39 Ide Usaha Sampingan Kekinian dari Rumah

39 Ide Usaha Sampingan Kekinian dari Rumah image

Memiliki usaha sampingan saat ini bukanlah suatu hal yang mustahil. Apapun status Anda, baik itu seorang pelajar, pekerja kantoran, maupun ibu rumah tangga. Kemudahan teknologi memudahkan  semua kalangan untuk melakukannya.

Ada berbagai macam usaha sampingan yang bisa Anda lakukan dari rumah. Dari mulai ide usaha sampingan craft and gift dan juga ide usaha sampingan makanan dan minuman. Bagi Anda yang mencari usaha sampingan estetik dan kekinian, yuk baca sampai selesai!

1. Coffee Painting Air Dry Clay

 usaha-sampingan

 Sumber gambar : www.youtube.com/Jana Kunnert

Dengan menggunakan bahan dasar clay, Anda bisa membuat sesuatu yang eksklusif sebagai usaha sampingan. Dengan kreatifitas, Anda bisa membuat kerajinan tangan dari clay. 

Hasil kerajinan tangan ini bisa berupa apa saja seperti vas bunga dan satu set alat makan seperti mangkok, piring dan gelas. clay memiliki tekstur yang liat sehingga mudah untuk membentuknya. 

Ada beragam jenis clay dengan tekstur yang berbeda-beda. Cara mengeringkan clay pun ada yang hanya cukup angin-anginkan saja. Namun, ada juga yang memang perlu menggunakan oven atau membakarnya dengan tungku supaya mengering. 

Supaya hasil kerajinan lebih menarik, bisa gunakan kopi sebagai pengganti cat pewarna. Seduh bubuk kopi dengan air lalu oleskan pada kerajinan tangan menggunakan kuas. Meski ini usaha sampingan, hasil kerajinan Anda akan semakin unik dan bernilai jual. 

2. Polymer Clay Mug Decoration 

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.etsy.com

Masih sama seperti sebelumnya, mug decoration kali ini menggunakan bahan dasar polymer clay. Dengan kreativitas, clay bisa mempercantik mug yang polos dan jadi usaha sampingan. 

Anda bisa membentuknya menjadi karakter dalam versi mini lalu tempelkan pada mug. Dengan desain mug yang hanya ada satu-satunya tentu membuatnya terkesan eksklusif. Untuk mendapatkan bahan-bahannya pun juga mudah. 

Anda juga bisa membelinya secara online. Cara pembuatannya, bentuk karakter yang ingin Anda buat lalu tempelkan pada mug. Setelah selesai, bakar mug dalam oven untuk mengeringkan clay. Mug decoration cocok bila menjadi hadiah seperti kado kelulusan. 

3. Dried Flower Resin Candles

 usaha-sampingan

 Sumber gambar : www.youtube.com/Garden Answer

Ide usaha sampingan yang satu ini cukup mudah untuk Anda terapkan. Lilin, berbagai macam jenis bunga kering dan resin menjadi bahan utamanya. Adanya dried flower resin candles tentu akan mempercantik ruangan.

Anda juga bisa mengganti lilin biasa dengan lilin aromatherapy. Selain dapat mempercantik ruangan, lilin aromatherapy juga dapat mengeluarkan aroma menenangkan. Sungguh kombinasi yang pas bukan sebagai usaha sampingan?

4. Aromatherapy Reed Diffuser 

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/WhatsUpMoms

Tak hanya lilin aromatherapy yang dapat menjadi dekorasi dan usaha sampingan. Saat ini juga banyak sekali yang menggunakan aromatherapy reed diffuser. Selain mempercantik, tentu saja dapat membuat harum ruangan.

Cara membuatnya cukup mudah. Begitu pula untuk mendapatkan bahan-bahannya. Dengan campuran safflower atau sweet almond oil dan essential and fragrance oils, Anda sudah bisa mendapatkan aroma segar. 

Letakkan campuran bahan tersebut dalam gelas jar. Kemudian, masukkan stick rotan/rattan stick reed diffuser. Bahan tersebut bisa Anda dapatkan melalui toko online. Anda juga bisa membuat aromatherapy reed diffuser dengan berbagai macam aroma.

5. Resin Letter Keychain 

usaha-sampingan 

 Sumber gambar : www.youtube.com/Ashley Blake

Gantungan kunci biasa menjadi oleh-oleh ketika seseorang bepergian. Dengan harga yang terjangkau gantungan kunci bisa didapatkan dalam jumlah banyak. Hal inilah yang membuat gantungan kunci terkesan biasa saja jika jadi usaha sampingan.

