15 Rekomendasi Tempat Makan Legendaris di Jakarta Barat yang Masih Eksis

15 Rekomendasi Tempat Makan Legendaris di Jakarta Barat yang Masih Eksis image

Era media sosial mengubah preferensi seseorang tentang tempat makan di Jakarta Barat dan dimanapun.

Ketika keluar rumah untuk makan, anak muda akan tampil maksimal dengan OOTD (outfit of the day). Setelah sampai di tempat makan yang instagramable, mulailah beraksi dengan kameranya.

Tapi, untuk urusan rasa tetap menjadi prioritas utama. Tua dan muda tetap akan kembali datang ke tempat makan enak terdekat yang memenuhi unsur rasa, tampilan, dan harga. Faktor instagramable bukan lagi penentu utama.

Daftar Tempat untuk Sarapan Enak di Jakarta Barat

Kali ini, rekomendasi tempat makan di Jakarta Barat dimulai dari saat sarapan. Sudah siap?

1. Nasi Uduk dan Lontong Sayur Ibu Mona.
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: youtube.com

Lokasi di depan Nineteenth Avenue, Jalan Komp. Graha Indah Green Ville Blok Au No. 17, RT.07/ RW. 14, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Warung ini buka mulai jam 06.00-09.00.

Menu sarapannya sangat menggugah selera, antara lain mie goreng, bihun, ayam goreng, tempe orek, lontong sayur, semur telur, kentang, tahu, dan nasi uduk. Harga mulai Rp 10.000 dengan kerupuk yang bisa Anda ambil sepuasnya.

Walaupun sekelas kaki lima, tetapi rasanya mantap betul. Anda bisa memilih lauk sesuai selera. Tips untuk makan di sini, sebaiknya datang agak pagi agar lauk masih komplit.

2. Nasi Gandul Bu Endang (Porsi Besar).
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: anakjajan.com

Lokasinya di Jalan Pesanggrahan No. 13, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Ini sebenarnya tidak hanya untuk sarapan, tetapi untuk kapanpun. Karena jam bukanya panjang, yaitu mulai jam 08.00-23.00.

Jika Anda kangen dengan rasa khas nasi Gandul yang kaya rempah dengan daging yang empuk, tempat makan di Jakarta Barat yang satu ini patut dicoba.

Lauk tambahan yang bisa Anda nikmati, antara lain perkedel, telur asin, telur puyuh, dan telur ayam goreng.

3. Bubur Ayam Spesial Bang Jaya.
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Tidak afdol memang kalau di Jakarta tapi tidak coba sarapan enak di Jakarta Barat. Jika Anda penyuka bubur ayam porsi mantap dan rasanya lezat, warung ini wajib Anda datangi.

Lauk pelengkapnya komplit, mulai sate jeroan, sate telur puyuh, aneka gorengan, dan tentu saja kerupuk.

Harga yang dibanderol pun ramah di kantong, yaitu mulai Rp 16.000. Anda bisa datang langsung ke Jalan Kembang Selatan Nomor 2, Kembangan, Jakarta Barat. Jam bukanya mulai jam 07.00-11.30. Kemudian sore buka lagi di jam 16.00-23.30.

4. Ketupat Sayur Engkong (Rasa Premium)
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Anda pecinta ketupat sayur dengan kuah medok? Ketupat sayur Engkong juaranya. Anda bisa datang ke Jalan Kembangan Kencana A2/21, Jakarta Barat. Jam bukanya antara jam 06.00-16.00.

Anda bisa menikmati ketupat sayur dengan kuah medok dan topping komplit, seperti telur, tahu semur, daging rendang, kentang, dan kerupuk. Seporsi ketupat sayur ini Rp 42.000. 

Dengan harga segitu, Anda akan dimanjakan dengan rasa rempah yang khas dan tempat yang luas, bersih, dan ber-AC. Yang patut diapresiasi, semua karyawannya mematuhi protokol kesehatan.

5. Nasi Tim Pasar Pagi “Ayauw”
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: tripadvisor.com

Jika Anda di sekitar Glodok, carilah rekomendasi tempat makan terdekat. Salah satunya Nasi Tim Pasar Pagi Ayauw yang wajib Anda coba untuk sarapan.

