21 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Paling Diburu Wisatawan

21 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Paling Diburu Wisatawan image

Berkunjung ke Surabaya memang menyenangkan. Kota paling besar nomor 2 di Indonesia setelah Jakarta ini menyimpan banyak keunikan.

Termasuk, oleh-oleh khas Surabaya yang bisa dibeli dan dibawa pulang oleh Anda jika berkunjung ke sini.

Tentu saja, sebagai seorang yang senang berbagi, Anda perlu menyisihkan uang dan waktu untuk berjalan-jalan mencari oleh-oleh Surabaya.

Mungkin ini melelahkan. Namun tenang saja, Kami mencoba memberikan bantuan kepada Anda dengan menyajikan daftar oleh-oleh asli Surabaya.

Apa saja oleh-oleh khas Surabaya? Berikut ulasannya.

1. Sirup Blasteran Surabaya-Belanda, Siropen Telasih 
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: ksmtour.com

Sebagai daerah yang penuh dengan sejarah, Surabaya juga menyimpan minuman bersejarah. Namanya adalah Siropen Telasih.

Sirop ini sudah ada sejak Tahun 1923 dan didirikan oleh seorang asli Belanda bernama JC Van Drongelen.

Pabrik sirup ini hingga kini masih beroperasi dengan menggunakan cara-cara yang masih tradisional. 

Ada berbagai jenis rasa yang bisa Anda pilih. Mulai dari rasa jeruk, vanili, pandan, melon, leci, hingga rasa mawar.

Anda yang berminat membawanya sebagai oleh-oleh, bisa mencarinya di berbagai toko oleh-oleh di Surabaya.

2. Ikan Empuk Tulang Lunak, Bandeng Asap
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: indonesiakaya.com

Siapa yang suka ikan? Bagi Anda para pecinta ikan, patut untuk mencoba bandeng asap asli Surabaya ini. 

Bandeng yang telah melalui berbagai proses ini selain memiliki rasa yang lezat, namun juga tak cepat basi. 

Dagingnya yang empuk dan rasanya yang gurih bisa disajikan dengan berbagai cara. Misalnya dengan sambal petis atau dijadikan salah satu komponen sayur.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, Anda bisa menemukan bandeng asap dijual di pinggir jalanan di Kota Surabaya.

3. Oseng Tuna Asap Siap Saji
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: m.tribunnews.com

Olahan ikan lain yang tak kalah nikmatnya adalah OTA alias Oseng Tuna Asap. Makanan ini selain menawarkan rasa yang nikmat, juga menawarkan kepraktisan bagi Anda yang membelinya. 

Olahan tuna yang dimasak dengan bumbu rempah khas Surabaya ini juga disajikan tanpa tulang. 

Penyajiannya yang dikemas di dalam wadah juga menjadikannya mudah dibawa kemana-mana. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu lapar, Anda bisa membuka dan menyantapnya dengan nasi.

Anda bisa membelinya langsung di tokonya yang ada di Perumahan Amertha, Surabaya.

4. Kerupuk Udang Lobster Gurih dan Kaya Gizi
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: ayotraveling.com

Bagi Anda pecinta kerupuk, bisa coba bawa pulang kerupuk udang lobster ini. Anda harus tahu, kerupuk udang ini spesial karena berbeda dengan lazimnya kerupuk udang.

Jika di tempat lainnya biasanya menggunakan bahan dasar udang kecil atau rebon, maka kerupuk khas Surabaya ini menggunakan lobster. 

Udang raksasa ini diolah dengan tepung tapioka dan campuran bumbu halus sebelum dikukus, dipotong, lalu dijemur.

Anda bisa membeli kerupuk ini di toko oleh-oleh. Harganya relatif terjangkau untuk ukuran makanan dengan bahan dasar lobster.

5. Bebek Djangkep, Citarasa Bumbu Kuning yang Cakep
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: bukalapak.com

Anda yang sudah akrab dengan ayam bumbu kuning, pasti akan senang juga jika memakan Bebek Djangkep.

Menariknya, bebek ini bukan untuk dimakan di lokasi, namun dikemas untuk dimasak di rumah masing-masing.

Sebelum dikemas dan dimasukan ke dalam bungkusnya yang menarik, Bebek Djangkep melalui berbagai proses.

Tahap utamanya adalah diungkep dengan rempah-rempah bumbu kuning asli Surabaya. Kemasannya yang kedap udara membuatnya awet dalam beberapa waktu.