Namun, gantungan kunci ternyata bisa menjadi barang yang unik dengan kreatifitas. Salah satunya yaitu resin letter keychain. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan resin, berbagai jenis bunga kering dan gantungan.

Letakkan bunga kering berbagai warna yang telah terpotong kecil-kecil pada cetakan huruf. Lalu campurkan bahan resin dan tuang ke dalam cetakan huruf yang sudah berisi bunga kering. Biarkan sampai mengering. Lalu tambahkan gantungan. 

6. Lukisan Abstrak

 usaha-sampingan

 Sumber gambar : unsplash.com/Steve Johnson

Dekorasi ruangan sejak dulu sudah menjadi kebutuhan. Tak hanya kantor, kini penghuni rumah juga menggunakan lukisan abstrak untuk mempercantik dinding. Tentunya ini adalah peluang usaha sampingan yang bisa Anda lakukan.

Tak ada aturan baku dalam membuat lukisan abstrak. Dengan kreatifitas, lukisan yang Anda hasilkan bisa memberikan kesan bagi yang melihatnya. Tak ada salahnya untuk menjadikan lukisan abstrak sebagai usaha sampingan.

7. Percetakan Label Merek dan Stiker 

 usaha-sampingan

 Sumber gambar : unsplash.com/The HK Photo Company

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat usaha sampingan seperti percetakan? Kini ada banyak bisnis yang tumbuh dan semakin berkembang. Kebutuhan label merek pada produk bagi pelaku usaha berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen ketika membeli. 

Tambahan stiker sebagai bonus juga biasa pelaku usaha lakukan untuk menarik minat konsumen. Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha sampingan. Anda bisa menggunakan printer mini thermal untuk mencetaknya.

Jika Anda ahli dalam hal mendesain tentu ini akan menjadi nilai tambah. Anda bisa memberikan sesi konsultasi mengenai desain label merek pada produk dan stiker untuk pelaku usaha. Tak hanya itu, Anda juga bisa menawarkan jasa untuk mendesainnya.

8. Custom Kemasan Produk

 

Sumber gambar : unsplash.com/Helen Shi

Hal penting lainnya setelah percetakan label merek pada produk dan stiker adalah kemasan. Bagian yang satu ini tak boleh Anda lupakan. Saat ini ada banyak sekali pelaku usaha membutuhkan kemasan untuk produk mereka.

Kemasan produk yang menarik minat terlihat dari bentuknya yang tak biasa. Bentuk  yang unik membuat konsumen bahkan tak tega untuk membuangnya. Bahkan ada juga yang menggunakannya kembali sebagai wadah lain. 

Hal ini yang jadi alasan usaha sampingan custom kemasan produk memiliki peluang. Apalagi bila kemasan yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih dari sekedar uang. Ciptakan kemasan ramah lingkungan sebagai bentuk kesadaran peduli lingkungan.

9. Hasil Kerajinan Tangan Rajutan

usaha-sampingan   

Sumber gambar : unsplash.com/Milada Vigerova

Ide usaha sampingan dari bahan rajutan tentu bisa menjanjikan. Menemukan benang wol yang memang menjadi bahan utama juga cukup mudah. Ada banyak kerajinan tangan dari benang wol yang bisa Anda hasilkan.

Beberapa hasil kerajinan dari benang wol ini adalah topi, sweater, scarf, kaos kaki dan banyak lagi. Ada banyak sekali teknik merajut. Hal ini bergantung pada hasil kerajinan apa yang ingin Anda hasilkan. 

Tak mengapa jika Anda belum ahli merajut atau bahkan tidak bisa sama sekali. Ada banyak tutorial mengenai teknik merajut yang bisa Anda pelajari melalui youtube. Selain melatih kesabaran, hasil rajutan juga bisa menghasilkan cuan dari usaha sampingan.

10. Baju untuk Hewan Peliharaan

usaha-sampingan  

Sumber gambar : unsplash.com/Karsten Winegeart

Banyak sekali pemilik hewan yang rela untuk mengeluarkan uang demi hewan kesayangan. Termasuk untuk memberikan baju. Baju hewan hasil karya Anda akan membuat hewan peliharaan semakin menggemaskan. 

Anda juga bisa membuat baju couple untuk pemilik dan hewan kesayangannya agar tampil serasi. Tentu ini menjadi peluang usaha sampingan bagi semua kalangan. Menjadikan pecinta hewan sebagai target pasar, Anda bisa mendapatkan cuan.

