15 Inspirasi Menu Makan Malam Sehat, Cocok Untuk Diet!

15 Inspirasi Menu Makan Malam Sehat, Cocok Untuk Diet! image

Tubuh yang sehat dan bugar berawal dari makanan. Memilih menu makan malam yang tepat bukan hanya akan menyehatkan. Melainkan juga membantu proses menurunkan berat badan.

Sampai saat ini masih ada persepsi salah mengenai makan malam. Banyak yang percaya untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang sehat harus meninggalkan makan di malam hari.

Padahal justru sebaliknya. 

Tidak makan malam dapat meningkatkan berat badan. Belum lagi berbagai masalah kesehatan yang muncul karena kebiasaan ini. Agar tetap dapat menjaga kesehatan, memilih menu makan malam sehat sangatlah penting. 

15 Inspirasi Menu Makan Malam Sehat Untuk Diet

Ulasan berikut ini akan memberikan inspirasi menu makan malam diet sehat. Tentunya, menu-menu di bawah ini memiliki rasa yang lezat. Menjadikan makan malam sehat Anda semakin enak dan bervariasi.

1. Frittata, Telur Dadar Sehat ala Italia
menu-makan-malam
foto: foodnetwork.com

Makan malam dengan telur dadar memang lezat. Belum lagi, telur dadar juga termasuk menu makan malam khas Indonesia yang mudah dibuat. Cocok bagi Anda yang sibuk dan mencari menu cepat saji untuk dibuat.

Agar menu telur dadar tidak membosankan, Anda bisa mencoba membuat Frittata. Frittata merupakan menu telur dadar sehat ala Italia. 

Berbeda dengan telur dadar biasa, Frittata memiliki isian yang lebih bervariasi. Tentunya agar tetap menjadi menu menyehatkan, Frittata bisa diisi dengan sayur-sayuran. 

Pilihan sayuran untuk isian Frittata juga bervariasi. Mulai dari bayam, kacang polong, wortel, sampai berbagai jenis jamur.

2. Chicken Noodle Soup, Sop Ayam Dengan Mie dan Sayuran
menu-makan-malam
foto: id.pinterest.com

Sop ayam bisa menjadi inspirasi menu makan malam berkuah dan sehat berikutnya. Agar bervariasi, sop ayam bisa dikombinasikan dengan mie serta berbagai jenis sayuran.

Untuk menu sop ayam sehat, daging ayam yang dipilih bisa menggunakan bagian dada. Lebih baik lagi bila menggunakan ayam kampung yang memiliki kadar lemak lebih rendah.

Tambahkan juga berbagai sayuran. Seperti wortel, tomat, buncis, kol, sampai brokoli. Gizi sop ayam pun akan lebih seimbang dengan adanya mie sebagai karbohidrat.

3. Steak Daging Panggang
menu-makan-malam
foto: resepkuerenyah.com

Diet bukan berarti tidak menikmati hidangan lezat. Inspirasi menu makan malam diet berikutnya ada steak daging panggang.

Daging termasuk salah satu hidangan lezat sekaligus rendah lemak.

Menu untuk makan malam ini juga sebaiknya dipanggang menggunakan minyak zaitun. Bisa juga dengan menggunakan jenis minyak rendah lemak lain.

Pilihan dipanggang daripada digoreng membuat menu ini lebih menyehatkan. Tidak ada lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam makanan goreng-gorengan.

Supaya menu makan malam semakin bergizi sempurna, steak daging panggang bisa dikombinasikan dengan sayur-sayuran. Kentang panggang bisa ditambahkan pula agar menu semakin seimbang.

4. Capcay Sayur dan Seafood
menu-makan-malam
foto: cookpad.com

Penggemar hidangan oriental-fusion pastinya tidak asing dengan menu satu ini.

Capcay menjadi menu unggulan. Terlebih untuk menu makan malam orang Indonesia yang lezat, bergizi, dan juga menyehatkan.

Untuk diet, capcay juga merupakan menu sempurna.

Olahan sayur-sayuran yang dimasak dengan teknik stir-fry ini memiliki nutrisi lengkap. Terdapat vitamin dan serat dari sayur-sayuran yang cocok sebagai hidangan makan malam.

Protein seperti seafood atau daging dada ayam bisa ditambahkan juga ke dalam capcay. Demi menambah citarasa sekaligus juga meningkatkan asupan nutrisi dalam menu ini.

