18 Ide Kerja Sampingan Online Dari Rumah Tanpa Modal Besar

18 Ide Kerja Sampingan Online Dari Rumah Tanpa Modal Besar image

Era digital memberi kemudahan dalam berbagai hal. Salah satunya yaitu memberi kesempatan luas untuk bisa melakukan kerja sampingan.

Saat ini siapapun bisa melakukan kerja sampingan online dari rumah saja tanpa perlu modal yang banyak.

Kerja sampingan merupakan solusi tepat untuk menambah penghasilan. Bahkan banyak yang meninggalkan pekerjaan utama karena kerja sampingannya lebih menjanjikan.

Banyak ide kerja sampingan secara online yang ada.

Bukan hanya untuk karyawan saja, tetapi juga bagi pelajar dan mahasiswa. Ada kerja sampingan yang membutuhkan skill tertentu, ada juga yang menjual produk.

Tidak perlu bingung memilih kerja sampingan yang cocok. Ada banyak ide kerja sampingan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa ide kerja sampingan secara online yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Dropshipper
kerja-sampingan-online
foto: fissilmi-kaffah.com

Menjadi seorang dropshipper menjadi pilihan kerja sampingan yang menjanjikan.

Anda bisa mencari toko online yang membuka dropship. Cara mencarinya cukup mudah, yaitu dengan melihat di beberapa e-commerce atau media sosial.

Lebih baik menjual produk yang paling dibutuhkan oleh pasar. Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah riset. Cari tahu produk yang memiliki banyak peminat.

Beberapa pilihan produk yang akan laku keras seperti pakaian anak, kosmetik, atau aksesoris wanita. Selain itu, benda-benda custom juga memiliki banyak peminat.

Cara pemasarannya juga praktis yaitu melalui media sosial. Bahkan Anda bisa membangun toko online sendiri dengan alamat pengiriman sesuai dengan tangan pertama.

iklan-reseller

2. Desainer Grafis
kerja-sampingan-online
foto: idntimes.com

Apakah Anda memiliki keahlian di bidang desain? Maka menjadi desainer grafis freelance merupakan kerja sampingan yang tepat.

Saat ini jasa seorang desainer grafis semakin dibutuhkan. Terutama bagi industri yang membutuhkan sentuhan visual untuk logo atau brand masing-masing.

Desainer grafis bisa menjadi kerja sampingan dari rumah yang prospeknya bagus.

Apalagi saat ini banyak situs-situs freelancer seperti Sribulancer, Upwork, dan lain-lain. Pastikan untuk memanfaatkan situs tersebut sebaik mungkin.

Jika Anda berniat mendalami pekerjaan sebagai desainer grafis, persiapkan portofolio dan resume yang tepat.

Bergabunglah juga dengan forum-forum freelancer yang ada di facebook, instagram, dan media sosial lainnya.

3. Translator
kerja-sampingan-online
foto: jobskarir.id

Translator bisa menjadi opsi kerja sampingan untuk mahasiswa.

Apalagi jika Anda merupakan mahasiswa Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris. Terlepas dari jurusan, kemampuan menerjemahkan tetap yang paling utama.

Menjadi penerjemah mungkin akan membutuhkan banyak waktu.

Anda juga dituntut untuk mengetahui berbagai istilah untuk medis, hukum, syariah, dan lain-lain. Tapi jika sudah terbiasa, kemampuan Anda akan semakin meningkat.

Banyak mahasiswa dari berbagai jurusan yang akan membutuhkan penerjemah.

Jadi ini bisa menjadi peluang yang bagus. Anda bisa memasarkannya melalui forum-forum online jurusan, atau menempel iklan di mading kampus.

Jika kemampuan menerjemahkan telah semakin meningkat, Anda bisa mulai menerjemahkan teks lain.

Misalnya novel atau buku berbahasa Inggris. Selain bisa menghasilkan uang, kemampuan Bahasa Inggris Anda juga semakin meningkat.

4. Content Creator
kerja-sampingan-online
foto: tanyadigital.com

Ide kerja sampingan paling diminati berikutnya adalah menjadi seorang content creator. Semakin banyak kaum milenial yang memilih profesi pembuat konten.

Selain bisa memberikan penghasilan, Anda juga berpeluang memiliki banyak penggemar.