11. Lip Gloss

 usaha-sampingan

Sumber gambar : unsplash.com/Olena Sergienko

Produk kecantikan saat ini sudah banyak macamnya. Menyasar kaum hawa sebagai target pasar membuat pemoles bibir ini banyak diburu. Oleh sebab itu, lip gloss bisa menjadi peluang usaha sampingan karyawan maupun juga bagi pelajar.

Cara membuatnya juga mudah dan menemukan bahan-bahannya juga tidaklah sulit. Beberapa bahan yang Anda butuhkan adalah lipgloss base, fragrance, vitamin e oil dan coconut oil. Anda juga bisa menjualnya dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

Sebagai pelaku usaha sampingan, Anda juga bebas menentukan berapa banyak varian lip gloss. Akan semakin baik bila banyak varian yang Anda tawarkan. Dengan begitu, konsumen memiliki banyak pilihan.

12. Body Scrub 

 usaha-sampingan

Sumber gambar : unsplash.com/Sincerely Media

Membersihkan tubuh tak hanya perlu sabun. Agar kulit mati hilang menyeluruh maka gunakan juga body scrub. Perawatan tubuh bukan wajah saja tetapi juga badan. Apalagi untuk menghilangkan kulit mati butuh perawatan ekstra.

Banyaknya influencer yang kini sudah semakin gencar mempromosikan produk perawatan. Adanya influencer juga semakin menambah kesadaran untuk peduli dalam merawat tubuh. 

Body scrub bisa menjadi lahan cuan dari usaha sampingan. Melalui teknologi, Anda bisa pelajari bahan apa saja untuk membuatnya dan proses pembuatannya. Era digital saat ini tentu memudahkan banyak orang untuk mendapatkan informasi. 

13. Letter Board

usaha-sampingan 

Sumber gambar : unsplash.com/Sandie Clarke

Dekorasi yang satu ini, tak kalah kekinian dari sebelumnya untuk menjadi usaha sampingan. Menuliskan pesan atau quote dengan tampilan yang berbeda. Tak hanya dapat menginspirasi saja. Namun, letter board juga menjadikan ruangan semakin menarik.

Untuk membuatnya Anda membutuhkan stik yang terbuat dari kayu, pigura dan kain flanel sebagai bahan utama. Jangan lupakan juga huruf alphabet agar dapat menyusun pesan yang ingin Anda sampaikan.

Bahan untuk membuat letter board tidak terlalu banyak sehingga bisa menjadi usaha sampingan modal kecil. Konsumen juga bisa meminta Anda untuk membuat pesan atau quote sesuai keinginan.

14. Bunga Kering

 usaha-sampingan

Sumber gambar : unsplash.com/Katsia Jazwinska

Bunga menjadi pilihan banyak orang ketika ingin memberikan sesuatu pada pasangan. Tentunya hal ini bisa jadi usaha sampingan. Ada beragam warna menarik perhatian. Tak heran jika bunga menjadi simbol suatu perayaan seperti lamaran dan pernikahan. 

Kini menikmati keindahan bunga bisa dalam versi kering. Selain itu, bunga kering memiliki ketahanan lebih lama. Anda juga bisa mencoba membuat bunga kering di rumah dengan tiga cara. 

Cara pertama, mengeringkan bunga dengan memilih lokasi semi outdoor. Tempelkan bunga pada tembok. Letakkan kelopak bunga berada di bawah. Lalu rekatkan bunga menggunakan masking tape atau lakban. Diamkan selama 8 hari.

Cara kedua, memilih lokasi indoor untuk mengeringkan bunga. Sama seperti sebelumnya, tempelkan bunga pada tembok dengan kelopak berada di bawah. Gunakan masking tape atau lakban. Kemudian biarkan selama 2-3 minggu.

Terakhir, cara ketiga dengan memilih lokasi outdoor. Jemur bunga dalam keadaan arah kelopak ke bawah. Gunakan tali untuk menggantungnya. Ikatkan tali pada tangkai bunga. Jemur selama 7 hari. Pindahkan bunga apabila hujan turun.

Kelebihan menjemur bunga pada semi indoor adalah cepat kering. Selain itu tidak perlu memindahkan tempat menjemur bunga apabila terjadi hujan. Begitu pun dengan lokasi indoor. Namun menjemur bunganya membutuhkan waktu lebih lama. 

