15 Pantai Gunung Kidul Eksotis yang Tersembunyi

15 Pantai Gunung Kidul Eksotis yang Tersembunyi image

Bentang alam di Pantai Gunung Kidul yang berada di Selatan Pulau Jawa begitu panjang. Corak alam yang tercipta sangat eksotik.

Perpaduan antara deretan pegunungan yang langsung bersinggungan dengan pantai ini memiliki keindahan masing-masing di setiap spotnya.

Bentuk pegunungan yang berbeda-beda juga membuat ciri dan keunikan tersendiri.

Tidak heran tempat ini menggoda untuk dijelajahi. Penasaran mana saja tempat yang belum banyak diekspos disini dan bisa jadi tujuan liburan?

1. Nguluran, Pantai Eksotis yang Menantang
pantai-gunung-kidul
foto: nativeindonesia.com

Pantai Nguluran memiliki tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Keunikan yang ditawarkan di pantai ini berupa pemandangan dari ujung tebing yang tingginya berkisar 20 meter. 

Apalagi pengelola menyediakan sebuah teras kaca yang menjorok dari ujung tebing. Kaca yang tembus pandang ini membuat Anda seolah melayang di atas bebatuan. 

Selain teras kaca, properti unik lain berupa becak terbang, kursi raksasa, dan glass boat sebagai spot menarik untuk berfoto.

Untuk tarif masuk, dikenakan biaya Rp 10 ribu. Sedangkan untuk berfoto di spot foto biayanya sebagai berikut:

  • Teras kaca kaca Rp 25 ribu
  • Glass boat Rp 30 ribu
  • Kursi raksasa Rp 10 ribu
  • Becak terbang Rp 10 ribu

Temukan Nguluran di Bolang, Girikarto, Panggang. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi.

Berjarak sekitar 1,5 jam dari Titik Nol Malioboro Yogyakarta. Jam buka tempat ini mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00.

2. Camping di Pantai Ngrumput
pantai-gunung-kidul
foto: eksotisjogja.com

Di pantai ini membuat Anda merasakan suasana alam yang masih lestari. Deretan pegunungan dengan pohon yang masih hijau, kemudian Anda bisa mendirikan tenda camp di bagian pantai. 

Saat malam hari, pastinya menjadi saat yang tepat membuat api unggun sambil membakar ikan hasil pancingan.

Pantai ini masuk dalam Pengelolaan Kawasan Pantai Gunung Kidul yang terdiri dari pantai Drini, Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti, Sepanjang, dan Watu Kodok.

Tarif biaya masuk sebesar Rp 10 ribu yang bisa digunakan untuk mengunjungi semua pantai tersebut, termasuk Pantai Ngrumput ini. 

Rute dari Yogyakarta bisa mengambil arah ke Wonosari. Dari sana ambil jalan ke Tanjungsari dan dengan mengikuti petunjuk jalan Anda bisa mudah menemukan pos retribusi Kawasan Pantai Gunung Kidul ini. 

Rute untuk kesini dari pos retribusi Kawasan Pantai Gunung Kidul cukup mudah. Ikuti saja papan petunjuk ke arah Pantai Drini.

Sepeda motor Anda harus diparkir di Pantai Drini ini. Karena untuk mencapai Ngrumput hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer.

Jika Anda ingin camping, bisa menyewa tenda dengan biaya sewa sebesar Rp 80 ribu. Kemudian ada biaya retribusi sebesar Rp 15 ribu untuk camping selama semalam.

Jam buka pantai ini sebenarnya dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00. Namun Anda tetap bisa mengunjungi tempat ini kapanpun, karena selalu ada petugas penjaga pos.

3. Watu Nene di Batas yang Menjulang
pantai-gunungkidul
foto: yogyes.com

Pantai Gunung Kidul terbaru ini seperti disembunyikan oleh kokohnya tebing yang menjulang sangat tinggi. Letaknya yang tersembunyi membuatnya tidak banyak orang tahu.

Pasirnya berwarna putih kecoklatan. Karena dekat samudera membuat gelombangnya terlihat besar, dengan riak putih yang merata. Suasananya berbeda jika dilihat dari ketinggian tebing.

Di sini juga terdapat area yang cocok untuk mendirikan tenda. Bagi Anda yang suka camping, bermalam di tapi pantai yang sunyi akan lebih berkesan.

Watu Nene ada di daerah Tepus Gunung Kidul. Untuk bisa sampai kesini dari Yogyakarta butuh waktu sekitar 2,5 jam berjarak 75 kilometer dengan kendaraan pribadi.

Anda harus mengambil arah ke Wonosari, dan dari sana langsung menuju ke Tepus.

Pantai berjarak 4 km dari Tepus dan berada di antara Pantai Seruni dan Poktunggal. Sudah ada papan petunjuk jalan untuk memandu perjalanan Anda hingga ke kawasan pantai.

