15+ Pilihan Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

15+ Pilihan Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya image

Siapa sih yang tidak ingin memiliki usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Karena, usaha tersebut pasti dibutuhkan banyak orang setiap waktu. Jadi, pemasukan yang Anda peroleh akan mengalir terus selama usahanya tetap eksis.

Usaha rumahan ini juga bisa Anda lakukan oleh siapa saja dengan mudah. Tetapi, jika usaha ini berjalan dengan kerajinan, kesabaran dan rencana yang baik. 

Maka, hasilnya akan jauh lebih baik. Oleh karena itu, Anda harus tahu apa saja jenis usaha rumahan tersebut, yaitu:

1. Jual Pulsa dan Paket Internet
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: sukmaconvert

Sampai saat ini pulsa dan paket internet tidak pernah lepas dari keseharian masyarakat Indonesia. Dua hal ini menjadi sangat penting agar komunikasi sehari-hari dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, counter pulsa dan paket internet tetap marak di berbagai daerah baik itu kota ataupun desa. Usaha ini bisa Anda lakukan dengan mudah baik itu dengan modal besar atau kecil.

Selain itu, Anda bisa melakukannya dari rumah tanpa harus memakan banyak ruang untuk usaha.

Namun, Anda harus tahu cara melakukan hal ini dengan cepat agar pelanggan di sekitar rumah senang sehingga mereka  selalu memakai jasa Anda.

2. Warung Nasi atau Warteg
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: travel.kompas.com

Setiap manusia harus makan-makanan bergizi agar dapat melanjutkan aktivitasnya dengan baik.

Terlebih pada masa sekarang, dimana banyak orang yang tidak sempat masak karena sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

Oleh karena itu, bisnis warung nasi merupakan salah satu usaha yang dibutuhkan orang setiap hari.

Anda bisa menyediakan berbagai pilihan lauk dan sayur di warung tersebut. Anda juga bisa memberikan menu khusus seperti soto dan sejenisnya.

Keuntungan pada usaha ini cukup besar, terutama jika Anda memiliki banyak pelanggan.

Oleh karena itu, pasaran usaha ini biasanya untuk kalangan kelas menengah dan bawah. Karena kalangan tersebut merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Walaupun demikian, pemilik usaha harus berusaha keras membuat cita rasa masakannya selalu enak, warung yang bersih serta memberikan pelayanan yang baik.

Jika ketiga hal tersebut dapat terpenuhi, maka Anda akan mendapatkan pelanggan setia yang akan meramaikan warung tersebut.

3. Jualan Sembako
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: acehonline.co

Memiliki warung kecil untuk jualan sembako juga bisa menjadi pilihan usaha yang baik. Usaha ini juga jarang gagal sehingga banyak menjadi bisnis pilihan sampai kapanpun.

Namun, Anda harus bisa memperkirakan jarak antar warung sembako milik orang lain dengan yang ada.

Karena, pembeli yang datang akan berkurang. Selain itu, Anda bisa memperbanyak jualan barang tertentu.

Contohnya saja, jika Anda tinggal pada lingkungan yang banyak anak-anak maka perbanyaklah jualan snack.

Jika kebetulan banyak anak muda dan bapak-bapak yang gemar merokok maka perbanyak jualan rokok.

4. Jualan Kue
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: bukukas.co.id

Usaha rumahan yang lagi trend saat ini adalah jualan kue.

Namun, pemasarannya memakai sosmed seperti instagram, facebook dan lainnya. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang punya hobi baking dan membuka penganan ringan yang enak dan sehat.

Usaha ini dapat Anda lakukan dari rumah dan penjualannya bisa dari pintu ke pintu.

Jika Anda punya skill untuk membuat kue kering yang enak, maka pasarkan secara online. Jangan lupa kemas semenarik mungkin agar calon pembeli semakin tertarik pada kue Anda.

Usahakan kue yang tersedia berbeda dalam beberapa waktu tertentu.

