30+ Inspirasi Usaha Modal Kecil, Pemula Juga Bisa!

30+ Inspirasi Usaha Modal Kecil, Pemula Juga Bisa! image

Banyak orang yang ingin memulai bisnis untuk mendapatkan penghasilan, mungkin salah satunya Anda. Tapi salah satu hal yang ditakuti adalah keluarnya modan dan kerugian. Dewasa ini, banyak jenis usaha modal kecil sebagai untuk pemula.

Bagi Anda yang masih takut mengeluarkan modal awal terlalu banyak, berikut 30 inspirasi usaha dengan modal kecil.

1. Reseller
usaha-modal-kecil
foto: blog.amartha.com

Saat ini banyak merek yang sudah memiliki banyak konsumen. Namun, beberapa dari merek tersebut tidak tersebar di seluruh Indonesia atau cukup sulit terjangkau dari kota Anda. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi reseller merek tersebut.

Anda bisa menjual kembali barang-barang yang diperjual belikan dari toko tersebut. Misalnya, Anda pergi ke pasar Tanah Abang untuk daerah Jakarta, pasar Beringharjo untuk wilayah Yogyakarta, dan tempat lainnya untuk mendapatkan barang dengan harga jauh lebih murah.

Walau mereka juga melakukan pengiriman keluar kota, dengan Anda menjadi reseller atau membeli grosir akan ada harga spesial yang diberikan.

Maka dari itu, memperketat pengeluaran biaya untuk modal, saat mengambil barang tertentu sebaiknya dilakukan dalam jumlah besar.

Walau hanya reseller, jangan lupa untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Fasilitas tertentu juga bisa ditambahkan, misalnya bebas ongkir dengan minimal pembelian atau Cash on Delivery (COD).

2. Dropshipper
usaha-modal-kecil
foto: maucash.id

Jika menjadi reseller dirasa masih berat, Anda bisa menjadi dropshipper. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil. Anda tak perlu membawa atau membeli barang dagangan dari suatu toko.

Dropshipper cukup menjual kembali barang dagangan kepada konsumen dengan cara share foto atau video, atau dari mulut ke mulut. Anda juga tak perlu khawatir terkait pengiriman karena akan dilakukan oleh si empunya toko.

Agar tak mengecewakan konsumen yang membeli barang tersebut kepada Anda, ada baiknya Anda sudah menggunakan terlebih dahulu. Hal ini juga akan menunjang pengetahuan Anda terhadap produk.

Misalnya, Anda menjual produk kecantikan seperti masker wajah. Cara Anda menawarkan kepada konsumen akan berbeda ketika Anda sudah pernah mencobanya sendiri. Pengalaman Anda bisa menjadi suatu nilai jual, sehingga konsumen lebih percaya.

Menghindari sesuatu yang tak diinginkan, Anda juga harus memastikan bahwa penjual bisa dipercaya. Jangan sampai uang Anda hilang begitu saja pada orang tak bertanggung jawab.

3. Jasa Titip
usaha-modal-kecil
foto: enterpreneur.bisnis.com

Kali ini hanya dengan jalan-jalan dan belanja, Anda bisa mendapatkan uang tambahan. Anda bisa menjadi jasa titip (jastip) bagi orang-orang yang membutuhkan barang di lokasi tujuan Anda. Ini juga cocok untuk Anda yang bekerja di bidang travelling.

Saat keluar negeri mungkin peluang Anda lebih  besar, walau begitu usaha modal kecil ini bisa dilakukan baik luar negeri atau dalam negeri.

Tak semua orang memiliki banyak waktu untuk pergi jalan-jalan. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan dengan membagikan itinerary Anda selama berada di Negara tersebut.

Anda bisa membelikan barang-barang yang dibutuhkan dan menambahkan biaya jastip. Kalau Anda berada di luar negeri, jangan lupa untuk menghitung biaya bagasi atau lainnya.

4. Kue Kering
usaha-modal-kecil
foto: kompas.com

Bagi Anda yang hobi membuat kue kering, ini bisa menjadi bisnis Anda. Modal yang dikeluarkan yaitu untuk bahan-bahannya saja. Ini bisa menjadi usaha modal kecil menjanjikan karena peminat kue kering cukup banyak.

