37 Cara Bisnis Online Tanpa Modal, Murah Tapi Menguntungkan di Tahun 2021

37 Cara Bisnis Online Tanpa Modal, Murah Tapi Menguntungkan di Tahun 2021 image

Di era industri 4.0, bisnis online menjadi salah satu peluang untuk meraup keuntungan fantastis melalui internet. Selain mudah, praktis dan fleksibel, beberapa usaha online bahkan tak membutuhkan modal sepeserpun. Lantas, apa saja bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba?

Sebelum mulai berbisnis, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan bisnis rumahan yang tepat. Meskipun tidak pakai modal, Namanya bisnis tentu membutuhkan rencana yang matang dan strategi khusus saat eksekusi.

Modal awal dalam berbisnis online bagi pemula simpel saja. Cukup punya tekad yang kuat plus koneksi internet stabil. Selebihnya, Anda bisa menentukan pilihan dari referensi bisnis tanpa modal berikut ini.

1. Join Marketing Afiliasi
bisnis-online-tanpa-modal
foto: markbro.com

Ide bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar yang pertama yaitu marketing afiliasi. Bagaimana sistemnya? Cukup sederhana.

Anda menjual produk atau layanan dari pihak lain melalui sebuah tautan link dan memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Besarnya komisi penjualan biasanya beragam, tergantung kesepakatan Anda dengan penjual. Bisa 10%, 20% atau bahkan 50%.

Yang paling penting Anda harus memiliki blog atau akun sosial media terlebih dahulu untuk bergabung dalam program afiliasi. Anda pun akan memperoleh kupon atau banner penjualan produk tertentu.

Selanjutnya, Anda tinggal menyebarkan atau memasang kupon tersebut di blog atau akun social media. Dapatkan sebanyak mungkin pembeli dari link yang Anda sebar untuk memperoleh lebih banyak komisi. 

2. Bangun Sebuah Blog
bisnis-online-tanpa-modal

Cara yang satu ini bisa jadi solusi paling tepat untuk mulai berbisnis online tanpa modal. Ya, apalagi kalau bukan blogging. Sudah banyak blogger mendadak jadi sultan karena bisnis blogging lewat adsense.

Sebagai pemula, Anda bisa membangun blog yang benar-benar tanpa modal menggunakan hosting, nama domain and server gratis. Beberapa pilihan hosting gratis seperti Blogspot atau Wordpress.

Selebihnya, Anda tinggal luangkan waktu, kreatifitas and konsistensi untuk membangun blog yang bermutu. 

Kenapa harus bermutu? Blog yang menghasilkan uang adalah yang trafiknya memadai dan ini ditentukan oleh banyaknya jumlah klik atau pembaca dan iklan Adsense.

So, usahakan untuk membangun blog yang sesuai dengan keinginan pembaca dan terutama standar Google. Selain itu, Anda juga bisa memonetisasi dengan cara menjual produk atau layanan lewat blog yang Anda bangun. 

3. Jadi Youtuber
bisnis-online-tanpa-modal
foto: cnbcindonesia.com

Punya akun Youtube tapi hanya untuk media hiburan? Yakin? Padahal, Youtube menjadi platform bisnis online dengan profit yang menjanjikan.

Bahkan, tak sedikit diantara youtuber yang meraup keuntungan ratusan juta rupiah hanya dari bisnis ini. Fantastis bukan!

Wajar saja, pendapatan dari Youtube berasal dari berbagai cara, mulai dari iklan, endorse dalam konten, afiliasi, penjualan barang atau layanan, dan banyak lagi.

Anda tertarik? Ini yang perlu Anda miliki di langkah awal menjadi Youtuber:

  • Keterampilan membuat dan menyajikan konten
  • Skill editing video
  • Laptop atau HP
  • Koneksi internet
  • Kreatifitas tanpa batas.

Pastikan Anda menyajikan konten yang bermanfaat, baik itu entertainment, informasi, tutorial, atau edukasi. 

Perlu Anda ingat juga, menjadi Youtuber itu tidak sepenuhnya tanpa modal. Anda tetap butuh proses, waktu, tenaga dan usaha untuk memperoleh penghasilan dari platform ini. 

4. Bangun Podcasting
bisnis-online-tanpa-modal
foto: sekawanmedia.co.id

Ide usaha online selanjutnya yaitu membangun channel Podcast dan jadi podcaster! Apa sih Podcast?

