Rekomendasi 100 Wisata Malang yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 100 Wisata Malang yang Wajib Dikunjungi image

Anda sedang mencari wisata yang seru di Jawa Timur? Maka Anda bisa mengunjungi Kota Malang. Malang memiliki banyak tempat wisata mulai dari pantai, bukit, air terjun, tempat bersejarah, kuliner sampai taman bermain.

Dijamin Anda tidak akan menyesal berwisata di Kota Malang. Lalu, wisata Malang apa saja yang patut Anda kunjungi? Berikut ulasannya.

Inilah Rekomendasi 100 Wisata Malang yang Wajib Dikunjungi

1. Taman Selecta
wisata malang
foto: jejakpiknik.com

Pertama ada taman selecta, sebuah taman seluas 18 hektar dengan berbagai jenis bunga yang indah.

Di taman ini Anda bisa menikmati berbagai wisata seperti waterboom, taman bermain, berfoto di berbagai spot foto menarik, bioskop, berbagai wahana seperti flying fox, dan sky bike.

Untuk harga masuknya yaitu sekitar Rp35 ribu per orangnya.

2. Jatim Park 1
wisata malang
foto: datawisata.com

Selanjutnya ada wisata Malang terfavorit di Jawa Timur yaitu Jatim Park 1.

Taman bermain dan wisata edukasi ini memiliki kurang lebih 50 wahana yang siap menghibur Anda seperti history park, agro park, outdoor science center, sky copter, flying tornado, columbus, 3D ghost hunter dan masih banyak lagi.

3. Jatim Park 2
wisata malang
foto: galamedia.pikiran-rakyat.com

Selain Jatim park 1 yang akan menghibur Anda, Anda juga bisa kunjungi Jatim park 2.

Taman yang satu ini menyediakan wisata edukasi dan wahana yang bisa dinikmati oleh orang dewasa maupun anak anak.

Ada tiga tempat utama di Jatim park 2 ini yaitu Museum Satwa, Eco green park dan batu secret zoo.

4. Jatim Park 3
wisata malang
foto: indonesia.tripcanvas.co

Selain Jatim park 1 dan 2 ada juga Jatim park 3. Jatim park 3 merupakan wisata dari jatim park yang mengusung tema dinosaurus.

Ada tiga zona utama di tempat wisata ini yaitu museum musik, museum patung lilin dan taman dinosaurus atau dino park. Adapun atraksi yang bisa Anda nikmati yaitu ada ice age, mandi cahaya di infinite world dan lainnya.

5. Hawai Waterpark
wisata malang
foto: dolanyok.com

Setelah berjalan jalan di wisata edukasi dan permainan, maka Anda bisa berwisata di waterpark pertama di Jawa Timur, Hawai Waterpark.

Anda bisa rasakan sensasi bersantai di Hawaii dengan ditemani 9 wahana seru seperti rainbow fall, hawai water house, Mavi island dan masih banyak lagi.

6. Kusuma Agrowisata
wisata malang
foto: dakatour.com

Tempat wisata populer yang satu ini akan sangat menarik untuk Anda kunjungi dimana Anda bisa menikmati segarnya alam sambil memetik berbagai buah seperti apel, jeruk, jambu merah, strawberry, buah naga serta sayuran dan menikmati berbagai wahana di sana.

Anda bisa memetik dan memakan buah sepuasnya di Kusuma Agrowisata ini.

7. Taman Sengkaling
wisata malang
foto: travelspromo.com

Selanjutnya ada Taman Sengkaling yang menyediakan berbagai wisata air dan wahana seru lainnya.

Di sini Anda bisa bermain air di kolam cumi cumi, kolam kapal misteri, bermain bom bom car, menikmati bioskop 4D, kiddy train, menyantap berbagai kuliner di food festival, outbond, senam aerobik serta berfoto di berbagai spot foto menarik di sana.

8. Kampung Warna Warni Jodipan
wisata malang
foto: dakatour.com

Anda memiliki hobi berfoto? Maka kampung yang satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Sesuai namanya, kampung ini memiliki bangunan dengan berbagai warna yang sangat indah.

Anda bisa berefreshing sambil berfoto ria di berbagai spot foto menarik seperti di jembatan embong brantas, lorong payung, lukisan 3D dan masih banyak lagi.

9. Taman Singha Merjosari
wisata malang
foto: amazingmalang.id

Wisata taman di Malang memang tidak ada habisnya, salah satu taman yang dibangun pemerintah Malang ada taman singha merjosari.

Taman ini memiliki berbagai fasilitas seperti foot therapy, tempat bermain, jogging track, sky bike, open theatre dan gazebo. Anda bisa mengunjungi tempat ini sepuasnya secara gratis.

10. Wendit Waterpark
wisata malang
foto: hargatiket.net

Selanjutnya ada tempat wisata air alami  dan bersejarah di Kabupaten Malang yang memiliki banyak wahana seperti perahu dayung, fishes park, bom bom car, carousel, sepeda air, kolam renang, worm coaster, ATV dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga pohon pohon dan banyak monyet lucu nan jinak yang bisa Anda temui di sana.

11. Taman Kelinci
wisata malang
foto: liputan6.com

Bagi Anda penggemar hewan terutama kelinci, maka Anda bisa kunjungi wisata yang satu ini.

Di tempat ini Anda bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, tidak hanya itu Anda juga bisa mengunjungi rumah hobbit seperti yang ada di film lord of the rings dan miniatur bangunan lainnya.