15. Aksesoris Perhiasan

usaha-sampingan 

Sumber gambar : unsplash.com/Thea Hdc

Sudah sejak dulu kaum hawa memang senang dengan aksesoris perhiasan. Untuk mempermanis penampilan, aksesoris perhiasan menjadi pilihan yang tepat. Jangan khawatir dulu karena aksesoris perhiasan bisa terbuat dari bahan terjangkau. 

Dengan kreatifitas, hasilnya pun cukup memukau. Ada berbagai jenis perhiasan yang bisa Anda jadikan aksesoris untuk usaha sampingan. Kalung, gelang, anting dan cincin adalah perhiasan pada umumnya yang perempuan sukai. 

Dalam proses membuatnya Anda memerlukan beberapa barang. Misalnya saja untuk membuat gelang, sediakan kawat, manik-manik dan tang. Kemudian, bentuk sesuai desain yang Anda inginkan. Semakin eksklusif tentu makin tinggi pula nilai jualnya.

16. Medali Penghargaan

Memberikan medali penghargaan tak perlu menunggu untuk mengikuti olimpiade perlombaan. Setiap orang pantas mendapatkan apresiasi atas perjuangan yang telah terlewati. Begitu pula dengan orang-orang tersayang. 

Medali penghargaan bisa Anda bentuk sesuai kebutuhan perayaan dan cocok jadi usaha sampingan. Kini ungkapan istimewa bisa dalam bentuk medali penghargaan. Misalnya saja saat perayaan bestfriend of the year, hari ulang tahun, hari ibu dan banyak lagi. 

17. Normal Kit

Saat pandemi seperti ini pemerintah selalu menganjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan. Untuk itulah normal kit banyak orang butuhkan. Cukup menggiurkan bila menjadikannya usaha sampingan. Anda bisa mengemasnya dalam satu set perlengkapan. 

Normal kit biasanya berisi barang-barang yang orang-orang sering pakai. Seperti berisi masker, hand sanitizer dan sabun cuci tangan dan kain lap dengan desain yang sama. Menarik kan?

18. Travel Kit

Bepergian dalam jarak jauh memang belum pemerintah anjurkan apalagi untuk liburan. Namun, tetap saja adakalanya seseorang perlu membawa perlengkapan. Misalnya saja make up atau skin care yang kemasan aslinya dalam bentuk besar.

Apabila membawanya dalam bentuk seperti itu tentu sangat tidak efisien. Terutama bagi wanita yang memang sejak dulu jika berpergian identik dengan barang bawaan. Anda bisa membuat kemasan travel kit dalam bentuk mini. 

Desain travel kit dengan gambar yang menarik. Selain itu Anda juga bisa menyediakan wadah untuk meletakkan travel kit. Tentunya usaha sampingan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.  

19. Sewing Kit Versi Mini

Adanya sewing kit dalam versi mini memudahkan setiap orang untuk membawa atau menyimpannya. Misalnya saja saat sedang bekerja di kantor. Tanpa sadar salah satu kancing baju terlepas. Tentu sangat mengesalkan jika masalah belum teratasi. 

Apalagi saat harus menghadiri meeting dadakan. Adanya sewing kit versi mini tentu sangat membantu. Selain itu bentuknya juga tidak besar karena hanya berupa benang jahit, jarum dan gunting kecil. 

Oleh karena itu sewing kit versi mini tak memerlukan banyak tempat untuk menyimpannya. Ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan. modal yang Anda perlukan pun tak terlalu besar untuk memulainya.

20. Cake Hampers 

Dunia baking kini banyak sekali bentuknya. Menyuguhkan tamu dengan kue juga biasa terjadi saat berkunjung. Terutama saat perayaan acara tertentu seperti hari raya lebaran, imlek, natal dan banyak lagi. 

Tak jarang, kue juga menjadi hampers sebagai hadiah untuk sahabat, kerabat dan rekan kerja. Kue modern biasa kita jumpai. Namun ternyata, kue khas daerah juga bisa memberikan kesan tersendiri. 

Kesan daerah juga bisa Anda gambarkan melalui kemasan kue yang sengaja menggunakan desain tradisional. Menggunakan resep yang sama tentu mampu mengajak setiap orang yang mencicipinya bernostalgia.

21. Notebook Hampers

Bagi Anda yang gemar menulis sudah pasti membutuhkan buku untuk menulis sesuatu. Selain mencatat berbagai hal penting, menulis baik untuk kesehatan mental. Banyak orang kini memulai kebiasan untuk melakukan junk journal.

