13 Ide Jualan Online Menjanjikan untuk Menambah Penghasilan

13 Ide Jualan Online Menjanjikan untuk Menambah Penghasilan image

Di masa pandemi, minat masyarakat terhadap belanja online semakin meningkat. Ini membuat bisnis online kini makin menggiurkan dan menjanjikan.

Jangan khawatir jika Anda baru mau memulai berjualan online dan bingung ide jualan online apa saja yang menarik. Simak pembahasannya berikut ini.

Serba-Serbi Berjualan Online
ide-jualan-online
foto: cermati.com

Berjualan online adalah kegiatan jual beli barang atau jasa dengan bantuan internet.

Transaksi jual-beli online kini banyak diminati karena memudahkan akses berbelanja tanpa dibatasi tempat dan waktu. 

Apalagi dengan banyaknya diskon dan promo, peminat belanja online semakin bertambah. Peminatnya pun dari berbagai kalangan.

Meskipun terlihat lebih mudah, berjualan online hampir sama dengan berjualan langsung di toko. Anda harus tetap menerapkan manajemen dan strategi yang baik dalam berniaga.

Tak jarang pebisnis online mendapat omset besar dan menjadi kaya raya, namun tak jarang juga yang gagal dan merugi.

Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis online dan belum yakin, Anda tidak perlu ragu.

Banyak kelebihan berbisnis online yang bisa Anda dapatkan. Jualan online juga sangat memudahkan bagi yang baru ingin memulai usaha.

Kelebihan bisnis online yang pertama adalah tidak bergantung dengan tempat dan toko fisik. Anda tidak perlu repot-repot mencari lokasi berjualan dan tidak perlu membayar sewa tempat. 

Tentunya ini akan sangat membantu mengurangi budget dalam membuka bisnis.

Selain itu dengan tidak bergantung lokasi, target pasar Anda akan lebih luas karena siapa saja dan dari mana saja dapat membeli.

Lalu, kelebihan beralih ke usaha online adalah usaha Anda buka 24 jam. Pada toko fisik, Anda perlu mencari orang untuk menjaga toko dan bisnis Anda hanya tersedia di jam tertentu. 

Sedangkan pada bisnis online, terutama yang memanfaatkan marketplace, sambil tidur pun Anda bisa mendapat pelanggan.

Banyak orang yang memesan online di malam hari setelah pulang kerja atau sebelum tidur. 

Cara Berjualan Online

Untuk dapat berjualan online, pertama Anda harus menentukan dulu produk yang akan Anda jajakan. Ini adalah langkah paling berat karena ada banyak hal yang harus Anda jadikan pertimbangan.

Tips bagaimana memilih barang dagangan dan ide jualan online akan kita bahas setelah ini.

Jika Anda sedang menentukan akan berjualan apa, Anda juga perlu memilih metode untuk berjualan. Apakah Anda ingin menggunakan sosial media atau menggunakan marketplace?

Apakah Anda ingin sedia barang sendiri, dropship, atau reseller? Pertimbangkan juga modal dan kemampuan Anda dalam memilih.

1. Memilih Metode Berjualan
  • Stok Barang Sendiri

Apabila Anda ingin menyediakan stok barang sendiri, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan modal yang cukup besar. Pastikan mencari barang dengan harga jual – beli yang bisa menguntungkan. 

Anda bisa membeli barang secara grosir atau langsung menghubungi produsen agar mendapat harga yang lebih murah.

Pastikan juga produk yang Anda stok memiliki masa kadaluarsa yang masih jauh.

Produk-produk makanan tertentu masa kadaluarsanya sangat cepat sehingga jika jualan Anda tidak cepat laku malah bisa terjadi kerugian.

Untuk makanan dengan kadaluarsa cepat, Anda bisa mengatasinya dengan membuka pre-order sehingga makanan baru akan dibuat dan dikirim setelah mencapai pembelian tertentu. 

Strategi ini banyak digunakan misalnya untuk berjualan kue kering cookies dan beberapa makanan lainnya.

  • Dropship dan Reseller
ide-jualan-online
foto: fissilmi-kaffah.com

Reseller dan dropship adalah metode berjualan ramah pemula dan cukup banyak peminatnya. Meskipun istilahnya terdengar mirip, keduanya memiliki perbedaan.

Pada reseller, Anda harus membeli terlebih dahulu produk dari supplier yang kemudian bisa Anda jual lagi.