Ada juga wahana outbound, taman bunga serta farm house yang seru.

12. Desa Wisata Pujon Kidul
wisata malang
foto: travel.tribunnews.com

Ingin menikmati wisata dengan suasana pedesaan? Maka Anda bisa kunjungi desa pujon kidul.

Di desa ini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti outbond, menyusuri perkebunan dengan ATV, menikmati kuliner di cafe sawah, off road dengan jeep di the roudh 78 serta berfoto ria di spot foto menarik di sana.

13. Batu Night Spectacular Malang (BNS)
wisata malang
foto: tempatwisataindonesia.id

Salah satu destinasi wisata populer di Malang yaitu batu night spectacular Malang. Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan tempat unik yang satu ini.

Wisata kota Batu ini akan menampakkan keindahan lampu lampionnya di malam hari, selain itu Anda juga bisa menikmati berbagai wahana seperti rumah hantu, kuliner dan keindahan air mancur.

14. The Bagong Adventure Museum Tubuh
wisata malang
foto: bosniatravel.net

Selanjutnya ada wisata edukasi museum tubuh, museum tubuh pertama sekaligus yang terbesar di Indonesia. Sesuai namanya, di sini pengunjung akan belajar mengenai tubuh manusia.

Museum ini memiliki bentuk bangunan yang unik, dimana bangunannya berbentuk wayang bagong. Di sini Anda bisa belajar sekaligus check up secara gratis.

15. Museum Angkut
wisata malang
foto: galeri.id

Masih dengan wisata edukasi, selanjutnya ada museum angkut. Museum yang terkenal ini merupakan wisata yang menyajikan berbagai transportasi mulai dari mobil, pesawat maupun kendaraan laut.

Selain itu, di sini juga ada berbagai tema seperti british, gangster, las vegas serta kereta api.

16. Rumah Terbalik Malang
wisata malang
foto: jtp.id

Selanjutnya ada rumah unik di eco green park yaitu rumah terbalik. Sesuai dengan namanya rumah ini didesain berbentuk terbalik. Tidak hanya luarnya melainkan juga bagian dalamnya. Di sana Anda akan dibuat takjub dengan perabotan yang terbalik, tapi Anda tidak perlu khawatir karena meskipun terbalik, benda tersebut tidak akan jatuh.

17. Pemandian Kalireco
wisata malang
foto: nativeindonesia.com

Jika Anda lelah berjalan jalan di berbagai tempat wisata, maka Anda bisa beristirahat sejenak merilekskan badan dengan berendam di pemandian alami yang memiliki pemandangan indah di pemandian kalireco.

Pemandian ini terletak di kaki Gunung Arjuna. Airnya yang alami dan berwarna jernih akan menyejukkan tubuh Anda kembali.

18. Batu Wonderland
wisata malang
foto: nahwatour.com

Selanjutnya ada tempat wisata sekaligus penginapan yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda mencari penginapan yang sekaligus memiliki tempat wisata maka Anda bisa berwisata di Batu wonderland.

Di sini Anda bisa menikmati waterpark, berbagai wahana seru dan playground.

19. Trans Studio Mini Malang
wisata malang
foto: dakatour.com

Selanjutnya ada wisata Malang terbaru 2020 yang terletak di transmart Malang.

Di tempat hiburan ini kurang lebih ada sekitar 140 wahana yang bisa Anda nikmati. Mulai dari wahana venture river, crazy cab coaster, bumper car, sky rider, ball spectacular dan masih banyak lagi.

20. Candi Badut
wisata malang
foto: terakota.id

Berwisata di Malang kurang lengkap kalau belum berkunjung ke candi tertua di Jawa Timur. Candi badut ini memiliki pemandangan yang asri dan indah.

Sambil berwisata, Anda juga bisa belajar mengenai sejarah di sana. Untuk menikmati pemandangan candi tersebut Anda tidak dipungut biaya melainkan dengan memberi uang seikhlasnya sebagai biaya perawatan.

21. Candi Singosari
wisata malang
foto: nativeindonesia.com

Selain candi badut, ada candi singosari yang merupakan candi peninggalan dari kerajaan Singasari. Candi ini merupakan peninggalan terakhir dari kerajaan singosari yang terletak di Jl. Tunggul Ametung No. 4, Candirenggo.

Anda bisa berfoto dengan candi tersebut sekaligus belajar mengenai sejarahnya.

22. Candi Songgoriti
wisata malang
foto: malang.merdeka.com

Satu lagi wisata candi yang bisa Anda kunjungi di Malang yaitu candi songgoriti. Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan candi yang satu ini.

Candi songgoriti ini memiliki bangunan yang tidak utuh dan ditemukan tertimbun tanah. Yang menarik adalah selain candi, di sana juga terdapat pemandian air panas umum di depan candi.

23. Pura Luhur Giri Arjuno
wisata malang
foto: lingkarmalang.com

Salah satu destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi di Malang yaitu di Pura Luhur Giri Arjuno. Pura ini merupakan tempat peribadatan orang beragama hindu yang memiliki pemandangan yang indah.

Dimana ada pemandangan gunung di samping pura. Meskipun tidak beribadah, Anda bisa mengunjungi pura dengan tanpa mengganggu kegiatan ibadah.