Dengan kreatifitas dan seni tentu menulis jadi terlihat menarik. Sebagai ilustrasi, tambahkan saja stiker berbagai bentuk gambar. Adanya stiker untuk mendukung tulisan menjadi lebih hidup. 

Selain stiker bergambar, ada juga stiker huruf. Catatan penting juga jadi lebih terlihat menonjol. Cukup membantu ketika mencari kata-kata tertentu karena adanya stiker. Adanya kebutuhan pasar tentu menjadi peluang untuk usaha sampingan.

22. Baby Hampers

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.instagram.com/leonzgift.id

Memberikan hadiah sudah seperti tradisi saat berkunjung melihat bayi baru lahir. Baik itu mengunjungi anak dari keluarga sendiri, teman dekat atau partner kerja. Hal lumrah memang saat memberikan hadiah berupa uang atau benda perlengkapan.

Momen ini tentu bisa menjadi peluang untuk buka usaha sampingan. Salah satu opsi dengan memberikan perlengkapan bayi agar bisa menjadi kenang-kenang. Namun, desain yang menggemaskan dan senada pada setiap benda akan jadi ciri khasnya.

Anda bisa membuat usaha sampingan perlengkapan bayi sebagai kado. Dengan menghadirkan kualitas premium kesan eksklusif tergambar pada kualitas produk Anda. Tentu sesuai dengan kulit bayi yang sensitif pada gesekan baju jika kain tidak cocok.

23. Take A Bath Hampers

Perlengkapan mandi sesuatu yang pasti semua orang butuhkan. Ini bisa menjadi usaha sampingan apabila dapat menangkap peluang. Beberapa barang yang bisa menjadi bath hampers seperti handuk, sikat gigi, sabun.

Memberikan perlengkapan mandi juga sebagai salah satu bentuk perhatian. Bisa saja dengan desain yang menarik akan membuat orang yang malas mandi menjadi rajin. Tambahkan pesan atau alasan mengapa harus mandi.

24. Waxing Kit

usaha-sampingan  

Sumber gambar : www.instagram.com/kadobox.id

Menjaga kebersihan anggota badan bukan hanya mandi. Menghilangkan bulu yang mengganggu penampilan juga perlu. Bagi kaum perempuan ini adalah ritual wajib yang tak boleh terlewatkan.

Kesibukan dalam beraktifitas tentu menjadi hal yang sulit ketika ingin waxing. Menuju salon pasti memerlukan waktu dan belum lagi harus mengantri lebih dulu. Maka dari itu, akan lebih mudah dan cepat apabila bisa melakukan waxing kapan saja. 

Memilih waxing kit sebagai usaha sampingan bukanlah ide yang buruk. Untuk melakukan tes pasar cobalah produksi sedikit lebih dulu. Untuk membuatnya juga cukup mudah dan perlengkapan waxing kit pun tak banyak.

25. Coffee Kit 

usaha-sampingan 

Sumber gambar : www.instagram.com/kadobox.id

Pandemi lagi-lagi mengubah kebiasaan untuk lebih peduli dengan kesehatan dan lingkungan. Seperti halnya bagi penggemar kopi dan teh. Membawa minuman seperti kopi saat pergi ke kantor sudah menjadi rutinitas. 

Ada baiknya membawa botol sendiri daripada menggunakan gelas cup yang berakhir dalam tong sampah. Kebersihan wadah minuman pun juga terjamin. Kini usaha sampingan botol minuman bisa menjanjikan.

Desain menarik juga jadi kuncinya. Namun, jika hanya menawarkan botol saja tentu kurang berkesan. Bagi penggemar kopi, bisa tambahkan wadah toples bertuliskan coffee. Begitu juga bagi penggemar teh. 

Coffe Kit atau Tea Kit juga bisa jadi alternatif saat memberikan hadiah atau kado. Khususnya kepada laki-laki baik itu teman ataupun orang tersayang. Tak salah kan bila ini bisa menjadi usaha sampingan?

26. Perlengkapan Ibadah

Bagi umat muslim tentu saja membutuhkan perlengkapan ibadah untuk menunaikan kewajibannya. Beberapa perlengkapan tersebut berupa sajadah, mukena dan al quran. Perlengkapan ibadah ini juga biasanya menjadi mahar saat pasangan akan menikah. 

Akan lebih berkesan bila perlengkapan ibadah memiliki desain tertentu. Pada tiap item produknya coba tawarkan dengan motif senada. Tentunya ini akan jadi daya tarik untuk usaha sampingan. Perlengkapan ibadah pun akan tampak eksklusif.

