Mengenal 11 Pantai Pacitan yang Indah dan Eksotik

Mengenal 11 Pantai Pacitan yang Indah dan Eksotik image

Banyak orang mengenal Pacitan merupakan wilayah dengan seribu goa. Tapi ternyata Pacitan punya surga tersembunyi yang disajikan dalam keindahan pantai nan mempesona.

Bila Anda punya rencana berlibur ke Jawa Timur, sempatkan mampir ke Pantai Pacitan yang memiliki keindahan alam nan eksotik. 

Pantai-pantai pacitan tersebar di seluruh selatan Pulau Jawa.

Dengan garis pantai yang panjang ini dipadu deburan ombak yang berasal dari Samudera Hindia yang dahsyat, pantai - pantai yang ada di Pacitan menyuguhkan keindahan tersendiri.

Inilah 11 Pantai Pacitan yang indah, mempesona dan eksotik.

1. Menikmati Dahsyatnya Deburan Ombak di Pantai Klayar
pantai-pacitan
foto: dolanyok.com

Salah satu pantai yang menyuguhkan keindahan alam eksotik di Pacitan adalah Pantai Klayar.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, semburan air dipadu dengan gulungan ombak nan eksotik, itulah keunikan pantai ini.

Semburan air yang timbul di Pantai Klayar ini, diakibatkan karena dahsyatnya gulungan ombak yang masuk lewat celah-celah karang, lalu menyembur pada lubang-lubang yang ada pada permukaan pantai.

Di area pantai ini dilengkapi dengan fasilitas gazebo, warung makan, mushola, tempat parkir dan penginapan. Pantai Klayar berlokasi di desa Kalak, Sendang, Donorojo - Kabupaten Pacitan.

Untuk menikmati keindahan deburan ombak di pantai ini Anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 pada hari libur dan buka 24 jam.

2. Pantai Watu Bale, Pantai Eksotik Dengan Batu Karang Ikonik
pantai-pacitan
foto: pantainesia.com

Pantai lainnya di Pacitan yang juga indah dan keren yakni Pantai Watu Bale.

Di pantai ini mata Anda akan dimanjakan dengan birunya laut, pemandangan laut lepas, batu-batu karang dipadu dengan ombak yang berkejaran.

Ciri khas dari Pantai Watu Bale ini adalah adanya batu karang yang bentuknya mirip seperti balai, karena itulah pantai ini diberi nama Watu Bale.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati tebing yang tinggi yang dikenal dengan tanjung berbukit yang berbatasan dengan Pantai Selatan.

Sayangnya, udara di tanjung berbukit ini sangat panas. Jadi, bila Anda berwisata ke pantai ini disarankan pada waktu pagi atau sore hari. 

Pantai Watu Bale dilengkapi dengan fasilitas balai-balai, spot foto, spot mancing, tempat nongkrong, warung kopi, toilet dan mushola.

Pantai Watu Bale terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

Untuk menikmati keindahan Pantai Watu Bale, Anda dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Pantai ini dapat Anda kunjungi mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

3. Terapi Kerikil Putih di Pantai Pidakan
pantai-pacitan
foto: ksmtour.com

Pantai di Pacitan selanjutnya yang layak Anda kunjungi di Pacitan adalah Pantai Pidakan. Pantai yang satu ini memiliki ciri khas berupa bebatuan yang menutupi 70 % garis  pantai.

Saat menikmati keindahan pantai ini, Anda juga akan dimanjakan dengan terapi batu kerikil putih yang dapat melancarkan peredaran darah pada tubuh.

Dipantai ini terdapat banyak bebatuan yang bervariasi ukuran dan bentuknya.

Selain bebatuan alami, di pantai ini juga Anda bisa menikmati panorama alam yang ditumbuhi pohon kelapa. Pemandangan sunset di Pantai Pidakan ini juga cukup mempesona.

Pantai Pidakan berlokasi di  Godeg Wetan, Jetak, Tulakan - Kabupaten Pacitan.

Anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8.000 saja untuk bisa menikmati keindahan Pantai Pidakan ini, pantai ini buka selama 24 jam. 

4. Mengintip Keindahan Tersembunyi Pantai Pangasan
pantai-pacitan
foto: nativeindonesia.com

Pantai lainnya di Pacitan yang menarik dan elok adalah Pantai Pangasan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan batu karang yang menjulang menghadap Pantai Selatan.