Jika Youtuber membuat konten video, Podcast menuntut Anda untuk menyajikan konten audio atau suara. Platform ini sangat cocok bagi Anda yang suka bercerita dan memiliki skill storytelling bagus.

Jika Anda sudah memiliki keduanya, silahkan buka channel Podcast dan sajikan konten apa saja yang Anda kuasai. Bisa tentang konten horror, puisi, atau apapun itu yang mampu menarik audiens dalam jumlah besar.

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti Spotify, Soundcloud, dan Anchor untuk memulai podcasting. Atau Anda juga bisa menggunakan plugin PowerPress Podcast untuk membangun channel dari website Wordpress Anda.

Selanjutnya, kembangkan channel Anda dan lakukan monetisasi, mengiklan atau affiliate marketing untuk menunjang bisnis podcast.

5. Jadi Vlogger
bisnis-online-tanpa-modal
foto: infotografi.com

Selain youtuber, vlogger juga bisa jadi alternatif bisnis online yang menguntungkan bagi Anda yang suka membuat konten video. 

Apa bedanya youtube dengan vlog? Keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama berkaitan dengan video.

Hanya saja, para vlogger membagikan video mereka pada platform social media, tidak hanya Youtube. Misalnya Tiktok, Facebook, Instagram, atau platform lainnya. Sementara youtuber hanya memposting konten di channel Youtube saja. 

6. Buka Toko Online
bisnis-online-tanpa-modal
foto: padanginfo.com

Salah satu ide bisnis online tanpa modal dan terpercaya yakni membuka toko online.  Bisnis ini akan menjadi peluang yang sangat menjanjikan sebab maraknya kebiasaan belanja online di era milenial.

Dengan banyaknya promo, gratis ongkir, extra cashback dan berbagai penawaran menarik, belanja online semakin digandrungi. Tertarik untuk mencoba?

Anda bisa menempuh jalur afiliasi atau membangun toko di marketplace dan e-commerce. Sebut saja beberapa platform seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, dan Blibli. Anda bisa memulainya dari salah satu situs belanja online ini.

Namun, butuh perjuangan dan strategi khusus untuk dapat memasuki dan memenangkan pasar di marketplace. Anda bisa mengikuti berbagai workshop dan pelatihan menggunakan platform jualan online sebelum menekuni bisnis ini.    

7. Bisnis Dropshipping
bisnis-online-tanpa-modal
foto: thefinancebff.com

Mau join usaha tanpa modal hanya pakai HP dan bisa dilakukan dari mana saja? Coba mulai dengan bisnis dropshipping. Karena minim modal dan usaha, bisnis ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga dan pelajar.

Sistem dropship sangat sederhana. Anda menjual produk atau layanan milik orang lain dengan menggunakan personal brand Anda sendiri. 

Yang Anda lakukan adalah mempromosikan produk di akun sosial media, situs website atau marketplace yang Anda miliki.

Saat ada produk yang laku, Anda tinggal melakukan pembelian produk dari perusahaan dropship dengan harga lebih rendah. Selanjutnya produk akan diproses langsung oleh pihak perusahaan dan dikirimkan kepada pembeli.

Cukup praktis bukan? Anda tak perlu repot menumpuk barang di rumah. Seluruh proses pendistribusian menjadi tanggung jawab perusahaan. Tugas Anda hanya promosi dan jualan, itu saja. 

8. Buka Jasa Tutor Online
bisnis-online-tanpa-modal
foto: dolarhijau.com

Mau bisnis tapi tak punya modal? Jangan khawatir. Di dunia industri kreatif, keterampilan pun bisa jadi ladang bisnis dan menghasilkan cuan lho.

Salah satu peluang bisnis menjanjikan yang bisa Anda coba yaitu membuka jasa tutor online. Misalnya saja, tutor pendidikan, kesehatan, kecantikan, hubungan, dan banyak lagi.

Tidak sedikit masyarakat lebih memilih media online untuk kursus atau belajar. Beberapa diantara mereka pun berani membayar mahal demi memperoleh ilmu.

So, apakah Anda terampil pada bidang tertentu? Segera promosikan keahlian Anda dan jadilah tutor terbaik dengan bayaran tinggi. Jangan lupa manfaatkan social media atau Google untuk membangun branding.

9. Membuat Online Course
bisnis-online-tanpa-modal
foto: transform-elearning.com

Selain menyediakan jasa tutor online, Anda juga bisa membangun kursus online di internet. Kali ini, Anda perlu membangun sebuah platform semisal website untuk pengguna yang hendak mengikuti kursus.