27. Badge & Pins

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/JENerationDIY

Mahasiswa ingin menambah uang jajan namun terbentur waktu kuliah juga bisa melakukan usaha sampingan. Modal untuk membuat badge dan pin tak perlu banyak. Ketika ada kegiatan organisasi biasanya badge dan pins banyak yang mencari.

Selain itu, badge dan pin bisa custom sesuai keinginan. Anda juga bisa membuat dalam bentuk karakter hewan lucu dan menggemaskan. Ide usaha sampingan anak kuliahan bisa jadi alternatif mendapatkan penghasilan.

28. Acrylic Nail

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/Luhhsetty

Menghias kuku bagi perempuan menjadi hal yang menyenangkan. Ada juga yang menjadikannya sebagai pengalihan dari stres karena sibuk beraktifitas. Memiliki kuku yang cantik dapat meningkatkan rasa percaya diri. 

Dalam mempercantik kuku tak selalu menggunakan kutek. Perkembangan zaman memberikan banyak pilihan. Acrylic nail merupakan salah satu cara perempuan untuk menghias kukunya. 

Acrylic nails juga menjadi solusi cepat bagi perempuan untuk tampil cantik paripurna. Desain kuku juga bisa menyesuaikan. Ada beragam variasi yang bisa menjadi pilihan untuk jadi usaha sampingan. 

29. Bumbu Masak Khusus Bayi dan Anak-anak

usaha-sampingan 

Sumber gambar : www.instagram.com/hello.beezy

Memberikan makanan yang sehat dan bergizi juga berasal dari bumbu dapurnya. Sangat sulit tentunya membuat racikan bumbu dapur organik dan bebas bahan pengawet. Namun bukan hal mustahil itu dapat terjadi. 

Bagi seorang ibu pasti akan melakukan apapun demi buah hati tumbuh sehat dan berkembang. Begitu pula dengan memberikan asupan gizinya. Selain bergizi, enak juga menjadi bagian penting agar anak mau makan.

Hadirnya bumbu masak khusus untuk bayi dan anak-anak dapat memudahkan ibu. Terlebih lagi apabila ibu juga seorang wanita karir yang memiliki waktu terbatas. Tak heran bumbu masak khusus bayi dan anak bisa jadi usaha sampingan.

30. Wooden Craft and Gift

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.instagram.com/dekorasi.kayu

Kembali ke alam menjadi konsep dari hasil kerajinan yang terbuat dari kayu ini. Meskipun dari kayu tetapi hasilnya tak kalah dari bahan yang terbuat dari keramik. Beberapa benda yang bisa Anda hasilkan untuk usaha sampingan yaitu cangkir, gelas, sendok dan garpu. 

Keunikan dari hasil kerajinan ini adalah bahan dasar pembuatannya yang menggunakan kayu. Dengan kualitas yang baik akan memberikan kepercayaan pada konsumen untuk membelinya.

Saat ini ide usaha sampingan dari kayu juga banyak yang menggeluti. hasil kerajinannya pun bergantung pada Anda sebagai pelaku usaha ingin membuat seperti apa. Semakin kreatif akan bervariasi pula jenis produknya.  

31. Artisan Soap

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/Santiam Soap Co.

Bukan hanya sekedar sabun yang biasa terjual. Artisan Soap merupakan perpaduan sabun dengan kreasi seni. Ada banyak bentuk-bentuk lucu berbentuk sabun. Jika sekilas lihat mungkin bentuknya seperti kue. 

Aroma sabun yang harum dapat  tercium dari aromanya. Meski terlihat rumit namun pengerjaannya bisa Anda lakukan dari rumah. Dengan bahan sederhana, artisan soap juga bisa jadi hasil karya dan cocok untuk jadi usaha sampingan. 

Artisan soap berbeda dengan sabun dari pabrik. Artisan soap terbuat dari bahan-bahan organik. Sesuai namanya, Artisan soap memiliki aroma yang harum dan bentuknya yang menarik perhatian. Selain itu, artisan soap juga aman untuk kulit dan lingkungan.

32. Slime 

usaha-sampingan 

Sumber gambar : www.youtube.com/Ria Yaya Riya

Cairan dengan tekstur lengket ini ternyata banyak anak-anak yang menyukainya. Slime memiliki beragam warna yang dapat menarik perhatian mata anak-anak. Umumnya slime terbuat dari bahan-bahan seperti borax.