Lokasinya ada di Pasar Pagi Lama, Pasar Jaya Pagi Lt. 2, Jalan Pasar Pagi, RT. 01/ RW. 02, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat.

Yang istimewa dari nasi tim ini adalah tingkat kelembekan nasinya pas (tidak terlalu lembek), serta ayam dan otak-otaknya enak sekali.

Harganya antara Rp 30.000- Rp 35.000 per porsi. Walaupun lokasinya di dalam pasar, tetapi bersih dan ada ruangan AC atau non-AC.

Daftar Tempat Berburu Makanan Legendaris Jakarta Barat yang Masih Eksis

Makanan legendaris Jakarta Barat berikut ini masuk kategori tempat makan yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan kolega. Jika ada tamu dari luar kota atau Luar Negeri, bisa Anda ajak ke salah satu daftar di bawah ini.

6. Saung Rawa Lele
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Dari namanya saja pasti sudah bisa ditebak kalau ini adalah warung Sunda, tepatnya resto Sunda yang bisa menampung tamu sampai 2.000 lebih.

Tidak hanya untuk makan-makan, resto ini juga cocok untuk rapat, arisan, pernikahan, dan sebagainya.

Alamatnya ada di Jalan Peta Barat (Samping Pasar Modern Rawa Lele), Kalideres, Jakarta Barat. Jam bukanya mulai jam 10.00-22.00. Menunya sangat beragam, mulai harga Rp 50.000- Rp 100.000.

Jika Anda ingin mengajak tamu spesial menjauhi hiruk-pikuk kota Jakarta, resto ini bisa menjadi alternatif terbaik.

Karena berupa saung yang dibangun berjejer di atas air, parkirnya luas, ada area bermain, banyak pepohonan, dan banyak fasilitas lainnya. Selain itu, makanannya juga enak sekali.

Sambil menunggu makanannya siap, Anda bisa memberi makan ikan di kolam yang mengelilingi saung. Jangan kuatir, peletnya sudah disediakan untuk pengunjung kok.

7. Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi Pak H. Diding
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: food.detik.com

Alamatnya di Jalan Pasar Pagi II, RT. 02/ RW. 02, Roa Malaka, Kec. Tambora, Jakarta Barat.

Sensasi makan sate dengan kuah soto yang kental dan berempah akan membuat lidah Anda bergoyang. Buka mulai jam 08.00-16.20 dengan harga di bawah Rp 50.000/ porsi. 

8. Nasi Ulam Cipta Rasa (Vihara Toasebio) - Sejak 1965
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Nasi ulam adalah kuliner khas Betawi yang berupa nasi yang disuguhkan bersama dengan berbagai bumbu dan rempah. Ciri khasnya adalah daun pegagan atau daun kemangi atau sayuran lain.

Plus lauk pauk yang bermacam-macam, seperti dendeng, telur dadar, cumi asin, perkedel, dan sebagainya.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat makan makan di Jakarta Barat yang satu ini, Anda bisa ke alamat di Jalan Kemenangan II No. 46, RT. 10/ RW. 05, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Buka jam 15.00-22.00. Harganya Rp 75.000.

9. Pempek Eirin 10 Ulu
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pegipegi.com

Lokasinya di Jalan Pintu Kecil No. 2, RT. 02/ RW. 06, Jakarta Barat. Jam bukanya adalah jam 10.00-18.00. Jika Anda di Jakarta Barat tetapi kangen dengan citarasa khas Palembang, coba datang ke Pempek Eirin.

Ada berbagai jenis pempek dengan cuko yang kental. Perpaduan gurih ikan, dan manis pedas cuko akan membuat Anda kembali lagi. Harga yang dibanderol untuk pempek kapal selam adalah Rp 20.000 dan pempek adaan Rp 7.500.

10. Nasi Uduk Kota Intan
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: food.detik.com

Kali ini adalah kuliner malam Jakarta Barat yang sudah berdiri 45 tahun. Lokasinya ada di Jalan Kyai Haji Samanhudi, Gambir, Jakarta Barat. Buka mulai jam 17.00 sampai habis.