Sedangkan dropship, Anda cukup menjadi perantara menjualkan produk saja tanpa membeli.

Metode reseller dan dropship menguntungkan karena Anda tidak perlu repot-repot mencari stok produk setiap saat.

Biasanya pada kedua metode ini, Anda akan berhubungan langsung dengan produsen atau supplier.

Pada reseller, karena Anda harus membeli produk lebih dahulu dalam jumlah tertentu, kekurangannya adalah Anda harus memiliki modal terlebih dahulu. 

Tetapi setelah itu, Anda bebas menjual dengan harga berapa sehingga Anda bisa menentukan margin keuntungan sendiri. Biasanya reseller mendapat potongan harga khusus dari supplier.

Kelebihan lainnya, karena barang sudah di tangan Anda, Anda bisa menghitung sisa stok dan memperkirakan kapan barang sampai di pelanggan.

Sedangkan pada metode dropship, kelebihannya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan modal. Anda cukup menghubungi supplier saat ada pesanan dan supplier yang akan mengirim barangnya. 

Kekurangannya, Anda tidak bisa tahu pasti sisa stok produk dan kapan barang akan sampai. Ini agak menyulitkan apabila pelanggan menjadi kesal karena barang tak kunjung dikirim oleh supplier.


2. Memilih Tempat Berjualan

Sekarang ini, pilihan platform untuk berjualan sangat banyak. Anda bisa menggunakan sosial media seperti Whatsapp, Line, Instagram, Twitter, dan Facebook untuk berjualan. 

Anda juga bisa menggunakan jasa perusahaan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Bisa juga dengan membuka situs jualan Anda sendiri.

Tentunya masing-masing opsi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Tak jarang juga bisnis online menggunakan banyak platform sekaligus untuk semakin memaksimalkan penjualan. 

Misalnya promosi di Instagram, punya toko di Shopee, dan juga punya situs katalog jualan sendiri.

  • Berjualan di Media Sosial
ide-jualan-online
foto: blog.dnetprovider.id

Jika Anda menggunakan media sosial, kelebihannya Anda bisa sekalian melakukan pemasaran dengan akun Anda. 

Anda bisa menampilkan katalog sekaligus promosi dengan strategi tertentu yang dapat menonjolkan ciri khas produk Anda. Biasanya, menggunakan media sosial lebih menonjolkan aspek visual.

Misalnya, Anda berjualan sepatu vintage di Instagram. Feed atau laman Instagram Anda bisa berisi katalog sepatu-sepatu yang Anda jual dengan foto-foto model yang bergaya vintage.

Bisa juga Anda tambahkan sedikit infografis dan konten-konten Instagram seputar gaya fashion tersebut.

Kekurangannya, proses transaksi menggunakan media sosial memakan lebih banyak waktu.

Orang yang ingin berbelanja harus lebih dahulu menghubungi melalui komen atau direct message, memutuskan transaksi, lalu membayar dan mengirim bukti transfer. 

Anda harus menyediakan customer service yang sering stand by kalau-kalau ada chat masuk.

  • Berjualan di Marketplace

Apabila ingin berjualan di marketplace, pilihan yang tersedia juga banyak. Ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, Blibli, dan lain sebagainya. Cara penggunaannya juga kurang lebih serupa.

Keuntungan bila berjualan di marketplace, adalah proses transaksi yang jauh lebih mudah.

Orang yang ingin berbelanja tinggal memasukkan produk ke keranjang dan membayar melalui pembayaran yang sudah ditentukan. 

Transaksi juga pengecekannya secara otomatis, jadi jika pembayaran sudah masuk akan terdapat pemberitahuan.

Selain itu, di marketplace pembeli juga bisa memantau progres pesanan mereka. Apakah sudah proses pengemasan, pengiriman, atau terdapat kendala. 

Jika produk gagal terkirim, pesanan juga otomatis batal dan uang pembeli kembali. Ini menyebabkan sebagian pembeli lebih percaya dengan marketplace.

Kelebihan lainnya yaitu banyaknya diskon dan promo potongan ongkos kirim.

Ini menyebabkan belanja online di marketplace lebih banyak peminat, terutama bagi yang daerahnya jauh dan membutuhkan ongkos kirim besar.