Jika Anda membeli bebek ini, Anda juga akan diberikan sambal gratis untuk teman makan bebek. Tentunya rasanya makin cakep jika Anda memakannya dengan nasi hangat.

6. Sambal Cuki Aneka Rasa
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: food.detik.com

Siapa sih yang nggak suka makan sambal? Rasanya, meski status sambal hanya pelengkap, namun pencintanya dijamin banyak sekali. Salah satunya mungkin Anda.

Sambal siap saji yang dikemas dengan wadah yang menarik ini memiliki banyak sekali varian rasa. 

Mulai dari sambal bawang, sambal udang, sambal roa asap, sambal matah bali, sambal bawang pete dan yang lainnya.

Jika Anda petualang rasa pedas, patut untuk membeli banyak varian.

Harga untuk satu kemasannya juga tak begitu mahal, hanya sekitar 20 ribuan saja. Itu bisa Anda gunakan untuk berkali-kali makan. 

7. Sambal Bu Rudy, Pelopor Sambal Kemasan
oleh-oleh-khas-surabaya

Sambal lain yang bisa juga Anda coba dan bawa pulang adalah Sambal Bu Rudy.

Sambal ini disebut sebagai pelopor sambal kemasan di Surabaya sebelum muncul sambal-sambal lainnya.

Ada beberapa varian sambal yang bisa Anda coba. Mulai dari sambal bajak, sambal udang, hingga sambal bawang.

Rasa pedasnya yang pas di lidah akan membuatmu lebih semangat ketika menyantap nasi. Ditambah lagi dengan aromanya yang segar dan menggugah selera.

Anda yang tertarik membelinya, tak usah khawatir. Sambal Bu Rudy memiliki setidaknya tiga kios yang bisa dikunjungi.

Salah satunya yang terletak di Jalan Dharmahusada 140. Harga per kemasannya mulai dari 25 ribuan saja.

8. Almond Crispy Primadona Surabaya
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: tokopedia.com

Makanan ringan yang tersebar di banyak toko oleh-oleh ini memang menjadi oleh-oleh modern favorit banyak pelancong. Bahkan, bisa dibilang ini menjadi primadona bagi Surabaya.

Campuran dari telur, tepung, gula, keju, susu bubuk serta kacang almond pilihan, membentuk makanan krispi yang rasanya unik.

Anda bisa memilih tiga jenis rasa yang tersedia. Yakni keju, coklat, dan green tea.

Harga untuk satu bungkus Almond Crispy ini juga tak begitu mahal kok. Untuk satu bungkusnya bisa didapat mulai dari harga 45 ribuan saja.

9. Guna-Guna Snack, Mantranya Bisa Bikin Ketagihan
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: javatravel.net

Entah apa alasannya, mengapa cemilan keripik ini dinamakan dengan nama guna-guna.

Namun jika boleh berasumsi, sepertinya ini karena ada  ‘mantra’ yang membuat penikmatnya ketagihan.

Keripik yang menggunakan bahan dasar kentang serta singkong ini rasanya enak dan gurih. Dengan berbagai varian bumbu yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Hal yang tak kalah menarik adalah kemasannya yang kekinian dan sangat khas generasi muda.

Anda yang mau mencobanya, bisa mencari di toko oleh-oleh. Harga per bungkusnya berbeda-beda tergantung ukuran. Satu yang pasti, bisa didapat mulai 20 ribuan saja.

10. Kue Lapis Surabaya, Nikmatnya Berlapis-Lapis
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: naruto-group.com

Salah satu jenis kue yang  mudah ditemui di Surabaya adalah kue lapis. Kue ini mungkin Anda pernah menemukannya di luar Surabaya.

Namun, rasa yang ditawarkan Kue Lapis Surabaya bisa menjadi hal yang menarik dan patut Anda coba.

Kue tradisional Surabaya ini sekilas mirip kue bolu.

Bedanya, kue ini tersusun dari lapis-lapis berwarna kuning dan coklat yang umumnya direkatkan oleh selai rasa strawberry. Rasa, tekstur, dan aromanya membuat kue ini masih laris hingga sekarang.

Anda bisa mencari dan mendapatkannya di berbagai toko tempat oleh-oleh di Surabaya. Harganya bersahabat kok.

11. Spikoe, Kue Legendaris Asli Surabaya
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: food.grab.com

Kue khas Surabaya ini bukan hanya enak, namun juga legendaris. Sejak beredar tahun 1976, kue ini masih bertahan dan menjadi salah satu favorit pelancong.

Kue yang merupakan jenis kue lapis ini terdiri dari tiga lapisan.

