9 Pantai Pasir Putih Paling Memesona dan Eksotik di Indonesia

9 Pantai Pasir Putih Paling Memesona dan Eksotik di Indonesia image

Indonesia kaya akan wisata pantainya yang indah, elok dan eksotis.

Keindahannya bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya Pantai Kuta Bali yang merupakan pantai pasir putih yang indah dan  mempesona. 

Birunya langit, jernihnya air laut dipadu dengan hamparan pasir putih yang lembut, semua tersaji oleh pantai pasir putih.

Bukan hanya Pantai Kuta yang merupakan pantai dengan pasir putih yang mempesona, Indonesia memiliki banyak pantai pasir putih yang tersebar ke seluruh penjuru Nusantara, yaitu:

1. Pantai Timbul di Raja Ampat
pantai-pasir-putih
foto: backpackerjakarta.com

Tak kalah dengan Pantai Kuta yang ada di Bali, pantai  pasir putih yang satu ini juga sudah terkenal di mancanegara. 

Hamparan pasir putih yang ada di Pantai Timbul ini berupa pulau kecil yang terbentuk dari pasir yang ada di tengah lautan Raja Ampat. Itulah keunikan Pantai Pasir Putih Timbul Raja Ampat.

Di pantai ini Anda dapat  melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving hingga ke dasar laut.

Putihnya pasir pantai dipadu dengan beningnya air laut seperti kristal akan memanjakan mata Anda saat menyaksikannya langsung. 

Pantai Timbul menyediakan fasilitas lengkap seperti peralatan renang dan menyelam, mushola, kamar mandi, warung makan dan pondok untuk menginap.

Pantai Pasir Putih Timbul ini berada di Kepulauan Sembilan, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 20.000 saja Anda sudah bisa menikmati surga tersembunyi di Raja Ampat ini. 

Pantai ini buka 24 jam, namun bila Anda ingin menyaksikan  keunikan pasir putih timbul yang ada di tengah lautan, biasanya ia hanya timbul 3 hari sekali saja. timbul di permukaan laut.  

2. Pantai Selong Belanak di Lombok
pantai-pasir-putih
foto: wartawisata.id

Pantai berpasir putih lainnya yakni Pantai Selong Belanak yang ada di Lombok. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, dimana memiliki bentuk pantai melengkung bagai bulan sabit.

Halusnya pasir putih, jernihnya air air laut, hijaunya bukit di sekeliling pantai, semua dapat Anda nikmati di Pantai Selong Belanak ini.

Anda bisa melakukan aktivitas berenang, menyelam hingga berselancar di pantai ini. 

Pantai Pasir Putih Lombok ini menyediakan fasilitas lengkap seperti warung makan seafood, penginapan, gazebo, cafe, jasa sewa papan selancar, dan toko souvenir.

Untuk menikmati keindahan pesona Pantai Selong Belanak ini Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Hanya membayar biaya parkir kendaraan saja untuk mobil sebesar Rp 10.000 dan untuk motor Rp 5.000.

Pantai Selong Belanak berada di  Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan  pantai ini buka 24 jam. 

3. Pantai Watukarung di Pacitan
pantai-pasir-putih
foto: jejakpiknik.com

Pantai dengan pasir putih yang lembut dan beningnya air selanjutnya yakni Pantai Watukarung yang ada di Pacitan.

Berbagai aktivitas seru dan menyenangkan bisa Anda lakukan di pantai ini.

Mulai dari bermain pasir putih yang lembut, berenang, memancing, berjemur, naik perahu, menyelam, berselancar hingga camping di pinggir pantai.

Pantai Pasir Putih Watukarung menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, penyewaan perahu, penginapan dan warung makan.

Pantai Watukarung berlokasi di  Dusun Ketro, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Harga tiket pantai ini sangat murah yaitu hanya Rp 2.000-Rp 3.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp 3.000 - Rp 5.000 di hari libur. Pantai ini buka 24 jam.

4. Pantai Kuta di Bali
pantai-pasir-putih
foto: blog.tripcetera.com

Pantai pasir putih yang paling terkenal hingga ke seluruh dunia adalah Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. 

Sejuta pesona keindahan yang eksotik tersaji di sepanjang 5 km garis pantai ini.

Selain pasir putihnya yang mempesona, keindahan sunset di sore hari pun jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Pantai Kuta. 

Berbagai aktivitas seru dan menyenangkan bisa Anda lakukan di pantai ini.

Mulai dari menikmati pemandangan pasir putih berpadu dengan birunya langit dan jernihnya air laut.

Berenang, berselancar, jogging, bermain jetski, main bola pantai hingga naik delman pun bisa jadi aktivitas yang tak terlupakan saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai Kuta Bali menyediakan fasilitas tempat makan mulai dari warung makan biasa hingga restoran.

Tempat belanja souvenir khas Bali, tempat hiburan hingga penginapan seperti hotel berbintang tersedia di area Pantai Kuta ini.

Pantai Kuta ini terletak di  Jalan Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Kuta ini Anda tidak dikenakan biaya alias gratis hanya  biaya parkir kendaraan saja untuk  mobil sebesar Rp 5.000 dan motor Rp 2.000. Pantai Kuta ini buka 24 jam.

5. Pantai Parbaba di Samosir
pantai-pasir-putih
foto: tripelaketoba

Pantai pasir putih lainnya yang dapat memanjakan mata Anda adalah Pantai Parbaba yang ada di Pulau Samosir.  Pantai ini juga cukup dikenal di mata dunia setelah Danau Toba. 