Kekurangannya, jika berjualan di marketplace ruang untuk pemasaran lebih sedikit. Anda hanya bergantung kepada tampilan dan deskripsi produk Anda untuk menonjolkan jualan Anda. 

Pembeli baru akan menemukan produk Anda bila menelusuri jenis produk di kolom pencarian.

Dan produk Anda akan berjajar dengan produk-produk toko lain yang serupa sehingga persaingannya makin ketat.

Tips Memilih Barang Jualan

Untuk memilih produk untuk Anda jual, Anda sebaiknya mempertimbangkan banyak hal. Karena, salah langkah dalam memilih jualan bisa menyebabkan barang Anda sepi peminat dan tidak laku.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan di antaranya permintaan, harga, dan nilai keunikan barang dagangan Anda.

1. Permintaan dan Kebutuhan Masyarakat

Hal yang utama dalam memilih dagangan adalah memastikan ada atau tidaknya kebutuhan masyarakat terhadap barang tersebut.

Jangan sampai Anda menjual barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan orang-orang.

Anda bisa mulai dengan memikirkan masalah apa yang banyak terdapat di masyarakat dan produk apa yang bisa menjadi solusi. Pastikan jualan Anda mampu memecahkan masalah spesifik di masyarakat.

Misalnya masalah tingginya kasus coronavirus, maka barang-barang terkait kesehatan bisa mengatasinya.

Anda dapat berjualan benda terkait protokol kesehatan seperti hand sanitizer, masker, dan face shield ataupun suplemen dan vitamin untuk membuat badan fit.

Pikirkan juga apakah barang yang Anda jual banyak peminatnya atau tidak. Serta apakah sudah banyak yang menjual barang tersebut?

Apabila suatu produk banyak peminat tapi sudah tercukupi jumlah persediaan dan permintaannya, Anda bisa beralih ke produk lain.

Karena persaingan akan jadi lebih berat dan sulit untuk menonjolkan keunggulan Anda pada produk yang demikian.

2. Harga yang Kompetitif

Dalam bisnis online, pembeli lebih mudah mengecek dan membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya. Sehingga, harga yang kompetitif menjadi faktor utama dalam menggaet pembeli.

Ketika memilih barang dagangan, pastikan Anda bisa mendapatkan harga dan kualitas yang bagus.

Pilihlah supplier yang bisa memberikan Anda kualitas cukup bagus dengan harga sebaik-baiknya. Karena biasanya pembeli belanja online sangat peduli dengan harga dan cenderung mencari harga termurah.

Anda juga harus pintar-pintar memutuskan harga jual. Apabila terlalu mahal, bisa-bisa sepi pembeli.

Namun apabila terlalu murah margin keuntungan yang Anda dapat bisa sangat sedikit dan merugi.

3. Nilai Lebih dan Keunikan Barang

Selanjutnya, Anda juga harus mencari barang dengan keunikan dan nilai lebih.

Apa yang membuat orang harus membeli jualan Anda daripada barang di toko sebelah? Carilah jawaban atas pertanyaan ini.

Nilai lebih dan keunikan inilah yang harus Anda tonjolkan di gambar dan deskripsi produk.

Jangan pernah malas mengisi deskripsi produk. Foto yang berkualitas dan deskripsi yang lengkap bisa jadi pemutus apakah seseorang jadi berbelanja atau tidak.

Contoh kelebihan yang bisa Anda tonjolkan di deskripsi dan foto, misalnya apabila Anda menjual masker kain dengan aneka motif.

Anda bisa sebutkan keunggulan masker tersebut terdiri dari berapa lapis, motifnya lucu dan sesuai fashion, bahannya tebal, mudah dipakai bagi yang berhijab, dan sebagainya.

4. Target Pasar

Lalu, Anda perlu memperhatikan target pasar dari barang jualan Anda.

Siapa yang umumnya membutuhkan dan membeli barang tersebut? Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran dengan target pelanggan Anda. 

Misalnya jika target Anda pelajar, kemungkinan besar akan sangat peduli dengan harga dan lebih mengutamakan barang yang murah meriah.

5. Mudah Disimpan dan Dikirim

Utamakan juga barang yang dapat Anda simpan. Seperti telah kita bahas sebelumnya, pilihlah barang yang masa berlakunya lama. Apabila cepat expire, gunakan metode pre order.

