Inilah 29 Makanan Khas Tasikmalaya yang Dijamin Bikin Ketagihan

Inilah 29 Makanan Khas Tasikmalaya yang Dijamin Bikin Ketagihan image

Tasikmalaya adalah salah satu kota di Jawa barat, pastinya setiap kota mempunyai makanan khas tersendiri yang menjadi ciri khas kota tersebut.

Berikut makanan khas Tasikmalaya yang bisa Anda nikmati bila berkunjung ke kota tersebut.

1. Kolontong

makanan khas tasikmalaya

foto: ayotasik.com

Kolontong adalah salah satu makanan khas Tasikmalaya yang biasa dijadikan cemilan.

Kolontong ini terbuat dari beras ketan yang diolah dan dicampur dengan gula aren serta bumbu-bumbu pilihan, yang dibuat adonan lalu dibentuk seperti ibu jari.

Kolontong memiliki rasa yang manis, gurih dan enak sehingga cocok sebagai cemilan bersama teh atau kopi pada sore hari. Kolontong ini bisa Anda beli di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.  

2. Nasi Cikur

makanan khas tasikmalaya

foto: sisiusaha.com

Nasi cikur adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Tasikmalaya, dalam bahasa sunda sendiri cikur itu artinya kencur.

Jadi nasi kencur adalah nasi yang diberi bumbu kencur muda, proses pembuatannya mirip seperti nasi goreng, dengan tambahan bumbu bawang merah, bawang putih, terasi, garam dan kencur.

Karena memakai bumbu kencur inilah maka nasi cikur ini rasanya sedikit getir namun ini tidak mengurangi kelezatan dan aroma harum yang dihasilkan dari bumbu-bumbu tersebut. 

Biasanya nasi ini disajikan bersama tahu, tempe, perkedel jagung, soun, tumis genjer dan sebagainya.

3. Wajit

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Wajit adalah makanan khas yang berasal dari Tasikmalaya, wajit dibuat dari bahan dasar beras ketan, kelapa dan gula merah yang dicampur lalu dimasak hingga matang.

Setelah matang dan dingin lalu di bentuk kecil-kecil kemudian bungkus dengan menggunakan daun jagung kering.

Setelah di bungkus dengan daun jagung lalu jemur agar daun jagungnya menjadi sangat kering.

Proses ini akan menghasilkan wajit dengan bungkus luar yang sangat kering namun memiliki  bagian dalam yang lembut dan manis.

4. Soto Ayam Pataruman

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingyuk.com

Soto ayam Pataruman adalah makanan khas Tasikmalaya yang telah terkenal dan menjadi favorit bagi masyarakat Tasikmalaya.

Makanan ini pertama kali dibuat pada tahun 1960 oleh Ibu Rina. 

Soto ayam ini memiliki citarasa yang khas dan enak yang tidak berubah dari segi rasanya sejak pertama kali ada sehingga banyak digemari banyak orang. 

5. Mie Bakso Laksana

makanan khas tasikmalaya

foto: garvingoei.com

Bakso adalah sajian favorit banyak orang dan hampir dapat dijumpai pada semua daerah, dan setiap daerah pun pasti ada satu warung bakso yang terkenal dan paling enak sajian baksonya.

Begitu pula di Tasikmalaya ada salah satu warung bakso yang terkenal yaitu mie bakso Laksana.

Mie bakso Laksana terkenal lezat dan memiliki rasa yang khas yang membuatnya berbeda dengan bakso lain di daerah lain. Karena itulah mie bakso Laksana selalu ramai dengan pengunjung.

6. Kupat Tahu Tasikmalaya

makanan khas tasikmalaya

foto: masakandapurku.com

Kupat tahu adalah salah satu dari banyaknya kuliner khas Tasikmalaya.

Kupat tahu Tasikmalaya tentu berbeda dengan yang biasa dijumpai di daerah lain, yang membedakannya adalah campuran bumbu asli khas Tasikmalaya yang digunakan pada kupat tahu ini.

Dari segi penampilan memang sama namun untuk rasanya kupat tahu Tasikmalaya lebih enak dan khas Sunda dibanding kupat tahu daerah lain.

Kupat tahu ini dapat dijual pedagang pinggir jalan disekitar kota Tasikmalaya.

7. Tahu Bulat

makanan khas tasikmalaya

foto: style.tribunnews.com

Tahu bulat makanan yang tengah booming yang terkenal dengan digoreng dadakan ini ternyata adalah salah makanan khas Tasikmalaya.