Konten yang Anda buat bisa seperti animasi, pembahasan tentang buku, review film, dan masih banyak lagi. Intinya konten yang bukan plagiasi.

Pilih topik yang paling Anda sukai supaya bisa konsisten dalam menciptakan konten.

Tapi jangan berunsur negatif atau kontroversi. Meski mengundang banyak viewers, alangkah baiknya untuk menjadi pembuat konten yang berkualitas.

5. Freelance Writer
kerja-sampingan-online
foto: blog.danabijak.com

Kerja sampingan freelance writer juga menjadi peluang besar untuk mendapat banyak penghasilan. Keterampilan yang Anda butuhkan adalah menulis dan mampu bekerja sesuai deadline.

Saat ini banyak forum atau situs yang menyediakan lowongan untuk para writer. Bahkan media atau perusahaan besar juga memberi kesempatan untuk pelamar yang ingin menjadi penulis lepas.

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk melamar sebagai penulis lepas.

Salah satunya adalah menyiapkan resume dan portofolio tulisan. Tuliskan sejumlah kemampuan seperti menulis, komunikasi, serta bekerja sesuai deadline.

Penghasilan seorang penulis lepas bervariasi, tergantung dari banyaknya tulisan yang Anda kerjakan.

Biasanya tiap industri juga memberi harga yang berbeda. Pastikan untuk memilih yang tepat.

Selain bisa menjadi part-time writer, Anda juga berpeluang menjadi penulis full-time tetapi secara remote. Jadi kesempatan Anda untuk mengembangkan karir penulis lepas sebenarnya luas.

iklan-reseller

6. Novelis
kerja-sampingan-online
foto: bidikmasadepan.com

Novel menjadi salah satu karya sastra yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Jika dulu novel hanya bisa dibaca dalam bentuk buku, saat ini sudah banyak beredar novel online.

Adanya novel online membuka peluang bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis.

Jika karya Anda diminati, tidak mustahil juga bisa dibukukan oleh penerbit ternama.

Jika ingin menjadi seorang novelis, pastikan Anda mempersiapkan segala hal dengan baik. Misalnya ide, alur, penokohan, serta berbagai unsur intrinsik dalam novel.

Tapi yang paling penting adalah genre, sebab bagian ini akan menentukan banyaknya pembaca karya sastra Anda.

Ada banyak genre fiksi menarik yang bisa Anda pilih. Bisa romantis, misteri, horor, islami, sejarah, komedi, atau fiksi sains.

7. Cerpenis
kerja-sampingan-online
foto: kompasiana.com

Selain menjadi novelis, kerja sampingan untuk anak sastra berikutnya adalah menjadi seorang cerpenis. Jika Anda suka membaca koran minggu, pasti ada beberapa nama cerpenis yang tidak asing.

Menjadi cerpenis bisa menjadi ide kerja part-time yang tepat. Sebab penghasilannya juga lumayan besar.

Satu kali tulisan Anda terbit, honornya bisa dari Rp50 ribu sampai jutaan. Tergantung media yang memuatnya.

Jika ingin menjadi cerpenis, baca dulu genre tulisan yang disukai oleh editor media yang akan Anda kirim tulisan. Caranya dengan rajin membaca cerpen-cerpen yang dimuat.

Selain rajin membaca, Anda juga harus rajin menulis. Faktanya menentukan tema cerita dan membuat ending yang berkualitas memang tidak semudah membalik telapak tangan.

8. Kursus Online
kerja-sampingan-online
foto: mainmain.id

Di zaman yang serba online, kursus juga bisa dilakukan secara daring. Buktinya banyak kursus online yang sukses menarik perhatian para peserta.

Jika Anda memiliki keahlian mengajar berbagai bidang, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang ini.

Beberapa mata pelajaran yang paling sering diminati antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Musik.

Untuk promosinya, Anda bisa melakukan secara online melalui media sosial dan memasang iklan di Google. Semua hal akan dilakukan secara online, jadi Anda tidak perlu pergi kemana-mana.

9. Blogger
kerja-sampingan-online
foto: jetorbit.com

Kerja sampingan online terpercaya berikutnya adalah menjadi blogger. Sudah banyak yang membuktikannya sendiri dan berhasil menjadi jutawan.

