23 Oleh Oleh Khas Bandung yang Wajib Dibawa Pulang

23 Oleh Oleh Khas Bandung yang Wajib Dibawa Pulang image

Ibukota Jawa Barat ini tak diragukan lagi merupakan salah satu tempat wisata favorit para pelancong.

Selain terkenal dengan berbagai destinasi wisata serta masyarakatnya yang ramah, Bandung juga terkenal dengan oleh-oleh khas Bandung.

Makanya, jika Anda berkesempatan datang ke Bandung, Anda jangan lewatkan untuk memburu berbagai macam oleh-oleh. 

Tempat membeli oleh-oleh khas Bandung tersebar di penjuru kota yang dikenal dengan Paris van Java ini.

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Bandung kekinian? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Toko Kue Legendaris, Kue Kartika Sari 
oleh-oleh-khas-bandung
foto: m.money.id

Kartika Sari merupakan toko kue yang cukup legendaris yang senantiasa ramai di akhir pekan. Aneka jenis kue bisa dengan Anda dapatkan dengan rasa yang maknyus.

Mulai dari kue bolen, kue brownies, cheese roll, lemper, risoles, kroket, hingga peuyeum bollen yang tersedia juga dalam aneka rasa.

Ada beberapa toko gerai Kartika Sari yang merintis usahanya sejak 1970 ini. Salah satu yang ramai dikunjungi adalah toko yang terletak di Jalan Haji Akbar.

Anda bisa membawa pulang aneka kue ini untuk menjadi teman bersantai bersama keluarga sepulang dari Bandung.

2. Citarasa Manis yang Pas, Brownies Kukus Amanda 
oleh-oleh-khas-bandung
foto: kumparan.com

Salah satu kue khas Bandung yang banyak dikangenin oleh para pendatang yang pernah membelinya adalah brownis kukus Amanda.

Rasa manisnya yang enak dan pas (tidak bikin enek) membuat ketagihan. Belum lagi harganya yang terjangkau, mulai dari 36 ribuan per-kotaknya.

Selain rasa coklat original, banyak juga rasa lainnya yang bisa Anda coba. Mulai dari strawberry hingga tiramisu. Selain mendatangi gerai-gerainya yang bertebaran di Bandung,

Anda juga dengan mudah bisa mendapatkannya di sisi-sisi jalan yang dijual oleh para reseller-nya.

3. Donat Sehat dan Murah, Donat Madu Cihanjuang 
oleh-oleh-khas-bandung
foto: pergikuliner.com

Jika Anda pecinta kue donat, Anda wajib coba Donat Madu Cihanjuang. Donat ini memiliki rasa manis yang aman bagi pengidap diabetes karena ada penambahan madu pada komposisinya.

Berbagai aneka toping disediakan untuk menambah kelezatan dari adonan dasarnya yang sebenarnya sudah enak.

Sebenarnya, donat ini asli Cimahi (tetangga Bandung), namun Anda juga bisa menemukan cabangnya di berbagai sudut Bandung.

Soal harganya jangan khawatir, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 5 ribuan saja untuk satuannya.

4. Tahu Lembut ala Bandung, Tahu Susu Lembang
oleh-oleh-khas-bandung
foto: pergidulu.com

Setiap libur tiba, Lembang selalu penuh dengan para wisatawan. Salah satu oleh-oleh yang diburu di tempat ini adalah tahu susu lembang.

Tahu yang merupakan produk asli Lembang ini terkenal dengan teksturnya yang lebih lembut dari tahu biasanya.

Menikmatinya akan semakin mantap jika disajikan bersama sambal cocol kecap yang juga diberikan setiap Anda membeli disini.

Apalagi jika dimakan dalam kondisi masing hangat semu panas. Anda bisa membelinya dengan datang ke kedai Tahu Susu Lembang yang ada di Jalan Raya Lembang Nomor 177.

5. Mau jadi Iron Man? Beli Odading Mang Oleh (Soleh)
oleh-oleh-khas-bandung
foto: ayosemarang.com

Odading Mang Soleh adalah oleh-oleh Bandung hits yang viral seiring dengan viralnya Ade Londok yang menjadi duta kuliner Jawa Barat pada tahun 2020. 

Meskipun odading sudah lama ada di Bandung dan banyak dijual, namun odading ini memiliki rasa yang terbukti enaknya. Ini dibuktikan dari ramainya pembeli odading ini.

Anda yang penasaran ingin mencoba odading ini, Anda bisa datang langsung ke daerah Kosambi Bandung, tepatnya di Jalan Ahmad Yani.

Harus diketahui, odading ini tidak membuka cabang. Hanya satu toko yang menjualnya, jadi jangan sampai salah ya.