Agar kue kering yang Anda jual belikan tidak mainstream, kreasikan resep terbaik Anda dengan kue kering di Korea Selatan, Jepang, atau lainnya. Ini akan menambah nilai jual karena keunikan tersebut. Resep tersebut bisa Anda dapatkan dari media sosial.

Saat ini fokus masyarakat Indonesia saat beragam. Selain memilih jenis kue kering seperti apa yang akan Anda jual, lihat pula pasar Anda. Jika Anda menyasar konsumen yang peduli kesehatan, ada baiknya kue kering dibuat gluten-free atau dari bahan vegan.

Harus diperhatikan bahwa konsep tersebut harus terbentuk. Hal ini akan memudahkan Anda memasarkannya pada konsumen serta menjadi sebuah nilai jual dan keunikan tersendiri.

5. Makanan Siap Santap
usaha-modal-kecil
foto: mediaindonesia.com

Melihat pasar para pekerja yang berangkat pagi dan pulang larut, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menjual makanan siap santap di titik keramaian.

Makanan siap santap merupakan salah satu usaha modal kecil menjanjikan. Apalagi jika lokasi usaha berada di tempat strategis seperti dekat halte atau stasiun. Karyawan akan menyempatkan sarapan atau makan malam di tempat Anda.

Usahakan untuk membuat makanan siap santap yang home made dan sehat. Ini akan menambah keinginan mereka untuk membeli. Pasalnya, saat ini kesehatan menjadi hal penting yang sangat diperhatikan.

Makanan siap santap merupakan makanan ‘ready to go’ yaitu siap dimakan sambil perjalanan. Tak dipungkiri, terutama saat pagi para karyawan banyak yang terburu-buru berangkat karena mengejar angkutan umum.

Anda bisa terinspirasi dari makanan siap santap seperti onigiri, kimbab, arem-arem, lemper, dan sebagainya. Kreasikan makanan siap santap dengan lauk yang menggugah selera.

6. Lauk Ringan
usaha-modal-kecil
foto: hipwee.com

Bukan makanan ringan, melainkan lauk ringan. Anda bisa berbisnis dengan menjual lauk tetapi bukan sebagai menu utamanya. Lauk ringan yang dimaksud misalnya kremes, teri kentang mustofa, bawang goreng,  dan sebagainya. Walau hanya sebagai pelengkap, jenis makanan ini kerap dicari.

Usaha modal kecil makanan seperti ini banyak diminati karena biaya yang dikeluarkan tak banyak. Anda hanya perlu memiliki resep terbaik untuk berbisnis makanan ini. Tentukan juga pasar yang tepat, misalnya anak kost atau keluarga sekalipun.

Makanan pelengkap seperti ini memang sudah banyak dijual, tetapi Anda bisa memberikan keunikan tersendiri. Hal ini dilakukan agar apa yang Anda sajikan berbeda dengan orang lain.

Jangan lupa untuk memilih kemasan yang tepat. Usahakan agar makanan yang telah dibuka tetap gurih dan renyah. Walau sedikit, orang akan membeli berkali-kali sebagai pelengkap dan penambah nafsu makan.

7. Makanan Vacuum
usaha-modal-kecil
foto: kemasansinergy.com

Layanan antar makanan yang saat ini tersebar di mana-mana, membuktikan bahwa tak semua orang suka memasak. Orang lebih menyukai sesuatu yang simple dan cepat. Tak ada salahnya Anda menyajikan makanan vacuum.

Makanan atau lauk vacuum akan lebih diminati karena persiapannya yang cepat dan mudah. Mereka hanya perlu memasak tiga sampai lima menit lalu menyantapnya bersama keluarga.

Anda perlu menyajikan makanan yang beragam. Jika ada bermacam lauk, ini memungkinkan konsumen untuk stock beberapa jenis makanan yang Anda buat. Usahakan untuk selalu menggunakan bahan makanan yang fresh agar tahan lama.

Selain keberagaman jenis, pelajari pula terkait vacuum makanan. Sehingga, saat konsumen menanyakan cara penyimpanan dan sebagainya bisa Anda atasi dengan baik.

8. Aneka Sambal Instan
usaha-modal-kecil
foto: detik.com

Orang Indonesia juga terkenal dengan kecintaannya terhadap olahan cabai. Sebab itu, sambal menjadi makanan pelengkap yang sangat dicari dan disukai. Usaha modal kecil aneka sambal bisa menjadi salah satu pilihan.