24. Museum Brawijaya
wisata malang
foto: nusadaily.com

Kemudian ada salah satu wisata sejarah yaitu museum brawijaya. Museum yang satu ini adalah museum yang menyimpan berbagai peninggalan khususnya pada masa agresi militer.

Ada berbagai senjata yang disimpan di sana mulai dari tank, peta kemerdekaan, gerbong maut dan perahu segigir. Untuk tiket masuk museum ini yaitu sekitar Rp5 ribu.

25. Alun-Alun Tugu Kota Malang
wisata malang
foto: ngalam.co

Selanjutnya ada tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai yaitu di alun alun tugu Malang.

Di alun alun tersebut terdapat monumen tugu dengan air mancur, tanaman hias dan replika bunga yang membuat suasana alun alun  terasa asri.

Pada malam hari, akan ada lampu lampu cantik dari bunga replika yang akan menambah keindahan alun alun.

26. Alun-Alun Merdeka Malang
wisata malang
foto: macigo.com

Selain alun alun tugu ada alun alun merdeka yang bisa Anda kunjungi. Sedikit berbeda dari alun alun monumen tugu, alun alun merdeka lebih sering dikunjungi karena lokasinya yang berada di tengah kota Malang.

Adapun fasilitas yang disediakan yaitu seperti kawasan olahraga dan skatepark. Kawasannya yang bersih dan hijau akan menyejukkan tubuh Anda.

27. Masjid Tiban Turen
wisata malang
foto: osc.medcom.id

Beralih ke wisata religi nan bersejarah Anda bisa mengunjungi masjid Tiban. Bukan sekedar masjid, masjid tiban ini memiliki bangunan yang megah, mewah dengan gaya ala timur tengah.

Masjid Tiban Turen ini memiliki 10 lantai dengan ukiran serta warna yang unik. Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu wisata religi yang amat populer di Malang.

28. Masjid Agung Malang
wisata malang
foto: bujangmasjid.blogspot.com

Selain berkunjung ke masjid tiban, Anda juga bisa berkunjung ke Masjid Jami Agung Malang. Masjid Agung ini terletak di dekat alun alun kota Malang.

Masjid dengan arsitektur percampuran Jawa dan Arab ini bisa Anda kunjungi sebagai tempat beribadah dan tempat beristirahat.

29. Masjid An Nur Batu
wisata malang
foto: singgahkemasjid.blogspot.com

Satu lagi masjid Batu yang bisa Anda kunjungi untuk beribadah dan berwisata yaitu masjid An Nur Batu. Masjid yang satu ini terletak di dekat alun alun Kota Batu.

Masjid ini memiliki warna hijau dan memiliki kubah besar dengan kaligrafi yang unik. Di masjid ini terdapat perpustakaan serta ruang pemutaran film yang bisa Anda kunjungi.

30. Kebun Teh Wonosari
wisata malang
foto: bosniatravel.net

Selanjutnya ada wisata edukasi yang mengesankan yaitu di wisata petik teh Wonosari. Tidak hanya belajar memetik teh, Anda juga bisa menikmati wahana yang disediakan.

Mulai dari berjalan menyusuri indahnya kebun teh, menaiki flying fox, berkuda, berendam di kolam air hangat, ATV, serta berfoto ria di berbagai spot foto.

31. Kaliwatu Rafting
wisata malang
foto: kaliwaturafting.co.id

Ada yang hobi bermain arung jeram? Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa kunjungi kaliwatu rafting. Di sana Anda bisa melakukan arung jeram bersama teman teman Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan outbound di sana. Tempat wisata ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp180 ribu per orang.

32. Wisata Paralayang Batu
wisata malang
foto: travelblog.id

Selanjutnya ada wisata Malang Batu yang menarik untuk Anda kunjungi yaitu wisata paralayang. Wisata ini berada di puncak dengan ketinggian kurang lebih 1.300 mdpl.

Anda bisa mencoba paralayang dengan harga sekitar Rp300 sampai Rp400 ribu. Disana Anda juga bisa menyewa penginapan, berfoto di spot foto menarik dan melihat indahnya kota batu di malam hari.

33. Mata Air Sumber Sirah
wisata malang
foto: dakatour.com

Selanjutnya ada tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang gemar snorkeling.  Mata air ini memiliki air yang sangat jernih dengan ganggang hijau di dalamnya.

Anda bisa melakukan snorkeling dengan melihat tanaman ganggang yang indah di dasarnya. Tempatnya yang dikelilingi hutan dan pepohonan akan membuat tubuh Anda segar.

34. Bandungan Karangkates
wisata malang
foto: ngalam.co

Selanjutnya ada bendungan Karangkates yang merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan ini memiliki pemandangan yang sangat bagus.

Belum lagi, Anda juga bisa mengelilingi danau dengan menaiki perahu yang disediakan. Selain itu, Anda juga bisa memancing, bermain golf serta berkunjung ke taman wisata karangkates.

35. Wisata Coban Rais
wisata malang
foto: jejakpiknik.com

Selanjutnya ada wisata alam yang asri di coban rais dan batu flower garden. Di sini Anda akan menikmati indahnya air terjun, berbagai spot foto menarik di bukit yang hijau.

Di sana ada banyak hamparan bunga, berbagai wahana seperti sky bike, ayunan, rumah hobbit, hammock dan sepeda gantung. Harga tiketnya sendiri yaitu sekitar Rp. 25 ribu.

