9 Cafe di Bandung yang Nyaman, Unik, dan Instagramable

9 Cafe di Bandung yang Nyaman, Unik, dan Instagramable image

Banyak sekali cafe di Bandung dengan berbagai macam konsep yang ditawarkannya.

Maka tak akan sulit jika Anda ingin mendapatkan pengalaman dan momen berkumpul bersama orang-orang terdekat.

Dari sekian banyak cafe yang ada di Bandung tersebut, Kami coba memilih sejumlah cafe terbaik di Bandung yang menurut Kami akan membuat Anda tertarik untuk mendatanginya.

Berikut daftar dan ulasannya untuk Anda.

1. Orofi Cafe
cafe-di-bandung
foto: orofi-cafe.business.site

Apakah Anda pernah mendengar satu tempat indah bernama Santorini? Ya, Santorini adalah sebuah lokasi yang ada Yunani dan memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.

Di atas kaldera, terbangun daratan bangunan putih yang yang tampak hebat berlatar langit biru.

Nah, jika Anda belum bisa untuk datang ke Santorini, Anda bisa coba datang ke Orofi Cafe yang memiliki konsep meniru Santorini.

Dekorasi serba putih dengan pemandangan city view serta hamparan langit akan memberikan kesan seolah Anda di Santorini.

Menu yang tersedia di tempat ini umumnya adalah makanan dan minuman western. Seperti spring rolls, omelette, beef wellington, pizza, pasta, hingga nachos. 

Harganya juga relatif terjangkau untuk fasilitas yang Anda dapatkan. Untuk makanan bisa Anda dapat mulai 30 ribuan, sedangkan minuman Rp20 ribuan saja.

Jika Anda berminat ke tempat ini, lokasinya ada di Jalan Lembah Pakar Nomor 99, di Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

Buka setiap hari dari pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB, kecuali Sabtu Minggu buka lebih awal yakni pukul 11.30.

2. Fatbox (The Pop Up)
cafe-di-bandung
foto: indonesia.tripcanvas.co

Jika Anda adalah pelancong yang ingin makan-makan di cafe sekaligus belanja pakaian, maka Anda bisa memutuskan untuk datang ke Fatbox.

Maklum, cafe yang satu ini adalah salah satu bagian tempat yang ada di toko pakaian The Pop Up. Sehingga sambil belanja, Anda bisa nongkrong juga.

Cafe ini mengusung tema warna pastel. Seluruh cat dan interiornya sangat sedap dipandang mata, memadukan berbagai macam warna pastel seperti kuning, pink, hingga biru.

Menunya sendiri beragam. Ada jajanan, makanan berat, dan juga minuman. Sesuai nama yang mengandung kata box, berbagai makanan yang Anda beli akan disajikan di kotak karton.

Harganya sangat terjangkau lho! Anda bisa mendapatkan menu makanan mulai harga belasan ribuan saja. Sedangkan untuk minuman, mulai dari 6 ribuan saja.

Jika Anda mau main ke Fatbox, datang saja. Tiap hari buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Lokasinya ada di Jalan Sukajadi Nomor 199, Cipedes, Kota Bandung.

3. Mana Cafe
cafe-di-bandung
foto: indonesia.tripcanvas.co

Jika Anda senang membayangkan berkumpul atau bahkan menyendiri di tengah hamparan ilalang yang menenangkan, maka Anda bisa mewujudkannya di Mana Cafe.

Tempat ini adalah cafe Instagramable di Bandung yang sulit untuk Anda lewatkan jika senang berfoto. Selain dekorasi indoor yang menarik, 

Anda juga bisa keluar dan melihat langsung hamparan ilalang tanpa berbatas jendela.

Sangat indah, apalagi jika Anda datang saat matahari mulai bergerak terbenam. Wajar jika banyak yang sengaja datang kesini untuk mendapatkan momen romantis.

Menu yang tersedia umumnya adalah makanan lokal.

Seperti nasi ayam sambal matah, nasi ayam sambal padang, hingga nasi goreng. Ada juga berbagai minuman dan dessert yang bukan hanya enak, namun juga sedap dipandang mata.

Harganya juga relatif terjangkau. Makanan dibanderol mulai harga 20 ribuan, sedangkan minuman Rp10 ribuan saja. 