Selain banyak yang suka, olahan sambal di Indonesia juga beraneka ragam. Bahkan tak sedikit tempat makan yang menawarkan puluhan jenis sambal.

Membuat berbagai olahan sambal yang sekaligus bisa dijadikan lauk, akan sangat menarik.Misalnya sambal paru, sambal cumi, sambal teri, sambal tempe, dan sebagainya. Apalagi jika sambalnya disimpan dalam kemasan instan, jadi lebih mudah untuk mengkonsumsinya.

Kenali juga cara penyimpanan dan pemakaian yang tepat agar sambal instan jualan Anda tidak mudah basi. Sehingga, bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

9. Frozen Food
usaha-modal-kecil
foto: dikemas.com

Mirip dengan makanan siap saji, frozen food juga menjadi jenis makanan yang diminati. Usaha modal kecil makanan jenis ini akan membantu orang yang cukup sibuk. Apalagi jika mereka kurang waktu untuk menyiapkan makanan dengan bahan yang beragam.

Frozen food yang biasa dijual di pasaran adalah nugget, kentang, bitterballen, dan lainnya. Ketika Anda memilih membuka usaha frozen food dan membuat nugget, kreasikan resepnya. Anda bisa membuat nugget brokoli, nugget jagung, dan sebagainya yang lebih sehat.

Modal usaha yang digunakan juga cukup kecil, tetapi Anda harus siap freezer dengan kapasitas cukup besar untuk stok penjualan.

Pastikan tekstur makanan Anda tidak berubah ketika sudah menjadi frozen food. Ada baiknya Anda mempelajari tentang pengemasan. Pilih kemasan yang sesuai budget dan mudah untuk penyimpanan serta ramah lingkungan.

10. Makanan Ringan
usaha-modal-kecil
foto: blog.anteraja.id

Walau tak mengenyangkan, camilan menjadi salah jenis makanan yang tak habis penggemar. Apalagi jika camilan ‘kriuk’ sehingga menyenangkan saat dimakan. Berjualan camilan juga cocok sebagai usaha modal kecil untuk pelajar.

Sembari sekolah Anda bisa menawarkan teman-teman Anda untuk mencicipi camilan yang Anda jual. Harga camilan juga tak besar, sehingga masih cocok jika dijual kepada siswa siswi. Beberapa camilan yang bisa dijual di sekolah antara lain berbagai jenis kerupuk, makaroni, risoles, pastel, dan sebagainya.

Menjual jenis makanan ini juga tak membutuhkan modal besar. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau menjajakan buatan orang lain. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam mengambil barang, sehingga tidak terjadi kerugian besar.

11. Dessert Box Buah
usaha-modal-kecil
foto: herstory.co.id

Makanan manis rasanya cocok untuk dinikmati sore hari, sambil menemani bersantai. Sekarang ada banyak  dessert box yang dijual, agar berbeda Anda bisa berkreasi membuat dessert dari buah-buahan.

Bahan utama dessert buah adalah susu, buah, dan pudding yang bisa ditemukan secara mudah dan murah. Pastikan buah yang Anda gunakan segar dan tidak terlalu matang.

Selain dikonsumsi saat bersantai, dessert box juga cocok menjadi jamuan acara. Anda bisa mulai memasarkan pada keluarga atau tetangga yang akan memiliki acara. Sehingga, bisnis tersebut bisa berkembang melalui word of mouth juga.

Pemasaran secara word of mouth sangat penting. Pasalnya, ini adalah review atau testimoni pembeli secara langsung. Jadi, selain memasarkan melalui media sosial, memaksimalkan juga word of mouth dari orang terdekat.

12. Catering Diet Sehat
usaha-modal-kecil
foto: nasikotakindonesia.com

Catering bisa menjadi salah satu usaha modal kecil untung besar. Bahan makan yang diperlukan adalah buah dan sayur. Jika membutuhkan daging pun tak sebanyak porsi makan orang yang tidak diet.

Banyak orang yang concern dengan diet sehat, namun bingung menu makanan apa yang cocok untuk dimakan setiap harinya. Sayangnya, mereka juga tak bisa sembarangan makan makanan melalui jasa online.

Tak ada salahnya untuk membuka usaha catering diet sehat. Sajikan makanan berat dengan pembuatan yang sehat dan higienis. Variasi menu setiap harinya akan sangat menunjang minat calon konsumen Anda.