Untuk biaya masuk sebesar Rp 10 ribu dengan tambahan uang parkir Rp 5 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Meski jam buka dari pukul 09.00 sampai 17.00 Anda tetap bisa bermalam dengan membayar tambahan biaya sebesar Rp 15 ribu.

4. Pantai Sedahan, Surga Tersembunyi di Balik Dua Tebing
pantai-gunungkidul
foto: eksotisjogja.com

Pantai tersembunyi di Gunung Kidul ini dikatakan surga karena begitu mempesona. Pasirnya putih, dengan ombak yang tenang karena dilingkari bukit yang mengitarinya. 

Tidak hanya itu, penyu-penyu juga datang ke sini.

Banyak hewan laut lainnya juga terlihat sangat jelas karena airnya yang jernih. Di sini Anda bisa mendirikan tenda dan merasakan suasana surga tersembunyi. 

Pantai Gunung Kidul terbaru 2021 ini berada di Jepitu, Girisubo yang berjarak 85 kilometer dari Yogyakarta. Ambil rute ke Jalur Pantai Selatan Yogyakarta.

Setelah itu ikuti arah perjalan di Jalan Pantai Wediombo dan Jalan Pantai Jungwok hingga Anda menemukan petunjuk arah ke Pantai Sedahan.

Dari kawasan parkir, Anda masih harus berjalan selama 30 menit. Anda akan melewati jalanan setapak hingga sampai ke pantai.

Pantai ini dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Tarif masuknya hanya Rp 5 ribu, ditambah uang parkir sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Bagi yang ingin camping dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15 ribu.

5. Di Antara Hutan Bakau Pantai Greweng
pantai-gunungkidul
foto: travelspromo.com

Suasana hutan bakau pastinya sangat menenangkan, ditambah lagi pantai dengan pasir putihnya yang cantik.

Pantai ini berada di teluk sehingga ombaknya begitu tenang. Airnya juga sangat jernih membuat banyak ikan terlihat begitu jelas.

Disini selain bisa camping juga untuk yang hobi mancing. Masih banyak tempat menarik yang belum dieksplor. Salah satunya berupa gua alam tempat pertapaan Nyi Roro Kidul.

Berminat kesini? Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk Pantai Sedahan dan Pantai Greweng.

Begitu juga dengan biaya lainnya, seperti biaya camping, dan parkir juga mengikuti biaya di Pantai Sedahan.

Rute perjalanan dari Yogyakarta tentu sama dengan rute ke Pantai Sedahan.

Hanya saja dari pos parkir, Anda bisa mengikuti papan penunjuk jalan dengan arah yang berbeda. Pantai Greweng ini berada di sebelah barat Pantai Sedahan.

6. Ngrawah, Daratan yang Terlindungi
pantai-gunungkidul
foto: jogjasuper.co.id

Meski hanya memiliki panjang pantai sekitar 50 meter, namun pasir putihnya sangat menarik. Pantai ini berbatasan langsung dengan laut, membuat deburan ombaknya terasa begitu kuat. 

Ngrawah berada di Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Rute dari Yogyakarta bisa mengambil arah ke Gading, kemudian ke arah Trowono hingga ke Kanigoro.

Pantai ini searah dengan Pantai Ngrenehan yang sudah ada papan penunjuk besar.

Sepeda motor harus dititipkan di Pantai Ngrenehan. Kemudian Anda harus harus berjalan kaki sekitar 30 menit ke arah timur. Biaya tiket masuk kesini sebesar Rp 10 ribu.

Pantai ini buka selama 24 jam dari hari Senin hingga Minggu.

7. Kolam Alam di Wedi Ombo
pantai-gunungkidul
foto: travel.kompas.com

Karang unik disini membentuk sebuah kolam laut yang tenang. Meski banyak bebatuan dan hanya bagian kecil yang terdapat pasir pantai, tetap tidak mengurangi keindahannya.

Suasana alamnya yang masih asri bisa menjadi spot foto terbaik. Apalagi saat ombaknya menerjang bebatuan dengan cipratan yang tinggi, sangat ikonik. 

Berada di kawasan Desa Jepitu yang berada di jalur pantai Selatan Yogyakarta.

Rute dari Yogyakarta mengambil arah jalan ke Wonosari, kemudian ke arah Tepus. Dari sana Anda bisa melihat papan penunjuk jalan Pantai Wediombo ini.

Tarif masuk di Wediombo ini sebesar Rp 5 ribu, biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3 ribu dan mobil Rp 5 ribu.

Sedangkan untuk waktu buka setiap hari selama 24 jam. Anda yang ingin camping disini tidak perlu menambah biaya tambahan.