Sajian ini menjadi sangat terkenal bukan hanya di kota Tasikmalaya namun juga merambah ke beberapa kota bahkan ke ibu kota.

Kepopuleran tahu bulat ini berkat inovasi dari penjual yang menjual keliling tahu bulat dengan mobil bak terbuka dan memasaknya dalam mobil itu juga sehingga tahu buat identik dengan digoreng dadakan.  

Rasa dari tahu bulat yang di goreng dadakan ini sangat unik dan khas karena ditaburi bumbu kering rasa asin dan pedas atau balado, tahu bulat ini cocok sebagai cemilan bersama es teh manis saat sore hari.

8. Cilok Goang

makanan khas tasikmalaya

foto: foodnesia.net

Makanan khas yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, diberi bumbu khas dan sambal goang khas Tasikmalaya sebagai kuahnya menjadikan cilok ini super enak rasanya. 

Yang membedakan cilok goang dengan  cilok lainnya adalah cilok goang tidak di colok atau ditusuk tapi dibiarkan saja bulat-bulat dan disiram sambal goang tidak seperti cilok yang biasanya ditusuk dengan lidi. 

Dalam penyajiannya juga cilok goang ditambahkan mie kering, tahu, ceker ayam dan bawang goreng sehingga membuat cilok khas Tasikmalaya ini semakin lezat dinikmati. 

9. Pecel Oranye

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingyuk.com

Pecel oranye adalah nama warung makan yang menyajikan aneka makanan khas Tasikmalaya.

Warung ini berdiri sejak tahun 1925 dan menu yang disediakan warung ini adalah gado-gado, karedok, lotek, pecel sambal kacang dan makanan khas sunda lainnya. 

Pecel oranye ini memiliki citarasa yang khas dengan bumbu manis, asin dan asam sehingga kenikmatannya dijamin dapat memanjakan lidah Anda para pecinta kuliner sunda.

10. Bubur Ayam Tasik

makanan khas tasikmalaya

foto: sangpelancong.com

Bubur ayam memang makanan yang terkenal di mana-mana, hampir semua kota di Jawa barat memiliki bubur ayam khas tersendiri, begitu pula kota Tasikmalaya.  

Biasanya yang membedakan bubur ayam daerah satu dengan daerah lainnya adalah dari toppingnya.

Bubur tasik menggunakan potongan cakwe, suwiran ayam kampung, hati ayam dan daun bawang sebagai tambahan toppingnya. 

Di kota Tasikmalaya sendiri warung bubur ayam yang terkenal kelezatannya seantero kota Tasik adalah warung bubur ayam Haji Zaenal yang buka dari jam 06 pagi hingga jam 2 siang, dengan harga Rp. 15.000 untuk porsi kecil dan Rp. 25.000 porsi besar.

11. Mie Ayam Pelangi

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Melihat mie berwarna-warni dalam sajian makan tentulah sangat menarik dan membuat penasaran akan rasanya.

Di kota Tasikmalaya terdapat warung makan mie yang menyajikan olahan mie dengan warna pelangi yaitu merah, kuning, dan hijau. 

Warna-warna yang dihasilkan dari mie tersebut berasal dari bahan - bahan alami yang menyehatkan dan bergizi, seperti warna hijau yang berasal dari bayam, dan warna merah atau oranye berasal dari wortel. 

12. Nasi Tutug Oncom Khas Tasik

makanan khas tasikmalaya

foto: inilahtasik.com

Nasi tutug oncom adalah salah satu kuliner khas sunda, beberapa daerah di Jawa Barat memiliki sajian khas kuliner ini.

Namun tentunya setiap daerah memiliki ciri khas sendiri walaupun namanya sama-sama nasi tutug oncom.

Nasi tutug oncom Tasik dibuat dari bahan nasi putih yang ditumis bersama oncom dan bumbu-bumbu seperti bawang merah, kencur, bawang putih, cabai rawit, garam, kemangi, dan gula.

Nasi tutug Tasik biasanya disajikan dengan lauk tahu goreng, telur dadar, dan soun juga dilengkapi lalapan dan sambal.

13. Godeblag

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Godeblag merupakan makanan ringan khas Tasikmalaya yang terbuat dari singkong yang diparut dan diberi  bumbu pilihan campur irisan daun bawang lalu goreng hingga matang. 

Singkong yang diolah menjadi godeblag haruslah singkong dengan kualitas baik dan bebas hama, bila tidak maka rasanya rasanya akan aneh dan tidak enak.