Di dalam website tersebut, Anda menyediakan kursus berbayar yang berisi berbagai materi serta latihan. Anda bisa menerapkan sistem langganan mingguan/bulanan, atau satu paket kursus sekali beli.

Anda bisa menggunakan platform seperti Wordpress atau Blogspot. Gunakan platform yang mempunyai plugin Learning Management System. Plugin semacam ini dapat membantu Anda dalam pengelolaan kelas, materi, sampai metode pembayaran.

10.  Jasa Website Developer
bisnis-online-tanpa-modal
foto: vokasi.co.id

Pesatnya perkembangan industri kreatif membuat kebutuhan jasa website developer meningkat. Tak heran, ia pun menjadi salah satu ide bisnis online yang paling menggiurkan.

Apa sih Website Developer? Website Developer yaitu para ahli coding dan pemrograman yang bertugas membangun dan mengembangkan sebuah situs. Berminat? Mulailah untuk mempelajari coding dan menguasai seluk beluknya.

Selain menghasilkan untung besar, profesi ini juga sangat menyenangkan. Sebab pekerjaannya fleksibel dan bisa dilakukan dimana dan kapan saja.

11. Jasa Search Engine
bisnis-online-tanpa-modal
foto: rumahkomunitas.com

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu faktor penting dalam bisnis digital. Dari website, social media sampai marketplace membutuhkan seorang ahli dalam bidang ini.

Satu-satunya cara Anda bisa menjadi penyedia jasa SEO adalah dengan menguasai algoritma Google. Anda harus paham seluk beluk algoritma dan uptodate dengan metode dan strategi baru untuk meraih SEO yang bagus.

Jika Anda sudah menjadi ahli SEO, perusahaan manapun akan siap membayar Anda dengan gaji tinggi. Hal ini dikarenakan SEO menjadi faktor penting dalam dunia internet marketing.

Jangan heran kalau jasa search engine tidak akan pernah mati dan akan menjadi bisnis menjanjikan di masa mendatang. 

12. Jasa Penulis Lepas
bisnis-online-tanpa-modal
foto: fastwork.id

Punya keterampilan atau hobi menulis? Ini bisa jadi ladang bisnis untuk memperoleh penghasilan tambahan.  

Meskipun hanya bermodal perangkat plus internet, menjadi penulis lepas cukup menguntungkan. Bahkan beberapa penulis advanced bisa mencapai angka jutaan per bulan. Namun, bagi pemula pendapatan bisa bervariasi, tergantung berapa banyak tulisan yang Anda hasilkan.

Dari mana Anda bisa memulai bisnis sebagai freelance writer? Jooble salah satunya. Anda juga bisa mencoba peruntungan di Fiverr, Upwork, atau Toptal. Beberapa platform asli Indonesia juga ada, misalnya Sribulancer, Gobann, dan Freelancer Indonesia. 

Bagaimana cara memulai? Buat personal branding dan promosikan diri Anda melalui berbagai media. Jangan lupa pula cantumkan portofolio hasil tulisan Anda.

13. Jasa Desainer Freelance
bisnis-online-tanpa-modal
foto: idntimes.com

Menjadi freelancer tidak hanya sebatas menulis saja. Para desainer bisa mencoba bisnis digital dalam hal pembuatan logo, kaos, poster, undangan, dan lain lain. Mereka terkenal dengan nama desainer grafis.

Bisnis yang satu ini juga diperkirakan akan semakin booming untuk waktu yang akan datang. Keuntungannya lumayan, berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah per proyek.

Cobalah beberapa situs freelancer khusus untuk para desainer, seperti Projects atau PeoplePerHour. Atau bisa mengasah skill desain dengan mengikuti kontes di 99design. Apabila memenangkan kontes, lebih banyak dolar akan mengalir ke rekening Anda.

Apakah Anda salah satu ahli di bidang desain grafis? Manfaatkan platform media social untuk mempromosikan karya Anda dan dapatkan lebih banyak klien.

Alangkah baiknya jika Anda meningkatkan skill ke advanced dan mencoba peruntungan untuk menjadi desainer UI dan UX. Kedua aspek ini merupakan pekerjaan yang akan berkembang pesat di masa mendatang. 

14. Jasa Copywriting
bisnis-online-tanpa-modal
foto: qazwa.id

Kemampuan soft selling kini menjadi lahan bisnis yang makin populer di dunia online marketing. Jika Anda memiliki skill untuk menggaet konsumen dengan kata-kata, coba buka jasa layanan copy writing.