Pelajari juga tentang pengolahan makanan sehat. Makanan sehat identic dengan sesuatu yang hambar dan membosankan. Buatlah sesuatu yang baru dengan pengolahan yang lebih menggugah selera.

Perhatikan juga jumlah kalori setiap konsumen dan makanan yang Anda buat. Pastikan semuanya telah sesuai keinginan.

13.  Jus Sehat
usaha-modal-kecil
foto: njajan.com

Selain makanan makanan sehat, beberapa orang membutuhkan jus sehat. Saat ini sedang hype dan banyak dilakukan oleh orang-orang, yaitu membuat jus sayur. Anda bisa coba membuat berbagai campuran resep jus sayur untuk dijadikan usaha modal kecil minuman.

Biasanya mengonsumsi sayur sehari-hari hanya dari makanan, tapi sekarang bisa dinikmati dengan di jus. Kebanyakan orang mengonsumsi ini agar asupan sayuran sehari-harinya tidak kurang. Resepnya pun sudah banyak dibagikan di sosial media.

Modal yang dibutuhkan juga kecil karena sayuran bisa didapatkan di mana saja. Bisa dikatakan harga sayuran juga tak mahal. Pembuatannya pun tidak membutuhkan alat yang mahal, Anda bisa menggunakan blender biasa untuk mengolahnya.

14. Mie Pangsit
usaha-modal-kecil
foto: merdeka.com

Pecinta mie di Indonesia sangat banyak. Penjual mie pangsit juga menjadi makanan yang tak terhitung jumlahnya. Mulai dari mie pangsit gerobak hingga restaurant atau khas dari berbagai daerah, semuanya ada. Hebatnya, mie pangsit tidak pernah kehilangan penggemar.

Jika Anda senang membuat mie pangsit homemade, cobalah untuk jual ke orang lain. Mie pangsit merupakan usaha modal kecil karena Anda tak memerlukan banyak pengeluaran di awal. Apalagi jika hanya ingin jual rumahan.

Berjualan mie pangsit tak melulu harus memiliki gerobak atau rumah makan. Anda bisa berjualan dari rumah dan memasarkannya secara online.

Selain menciptakan rasa yang sulit dilupakan orang, perhatikan tekstur mie yang Anda jual. Jika diperhatikan, setiap penjual mie memiliki keunikan atau ciri khas pada tekstur mie. Inilah salah satu faktor konsumen kembali membeli dagangan Anda.

15. Café kopi
usaha-modal-kecil
foto: ottencoffee.co.id

Café kopi saat ini sudah tersebar di mana-mana membuat orang memiliki banyak pilihan. Tak ada salahnya jika Anda juga tertarik dengan kopi dan ingin membuat café serupa. Pastikan Anda memiliki menu andalan sebagai pembeda dengan café lainnya.

Tak perlu bingung jika Anda belum  memiliki tempat karena minimnya modal. Anda bisa memulai usaha ini dengan membukanya di depan rumah. Ambience yang ditawarkan pun menjadi tempat nongkrong rumahan, bisa membuat konsumen lebih betah serasa di rumah.

Membangun bisnis kopi rumahan Anda tetap harus memiliki peralatan dan perlengkapan yang memadai. Ini dilakukan agar cita rasa yang dimiliki walau di rumah, tapi tak kalah dengan yang di café lainnya. Sehingga, usaha Anda tetap menjual dan menarik.

Jika Anda sudah memiliki tempat yang dirasa strategis, tak ada salahnya membangun usaha di tempat tersebut. Namun, pikirkan matang-matang terkait konsep rasa dari kopi hingga desain interior yang akan ditawarkan kepada konsumen.

16. Bumbu Dapur
usaha-modal-kecil
foto: popmama.com

Bumbu dapur di kini semakin beragam jenisnya. Jika dulu hanya mengenal garam, sekarang ada garam Himalaya. Ini menjadi sebuah kemajuan untuk dunia dapur rumahan yang bisa menggunakan bahan-bahan lebih sehat.

Garam Himalaya adalah salah satunya, masih ada lagi jenis bumbu dapur baru. Mungkin tidak terlalu baru untuk dapur professional, namun bumbu-bumbu tersebut masih tergolong baru untuk dapur rumahan.