Kemudahan pengiriman juga berpengaruh. Tentunya, orang akan berpikir berulang kali untuk membeli barang yang pengirimannya susah beserta ongkos kirimnya besar.

Ide Jualan Online

Sebenarnya, ide jualan online untuk pemula tidak terbatas. Anda dapat sekreatif mungkin memilih barang jualan.

Namun, kita akan membahas beberapa contoh dagangan yang sukses di bisnis online sebagai gambaran untuk Anda.


1. Kosmetik dan Kebutuhan Kecantikan

ide-jualan-online
foto: jawapos.com

Kebutuhan masyarakat akan kosmetik dan kebutuhan kecantikan atau skin care akan selalu tinggi. Apalagi dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan perawatan diri.

Produk-produk yang laris misalnya seperti make up, masker, toner, berbagai jenis perawatan rambut, obat penghilang jerawat, perawatan wajah dan tubuh dari bahan-bahan alami.

Jika ingin berdagang kosmetik dan skin care Anda perlu memperhatikan trend dan line up produk terbaru. Karena, minat masyarakat terhadap produk ini sangat bergantung dengan trend yang sedang berlaku.

Selain itu, usahakan juga menyediakan produk yang bervariasi.

Semakin lengkap dan variatif barang-barang yang Anda sediakan di gerai online Anda niscaya akan makin laris juga. Apalagi jika Anda mampu memberi harga yang lebih menarik dari toko lainnya.


2. Alat Elektronik

ide-jualan-online
foto: droidif.com

Barang yang selalu tinggi peminat lainnya adalah alat elektronik, terutama ponsel dan aksesorisnya.

Di masa sekarang di mana segala hal membutuhkan internet untuk komunikasi, penggunaan handphone sudah menjadi hal lumrah dan kebutuhan semua orang.

Sama seperti kosmetik, produk ini juga sangat tergantung dengan trend. Anda harus update dengan rilisnya ponsel-ponsel terbaru. Harga ponsel juga cukup cepat turun mengikuti pergerakan trend.

Sedangkan untuk alat elektronik lain seperti laptop, televisi, dan lainnya pergerakan harganya masih lebih stabil.

Meskipun profit yang bisa Anda dapatkan besar, penjualan benda-benda elektronik tidak akan secepat jenis produk lain.

Sebab, elektronik termasuk barang mahal dan masyarakat lebih banyak pertimbangan sebelum membeli. Jika ingin yang lebih rendah resiko Anda bisa menjual aksesori ponsel dan komputer.

Aksesori ponsel yang cukup laris misalnya seperti misalnya charger, headset, speaker, dan casing handphone.

Baterai laptop, flashdisk, charger laptop, dan smartwatch juga demikian. Jika ingin berinovasi, Anda dapat juga menjual charger dengan panel surya dan gantungan kunci yang dilengkapi alat pencari.


3. Pakaian dan Aksesoris Fashion

ide-jualan-online
foto: bp-guide.id

Pakaian juga termasuk yang selalu ada pembeli. Tetapi, produk ini agak sulit kita masuki pasarnya karena sudah sangat banyak yang berjualan pakaian.

Anda harus jago berinovasi dan menyesuaikan dengan trend agar pakaian yang Anda jual bisa lebih menonjol dibandingkan toko-toko online lainnya.

Busana yang cukup laris saat ini adalah pakaian muslim. Baju muslim dan fashion syar’i banyak peminatnya di masyarakat. Terutama pakaian muslim wanita.

Tinggal bagaimana Anda memilih model pakaian yang unik dan kreatif saja. Baju muslim yang laris seperti gamis, hijab, dan tunik.

Anda juga dapat berjualan pakaian atau aksesoris fashion yang lain selama Anda dapat menjadikan produk Anda unik dan memiliki ciri tersendiri.

Misalnya seperti brand Package from Venus yang menjual tas selempang dengan ciri khas motif pattern kartun dan palet warna pastel kekinian.


4. Tanaman dan Perlengkapan Bercocok Tanam

ide-jualan-online
foto: sentul.city

Di masa pandemi ini, hobi bercocok tanam juga meningkat di masyarakat. Sehingga segala macam kebutuhan tentang tanaman menjadi cukup laris.

Khususnya bagi tanaman hias indoor dan outdoor. Produk-produk yang bisa Anda jual mulai dari pot, pupuk, bibit, hingga alat penyiram tanaman.