Copywriting adalah teknik mempromosikan sebuah produk atau layanan lewat tulisan baik di media digital maupun cetak. 

Apakah Anda tertarik? Selain tidak membutuhkan modal banyak, bisnis ini ternyata juga menguntungkan dan cukup prospektif. Namun setidaknya, Anda perlu menguasai teknik penulisan copywriting dan melakukan personal branding dengan baik. 

15. Jadi Asisten Virtual
bisnis-online-tanpa-modal
foto: sevag.org

Apakah Anda ahli dalam bersosial media tapi tidak suka tampil di depan layar? Nah, jika Anda ingin menambah penghasilan, bisa mencoba bisnis asisten virtual.

Asisten virtual membantu para entrepreneur, pebisnis, artis hingga eksekutif dalam mengelola kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka. Sebagai asisten virtual, Anda bertanggung jawab menangani seluruh kegiatan klien.

Meskipun terdengar melelahkan, bisnis ini cukup menarik karena seluruh pekerjaan dilakukan secara online. Di samping itu, pendapatan yang Anda peroleh dari bisnis ini cukup menjanjikan.

16. Jadi Apps Developer
bisnis-online-tanpa-modal
foto: sharepowered.com

Apps developer adalah para ahli dalam mendesain dan mengembangkan sebuah aplikasi pada perangkat seluler. Bisnis pembuatan aplikasi kini sedang naik daun. Terbukti ada ribuan aplikasi terdaftar di Google Playstore per harinya. 

Data menunjukkan ada sekitar 5,22 miliar pengguna handphone di seluruh dunia, 338,2 juta diantaranya berasal dari Indonesia. Hal ini menjadi alasan bisnis pembuatan aplikasi sangat menggiurkan dan akan semakin menjamur ke depannya. 

Modal awal untuk terjun di bidang apps developer adalah menguasai pemrograman dan coding. Selebihnya, kreatifitas dan skill membaca pasar juga sangat mendukung.

17. Jual Foto (Fotografi)
bisnis-online-tanpa-modal
foto: kerjalepas.com

Satu dari sekian bisnis online untuk pelajar yang nyaris tidak butuh modal besar, yaitu menjual foto. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia fotografi. Bukan hobi foto-foto, tapi memotret objek dan mendapatkan hasil jepretan yang estetik.

Jika Anda seorang fotografer, manfaatkanlah hasil jepretan Anda untuk menambah pundi-pundi uang. Anda bisa bergabung di beberapa platform online seperti Pixabay, Alamy, Etsy, iStockphoto, Shutterstock, Crestock, FotoMoto, dan banyak lagi.

Situs semacam itu menjadi lapak penjualan foto. Anda bisa mengunggah karya dan mendapatkan insentif dari unggahan foto Anda. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh lebih banyak pemasukan jika ada klien yang tertarik dengan karya Anda.

Jualan hasil fotografi bukan sekedar memotret dan mengunggah saja. Anda juga perlu melakukan riset terhadap kebutuhan foto yang sedang trending di pasaran.

18. Bisnis Uang Kripto / Cryptocurrency
bisnis-online-tanpa-modal
foto: blackexperience.com

Pernah dengar istilah satu ini? Mungkin masih agak asing bagi Anda. Namun, tentu tidak dengan Bitcoin. Baik Kripto dan Bitcoin, keduanya memiliki keterkaitan. Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency.

Bisnis online yang satu ini lebih ke trading uang digital atau uang kripto. Jadi, tentu bukan tanpa modal. Butuh modal yang lumayan plus keahlian dalam melakukan perdagangan uang kripto.

Maka dari itu, bisnis kripto kurang recomended bagi Anda yang masih belum memiliki pengalaman di bidang ini. Selain lebih rumit, bisnis kripto memiliki volatilitas tinggi dan riskan. Maksudnya ada kemungkinan untuk untung banyak atau rugi sama sekali.

19. Jadi Reseller
bisnis-online-tanpa-modal
foto: blog.amartha.com

Selain menjadi dropshipper, bisnis tanpa modal sepeserpun bisa Anda lakukan dengan menjadi seorang reseller. Apa bedanya? Reseller menjual barang milik orang lain tanpa membawa nama atau brand pribadi.

Lebih dari itu, konsep dropshipper dan reseller pun sama. Langkah untuk menjadi reseller cukup sederhana. 

