bukan tidak mungkin usaha ini akan menjadi semakin besar, dan bisa mendapatkan pesanan dengan jumlah yang lebih besar lagi.

3.  Usaha Jasa Pembuatan Hampers
usaha-modal-200-ribu
foto: news.detik.com

Keterampilan dalam membuat bingkisan, seperti parsel, bingkisan lamaran, atau perayaan lainnya, bisa menjadi modal besar untuk usaha, namun secara finansial tidak modal besar.

Karena biasanya pembuatan bingkisan dilakukan dengan metode pre order, sehingga Anda bisa meminimalisir pengeluaran.

Mulai dengan orang terdekat atau teman-teman Anda. Pastinya secara berangsur-angsur akan membuat usaha semakin berkembang.

4.  Jasa Les Privat
usaha-modal-200-ribu
foto: pintek.id

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mempunyai skill mengajar. Apalagi jika dulunya Anda lulusan universitas fakultas keguruan atau fakultas lainnya yang punya potensi mengajar.

Ditambah lagi kebutuhan mengajar sekarang besar, terutama di era pandemi.

Banyak sekali orang tua yang membutuhkan tenaga pengajar untuk anak-anak mereka. Kebanyakan orang tua pastinya ingin bekerja dengan tenang, dan anak-anaknya bisa belajar dengan baik di rumah.

Untuk kebutuhan jasa les ini mulai dari tingkat pendidikan dasar, SMP, hingga SMA.

5.  Usaha Gorengan
usaha-modal-200-ribu
foto: pergikuliner.com

Jajanan gorengan ini tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia.

Mungkin karena kebiasaan, gorengan selalu saja dicari untuk teman ngopi, ketika berkumpul-kumpul, atau untuk berbagai acara tertentu.

Membuat usaha gorengan ini sangat simpel dan mudah dilakukan. Anda bisa menyediakan meja untuk tempat memasak sekaligus tempat untuk menjual gorengan tersebut.

Dengan modal hanya 200 ribu saja, Anda bisa terus menambah keuntungan setiap harinya. Usaha ini juga pastinya sangat lumayan hasilnya untuk menambah pendapatan harian.

Apalagi jika Anda bisa menjalankannya lebih kreatif dengan membuat kemasan yang menarik, dan jenis-jenis gorengan yang variatif.

6.  Jasa Penjahitan
usaha-modal-200-ribu
foto: katadata.co.id

Memiliki skill menjahit? Buka jasa penjahitan sesuai dengan keahlian. Pastinya ada banyak orang yang membutuhkan.

Mulailah dengan mencoba membuat produk yang unik dan menarik, seperti memanfaatkan berbagai macam kain bekas untuk dijadikan souvenir atau produk lainnya yang unik.

Jika tidak memiliki mesin jahit, Anda bisa menyewanya terlebih dahulu.

Biaya sewa mesin jahit cukup murah, dan Anda bisa memanfaatkannya hanya ketika ada orderan yang masuk, sehingga biaya sewa bisa semakin murah.

Untuk mengawalinya, Anda bisa mempromosikan hasil jahitan di media sosial atau membuat berbagai produk souvenir yang unik.

Cobalah untuk menawarkannya ke teman-teman, tetangga, atau orang-orang terdekat lainnya.

7.  Jualan Minuman Jus atau Minuman Lain
usaha-modal-200-ribu
foto: health.detik.com

Menjual minuman menjadi salah satu usaha yang memiliki banyak keuntungan. Selain margin yang didapatkannya besar, juga banyak orang yang tertarik dengan minuman ini.

Apalagi jika Anda bisa membuat berbagai macam aneka minuman yang menarik.

Salah satu yang paling banyak diminati adalah jus. Meski kelihatannya sederhana, namun jus tidak banyak orang yang mau membuat sendiri.

Anda bisa membuka lapak di depan rumah, kemudian tawarkan ke tetangga, teman-teman, dan orang-orang terdekat lainnya.

8.  Usaha Membuat Es Krim Ala Rumahan
usaha-modal-200-ribu
foto: liputan6.com

Sebenarnya membuat es krim rumahan sangat simpel dan banyak disukai.

Banyak resep yang disediakan di internet, Anda bisa memilih mana saja yang memang menarik. Anda juga harus kreatif untuk membuat kemasan yang digunakan.

Kelebihan dari es krim ini bisa dititipkan ke berbagai tempat. Seperti kantin sekolah, kantin kantor, dan berbagai tempat lainnya yang memiliki freezer.

Semakin banyak tempat yang dititipkan, tentunya semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Ide Bisnis Modal 200 Ribu untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa juga bisa menjalankan bisnis di tengah-tengah masa kuliah. Keuntungan dari usaha ini tentunya bisa membantu biaya kuliah dan memenuhi kebutuhan lainnya saat kuliah.