Masing-masing lapisan berwarna kuning, coklat, dan kuning. Konsistensi rasa yang diberikan oleh sentuhan produsennya membuat kue ini memiliki kesan tersendiri bagi pecintanya.

Anda bisa menikmati satu box kue yang bisa disantap bersama dengan keluarga ini mulai dari harga 90 ribuan saja.

12. Bahan Sederhana Rasa Istimewa, Kue Bikang Peneleh
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: bikangpeneleh.blogspot.com

Ada yang suka makan kue basah? Anda perlu mencoba citarasa Kue Bikang Peneleh untuk memperkaya khazanah kue basah Anda.

Kue ini terbuat dari bahan yang sederhana. Hanya campuran tepung beras, gula, santan, serta pewarna yang alami.

Namun, rasa dan aromanya yang khas membuat kue ini banyak diburu oleh wisatawan.

Terlebih lagi, kue ini harganya murah banget. Anda bisa membawanya pulang dengan harga mulai dari Rp. 3.500 saja. Tapi, yakin cuma mau beli satu doang?

13. Kue Buah Glory  Banyak Rasa
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: istanabundavian.com

Bagi Anda yang suka kue sekaligus suka buah-buahan, bisa mendapatkan citarasa keduanya dalam satu kue saja. Caranya dengan berburu Kue Buah Glory.

Kue dengan jenis roti ini menawarkan berbagai rasa buah-buahan yang membuat lidah semangat beraktifitas.

Mulai dari varian rasa apel, nanas, mangga, durian, hingga strawberry. Anda yang tak suka buah, bisa juga mencoba rasa lain seperti rasa red velvet.

Kemasannya yang bagus membuat kue ini bisa bertahan lama dan jelas bisa dimakan saat sampai rumah.

Harganya juga terjangkau. Mulai dari 60 ribuan, Anda bisa bersantap bareng dengan keluarga tercinta.

14. Kue Salju Surabaya, Krimnya Luber di Mulut
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: hargamenu.net

Tren artis bisnis kue juga sampai lho ke Surabaya. Di Surabaya, ada kue yang dikembangkan oleh Zaskia Sungkar. Namanya Snowcake, alias Kue Salju.

Bahan dasar kue ini sekilas mirip dengan kue lapis. Namun, komponen antar lapisan kue yang berjumlah 3, masing-masingnya berbeda. 

Lapis pertama dan ketiganya yang renyah, mengapit adonan roti di lapisan kedua.

Ditambah lagi dengan krim seperti salju yang menyelimuti bagian atasnya. Komposisi komponen ini menghasilkan rasa yang tentunya bisa bikin Anda ketagihan.

Oleh-oleh khas Surabaya kekinian ini bisa Anda dapatkan langsung di gerai Snowcake yang terletak di sekitar Jalan Flores Surabaya. Harganya mulai dari 50 ribuan saja untuk satu kotaknya.

15. Pohong Tata, Inovasi Unik Berbahan Singkong
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: firmantata.com

Singkong memang dikenal sebagai salah satu bahan yang banyak diolah di Indonesia. Di Surabaya, terdapat juga olahan singkong yang unik sekaligus enak. Namanya Pohong Tata.

Makanan ini menggunakan bahan dasar singkong yang dibakar kemudian diberikan tambahan keju sebelum disajikan. 

Pengemasannya yang modern, membuat singkong ini tak terkesan menjadi makanan orang desa. Tak heran jika banyak wisatawan yang memburunya.

Anda yang mau mencoba citarasa singkong ala Pohong Tata, bisa mencobanya di sekitar Jalan Gading Surabaya. Harganya juga dijamin bersahabat dengan kantong.

16. Suoklat, Kue Coklat Asli ‘Suroboyo’
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: gotravelly.com

Siapa di sini yang pecinta coklat? Jika Anda adalah salah satunya, wajib cicip dan bawa pulang nih kue asli Surabaya yang berbahan dasar coklat ini. Namanya unik, yakni Suoklat.

Suoklat sendiri merupakan akronim dari Suroboyo Coklat. Kue ini tersedia dalam berbagai rasa dan isian yang menggugah selera. 

Mulai dari varian milk chocolate crispy, dark kurma mete, white chocolate crispy, hingga varian tradisional seperti coklat jahe.

Anda perlu menyiapkan budget lebih jika ingin mencoba aneka variannya yang mungkin membuat penasaran. Produsen kue ini ada di sekitar Jalan Gubeng Kertajaya Surabaya. 