Anda tidak perlu pergi kemana-mana. Hanya bekerja dari rumah saja di depan laptop dan pundi pundi rupiah akan mengalir ke rekening.

Tapi banyak proses yang harus Anda lewati. Misalnya dari membangun website, menulis setiap hari, promosi, serta melakukan berbagai upaya.

Kunci menjadi seorang blogger sukses adalah tidak mudah menyerah. Sekali saja lengah, maka website Anda tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Jika sudah yakin untuk menjadi blogger, maka Anda harus mulai memilih niche.

Pilih topik untuk blog sesuai minat agar tidak bosan jika harus menulis setiap hari. Tapi pastikan niche yang Anda pilih juga memiliki banyak peminat.

Beberapa rekomendasi niche yang bagus antara lain tentang SEO, kosmetik, kesehatan, kuliner, pendidikan, serta bisnis.

10. Game Developer
kerja-sampingan-online
foto: binus.ac.id

Menjadi game developer juga merupakan pilihan kerja sampingan terbaik. Pasti menyenangkan bisa menciptakan permainan yang nantinya akan digunakan oleh banyak orang.

Beberapa persiapan yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang antara lain mengikuti komunitas game developer, membuat perencanaan game, berusaha keras, dan pantang menyerah.

Anda bisa mengembangkan karir sebagai perancang game dengan berlatih secara bertahap. Apalagi gaji yang akan diperoleh juga sebanding dengan usaha Anda.

Jadi jika Anda memiliki keterampilan membuat game, tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

11. Jual Kerajinan Tangan
kerja-sampingan-online
foto: surabaya.liputan6.com

Seiring dengan berkembangnya teknologi, apapun bisa dipasarkan secara online. Termasuk kerajinan tangan.

Membuat kerajinan tangan bisa menjadi ide usaha sampingan dari rumah saja.

Bisa kerajinan dari barang bekas, atau benda-benda lain untuk peralatan sehari-hari. Semakin unik kerajinan tangan yang Anda buat, produk akan semakin diminati banyak orang.

Pemasarannya juga terjangkau. Anda bisa melakukan promosi dari media sosial, membuka toko online, dan memberitahukan kepada tetangga.

Bahkan kerajinan tangan juga bisa Anda tawarkan di toko oleh-oleh sekitar rumah.

12. Jasa Pembuatan Website
kerja-sampingan-online
foto: interogasi.com

Kerja sampingan online lewat laptop adalah membuka jasa pembuatan website. Saat ini semakin banyak yang memerlukan website untuk berbagai kebutuhan.

Berbagai industri, instansi, dan berbagai kantor mulai membuat website untuk menunjukkan eksistensi masing-masing.

Selain itu jumlah para blogger pemula juga semakin banyak. Sehingga peluang website Anda laku juga semakin besar.

Sebelumnya pelajari dulu tentang hal-hal yang berhubungan dengan website.

Termasuk domain, hosting, SSL, dan lain-lain. Bila perlu Anda bisa bertanya atau konsultasi pada ahlinya terlebih dahulu.

iklan-reseller

13. Jasa Pembuatan CV
kerja-sampingan-online
foto: edukasi.kompas.com

Kerja sampingan jasa pembuatan CV juga semakin banyak diincar. Saat ini banyak yang tidak mau ribet membuat CV sendiri tetapi ingin tetap memiliki resume yang berkelas.

Biasanya mereka lebih suka membeli CV daripada menghabiskan waktu untuk mengedit sendiri.

Hal ini bisa menjadi peluang yang besar bagi Anda. Pelajarilah beberapa hal dalam pembuatan CV, mulai dari bagian-bagian serta desainnya.

Elemen-elemen penting yang perlu Anda masukkan dalam CV antara lain informasi pribadi, pengalaman kerja, kualifikasi, serta pendidikan.

Jika Anda telah menguasai cara pembuatan CV, mulailah untuk melakukan promosi secara online. Bisa  di forum-forum freelance, jualan jasa, atau membuat toko sendiri di e-commerce.

14. Selebgram atau Vlogger
kerja-sampingan-online
foto: tandaseru.id

Kerja sampingan yang diminati milenial adalah menjadi seorang vlogger. Selain menghasilkan banyak uang, Anda juga dikenal banyak orang.