Beberapa pilihan ide bisnis untuk mahasiswa ini tentunya tidak akan mengganggu kegiatan yang dilakukan. Nah, apa saja ide bisnis untuk mahasiswa ini?

1.  Jadi Agen Penjual Pulsa
usaha-modal-200-ribu
foto: 123pulsa.com

Pulsa dan berbagai turunannya seperti paket data, voucher game, dan lain sebagainya menjadi produk yang sangat dibutuhkan banyak orang.

Kebutuhan ini semakin besar mengingat dunia digital yang terus berkembang dan seakan menjadi kebutuhan pokok masa kini.

Untuk memulai usaha ini tidak perlu dengan modal yang besar terlebih dahulu. Cukup dengan modal 200 ribu saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan menggiurkan.

Setiap penjual bisa mendapatkan profit yang lumayan, mulai dari 5% hingga 20%. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan suplier atau agen yang murah, dan juga ada banyak sekali promo yang bisa dimanfaatkan.

Anda juga bisa menyasar orang-orang yang punya hobi game online. Pasar ini sangat besar, dan semakin banyak yang membutuhkan voucher game.

2.  Jadi Content Writer
usaha-modal-200-ribu
foto: id.techinasia.com

Banyak mahasiswa yang pastinya punya skil menulis yang baik.

Peluang besar ada di hadapan Anda untuk menjadi seorang content writer. Karena banyak sekali kebutuhan di dunia digital untuk mengisi website atau berbagai kebutuhan lainnya.

Banyak bidang kepenulisan yang bisa diisi, mulai dari artikel website, blog, skenario, berita, dan lain sebagainya.

Untuk mengawalinya Anda bisa membuat portofolio diri terlebih dahulu, kemudian menawarkan kepada berbagai pihak yang membutuhkan.

Penawaran tersebut bisa dari teman, diposting di media sosial, mengirimkan email ke perusahaan, dan berbagai cara lainnya.

Usaha ini hanya membutuhkan skil menulis, dan juga kuota internet pastinya. Sedangkan untuk laptop atau PC biasanya setiap mahasiswa sudah memilikinya.

3.  Membuat Kelas Online Sesuai Bidang Keahlian
usaha-modal-200-ribu
foto: sevima.com

Selain skil tertentu, seorang mahasiswa pastinya dituntut memiliki publik speaking yang baik. Dua skil tersebut bisa Anda jadikan sebagai lahan usaha yang menguntungkan.

Sekarang ini sudah menjadi trend banyak orang belajar melalui internet, sehingga peluang usaha tersebut bisa Anda coba.

Buatlah forum diskusi di berbagai media, seperti website pribadi, blog, atau juga media sosial yang bisa digunakan secara gratis.

Pastinya akan banyak orang yang tertarik dengan kelas online ini, terutama ketika Anda bisa menjaringnya dari berbagai komunitas.

4.  Jadi Youtuber
usaha-modal-200-ribu
foto: finoo.id

Sebagai seorang mahasiswa pastinya memiliki banyak keahlian di bidang teknologi. Jika pun belum menguasai, Anda bisa sedikit belajar dan langsung mempraktikkannya.

Beberapa skil yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtuber seperti publik speaking, editing, dan penulisan.

Apalagi sekarang ini aplikasi editing di dalam smartphone sudah sangat canggih dan gratis. Tanpa keahlian khusus, atau bahkan orang awam pun bisa menggunakannya dengan mudah.

Anda cukup mengeditnya sedikit kemudian menguploadnya langsung di akun YouTube.

Banyak materi atau konten yang bisa Anda masukkan dalam video YouTube tersebut. Anda bisa memulainya dari hal yang paling dekat, dan sesuaikan dengan hobi.

Sehingga Anda akan terus bisa mengembangkan video lebih banyak lagi.

5.  Jual Kaos Komunitas
usaha-modal-200-ribu
foto: tokopedia.com

Setiap mahasiswa selalu mempunyai jaringan pertemanan yang sangat luas.

Berbagai macam komunitas seperti aktivis kampus, komunitas hobi, teman jurusan, dan lain sebagainya menjadi modal salah satu aset yang bisa dimanfaatkan.

Anda bisa menjadi seorang promotor untuk pembuatan kaos komunitas. Mulailah dengan membuat desain-desain kaos yang unik sesuai dengan karakter dari komunitas tersebut.

Tawarkan pada teman-teman Anda, dan pastinya akan banyak yang tertarik dengan ide tersebut.

Jika pembuatan kaos komunitas ini sukses, pastinya kedepannya akan terus dilakukan.

Selain itu, Anda bisa mengembangkan modal tersebut, dan menjadikannya sebagai bisnis yang lebih besar lagi.

Untuk mengawalinya Anda tidak membutuhkan modal besar.

Karena semua proses pembuatan tersebut bisa dilakukan dengan pre order, dan Anda bisa menghemat biaya produksi dengan adanya pre order tersebut.

