44 Rekomendasi Wisata Cirebon dan Sekitarnya yang Menarik

44 Rekomendasi Wisata Cirebon dan Sekitarnya  yang Menarik image

Cirebon adalah salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik dan populer yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

Berikut 44 rekomendasi wisata Cirebon dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi:

1. Bukit Gronggong
wisata cirebon
foto: travelspromo.com

Salah satu destinasi wisata Cirebon yang bisa Anda kunjungi adalah Bukit Gronggong. Bukit ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan menarik. 

Di atas bukit Anda akan menyaksikan lampu kota yang berkerlap-kerlip di malam hari.

Selain itu di sini Anda juga bisa menikmati jagung bakar dan makanan khas lainnya yang ada di tempat wisata berhawa dingin. 

Tempat ini cocok Anda kunjungi bersama pasangan karena memiliki nuansa alam yang romantis. Di sini juga terdapat restoran yang menyediakan paket candle light dinner bersama pasangan.

2. Taman Sari Gua Sunyaragi
wisata cirebon
foto: jejakpiknik.com

Tempat wisata yang paling populer di Cirebon salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi.

Di sini Anda bisa menyaksikan bangunan gua dengan batu kuno yang masih asli dan berbentuk menyerupai candi. 

Tempat wisata ini juga menyuguhkan keindahan alam yang menarik dan indah.

Dahulu tempat ini merupakan tempat pertapaan para sultan Cirebon. Kini tempat ini dijadikan tempat wisata yang menarik dan populer di Cirebon.

Menariknya, tempat ini juga menyediakan wahana balon udara yang semakin menambah minat wisatawan untuk berkunjung ketempat ini. 

Selain itu Taman Sari Gua Sunyaragi juga sering mengadakan pagelaran musik sendratari, dan setiap tahunnya diadakan pembukaan Festival Keraton Nusantara di sini. 

3. Ade Irma Suryani Waterland
wisata cirebon
foto: javatravel.net

Salah satu destinasi wisata Cirebon yang menarik dan menjadi primadona warga setempat adalah Ade Irma Suryani Waterland. Tempat ini berlokasi di tepi pantai utara kota Cirebon.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menarik seperti kolam arus, perahu bebek, waterboom, air mancur, dan bermacam-macam wahana permainan anak lainnya.

Adanya pondok Ikonik seperti yang ada di Dusun Bambu Lembang dan juga restoran dengan gaya kapal laut menjadi daya tarik objek wisata ini.

Lokasinya juga yang terletak di pinggir pantai menjadikan tempat wisata ini tampak indah dan menawan. Terlebih bila Anda menyaksikan sunset yang memukau di sore hari.

4. Keraton Kasepuhan
wisata cirebon
foto: cnnindonesia.com

Bila Anda ingin mengenal sejarah dari Kesultanan Cirebon, Anda bisa berkunjung ke Keraton Kasepuhan.

Keraton ini dibangun oleh Pangeran Mochamad Arifin II pada tahun 1529. 

Tempat ini menyimpan banyak sejarah dan benda-benda pusaka peninggalan Sultan Cirebon.

Menariknya, di dalam keraton ini terdapat kereta singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal untuk dimandikan.

Di dalam Keraton Kasepuhan juga terdapat museum yang menyimpan koleksi benda pusaka dan lukisan keraton.

Keraton Kasepuhan di bangun dengan gaya akulturasi budaya Arab, Cina, India, Jawa, Sunda dan Eropa. 

Di depan pintu gerbang keraton terdapat dua patung macan putih, sebagai lambang bahwa Sultan Cirebon adalah penerus kerajaan Pajajaran.

Pintu gerbang keraton di bangun seperti pura di Bali, daun pintu gapura yang diukir dengan gaya Eropa.

Lalu pagarnya yang dibuat dengan keramik Cina, dan tembok yang mengelilingi keraton menggunakan bata merah khas Jawa.

Semua itu adalah bukti  adanya akulturasi dari berbagai budaya tersebut, bila Anda sempatkan mampir ke keraton Kasepuhan Anda akan menyaksikan semua yang disebutkan di atas. 

5. Telaga Nilem
wisata cirebon
foto: suarajabarsatu.com

Tempat wisata di Cirebon yang layak Anda singgahi adalah Telaga Nilem atau disebut juga Telaga Biru Cicerem. Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai.

Telaga ini memiliki air yang jernih kebiruan, dengan pemandangan yang indah. Anda juga bisa merasakan sejuknya udara di sini dengan rindangnya pepohonan sekitar.

Keunikan Telaga Nilem ini adalah adanya puluhan ikan mas yang berenang di sini dan sesekali menghampiri kaki pengunjung yang berdiri di tepi telaga.

6. Batu Lawang
wisata cirebon
foto: m.ayobandung.com

Wisata alam Batu Lawang merupakan salah satu wisata yang populer di Cirebon.

Di lahan seluas tiga hektar ini Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang berpadu dengan tebing bebatuan pegunungan Jaya.

Sebutan Batu Lawang sendiri berasal dari bentuk batu yang seperti lawang atau pintu. Pintu tersebut diyakini masyarakat setempat dapat menembus alam gaib. 

Di atas tebing setinggi 50 meter ini Anda juga bisa berfoto - foto dengan latar panorama alam yang menawan.

7. Hutan Kera Plangon
wisata cirebon
foto: donymagazine.com

Hutan Kera Plangon berada di atas bukit plangon, tempat ini bukan hanya menampilkan habitat kera namun juga menyuguhkan suasana hutan alam yang asri. 

Selain itu di atas bukit ini juga sebagai petilasan Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan. Untuk sampai pada puncak Hutan  Plangon ini Anda harus melewati ratusan tangga. 

Di tempat ini terdapat ratusan kera dan berbagai macam flora. Anda bisa bermain, memberi makan dan bercengkrama dengan kera-kera tersebut.

Namun, konon kera-kera di sini kurang ramah dan agresif terhadap pengunjung karena itulah Anda harus tetap berhati-hati saat mendekatinya.

8. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
wisata cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau masyarakat lebih mengenalnya dengan Masjid Kasepuhan merupakan masjid tertua di kota Cirebon. 

Masjid ini merupakan tempat menyebarkan agama islam pada zaman wali songo dahulu. Karena itulah masjid ini memiliki sembilan pintu yang melambangkan wali songo.

Pada bagian mihrabnya di lantainya terdapat tiga buah batu tegel khusus, yang dipasang oleh Sunan Bonang, Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati pada masanya dulu.

Di depan masjid ini terdapat sumber mata air yang diyakini masyarakat setempat, adalah sumber mata air yang sama dengan sumber mata air zam zam di Mekkah. 

Masyarakat setempat percaya air tersebut dipakai untuk membasuh muka dan dapat menyembuhkan bermacam penyakit.

Yang lebih unik lagi pintu masjid ini dibuat sangat rendah, sehingga orang yang memasukinya harus menundukkan kepala.

9. Pantai Kejawanan
wisata cirebon
foto: merahputih.com

Destinasi wisata Cirebon yang juga layak Anda singgahi adalah Pantai Kejawanan. Di sini Anda bisa menikmati naik perahu motor untuk berkeliling pantai. 

Yang unik dari pantai ini adalah masyarakat percaya bahwa air Pantai Kejawanan dapat menyembuhkan bermacam penyakit serta membawa berkah.

Sehingga tak jarang wisatawan luar kota sengaja berkunjung ke pantai ini untuk terapi.

10. Pantai Baro Gebang
wisata cirebon
foto: jejakpiknik.com

Pantai Baro Gebang dapat Anda jadikan destinasi alternatif wisata di Cirebon. Anda dapat mengunjungi pantai ini dengan gratis tanpa ada biaya masuk. 

Namun walaupun gratis tempat ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang pantai sambil menikmati kuliner yang di jual para pedagang di pinggir pantai ini.

11. Wisata Banyu Panas Palimanan
wisata cirebon
foto: nativeindonesia.com

Bila Anda berlibur ke Cirebon, Wisata Banyu Panas Palimanan layak Anda kunjungi.

Karena di tempat ini Anda bisa menikmati sensasi mandi air hangat, sambil menyaksikan pemandangan alam Gunung Kromong.

Mandi air panas akan melancarkan aliran darah, mematikan bakteri dan kuman, dan menjadikan badan segar dan bugar kembali. 

Selain itu mata Anda juga akan dimanjakan dengan bebatuan kapur dan pepohonan yang rindang. Menurut cerita warga setempat, sumber air panas yang ada di tempat ini selalu pindah tempat.

12. Setu Sedong
wisata cirebon
foto: nativeindonesia.com

Wisata alam di Cirebon lainnya yang patut Anda singgahi adalah Setu Sedong yang merupakan bendungan atau waduk.

Di sini Anda bisa menikmati wahana perahu untuk mengelilingi setu ini.

Di sekitar Setu Sedong terdapat pepohonan rindang yang menjadikan pemandangan alam di tempat ini tampak indah dan asri. Terlebih bila Anda menyaksikan eloknya matahari terbenam di sini. 

Di tempat ini juga terdapat para pedagang yang menyajikan bermacam kuliner yang bisa Anda pilih dan nikmati.

13. Setu Patok
wisata cirebon
foto: cirebon.pikiran-rakyat.com

Setu Patok adalah danau terbesar yang ada di Cirebon. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas memancing dan piknik di pinggir danau. 

Bila sore hari pemandangan matahari terbenam di Setu Patok ini tampak indah dan menawan. Karena itulah para wisatawan lebih suka mengunjungi tempat wisata ini di sore hari.

14. Desa Wisata Cikalahang
wisata cirebon
foto: metropolitan.id

Desa wisata ini menyajikan pemandangan alam yang memukau seperti di pegunungan.

Di Desa Wisata Cikalahang ini terdapat danau, dan Anda bisa melakukan kegiatan memancing atau menaiki perahu untuk mengelilingi danau tersebut.

Di Desa ini juga terdapat banyak warung yang menyajikan masakan olahan ikan. Anda pun bisa menikmati langsung hasil pancingan Anda di sini.

15. Wanawisata Ciwaringin
wisata cirebon
foto: nativeindonesia.com

Wanawisata Ciwaringin merupakan danau yang sering dijadikan destinasi bagi para pemancing. Selain itu di sini juga kerap dijadikan sebagai motor cross.

Selain itu tempat ini juga menyajikan pemandangan alam yang hijau dan segar. 

16. Keraton Kanoman
wisata cirebon
foto: javatravel.net

Keraton Kanoman merupakan kawasan bersejarah peninggalan dari Sultan Kanoman.

Tempat ini dapat dikatakan sebagai bukti sejarah berkembangnya agama islam di Cirebon. 

Tradisi unik dari Keraton ini yang kerap dijalankan hingga saat ini adalah Grebeg Syawal setelah hari raya Idul Fitri dan ziarah ke makam Sultan.

Di dalam keraton ini Anda dapat menyaksikan benda peninggalan sejarah.

Peninggalan yang paling terkenal yaitu kereta Jempana dan kereta Naga Liman yang merupakan kereta perang paksi. Kereta -kereta tersebut hingga kini masih terjaga dan terawat.

17. Makam Sunan Gunung Jati
wisata cirebon
foto: liputan6.com

Kota Cirebon memang terkenal dengan sejarahnya dalam perkembangan agama islam, yang tak lepas dengan peranan wali songo dalam penyebarannya. 

Salah satu wali yang singgah ke kota Cirebon adalah Sunan Gunung Jati. Dan makam Sunan Gunung Jati dijadikan destinasi wisata sejarah bagi wisatawan lokal atau wisatawan luar kota.

Makam Sunan Gunung Jati ini selalu ramai oleh pengunjung.

Selain itu kawasan makam ini juga sering dijadikan untuk perayaan hari besar islam seperti Idul Fitri, Maulid Nabi, dan sebagainya.

18. Wisata Kura-kura Belawa
wisata cirebon
foto: merahputih.com

Bila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata edukasi Cirebon Anda bisa mengunjungi wisata kura-kura Belawa.

Di sini Anda akan melihat langsung jenis reptil yang dilindungi dan terancam punah.

Kura-kura yang ada di tempat ini adalah jenis kura-kura langka yang memiliki nama latin Tortose Ortilia Norneensih.

19. Cirebon Waterland
wisata cirebon
foto: javatravel.net

Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Cirebon adalah Cirebon Waterland.

Objek wisata air ini menyediakan berbagai wahana air seperti kolam renang olympic, kolam arus, waterboom dan juga wahana air lainnya.

Di area wisata ini juga tersedia penginapan untuk Anda bermalam dan beristirahat di sini.

20. Waterboom Siwalk
wisata cirebon
foto: informasicirebonjeh.blogspot.com

Siwalk merupakan tempat rekreasi yang seru dan menyenangkan di Cirebon.

Tempat ini menyediakan berbagai wahana seperti outbound, waterboom, pemancingan dan wahana lainnya.

21. Kolam Renang Hegar
wisata cirebon
foto: kolam-renang-hegar.business.site

Tempat wisata yang layak Anda kunjungi selanjutnya adalah Kolam Renang Hegar.

Kolam renang ini mempunyai keunikan sendiri, yaitu airnya yang berasal langsung dari sumber mata air pegunungan.

Dengan air yang bersumber langsung dari pegunungan tentunya membuat air kolam ini lebih segar dan sehat. Tempat ini juga terdapat kantin yang menyediakan berbagai menu makanan.

22. Kolam Renang Apita
wisata cirebon
foto: jejakpiknik.com

Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Cirebon selanjutnya adalah kolam renang Apita.

Di sini terdapat berbagai wahana air misalnya kolam hujan, hutan prestasi, kolam arus dan waterboom.

23.  Waterpark Ciperna
wisata cirebon
foto: travelspromo.com

Waterpark Ciperna merupakan tempat rekreasi keluarga yang jadi favorit anak-anak.

Tempat ini menyediakan berbagai wahana yang menarik, di sini juga terdapat danau buatan yang bisa digunakan untuk mendayung perahu. 

Tempat wisata ini juga dikelilingi pepohonan yang rindang dan hijau, menjadikan tempat ini tampak menarik dan indah.

24. Kampung Batik Trusmi
wisata cirebon
foto: mommiesdaily.com

Tempat wisata Cirebon yang satu ini menyediakan berbagai macam batik dengan dengan berbagai jenis motif dan model.

Selain itu di sini juga menyediakan workshop batik untuk pengunjung yang ingin belajar membatik.

25. Jempol Waterboom
wisata cirebon
foto: travelspromo.com

Destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi di Cirebon adalah Jempol Waterboom.

Tempat wisata ini cukup populer di masyarakat kota Cirebon. Di tempat ini tersedia berbagai fasilitas wahana permainan air.

Wahana yang tersedia di sini diantaranya adalah kolam renang, taman air, dan istana air. 

Selain bermain air dan berenang di sini juga Anda dapat berfoto ria di  di spot - spot menarik.

Seperti gambar tiga dimensi dinosaurus, ikan paus, jerapah dan selancar ombak. Di sini juga terdapat landmark Menara Eiffel yang merupakan spot favorit para pengunjung.

Tempat ini juga dilengkapi fasilitas mushola, foodcourt yang menyajikan bermacam aneka makanan dan minuman lengkap, juga gazebo untuk Anda beristirahat dan bersantai.

26. Keraton Kacirebonan
wisata cirebon
foto: keraton.perpusnas.go.id

Wisata bersejarah yang dapat Anda kunjungi di Cirebon adalah Keraton Kacirebonan. Keraton ini di bangun opada tahun 1800 oleh Sultan Cirebon 1.

Keraton ini menyimpan benda-benda sejarah yang menarik dan unik, seperti koleksi wayang kulit, peralatan perang, gamelan, keris dan sebagainya.

Keraton Kacirebonan dibangun dengan memadukan gaya arsitektur Belanda, Cina dan tradisional. Tempat ini kental dengan unsur sejarah budayanya. 

27. Telaga Remis
wisata cirebon
foto: jejakpiknik.com

Tempat wisata selanjutnya yang layak Anda kunjungi di Cirebon adalah Telaga Remis.

Nama Remis diambil dari kerang yang tumbuh indah dan cantik di sekitar area telaga tersebut.

Telaga ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna kehijauan. Di tempat ini terdapat batu raksasa yang unik dan menarik buat spot foto.

Selain itu tempat wisata Telaga Remis menyediakan berbagai fasilitas wahana air seperti perahu motor dan sepeda air.

28. Nasi Jamblang Bu Nur
wisata cirebon
foto: tripadvisor.co.uk

Selain berwisata ke tempat - tempat wisata yang unik, indah dan menarik, Anda juga bisa berwisata kuliner dengan menyantap makanan khas cirebon seperti nasi jamblang.

Nasi jamblang yang populer di Cirebon adalah nasi jamblang Bu Nur. Nasi Jamblang sendiri adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati.

Nasi jamblang  disajikan bersama berbagai macam lauk seperti sate kentang, tahu sayur, semur daging, semur hati,  perkedel, telur dadar, ikan asin, sambal goreng dan sebagainya.

29. Empal Gentong Mang Darma
wisata cirebon
foto: radarcirebon.com

Selain nasi jamblang Anda juga bisa menikmati wisata kuliner lainnya seperti empal gentong yang merupakan makanan khas Cirebon.

Empal gentong yang terkenal kelezatannya adalah empal gentong mang Darma.

Sedangkan empal gentong sendiri adalah potongan daging dan jeroan sapi yang diberi kuah santan kuning dan dimasak menggunakan gentong.

Selain itu ada juga empal asem yang tentu rasanya asem yang dihasilkan dari irisan belimbing wuluh sehingga rasanya segar dan asam. Biasanya disajikan dengan sambal dan kerupuk udang khas Cirebon.

30. Curug Tapak Kuda
wisata cirebon
foto: radarcirebon.com

Wisata alam yang layak Anda kunjungi di sekitar Cirebon adalah Curug Tapak Kuda.

Curug ini memiliki keindahan alam yang mempesona, dan keunikan dari curug ini adalah adanya dua undakan air terjun.

Air terjun pertama mempunyai ukuran yang lebih tinggi serta terdapat kolam renang alami di bawahnya.

Sedangkan air terjun kedua lebih rendah dan menjadi spot favorit untuk berfoto sambil merasakan suasana dingin dan segar.

31. Curug Landung
wisata cirebon
foto: travelspromo.com

Tempat wisata alami lainnya yang ada di Cirebon adalah Curug Landung.

Curug ini memiliki pemandangan alam yang asri dan indah. Air yang jernih dan dingin menjadikan curug ini tampak segar dan sejuk.

Tempat wisata Curug Landung menyediakan fasilitas gazebo, warung dan toilet. Anda bisa menyantap sajian kuliner sambil menikmati pemandangan curug yang mempesona.

32. Curug Cipeuteuy
wisata cirebon
foto: wisatacirebon.info

Selanjutnya destinasi yang bisa Anda singgahi adalah curug Cipeuteuy. Curug ini dikenal dengan perairan super biru.

Airnya yang tampak jernih dan dan biru menjadikan ikan-ikan dan kerikil yang ada di dalam dasar kolam ini terlihat jelas.

Rindangnya pepohonan dan sejuknya udara di sekitar curug menjadikan tempat ini tampak asri dan alami.

33. Curug Putri Palutungan
wisata cirebon
foto: piknikasik.com

Curug Putri Palutungan berada di antara tebing-tebing yang menawan, suara kicauan burung yang menyatu dengan alam dan derasnya aliran air terjun menjadikan tempat wisata ini tampak indah sempurna. 

Di sini juga terdapat spot yang menarik untuk berfoto-foto seperti sunflower, rumah hobbit, wing sky, sarang burung dan tower bambu.  

Curug ini dinamakan curug putri karena bila dilihat dari kejauhan air terjunnya tampak menyerupai seorang putri yang mengenakan gaun putih.

34. Curug Sawer
wisata cirebon
foto: jejakpiknik.com

Curug Sawer merupakan tempat bersarangnya elang Jawa (Spizaetus bartelsi), dan tempat vegetasi tanaman jamuju (Podocarpus imbricata) yang hidup di ketinggian 1.000 mdpl. 

Curug ini berada di kaki Gunung Ciremai, karena itulah memiliki hawa udara yang sangat dingin.

Bila Anda kuat dengan hawa dingin Anda bisa merasakan berenang di sungai kecil yang ada di sekitar curug ini. 

35. Gunung Ciremai
wisata cirebon
foto: radarcirebon.com

Destinasi wisata Cirebon dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Ciremai. Gunung ini menawarkan keindahan yang indah dan eksotis.  

Gunung dengan ketinggian 3.000 mdpl ini menjadi pendakian favorit para pendaki gunung.

Bukan hanya karena akses pendakiannya yang sangat mudah, namun juga karena panorama alamnya yang elok dan eksotis.

36. Gunung Ciwaru
wisata cirebon
foto: seringjalan.com

Masih berada di kawasan sekitar Cirebon, Gunung Ciwaru menyajikan pemandangan yang indah luar biasa.

Keindahan yang terhampar di atas gunung ini didominasi dengan pepohonan hijau yang berada di punggung bukit.

Tempat ini sangat indah untuk dijadikan spot foto sebagai kenangan saat Anda berlibur ke Cirebon.

37. Curug Hawu
wisata cirebon
foto: lengkongbarang.sideka.id

Tempat wisata di Cirebon dan sekitarnya yang dapat Anda kunjungi adalah Curug Hawu.

Curug ini memiliki enam buah air terjun yang cantik. tapi hanya ada tiga curug yang masih aktif dan dengan ketinggian air terjun 20 meter. 

Mata Anda akan dimanjakan dengan kesegaran dan keindahan alam yang mempesona. Rimbunnya semak belukar dan rindangnya pohon menambah  daya tarik curug ini.

38. Alun - alun Kejaksan
wisata cirebon
foto: jabar.tribunnews.com

Tempat yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Cirebon salah satunya adalah Aun -alun Kejaksan.

Tempat ini merupakan tempat favorit masyarakat Cirebon buat nongkrong-nongkrong sambil menikmati kuliner yang dijual di sini. 

Alun -alun Kejaksan akan ramai pada malam hari, Anda bisa melihat kerlap kerlip lampu di sepanjang alun - alun  ini sambil menikmati kuliner khas Cirebon.

Tempat ini juga sering dijadikan tempat jogging pada pagi hari, dan pada hari Minggu pagi kawasan ini ramai dipadati pengunjung sekitar yang ingin menikmati car free day.

39. Masjid At-Taqwa Cirebon
wisata cirebon
foto: wisatacirebon.org

Masjid At-taqwa merupakan masjid terbesar dan sebagai destinasi wisata religi di Cirebon. Masjid ini terletak di sebelah Alun -alun Kejaksan.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin ibadah atau hanya sekedar menyaksikan keindahan kota dari atas menara.

Menariknya, di masjid ini terdapat sebuah menara yang bisa dinaiki, dan di atas menara Anda bisa menikmati seluruh keindahan kota Cirebon. 

Bahkan keindahan pantai-pantai yang ada di sekitar Cirebon dengan pemandangan perahu layar pun akan tampak dari atas menara ini.

40. Buper Ipukan
wisata cirebon
foto: jadwaltravel.com

Tempat wisata ini berada di kawasan Kuningan, namun masih dalam wilayah Cirebon.

Tempat ini layak juga Anda masukan dalam daftar destinasi wisata Cirebon dan sekitarnya.

Tempat ini merupakan sebuah bukit dengan pemandangan yang mempesona.

Berada di atas sini akan membuat Anda serasa di atas awan. Tempat ini juga menyediakan fasilitas glamping bagi Anda yang tertarik mencobanya.

41. Terasering Panyaweuyan Argapura
wisata cirebon
foto: kumparan.com

Destinasi wisata Cirebon dan sekitarnya yang bisa Anda nikmati adalah Terasering Panyaweuyan Argapura.

Tempat ini merupakan perbukitan yang dijadikan lahan persawahan, dengan menggunakan sistem pengairan berundak layaknya yang ada di Bali.

Yang menarik adalah bentuknya yang simetris dengan jarak antar sawah, dan paduan alami menjadikan kawasan ini tampak hijau dan indah. Terlebih bila di lihat dari kejauhan akan tampak begitu memukau.

42. Situ Wulukut
wisata cirebon
foto: wisatacirebon.info

Destinasi wisata Cirebon dan sekitar yang dapat Anda kunjungi yaitu Situ Wulukut.

Tempat wisata ini menyajikan suasana alam yang segar dan alami. Ditambah keindahan danau yang asyik dinikmati bersama keluarga.

Di Sekeliling danau Anda dapat melihat dinding - dindingnya dengan pepohonan yang rindang dan hijau. 

Namun sayangnya tempat ini sulit untuk dijangkau karena lokasi yang tersembunyi. Anda memerlukan usaha yang lumayan susah untuk sampai ke lokasi ini. 

43. Sukageuri View
wisata cirebon
foto: pasundan.id

Masih di sekitar Cirebon, Sukageuri View dapat Anda jadikan destinasi wisata alternatif. Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan panorama alam dengan spot surgawi.

Tempat ini memiliki banyak spot yang menarik, indah dan mempesona untuk berfoto ria. Karena itu, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung pada weekend atau liburan.

44. Curug Sempong
wisata cirebon
foto: jejakpiknik.com

Rekomendasi tempat wisata di Cirebon dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi salah satunya adalah Curug Sempong. Curug ini memiliki keindahan eksotis yang luar biasa.

Namun untuk sampai ke tempat ini Anda perlu usaha ekstra, karena tempatnya yang tersembunyi dan terletak di balik tebing. 

Curug sempong menyuguhkan panorama yang indah dan memukau. Mulai dari hitamnya tebing, pepohonan hijau dan rindang, segarnya udara, dan debit air yang jernih dan deras.

Itulah 44 rekomendasi tempat wisata Cirebon dan sekitarnya yang dapat anda kunjungi saat plesiran ke kota Cirebon. Pastinya akan menambah pengalaman liburan Anda semakin seru dan menarik.