Pantai ini memiliki keindahan yang tersembunyi dan tidak diketahui banyak orang. Hal ini karena lokasinya yang sulit diakses, dengan jalanan yang kurang bagus buat dilalui.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yakni adanya batu karang dengan ukuran bervariasi dan bertebaran di area pantai. 

Pantai Pangasan terletak di Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung - Pacitan.

Anda dapat menikmati keindahan alam nan eksotik di pantai ini tanpa dikenakan biaya masuk alias gratis, dan pantai ini buka 24 jam.

5. Menyaksikan Keunikan Batu Karang di Pantai Buyutan
pantai-pacitan
foto: dolanyok.com

Pantai Pacitan Buyutan juga salah satu destinasi wisata yang  layak Anda kunjungi.

Hampir sama dengan pantai lainnya Pantai Buyutan juga memiliki batu karang yang menonjol dan hamparan pasir putih. 

Batu karang yang ada di pantai ini memiliki keunikan tersendiri, yakni dari bentuknya yang seperti mahkota.

Konon mahkota tersebut merupakan perwujudan mahkota yang terjatuh milik Dewa Naradah.

Pemandangan matahari terbit dan tenggelam juga sangat indah bila disaksikan dari pantai ini. 

Pantai Buyutan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo - Pacitan. Anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan anak - anak Rp 5.000 saja, pantai ini buka 24 jam.

6. Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Denombo
pantai-pacitan
foto: tripjalanjalan.com

Pantai Pacitan lainnya yang juga memiliki keindahan yang mempesona adalah Pantai  Denombo. 

Hamparan laut lepas dengan pasir putih, dahsyatnya ombak laut, tebing yang menjulang tinggi dan bebatuan yang bertebaran di area pantai, semua disajikan oleh Pantai Denombo. 

Selain itu Anda juga dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dan tenggelam dari spot mana saja. Bisa dari atas tebing, dari batu karang atau dari pantai, semua tampak indah.

Pantai Denombo terletak di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku - Pacitan. Untuk menikmati semua keindahan itu Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun, dan pantai ini buka 24 jam.

7. Pantai Soge, Keindahan Pantai Senggigi Ala Pacitan 
pantai-pacitan
foto: pantainesia.com

Pantai selanjutnya di Pacitan adalah Pantai Soge.

Keindahan pantai yang satu ini bisa Anda nikmati di pinggir jalan, karena itulah orang-orang banyak yang menganggapnya seperti Pantai Senggigi yang ada di Lombok atau  Great Ocean Road di Australia. 

Keindahan Pantai Soge ini adalah perpaduan dari geometri jalan, pasir putih, sungai, pantai, muara dan bukit kapur. 

Bahkan sebelum Anda menginjakan kaki di pantai ini, keindahannya sudah tampak dari kejauhan.

Selain itu juga adanya jembatan biru yang futuristik menjadikan pantai ini tampak menawan.

Tak hanya itu, masih ada lagi keindahan lainnya yang disajikan Pantai Soge ini yakni adanya muara yang mengelilingi pasir putih. Ada juga danau kecil yang membentang di tengah laut. 

Danau itu terbentuk karena adanya fenomena air surut, yang kemudian air tidak tertarik kembali  ke tengah laut dan akhirnya membentuk danau. Ada juga pemandangan pohon cemara. 

Dengan berbagai keindahan yang tersaji di Pantai Soge ini, sempatkan waktu liburan Anda untuk berwisata ke Pantai Soge ini.  

Pantai ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo - Pacitan.

Untuk menikmati semua keindahan yang ada di Pantai Soge ini Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja, dan pantai ini buka 24 jam. 

8. Bermain Pasir Putih di Pantai Teleng Ria
pantai-pacitan
foto: blogkulo.com

Wisata pantai lainnya di Pacitan yang layak Anda kunjungi yaitu Pantai Teleng Ria. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan  luas yang asyik buat bermain.

Ombak di pantai ini cukup dahsyat, karena itu Anda dan keluarga terutama anak-anak harus berhati-hati akan adanya ombak yang kadang datang tiba-tiba.