Untuk harga yang dibanderol tidak membuat kantong jebol. Nasi uduk Rp 9.000, dendeng sapi Rp 22.500, ayam goreng Rp 18.000, kangkung tumis Rp 17.500, dan sebagainya.

11. Soto Betawi Afung Puri Indah
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Satu lagi tempat Makan di Jakarta Barat legendaris (sejak 1982) yang wajib Anda coba. Lokasinya ada di Jalan Puri Kembangan No. 8B, RT. 01/ RW. 08, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

Harga Soto Betawi Rp 37.000/ porsi, perkedel Rp 5.000, emping Rp 12.000, dan risol Rp 3.000. Buka dari jam 07.00- 17.00.

Keistimewaan soto Betawi ini adalah dagingnya super empuk dan kuahnya yang kaldu banget. Tidak heran jika YouTuber Korea, Hari Jisun, sampai terkesima dengan soto ini.

12. Soto Mie Sari Rasa Bang M. Juned
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: traveloka.com

Kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Alamatnya ada di Pasar Kopro, Jalan Tanjung Duren Raya No. 1, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (di lantai 1).

Harga Soto Mie saja Rp 25.000. 

13. Nasi Uduk Bang Uwan
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Kuliner malam Jakarta Barat yang paling banyak ditemukan adalah nasi uduk. Nasi Uduk Bang Uwan sudah buka dari 40 tahun yang lalu. Lokasinya ada di Jalan Palmerah Barat No. 25A, RT. 1/ RW. 15, Palmerah, Jakarta Barat.

Harga nasi uduk lengkap Affandy Rp 16.000 per porsi, dan nasi uduk lengkap Andri Rp 18.000.

Lauk-pauknya lengkap, misalnya sate usus, empal goreng, ayam goreng, tempe orek, tempe goreng, bakwan jagung, semur tahu, dan tentu saja jengkol. Sambal kacangnya istimewa sekali dan wajib Anda coba.

14. Sop Kambing Bang Kumis
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: pergikuliner.com

Lokasinya ada di Pancoran, Petak IX Glodok, Depan AW, Jakarta Barat. Sudah berjualan sejak 30 tahun lebih membuat sop kambing Bang Kumis masuk kategori kuliner legendaris. Buka jam 14.30 sampai habis.

Jenis dagingnya pun komplit, mulai dari kaki kambing, jeroan, sampai torpedo. Harga sop kaki kambing Rp 20.000/ porsi. Daging/ jeroan Rp 5.000/ pcs. Kuahnya harum sekali, tanpa santan atau susu.

Dagingnya pun sangat empuk dengan racikan jeruk nipis (bukan cuka). Jadi, jika Anda tidak bisa makan cuka, sop kambing Bang Kumis aman dikonsumsi. Pelengkap lainnya tentu ada acar dan emping melinjo.

15. Sate Kambing Muda Pak Saipul
tempat-makan-di-jakarta-barat
foto: traveloka.com

Lokasinya di Jalan Raya Kembangan Selatan No. 56, Kembangan, Jakarta Barat. Sate kambing muda ini banyak sekali yang merekomendasikannya dan memang ramai sekali.

Buka dari jam 10.00-21.00 setiap hari buka. Atau hanya libur saat Hari Raya.

Saking larisnya, setiap hari bisa habis 5-7 ekor kambing. Satu porsi sate Rp 45.000 (tanpa nasi), dan sop kambing Rp 30.000 (tanpa nasi).

Rasa satenya empuk sekali. Jadi, Anda tidak perlu mengunyah dengan tenaga ekstra. Sedangkan perpaduan bumbu kecap dan pedasnya pas sekali. Sangat cocok dengan daging yang super empuk.

Selain daging, ada juga sate ati, dan sebagainya. Jika Anda tidak mengkonsumsi daging kambing, disini juga tersedia sate ayam dengan bumbu kacang yang gurih-manisnya pas.

Tempat makan di Jakarta Barat di atas memang tidak mengedepankan instagramable, tetapi rasa authentic kuliner Indonesia. Mulai dari saat sarapan sampai makan malam. Mulai dari kaki lima sampai restoran ada semua.

Sudah lama Anda tinggal di Jakarta Barat? Dan dari daftar di atas, mana yang sudah pernah Anda datangi?