Tentukan produk yang hendak Anda jual terlebih dahulu lalu buat akun pada situs jualan online, bisa di website atau media social.

Anda tinggal mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan. Beberapa reseller ada yang memilih untuk mengelola pengiriman barang sendiri. Namun hal ini opsional, tergantung bagaimana kesepakatan Anda dengan pihak ketiga (perusahaan).

20. Jasa Penerjemah
bisnis-online-tanpa-modal
foto: ciklopea.com

Jika Anda menguasai Bahasa asing semisal Korea, Inggris, dll, inilah saatnya melebarkan peluang bisnis.  Bisnis penerjemahan masih sangat berpotensi saat ini. Jasa translator selalu dibutuhkan entah itu di dunia pendidikan, jurnalis sampai entertainment.

Beberapa metode bisa Anda coba untuk memulai usaha penerjemahan. Misalnya menjadi freelancer translator atau penerjemah lepas untuk projek artikel, subtitle, dan sebagainya.

Kenali beberapa platform untuk freelancer penerjemah seperti Fast Work, Freelancer, Upwork, atau Crowdsource. Bisa juga dengan self branding melalui promosi di media sosial milik Anda pribadi.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah memiliki sertifikasi penerjemah atau join komunitas tertentu. Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) misalnya.  Di komunitas seperti itu Anda bisa melebarkan koneksi sekaligus menambah pengetahuan.

21. Jadi Agen Properti
bisnis-online-tanpa-modal
foto: intiland.com

Selanjutnya, Anda bisa berbisnis digital tanpa modal dengan menjadi seorang agen properti. Bagaimana mungkin? Kenapa tidak. Di era ini, hampir Sebagian besar masyarakat melakukan kegiatan secara online.

Mungkin di tahap awal Anda memang perlu bergerak untuk mengadakan survey properti. Berbeda jika Anda sudah menjadi agen yang populer dan terpercaya. Para klien tidak akan ragu lagi meminta Anda untuk mengelola bisnis mereka.

Anda pun tinggal melakukan marketing secara online. Lebih mudah menjalankan bisnis berprofit tinggi ini dengan santai dari mana saja dan kapan saja. 

22. Jadi Admin Media Sosial (SMM Manager)
bisnis-online-tanpa-modal
foto: hipwee.com

Menjadi admin media sosial menjadi ladang bisnis yang subur saat ini dan seterusnya. Bagaimana tidak? Banyak brand kecil hingga perusahaan besar bermunculan dan hampir seluruhnya menggunakan media sosial.  

Hal ini berdampak pada tingginya kebutuhan skill SMM atau social media management. Apa yang Anda lakukan ketika menjadi SMM manager? Salah satunya adalah mengelola konten digital dan menjalin interaksi dengan audiens.

Maka dari itu, bisnis ini membutuhkan skill khusus dalam pengelolaan saluran medsos layaknya Instagram, Twitter, Youtube, Facebook, dan kawan kawan. Bukan sekedar konsisten memposting foto, video atau menulis caption saja. 

Seorang admin juga wajib mencari peluang lewat sosmed dan menemukan strategi baru untuk ekspansi bisnis.

23. Jasa Teknis Digital (Online Tech)
bisnis-online-tanpa-modal
foto: dhadigital.com

Meski saat ini masih terhitung jarang, bukan tidak mungkin jika ke depannya pekerjaan teknisi digital merebak di pasaran. Menjadi online tech berarti Anda menawarkan skill sebagai ahli teknologi. 

Tugasnya bisa bermacam-macam. Mulai dari tugas sepele seperti mengetik atau upload gambar hingga yang paling rumit misalnya mengembangkan UI dan UX.

Untuk memulai, Anda bisa sebagai freelancer dan mencari pekerjaan di situs freelance seperti Upwork atau Sribulancer. Namun, Anda bisa mengupdate skill agar dilirik oleh perusahaan besar atau bahkan memiliki klien pribadi.

24. Bisnis Konsultan Online
bisnis-online-tanpa-modal
foto: sasanadigital.com

Di jaman teknologi canggih, nyaris semua lini kehidupan berbasis digital. Jadi, sangat mungkin untuk melakukan bisnis konsultan secara daring.

Apakah Anda memiliki skill atau pengetahuan pada ranah tertentu? Ekonomi, hukum, kesehatan, atau teknologi misalnya. Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membantu klien menyelesaikan masalah mereka secara online. 

