25 Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

25 Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar image

Untuk memulai suatu bisnis, tentu membutuhkan modal yang cukup. Tak heran jika banyak orang yang bertanya-tanya mengenai usaha rumahan modal kecil untung besar.

Lantas, apa bisa berbisnis dengan modal kecil namun untung melimpah? 

Berangkat dari hal inilah kami akan mengulas seputar bisnis rumahan modal kecil.

Asalkan dengan niat, tekad dan strategi yang benar maka untung besar tak hanya jadi mimpi belaka. Yuk langsung simak saja ulasan ide bisnis di bawah ini!

1. Jasa Desain Grafis
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: kompasiana.com

Tak bisa dipungkiri sekarang ini jasa desain grafis sangat dibutuhkan beberapa perusahaan. Ini berlaku semenjak instagram menjadi platform untuk membangun sebuah brand yang kekinian. 

Menjadi desain grafis Anda tak membutuhkan modal yang besar. Cukup sediakan laptop/komputer, perangkat pendukung dan kemampuan membuat desain. 

Namun untuk memulai jasa ini, sebaiknya sediakan portofolio terlebih dahulu, di mana di dalamnya menunjukan karya-karya Anda. 

Baru setelahnya promosikan jasa desain yang Anda tawarkan ke beberapa platform media sosial, seperti Instagram, Youtube, Facebook, Twitter dan sejenisnya. 

Jika dirasa mempromosikan jasa Anda terasa sulit, Anda bisa memilih opsi kedua yakni menjadi freelancer desain grafis. 

2. Usaha Print Foto dan Stiker dari Rumah
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: ofiskita.com

Salah satu usaha modal kecil rumahan selanjutnya adalah print foto dan stiker. Kabar baiknya membuka jasa ini tak memerlukan modal yang besar, bahkan bisa sekalipun tanpa modal. 

Anda hanya memerlukan komputer/laptop dan printer untuk usaha satu ini. Direkomendasikan untuk memilih lokasi yang dekat dengan lembaga, instansi, kantor hingga sekolahan. Bila Anda memiliki kamera, itu akan semakin baik.

3. Les Privat Pelajaran Sekolah
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: pintek.id

Dengan adanya standar-standar tertentu dalam lembaga pendidikan, membuat mayoritas orang tua mencari bimbel/bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan belajar anaknya.

Sayangnya kebanyakan bimbingan belajar memasang biaya yang mahal. 

Dari sinilah Anda bisa memanfaatkan situasi. Anda bisa membuka les privat dari rumah saja. Cukup sediakan ruangan yang kosong, beberapa perlengkapan alat tulis dan keperluan lainnya. 

Namun jika Anda tak memiliki tempat untuk bimbel, Anda bisa mengunjungi rumah dari murid-murid tersebut. 

4. Usaha Laundry Pakaian
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: liputan6.com

Siapa sangka ternyata membuka usaha laundry bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Namun tak perlu khawatir, untung yang besar tak melulu dengan modal yang besar pula.

Seperti usaha laundry ini, Anda hanya membutuhkan mesin cuci dan ruangan untuk menjemur baju.

 

Di awal usaha, cukup sediakan satu atau dua mesin cuci, detergen dan pewangi pakaian saja. Baru setelah usaha mulai berkembang lebih besar, Anda bisa menambah beberapa unit mesin cuci. 

Agar usaha laundry cepat berkembang, sebaiknya buka jasa ini di sekitar kantor, perumahan dan sekolahan. Target utamanya adalah pelajar dan karyawan. 

Ini karena karyawan dan pelajar cenderung memiliki kesibukan yang sangat padat. Sehingga tak memiliki waktu untuk sekedar mencuci pakaian.

5. Jadi Dropshipper
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: lifepal.co.id

Tak ada yang salah menjadi dropshipper dan menjual produk orang lain.

Usaha ini bahkan tak membutuhkan modal sama sekali. Mengapa? Ini karena Anda tidak perlu menyimpan stok barang, cukup meneruskan orderan ke supplier. 

Bahkan Anda tak perlu mengemas dan mengirim pesanan ke pembeli. Sebagai dropshipper Anda hanya membutuhkan internet yang stabil, akun marketplace dan pelayanan yang ramah kepada pembeli. 