6.  Ikut Afiliasi Marketing
usaha-modal-200-ribu
foto: markbro.com

Bisnis ini biasa dikatakan mempunyai budget yang sedikit, atau bahkan nol Rupiah. Anda hanya membutuhkan afiliasi dari marketplace tertentu dan menawarkannya ke berbagai orang melalui internet.

Bisnis ini bahkan bisa menjadi pasif income yang mendatangkan keuntungan secara terus menerus tanpa disadari.

Anda hanya butuh jaringan internet untuk ikut afiliasi marketing tersebut. Meski pasif income, Anda akan semakin banyak mendapatkan penghasilan ketika lebih aktif.

Bisnis ini tentunya sangat cocok bagi para mahasiswa atau pelajar yang paham dengan teknologi digital.

7.  Jual Foto di Internet
usaha-modal-200-ribu
foto: kerjalepas.com

Banyak hobi yang pastinya digeluti oleh para mahasiswa, terutama untuk fotografi. Anda bisa melakukan hunting foto bersama komunitas dan kemudian menjual hasil foto tersebut di internet.

Ada banyak situs yang menyediakan tempat menjual hasil foto.

Atau Anda juga bisa menjualnya secara pribadi melalui media sosial sendiri. Cantumkan keterangan sebagai bentuk penawaran kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Penjualan foto ini sangat menguntungkan dan Anda tidak perlu harus membeli gadget yang mahal. Dengan hanya menggunakan kamera ponsel, Anda sudah bisa mendapatkan foto yang menarik.

Bagi para fotografer pastinya sudah mengetahui bagaimana untuk mendapatkan hasil foto yang unik, menarik, dan berkualitas.

8.  Jadi Blogger
usaha-modal-200-ribu
foto: yudhaps.home.blog

Menjadi seorang blogger juga masih sangat menguntungkan. Bahkan sekarang ini blogger memiliki persyaratan untuk mendapatkan penghasilannya lebih mudah dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Tidak perlu harus mengejar trafik, Anda cukup rajin membuat artikel, cerita, atau apapun yang Anda sukai. Selain itu, pastikan bahwa apa yang Anda masukkan dalam blog tersebut memang sesuatu yang menarik.

Dengan begitu akan ada banyak pengunjung yang datang dan bisa mendatangkan penghasilan.

Ide Bisnis Modal 200 Ribu untuk Pekerja Kantoran

Ada kalanya seorang pekerja kantoran masih membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, setiap pekerja kantoran juga mendambakan usaha yang bisa dilakukan secara mandiri.

Nah, apa saja ide bisnis untuk pekerja kantoran dengan modal yang hanya 200 ribu?

1.  Jasa Pengetikan
usaha-modal-200-ribu
foto: economy.okezone.com

Sebagai seorang pekerja kantor pastinya ada banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal. Salah satunya Anda bisa mengisi waktu luang dengan jasa pengetikan.

Usaha ini tentunya akan sangat mudah dilakukan, apalagi jika Anda punya skil mengetik yang cepat.

Sasaran untuk jasa pengetikan ini sangat luas, mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan berbagai profesi lainnya.

Biasanya untuk jasa pengetikan setiap lembar harganya berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Jika hanya mengetikkan materi yang sudah ada pastinya lebih murah dibandingkan dengan pembuatan tulisan yang lebih rumit.

2.  Jual Produk Software
usaha-modal-200-ribu
foto: dwmai.com

Keahlian dalam bidang pembuatan software tidak hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Banyak sekali orang yang bekerja di kantor yang tidak sesuai dengan keahlian.

Nah, bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang dan punya keahlian di bidang pembuatan software tidak ada salahnya untuk membuat software dan menjualnya.

Banyak cara yang bisa Anda gunakan dan tidak harus membuat aplikasi dari mulai nol. Anda bisa mendapatkan template aplikasi, kemudian mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan.

Pasar software sangatlah besar, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari bisnis ini.

3.  Menjadi Seorang Freelancer
usaha-modal-200-ribu
foto: nesabamedia.com

Freelancer menjadi salah satu pekerjaan yang tidak pasti. Karena setiap penghasilan hanya diperoleh ketika mendapatkan proyek tertentu.

Namun, hal inilah yang cocok untuk para pekerja kantor. Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk menjadi seorang freelancer.

Freelancer ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan ski Anda. Mulai dari skil menulis, editing video, fotografi, desain, pembuatan software, programing, dan lain sebagainya.

Tentunya masih banyak ide bisnis yang bisa dilakukan untuk berbagai kalangan. Usaha modal 200 ribu tetap bisa mendapatkan potensi keuntungan yang lumayan.

Apalagi jika Anda bisa mengembangkannya, dan pantang menyerah, pastinya akan membawa Anda kepada penghasilan yang semakin besar.