36. Sungai Amprong
wisata malang
foto: explorebromo.com

Kembali dengan wisata arung jeram, Anda juga bisa melakukan wisata rafting di sungai Amprong. Sungai ini merupakan aliran dari gunung Semeru yang akan memacu adrenalin Anda.

Sembari bermain arung jeram Anda juga bisa sambil menikmati pemandangan indah di sekeliling sungai.

37. Coban Nirwana
wisata malang
foto: dakatour.com

Berbicara mengenai wisata air terjun di Malang memang tidak ada habisnya. Salah satu air terjun yang bisa Anda kunjungi yaitu coban nirwana atau juga disebut dengan coban mpok karimah.

Coban ini masih jarang dikunjungi pengunjung sehingga alamnya masih sangat asri. Anda bisa merilekskan diri dengan berenang di sini.

38. Sumber Maron
wisata malang
foto: nativeindonesia.com

Selanjutnya ada wisata air terjun yang memiliki banyak wahana. Di sana ada grojogan sewu yang memiliki ketinggian 5 m.

Disana Anda bisa berenang, melakukan river tubing, terapi ikan, bermain flying fox dan melakukan wisata edukasi di PLTMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro.

39. Sumber Krabyakan
wisata malang
foto: travelingyuk.com

Jika Anda mencari tempat wisata yang ramah kantong dan cocok untuk anak anak, maka Anda bisa kunjungi sumber air ini.

Sumber air ini berada di dekat persawahan dengan pemandangan alam yang sangat asri. Di sana Anda bisa terapi ikan, bermain sepeda air serta menikmati kuliner sawah.

40. Sumber Pitu Tumpang
wisata malang
foto: blogkulo.com

Selanjutnya ada air terjun dengan 7 sumber yaitu sumber pitu tumpang. Disana Anda bisa berenang dan menikmati sensasi menyegarkan dari air dingin dari sumber pitu.

Tidak hanya itu, disana juga ada air terjun setinggi 40 meter dengan arus yang deras. Untuk tiket masuk yaitu hanya Rp5 ribu.

41. Coban Tundo Telu
wisata malang
foto: jejakpiknik.com

Berbeda dengan wisata air terjun lainnya, air terjun ini memiliki 3 coban sekaligus dengan nuansa yang berbeda beda.

Coban tundo siji memiliki ketinggian 5 meter, sedangkan coban tundo loro memiliki air terjun paling indah dengan air jernihnya dan coban tundo memiliki ketinggian tertinggi yaitu 15 meter. Hati hati jika Anda ke sana karena jalannya cukup sulit.

42. Coban Jahe
wisata malang
foto: travelingyuk.com

Selanjutnya ada coban jahe atau juga biasa disebut dengan air terjun Begawan karena letaknya yang berada di Dusun Begawan.

Di coban ini belum memiliki banyak pengunjung dan fasilitasnya belum begitu banyak seperti di wisata coban lainnya. Namun sudah ada wahana seperti flying fox serta river tubing.

43. Coban Talun
wisata malang
foto: travelspromo.com

Masih di wisata air alami, selanjutnya ada coban talun yang terletak di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Malang.

Air terjun di sini memiliki ketinggian mencapai 75 meter dengan suhu yang cukup rendah yaitu berkisar antara 18 derajat sampai - 23 derajat celcius. Di sana juga ada taman bunga, apache camp serta rumah pagupon.

44. Coban Parang Tejo
wisata malang
foto: dakatour.com

Selanjutnya ada coban parang tejo yang terletak di Dusun Princi, Kecamatan Dau, Malang, Jawa Timur.

Di sini akan ada banyak pemandangan indah yang bisa Anda lihat, belum lagi ada berbagai wahana seperti jembatan kayu, hutan pinus, ayunan di tepi tebing, playground di bukit serta berfoto di spot foto ala negeri dongeng.

45. Coban Rondo
wisata malang
foto: tabloidwisata.com

Selanjutnya ada coban rondo yang terletak di Pujon, Malang, Jawa Timur. Di tempat wisata ini ada air terjun dengan ketinggian sekitar 80 meter.

Tidak hanya itu disana juga menyediakan wahana yang sangat digemari yaitu labirin. Selain labirin, ada juga camping ground, tubing, paintball, serta berbagai spot foto menarik yang bisa Anda kunjungi di sana.

46. Coban Gintung
wisata malang
foto: phinemo.com

Selanjutnya ada wisata alami yang masih jarang dikunjungi yaitu coban gintung. Coban ini terletak di kecamatan Ampelgading, Malang.

Selain air terjun, di sekitar coban ini juga terdapat sebuah gua bernama goa purba. Untuk memasuki tempat wisata coban tersebut Anda cukup membayar Rp. 5 ribu.

47. Coban Putri
wisata malang
foto: timesindonesia.co.id

Selanjutnya ada coban putri yang terletak  di Junrejo, Batu, Jawa Timur. Coban ini dikatakan menjadi coban tercantik dan terletak tidak jauh dari coban rais.

Disana tersedia banyak sekali fasilitas seperti ayunan, camping ground, off road, jembatan dan berbagai spot foto menarik seperti tangan raksasa. Di sana terdapat 2 air terjun setinggi 15 dan 20 meter.

48. Pantai Banyu Anjlok
wisata malang
foto: pantainesia.com

Selanjutnya ada air terjun yang terletak sangat dekat dengan pantai. Air terjun ini berasal dari bukit dan jatuh di goa kecil di bawahnya.