Akan tetapi, menjual keperluan bercocok tanam memerlukan perhatian lebih. Khususnya pada pengiriman bibit. Packing dan pengantaran harus berhati-hati jangan sampai bibit tanaman tersebut malah mati di jalan.


5. Perlengkapan Bayi

ide-jualan-online
foto: malkelapagading.com

Penjualan perlengkapan bayi adalah salah satu yang cukup stabil.

Biasanya toko-toko online punya stok produk yang bervariasi sehingga ibu-ibu lebih senang berbelanja perlengkapan bayi dan anak secara online.

Ketika menjual perlengkapan bayi Anda juga tidak akan tertekan tingginya pressure untuk mengikuti trend.

Anda cukup menyediakan barang-barang yang variatif dan solutif bagi kebutuhan ibu dan anak.

Barang-barang perlengkapan bayi yang bisa Anda jual misalnya car seat bayi, kasur bayi, tas bayi multifungsi, bantal ibu menyusui, gendongan dan mainan bayi. Anda juga dapat menjual susu dan vitamin untuk ibu dan anak.


6. Perlengkapan Hewan Peliharaan


ide-jualan-online
foto: serpongku.com

Ide selanjutnya adalah perlengkapan hewan peliharaan.

Saat pandemi juga semakin banyak yang memelihara hewan peliharaan seperti kucing, anjing, atau burung. Sehingga kebutuhan akan perlengkapannya pun meningkat.

Biasanya, orang akan cenderung memilih belanja online kelengkapan hewan jika harganya lebih kompetitif. Sebab, makanan hewan sendiri cukup mudah dicari di toko-toko fisik belakangan ini.

Jadi jika menjual perlengkapan hewan, Anda harus mencari supplier yang bisa memberi harga lebih murah.

Perlengkapan hewan peliharaan yang dapat Anda jual seperti makanan hewan, tempat makan dan minum, kandang, kalung, mainan hewan, serta obat-obatan misalnya obat kutu dan jamur.


7. Barang-Barang Kebutuhan Rumah Tangga

ide-jualan-online
foto: kompas.com

Barang-barang keperluan rumah tangga maksudnya seperti perabotan dan keperluan dapur. Meskipun tidak meningkat drastis, tapi keperluan ini cukup stabil penjualannya.

Bisa mulai dari keperluan yang kecil-kecil misalnya spatula, alat makan, wajan, dan pisau dapur; hingga yang besar-besar seperti oven dan blender.

Jika memilih berjualan ini, opsi barang dagangan yang bisa Anda pilih sangat luas dan beraneka macam.

Dapat pula menjual peralatan-peralatan dapur yang inovatif dan unik.

Misalnya alat pemotong sayuran, pencacah bawang, blender portable, pompa galon elektrik, dan lain sebagainya.


8. Suplemen dan Kebutuhan Medis

ide-jualan-online
foto: popbela.com

Ini juga jualan yang cukup laris selama masa pandemi. Setiap bepergian setiap orang wajib memakai masker dan membawa hand sanitizer sehingga kebutuhan akan dua hal itu pasti tinggi.

Masyarakat juga dianjurkan mengganti masker setiap beberapa jam sekali untuk menghindari corona.

Meskipun laris, yang berjualan kebutuhan medis juga banyak. Anda bisa membuat barang-barang Anda lebih unik agar nilai jualnya lebih tinggi.

Contohnya jika berjualan masker kain, Anda bisa membuat dengan motif-motif menggemaskan sehingga digemari remaja dan para wanita.

Selain masker, face mask, serta hand sanitizer Anda juga bisa berjualan suplemen dan vitamin. Kesadaran masyarakat akan pentingnya suplemen dan vitamin semakin tinggi sejak pandemi.

Kebutuhannya pun meningkat. Anda juga dapat menjual makanan-makanan tradisional yang menyehatkan seperti misalnya jamu atau jahe bubuk.


9. Kebutuhan Olahraga

ide-jualan-online
foto: productnation.co

Kebutuhan olahraga pun merupakan salah satu dagangan yang cukup laris. Produk kebutuhan olahraga beraneka macam dan Anda bisa memilih beberapa cabang olahraga untuk Anda jual perlengkapannya.

Kebutuhan olahraga tidak sebatas alat olahraga saja tapi juga mencakup pakaian dan sepatu olahraga.

