23+ Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Untung Besar

23+ Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Untung Besar image

Bisnis menjadi salah satu peluang menjanjikan yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Berbekal niat, usaha, dan modal, Anda juga bisa menjalankan bisnis dari rumah. Saat ini usaha rumahan yang lagi trend juga mulai menjamur.

Banyaknya pebisnis kecil yang sukses menjadi salah satu motivasi besar bagi para pemula lainnya.

Sebenarnya semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengelola bisnis. Poin pentingnya adalah niat dan usaha dengan sungguh-sungguh.

Selain niat untuk berbisnis, Anda juga harus menentukan bisnis apa yang akan dijalankan. Menjalankan bisnis juga memerlukan riset yang teliti. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan modal serta hal-hal yang dirasa perlu.

Jika Anda masih bingung untuk memilih jenis usaha, beberapa ide bisnis ala rumahan ini mungkin bisa membantu Anda mengambil keputusan.

Berpikir tentang bisnis, kalau bisa harus yang berumur panjang. Jangan membuka usaha yang kira-kira hanya bertahan sebentar saja alias musiman.

Berikut adalah sederet usaha rumahan yang lagi trend tahun 2021 ini:

1. Usaha Cemilan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: medium.com

Sudah bukan hal yang asing lagi, camilan menjadi makanan ringan yang selalu disukai. Dari waktu ke waktu cemilan akan selalu menarik perhatian banyak orang.

Bisnis cemilan bisa menjadi inspirasi terbaik untuk usaha rumahan yang sedang Anda jalankan. Apalagi sudah banyak jenis cemilan enak dengan rasa yang semakin bervariasi.

Untuk penjualannya sendiri juga mudah. Anda bisa membuat cemilan dengan bungkus kecil yang dapat dititipkan ke warung-warung. Selain itu, membuat cemilan dalam wadah besar bisa Anda pasarkan secara online.

Jadi, Anda bisa menjualnya dalam berbagai wadah. Mulai dari yang wadahnya kecil, sedang, hingga besar.

Dijamin banyak yang akan membeli jika Anda menambahkan beberapa varian cemilan dengan rasa yang berbeda-beda.

2. Souvenir Pernikahan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: orami.co.id

Souvenir menjadi bingkisan yang wajib ada dalam sebuah pesta pernikahan. Semakin hari bentuk dan variasinya juga semakin banyak.

Souvenir juga menjadi salah satu usaha rumahan yang lagi trend dan paling diminati.

Meski banyak yang membuka bisnis souvenir, tetapi selalu ada yang memesan. Jumlah pengantin setiap tahunnya juga akan selalu ada. Jadi, bisnis ini akan cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha rumahan dalam jangka panjang.

Asalkan bisa berpikir kreatif dan inovatif, Anda akan sukses meraup keuntungan besar setiap bulannya.

3. Telur Asin
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: merdeka.com

Ide bisnis rumahan yang tak kalah populer adalah telur asin. Rasanya yang enak membuat banyak orang sering mencari menu satu ini sebagai teman bersantai atau dimakan bersama lauk lain.

Untuk usaha telur asin yang lebih enak, Anda juga bisa menambahkan rasa pedas atau bumbu lainnya. Pemberian nama unik juga akan menarik perhatian banyak orang.

Pemasaran yang bisa Anda pilih juga banyak. Misalnya menjualnya di pagi hari di pasar, menitipkan ke warung, serta membuka pesanan secara online.

Namun, Anda harus mempelajari beberapa hal dan tips untuk membuat telur asin terlebih dahulu.

4. Bimbingan Belajar
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: quipper.com

Semakin banyak orang tua yang mencari tempat bimbingan belajar untuk anaknya. Ini juga bisa menjadi kesempatan bisnis yang besar bagi Anda. Apalagi jika Anda merupakan individu yang telaten dan ulet dalam mengajar.

Bimbingan belajar bisa fokus pada beberapa mata pelajaran seperti IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris saja. Tetapi juga bisa mengacu ke seluruh mata pelajaran.

Anda bisa membuka tarif yang berbeda sesuai dengan tingkatan kelas. Tarif anak SD akan berbeda dengan tarif anak SMP, serta anak SMA. Namun jika ingin fokus mengajar di salah satu tingkatan sekolah saja juga tidak masalah.