Pantai ini langsung menghadap ke Samudra Hindia, jadi Anda bisa menikmati pemandangan pantai hingga jauh ke batas cakrawala. 

Anda juga dapat menyaksikan beningnya laut, batu karang, rimbunnya pepohonan, dan pemandangan Gunung limo yang ada di dekat pantai ini. 

Bagi anda yang hobi berselancar, pantai ini juga menyediakan alat-alat serta pendampingnya.

pantai Teleng Ria dilengkapi dengan fasilitas pondok dengan ornamen wayang, kamar mandi, mushola, warung yang menyajikan masakan seafood, serta lampu-lampu hias di sepanjang jalan menuju pantai.

Di sekitar pantai ini juga terdapat Waterpark yang berada di samping pintu masuk pantai. Untuk memasuki area pantai Anda hanya dikenakan tiket Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 15.000 pada hari libur.

Pantai Teleng Ria berlokasi di Desa Sidoharjo, Pacitan. Pantai ini hanya berjarak 2,5 KM dari pusat kota Pacitan.

Untuk akses jalannya pun sangat mudah, karena itulah pantai ini jadi salah satu destinasi wisata favorit di Pacitan. Pantai Teleng Ria ini buka 24 jam.

9. Pantai Kasap, Pesona Raja Ampat di Pacitan
pantai-pacitan
foto: travel.detik.com

Pantai elok Pacitan lainnya yakni Pantai Kasap. Pantai yang satu ini menyuguhkan pemandangan gugusan pulau hijau yang mempesona.

Adanya padang rumput nan hijau yang terletak di atas bukit menjadikan pemandangan alam di pantai ini sangat memukau. Pemandangan alam ini mirip seperti di Pianemo, Raja Ampat.

Untuk dapat menikmati pemandangan layaknya di Raja Ampat ini Anda harus menaiki bukit sebelah pantai melalui jalan setapak.

Di atas bukit, mata Anda akan dimanjakan dengan indahnya jajaran pulau-pulau kecil di tengah laut.

Pantai Kasap dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, spot foto yang indah di bukit yang ada di area pantai ini.

Selain itu Ada juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam di balik pulau-pulau kecil yang ada  di lautan lepas pacitan ini. 

Pantai Kasap ini berlokasi di Desa Gumuharjo, Pringkuku-Pacitan. Anda hanya cukup merogoh krocek Rp 7.000 saja untuk dapat menikmati pemandangan pantai Kasap nan elok. Pantai Kasap buka 24 jam.

10. Cantiknya Air Terjun di Pantai Banyu Tibo
pantai-pacitan
foto: jejakpiknik.com

Pantai indah Pacitan selanjutnya adalah Pantai Banyu Tibo. Pantai yang satu ini punya keunikan tersendiri yakni adanya air terjun yang cucuran airnya langsung terjun ke Pantai Selatan. 

Nama Banyu Tibo sendiri diberikan masyarakat setempat, Banyu Tibo artinya air yang jatuh. Menariknya, air terjun ini berada tepat di tepi pantai.

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo - Pacitan. Untuk memasuki pantai ini Anda hanya dikenakan biaya sebesar RP 5.000 saja dan pantai ini buka 24 jam.

11. Pantai Taman, Pantai Eksotis Di bawah Birunya langit
pantai-pacitan
foto: pantainesia.com

Objek pantai Pacitan selanjutnya adalah Pantai Taman.

Pantai yang satu ini punya keindahan alam yang mempesona dan alami. Selain menyuguhkan keindahan alam, pantai ini juga menyajikan konsep wisata edukasi.

Birunya langit, pantai nan eksotik, dipadu dengan indahnya matahari terbenam di sore hari, semua akan memanjakan mata Anda di sini.

Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas gazebo, ayunan, flying fox sepanjang 415 meter, dan kolam renang. Selain itu pantai ini juga merupakan tempat konservasi penyu.

Pantai Taman berlokasi di Hadiwarno, Ngadirojo,  Kabupaten Pacitan. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Soge.

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang mempesona dan eksotik di Pantai Taman Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Pantai Taman ini buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Nah, itulah 11 Pantai Pacitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan eksotik. Bila Anda berwisata ke Pacitan jangan lupa sempatkan untuk singgah ke pantai-pantai ini.