6. Kue Cantik Mempesona, Bandung Makuta
oleh-oleh-khas-bandung
foto: anekawisata.com

Kue yang dipopulerkan oleh brand ambassador-nya yakni Laudya Chintya Bella juga merupakan kue yang sempat menjadi oleh-oleh Bandung terbaru yang sangat viral.

Rasa manisnya yang khas dan warnanya yang menggoda, menjadikan Bandung Makuta banyak diburu pengunjung yang datang ke Kota Bandung.

Jika Anda penasaran juga ingin mencobanya bisa datang langsung ke beberapa gerai Bandung Makuta yang ada di Bandung. Salah satunya yang terletak di daerah Sumur Bandung.

Tepatnya di Jalan Van Deventer Nomor 2. Rasa yang tersedia antara lain cokelat, lemon, hingga blueberry.

7. Luber Bumbunya, Roti Bumbu Bakar Cari Rasa
oleh-oleh-khas-bandung
foto: paragram.id

Pedagang roti bakar yang ada di Bandung sangatlah banyak.

Namun, ada satu merek yang bisa dibilang paling laris dan menjadi camilan pilihan baik warga dalam Kota Bandung maupun luar Kota Bandung. Namanya adalah Roti Bumbu Bakar Cari Rasa.

Roti ini memiliki berbagai cabang yang ada di sekitar Bandung. Namun, jika Anda ingin mencoba langsung ke kedai pertamanya,

Anda bisa datang ke sekitar Pasar Kosambi di Jalan Ahmad Yani. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa membuat lidahmu berselera.

8. Manisnya Bikin Nagih, Bandung Kunafe
oleh-oleh-khas-bandung
foto: jabarekspres.com

Oleh-oleh yang satu ini merupakan bisnis yang dikembangkan oleh dua orang artis asli Sunda, yakni Irfan Hakim dan Omesh.

Sama seperti Bandung Makuta, Bandung Kunafe juga tersedia dalam berbagai macam rasa. Mulai dari rasa coklat, keju, green tea, nutella, hingga rasa durian.

Rasa manis dan teksturnya yang lembut menjadikan Bandung Kunafe salah satu pilihan oleh-oleh yang banyak dibawa pulang pengunjung.

Anda yang juga mau membawanya pulang, bisa datang langsung ke outlet pusatnya di daerah Citarum, tepatnya Jalan Benda Nomor 23.

9. Dorayaki ala Sunda, Surabi Bandung 
oleh-oleh-khas-bandung
foto: nativeindonesia.com

Makanan berbahan kelapa ini sejatinya adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak lama di Bandung. Namun, seiring perkembangan, banyak pebisnis yang melakukan berbagai macam inovasi.

Sehingga jika pada mulanya topingnya hanya oncom, kini banyak sekali toping yang berkembang dan dijual.

Banyak kedai-kedai yang menjual surabi dengan konsep ala-ala kafe yang membuat nama surabi tak lagi berkesan sebagai makanan kampung.

Salah satu kedai surabi yang terkenal adalah Surabi Enhaii yang terletak di daerah Jalan Setiabudi, Kota Bandung.

10. Daging Empuk Banyak Rasa, Gepuk Nyonya Ong
oleh-oleh-khas-bandung
foto: serbabandung.com

Gepuk atau empal adalah olahan daging sapi yang lumayan terkenal di Indonesia.

Kota Bandung sendiri memiliki gepuk khas-nya dengan merk Gepuk Nyonya Ong.

Banyak inovasi varian yang dikembangkan oleh merk ini. Mulai dari beef original, beef less sugar, beef salty, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang punya masalah dengan daging sapi, Gepuk Nyonya Ong juga memiliki olahan lain berbahan dasar daging ayam yang juga tak kalah enaknya untuk disantap.

Anda bisa datang langsung ke kedainya yang ada di Jalan Dokter Djunjunan Nomor 155 E yang jarang sepi pembeli.

11. Si Lonjong yang Bikin Ketagihan, Picnic Roll 
oleh-oleh-khas-bandung
foto: ksmtour.com

Makanan ini merupakan kue yang diolah dari daging cincang dan diberi tambahan bumbu serta telur rebus sebelum dimasukkan ke kulit pastry. 

Bentuknya yang lonjong memanjang dan rasanya yang lezat bisa membuat Anda ketagihan. Anda juga bisa memilih isian dagingnya, antara daging sapi atau daging ayam.

Penasaran dengan Picnic Roll? Jika iya, Anda bisa langsung datangi saja Toko Prima Rasa yang memiliki beberapa gerai di Kota Bandung.

Diantara gerai yang bisa Anda datangi adalah gerai di Jalan Pasir Kaliliki, yang tak begitu jauh dari Gerbang Tol Pasteur.