Godeblag ini hanya ada satu rasa yaitu asin saja. 

14. Noga Kacang

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Makanan khas lainnya yang berasal dari tasikmalaya adalah noga kacang yang terbuat dari kacang tanah dan gula yang digoreng hingga kering sehingga menghasilkan noga kacang yang renyah dan gurih.

Noga kacang ini sudah menjadi makanan legendaris khas Tasik sejak tahun 1982.

Dibuat tanpa tambahan zat pewarna, pengawet dan pemanis buatan sehingga rasa dan mutu terjamin dengan rasa yang renyah dan gurih di mulut.

15. Sale Pisang

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Sale pisang adalah salah satu  cemilan khas Tasikmalaya.

Sale pisang dibuat dengan cara khusus yaitu pisang disisir dengan tipis lalu dijemur kemudian dibalut tepung dan digoreng hingga kering. rasanya manis, gurih dan renyah. 

Sale pisang ini cocok sebagai cemilan saat malam hari, Anda bisa dapatkan sale pisang khas Tasikmalaya di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya atau supermarket.

16. Kue Aci

makanan khas tasikmalaya

foto: budaya-indonesia.org

Salah satu cemilan khas Tasikmalaya selanjutnya adalah kue aci yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka, mentega, telur dan gula yang dijadikan adonan dan dibentuk menjadi kue aci.

17. Ladu

makanan khas tasikmalaya

foto: lazada.co.id

Ladu adalah makanan khas Tasikmalaya yang berjenis makanan ringan, ladu terbuat dari beras ketan campur gula sehingga memiliki rasa yang manis dan bertekstur seperti dodol garut. 

Biasanya masyarakat Tasikmalaya menjadikan lagu sebagai kue lebaran, namun saat ini banyak juga toko oleh-oleh yang menjual ladu sebagai oleh-oleh khas Tasikmalaya.

18. Sate Maranggi

makanan khas tasikmalaya

foto: tasikasik.com

Kuliner khas Tasikmalaya selanjutnya adalah sate maranggi yang terbuat dari daging sapi yang dipotong besar-besar lalu ditusuk seperti sate pada umumnya.

Dalam setiap tusukan biasanya terdiri dari 3 potong daging dan 1 potong gajih atau lemak.

Cara menyajikan sate maranggi dengan disiram sambal kecap yang di beri bawang merah, cabe, irisan tomat, dan merica serta taburan bawang goreng.

Atau bisa juga menggunakan sambal kacang sesuai selera Anda.

19. Kemplang

makanan khas tasikmalaya

foto: republikseo.net

Salah satu makanan khas Tasikmalaya yang dijadikan sebagai cemilan adalah kemplang.

Kemplang terbuat dari beras ketan dan kelapa serta memiliki tekstur yang padat dengan rasa yang gurih. kemplang biasanya disajikan sebagai teman makan bakso atau soto.

Kemplang banyak di temukan di tempat makan khas Tasikmalaya, toko oleh-oleh Tasikmalaya atau supermarket.

20. Kupat Tahu Mangunreja

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingyuk.com

Kupat tahu memang makanan khas Sunda namun ada satu tempat makan yang menjual kupat tahu dan sangat terkenal kelezatannya yaitu kupat tahu mangunreja.

Warung makan kupat tahu Mangunreja ini berdiri sejak tahun 1955 dan telah melegenda karena kelezatan bumbunya yang tak terkalahkan.

Bumbu kacang yang digunakan pada kupat tahu ini dibuat dengan cara dimasak dengan tungku bakar, sehingga menghasilkan aroma yang harum dan rasa yang khas dan nikmat.

Aroma dan rasa yang khas itulah yang membuat kupat tahu Mangunreja berbeda dengan kupat tahu lainnya.

Sehingga banyak digemari masyarakat sunda bahkan yang bukan orang sunda pun jadi suka dengan kuliner yang satu ini. 

21. Keripik Sukun

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Kuliner khas Tasikmalaya selanjutnya adalah keripik sukun yang dibuat dari bahan dasar buah sukun yang dikupas lalu dipotong tipis dan dijemur sampai kering, kemudian digoreng hingga kering sehingga menghasilkan keripik yang renyah dan garing.

Keripik sukun ini cocok sebagai cemilan sore atau malam hari, keripik sukun ini cocok sebagai oleh-oleh khas Tasikmalaya.