Anda bisa menikmati air terjun sambil memandang indahnya pantai. Selain itu, disana juga ada wisata kuliner dan melakukan camping. Untuk menikmati indahnya banyu anjlok Anda perlu membayar Rp10 ribu.

49. Sumber Taman
wisata malang
foto: macigo.com

Wisata yang satu ini adalah salah satu wisata sumber yang memiliki air berwarna biru jernih yang indah. Sumber ini juga memiliki kedalaman yang cenderung dangkal yaitu sekitar 1 sampai 2 meter.

Di sekeliling sumber terdapat banyak pepohonan yang rindang sehingga Anda akan merasa sejuk di sana.

50. Pemandian Air Panas Cangar
wisata malang
foto: travelspromo.com

Selanjutnya ada pemandian air panas terletak di Bumiaji, Sumber Brantas, Batu. Jika Anda ingin merilekskan badan Anda karena penatnya kesibukan maka Anda bisa kunjungi pemandian air panas alami ini.

Belum lagi lingkungannya yang masih alami akan membuat Anda semakin rileks. Untuk tarif masuknya sendiri yaitu Rp15 ribu.

51. De Tjangkul Batu
wisata malang
foto: youtube.com

Selanjutnya ada wisata unik di Malang yaitu de tjangkul. Wisata ini menyajikan wisata bernuansa pertanian yang unik.

Di sana Anda bisa belajar bertani, berjalan jalan di museum pertanian, berfoto ria di berbagai spot foto bak negeri dongeng seperti rumah Belanda, balon udara, rumah terbalik dan masih banyak lagi.

52. Omah Kayu Batu
wisata malang
foto: penginapan.net

Jika Anda ingin menginap sekaligus berwisata di bukit dengan pepohonan rindang maka Anda bisa berkunjung di omah kayu. Rumah ini dibangun di atas pohon pinus di akwasan perbukitan.

Di sini ada banyak sekali spot foto menarik, dengan suasana yang sangat asri akan membuat penginapan Anda terasa tenang.

53. Puncak Binglis
wisata malang
foto: kemalangaja.com

Selanjutnya yaitu ada bukit binglis yang terletak di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Tempat ini merupakan tempat wisata baru yang belum memiliki fasilitas yang lengkap.

Namun disini Anda bisa melihat indahnya gunung Semeru dari atas bukit. Lokasi bukit ini juga dekat dengan coban tundo.

54. Budug Asu
wisata malang
foto: explorewisata.com

Masih dengan wisata puncak selanjutnya ada wisata budug asu. Wisata ini berada di lereng dari gunung arjuna, Malang. Untuk Anda yang sedang mencari tempat untuk healing dari kepenatan, maka tempat ini solusinya.

Di sini Anda bisa melakukan off road, canyoning, camping, trekking, rock climbing dan berjalan jalan ria di hutan pinus.

55. Pantai Teluk Asmoro Malang
wisata malang
foto: travelspromo.com

Selanjutnya ada tempat yang sangat menakjubkan yaitu di pantai teluk asmoro. Pantai ini dikelilingi oleh bukit kapur yang membentuk hati. Pantai ini memiliki pesona alam yang tidak akan mengecewakan Anda.

Di sana juga Anda bisa melakukan berbagai hal seperti snorkeling, melihat indahnya sunset, berkemah dan berfoto ria.

56. Bukit Bintang
wisata malang
foto: surabaya.liputan6.com

Beralih ke wisata malam, Anda bisa menikmati wisata malam di bukit bintang. Di bukit ini Anda bisa melihat indahnya kota Batu di malam hari. Lokasi tempat ini berada di Pujon di dekat omah kayu.

Jadi, jika Anda menginap di omah kayu maka Anda bisa keluar untuk melihat indahnya kota Batu di malam hari.

57. Bukit Teletubies
wisata malang
foto: dakatour.com

Selanjutnya ada tempat wisata fotogenic yang akan memukau Anda. Bukit ini dinamakan bukit teletubies karena bukitnya yang hijau seperti bukit di film teletubies.

Di sini Anda akan merasakan kesejukan dengan pemandangan gunung arjuna yang indah. Anda bisa menghibur diri Anda dengan gratis di sini.

58. Pantai Banyu Meneng
wisata malang
foto: penginapan.net

Beralih ke wisata pantai yang indah, selanjutnya ada pantai banyu meneng. Pantai ini memiliki pesona air yang jernih serta pasir putih yang akan membuat Anda berdecak kagum. 

Pantai yang satu ini memiliki ombak yang cenderung tenang sehingga Anda bisa berenang dengan tenang pula. Untuk masuk ke pantai ini Anda perlu membayar Rp10 ribu.

59. Pantai Selok
wisata malang
foto: jejakpiknik.com

Tak kalah dari pantai banyu meneng, pantai Selok juga memiliki keindahan alam yang mempesona. Pantai ini terletak di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pantai ini berada dekat dengan pantai banyu meneng dan memiliki gugusan karang yang sangat unik. Pasir yang putih serta air yang jernih akan membuat Anda rileks.

60. Pantai Sendiki
wisata malang
foto: wisatabagus.com

Wisata yang ke enam puluh ada pantai sendiki, sebuah pantai yang terletak di desa Tambakrejo, Malang.