Karena, hal ini menunjukkan Anda adalah orang yang kreatif. Selain itu, cara ini bisa menarik perhatian pembeli sehingga mereka dapat membeli lebih banyak

5. Laundry
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: merdeka.com

Bisnis laundry juga menarik untuk digeluti. Karena, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci baju sendiri walaupun memiliki mesin cuci di rumahnya. Karena, memakai jasa laundry lebih praktis, hasil cucian bersih dan wangi.

Oleh karena itu, jasa laundry tidak akan mati bahkan akan semakin marak sampai belasan tahun ke depan. Walaupun demikian, memiliki usaha tidak semudah yang Anda bayangkan.

Karena Anda harus bisa mencari pemasok parfum pakaian murah namun berkualitas, tahu teknik menyetrika yang baik, tips dan cara mencuci pakaian yang benar sampai pada packaging akhirnya.

Namun, hal yang paling penting adalah kecepatan dalam menyelesaikan cucian.

Para customer suka pada laundry yang memiliki kualitas cucian yang baik plus pengerjaannya cepat. Karena, pakaian tersebut dapat mereka pakai secepat mungkin.

Anda juga bisa membuat harga berbeda jika terdapat customer yang ingin laundry boneka, bed cover, jas dan pakaian khusus lainnya.

Selain itu, berikan service ekstra “pakaian jadi dalam beberapa jam”. Tentu biaya yang ada berbeda daripada yang umum sehingga keuntungan yang Anda peroleh semakin besar.

6. Jual Jus atau Minuman Ringan
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: surabaya.tribunnews.com

Usaha rumahan modal kecil lainnya yang bisa Anda pilih adalah jualan jus atau minuman ringan. Minuman ringan bisa Anda beli dari toko besar dan jual di rumah pada kulkas masing-masing.

Hal ini dapat Anda lakukan berbarengan dengan usaha warung nasi atau sembako.

Selain itu, Anda bisa membuat stand khusus untuk jualan jus buah.

Karena, ruang yang Anda perlukan sangat kecil dan alat yang ada juga minim seperti pisau, blender, sendok, gelas, cup plastik dan lainnya. 

Jualan jus sangat menjanjikan karena banyak orang yang menyadari pentingnya buah karena mengandung serat dan vitamin penting bagi tubuh. Oleh karena itu, memiliki usaha ini sangat menjanjikan.

7. Jahit Pakaian
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: tempatjahit.com

Usaha lain yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan membuka usaha jahit pakaian. Bisnis ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan pakaian khusus yang tidak tersedia di departemen store.

Bisnis ini akan semakin menguntungkan jika Anda memiliki kemampuan yang baik pada bidang jahit-menjahit. Terlebih jika Anda bisa membuat berbagai pakaian dengan model-model yang berbeda.

Karena penjahit dengan kualitas yang bagus pasti dicari banyak orang.

Nah, jika usaha ini dapat berkembang dengan baik. Maka, Anda bisa mencari penjahit lain untuk bergabung. Karena, orderan untuk menjahit akan meningkat jika Anda sudah memiliki sedikit reputasi.

Pada akhirnya, usaha Anda akan berkembang pesat dan bisa menampung banyak tenaga kerja di sekitar kediaman masing-masing.

8. Usaha Pijat
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: economy.okezone.com

Sama dengan penjahit, para ahli dalam pijat urut juga merupakan salah satu usaha yang tidak pernah sepi. Terutama jika usaha tersebut mulai terkenal oleh masyarakat luas. 

Namun, Anda harus memiliki kemampuan pijat yang beragam jika ingin bertahan pada bidang ini.

Karena, jasa pijat urut pasti ada di setiap daerah. Jadi, jika ingin usaha yang ada dapat bertahan dengan baik maka Anda harus bisa beradaptasi dan memiliki kelebihan daripada lainnya.

Selain pijat capek dan pegal-pegal, Anda bisa mempelajari pijat relaksasi atau refleksi.

Anda juga bisa memakai minyat pijat urut, minyak wangi atau body lotion. Karena, beberapa orang tidak suka bau racikan minyak urut tersebut.

Anda bisa membuka usaha ini di rumah masing-masing atau mengunjungi pelanggan langsung.