Salah satu yang cukup ngetrend di masa pandemi adalah olahraga bersepeda. Untuk menjual sepeda secara online mungkin akan memerlukan perhatian ekstra.

Karena ukurannya besar dan akan memakan ongkos kirim lebih. Selain itu, sepeda juga termasuk barang cukup mahal.

Alternatifnya, Anda bisa menjual perlengkapan bersepeda. Misalnya helm, pelindung siku dan lutut, serta pakaian bersepeda.


10. Mainan dan Benda-Benda Hobi

ide-jualan-online
foto: youtube.com

Untuk mainan dan benda-benda terkait hobi, target pasarnya sangat luas. Variasinya juga banyak. Mulai dari yang terkait anime, terkait superhero western, K-Pop, dan lain sebagainya.

Berjualan pernak-pernik hobi dapat pula menjadi kegiatan menyenangkan jika menyesuaikan dengan hobi dan fandom Anda.

Prospek berjualan mainan dan perlengkapan bisa menjadi besar jika mendapat target pembeli yang tepat.

Contohnya berjualan gundam dan action figure. Atau berjualan lightstick dan picture card boyband Kpop.

Jenis produk ini juga bisa Anda padukan sekreatif mungkin.

Selain menjual mainan dan barang-barang official, Anda bisa berjualan merchandise yang Anda hias custom dengan ilustrasi fandom seperti stiker, baju, tempat minum, casing ponsel, dan lain-lain.


11. Kebutuhan Perlindungan Diri dan Keamanan

ide-jualan-online
foto: metro.tempo.co

Kebutuhan perlindungan dan keamanan misalnya alarm maling, CCTV, dan alat pertahanan diri seperti semprotan merica.

Meskipun lebih banyak kegiatan dari rumah, di masa pandemi ini tingkat kejahatan juga cukup meningkat sehingga masyarakat memerlukan perlindungan diri.

Jika berjualan keperluan-keperluan ini Anda harus terlebih dahulu memastikan keamanan dan legalitasnya di hukum daerah setempat.


12. Barang-Barang Eco-Friendly


ide-jualan-online
foto: environmentteam.com

Kampanye peduli pemanasan global pun membuat perlengkapan eco-friendly cukup tinggi peminat.

Umumnya barang-barang eco-friendly ini pembelinya adalah remaja dan anak muda yang melek informasi.

Barang-barang yang dapat Anda jual macam-macam. Mulai dari sedotan stainless steel, tumbler dan tempat makan, kantong plastik mudah terdekomposisi, hingga pembalut kain dan menstrual cup.


13. Makanan dan Minuman

ide-jualan-online
foto: klikdokter.com

Makanan dan minuman adalah produk yang paling umum Anda temukan di mana saja baik secara online maupun offline.

Variasinya juga sangat banyak sehingga Anda lebih mudah memilih produk mana yang kemungkinan prospek untuk Anda jual.

Jika Anda tinggal jauh dari ibukota, ide jualan online makanan yang bisa Anda terapkan seperti menjajakan merk makanan dan minuman kemasan yang belum beredar di daerah Anda.

Sehingga jika masyarakat di kota Anda dan sekitarnya ingin mencari produk tersebut, bisa membeli di toko online Anda.

Selain itu, Anda dapat berjualan makanan vegetarian.

Sekarang ini banyak yang menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan vegetarian. Produknya juga belum begitu bervariasi di supermarket dan toko-toko offline. 

Jika ingin berjualan makanan vegetarian, Anda bisa sekalian berjualan makanan-makanan sehat lainnya dan berbagai suplemen.

Anda dapat pula berjualan makanan-makanan frozen food. Apalagi dengan banyaknya masyarakat yang bekerja dari rumah, banyak pula yang mencari makanan-makanan yang mudah dimasak.

Bila berjualan makanan dan minuman, Anda harus memperhatikan pengemasan dan tanggal kadaluarsa.

Nyatakan dengan jelas informasi-informasi tersebut di deskripsi agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli. Gunakan metode pre order untuk makanan basah dan mudah basi.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang panduan memulai bisnis online dan berbagai ide jualan online yang bisa Anda ikuti.

Anda bisa pilih yang mana yang Anda sukai sehingga berjualan pun tidak terasa beban. 

Tentunya sebelum berjualan online Anda harus membuat rencana matang terlebih dahulu agar usaha online Anda berjalan baik.