Lokasi Mana Cafe ada di Jalan Cibengang Nomor 17, Ciburial, Bandung. Anda bisa datang ke cafe ini dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

4. Delapan Padi
cafe-di-bandung
foto: caferestodiary.com

Jika Anda ingin tempat makan yang memberi kesan seperti makan di sebuah taman yang hijau, maka Delapan Padi cocok untuk Anda datangi. Terutama, jika Anda datang membawa anak-anak.

Anak-anak Anda yang masih kecil itu pasti senang dibawa kesini. Mengingat sebagian kursinya berkonsep seperti ayunan. Jadi sambil makan, Anda dan anak-anak juga main ayunan.

Tentu tidak semua spot duduk berkonsep ayunan. Disediakan juga kursi yang normal. Adapun kesan taman, itu didapatkan dari dekorasinya yang banyak memasang berbagai tanaman hijau. 

Makanan dan minuman di Delapan Padi juga enak-enak dan menyehatkan. Ada berbagai macam rice bowl, sayuran, kentang, serta daging-dagingan. 

Harganya juga terjangkau. Mulai dari belasan ribu rupiah untuk makanan, dan Rp7 ribu saja untuk minuman.  

Anda yang mau mampir, bisa datang sejak pagi untuk sarapan.

Soalnya, cafe ini buka dari pukul 06.30 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB. Khusus hari Sabtu dan Minggu, jam tutupnya bertambah jadi pukul 23.00 WIB.

Lokasinya ada di Jalan Dipatiukur Nomor 8, Coblong, Kota Bandung

5. Lalune
cafe-di-bandung
foto: pergidulu.com

Untuk anak indie yang senang dengan hal-hal berbau senja, bisa coba nih datang ke cafe di Bandung yang Instagramable ini. Lalune Cafe namanya.

Cafe ini memiliki dua spot lokasi utama nongkrong dan mencari berbagai inspirasi, yakni di lantai bawah dan di lantai atas berupa rooftop yang tempat duduknya bean bag.  

Dekorasinya mungkin terkenal simpel namun membawa suasana tenang dan nyaman. Cocok juga untuk merekam foto-foto terbaik untuk mengabadikan momen.

Menunya juga sangat banyak. Mulai dari menu Indonesia atau Asia seperti sop buntut, sop betawi, kwetiau, hingga menu Western seperti chicken schnitzel dan savoury beef stew.

Adapun yang jadi Signature Dish-nya salah satunya adalah My Love Seattle yang disajikan dalam porsi besar.

Harganya variatif. Paling murah bisa didapat dengan Rp30 ribuan. Sementara yang lainnya di atas Rp40 ribu dan paling mahal sekitar Rp80 ribu.

Jika Anda mau datang ke Laluna, Anda bisa datang sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Lokasinya ada di Jalan Hegarmanah Nomor 12, di daerah Cidadap, Kota Bandung.

6. Aspasia Coffee
cafe-di-bandung
foto: facebook.com

Mau ngopi dengan nuansa hutan? Anda bisa dapatkannya dengan datang ke Aspasia Coffee.

Sebenarnya, yang Anda dapat bukan sekedar nuansanya saja, karena cafe yang satu ini letaknya memang ada di hutan.

Untuk mendapatkan sensasi ini, Anda perlu mengarahkan kemudi melebar jauh dari pusat Kota Bandung.

Soalnya, cafe ini ada di daerah Cikole, Lembang yang berbatasan dengan wilayah Subang.

Tempatnya ada di tengah-tengah hutan pinus yang hijau, segar, dan tentu saja berkabut.

Karena ini coffee shop, maka menu-menu yang jadi andalannya tentu saja kopi. Memang cocok sih, ngopi di tengah udara dingin yang lumayan menusuk.

Untuk mendapatkan kopinya, harganya variatif mulai dari belasan ribu. Sedangkan makanannya, mulai di harga Rp30 ribuan.

Cafe di Lembang Bandung ini setiap hari buka. Untuk weekdays, bukanya dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sedangkan weekend dari pukul 08.00 hingga pukul 19.00 WIB.