Mungkin di awal-awal akan sedikit sulit mendapatkan murid. Tetapi jika Anda berhasil memperoleh minimal 1 murid, beberapa murid lain akan mengantre untuk belajar bersama Anda.

Tidak heran bahwa semakin banyak yang membuka bimbingan belajar. Sebab usaha rumahan yang lagi trend di bidang jasa ini juga cukup menjanjikan.

5. Kecantikan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: blog.danabijak.com

Usaha rumahan satu ini membutuhkan skill kecantikan yang sangat baik.

Bahkan Anda juga harus menempuh kursus terlebih dahulu untuk memperoleh sertifikat. Nantinya sertifikat tersebut akan sangat berguna untuk menarik perhatian pelanggan.

Bisnis di bidang kecantikan menjadi semakin populer, apalagi di masa seperti sekarang. Para perempuan mulai suka sering berkunjung ke salon untuk mempercantik diri, mulai dari rambut, wajah, sampai tubuh.

6. Jamu Herbal
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: sulsel.inews.id

Seperti halnya tempat pelayanan kesehatan lain, kios-kios jamu herbal di berbagai kota selalu ramai dipadati pengunjung.

Alasannya karena memang banyak yang membutuhkan jamu untuk mengobati penyakit mereka.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini penyakit berkembang dengan cepat.

Banyak yang mengeluhkan berbagai sakit dan mencari obatnya tidak hanya dari kalangan medis saja. Salah satu pengobatan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah jamu herbal.

Anda bisa membuka kios jamu herbal untuk ide usaha rumahan dengan prospek gemilang.

7. Kosmetik dan Masker Organik
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: ekbis.sindonews.com

Selain suka pergi ke salon, wanita juga sangat gemar mengumpulkan produk-produk kosmetik. Mulai dari produk untuk bibir, pelembab wajah, vitamin tubuh, masker rambut, dan masih banyak lagi.

Menjual kosmetik juga bisa menjadi inspirasi usaha Anda yang populer. Ditambah dengan masker organik yang saat ini semakin diincar di pasaran.

Pemasarannya juga sama saja, Anda bisa menjualnya melalui media sosial serta menawarkan pada para tetangga.

8. Jasa Penerjemah
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: betranslated.com

Bagi Anda yang fasih berbahasa Inggris, membuka jasa penerjemah akan menjadi solusi yang tepat. Pasar bisnis ini juga sangat luas karena semuanya dilakukan melalui internet.

Namun Anda dituntut untuk mengetahui berbagai istilah mulai dari dunia medis, sastra, hukum, penerbangan, teknologi, dan semua aspek lainnya. Selain itu, pemahaman mengenai slang words dan idiom juga jangan sampai ketinggalan.

9. Undangan Pernikahan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: popbela.com

Selain souvenir untuk wedding, jasa pembuatan undangan juga tidak pernah sepi pelanggan. Anda bisa menawarkan berbagai desain yang segar dan atau yang mainstream.

Jika ingin membuat yang berbeda, Anda bisa menambahkan puisi-puisi dari penyair lokal atau western yang telah terkenal.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari cara membuat undangan digital. Mengingat saat ini banyak sekali yang mulai menggunakan undangan pernikahan digital.

10. Kue Lebaran
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: akurat.co

Kue kering akan menjadi ide usaha yang sangat cocok bagi Anda yang gemar memasak kue. Terutama saat momen lebaran tiba.

Anda bisa meluangkan waktu untuk memasak kue dan memasarkannya di hari menjelang lebaran.

Bergabunglah ke beberapa grup jual beli kue di media sosial atau grup jual beli lainnya. Anda bisa memasarkan produk Anda dengan mudah di situ.

11. Jasa Notebook Custom
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: fiverr.com

Ada lagi ide usaha rumahan yang lagi trend dengan prospek gemilang, yaitu menawarkan notebook.

Notebook banyak disukai anak muda karena bisa di-custom dengan berbagai desain sesuai keinginan. Jika Anda memiliki kemampuan desain yang bagus, usaha ini bisa menjadi ide terbaik untuk Anda.