Meskipun belum banyak dikunjungi pengunjung, namun pantai ini memiliki pesona  yang menawan dan pantai yang bersih. Untuk menikmati pantai eksotis ini Anda perlu membayar Rp5 ribu dan tambahan Rp5 ribu untuk parkir.

61. Pantai Goa Cina
wisata malang
foto: hargatiket.net

Masih dengan wisata pantai selanjutnya ada pantai Goa Cina atau pantai rowo indah. Dinamakan pantai goa cina karena di dekat pantai ini terdapat sebuah gua yang menjorok 8 m.

Uniknya di pantai ini Anda bisa menikmati sunrise ketika pagi hari. Anda bisa berfoto ria di sana. Untuk masuk pantai ini Anda perlu membayar sekitar Rp5 ribu.

62. Pantai Sendang Biru
wisata malang
foto: tempatwisataseru.com

Pantai ini terletak di desa Tambakrejo, Malang. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki air laut berwarna biru yang cantik. Pantai ini berada dekat dengan pantai goa cina, kurang lebih sekitar 15 menit jaraknya.

Pantai ini berhadapan dengan pantai lain yaitu pantai Sempu. Anda bisa menyewa perahu motor untuk sampai ke pantai Sempu.

63. Pantai Tiga Warna
wisata malang
foto: investor.id

Berbicara mengenai pantai di Indonesia memang tidak ada habisnya. Selanjutnya ada pantai indah yang terletak di dekat Pulau Sempu. Air laut pantai ini memiliki tiga warna berbeda, ada biru, hijau dan putih.

Pantai ini masuk dalam kawasan konservasi CMC (Clungup Mangrove Conservation). Di sini Anda bisa berenang, snorkeling dan berfoto ria.

64. Pantai Sipelot
wisata malang
foto: amazingmalang.id

Wisata pantai selanjutnya ada pantai sipelot yang berada di desa Puliharjo, Malang. Pantai ini memiliki warna yang jernih dengan pasir yang kecoklatan.

Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti melakukan snorkeling, menikmati sunset dan melakukan camping.

65. Pantai Ngliyep Malang
wisata malang
foto: wisatabagus.com

Selanjutnya ada pantai populer di Malang yaitu pantai ngliyep. Pantai ini berada di Kedungsalam, Malang. Pantai ini memiliki pesona alam yang indah.

Selain menikmati sunset, di sini Anda juga bisa melakukan hal lain seperti berjalan ke teluk putri, berjalan jalan ke Gunung Kombang dan melakukan camping.

66. Pantai Balekambang
wisata malang
foto: pantainesia.com

Selanjutnya ada pantai dengan pura, yaitu pantai balekambang. Selain memiliki pantai yang indah, di dekat pantai ini juga terdapat pura dan makam.

Jadi, selain sebagai tempat wisata pantai ini juga menjadi tempat beribadah. Di sana Anda bisa menikmati sunset, melakukan camping serta menaiki wahana flying fox.

67. Pantai Batu Bengkung
wisata malang
foto: travel.tribunnews.com

Selanjutnya ada pantai batu bengkung yang terletak di Gedangan, Malang, Jawa Timur. Pantai ini tidak boleh digunakan untuk berenang karena ombak dan topografi seperti pesisir selatan.

Namun Anda masih bisa menikmati indahnya kolam dari cekungan alami dengan bebatuan karang. Untuk menikmati pantai tersebut, Anda perlu membayar Rp10 ribu.

68. Teluk Bidadari
wisata malang
foto: horesurabaya.co.id

Selanjutnya ada teluk bidadari dan pantai mbehi yang terletak di Desa Sumberbening, Malang. Teluk ini merupakan teluk unik dimana terdapat karang dengan cekungan tajam dan berada di kawasan hutan lindung.

Selain itu, di sekitarnya ada pantai mbehi yang memiliki lubang besar yang akan mengeluarkan bunyi ketika diterjang ombak.

69. Teluk Kletekan
wisata malang
foto: horesurabaya.co.id

Selain teluk Bidadari, masih ada juga teluk dengan pesona indah yaitu teluk kletekan. Teluk yang satu ini berada di Desa Sindurejo, Malang, Jawa Timur.

Teluk yang satu ini terkenal akan indahnya biota laut di bawahnya. Anda bisa melakukan snorkeling di jernihnya air laut kletekan ini.

70. Pantai Watu Leter
wisata malang
foto: id.wikipedia.org

Masih dengan wisata pantai, ada pantai watu leter yang terletak di Desa Rowotrate, Sumbermanjing, Malang. Tidak kalah dengan pantai Malang lainnya, pantai ini memiliki pesona indah dengan airnya yang jernih dan tenang.

Pantai ini juga memiliki tebing karang yang banyak. Anda bisa masuk ke pantai ini dengan biaya Rp10 ribu.

71. Pantai Wedi Awu
wisata malang
foto: tribunnewswiki.com

Anda gemar bermain surfing atau berselancar? Jika iya maka Anda bisa kunjungi tempat wisata ini. Pantai Wedi Awu ini berada di Purwodadi, Malang.

Ombak dari laut ini bisa mencapai 3 meter. Selain berselancar, Anda juga bisa melakukan snorkeling, berjemur dan berenang di sana.

72. Pantai Wedi Putih
wisata malang
foto: blogkulo.com

Selanjutnya ada pantai wedi putih atau yang dalam bahasa Indonesia berarti pantai dengan pasir berwarna putih. Pantai ini berada di Purwodadi, tidak jauh dari pantai wedi awu.