Perlu Anda ingat, untuk menjadi konsultan online Anda harus memiliki sepak terjang yang mumpuni. Selain cukup pengalaman, personal branding juga memegang peranan penting. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menggaet klien sebanyak mungkin untuk memakai jasa konsultasi Anda.

Platform media social merupakan saluran yang paling mudah untuk pemula. Manfaatkan berbagai platform pribadi Anda untuk membangun branding yang baik di mata audiens.

25. Bisnis Online di Facebook

Facebook merupakan salah satu alternatif terbaik untuk memulai bisnis digital. Terdapat 3,3 miliar pengguna Facebook di seluruh dunia dan 140 juta di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, Anda pasti setuju bahwa platform ini adalah ladang bisnis yang sangat subur.

Lantas, bagaimana Anda berbisnis di saluran ini? Ada banyak alternatif, mulai dari menjual barang atau layanan lewat postingan, membangun grup dan endorsement. Yang paling penting Anda harus memiliki banyak follower terlebih dahulu.

Jika follower sudah berkembang, Anda bisa memanfaatkan grup baik itu gratis atau berbayar. Biasanya di Facebook terdapat grup berdasarkan hobi. Misalnya, memancing, memasak, game, dan lain lain. Nah, dari grup itulah sumber penghasilan Anda bermulai.

Anda bisa menawarkan jualan di grup tersebut atau mempromosikan barang atau link milik orang lain. Strategi ini termasuk endorsement dan sangat efektif jika Anda sudah memiliki personal brand yang kuat.

26. Bangun Grup Berbayar

Jika berbicara soal Facebook, tak lengkap rasanya jika melewatkan bisnis satu ini, yaitu membangun grup berbayar. Grup berbayar bisa menjadi bisnis online tanpa modal hasil melimpah.

Metode ini hampir mirip dengan tutor online. Bedanya sistemnya lebih private, orang bisa masuk hanya jika diundang oleh pemilik atau member grup.

Anda perlu memiliki keahlian atau hobi tertentu sebelum membangun sebuah grup berbayar. Sebagai contoh, keahlian dalam membangun web, blog, mengelola saham, melatih coding, dll.

Biasanya orang hanya akan mengikuti grup yang memberikan profit bagi mereka. Jadi, maksimalkan grup Anda dengan menyajikan kualitas.

27. Facebook Ads

Selain beberapa pilihan di atas, membangun bisnis online di Facebook juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan iklan atau Facebook Ads.

Memanfaatkan Facebook Ads untuk berbisnis adalah langkah tepat karena hampir setiap pengguna medsos memiliki Facebook. Hanya saja, cara ini bukan sepenuhnya tanpa modal karena tidak gratis. Di samping modal uang untuk iklan, Anda juga butuh strategi khusus ketika ingin menggunakan iklan Facebook.

Namun, fitur FB Ads terbilang cukup worth it. Karena Anda bisa mengiklankan produk atau layanan ke target audiens secara langsung dan lebih tepat sasaran.

Ada banyak informasi yang bisa Anda pilih untuk beriklan. Misal berdasarkan info demografis, usia, lokasi, jenis kelamin hingga aktivitas pengguna.

28. Bisnis Online di Telegram

Sama seperti Facebook, Telegram bisa menjadi saluran bisnis online yang sangat menguntungkan. Aplikasi berpower besar ini telah mencapai pengguna 100 juta dan akan terus bertambah setiap waktu.

Bagaimana menghasilkan uang dari Telegram? Salah satunya dengan membangun grup, baik berbayar atau gratis. Sudah banyak trader forex dan kripto memanfaatkan platform ini untuk memperoleh sinyal transaksi bisnis mereka.

Benefit lain berbisnis via Telegram adalah kemudahan berkomunikasi dengan klien dan kemungkinan untuk menjangkau klien secara luas. Hal lain yang bisa Anda lakukan meliputi:

  • Promosi produk
  • Brand atau produk awareness
  • Jual beli online
  • Meningkatkan traffic web.
  • Dll.

29. Bisnis Online di Instagram

Membahas usaha online lewat Instagram tidak akan lepas dari endorsement. Instagram adalah platform berbasis gambar sehingga menjadi metode paling tepat untuk promosi produk.

Tak tanggung-tanggung, pendapatan dari endorsement bisa mencapai angka fantastis jika Anda adalah seorang public figur atau influencer. 

Contohnya, Raditya Dika atau Syahrini yang sampai menyentuh angka milyaran rupiah dari endorsement saja.