Jika Anda merasa kurang ahli dalam mendesain, Anda juga tetap bisa menjalankan bisnis ini. Salah satu caranya adalah dengan menjadi dropshipper dengan mencari toko notebook custom yang menerima dropship.

Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot menyediakan stok atau mengumpulkan modal dulu. Tugas Anda adalah mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

12. Tas dan Sepatu Wanita
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: m.serbaada.com

Usaha rumahan yang lagi trend untuk wanita satu ini akan menjadi ide yang tepat.

Berjualan tas dan sepatu wanita akan memberikan keuntungan yang besar. Tapi, Anda harus memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis ini.

Anda tidak perlu memiliki toko terlebih dahulu, cukup pasarkan produk secara online di grup jual beli berbagai media sosial.

Jika telah terkumpul lebih banyak modal, Anda bisa mulai membuka toko dari yang berukuran kecil terlebih dahulu.

13. Kue Tradisional
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: bp-guide.id

Siapa bilang kue tradisional tidak memiliki peminat? Justru jajanan pasar ini mempunyai banyak pembeli dari berbagai kalangan. Apalagi jika dijual saat pagi hari, banyak pembeli yang akan mengantre di kios Anda.

Selain memiliki banyak pembeli, kue tradisional juga selalu digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai acara. Pasti akan banyak yang memesan kue Anda sebagai dalam jumlah besar dalam berbagai acara.

14. Aksesoris Wanita
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: bp-guide.id

Rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend berikutnya adalah bisnis aksesoris.

Saat ini ada banyak aksesoris yang dicari oleh wanita, mulai dari jepit rambut, alat mandi, bahkan alat-alat pelengkap kosmetik.

Peminatnya yang banyak bisa menjadi peluang besar untuk prospek bisnis Anda.

Beberapa produk yang bisa Anda jadikan ide jualan terlebih dahulu misalnya mangkuk masker, jepit korea, bandana, handuk keramas, penjepit bulu mata, dan lain-lain.

Dengan metode pemasaran yang bagus, dijamin pembeli akan suka dengan produk Anda. Jangan lupa untuk sesekali memberikan promo menarik agar semakin banyak pelanggan setia.

15. Gorengan Murah
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: tirto.id

Jika Anda memiliki passion yang besar di dunia memasak, menjual gorengan juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Tapi Anda harus berani berinovasi dan menemukan berbagai resep baru.

Jadi gorengan yang Anda jual tidak hanya menu itu saja, melainkan bervariasi. Anda bisa menambahkan sambal balado, saus pedas, serta bumbu-bumbu lainnya.

16. Beragam Bibit Buah
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: higaragro.com

Saat ini minat orang-orang untuk berkebun semakin tinggi. Hal ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda yang akan berbisnis bibit buah. Pemasarannya cukup luas, karena tidak hanya di satu daerah saja tapi bisa secara online.

Jadi Anda bisa menjualnya di berbagai media sosial, mendaftar di e-commerce, serta membuka kios di rumah.

Untuk mengawali bisnis ini, Anda perlu mempelajari beberapa hal seputar bibit dan buah-buahan. Selain itu, bergabunglah dengan komunitas bibit untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar.

17. Beragam Bunga
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: paktanidigital.com

Selain bibit buah, Anda juga bisa menjual bunga sebagai ide bisnis rumahan yang menarik. Apalagi jika Anda menyukai dan memiliki wawasan yang luas tentang bunga.

Tidak hanya menjual bunga saja, beberapa pilihan pot bunga juga bisa Anda tawarkan. Pilih berbagai jenis bunga dengan bentuk unik dan cantik. Para pecinta bunga pasti akan mencarinya.

18. Jasa Pengetikan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: ayobisnis.web.id

Jika ingin menggeluti usaha rumahan yang lagi trend tanpa modal besar, jasa pengetikan merupakan solusinya.

Terutama bagi Anda yang memiliki laptop atau komputer di rumah, lebih baik menggunakannya juga untuk membuka jasa pengetikan.

Anda tidak perlu memiliki keterampilan mengetik yang terlalu cepat dulu, semakin lama kemampuan Anda akan meningkat sendiri.