Jika Anda memahami dunia dapur, menjual bumbu dapur yang ‘tak biasa’ ini bisa sebagai ladang usaha. Anda bisa mendapatkan harga lebih murah dan re-package untuk dijual ke perorangan.

Modal yang dikeluarkan juga bisa menyesuaikan. Agar tak banyak modal yang keluar percuma, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan, bumbu dapur apa yang sedang dicari atau digunakan banyak orang. Kemudian, Anda bisa mulai untuk membeli stok lebih banyak.

17. Tanaman Hidroponik
usaha-modal-kecil
foto: merdeka.com

Sejak pandemic Covid-19, banyak orang yang senang dengan tanaman. Berhubungan dengan tanaman, Anda bisa memulai usaha modal kecil dengan membuat tanaman hidroponik.

Tanaman hidroponik tidak membutuhkan modal besar atau space besar di rumah Anda. Modalnya kecil karena bibit yang digunakan adalah sayur-sayuran yang Anda beli di pasar. Tapi, Anda perlu mengetahui jenis tanaman apa saja yang bisa ditanam dengan metode hidroponik.

Jenis tanaman yang mudah tumbuh dengan perawatan hidroponik antara lain sawi, seledri, selada, cabai, tomat, dan lainnya. Memulai usaha ini, Anda membutuhkan tempat tumbuhnya tanaman seperti pipa plastic.

Selain memahami jenis tanaman hidroponik, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk mempelajari cara perawatannya. Tanaman hidroponik menjadi naik daun karena dianggap lebih sehat. Bahkan dengan metode ini tanaman jadi tumbuh lebih cepat.

18. Stock Bahan Makanan
usaha-modal-kecil
foto: koran.tempo.co

Berbisnis rumahan dengan modal kecil tak hanya bisa dilakukan oleh yang mahir memasak. Anda yang bisa memiliki stok bahan makanan, bisa coba usaha stok bahan makanan.

Anda yang memahami jenis-jenis daging, bisa membuat usaha modal kecil berbagai jenis daging siap olah. Mirip seperti frozen food, stock bahan makanan ini bisa Anda jual tanpa bumbu alias mentah.

Jika Anda tertarik menjual daging sapi, Anda bisa menjual dengan berbagai potongan. Misalnya slice, steak, cube, dan sebagainya. Anda juga perlu pengetahuan bagian-bagian sapi mana saja yang cocok untuk dibuat makanan tertentu.

Menjual daging sapi slice akan begitu memudahkan calon konsumen yang ingin BBQ di rumah. Sebagai tambahan, tak ada salahnya Anda menjual berbagai jenis bumbu marinasi dengan resep rahasia. Dengan begitu Anda akan merasakan usaha modal kecil untung banyak.

Jika Anda belum ingin menguras kantong untuk membeli freezer dengan ukuran besar, Anda bisa memanfaatkan freezer di rumah.

Ketika stok sudah semakin banyak jangan paksakan menggunakan space kecil. Selain bisa merusak freezer, kinerja freezer juga tidak maksimal.

19. Sleep Wear
usaha-modal-kecil
foto: rukita.co

Tak hanya baju untuk bepergian, saat ini produksi baju tidur juga semakin banyak. Bahkan desain yang dibuat semakin unik dan lucu.

Memproduksi baju tidur juga bisa menjadi salah satu opsi usaha modal kecil. Anda hanya perlu mencari kain yang tepat untuk dibuat baju tidur. Selanjutnya, carilah penjahit yang mengerti keinginan desain Anda.

Tak perlu memproduksi besar-besaran, Anda bisa menjahit motif atau model yang sama untuk 3-5 stel saja. Uniknya, jumlah kecil seperti ini akan membuat produksi Anda terkesan limited edition!

Jika Anda memiliki waktu cukup luang dan ingin memperkecil pengeluaran untuk modal, belajar menjahit juga bisa dilakukan. Apalagi saat ini sudah banyak mesin jahit yang penggunaannya lebih mudah, cocok untuk pemula

20. Hijab
usaha-modal-kecil
foto: liputan6.com

Penggunaan hijab di Indonesia semakin banyak. Sejalan dengan hal tersebut, produksi hijab juga semakin banyak dan motifnya beraneka ragam. Sama seperti membuat baju tidur, modal untuk produksi hijab tidak besar.