Tapi jangan Anda pikir sederhana ya. Tentu butuh modal untuk memperoleh prestasi serupa. Melakukan endorse dengan bayaran mahal butuh tenar dan follower yang banyak.

Jika cara tersebut kurang memungkinkan bagi Anda, bisa mencoba jualan atau bisnis online lewat Instagram. Sudah ada banyak sekali brand baru dan UMKM yang memanfaatkan platform Instagram untuk media marketing mereka.

30. Bisnis Online di Tik Tok

Tidak dipungkiri jika Tik Tok kini muncul sebagai salah satu platform media sosial favorit di Indonesia. Tik Tok hadir dan bersaing dengan saluran lain seperti Instagram dan Youtube. Bayangkan, ada sekitar 30,7 juta pengguna Tik Tok, itu baru di Indonesia.

Sementara Tik Tok mampu menjangkau pasaran internasional yang jumlahnya pasti lebih banyak. Lalu, apa bisnis online pas melalui Tik Tok? Sama seperti Youtube, Anda membuat konten video. Bedanya video Tik Tok hanya berdurasi maksimal 1 menit.

Untuk menghasilkan uang, Anda perlu viral dan memiliki banyak follower terlebih dahulu. Jika sudah begitu, akan ada banyak tawaran endorsement. Anda juga bisa mendapatkan gaji Tik Tok melalui video sponsor.

Meskipun demikian, Anda harus selalu camkan bahwa bisnis digital tidak sesederhana seperti yang terlihat. Selalu ada perjuangan, konsistensi, kreativitas dan pengorbanan untuk mencapai sukses.

31. Afiliasi dengan Amazon

Ide bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba mulai tahun 2021 dan seterusnya adalah berafiliasi dengan Amazon. Ya, Anda melakukan kerja sama marketing afiliasi dengan perusahaan terkenal Amazon.

Amazon merupakan perusahaan Amerika yang berfokus pada perdagangan online dengan profit terbanyak di dunia. Apakah mungkin mengadakan affiliate marketing dengan Amazon? Kenapa tidak.

Sudah banyak pemain Indonesia mencoba bisnis ini. Syarat utamanya adalah Anda harus memiliki niche atau blog yang memakai Bahasa Inggris. Selain itu, Anda juga perlu mendaftar menjadi Amazon Affiliate terlebih dahulu.

Tidak sulit untuk diterima. Asal trafik blog Anda baik, Anda pasti akan masuk menjadi salah satu anggota afiliasi Amazon. Keuntungan berafiliasi dengan trader internasional ini cukup tinggi karena menggunakan patokan dolar.

Namun, Anda harus selalu update dan memastikan ada transaksi dalam minimal kurun waktu 6 bulan. Jika tidak, pihak Amazon biasanya akan memblokir akun dan secara otomatis menghentikan program afiliasi.

32. Jadi Influencer

Anda berbakat di depan publik? Coba manfaatkan bakat tersebut untuk berbisnis di ranah influencer. Untuk menjadi influencer tidak harus seorang artis. Nyatanya, banyak influencer berpenghasilan dari endorsement dan promosi produk di sosial media.

Tahukah Anda? Influencer menjadi salah satu metode digital marketing yang pasti dibutuhkan di masa mendatang. Peluang bisnis ini pun sangat menjanjikan. Terlebih jika Anda sudah viral dan terkenal.

Ada beberapa level influencer dengan tingkat pendapatan berbeda-beda tentunya. Mulai dari nano, mikro, makro, sampai influencer premium. 

Nah, Anda bisa mulai dari level nano terlebih dahulu dengan cara bergabung di beberapa platform influencer seperti Allstars, LEMON atau PopStar.

33. Buat Produk Digital

Di era industri kreatif, produk digital menjadi ladang bisnis baru yang semakin menjanjikan. Meski memang pembuatan produk ini membutuhkan skill khusus dan pengalaman.  

Namun, apa salahnya Anda meluangkan waktu untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan produk digital serta menyesuaikan zaman. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan yang mungkin akan lebih besar dari gaji bulanan Anda.

Beberapa produk digital yang kini tengah marak di pasaran yaitu:

  • Ebook
  • Course
  • Template website
  • Desain logo / poster
  • Foto
  • Audio dan video
  • Audio book
  • Software
  • Hosting dan domain
  • Ilustrasi
  • Dll.

Sementara Teknik penjualan produk digital bisa bervariasi. Sebagai pemula, Anda bisa memanfaatkan akun media sosial atau blog untuk membuka toko. 