Apalagi saat ini banyak sekali situs/platform yang dapat melancarkan usaha tersebut. Hanya saja, menjadi dropshipper tentu Anda membutuhkan supplier yang terpercaya. 

Melihat realita yang ada, ternyata usaha ini menjadi peluang yang bagus. Apalagi minat berbelanja online masyarakat Indonesia terbilang tinggi.

6. Jasa Penulisan Artikel
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: orangemagz.com

Sama seperti desain grafis, sekarang ini konten berupa artikel juga banyak dibutuhkan.

Nah jika Anda memiliki kemampuan dalam merangkai kata yang enak dibaca, coba lah terjun dalam jasa kepenulisan. 

Anda bisa belajar seputar Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan kualitas artikel yang dibuat.

Untuk memulainya, tawarkan jasamu melalui media sosial atau situs-situs yang membutuhkan penulis freelance.

7. Jasa Usaha Cucian Motor
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: uangbanyak.com

Sekarang lihat sekeliling Anda, rata-rata orang menggunakan sepeda motor dalam berkendara. Sayangnya karena kesibukan yang kian padat, membuat beberapa orang tak sempat mencuci motornya. 

Namun jangan salah, hal ini justru menjadi usaha rumahan yang lagi trend di masyarakat.

Itu artinya Anda bisa membuka jasa cuci motor dengan harga terjangkau. Dalam prosesnya, cukup sediakan halaman depan rumah sebagai lokasi yang strategis. 

Kerennya lagi, Anda tak membutuhkan modal yang besar dalam memulai usaha cucian motor. Di awal Anda bisa memanfaatkan relasi di kantor, kerabat, teman-teman atau tetangga disekitar rumah. 

Selagi banyak orang yang menggunakan motor, tak perlu khawatir usaha akan sepi/rugi. Justru tekuni dan bekerja keraslah, agar usaha yang dimiliki kian hari makin berkembang.

8. Catering
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: venuemagz.com

Jika Anda hobi memasak, mengapa tidak sekalian membuka usaha catering?

Tak perlu tempat khusus, cukup lakukan dari rumah. Di awal usaha, Anda bisa memasarkannya kepada keluarga, teman, orang yang sedang arisan dan lakukan promosi dari mulut ke mulut. 

Jika usaha Anda sudah didengar banyak orang, Anda bisa menawarkan catering makan siang untuk perusahaan atau instansi tertentu.

Hal yang harus ditekankan justru rasa makanan yang enak, sehat dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

9. Jual Coffee Kekinian
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: beautynesia.id

Tak bisa dipungkiri zaman now banyak orang yang doyan nongki sambil minum kopi. Berangkat dari hal ini, beberapa masyarakat mulai memanfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. 

Memulai bisnis kopi kekinian, Anda bisa memesan coffee melalui supplier/produsen kopi dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan peralatan kopi bisa Anda temukan di marketplace atau distributor peralatan kopi murah. 

Jika Anda tak memiliki modal lebih untuk membuka stand, sebaiknya manfaatkan teras di depan rumah.

Lalu untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, daftarkan usaha tersebut pada Go Food atau Grab Food.

10. Reseller
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa bedanya dropship dengan reseller? Tentu beda. Jika dropshipper Anda hanya menjual produk milik orang lain, berbeda dengan reseller yang harus menyetok barang. 

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Barang mahal/tidaknya tergantung pada produk yang dijual. Misalnya seputar kecantikan, buku edukasi, skincare, fashion dan masih banyak lagi. 

Namun menjadi reseller tentu Anda harus pintar melakukan promosi. Semakin luas jangkauan pasar usahamu, maka semakin tinggi pula orang yang akan membeli produk tersebut.

11. Jasa Jahit dari Rumah
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: abyadscreenprinting.com

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, mengapa tidak membuka jasa ini sekalian? Jasa menjahit ternyata menjadi usaha ‘abadi’ yang tidak pernah lekang dimakan waktu.

Apalagi perkembangan mode/fashion terus berganti, membuat banyak orang melakukan upgrade pada style kesehariannya.

Untuk meningkatkan omset, Anda bisa menyebarkan brosur di sekitar rumah. Bila usaha terus berkembang, silahkan rekrut beberapa tenaga terampil untuk memperluas jasa jahit tersebut.