12. Keripik Pelopor Level-Levelan, Keripik Maicih
oleh-oleh-khas-bandung
foto: liputan6.com

Anda pecinta makanan pedas? Jika iya, patut dicoba untuk membawa pulang keripik ini.

Keripik pedas ini memiliki ciri khas pada bumbunya yang membaur dengan ketebalan yang tinggi pada keripiknya.

Dengan demikian, ketika masuk ke mulut, akan memberikan sensasi pedas dan gurih yang meledak-ledak.

Dalam perkembangannya, bahan keripiknya variatif.

Mulai dari keripik singkong, basreng, seblak, hingga gurilem. Keripik yang tersedia dalam berbagai level ini juga mudah Anda temukan di toko oleh-oleh yang ada di Bandung.

13. Kerupuknya Preman Pensiun, Kicimpring
oleh-oleh-khas-bandung
foto: shopee.co.id

Kepopuleran film Preman Pensiun yang disiarkan di salah satu televisi swasta nasional turut mengangkat nama kerupuk khas Bandung yang bernama kicimpring ini. 

Kicimpring adalah kerupuk berbahan dasar singkong yang cocok dijadikan cemilan sekaligus teman makan nasi. Rasanya bakal bikin Anda ketagihan.

Banyak toko makanan dan oleh-oleh yang menjual makanan ini. Anda bisa membelinya dalam bentuk mentah maupun yang sudah digoreng dan diberikan bumbu-bumbu tabur dengan aneka rasa.

14. Keripik Moring, Keras-Keras Krispi
oleh-oleh-khas-bandung
foto: cookpad.com

Moring atau singkatan dari cimol kering ini adalah keripik khas Bandung yang mudah sekali ditemukan di warung-warung kecil.

Teksturnya yang agak keras namun nyakruk ketika digigit, menjadi sumber kelezatan sendiri. 

Anda bisa mengkonsumsinya berbarengan saat menyantap makanan-makanan lain seperti mie kuah atau bakso.

Harga perbungkus kecilnya juga sangat murah. Hanya 500 rupiah, Anda bisa mendapatkan keripik legendaris Bandung ini. Tapi masa iya hanya mau beli satu?

15. Gurih-Gurih Nagih, Jajan Batagor
oleh-oleh-khas-bandung
foto: pergikuliner.com

Jajanan khas Bandung yang sangat mudah ditemui di Bandung salah satunya adalah batagor. Batagor merupakan akronim dari bakso tahu goreng.

Sesuai namanya, batagor adalah olahan dari tahu dan bakso (biasanya daging ikan) yang disajikan dengan bumbu kacang atau kuah panas.

Banyak sekali penjual batagor di berbagai sudut Bandung. Mulai dari yang menggunakan gerobak dorong, stand depan toko atau ruko, hingga kedai-kedai.

Namun ada beberapa merk batagor yang sudah cukup dikenal kelezatannya. Seperti Batagor Riri yang terletak di Jalan Burangrang dan Batagor Kingsley yang ada di Jalan Veteran.

16. Mau Jajan Murah dapet Banyak? Beli Cireng Bandung
oleh-oleh-khas-bandung
foto: m.dream.co.id

Cireng, atau akronim dari aci digoreng, adalah camilan yang juga sangat populer. Harganya yang murah serta rasa yang nikmat menjadikannya laris diperjual belikan.

Belum lagi, dari waktu ke waktu, semakin banyak inovasi yang dikembangkan oleh para pedagang cireng.

Salah satu inovasi paling mutakhir dan banyak diminati adalah rujak cireng.

Rujak cireng merupakan cireng biasa namun disajikan bersamaan dengan bumbu rujak yang memiliki sensasi manis dan pedas yang menggugah selera. Anda tak akan kesulitan mencari makanan ini di Bandung.

17. Kue Tradisional Bandung, Peuyeum Bandung
oleh-oleh-khas-bandung
foto: quora.com

Bagi yang menyenangi oleh-oleh tradisional Bandung, Anda bisa membawa pulang peuyeum Bandung. 

Peuyeum merupakan makanan yang diolah dari singkong yang ditaburi ragi kemudian disimpan dalam beberapa waktu di tempat tertutup.

Sensasi hangat setelah memakannya menjadikan peuyeum salah satu favorit orang Bandung.

Oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama ini bisa dengan mudah Anda temukan di Bandung.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan banyak pilihan toko, Anda bisa datang ke sekitaran Jalan Cihampelas. Ada kios-kios yang menjajakan peuyeum dengan cara digantung di depan kios penjual.

18. Cendol Legendaris, Es Cendol Elizabeth
oleh-oleh-khas-bandung
foto: pergikuliner.com

Suka yang segar-segar? Anda bisa mencoba membawa pulang minuman khas Bandung yang bernama cendol. Cendol memiliki cita rasa yang legit, manis, serta segar di mulut.