Di pantai yang memiliki pasir putih ini Anda bisa melakukan snorkeling, camping, naik ke bukit karang dan berenang. Untuk masuk ke pantai ini Anda perlu membayar Rp5 ribu.

73. Pantai Bangsong
wisata malang
foto: manisatravel.com

Lalu ada pantai yang terletak satu kawasan dengan teluk asmoro yaitu pantai bangsong. Pantai ini memiliki air jernih dan ombak yang tenang sehingga Anda bisa berenang dan melakukan aktivitas snorkeling di sana.

Hamparan pasir putih yang luas serta air yang jernih membuat pantai ini sangat patut untuk Anda kunjungi.

74. Pantai Telok
wisata malang
foto: travel.okezone.com

Selanjutnya ada pantai telok yang terletak di Gajahrejo, Gedangan, Malang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air laut yang jernih dan pepohonan.

Namun ombak di sini cukup besar sehingga Anda tidak disarankan untuk berenang di sana. Jangan khawatir karena Anda masih bisa berjalan menikmati indahnya telok dari bibir pantai.

75. Pantai Parang Dowo
wisata malang
foto: superadventure.co.id

Masih di Gajahrejo, Gedangan, Malang selanjutnya ada pantai parang dowo. Pantai ini memiliki sejuta pesona yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Airnya yang tenang dan jernih, dengan tebing tebing yang eksotis akan membuat Anda takjub. Di sana Anda bisa berenang dan menikmati indahnya sunset di pantai sejuta pesona tersebut.

76. Pantai Gatra Malang
wisata malang
foto: superadventure.co.id

Selanjutnya ada pantai gatra yang terletak di Sendang biru, Sitiarjo, Malang. Pantai gatra merupakan salah satu pantai di Malang Selatan yang memiliki pesona bagaikan Raja Ampat.

Pantai ini memiliki air laut berwarna biru yang jernih, ombak yang tenang dan hutan mangrove. Anda bisa berenang dan melakukan snorkeling di sini.

77. Pantai Kajaran
wisata malang
foto: ngalam.co

Selanjutnya ada pantai kajaran yang terletak di Gedangan, Malang, Jawa Timur. Pantai yang satu ini memiliki bentuk bagaikan teluk dengan ombak yang kecil dan tenang.

Air lautnya yang biru dan jernih sangat menyejukkan pemandangan. Di sekitar pantai ada banyak sekali pepohonan, belum lagi pantai ini juga memiliki biota laut yang lumayan banyak.

78. Pantai Ungapan
wisata malang
foto: pantainesia.com

Masih di Gedangan, Malang, Jawa Timur ada pantai yang sering disebut dengan pantai seribu gubuk yaitu pantai ungapan. Pantai ini memiliki banyak karang dan bukit yang mengelilinginya.

Selain itu, pantai ini juga memiliki air jernih dan ombak yang besar. Anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

79. Pantai Savana
wisata malang
foto: blogkulo.com

Di nomor yang ke 79 ada pantai Savana yang terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Hampir sama dengan pantai di Malang lainnya, pantai ini memiliki air yang jernih serta ombak yang besar.

Jadi, Anda tidak disarankan berenang di sana. Namun Anda jangan sedih karena Anda akan dibuat takjub dengan paduan keindahan padang savana di sana.

80. Hutan Pinus Semeru
wisata malang
foto: armandfrezh.wordpress.com

Beralih ke wisata daratan ada hutan pinus semeru. Hutan pinus ini terletak di Wajak, Malang. Anda bisa menyegarkan tubuh Anda dengan berjalan jalan di hutan pinus ini.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menaiki flying fox atau berfoto ria di spot foto menarik di sana. Untuk masuk ke hutan ini, Anda perlu membayar Rp5 ribu.

81. Ledok Ombo Poncokusumo
wisata malang

Anda memiliki keinginan wisata bercamping? Maka Anda bisa berkunjung ke Ledok Ombo Poncokusumo.

Di sini Anda bisa melakukan camping di camping ground, menikmati suasana asri di cafe pinus, naik rumah pohon, hammocking serta berfoto ria di spot foto menarik di sana.

82. Wisata Bedengan Malang
wisata malang

Selanjutnya ada wisata bumi perkemahan di Dusun Selokerto, Dau, Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Anda bisa bercamping dengan nyaman di tempat wisata ini.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya sungai yang jernih dan pepohonan yang tinggi nan rindang di sana.

83. Goa Pinus Malang
wisata malang

Selanjutnya ada wisata goa pinus yang terletak di Bumiaji, Malang. Goa ini memiliki panjang 5 meter dengan tinggi 150 cm. Goa ini memiliki spot foto yang menarik dan cocok bagi Anda yang memiliki hobi berfoto.

Anda bisa mengambil foto sembari merilekskan diri dengan suasana yang asri. Goa ini dekat dengan wisata omah kayu dan paralayang Batu.

84. Javanine Resto
wisata malang

Berbicara soal tempat wisata rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi wisata kuliner. Bangunan resto ini memiliki arsitektur yang menarik dan instagramable.

Meski mirip dengan bangunan Eropa, menu yang disajikan di restoran ini adalah menu masakan Jawa.  Sambil menyantap kuliner, Anda juga bisa berfoto ria di sana.