12. Aneka Masakan dengan Kedai Sederhana
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: bangsaonline.com

Membuka warung sarapan pagi kini menjadi usaha rumahan yang tidak ada mati nya. Bagaimana tidak, banyak orang yang mencari sarapan ketika pagi menjelang, sehingga usaha ini sangat dibutuhkan. 

Apalagi usaha Anda berada di sekitar sekolah, perkantoran, perumahan dan lokasi ramai lainnya.

Maka membuka usaha ini sangat direkomendasikan. Dalam menjual masakan, sebaiknya sediakan menu-menu yang beragam. Seperti soto, nasi kuning, bubur ayam, lontong sayur, sate lontong dan masih banyak lagi.

13. Menjual Pulsa dan Token Listrik
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: tribunnews.com

Usaha selanjutnya yakni menjual pulsa dan token listrik. Yang perlu digaris bawahi, usaha satu ini tak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulai dengan membeli pulsa dan token pada agen yang terjangkau. 

Lalu untuk lokasi berjualan, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah dengan satu meja atau etalase sebagai mediannya. Untuk jangkauan yang lebih luas, sebaiknya pasarkan secara online.

Perlu diingat, menjual pulsa dan token listrik memang tak langsung memberikan laba yang besar. Namun jika dijalani dengan penuh tekad dan kerja keras, maka sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. 

Selain itu, usaha satu ini bisa dijalankan dengan murah dan mudah. Modalnya pun tidak banyak, cukup sediakan smartphone, pulsa, token dan beberapa e-money. 

14. Berjualan Online
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: suara.com

Salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya adalah berjualan online.

Modalnya cukup terjangkau, apalagi jika Anda memilih menjadi reseller, sehingga tak butuh modal sama sekali.

Memang tak bisa dipungkiri, era yang serba digital ini membuat pelaku usaha mudah untuk memasarkan produknya.

Ketika menjadi reseller, Anda cukup bekerjasama dengan supplier/pemilik produk lalu menjual barang tersebut.

Jangan salah, menjadi reseller Anda akan mendapatkan komisi setiap bulannya. Selain itu, Anda bisa menjalankan usaha ini dari rumah. 

15. Aneka Pembayaran Online
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar

Peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil selanjutnya adalah agen pembayaran online. Bahkan modal yang dibutuhkan hanya laptop/komputer dan koneksi internet saja. 

Untuk memulai usaha rumah ini, Anda hanya perlu mendaftarkan diri menjadi agen pembayaran online.

Tak perlu khawatir, pelanggan selalu datang karena memang kebutuhan. Diantaranya untuk membayar listrik, internet, PDAM, telepon, TV kabel, angsuran kredit dan sebagainya.

16. Usaha Jasa Pengetikan
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: economy.okezone.com

Punya komputer dan ingin produktif? Kenapa Anda tidak membuka jasa pengetikan?

Langkah awalnya silahkan bergabung dengan beberapa platform yang akan membantu menawarkan jasa Anda. Dari sini dapat disimpulkan, Anda bisa mendapatkan uang meski tanpa keluar keringat.

Direkomendasikan untuk membuka jasa pengetikan di sekitar area kampus, sekolah hingga perkantoran.

Target utamanya adalah mahasiswa yang sedang skripsi dan mereka yang membuat makalah.

17. Minuman Kekinian
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: reddoorz.com

Belakangan banyak minuman kekinian yang muncul lalu viral. Contohnya seperti es kopi, boba, jus, cheese tea, thai tea dan sejenisnya. 

Usaha yang seperti ini memang tak ada matinya, apalagi manusia selalu membutuhkan minuman. Maka dari itu, mungkin Anda bisa memanfaatkan momen dengan memunculkan minuman-minuman baru ini.

18. Bisnis Frozen Food
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: tirto.id

Selama masa pandemi dan masyarakat mulai menjalankan berbagai aktivitasnya dari rumah, ternyata menjadi titik balik dari bisnis frozen food.

Ini dibuktikan dengan penjualan makanan beku yang kian meningkat setiap harinya. 

Mayoritas masyarakat membeli makanan ini karena praktis dan bisa dimasak kapan saja. Adapun jenisnya sangat beragam, mulai dari sosis, nugget, kebab, mie, daging, bakso dan masih banyak lagi.