Selain hamparan pasir putih di Pantai Parbaba juga mata Anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan bukit yang berderet dan gunung Pusuk Buhit yang berdiri kokoh serta menjulang tinggi. 

Anda juga bisa menikmati sajian khas pantai ini yakni olahan ikan mas arsik yang disediakan warung di sepanjang tepi pantai. 

Berbagai permainan air, main jetski, banana boat, main voli pantai, berenang, menyaksikan pesona sunset hingga camping pun bisa jadi aktivitas seru, asyik sekaligus menyenangkan. 

Sementara untuk fasilitasnya tersedia ruang ganti, kamar mandi, toko cinderamata, penginapan, spot foto romantis, warung makan biasa hingga restoran. 

Pantai Parbaba ini berlokasi di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangunguran, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Pantai ini bisa Anda kunjungi kapan saja 24 jam.

Untuk memasuki area Pantai Parbaba Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

6. Pantai Lhok Mee di Aceh
pantai-pasir-putih
foto: backpackerjakarta.com

Pantai pasir putih yang indah nan mempesona selanjutnya adalah Pantai Lhok Mee yang ada di Aceh. Pantai ini cukup terkenal dan jadi ikon provinsi Aceh. 

Keindahan panorama alam dan pasir putihnya bak permata yang berkilau.

Tak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, bahkan wisatawan asing pun tak jarang turut meramaikan Pantai Lhok Mee ini.

Adanya pohon geurumbang serta biota laut khas pesisir Aceh, jernihnya air laut, serta putihnya pasir jadi daya tarik pantai  yang berlokasi  di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Anda bisa melakukan aktivitas berenang dan memancing di pantai ini. Hanya sekedar duduk santai sambil memandangi keindahan alam di pantai ini pun bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. 

Di Pantai Pasir Putih Lhok Mee pengunjung tidak direkomendasikan untuk menyelam dan snorkeling karena terumbu karang di pantai ini tidak sepadat di pantai-pantai lainnya.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja Anda sudah dapat menikmati keindahan yang luar biasa dari Pantai yang populer di Aceh ini. Pantai ini buka 24 jam. 

Pantai ini menyediakan fasilitas toilet dan ada juga warung makan yang berderet di sepanjang tepi pantai Lhok Mee ini.

7. Pantai Tiga Warna di Malang
pantai-pasir-putih
foto: investor.id

Pantai dengan pesona pasir putih yang eksotis selanjutnya adalah Pantai Tiga Warna yang ada di Malang.

Beningnya air laut yang berpadu dengan putihnya pasir layaknya kristal, jadi daya tarik pantai di sini. 

Yang paling menarik dari pantai ini ialah memiliki gradasi tiga warna yaitu warna biru yang berasal dari dasar laut, warna hijau yang berasal dari sisi terdangkal, serta warna coklat kemerahan yang asalnya dari pasir pantai.

Di Pantai Tiga Warna ini Anda dapat melakukan snorkeling, menaiki perahu kano, berenang atau sekedar duduk santai di atas pasir putih yang beralaskan tikar pun bisa jadi aktivitas yang mengasyikan.

Area Pantai Tiga Warna juga menyediakan fasilitas penginapan bagi Anda yang berkunjung dari luar kota dan ingin bermalam di pantai ini. 

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja Anda bisa menikmati keindahan pantai pasir putih tiga warna ini.

Pantai Tiga Warna ini berlokasi di Desa Tambakerejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

Selama Pandemi pantai ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 14.00 WIB, dan pukul 17.00 WIB pengunjung sudah harus meninggalkan area pantai.

8. Pantai Pasir Putih Situbondo
pantai-pasir-putih
foto: travel.kompas.com

Pantai dengan pasir putih yang indah lainnya adalah Pantai Pasir Putih Situbondo. 

Di sini mata Anda akan dimanjakan dengan jernihnya air, putihnya pasir bak kristal, ombak yang tenang, pepohonan yang hijau dan rindang serta aneka satwa seperti burung dan kera hitam yang berlarian bebas di pantai ini. 

Di pantai ini Anda bisa melakukan aktivitas berenang, menyelam, menaiki perahu, atau hanya sekedar duduk santai sambil menikmati pemandangan alam juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan di pantai ini.

Pantai Pasir Putih Situbondo dilengkapi dengan fasilitas mushola, kamar mandi, penginapan, toko souvenir dan warung makan.

Hanya dengan  membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 hingga Rp 10.000 saja Anda sudah dapat menikmati keindahan pantai ini. 

Pantai Pasir Putih Situbondo berlokasi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, provinsi Jawa Timur.

Pantai Pasir Putih Situbondo buka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

9. Pantai Bara di Sulawesi
pantai-pasir-putih
foto: pantainesia.com

Salah satu pantai pasir putih paling eksotis di Indonesia adalah Pantai Bara yang ada di Sulawesi.

Beningnya air laut yang biru, putihnya pasir bak kristal, deretan pohon kelapa, semua akan memanjakan mata Anda.

Di sini Anda bisa menikmati aktivitas berenang, snorkeling, diving, camping, bermain pasir putih, atau sekedar duduk - duduk santai sambil menikmati panorama alam dan sunset di Pantai Bara ini.

Pantai ini menyediakan fasilitas lengkap seperti kamar mandi,  penginapan dan warung makanan. 

Untuk tiket masuk ke Pantai Bara ini sebesar Rp 10.000 saja. Pantai Bara ini berlokasi di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Bara buka 24 jam.

Nah, itu dia 9 pantai pasir putih yang tersebar di seluruh Indonesia dengan pemandangan mempesona dan eksotis. Jadi, bagaimana pantai pasir putih mana yang akan Anda kunjungi?