Untuk menjadi selebgram, Anda harus memiliki keunikan yang bisa ditawarkan. Baik itu skill menyanyi, humor, atau hal-hal lain yang disukai banyak orang.

Baik menjadi selebgram atau vlogger, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Selain komunikasi, rasa percaya diri juga menjadi kualifikasi yang penting.

Sumber penghasilan yang akan Anda peroleh bisa dari endorsement atau kanal YouTube yang Anda bangun.

Intinya semakin banyak follower, maka peluang menghasilkan uang juga semakin besar.

15. Jual Buku Bekas
kerja-sampingan-online
foto: blog.tempoinstitute.com

Apakah Anda memiliki banyak buku bacaan yang kondisinya masih bagus? Buku-buku seperti novel, pendidikan, filsafat, agama, hukum, sejarah, atau lainnya.

Daripada menumpuk di rumah dan tidak terpakai, Anda bisa menjualnya saja dengan harga miring. Saat ini banyak pecinta buku yang lebih suka membeli buku bekas dengan harga terjangkau.

Pemasarannya bisa melalui forum jual beli barang bekas, e-commerce, atau forum lainnya. Semakin rajin mempromosikan barang, maka peluang dibeli juga semakin besar.

16. Jasa Editing Video
kerja-sampingan-online
foto: balqismu.com

Kerja sampingan online prospek gemilang berikutnya adalah jasa editing video. Jika Anda pandai mengedit video, peluangnya akan sangat bagus.

Banyak industri yang akan membutuhkan jasa Anda. Baik dari industri kecil, menengah, atau besar. Semakin baik keahlian editing Anda, maka semakin besar penghasilan Anda.

Selain dicari industri, jasa edit video juga paling dicari saat momen-momen penting. Contohnya prewedding, wedding, acara ulang tahun, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi.

17. Jual Pulsa Online
kerja-sampingan-online
foto: bealittleweird.com

Jualan pulsa bisa menjadi kerja sampingan lewat HP yang mudah. Pemasarannya juga praktis, yaitu lewat aplikasi jual pulsa atau forum online.

Anda bisa membeli pulsa secara online dengan harga yang murah. Kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

Jualan pulsa juga cocok menjadi ide bisnis sampingan bagi pelajar atau mahasiswa.

18. Jasa Pengetikan
kerja-sampingan-online
foto: ayobisnis.web.id

Kerja sampingan online mengetik juga tak kalah diminati. Faktanya masih banyak diluar sana yang membutuhkan jasa pengetikan. Baik dari kalangan siswa sekolah atau mahasiswa.

Banyaknya tugas-tugas sekolah dan kampus membuat anak-anak yang belum memiliki laptop menyewa jasa pengetikan.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik untuk mendapatkan penghasilan tinggi.

Mengenai pemasaran juga secara online. Bergabunglah dengan grup jual beli, forum anak sekolah, mahasiswa, dan pekerja freelance.

Selain mendapatkan proyek dari pelajar atau mahasiswa, pasti banyak dari kalangan lain yang membutuhkan jasa pengetikan.

Orang bijak mengatakan bahwa Anda harus mencintai pekerjaan. Jadi pastikan untuk mencari pekerjaan yang membuat Anda merasa nyaman dan bersemangat.

Jika Anda merasa pekerjaan sekarang sudah cukup membuat tidak nyaman dan stress, mulailah untuk melakukan pekerjaan lain. Misalnya dengan bekerja secara online dari rumah saja.

Banyak yang telah beralih menjadi freelancer, sehingga tidak ada beban yang terlalu besar.

Semakin telaten melakukan pekerjaan, maka kemampuan Anda akan semakin besar. Sehingga penghasilan yang Anda peroleh juga tinggi.

Beberapa hal yang perlu Anda terapkan untuk bekerja online dari rumah antara lain berkomitmen, membuat jadwal, serta tidak menunda-nunda.

Jika bisa memanfaatkan kemudahan digital dengan baik, Anda bisa memiliki peluang sukses usaha yang besar.

Pilihlah kerja sampingan online sesuai dengan minat dan bakat Anda. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dengan tenang, nyaman, dan penuh komitmen. Semoga bermanfaat.

iklan-reseller