Sebelum memulai kenali jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat hijab. Hindari penggunaan kain yang terlalu tebal karena akan membuat si pemakai gerah.

Anda harus memiliki konsep hijab seperti apa yang ingin diproduksi. Ini akan membantu dalam pemilihan kain, motif, hingga harganya. Kenali juga keinginan konsumen Anda, jenis hijab seperti yang diinginkan.

Menjahit hijab sendiri juga tak sulit, Anda yang memiliki keterampilan menjahit bisa menggunakan keahliannya untuk produksi sendiri.

21. Menjahit
usaha-modal-kecil
foto: idntimes.com

Bisnis rumahan satu ini bisa Anda geluti jika tertarik dengan kerajinan tangan. Anda bisa mulai untuk menjahit dan mendapat keuntungan dari sana. Apalagi jika pada dasarnya Anda sudah memiliki keahlian dalam hal menjahit.

Agar orang percaya dengan hasil jahit yang Anda miliki, buatlah terlebih dulu untuk digunakan secara pribadi. Tapi, tidak masalah jika Anda ingin langsung terjun berbisnis sebagai penjahit. Tetap buat beberapa potong hasil jahit untuk dijadikan model awal.

Tak hanya menjahit pakaian biasa, Anda juga bisa memulainya dengan menjahit kebaya, dress, dan sebagainya. Anda perlu membeli perlengkapan jahit serta alat jahitnya agar bisa memulai bisnis ini. Saat ini banyak alat jahit yang mudah digunakan dengan harga yang lebih affordable.

Pemasaran bisa dimulai melalui media sosial atau orang terdekat. Jika Anda menggunakan sosial media, buatlah foto produk sebaik mungkin. Cara pengambilan gambar akan sangat mempengaruhi penampilan produk.

22. Sewa Pakaian
usaha-modal-kecil
foto: lifestyle.kompas.com

Acara seperti ulang tahun, lamaran, pernikahan, dan sebagainya pasti membutuhkan pakaian bagus. Jika Anda memiliki cukup banyak pilihan dress, jas, kebaya, dan sebagainya. Boleh jadi membuka sewa pakaian adalah bentuk usaha yang cocok dilakukan.

Anda bisa menyewakan pakaian Anda dan mendapatkan keuntungan dari sana. Jika dirasa pilihannya kurang banyak, Anda bisa menambahkan beberapa model pakaian sebagai modal awal.

Membuka sewa pakaian merupakan usaha modal kecil yang menguntungkan. Anda tak perlu sulit memproduksi pakaian atau takut kehilangan pakaian kesayangan.

Buatlah rules yang jelas antara pengusaha dan konsumen agar proses penyewaan bisa berjalan lancar. Pastikan telah memberi informasi kepada penyewa terkait barang yang disewanya. Misalnya, cara booking, cara pengembalian, dan sebagainya.

23. Sewa Kamera
usaha-modal-kecil
foto: makassar.tribunnews.com

Dunia digital terus berkembang bahkan kini menjadi sumber mencari penghasilan. Jika Anda bukan content creator professional namun suka ‘bermain’ dengan kamera, sewakan saja kamera dan perlengkapannya.

Banyak orang yang tidak memiliki kamera atau di beberapa momen membutuhkan kamera lebih banyak. Adapun perlengkapan lainnya seperti tripod, mic, dan sebagainya untuk menunjang konten. Benda-benda ini bisa Anda sewa ke orang yang membutuhkan.

Di awal, mungkin Anda harus keluar modal untuk membeli kamera yang cukup mumpuni. Seiring berjalannya waktu dan Anda sudah melihat pasar, bisnis ini bisa Anda kembangkan lagi.

Menunjang jenis usaha ini, Anda bisa mempelajari atau riset jenis kamera yang dibutuhkan. Apalagi saat ini orang-orang memilih kamera kecil dan simple, sehingga bisa dibawa kemana-mana.

24. Rental Sepeda Motor
usaha-modal-kecil
foto: radarsurabaya.jawapos.com

Rental sepeda motor juga dibutuhkan oleh orang-orang di setiap daerah. Anda bisa menyewakan sepeda motor Anda untuk mendapatkan penghasilan. 

Banyak orang yang membutuhkan sepeda motor seperti dekat dengan Universitas, stasiun, terminal, dan lainnya. Hal ini menunjang mobilitas mereka yang ingin serba cepat.