85. Alun Alun Kota Batu
wisata malang

Selanjutnya ada wisata gratis  yang menarik untuk Anda kunjungi yaitu Alun Alun Kota Batu. Di malam hari, Anda benar benar akan dibuat takjub akan lampu lampu di sana.

Belum lagi ada bianglala serta air mancur dengan warna yang sangat menarik. Anda bisa menikmati suasana kota Batu dengan menaiki bianglala dengan tarif Rp 3 ribu.

86. Malang Night Paradise
wisata malang

Sesuai namanya tempat wisata yang satu ini merupakan taman hiburan malam hari yang patut untuk Anda kunjungi di malam hari. Ada dua tempat utama di sana yaitu taman lampion dan taman dinosaurus.

Keduanya menampilkan lampu lampion yang colourful dan wahana yang menarik. Untuk tiket masuknya sendiri yaitu Rp55 ribu per orangnya.

87. Kampung Biru Arema
wisata malang

Anda pecinta arema? Maka tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke kampung biru arema. Di kampung ini sekitar 500 rumah dicat berwarna biru.

Di sana terdapat banyak lukisan mural singa dan pemain arema. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat berfoto.

88. Museum Zoologi Frater Vianney
wisata malang

Selanjutnya ada museum kerang dan reptil di Dau, Malang, Jawa Timur.

Di museum ini Anda bisa melihat berbagai koleksi hewan tersebut, ada yang masih hidup dan adapula yang berupa diawetkan.

89. Taman Slamet
wisata malang

Selanjutnya ada taman slamet yang terletak di Kecamatan Klojen. Taman ini bisa Anda kunjungi untuk berfoto ria di sana.

Ada berbagai spot foto menarik seperti lorong enam gunung, pergola dengan lorong berwarna putih. Anda bisa merilekskan diri dengan duduk dan berfoto di tengah taman rindang tersebut.

90. Sumber Wendit
wisata malang

Selanjutnya ada tempat wisata sumber wendit yang terletak di Mangliawan, Malang.

Wendit waterpark ini memiliki berbagai wahana seperti kolam renang, sepeda air, perahu dayung, kolam, arus dan gelembung. Untuk tiket masuk wisata wendit ini sendiri yaitu sekitar Rp15 ribu.

91. Cafe Bukit Delight
wisata malang

Selanjutnya ada wisata kuliner di bukit yaitu cafe bukit delight Malang.

Cafe ini merupakan cafe outdoor yang buka dari sore hingga tengah malam. Cafe romantis ini memiliki beragam menu dengan harga yang terjangkau.

92. Bata Puti Coffee House
wisata malang

Untuk Anda yang merupakan pecinta kopi, maka kedai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Sembari menikmati kopi, Anda bisa menikmati suasana cafe yang asri.

93. Cokelat Klasik Cafe and Garden
wisata malang

Masih dengan wisata kuliner, selanjutnya ada coklat klasik cafe. Cafe ini memiliki konsep outdoor dan garden yang romantis.

Dengan menu serba cokelat, Anda bisa menikmati menu coklat sembari menikmati suasana romantis cafe tersebut.

94. Rumah Makan Inggil
wisata malang

Selanjutnya ada rumah makan unik yaitu rumah makan inggil. Rumah makan ini mengusung tema tradisional khas Jawa Timur.

Tidak hanya itu, di dalam rumah makan ini juga terdapat berbagai koleksi benda peninggalan Belanda. Ada berbagai menu yang bisa Anda pesan seperti ayam bakar dan lainnya.

95. Golden Heritage Koffie
wisata malang

Selanjutnya ada cafe instagramable yang bisa Anda kunjungi yaitu di Karangbesuki, Sukun, Malang.

Ada berbagai menu yang bisa Anda pesan di sini. Di dalamnya ada lukisan yang mempercantik cafe.

96. Wisata Jembatan Kaca Ngalam
wisata malang

Lalu ada jembatan kaca ala jembatan kaca Zhangjiajie, China. Jembatan unik ini terletak di kecamatan Blimbing, Malang. Anda bisa berfoto ria di sini sambil mengunjungi kampung tridi.

97. Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang
wisata malang

Salah satu destinasi wisata kampung tematik yang bisa Anda kunjungi yaitu kampoeng heritage yang terletak di Klojen, Malang. Anda bisa berburu foto dengan kampung bernuansa vintage ini.

98. Agro Tawon Rimba
wisata malang

Selanjutnya ada agro tawon di Kecamatan Lawang, Malang. Di tempat ini Anda bisa belajar mengenai madu lebah, mulai dari memanen sampai mencoba berbagai produk madu dari peternakan lebah tersebut.

99. Kerajinan Keramik Dinoyo
wisata malang

Di sentra kerajinan yang beralamatkan di Lowokwaru, Malang ini Anda bisa membeli oleh oleh berupa kerajinan keramik. Ada vas, hiasan rumah dan kerajinan lain dengan kualitas yang baik.

100.Museum Tempo Doeloe
wisata malang

Terakhir ada museum tempo doeloe yang terletak di Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.

Disini Anda bisa belajar mengenai sejarah Malang. Di dalamnya ada berbagai koleksi sepertic prasasti, tembikar dan sebagainya.

Itulah beberapa wisata Malang yang bisa Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga Anda.

Jangan lupa untuk mencari informasi lebih lanjut dari tempat wisata yang akan Anda kunjungi agar persiapan kunjungan Anda lebih maksimal.