Dari sekian banyak merk cendol, yang paling populer adalah Es Cendol Elizabeth. Usaha yang berdiri sejak tahun 1972 ini berkembang karena rasanya yang enak dan konsisten.

Sehingga penggemarnya sangat banyak, baik dari kalangan warga Bandung, maupun luar Bandung.

Anda bisa mendapatkan es cendol ini di berbagai cabangnya yang ada di Kota Bandung.

Namun jika Anda ingin datang ke pusatnya, Anda bisa datang langsung ke Jalan Astana Anyar yang selalu ramai dikunjungi pembeli.

19. Aroma Khas Bandung di Kopi Aroma
oleh-oleh-khas-bandung
foto: shopee.co.id

Budaya ngopi kini menjadi tren tersendiri di masyarakat Indonesia.

Jika Anda adalah salah satu pecinta kopi yang sedang plesir ke Bandung, jangan lupa untuk membawa pulang Kopi Aroma. Kopi ini adalah kopi legendaris yang sudah ada sejak 1930-an.

Bubuk kopi yang memiliki citarasa dan wangi yang khas ini telah menarik banyak sekali pelanggan bahkan hingga luar negeri. 

Untuk mendapatkan kopi ini, Anda bisa langsung datang ke daerah Braga, Kota Bandung.

Tepatnya di Jalan Banceuy Nomor 51. Dengan harga 20 ribuan saja, Anda sudah bisa membawanya untuk diseruput di rumah.

20. Kerajinan Tangan Lembang, Barang Bekas Bernilai Estetika
oleh-oleh-khas-bandung
foto: tempatwisataunik.com

Apabila Anda senang mengoleksi benda-benda unik, Anda bisa berburu kerajinan khas Bandung yang salah satunya ada di daerah Lembang. Tepatnya di Galeri Kesenian yang terletak di Jalan Raya Lembang.

Di Galeri ini, Anda bisa memilih berbagai macam kerajinan yang unik. Mulai dari kerajinan keranjang, tas, tempat sampah, hingga guci yang bisa menjadi hiasan di sudut rumahmu.

Bahan-bahan yang digunakan oleh para pengrajin juga sangat variatif.

Mulai dari plastik, kayu, bambu, hingga bahan-bahan sampah botol yang didaur ulang menjadi produk yang menarik dan memiliki nilai jual lumayan.

21. Jajan Kaos Ikonik Khas Bandung
oleh-oleh-khas-bandung
foto: m.ayobandung.com

Salah satu oleh-oleh yang bisa awet untuk dimanfaatkan adalah kaos. Di Bandung, ada banyak sekali produsen kaos yang sudah dikenal dan menunjukan identitas Bandung.

Membawa pulang kaos tentu bisa menjadi penanda bahwa Anda pernah datang ke Bandung.

Ada banyak toko dan pedagang kaki lima yang menjual kaos di Bandung. Diantara tempat yang terkenal dan banyak dikunjungi adalah di sepanjang Jalan Cihampelas yang terletak di pusat Kota Bandung.

Harganya yang terjangkau memungkinkan Anda untuk bisa memborongnya ke rumah.

22. Tas dan Sepatu Murah Khas Cibaduyut
oleh-oleh-khas-bandung
foto: daimca.com

Cibaduyut dikenal sejak lama sebagai daerah produsen tas serta sepatu yang memiliki kualitas jempolan namun harganya terjangkau.

Banyak orang yang sengaja datang ke Bandung untuk memburu tas atau sepatu asli Cibaduyut.

Di sepanjang jalanan Cibaduyut, Anda akan menjumpai banyak kios yang menjual tas, sepatu, dan berbagai aksesoris lain yang harganya murah-murah.

Jika Anda adalah orang yang gila belanja, sediakan budget yang agak besar untuk datang ke sini supaya keinginanmu bisa terpuaskan semuanya.

23. Alat Musik Go Internasional, Angklung
oleh-oleh-khas-bandung
foto: tripadvisor.co.id

Ada beberapa alat musik khas Sunda yang dikenal bahkan hingga ke luar negeri.

Salah satunya adalah angklung. Alat musik tradisional ini sudah melanglang buana dan pertunjukannya dipentaskan di banyak negara di luar Indonesia serta diminati bule-bule.

Anda juga bisa membeli dan membawa pulang alat musik berbahan dasar bambu ini.

Selain untuk dipakai, Anda juga menggunakannya untuk disimpan menjadi hiasan yang mempercantik rumahmu. Silahkan datang langsung ke Saung Angklung Udjo untuk mendapatkan angklung yang unik ini.

Demikianlah 23 oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang. Ingat, sejak Anda berangkat ke Bandung, mestinya membeli oleh-oleh sudah menjadi prioritas. Itu jika Anda sayang keluarga dan tetangga ya.