5. Olahan Tahu dan Tempe
menu-makan-malam
foto: resepkoki.id

Kacang kedelai yang menjadi bahan dasar pembuatan tahu dan tempe memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Vitamin serta mineral yang terdapat dalam kacang kedelai menjadikan olahan tahu dan tempe sebagai menu sempurna untuk makan malam.

Tahu dan tempe bisa diolah menjadi berbagai menu makanan lezat.

Bisa dimasak oseng-oseng dengan kecap untuk memberikan cita rasa manis gurih. Diolah dengan dipanggang layaknya steak. Maupun ditambahkan sebagai protein di menu lain pun bisa.

Tidak asing lagi sebagai menu makan malam khas Indonesia, sebaiknya tahu dan tempe tidak diolah dengan digoreng.

Meskipun ingin digoreng, tahu dan tempe bisa menggunakan metode air-fry. Selain menggunakan minyak rendah lemak dengan jumlah sedikit.

6. Sayur Bayam Dengan Jagung dan Tomat
menu-makan-malam
foto: fimela.com

Menu makan malam berkuah satu ini tentu tidak asing lagi. Sayur bayam, yang sering disebut juga sayur bening merupakan masakan rumahan khas dari Indonesia. 

Citarasa segar menjadi kenikmatan tersendiri dari menu satu ini. Terlebih bila sayur bayam divariasikan dengan tambahan tomat serta jagung. Rasanya pun akan semakin segar.

Tidak hanya lezat, sayur bayam memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Sehingga akan membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak. 

Tambahan jagung akan meningkatkan nilai gizi dalam sayur bayam. Sedangkan tomat akan memberikan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayur bayam juga cocok dikombinasikan dengan menu-menu lain untuk makan malam.

Seperti dengan daging panggang. Maupun olahan tempe dan tahu. Menu untuk makan malam dijamin tidak akan membosankan.

7. Ikan Salmon Panggang dan Asparagus
menu-makan-malam
foto: popmama.com

Menu makanan yang sehat seharusnya memiliki nilai gizi seimbang. Kandungan vitamin, mineral, hingga protein sampai karbohidrat di dalam makanan harus diperhatikan.

Ikan salmon merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menu makan malam mewah. Namun tetap sehat dan bergizi lengkap. Jenis ikan satu ini akan lebih lezat bila diolah dengan dipanggang.

Salmon bisa dipanggang bersama dengan sayur-sayuran segar. Seperti misalnya asparagus, yang juga memiliki nilai gizi tinggi. 

Menu makanan satu ini sangat mudah untuk dibuat. Tidak diperlukan banyak bumbu rumit untuk memasaknya. Jadi makin cocok dijadikan hidangan makan malam.

8. Nasi Dari Kembang Kol
menu-makan-malam
foto: bandungkita.id

Saat ingin diet, salah satu godaan terbesar sepertinya nasi. Nasi memang menjadi sumber karbohidrat terbesar.

Sekaligus juga karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi sebagai menu makan malam orang Indonesia.

Meski begitu, nasi memiliki beberapa kekurangan untuk kesehatan. Terutama saat ingin diet menurunkan berat badan. Jenis karbohidrat pada nasi lebih sulit dibakar dalam metabolisme tubuh.

Bila masih sulit untuk mengganti menu nasi pada makan malam, bisa mengganti dengan berbagai alternatif. Diantaranya nasi dari kembang kol.

Kembang kol bisa diolah hingga memiliki bentuk, serta rasa yang nyaris mirip nasi.

Nantinya menu ini bisa dinikmati dengan olahan protein dan sayuran lain. Seperti dengan daging panggang, capcay sayuran dan seafood, sampai olahan tempe dan tahu.

9. "Nasi Goreng" Quinoa
menu-makan-malam
foto: keeprecipes.com

Quinoa memang masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Padahal makanan dari biji-bijian chenopodium quinoa ini kaya akan berbagai nutrisi. Seperti asam folat dan asam lemak omega.

Cara memasak Quinoa cukup mudah. Quinoa hanya perlu direbus dalam air, sebelum diolah menjadi berbagai menu makan malam berbeda.

Inspirasi menu Quinoa yang cocok untuk hidangan makan malam seperti olahan nasi goreng.

Seperti namanya, Quinoa digoreng dengan bumbu seperti nasi goreng. Gunakan minyak rendah lemak atau olive oil agar menu satu ini tetap menjadi sajian menyehatkan.

Selain diolah layaknya nasi goreng, Quinoa juga bisa langsung dinikmati setelah direbus.