Di samping itu, Anda juga bisa mencoba beberapa platform yang menyediakan transaksi produk digital.

Beberapa diantaranya adalah Picfair, Luvly, MOJO, Canva, Shapeways, Iconfinder, dan masih banyak lagi.

34. Sponsor Instagram

Anda suka memotret atau memiliki bakat fotografi? Sembari menjalani hobi, Anda bisa mencoba mengikuti program Instagram Sponsorship.

Program ini sangat rekomended jika Anda ingin berbisnis di Instagrams sekaligus membangun follower. Dengan posting gambar menarik dan relevan serta aktif di Instagram, kemungkinan jumlah follower akan meningkat secara berkala.

Hal ini membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi sponsor Instagram dan menghasilkan uang dari platform tersebut. Sebagai contoh, misal Anda seorang chef dan fokus pada konten masakan, bisa saja Anda menjadi sponsor produk seperti bumbu dapur, cookware, atau bahan makanan.  

Apakah Anda tertarik? Pasti akan sangat menyenangkan bila hobi dan passion mampu menghasilkan pundi-pundi uang.

35. Jualan Online di Sosial Media

Menjadi alternatif bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang mudah, murah dan praktis. Berjualan online memang menjadi bisnis simpel favorit banyak orang.

Baik tua atau muda, pengangguran hingga karyawan, ibu rumah tangga sampai pelajar pun banyak yang melirik bisnis online satu ini. 

Banyak orang menjadikannya sebagai bisnis sampingan. Tak sedikit pula yang menyambung hidup dari usaha ini.

Jualan online sangat mudah dilakukan, sementara keuntungannya bervariasi. Besar kecilnya profit tergantung pada skala penjualan yang Anda lakukan.

Metode yang digunakan juga bermacam-macam. Dari cara sederhana dengan menawarkan barang di sosial media, menjadi reseller, dropshipper sampai membangun produk dan brand sendiri.

Anda bisa memanfaatkan media seperti Whatsapp, Telegram, Facebook atau Instagram untuk berjualan. Barang yang dijual beragam, bisa makanan, minuman, pakaian, fashion, baik produk lokal maupun internasional.  

Yang menjadi faktor penting Ketika berjualan online adalah ketelatenan dan usaha maksimal agar hasilnya memuaskan.

36. Ikuti Survey Berbayar

Survey berbayar menjadi opsi terbaik untuk pemula yang ingin mencari uang melalui internet. Metode ini dianggap paling mudah dan nyaris tanpa modal sedikitpun.

Bagaimana tidak? Anda hanya perlu mengisi survey online dan mendapatkan komisi. Hanya saja keuntungan yang Anda peroleh juga tidak besar. Survey berbayar sangat cocok Anda jadikan pekerjaan sampingan untuk memperoleh pemasukan tambahan.

Bagaimana cara mengikuti program survey online berbayar? Gampang saja. Anda tinggal membuat akun di beberapa platform tertentu. Lalu  mengisi setiap survey yang mereka tawarkan. 

Beberapa platform online survey sebagai referensi Anda adalah:

  • Yougov
  • Surveyon
  • Inbox Dollars
  • Prizerebel
  • Vindale Research
  • Dll.

37. Jadi Forex Trader

Apa itu forex trader? Forex merupakan istilah yang merujuk transaksi jual beli mata uang asing yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki broker forex.

Anda membutuhkan modal untuk melakukan bisnis online yang satu ini. Meskipun banyak yang menganggap Forex cukup ramah bagi pemula, bermain trading forex tak luput dari resiko.

Apalagi jika Anda menggunakan modal banyak, resiko justru akan semakin tinggi. Sehingga bisnis ini tidak begitu disarankan jika Anda belum mendalami bisnis valas.

Sebaiknya kuasai terlebih dahulu seluk beluk trading forex sebelum menekuninya. Anda bisa menyewa mentor atau partner yang akan mengajari Anda. Atau bisa juga dengan belajar otodidak dari video dan artikel yang ada di Youtube dan Google.

Bisnis mudah dari rumah ternyata bukan hanya mimpi. Dengan kecanggihan teknologi dan pesatnya informasi, semua hal bisa dilakukan secara digital, termasuk bisnis.

Di atas kami sudah merangkum 37 cara bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan mulai tahun 2021 sampai seterusnya. Apakah Anda tertarik mencoba bisnis di dunia digital? Yuk tentukan segera bisnis idaman Anda dan raih kesuksesan Anda.