17. Keripik Buah Sehat ala Kane-Kane
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: kanefood.com

Saat pulang dan bersantai di rumah, rasanya enak ya kalau sambil ngemil keripik? Apalagi jika keripiknya lezat dan menyehatkan. Jika Anda berpikir demikian, coba saja membawa pulang Keripik Buah Kane-Kane.

Sesuai namanya, keripik ini menggunakan aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya.

Seperti mangga, apel, nanas, salak, hingga pepaya. Buah-buah tersebut diolah dengan campuran bahan lain dan digoreng dengan teknik khusus yang membuatnya menjadi keripik yang renyah. 

Jika Anda punya jiwa penasaran yang tinggi, Anda bisa juga membawa pulang keripik dengan varian rasa campuran. Harga per bungkusnya murah kok, mulai dari belasan ribu saja.

18. Belinjo Udang, Kombinasi Unik Menggugah Selera Makan
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: shopee.co.id

Meskipun rasanya cenderung pahit, namun pecinta melinjo atau akrab disebut emping nyatanya tak sedikit.

Di Surabaya anda inovasi emping yang mungkin bisa membuatmu penasaran. Namanya Blindang, alias Blinjo Udang.

Produsennya yang merintis usaha sejak tahun 1970-an membuat Belinjo yang diolah dengan campuran udang.

Sehingga rasanya lebih enak dan juga variatif. Salah satu rasa Blindang yang menjadi favorit konsumen adalah rasa pedas manis. 

Anda bisa menemukan makanan ini di berbagai warung atau toko oleh-oleh yang tersebar di Surabaya. 

Namun jika Anda penasaran dan ingin datang langsung ke lokasi produksinya, coba saja kunjunginya di wilayah Bibis Tama, Tandes, Kota Surabaya.

19. Kopi Bandrek, Kopinya Wong Suroboyo
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: cikopi.com

Sebagaimana tempat-tempat lain di Indonesia, Surabaya juga memiliki kopi khas Surabaya. Bahkan, eksistensinya juga sudah cukup dikenal di Indonesia. Namanya adalah Kopi Bandrek.

Kopi yang bisa Anda stok di dapur rumah masing-masing ini diolah dengan bahan dan cara yang khas. 

Selain menggunakan kopi, Kopi Bandrek juga menambahkan jahe sebagai komponen pokoknya. Ditambah berbagai rempah lainnya, kopi ini memberi efek nikmat dan hangat.

Satu bungkus kemasan yang di dalamnya berisi 5 sachet Kopi Bandrek dihargai Rp 19.500 saja. Cukup murah untuk menjadi teman ngopi atau menjamu tamu di rumah.

20. Kerupuk Kulit Rambak Sapi, Dijamin Renyah
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: inews.id

Jika masyarakat Jawa Barat punya kerupuk kulit khas yang bernama dorokdok, maka Surabaya punya Rambak Sapi.

Kerupuk kulit asli Surabaya ini umumnya menggunakan kulit sapi.

Kerupuk ini diolah melalui proses yang cukup panjang dengan campuran bahan-bahan tertentu. Termasuk, melalui proses perendaman kulit di dalam air kapur.

Proses panjang ini menghasilkan citarasa kerupuk yang renyah tanpa menyisakan bau amis yang mungkin mengganggu.

Selain sebagai camilan, Anda bisa menyantapnya sebagai teman makan makanan berat sebagai penggugah selera. Jika Anda tertarik memborong, Anda bisa memburu kerupuk ini di berbagai toko oleh-oleh.

21. Kaos Ikonik Surabaya, Cak Cuk
oleh-oleh-khas-surabaya
foto: ksmtour.com

Selain aneka makanan dan minuman, tak lengkap rasanya jika Anda tak membawa pulang kaos khas Surabaya. Salah satu brand kaos oleh-oleh yang terkenal adalah Cak Cuk.

Kaos ini memiliki berbagai macam desain yang unik serta menunjukan budaya serta ikon-ikon di Surabaya.

Cak Cuk nampaknya mencoba mempopulerkan Surabaya melalui berbagai desainnya. Berdiri sejak 2005, kaos ini bertahan dan masih populer.

Jika Anda tertarik membungkusnya, bisa langsung datang ke gerai resminya yang ada di beberapa titik di Surabaya. Salah satunya, ada di sekitar Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

Nah, itulah 21 oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda buru dan bawa pulang sebagai buah tangan bagi orang-orang tercinta. Tapi ingat, jangan kalap dan malah jadi kehabisan ongkos pulang ya.