Namun, pastikan untuk membuat jadwal pijat agar Anda tetap memiliki waktu bersama dengan keluarga tercinta di rumah.

9. Buka Tempat Les
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: maxmanroe.com

Usaha les untuk anak-anak juga tidak pernah mati sampai kapanpun. Karena, semakin banyak orang yang memahami bagaimana pentingnya pendidikan untuk anak-anaknya.

Anda bisa membuka les untuk anak usia dini dengan fokus pada membaca, menulis dan berhitung sederhana.

Selain itu, terdapat les lain yang dapat Anda coba seperti baca iqro untuk anak berumur 6 tahun ke bawah serta les untuk beberapa mata pelajaran mulai dari SD sampai SMA.

Jika Anda merasa kesulitan maka fokuslah pada mata pelajaran anak SD, iqro, membaca, menulis dan berhitung. Akan tetapi, mengajar anak kecil tidaklah mudah.

Karena Anda harus ekstra sabar dan bisa membuat suasana belajar layaknya bermain agar anak-anak tersebut tertarik.

10. Cuci Kendaraan
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: jateng.tribunnews.com

Jasa cuci kendaraan bermotor merupakan usaha yang dibutuhkan orang setiap hari.

Karena, banyak orang yang tidak sempat mencuci kendaraannya. Selain itu, usaha ini bisa Anda lakukan di rumah masing-masing.

Tentu skala usahanya masih kecil, namun peluangnya sangat besar. Mengingat jumlah kendaraan bermotor (khususnya sepeda motor) terus bertambah dari tahun ke tahun.

Jadi, membuka usaha ini dapat menjanjikan pemasukan yang besar bagi siapa saja. Usaha ini tidaklah sulit dan siapa saja dapat melakukannya termasuk anak-anak.

Walaupun demikian, pakailah sabun cuci yang tepat agar warna kendaraan yang Anda cuci terjaga dengan baik sehingga pelanggan merasa puas.

11. Perlengkapan Bayi
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: thegorbalsla.com

Usaha yang berkaitan dengan bayi juga tidak akan pernah mati sampai kapanpun.

Mengapa? Karena setiap pasangan suami istri pastinya ingin memiliki momongan. Oleh karena itu, produk dan perlengkapan bayi memiliki permintaan yang besar.

Anda bisa menjual berbagai perlengkapan bayi seperti popok, pakaian, alat makan, dot bayi, mainan edukatif dan lainnya. Pastikan kualitas produk yang Anda jual sangat baik serta memiliki model yang lucu. 

Hal ini untuk menarik perhatian para orangtua sehingga mereka tertarik untuk membeli perlengkapan bayinya dari Anda.

Anda juga bisa menjual makanan bayi seperti bubur dan biskuit.

Namun, kedua produk ini memiliki waktu kadaluarsa. Jika Anda adalah pemula pada usaha ini, maka fokuslah pada perlengkapan bayi dan promosikan kepada tetangga, kolega dan orang lain baik itu secara offline dan online.

12. Desain Grafis
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: kompasiana.com

Permintaan terhadap desain grafis yang bagus dan menarik semakin meningkat pada beberapa tahun belakangan ini.

Jadi, bagi Anda yang ahli memakai software coreldraw, photoshop dan sejenisnya. Maka, desain grafis merupakan pilihan usaha terbaik.

Karena, desain tersebut bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, laptop sekarang sudah cukup canggih sehingga pengerjaannya semakin fleksibel.

Anda bisa menawarkan jasa ini kepada siapa saja secara langsung atau ikut website yang menyediakan project desain tersebut.

Sekarang banyak forum dan website dengan fitur demikian. Jadi, peluang untuk memperoleh pekerjaan desain grafis menjadi semakin mudah.

13. Penulis Konten
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: ypscontentwriter.com

Menjadi penulis konten juga menjadi salah satu usaha yang pasti laku untuk saat ini dan ke depannya.

Mengapa? Karena banyak pihak yang menyadari bahwa keberadaan website sangat penting untuk memajukan usaha. Selain itu, situs tersebut akan membantu mereka melakukan promosi dengan biaya yang murah.