Namun tenang saja, ada banyak tutorial cara membuat slime yang aman tanpa bahan pengawet. Bahkan ada juga slime yang bisa anak-anak makan. Jadi orang tua bisa lebih tenang membiarkan anaknya bermain dengan slime.

Sayangnya, Indonesia belum memiliki slime yang aman untuk anak-anak konsumsi. Hal ini bisa jadi ide yang menarik untuk usaha sampingan Anda. Ternyata slime tak sekedar bikin senang tapi juga bisa bikin perut kenyang.

Tak hanya craft and gift yang bisa menjadi ide bisnis usaha sampingan. Hadirnya makanan dan minuman kekinian juga semakin bervariasi. Tentu saja ini bisa menjadi lahan cuan saat mencari peluang usaha sampingan. Anda penasaran? yuk cari tahu lebih lanjut!

33. Tahu Crispy

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/Dhasilfa Raditya

Siapa yang sangka camilan yang terbuat dari tahu ini punya banyak penggemarnya. Anda dapat memulainya dengan modal gerobak. Lalu alat penggorengan dan bahan-bahan membuat tahu crispy bila ingin dapatkan penghasilan dari usaha sampingan. 

Untuk mendapatkan bahannya pun cukup mudah. Sebagai bahan utama, tahu putih sudah pasti harus ada. Apabila Anda ingin mencoba, sediakan 20 biji tahu kotak ukuran 4x4cm. Selanjutnya 50 gram tepung terigu, ¼ - ½ sdm tepung maizena dan 1 sdt baking powder.

Gunakan bumbu untuk memberikan rasa pada tahu. Berikut takarannya yaitu 1 sdt garam, ½ sdt kaldu bubuk, 250 – 300 ml air dan ¼ lada bubuk. Khusus lada bubuk boleh pakai, boleh juga tidak. 

Campur semua bahan-bahan sesuai takaran. Masukan tahu ke dalam adonan lalu aduk-aduk. Setelah itu panaskan minyak. Ketika minyak mulai panas, tiriskan tahu dari adonan. Goreng tahu pada minyak yang panas. Tuang 1/3 adonan tepung tadi 3x secara bertahap sampai habis. Bila sudah berwarna kecoklatan, angkat tahu dan tiriskan.

34. Strawberry Milk 

usaha-sampingan 

Sumber gambar : www.youtube.com/J. Dessert

Rindu makan di kafe saat pandemi bisa terobati. Dari rumah, Anda bisa menyuguhkan menu-menu ala kafe yang banyak orang rindukan ini. Salah satu menunya adalah strawberry milk.

Buah strawberry dan susu sudah pasti menjadi bahan utama dalam pembuatan strawberry milk. Proses dalam membuat sebotol strawberry milk ini cukup mudah. Cuci botol dan rebus agar kebersihannya terjaga. 

Setelah botol bersih, masukkan ke dalam botol potongan strawberry yang sebelumnya sudah berlumur gula pasir. Tambahkan whipping heavy cream dan susu. Tutup botol dan kemas produk dengan menarik. usaha sampingan ini bisa Anda lakukan dari rumah.

35. Kue Wortel 

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/J. Dessert

Jika kue identik dengan sesuatu yang bikin gemuk. Lain halnya dengan kue satu ini. Sayuran yang bercampur dengan adonan kue menjadikan kue ini sehat dan aman ketika mengkonsumsinya.

Kue wortel yang Anda buat bisa menjadi solusi bagi pelaku diet. Dalam masa program diet bukan berarti seseorang tidak memakan camilan. Hanya saja lebih selektif dalam memilih asupan. Enak dan sehat bisa menjadikan kue wortel sebagai usaha sampingan.  

36. Permen Kenyal

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.yoututbe.com/Yummy

Tak hanya anak kecil yang suka permen kenyal, orang dewasa pun juga. usaha sampingan ini akan membantu Anda mengenang masa kecil. Mungkin dulu makanan manis ini sering orang tua melarang karena cemas akan merusak gigi anak. 

Untuk membuatnya, campurkan 2 sdm agar-agar dan 2 sdm gelatin dengan ½ gelas air lalu aduk. Kemudian panaskan kompor dan lelehkan 1 gelas gula dengan ½ gelas air dalam panci. Masukan adonan agar-agar dan gelatin tadi lalu aduk rata. 