8. Wohkudu yang Berada di Celah Batu
pantai-gunungkidul
foto: liburmulu.com

Tempatnya sangat kecil di antara batu karang. Untuk kesini Anda membutuhkan perjalanan yang cukup sulit. Karena masih banyak tanaman liar, berupa semak belukar.

Namun, perjalanan itu segera terbayar dari pesona pantai ini.

Pasirnya berwarna putih dan Anda bisa berteduh di bawah celah batu karang yang besar. Disini masih sunyi, dan belum banyak orang datang.

Tertarik kesini? Anda bisa mencapai tempat ini dengan melewati rute yang cukup panjang dari Yogyakarta.

Perjalanan bisa memakan waktu hingga 2,5 jam. Rutenya melewati Wonosari, kemudian ke arah Pasar Playen, Girikarto. 

Dari Girikarto Anda bisa langsung ke Kecamatan Panggang, Kemudian menuju desa Ngelos. Disinilah letak Pantai Wohkudu yang masih perawan ini.

Pantai dikelola oleh warga sekitar, sehingga Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. Belum ada ketentuan jam buka disini.

9. Tantangan Kereta Gantung di Atas Timang
pantai-gunungkidul
foto: seindotravel.com

Sebenarnya lokasi ini sudah sangat populer karena berulang kali telah diliput oleh media TV Nasional. Berupa tebing batu dan pulau kecil yang dihubungkan kereta gantung.

Selain kereta gantung juga ada jembatan yang menghubungkan antara pantai dengan Watu Panjang.

Untuk mencapai tempat ini relatif mudah. Berjarak sekitar 50 km dari Yogyakarta ke arah Wonosari.

Setelah itu menuju ke arah Pasar Dakbong. Dari sana sudah ada papan penunjuk jalan menuju ke Pantai Timang ini. 

Tarif masuk ke kawasan pantai sebesar Rp 10 ribu. Untuk mencoba kereta gantung ini memang agak mahal, karena biayanya Rp 200 ribu. Sedangkan untuk lewat jembatan gantung juga harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 100 ribu.

Tempat ini buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 setiap harinya. Selama jam buka Anda bisa mencoba kereta gantung dan melewati jembatan gantung ini.

10. Air Terjun Tepi Laut yang Langka di Jogan
pantai-gunungkidul
foto: tempatwisataindonesia.id

Di Pantai Gunung Kidul terdekat ini terdapat satu fenomena yang langka, yaitu air terjun yang langsung mengarah ke laut. Coban ini berasal dari tebing kapur di bagian tepi. 

Meski ketinggiannya hanya sekitar 10 hingga 15 meter, namun tetap memberikan nuansa yang sulit ditemukan di tempat lain.

Kini pantai ini sudah mulai berkembang dengan adanya wahana berupa gondola, rappelling, hingga menuruni air terjun dengan tali.

Untuk kesini dari Yogyakarta Anda bisa memilih jalur ke arah Jalan Pantai Selatan.

Kemudian ikuti petunjuk arah ke Pantai Siung. Dari Pantai Siung ini terdapat papan penunjuk jalan kecil yang langsung mengarahkan ke Jogan.

Tarif masuk pengunjung sebesar Rp 10 ribu.

Untuk bisa mencoba keberanian Anda harus mengeluarkan biaya Rp 30 ribu untuk masing-masing wahana gondola, rappelling, dan menuruni air terjun tersebut. 

Pantai ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Namun bagi yang ingin melihat sunrise juga bisa tetap berada disini tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

11. Akuarium Besar di Nglambor
pantai-gunungkidul
foto: pantainesia.com

Seperti akuarium Nglambor airnya jernih dan tidak bergejolak. 

Kondisi ini terbentuk dari adanya karang yang melindungi. Kondisi tersebut juga membuat banyak ekosistem unik hidup dengan sangat baik.

Karena itu disediakan snorkeling untuk melihat ikan, terumbu karang, dan jika beruntung bisa berenang dengan penyu. Untuk sewa snorkeling dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu.

Sedangkan untuk mencapai tempat ini dari Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

Arahkan kendaraan ke Jalur Pantai Selatan, kemudian ambil arah ke Pantai Siung yang berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus.

Di pos Pantai Siung inilah Anda harus memarkir kendaraan Anda dan membayar retribusi. Tarif masuknya Rp 5 ribu yang bisa digunakan untuk Pantai Siung sendiri dan Pantai Nglambor.

Untuk mencapai Nglambor Anda bisa berjalan kaki atau naik ojek ke Pantai Nglambor sejauh 2 kilometer.

12. Gua Batu di Watulawang
pantai-gunungkidul
foto: njogja.co.id

Ikon dari tempat ini terdapat pintu terbuat dari batu. Bukan pintu buatan, namun terbuat secara alami dari proses alam.

Gua batu tersebut membagi pantai menjadi dua bagian yang berada di kanan dan kiri.