Anda bisa membeli dua sampai tiga sepeda motor sebagai kendaraan rental. Jangan lupa untuk memaksimalkan fasilitas kendaraan seperti helm, jas hujan, dan sebagainya. Sehingga, konsumen nyaman saat menyewa kepada Anda.

Buat juga rules yang tepat untuk penyewaan. Hal ini berkaitan dengan kapasitas bahan bakar, jam pengembalian sewa, dan sebagainya.

25. Sepatu
usaha-modal-kecil
foto: dream.co.id

Selain memproduksi baju atau yang berhubungan dengan kain, Anda juga bisa membuat sepatu. Tenang saja, memproduksi sepatu tidak sesulit yang dibayangkan. Hal pertama yang dilakukan yaitu riset tentang desain sepatu.

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi pengrajin sepatu untuk membuat sepatu sesuai keinginan, termasuk pola dan desainnya. Sesuaikan jenis sepatu yang Anda inginkan dengan pasar Anda.

Jenis sepatu yang dibuat pun bisa beragam, misalnya sneaker, heels, flat shoes, atau bride shoes jika untuk wanita. Sementara untuk pria, Anda bisa membuat pantofel, boots, dan lainnya.

Terkait Teknik penjualannya, di awal Anda perlu membuat beberapa jenis atau model sepatu sesuai pasar Anda. Buatlah foto semenarik mungkin agar konsumen percaya bahwa Anda benar-benar bisa memproduksi sepatu dengan kualitas baik.

Anda bisa mulai usaha modal kecil dengan sistem pre-order (PO). Hal ini dilakukan meminimalisir modal usaha keluar terlalu besar di awal. Sehingga, Anda hanya membuat sepatu yang dipesan oleh konsumen saja.

26. Dekorasi Seserahan
usaha-modal-kecil
foto: idntimes.com

Pernikahan tidak ada habisnya. Sepanjang tahun ada saja orang yang menikah. Ketika menikah pihak laki-laki memerlukan seserahan untuk diberikan kepada calon pengantin wanita. Tak sedikit pengantin yang mempercantik seserahannya.

Bagi Anda yang memiliki kreativitas dalam bidang dekorasi, mempercantik kotak seserahan bisa menyalurkan hobi Anda.

Buatlah beberapa contoh desain, setidaknya di awal Anda harus membuktikan bahwa desain yang dimiliki memang baik. Sehingga, orang yang melihat hasilnya akan terkesima.

Usaha ini juga butuh kreativitas dan keunikan agar moment seseorang menjadi semakin spesial. Di awal perjalanan bisnis, Anda bisa mengumpulkan perlengkapan dekorasi seperti kotak seserahan, bunga-bunga, serta pernak pernik lainnya.

27.   Florist
usaha-modal-kecil
foto: freepik.com

Hampir setiap wanita suka dengan bunga. Benda ini bisa menjadikan momen semakin berwarna dan mengesankan. Bentuk karangan atau aransemen bunga kini semakin berkembang pesat. Kreasi yang berkaitan dengan bunga sudah tidak membosankan.

Bahkan kini sudah era dried flower. Perkembangan seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk belajar hal baru. Mengaransemen bunga menjadi bouquet atau sebagainya semakin diminati oleh banyak orang.

Anda bisa membuka usaha modal kecil dengan menjadi florist. Tak hanya acara besar, aransemen bunga juga dibutuhkan untuk acara-acara sederhana seperti kado ulang tahun, menyambut kedatangan sanak keluarga, dan sebagainya.

Menjadi florist, Anda harus bisa mengenal jenis dan aransemen kombinasi warna pada bunga. Selain itu, perawatannya juga harus diperhatikan. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa mulai memberanikan diri untuk membuat stock beberapa jenis bunga untuk dirangkai.

28. Wedding Organizer
usaha-modal-kecil
foto: beautynesia.id

Pernikahan di Indonesia mayoritas memiliki susunan acara yang cukup padat. Apalagi jika pernikahan berlangsung dengan adat. Acara akan berlangsung cukup lama bahkan bisa berhari-hari. Tak sedikit calon pengantin merasa bingung karena kesulitan handle acara.

Usaha modal kecil Wedding Organizer bisa dicoba. Terutama bagi Anda yang suka dan pandai mengatur acara.