Tak heran jika pebisnis frozen food tetap bertahan di masa pandemi ini.

Lantaran masyarakat memang membutuhkan lauk pauk beku, bahkan yang sudah dibumbui. Kabar baiknya pelaku usaha ini dengan senang hati terus berinovasi mengikuti kebutuhan pasar. 

Melihat hal ini, Anda pun bisa ikut mendulang keuntungan dari bisnis frozen food. Gunakan modal awal untuk membeli mesin pendingin seperti freezer dan plastik khusus untuk makanan beku.

19. Jasa Servis dan Instalasi Komputer
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar

Jika Anda memiliki kemampuan dalam membenahi komputer/laptop, sebaiknya manfaatkan hal ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. 

Cukup gunakan perkakas dan ilmu komputer, maka Anda bisa membuka jasa servis dan instalasi komputer.

Lalu untuk memasarkan jasa ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan platform-platform pendukung.

20. Membuka Jasa Penerjemah
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: twitter.com

Pasti beberapa diantara kalian ada yang pandai berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Jika iya, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk membuka usaha jasa penerjemah.

Tidak perlu pusing memikirkan modal, karena yang dibutuhkan hanya komputer, internet dan kemampuan yang dimiliki. 

Tawarkan berbagai jasa penerjemah seperti pembuatan summary pada skripsi, tesis dan disertasi.

Lalu untuk jangkauan yang lebih luas, Anda bisa bergabung dengan platform penerjemah online seperti co.id, projects dan sebagainya.

21. Kuliner
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: money.kompas.com

Tak salah bila ada yang mengatakan jika bisnis kuliner tak ada matinya, mengingat masyarakat selalu membutuhkan makan dan minum setiap harinya. Apalagi mereka kerap menuntut sesuatu yang baru, termasuk dalam dunia kuliner.

Berkat kemajuan teknologi, usaha kuliner rumahan pun dapat dipasarkan dengan mudah. Ini karena adannya aplikasi pengirim makanan seperti Go Food dan Grab Food.

Maka dari itu, sebaiknya daftarkan kuliner tersebut pada aplikasi online agar masyarakat semakin mudah dalam memesan. 

22. Jasa Fotokopi
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: pusatfotokopi.com

Peluang usaha satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang berlokasi di sekitar kampus. 

Meski judulnya jasa fotokopi, Anda bisa memberikan layanan lain seperti pengetikan, jilid buku dan ngeprint sekaligus. Untuk mendirikan usaha ini, cukup sediakan mesin fotokopi dan kertas print saja. Mudah bukan?

23. Jasa Isi Ulang Air Minum
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: klikdokter.com

Peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah jasa isi ulang air minum. Membuka jasa ini, Anda bisa menyediakan dalam beberapa bentuk kemasan seperti galon atau botol. 

Jika dilakukan dengan tekun, tak perlu khawatir, Anda akan mendulang keuntungan secara penuh. Apalagi bisnis ini bisa dijalankan di depan rumah, tentunya dengan modal yang terjangkau.

24. Kerajinan Tangan
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: usahamom.com

Bila Anda memiliki kreativitas dan keterampilan yang tinggi, ini bisa dimanfaatkan untuk membuat tas, aksesoris dan kerajinan tangan lainnya.

Bisnis ini memiliki peluang yang bagus bila Anda tahu target pasarnya. Misalnya membuat kerajinan tangan untuk souvenir pada event-event tertentu.

25. Usaha Angkringan
usaha-rumahan-modal-kecil-untung-besar
foto: akuntansilengkap.com

Bagi beberapa anak muda yang doyan begadang, yang akan mereka cari tak lain adalah angkringan.

Dengan menu-menu lezat dan harga yang terjangkau, membuat kedai angkringan selalu dipenuhi pelanggan. 

Melihat ini, Anda bisa memulai usaha angkringan selepas pulang kerja. Pastikan bisnis angkringan Anda lebih unggul dari berbagai sisi, seperti menunya, harga yang terjangkau dan sebagainya. 

Nah itulah beberapa rekomendasi usaha rumahan modal kecil untung besar yang dapat dipertimbangkan.

Kunci dari semua bisnis ini adalah niat, tekad dan strategi yang pintar dalam memasarkan. Sekian, selamat mencoba!