Pantai berpasirnya cukup luas, ada bentangan tebing tinggi. Di atas tebing Anda bisa menikmati panorama yang lebih berkesan.

Lokasinya berada di Tepus berjarak 65 kilometer dari Yogyakarta.

Untuk mencapai kesini bisa mengambil arah ke Jalan Pantai Selatan. Sampai di pertigaan Trenggale Watu Lawang ada papan penunjuk langsung ke Pantai Watu Lawang ini.

Untuk tarif masuknya pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 20 ribu.

Ditambah dengan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 5 ribu, dan mobil Rp 10 ribu. Pantai ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

13. Membaur Bersama Nelayan di Pantai Ngrenehan
pantai-gunungkidul
foto: alodiatour.com

Ngrenehan terlihat lebih unik dengan adanya perahu nelayan. Berada di balik tebing besar, membuatnya memiliki air yang ramah dengan pasir putih.

Bagi yang hobi memancing, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan menawar langsung kepada para nelayan. Untuk sewa perahu tidak ada patokan harganya, karena hal itu tergantung dari para nelayan sendiri.

Anda juga bisa membeli hasil tangkapan para nelayan. Pastinya harganya akan juga lebih murah. Selain itu, Anda bisa menikmati masakan ikan segar di rumah makan sekitar pantai.

Pantai ini berjarak 54 kilometer dari Yogyakarta dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Rutenya melewati Wonosari, kemudian menuju Pasar Paliyan ke arah timur.

Dari situ Anda akan menemukan papan penunjuk jalan ke arah Pantai Ngrenehan yang berada di Kanigoro, Saptosari.

Tarif masuk ke pantai sebesar Rp 5 ribu. Kemudian ada tambahan biaya parkir sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk parkir. Jam buka wisata ini mulai pukul 07.00 sampai 17.00.

14. Dadap Ayam, Sebuah Pantai tak Berpasir
pantai-gunungkidul
foto: telusurjogja.com

Di pantai ini didominasi batuan karang yang tertutupi oleh ganggang dan lumut. Meski ada area berpasir, namun sangat kecil. 

Keunikan dari tempat ini berupa ceruk-ceruk dari tebing yang tinggi. Sekilas seperti goa yang sangat besar. Anda bisa bersantai dan berteduh dari teriknya matahari disini.

Tempat ini menawarkan suasana yang sunyi dan masih asri. Karena belum banyak informasi dan belum dikelola secara profesional, hanya para traveler yang mengunjungi tempat ini. 

Tidak ada tarif resmi untuk masuk tempat ini. Hanya saja, warga sekitar menyediakan lahan parkir dengan mengambil pungutan sebesar Rp 5 ribu.

Disini juga belum ada jam buka, jadi siapapun bebas mengunjungi tempat ini.

Lokasinya berada di Kanigoro, Saptosari yang dekat dengan Ngrenehan. Dari Pantai Ngrenehan tersebut, ambil arah ke barat hingga sampai ke Desa Kanigoro.

Anda bisa memarkir kendaraan di rumah warga kemudian berjalan kaki selama 30 menit melewati area persawahan.

15. Wisata Sejarah di Ngobaran
pantai-gunungkidul
foto: travel.kompas.com

Di pantai ini terdapat jejak Kerajaan Majapahit pada masa Brawijaya V. Berupa bangunan tempat peribadatan umat Hindu, Budha, Kejawen, hingga Islam.

Uniknya lagi terdapat sebuah masjid kecil yang beralaskan pasir.

Tidak seperti masjid pada umumnya, arahnya menghadap ke Selatan. Sehingga Anda bisa langsung melihat Samudra Hindia dari dalam masjid.

Sampai sekarang tempat peribadatan tersebut, masih digunakan oleh pemeluk agama masing-masing.

Namun untuk masjid beralaskan pasir tidak lagi digunakan. Hanya menjadi situs peninggalan yang unik.

Disini juga terdapat area pasir putih yang luas, serta cekungan-cekungan batu karang yang membentuk kolam. 

Rute menuju ke Ngobaran berjarak 54 kilometer dari Yogyakarta.

Perjalanan bisa memakan waktu sekitar 1,5 jam. Ikuti rute ke Wonosari dan langsung menuju ke Jalan Pantai Ngobaran Kecamatan Saptosari.

Tarif masuk tempat ini hanya Rp 3 ribu dengan biaya parkir Rp 3 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. Jam buka pantai dimulai dari pukul 07.00 sampai 17.00.

Mungkin masih banyak deretan nama Pantai Gunung Kidul yang masih tersembunyi.

Kawasan ini tidak pernah habis menarik para pelancong untuk menemukan berbagai tempat tersembunyi lainnya. Tertarik untuk datang ke pantai-pantai nan eksotis ini?