22. Soto Tasik

makanan khas tasikmalaya

foto: travelngyuk.com

Bukan hanya soto Lamongan, soto Betawi atau coto Makasar tapi Tasik juga memiliki sajian kuliner soto yang menjadi ciri khas tersendiri. 

Soto Tasik tak hanya dikenal masyarakat Tasikmalaya tapi juga terkenal hingga ke luar daerah Tasik. 

Yang menjadi ciri khas dari soto ini adalah kuahnya yang berwarna kuning bening dan ditutupi merica bubuk diatasnya.

Sehingga soto ini memiliki rasa yang unik, hangat, segar dan menggigit karena tabutran mericanya yang pedas.

Selain di taburi bubuk merica soto tasik juga diberi topping toge, kol dan suwiran ayam yang menambah lezat dan mantap rasanya.

23. Kalua Jeruk

makanan khas tasikmalaya

foto: javatravel.net

Salah satu makanan khas Tasikmalaya selanjutnya adalah kalua jeruk, yaitu manisan yang terbuat dari kulit jeruk yang dicampur gula dan perasa buah seperti strawberry dan durian.

Kalua jeruk memiliki rasa yang manis dan unik, makanan khas yang satu ini biasanya di jual di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.

24. Es Bojong

makanan khas tasikmalaya

foto: tripadvisor.co.id

Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini berjenis minuman segar.

Es bojong merupakan minuman legendaris khas Tasikmalaya yang  dibuat dari campuran sirup, air, santan dan potongan buah nangka, durian, ketan hitam, kelapa muda, cincau hitam, alpukat dan tape ketan.

Keunikan es bojong adalah rasa santannya yang pekat dan khas, minuman ini biasanya disajikan masyarakat tasikmalaya sebagai minuman berbuka puasa.

25. Citruk

makanan khas tasikmalaya

foto: travelingholic.com

Citruk adalah salah satu cemilan khas Tasikmalaya yang kini sudah jarang ditemukan, citruk ini semacam kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar tepung kanji  dan tepung terigu lalu di bentuk seperti koin. 

Citruk sendiri sebetulnya singkatan dari aci ngagetruk atau aci yang bertekstur agak keras tapi memiliki rasa yang  renyah.

Karena kerenyahannya itulah citruk biasa dijadikan masyarakat Tasik sebagai cemilan.

26. Opak Tasik

makanan khas tasikmalaya

foto: idntimes.com

Opak sudah sangat terkenal sebagai makanan khas Tasik menjadi , selain sebagai oleh-oleh opak juga kerap dijadikan sajian wajib pada acara hajatan dan syukuran masyarakat Tasikmalaya.

Makanan ringan ini banyak dijual pedagang keliling di sekitar Tasikmalaya.

27. Rengginang Oyek

makanan khas tasikmalaya

foto: javatravel.net

Rengginang adalah makanan khas daerah Jawa Barat terutama Tasikmalaya, rengginang dibuat dari bahan dasar beras ketan yang diolah melalui proses yang lama dan panjang.

Biasanya rengginang ini dijadikan sebagai cemilan saat santai. Rengginang bisa anda temukan di pasar tradisional, supermarket atau pun toko oleh-oleh Tasikmalaya.

28. Martabak Ramayana

makanan khas tasikmalaya

foto: tripadvisor.com

Martabak memang bukanlah makanan asli dari Tasikmalaya namun martabak yang satu ini sudah sangat terkenal dan menjadi favorit masyarakat Tasikmalaya.

Martabak ramayana adalah martabak satu-satunya yang banyak diburu para pecinta kuliner karena rasanya yang terkenal legit dan enak.

Martabak ini akan semakin nikmat bila di santap dalam keadaan masih panas, tersedia dalam berbagai topping mulai dari coklat, kacang, keju, susu, jagung dan masih banyak lagi. 

29. Pancake Kedai Kake

makanan khas tasikmalaya

foto: trend.koropak.co.id

Salah satu makanan khas Tasikmalaya yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah pancake yang di jual di kedai Kake.

Kedai yang mempunyai desain unik dari mulai perabot hingga berbagai  hiasannya yang terbuat dari kayu. berbagai pancake yang dijual di kedai Kake ini terkenal lezat dan terjamin mutunya. 

Karena itulah pancake kedai Kake banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke daerah Tasikmalaya Cocok sebagai oleh-oleh khas Tasikmalaya.

Itulah rekomendasi 29 makanan khas Tasikmalaya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota Tasikmalaya.