Jika belum ada tempat pengetikan di sekitar rumah Anda, ini bisa menjadi ide bisnis yang luar biasa. Anda juga bisa memasarkan jasa pengetikan di grup anak sekolah atau memasang poster untuk bisa dibaca.

Tentu saja dengan menyertakan nama, alamat, dan kontak Anda.

19. Jasa Cuci Kendaraan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: nusabali.com

Jasa cuci kendaraan juga semakin membludak. Jika Anda memiliki rumah yang dekat dengan jalan raya, ide ini akan menjadi usaha yang tepat. Banyak pelanggan yang akan datang meskipun tempat cuci kendaraan Anda baru dibuka.

Apalagi jika Anda menawarkan jasa yang lebih berkualitas dengan pelayanan yang ramah.

Pasti akan banyak pelanggan yang datang dan bersedia mengantre. Sebab pelanggan pasti lebih memilih pelayanan yang ramah dan berkualitas.

20. Alat Tulis Kantor
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: importer.co.id

Berikutnya ada Alat Tulis Kantor (ATK) yang bisa Anda jadikan ide bisnis. Untuk usaha ini, Anda juga memerlukan modal yang besar beserta kios.

Tidak perlu kios yang terlalu besar, ukuran sedang atau kecil juga cukup asalkan bisa digunakan dengan baik.

Selain berjualan di kios, Anda juga bisa memasarkannya secara online.

Siapa tahu banyak pelanggan jauh yang lebih suka berbelanja di toko Anda. Biasanya, pelanggan akan menyukai buku atau alat tulis unik dan berbeda dari yang lain.

21. Jasa Laundry
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: sumut.antaranews.com

Sebagaimana jasa cuci kendaraan, Anda juga akan memerlukan tenaga ekstra untuk menjalankan jasa laundry. Tapi, Anda juga harus memiliki mesin cuci dan parfum laundry yang memadai.

Selain itu, mempelajari berbagai tips menjalankan laundry juga akan sangat berguna.

22. Kios Pancing dan Pakan Ikan
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: bisikanbisnis.com

Memancing merupakan hobi yang tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Dari masa ke masa, peminatnya akan semakin banyak. Untuk memfasilitasi para pemancing, Anda bisa membuka kios khusus pakan ikan dan pancing.

Anda bisa menjual berbagai alat pancing, makanan ikan, atau mungkin menambahkan pakan untuk hewan peliharaan lainnya.

Pemasarannya juga bisa secara online. Sebab pancing dan pakan ikan dapat dikirimkan melalui ekspedisi.

23. Es Lilin dan Es Batu
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: id.pinterest.com

Menjual es lilin dan es batu juga bisa menjadi ide yang kreatif. Tepatnya di saat bulan Ramadhan. Di bulan puasa, permintaan es batu pasti akan meningkat.

Selain itu, banyak juga yang mencari menu buka puasa dengan makanan atau minuman unik yang menggugah selera. Jadi, Anda bisa menawarkan es lilin dengan berbagai varian rasa yang lezat.

24. Jasa Pembuatan Logo
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: mahirtechno.com

Saat ini, produk dan jasa apapun membutuhkan logo untuk branding. Tidak heran jika banyak orang di luar sana yang mencari jasa pembuatan logo.

Sebenarnya hal ini juga menjadi peluang yang besar, terutama bagi Anda yang pandai di dunia desain grafis.

Bahkan bisa juga dikembangkan menjadi stiker atau bungkus makanan custom.

Dengan promosi yang bagus, tidak mustahil untuk mendapatkan banyak pelanggan. Bahkan yang jaraknya jauh.

25. Frozen Food
ide-usaha-rumahan-yang-lagi-trend
foto: finance.detik.com

Usaha berikutnya yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah jualan frozen food. Banyak peminat frozen food karena dinilai praktis dan lezat. Anak-anak juga sangat menyukai menu satu ini.

Untuk pemasaran juga luas, Anda bisa menjualnya di rumah dan memasarkannya secara online.

Usaha rumahan menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan. Di luar sana juga sudah banyak yang membuktikan dan bisa sukses mengembangkan bisnis.

Tidak harus langsung besar, beberapa bisnis bahkan harus jatuh bangun sebelum akhirnya berkembang dan sukses.

Semoga beberapa ide usaha rumahan yang lagi trend di atas dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi.