32 Rekomendasi Wisata Sukabumi Untuk Liburan Bersama Keluarga

32 Rekomendasi Wisata Sukabumi Untuk Liburan Bersama Keluarga image

Sukabumi sering menjadi pelarian bagi wisatawan yang berada di Ibukota Jakarta dan Bogor.

Pasalnya, wisata Sukabumi yang bernuansa alam terbilang cukup lengkap. Mulai dari gunung, laut, danau hingga air terjun. 

Penasaran apa saja tempat wisata terbaik di Sukabumi yang patut untuk dikunjungi? Yuk scroll ke bawah untuk pembahasan lengkapnya. 

Rekomendasi wisata menarik di Sukabumi 

Liburan merupakan sebuah kebutuhan penting setiap manusia.

Terlebih untuk Anda yang memiliki aktivitas padat dan menguras tenaga. Anda pasti butuh waktu untuk memanjakan diri sembari merefresh pikiran. 

Liburan bukan berarti harus mengunjungi tempat yang jauh hingga ke luar negeri atau pulau. Karena di sekitar tempat tinggal Anda banyak destinasi wisata unik, asik juga murah. 

Salah satunya adalah di Sukabumi. Daerah yang masih berada di kawasan provinsi Jawa Barat ini menyimpan eksotika wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Nah daripada berlama-lama, berikut 32 rekomendasi tempat wisata di Sukabumi yang patut dikunjungi saat berakhir pekan: 

1. Jembatan Situ Gunung 
wisata sukabumi
foto: phinemo.com

Destinasi wisata pertama yang dapat Anda kunjungi saat berada di Sukabumi adalah Jembatan Situ Gunung. Jembatan ini berlokasi di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi. 

Jembatan Situ Gunung berada di ketinggian 150 meter dengan panjang 250 meter. Tak heran jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. 

Jembatan Situ Gunung bukan jembatan gantung biasa lho. Jembatan ini membentang di atas hutan lebat dengan panorama bukit yang tinggi di sekitarnya. 

Di sini mata Anda akan dibuat terbelalak dengan indahnya pemandangan yang hijau dan asri. Jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda di atas jembatan gantung eksotis ini.

2. Danau Situ Gunung
wisata sukabumi
foto: dakatour.com

Masih berada di sekitar Situ Gunung, danau yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi juga.

Ia merupakan wisata Sukabumi Situ Gunung yang berada di kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian sekitar 850 mdpl. 

Danau ini memiliki pemandangan yang sangat elok bak sebuah lukisan alam terkemuka. Banyak pepohonan hijau nan asri mengelilingi danau yang cukup luas ini. 

Tempat wisata yang satu ini cocok sebagai pelarian dari hiruk pikuknya kota. Anda akan dibuat nyaman dan tenang dengan indahnya panorama dan sejuknya udara di danau ini.

Selain itu, Anda dapat menaiki perahu mengelilingi danau sambil bercengkrama. Anda juga bisa bermalam di sekitar danau ini di camping ground atau villa. 

3. Danau Batu Bacan 
wisata sukabumi
foto: blog.reservasi.com

Danau lainnya di Sukabumi dengan pemandangan yang apik adalah Danau Batu Bacan. Danau ini berada di Desa Bojong, Cikembar, Sukabumi. 

Dulunya danau ini merupakan bekas galian tambang. Karena lama terbengkalai akhirnya dipenuhi oleh air hujan. 

Banyak yang menyangka bahwa air pada danau ini berwarna hijau.

Padahal, air danau ini sangat jernih sehingga dapat menampakkan bebatuan hijau di dasar danau. Sehingga, danau ini terlihat berwarna hijau. 

Selain indahnya air danau, di Danau Bacan Sukabumi ini Anda dapat menyaksikan tebing-tebing yang kokoh melingkari danau ini.

Perpaduan antara air danau dan tebing putih eksotis sangat cocok dijadikan spot untuk berfoto. 

4. Kawah Ratu 
wisata sukabumi
foto: sabumiku.com

Bagi Anda yang gemar trekking wajib untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Kawah Ratu berada di lereng Gunung Salak tepatnya di Desa Gunung Sari, Pamijahan, Sukabumi.

Untuk mencapai kawah ini, Anda diharuskan berjalan di atas bebatuan terjal dan menantang selama 3-4 jam.

Akan tetapi, setelah mencapai puncak semua rasa lelah Anda akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangannya. 

Jika tidak ingin tersesat, Anda dapat menyewa pemandu yang berpengalaman mengenai medan di Kawah Ratu.

Jangan lupa siapkan fisik, peralatan dan perbekalan Anda sebelum melakukan trekking.

5. Bukit Karang Numpang 
wisata sukabumi
foto: tripjalanjalan.com

Selanjutnya, ada tempat wisata yang digandrungi oleh anak muda yaitu Bukit Karang Numpang. Bukit ini terletak di Cibolang, Gunung Guruh, Sukabumi.

Setelah menjadi salah satu tempat lokasi syuting film 5cm, bukit ini banyak dikunjungi wisatawan. Banyak para muda-mudi datang ingin mengunjungi bukit ini secara langsung. 

Bukit ini memiliki pemandangan cantik yang menyedapkan mata. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan indahnya sunrise atau sunset di atas ketinggian bukit. 

Bukit ini populer dijadikan spot untuk berfoto. Banyak pula pasangan yang melakukan foto prewedding di bukit ini.

6. Kampung Ciptagelar 
wisata sukabumi
foto: kumparan.com

Ingin berwisata sambil mengetahui adat dan budaya? Anda dapat mengunjungi kampung Ciptagelar yang ada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. 

Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang masih mempertahankan tradisi. Anda akan melihat banyak rumah penduduk yang seirama terbuat dari kayu dan bambu. 

Anda dapat melihat tradisi pertanian kampung ini terutama tradisi Seren Taun secara langsung.

Seren Taun adalah puncak dari berbagai tradisi pertanian yang diselenggarakan pada bulan September. 

Seni Jipeng, Wayang Golek, Topeng, Angklung Buhun, Ujungan, Debus, dan Pantun Buhun turut dihadirkan dalam acara ini. 

7. Santasea Waterpark
wisata sukabumi
foto: explorewisata.com

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi saat berlibur dengan hati Anda. Santasea Waterpark terletak di Jl. Lio Santa, Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Santasea Waterpark adalah taman rekreasi yang dibangun di sumber air panas yang disulap menjadi tempat wisata populer. Wisata ini cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan.

Tempat rekreasi ini memiliki tema bajak laut. Anda akan melihat satu replika kapal besar di dalamnya. 

Selain itu, di sini terdapat banyak wahana menarik seperti perosotan, kolam ombak, kolam air panas Japanese Hot Spring, kolam arus Amazon River, air terjun buatan Niagara Fall, kebun binatang mini dan wahana lainnya. 

8. Curug Cikaso 
wisata sukabumi
foto: nativeindonesia.com

Sukabumi sangat terkenal dengan wisata air terjunnya. Salah satu air terjun yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Curug Cikaso. 

Curug Cikaso berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Air terjun ini terdiri dari tiga air terjun utama yang berdampingan. Ketiganya memiliki nama masing-masing yakni Curug Aseupan, Curug Aki dan Curug Meong.

Warna air yang kebiruan dan pepohonan yang hijau menjadikan tempat wisata ini sangat cantik. Anda dapat berenang di dasar air terjun dan merasakan kesegaran airnya. 

9. Curug Cikanteh 
wisata sukabumi
foto: jejakpiknik.com

Selanjutnya, ada air terjun dengan pemandangan yang paling indah yakni Curug Cikanteh. Curug ini terletak di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi.

Destinasi wisata yang satu ini bak surga yang tersembunyi.

Untuk mencapai air terjunnya, Anda harus melewati jalan menanjak, menelusuri semak-semak hingga basah-basahan menyusuri sungai terlebih dahulu. 

Akan tetapi, setelah Anda sampai di air terjun ini, semua rasa lelah perjalanan Anda akan terbayarkan dengan cantiknya Curug Cikanteh.

Suara desahan air dan anggunnya panorama dapat mengobati rasa penat Anda. 

10. Curug Cigangsa
wisata sukabumi
foto: angkasa.co.id

Curug Cigangsa adalah salah satu air terjun dengan pemandangan yang luar biasa. Terletak di Dusun Batu Suhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Konon, curug ini terbentuk karena longsor akibat gempa.

Keunikan dari air terjun ini adalah dinding air terjunnya yang berwarna hitam. Selain itu, curug ini memiliki tiga tingkatan yang membuat aliran airnya terlihat sangat elok. 

Banyak pepohonan hijau di sekitar Curug Cigangsa. Anda dapat mengabadikan foto sebagai konten Instagram Anda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini adalah musim kemarau karena airnya tidak terlalu deras. 

11. Curug Awang
wisata sukabumi
foto: blog.reservasi.com

Curug awang sering disebut sebagai ‘mini niagara’ karena bentuknya mirip seperti air terjun Niagara. Air terjun ini berada di Cibenda, Ciemas, Sukabumi.

Air terjun setinggi 40 meter ini dapat ditelusuri bagian atas atau bawahnya sekaligus. Anda dapat bermain air di bawah air terjun atau berfoto-foto ria di bibir tebing air terjun. 

Panorama pada destinasi wisata ini sangat ini. Jangan lupa mampir kesini ya!

12. Curug Cibeureum
wisata sukabumi
foto: yukpigi.com

Berbicara mengenai wisata air terjun di Sukabumi memang tidak ada habisnya. Salah satu air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Curug Cibeureum. 

Curug Cibeureum berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. 

Untuk melihat indahnya air terjun ini, Anda harus hiking sekitar 2.8 KM. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. 

Disarankan menggunakan pakaian yang tebal untuk menuju wisata alam ini karena hawanya yang dingin. 

13. Curug Sawer 
wisata sukabumi
foto: petaniadv.com

Kalau Anda mengunjungi jembatan gantung Situ Gunung, jangan lupa berwisata di Curug Sawer. Curug ini berlokasi di Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi. 

Untuk menuju curug ini, Anda harus melewati jembatan gantung Situ Gunung. Setelah itu Anda cukup berjalan beberapa meter pada jalan yang sudah dibangun dengan susunan batu. 

Di sekitar air terjun ini terdapat banyak pepohonan hijau nan asri. Ada juga jembatan kecil yang dibangun di atas sungai untuk pengunjung menikmati pemandangan. 

Fasilitas umum di air terjun ini cukup lengkap dan bersih. Banyak pedagang yang menjajakan makanan dan aksesoris di sekitar air terjun. Jika datang kesini jangan lupa mengabadikan foto ya!

14. Curug Sodong 
wisata sukabumi
foto: explorewisata.com

Bagi Anda yang ingin berwisata di air terjun tanpa menempuh perjalanan yang melelahkan. Anda dapat berkunjung di Curug Sodong. 

Curug ini beralamatkan di Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi. 

Keunikan air terjun ini adalah aliran airnya terbagi menjadi dua pancuran. Akhirnya banyak warga sekitar yang memberi julukan curug ini sebagai ‘curug kembar’. 

Untuk menempuh air terjun ini tidaklah susah. Cukup menuruni beberapa anak tangga dari tempat parkiran, Anda dapat dengan mudah menemukannya. 

15. Curug Pareang 
wisata sukabumi
foto: bubuh.id

Curug yang satu ini sudah terkenal dengan keindahannya. Banyak wisatawan yang berkunjung ingin menikmati pemandangannya secara langsung. 

Curug Pareang terletak di Sindangresmi, Central Jampang, Sukabumi. Curug ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda lho!

Yang istimewa dari air terjun ini adalah tebing yang dialiri air terlihat datar dan tidak curam. Pemandangan di sekitarnya tidak diragukan lagi. 

Banyak pepohonan yang rimbun dan derasan air terjun membuat suasana di sini sangat sejuk dan asri. 

16. Curug Sentral Jayanegara 
wisata sukabumi
foto: jejakpiknik.com

Wisata air terjun yang satu ini berada di lokasi yang unik yakni di perkebunan teh.

Beralamatkan lengkap di perkebunan teh jayanegara, Kec. Kabandungan Kabupaten Sukabumi. 

Air terjun ini berada di kaki gunung Salak, sehingga airnya sangat jernih berwarna biru tosca. Anda diperbolehkan berenang di sini, tetapi harus tetap memperhatikan keselamatan. 

Selain air terjun, di sini Anda dapat menemui banyak monyet. Tidak perlu khawatir, ada banyak warga lokal yang dapat mengendalikan primata tersebut. 

17. Curug Bibijilan Sukabumi 
wisata sukabumi
foto: kompasiana.com

Jika Curug Sentral Jayanegara berada di perkebunan teh, maka air terjun yang satu ini berada di sekitar hutan pinus. 

Curug Bibijilan Sukabumi terletak di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi`. Masih dalam wilayah wisata Buni Ayu. 

Air terjun ini memiliki air berwarna hijau tosca yang jernih dan bersih. Aliran airnya cukup deras dan sejuk. 

Anda dapat melepas penat sambil melihat indahnya pemandangan air terjun atau bermain air di kolam-kolam kecil. 

18. Pantai Ombak Tujuh
wisata sukabumi
foto: jejakpiknik.com

Selain air terjun, Sukabumi juga kaya akan wisata pantainya. Salah satu pantai apik yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi akhir pekan adalah Pantai Ombak Tujuh. 

Pantai ini seperti harta karun yang tersembunyi.

Masih belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Anda memerlukan pemandu lokal untuk mengantarkan Anda sampai di lokasi. 

Pantai ini dinamakan Ombak Tujuh karena ombaknya memiliki tujuh gulungan sebelum mencapai bibir pantai. Ombaknya cocok dijadikan spot surfing di Sukabumi. 

19. Pantai Cimaja 
wisata sukabumi
foto: jejakpiknik.com

Bicara tentang Sukabumi tak bisa lepas dari keindahan pantai cimaja yang menjadi surga bagi para pecinta surfing.

Ia merupakan pantai di Sukabumi yang terletak di  Cimaja berada di desa Cimaja, Cikakak, Sukabumi. 

Pantai Cimaja memiliki gulungan ombak yang cukup besar dan bagus. Tak heran banyak para peselancar menjadikan pantai ini sebagai spot surfing favorit mereka. 

Selain itu, pantai ini juga memiliki keunikan yang berbeda dari pantai pantai lainnya.

Jika biasanya pesisir pantai dipenuhi pasir putih, pantai ini dipenuhi batu berukuran kecil dan sedang. 

Di sekitar Pantai Cimaja banyak resort dan beach club yang apik tak kalah dengan di Bali.

Anda dapat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau pasangan Anda di pantai populer ini. 

20. Pantai Pangumbahan 
wisata sukabumi
foto: pantainesia.com

Selanjutnya, ada Pantai Pangumbahan yang pemandangannya sangat luar biasa indahnya.

Pantai ini berada di Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Ciracap, Sukabumi. 

Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik. Selain itu, gerombolan ombaknya yang indah dijadikan tempat berselancar oleh para wisatawan. 

Yang menjadi favorit dari Pantai Pangumbahan adalah penangkaran penyunya.

Banyak para pengunjung yang menyaksikan telur penyu yang menetas dan dilepaskan ke Samudera Hindia. 

Panorama matahari terbenam di pantai ini sangat apik. Anda wajib berkunjung ke Pantai Pangumbahan saat ada di Sukabumi!

21. Pantai Ujung Genteng 
wisata sukabumi
foto: wisatabagus.com

Pantai Ujung Genteng terkenal dengan pasir putihnya yang mempesona. Pantai ini terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. 

Belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini sehingga tempatnya masih asri dan bersih.

Air pantai ini sangat jernih. Anda bahkan bisa melihat ikan-ikan dan binatang laut di dalamnya. 

Di pantai ini juga terdapat tempat penangkaran penyu. Bagi pecinta surfing, Anda bisa berselancar ria di pantai ini. 

Selain itu, tempatnya yang indah dijadikan spot foto oleh orang-orang. Banyak juga wisatawan yang menikmati sunset dari pantai ini. 

Jika Anda ingin berenang di sini, Anda harus berhati-hati karena ombaknya cukup besar. 

22. Pantai Batu Naga 
wisata sukabumi
foto: senengpiknik.com

Jika mengunjungi Sukabumi, tidak pas rasanya bila tidak mengunjungi Pantai Batu Naga.

Pantai ini berlokasi di Suaka Margasatwa Cikepuh, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Pantai ini diberi nama Batu Naga karena memiliki bebatuan yang sangat mirip dengan punggung naga.

Bebatuan yang berbentuk duri ini terbentuk dari hasil sedimentasi batu yang terjadi jutaan tahun lalu. 

Selain bebatuan di pesisir pantai, pemandangan pantai Batu Naga sangat mempesona. Banyak wisatawan yang berswa foto karena tempatnya yang instagramable

Selain wisatawan, pantai ini juga sering dikunjungi oleh peneliti dan mahasiswa untuk tujuan tertentu. 

23. Pantai Cicaladi 
wisata sukabumi
foto: senengpiknik.com

Destinasi wisata di Sukabumi yang sangat direkomendasikan lainnya adalah Pantai Cicaladi.

Pantai ini sangat pas bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan air laut tanpa bermain air. 

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah tebing-tebing tinggi yang bersentuhan langsung dengan air laut. Ombaknya yang keras kerap menghantam tebing yang kokoh. 

Selain itu, ada hamparan savana hijau yang sangat luas di atas tebing. Anda juga bisa menikmati keindahan birunya air laut dari ketinggian. 

Sunset di Pantai Cicaladi juga sangat mempesona lho!

Sayangnya, tempat ini tidak cocok bagi Anda yang ingin berenang di pantai. Karena ombaknya yang cukup ganas tidak bagus untuk keselamatan pengunjung. 

24. Pantai Karang Sari 
wisata sukabumi
foto: antaranews.com

Di urutan ke 24 ada Pantai Karang Sari yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini berlokasi di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. 

Pantai satu ini layaknya surga tersembunyi nan mempesona. Akan tetapi, aksesnya sangat mudah dicapai meskipun Anda berasal dari luar Sukabumi. 

Selain pemandangan pantai pada umumnya, pantai ini juga menawarkan berbagai wahana air yang menarik.

Diantaranya seperti banana boat, boogie board, kayak layar, dan arung gelombang. 

Pantai ini juga cocok bagi kamu yang hobi berselancar. Ombaknya yang cukup besar dapat ditaklukan bahkan oleh peselancar pemula. 

Ada banyak resto yang menyajikan makanan lezat di sekitar pantai ini. Anda juga dapat menginap di penginapan tak jauh dari pantai. 

25. Gua Buniayu 
wisata sukabumi
foto: jejakpiknik.com

Bila Anda gemar wisata yang menantang adrenalin maka Gua Buniayu lah jawabannya.

Goa ini terletak di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. 

Gua ini terdiri dari tiga gua lainnya. Akan tetapi, hanya dua gua yang diperbolehkan untuk ditelusuri. 

Di dalam gua ini sangat gelap. Bahkan gelapnya bisa empat kali lipat dari malam hari. 

Untuk menelusuri gua ini Anda akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman. Selain itu, kelengkapan pengaman di sini juga sudah bertaraf internasional. 

26. Bravo Adventure 
wisata sukabumi
foto: traveloka.com

Ingin merasakan camping mewah di Sukabumi? Anda dapat mengunjungi Bravo Adventure yang berada di Kampung Bantar Selang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. 

di sini Anda akan disediakan tempat camping menyerupai bawang putih yang besar. Di dalamnya ada fasilitas yang cukup lengkap seperti AC dan tempat tidur spring bed yang empuk. 

Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang asri.

Ada juga beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda coba seperti melakukan api unggun, rafting, tour menggunakan jeep, paintball, memanah, dan lain-lain.

Karena disebut camping mewah harga menginap di sini cukup mahal yakni sekitar Rp800.000 hingga Rp1 juta-an per malamnya. 

27. Tebing Panenjoan 
wisata sukabumi
foto: klikhotel.com

Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin relaksasi. Tebing Panenjoan berada di Geopark Ciletuh khususnya di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. 

Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari ketinggian bukit 250 meter. Anda dapat menyaksikan hijaunya pepohonan dan birunya air laut. 

Jika udara sedang jernih, Anda bahkan bisa melihat air terjun dari sini. 

Panorama tanah pasundan yang Indah dari atas gunung dapat menyegarkan mata dan pikiran Anda. Terlebih saat sore hari sunset di sini terlihat 1000x lebih indah. 

28. Sabana Puncak Pilar 
wisata sukabumi
foto: explorewisata.com

Di Sukabumi ada destinasi wisata yang indah bak negeri di atas awan. Ya, Sabana Puncak Pilar adalah tempatnya. 

Sabana Puncak Pilar berada di Ciwalat, Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. di sini Anda dapat melihat apiknya panorama Sukabumi dari ketinggian seperti di atas awan. 

Waktu yang paling laris dikunjungi oleh wisatawan ialah pagi hari sebelum matahari terbit. Tempat ini, digadang-gadang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise

Kemudian, di sini ada beberapa spot foto yang instagramable.

Tempat ini menjadi tempat favorit bagi muda-mudi untuk hunting foto. 

Pada saat akhir pekan, wisata ini ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun dari luar Sukabumi. 

29. Wisata Bukit Baros 
wisata sukabumi
foto: wartawisata.id

Ingin berwisata ke tempat ramah anak? Anda dapat memilih Wisata Bukit Baros.

Destinasi wisata ini berada di Kampung Cihuis RT 11 RW 04, Desa Sasagaran, Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi. 

Tempat ini sangat cocok sebagai wisata untuk berlibur bersama keluarga. Banyak wahana dan aktivitas menarik dan lengkap ditawarkan tempat rekreasi ini. 

Anda bisa menghabiskan waktu untuk berenang, mengelilingi kebun teh dan kopi, mengunjungi pabrik keju hingga berkemah. 

Selain itu, ada banyak spot foto menarik seperti istana kutilang yang menyerupai istana Disney atau berfoto di tengah hutan pinus. 

30. Gunung Sunda 
wisata sukabumi
foto: riyardiarisman.com

Wisata yang satu ini sangat pas untuk Anda yang ingin berlibur tak jauh dari Kota Sukabumi. Lokasinya sekitar 30 menit dari pusat kota. 

Gunung Sunda adalah wisata populer yang berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. 

Di atas ketinggian Gunung Sunda, Anda akan disuguhkan indahnya pemandangan pemukiman warga dan hijaunya pepohonan. Pada sore hari, Anda dapat menikmati matahari terbenam yang elok. 

Pada akhir pekan banyak warga lokal yang datang berwisata untuk melepaskan penat. Pastikan untuk mampir ke Gunung Sunda jika ke Sukabumi ya! 

31. Rumah Fantasi
wisata sukabumi
foto: wisatajabar.com

Selain tempat wisata alam, Sukabumi juga memiliki destinasi wisata modern lho! Tempatnya bernama Rumah Fantasi. 

Rumah Fantasi berlokasi di tengah kota. Lebih tepatnya di Komplek Ruko Bounty Blok G&H, Jl. Siliwangi No.90, Cikole, Kota Sukabumi. 

Tempat wisata ini tergolong cukup baru. Tapi, ramai pengunjung khususnya warga lokal yang menikmati akhir pekan di Rumah Fantasi. 

Rumah Fantasi menyediakan berbagai spot yang menarik. Mulai dari ruangan dengan lukisan tiga dimensi dan rumah dunia terbalik.

Banyak spot foto yang pasti Instagramable di sini. Wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman!

32. Karang Aji Villa Beach 
wisata sukabumi
foto: tripadvisor.co.id

Yang terakhir ada tempat wisata yang cocok untuk staycation yakni Karang Aji Villa Beach. Tempatnya berlokasi di Jl. Raya Cisolok KM 20-22, 10310 Cisolok, Sukabumi. 

Tempat penginapan ini memiliki desain yang unik dan berwarna-warni. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan keindahan pemandangan laut dari tempat penginapan Anda. 

Harga penginapannya juga cukup murah, yakni sekitar Rp250.000 per malamnya. Pastikan untuk datang kesini ya. Di jamin Anda tidak akan menyesal!

Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata Sukabumi yang dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Ternyata sangat banyak ya tempat wisata menarik di Sukabumi untuk dikunjungi.

Kira-kira destinasi wisata mana saja yang tidak ingin Anda lewatkan? Semoga informasi tersebut bermanfaat.