Biasanya Wedding Organizer tak perlu banyak mengeluarkan modal, tetapi ada pentingnya jika Anda dan tim membuat seragam. Adapun perlengkapan lain misalnya HT untuk komunikasi di tengah acara. Selain untuk menunjang performa, kedua hal tersebut memberikan kesan professional.

Sebagai tim yang profesional, jangan lupa juga buatlah segala sesuatunya detail dan rinci. Maksimalkan keinginan klien dengan menghubungi vendor yang sesuai. Jadi, ada baiknya Anda mulai menjalin kerja sama dengan berbagai vendor dari berbagai jenis acara.

29. Skin Care Share in Jar
usaha-modal-kecil
foto: womantalk.com

Beberapa tahun terakhir skin care menjadi salah satu gaya hidup baru untuk masyarakat Indonesia. Banyak orang yang sudah concern dengan perawatan dan Kesehatan kulit, baik wajah maupun badan. Bahkan banyak brand baru berdatangan menawarkan produknya.

Animo masyarakat yang tinggi untuk mencoba beberapa jenis skin care bisa menjadi ladang bisnis. Setiap orang memiliki kebutuhan untuk permasalahan kulitnya masing-masing. Sebab itu, permasalahan dan jenis kulit yang sama tak selalu cocok dengan produk yang sama.

Anda bisa menawarkan skin care share in jar, di mana produk dipindahkan ke wadah yang lebih kecil. Ini akan memberikan kemudahan untuk orang yang ingin mencoba beberapa produk, namun takut mubazir jika beli full size.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari setiap jar yang terjual. Tapi, yang perlu Anda perhatikan adalah higienitasnya. Memindahkan produk memungkinkan isinya terkena udara, terpapar matahari atau hal lainnya. Sehingga, perhatikan ‘sifat’ masing produk dan wadah yang Anda gunakan.

Usaha ini membutuhkan modal kecil karena Anda hanya perlu membeli produk dan wadah sebagai tempat barunya.

30. Tour Guide Lokal
usaha-modal-kecil
foto: travel.kompas.com

Anda bisa memanfaatkan pengetahuan tentang tempat tinggal Anda untuk membuat usaha modal kecil. Menjadi tour guide bagi yang berkunjung bisa berbagi pengetahuan dan mendapatkan keuntungan. Anda bisa menawarkan paket wisata kepada pengunjung.

Tak tinggal di kota akan membuat Anda lebih memiliki peluang yang menguntungkan. Tak banyak orang tahu tentang seluk beluk di desa. Menjadi tour guide lokal cocok untuk usaha modal kecil di desa.

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu membuat list destinasi terbaik di wilayah tersebut. Jika ingin berbeda dengan yang lain, Anda juga bisa mengangkat destinasi yang belum banyak dikunjungi orang lain. Tak sedikit orang yang suka dengan sebuah eksklusifitas.

Saat membuat paket wisata, tawarkan beberapa hal yang memberikan kenyamanan pengunjung. Misalnya kendaraan, makanan minuman lokal, penginapan, dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan rekan.

31. Cuci Kendaraan Keliling
usaha-modal-kecil
foto: idntimes.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat cuci kendaraan bermotor. Usaha jenis ini sudah banyak tersebar, bahkan ada yang buka hingga 24 jam. Usaha modal kecil untuk pemula, buatlah sesuatu yang berbeda dengan bisnis ini.

Anda bisa menawarkan jasa untuk mencuci mobil atau motor keliling. Usaha ini akan menarik bagi orang-orang yang tak sempat untuk pergi ke tempat pencucian umum.

Sebagai modal awal, Anda perlu melengkapi perlengkapan dan peralatan mencuci kendaraan. Siapkan berbagai jenis lap untuk mendapatkan hasil cuci yang bersih dan memuaskan. Siapkan juga vacuum untuk mengusir debu, terutama saat membersihkan mobil.

Memudahkan penggunaan alat karena dibawa untuk berkeliling, Anda bisa memilih peralatan yang portable atau tanpa kabel. Penggunaannya akan lebih mudah karena Anda tidak perlu mencari saluran listrik.

Ada lebih dari 30 jenis usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan. Usaha yang Anda pilih bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kesukaan. Tak ada salahnya mencoba, apalagi bisnis-bisnis ini tak membutuhkan modal banyak.