Quinoa dapat menjadi pengganti nasi yang dihidangkan dengan capcay seafood. Maupun dengan sayur bayam.

10. Pasta Zucchini
menu-makan-malam
foto: misya.info

Menu makan malam mewah berikutnya ada pasta. Bukan sembarang pasta, tentunya. Melainkan hidangan pasta dari zucchini yang menyehatkan.

Zucchini atau timun jepang memang kerap kali dikerat hingga berbentuk seperti pasta. Jenis pasta sayuran ini jauh lebih menyehatkan dari pasta biasa yang kaya akan karbohidrat.

Supaya rasanya tetap lezat, pasta zucchini disajikan bersama saus bolognaise serta dada ayam. Pasta zucchini bisa juga diolah dengan berbagai variasi saus pasta lain.

11. Sarden dan Makarel Panggang
menu-makan-malam
foto: cookpad.com

Tidak hanya salmon, ikan sarden dan makarel bisa menjadi alternatif lain untuk menu makan malam simple.

Proses memasak kedua ikan ini sangat mudah. Bahkan tidak jauh berbeda dengan cara memasak ikan salmon.

Ikan sarden dan makarel kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Belum lagi ikan merupakan sumber protein yang akan berperan penting dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Kedua jenis ikan ini pun mudah didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Demi menjaga asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh, ikan setidaknya dikonsumsi 2 kali seminggu. 

12. Kacang Panggang
menu-makan-malam
foto: liputan6.com

Merasa enggan untuk makan malam, namun tidak ingin merasa lapar? Kudapan seperti kacang panggang bisa jadi pilihan.

Seperti juga nasi, kacang sering kali disarankan untuk dihindari ketika ingin mulai mengkonsumsi makanan sehat.

Padahal di sisi lain, kacang-kacangan merupakan sumber protein, karbohidrat, dan berbagai mineral serta vitamin lain.

Supaya tetap sehat, kudapan seperti kacang panggang memang tidak bisa dinikmati dalam jumlah banyak.

Sebagai pengganti menu makan malam simple, bisa makan paling banyak satu cup kacang panggang.

Selain itu pastikan juga jenis kacang yang digunakan untuk kudapan ini merupakan biji-bijian dan kacang-kacangan utuh dan segar. Sehingga tidak ada efek negatif pada kesehatan saat mengkonsumsi makanan olahan.

Jenis kacang-kacangan yang cocok dikonsumsi seperti walnut, edamame, dan juga pistachio. Kacang-kacangan ini memiliki citarasa lezat dan juga kaya akan nutrisi.

13. Salad Buah-buahan
menu-makan-malam
foto: selerasa.com

Kudapan sebagai pengganti menu makan malam simple lain ada salad buah.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis buah berbeda untuk membuat salad. Seperti strawberry, anggur, apel, jeruk. Bahkan juga belimbing dan semangka.

Sebaiknya untuk salad buah jangan diberikan berbagai saus berlemak. Tidak perlu menambahkan pemanis seperti susu kental manis atau lain-lainya. 

Bila benar-benar ingin menambahkan citarasa manis tambahan dalam salad buah, Anda bisa menggunakan sedikit madu. Selain itu sebaiknya tidak perlu menggunakan saus tambahan.

14. Dark Chocolate
menu-makan-malam
foto: everydayhealth.com

Dark Chocolate atau coklat hitam bisa menjadi makanan penutup dari menu makan malam sehat.

Berbeda dengan jenis cokelat lain, dark chocolate memiliki lebih banyak kandungan coklat. Sehingga rasanya memang lebih pahit.

Meski begitu, dark chocolate memberikan keunggulan tersendiri untuk kesehatan. Salah satunya untuk meredakan stress. Sampai memberi efek menenangkan.

15. Yoghurt
menu-makan-malam
foto: srnutrition.co.uk

Sebagai penutup menu makan malam bisa menghidangkan yoghurt. Tentunya pilih yoghurt tanpa tambahan pemanis, perasa tidak alami, maupun pengawet. 

Yoghurt yang merupakan olahan susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Citarasa segar dan creamy yang dihadirkan membuat makanan ini cocok sebagai menu penutup.

Untuk menambah kelezatan dan nilai gizi, yoghurt bisa divariasikan dengan berbagai buah-buahan segar. Semakin lezat, pastinya!

Menu makan malam diet yang menyehatkan memang tidak perlu mahal. Tidak perlu juga proses memasak panjang untuk menghidangkan menu sehat yang cocok untuk diet. 

Semoga daftar menu makan malam di atas bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat hidangan lezat.