7. Cakrawala Sparkling Nature Restaurant
cafe-di-bandung
foto: trivindo.com

Salah satu spot paling indah di Bandung ada di Kawasan Punclut yang terletak di bagian utara Bandung.

Banyak tempat wisata yang ada di daerah ini. Salah satunya tempat makan bernama Cakrawala Sparkling Nature Restaurant ini.

Dari tempat yang terletak di dataran tinggi ini, Anda akan melihat pemandangan Kota Bandung dan sekitarnya. 

Suasana makannya seolah-olah Anda sedang berada di awan yang berhadapan dengan cakrawala langit yang luas. 

Semakin indah jika Anda datang ke tempat ini saat malam. Karena ada sebuah ruang yang ajaib bernama Ruang Galaxy. Ruang ini akan membentuk pola gugusan bintang indah ketika malam hari.

Selain tempatnya yang oke punya, menunya juga banyak.

Mulai dari masakan Sunda, Indonesia, hingga makanan Western. Harga makanan main coursenya mulai dari Rp35 ribuan, jajanan belasan ribu, sedangkan minumannya mulai dari Rp10 ribuan saja.

Jika Anda mau datang ke cafe ini, lokasinya ada di Kawasan Wisata Punclut. Tepatnya Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Bandung Barat.

Setiap harinya buka dari pukul 09.00 hingga pukul 22.00 WIB. Kecuali Sabtu, jam tutupnya pada pukul 23.00 WIB.

8. Kota Mini
cafe-di-bandung
foto: travelspromo.com

Kebayang nggak sih, makan sambil jalan-jalan di antara bangunan-bangunan khas Eropa? 

Untuk mendapatkannya, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Eropa. Cukup datang ke Kota Mini yang letaknya satu area di Floating Market Lembang.

Cafe ini dibangun menyerupai sebuah kota kecil yang di dalamnya dibangun banyak rumah dan dekorasi bergaya Eropa yang berwarna-warni.

Makanya, dijamin bagi Anda yang gila foto, pasti akan puas datang kesini.

Rumah-rumahnya juga memiliki berbagai konsep. Ada rumah kucing, rumah beruang, hingga rumah barbie. Kalau Anda bawa anak-anak, pasti mereka juga senang.

Untuk makan disini, Anda perlu tiket masuk seharga Rp25 ribu. Adapun makananan yang dijual disini dibanderol mulai harga Rp20 ribuan.

Anda bisa datang langsung ke Kota Mini yang terletak di Jalan Grand Hotel Nomor 33, di daerah Lembang, Bandung. Jam operasional Kota Mini dibuka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 19.00 WIB.

9. Brother Jonn and Son
cafe-di-bandung
foto: tripadvisor.co.id

Konsep unik cafe yang ada di Kota Bandung lainnya adalah Brother Jonn and Son. Keunikannya terletak pada penggunaan Foodtruck sebagai pusat operasinya.

Sementara Anda yang makan, Anda akan diberikan nuansa seperti piknik outdoor di taman dengan dekorasi yang didominasi oleh warna-warna cerah yang menyegarkan mata. 

Apalagi ditambah dengan area cafe yang ada di tempat yang sejuk dan spot yang indah.

Makanan yang disediakan disini beragam, dengan burger sebagai salah satu menu andalannya. Selain itu, ada juga corn dog dan minuman segar seperti rocket cola.

Harga yang dibanderol, untuk minuman mulai dari belasan ribu rupiah. Sedangkan, untuk makanannya, harganya di atas Rp 30 ribu.

Cafe ini buka setiap hari. Pada hari Senin hingga Kamis, buka sejak pukul 11.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat sampai Minggu, buka lebih awal sejak pukul 10.00 WIB dan tutup lebih akhir pukul 23.00 WIB.

Anda bisa datang langsung ke Jalan Ciumbuleuit Nomor 107, Kota Bandung, untuk dapat menikmati suasana piknik yang menyenangkan disini.

Di luar 9 cafe di Bandung yang Kami ulas di atas, masih ada puluhan atau bahkan ratusan cafe yang tersebar di daerah Bandung dan sekitarnya.

Namun, sebelum menjelajah lebih banyak, Kami sarankan untuk mencoba datang ke 9 cafe tersebut. Selamat makan-makan ya!