Cetak adonan dan diamkan dalam kulkas selama dua jam. Lepaskan permen dari cetakan. Kemudian balurkan permen dengan gula pasir. Permen kenyal siap Anda hidangkan dan diberi kemasan.

Meski begitu, permen memiliki banyak penggemar sehingga jadi target pasar yang mudah. Untuk memberikan daya tarik, cetak dengan pola yang lucu dan beri pewarna pada permen kenyal. Permen kenyal siap untuk jadi usaha sampingan.

37. Sprite Homemade Drinks

usaha-sampingan 

Sumber gambar : www.youtube.com/mary’s channel

Minuman kekinian sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tak hanya mengandalkan rasanya yang enak. Minuman kekinian juga memiliki daya tarik dengan bentuk yang unik. Salah satunya adalah minuman kekinian dengan bahan sprite sebagai campurannya.

Berikut resep yang bisa dengan mudah Anda ikuti. Siapkan bahan es batu, sirup strawberry, sprite dan jus jeruk. Cara membuatnya, masukkan es batu yang banyak dalam gelas. 

Setelah itu beri sirup strawberry dan kemudian tambahkan sprite. Untuk lapisan atasnya siram dengan jus jeruk. Proses yang mudah dalam pembuatannya cocok menjadi usaha sampingan bagi pemula.

Sprite homemade drinks bisa menjadi ide bisnis yang menarik untuk usaha sampingan Anda. Selain itu juga cocok untuk menghilangkan haus saat cuaca terik mendera. Tak hanya menyegarkan tenggorokkan tetapi juga menyegarkan pandangan mata. 

38. Chocolatos Goreng

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/CR Cook

Ide usaha sampingan berupa jajanan kekinian memiliki peluang yang cukup menggiurkan. Chocolatos Goreng bisa menjadi salah satu menu kekinian yang patut Anda coba. Untuk mendapatkan bahan serta proses pembuatannya pun juga mudah. 

Berikut bahan yang Anda perlukan yaitu 300 ml susu cair, 2 sachet chocolatos drink coklat, 100 ml air panas. Lalu ada lagi, 70 gr tepung maizena, 5 sdm gula pasir, tepung panir, 5 sdm tepung terigu dan 200 ml air biasa. Ikuti beberapa langkah selanjutnya.

Pertama, larutkan semua chocolatos dengan air panas. Selanjutnya, masukkan susu cair, tepung maizena dan gula pasir. Lalu aduk sampai semua tercampur dengan rata. Apabila telah tercampur rata, masukkan larutan chocolatos dan aduk lagi. 

Setelah adonan cair tercampur, panaskan dengan api sampai adonan mengental. Pindahkan ke wadah lalu dinginkan dalam kulkas selama 4 jam. Keluarkan adonan dari wadah dengan alas yang telah berlumur tepung maizena. 

Lumuri juga adonan dengan maizena kemudian potong sesuai selera. Sebelum masuk ke penggorengan, lakukan beberapa langkah untuk melapisi adonan chocolatos. Campurkan air biasa dan tepung terigu. 

Celupkan chocolatos dalam adonan tepung terigu. Lalu celupkan selanjutnya celupkan dalam tepung panir. Lakukan sampai 3x secara berulang agar lapisannya tebal. Lalu goreng dengan minyak panas dengan api sedang. 

Chocolatos goreng pun siap untuk jadi usaha sampingan. Anda pun bisa menitipkan chocolatos goreng di warung. 

39. Permen Lolipop Soda

 usaha-sampingan

Sumber gambar : www.youtube.com/5-Minute Crafts

Permen adalah cemilan yang tahan lama karena butuh waktu untuk menghabiskannya. Meski begitu, anak-anak gemar sekali makan permen. Mungkin karena rasa permen yang manis dan ini bisa jadi pilihan usaha sampingan Anda. 

Membuat permen sendiri dari rumah bisa Anda lakukan. Caranya pun mudah, yuk ikuti beberapa langkah ini! Tuangkan sprite dalam mangkok. Kemudian campurkan pewarna makanan. Anda bebas menggunakan warna apapun.

Kemudian tambahkan gelatin dan aduk-aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam cetakan lalu bekukan dalam kulkas. Apabila Anda ingin menjualnya, custom kemasan agar lebih terlihat menarik dan menyakinkan.

Mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan bukanlah hal yang sulit. Tak peduli status, peluang usaha sampingan terbuka untuk siapa saja. Lakukan bisnis Anda dengan konsisten. Dengan begitu mungkin saja usaha Anda dapat tumbuh dan berkembang lebih besar lagi.