Jika Anda perhatikan dengan cermat, jumlah website baru yang muncul setiap harinya sangatlah banyak.

Namun, pemilik situs tidak memiliki banyak waktu untuk mengelolanya sehingga Anda sering mendapatkan website kopong.

Nah, hal ini membuat peran penulis konten menjadi semakin penting. Karena dengan jasa mereka, website yang ada bisa terisi dengan konten artikel yang berbobot dan informatif.

Namun, menulis saja tidaklah cukup. Penulis konten harus mengetahui kaidah SEO yang baik dan benar agar website yang memakai tulisannya memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari. 

14. Video Creator
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: marketingland.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa youtube semakin disenangi berbagai kalangan.

Namun, membuat video yang menarik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, jasa video creator menjadi semakin penting.

Karena, seorang creator harus memiliki konsep yang jelas dan menarik serta mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi.

Oleh karena itu, usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keahlian pada bidang tersebut.

Anda bisa membuat video untuk channel youtube sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain. Anda juga bisa membuat video sesuai dengan permintaan klien. Pastinya, usaha ini akan semakin ramai di masa depan.

15. Jasa Penitipan Anak
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: ekbis.sindonews.com

Usaha rumahan modal 50 ribu dan pasti laku adalah jasa penitipan anak atau daycare. Mengapa? Karena banyak orangtua yang sibuk bekerja sehingga tidak bisa menjaga anaknya sepanjang waktu.

Selain itu, memperoleh pengasuh yang tepat tidaklah mudah sehingga daycare menjadi pilihan terbaik.

Jasa ini sangat penting terutama di kota-kota besar. Anda bisa membuka usaha ini di rumah masing-masing. Biaya daycare harian cukup mahal.

Setidaknya Anda akan memperoleh Rp 50 ribu atau lebih untuk penitipan selama 5-7 jam. Jika lebih dari itu maka kenakan biaya tambahan.

Namun, jumlah anak yang bisa Anda terima pasti terbatas.

Tujuannya agar Anda bisa mengawasi dan menangani anak-anak tersebut dengan mudah. Jika semakin banyak maka Anda sendiri yang kerepotan.

Anda harus memberikan kegiatan kepada anak-anak tersebut agar mereka dapat mempelajari hal baru setiap harinya. Anda bisa memberikan alat tulis, buku bergambar, nonton video edukatif dan bermain game. 

Anda juga bisa menyediakan makan siang bersama tentu dengan biaya yang berbeda. Atau, Anda meminta anak-anak untuk membawa bekal makan siangnya masing-masing.

16. Pembuatan Website
usaha-rumahan-yang-tidak-ada-matinya
foto: idcloudhost.com

Usaha rumahan lain yang bisa Anda pilih adalah memberikan pelayanan pembuatan website. Mengapa? Karena banyak orang yang ingin punya website tapi tidak tahu caranya.

Selain itu, memiliki website saja tidak cukup. Mereka harus mendesain website tersebut sehingga terlihat menarik sehingga trafik situs dapat meningkat setiap harinya.

Nah, Anda bisa memberikan jasa website creator lengkap sama desain websitenya.

Tentunya biaya yang ada berbeda-beda. Anda bisa memberikan paket pengerjaan sehingga klien akan memakai jasa tersebut untuk jangka panjang.

Jika memungkinkan, Anda bisa membuka jasa ini bersamaan dengan penulisan artikel berkualitas plus SEO. Nah, jika Anda memiliki jasa ini. Maka, bisnis ini telah mencakup dari hulu ke hilir. 

Hal ini sangat penting dan membantu banyak orang. Karena mereka bisa mencari penyedia jasa website yang berkualitas tinggi. 

Sekarang memiliki usaha rumahan tidaklah sulit. Anda bisa memilih usaha rumahan yang tidak ada matinya di  atas. Karena, bisnis tersebut tetap relevan sampai bertahun-tahun ke depan.

Jika memungkinkan, kembangkan usaha tersebut sehingga Anda dapat meraup untung lebih besar.