101 Wisata Jakarta Terpopuler Dan Kekinian

101 Wisata Jakarta Terpopuler Dan Kekinian image

Siapa bilang Jakarta hanya menyimpan banyak masalah seperti macet dan demonstrasi?

Dibalik paradigma tersebut ternyata dari segi wisata daerah dengan penduduk sekitar 10,57 juta orang ini, punya banyak tempat wisata Jakarta yang asyik untuk dikunjungi.

Bukan hanya untuk melepas lelah, tapi juga menambah wawasan tentang banyak hal.

Tempat wisata yang ada di Jakarta juga tak kalah dengan kawasan wisata seperti Bali, Lombok hingga Papua.

Wajar jika selain beraktivitas di Jakarta, Anda wajib mendatangi beberapa diantaranya untuk lebih mengenal rupa Jakarta yang sebenarnya. Penasaran apa saja objek wisata di ibukota tersebut?

1. Atmosfear fX Sudirman (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: infoserbaserbi.com

Terletak di fX Sudirman Lantai 7 Senayan, Anda yang mau berbelanja sambil mencoba wahana perosotan indoor terbesar di Asia bisa datang kesana.

Sensasi meluncur pada perosotan sepanjang 40 meter tentu bukan hal yang biasa tapi patut dicoba bersalam keluarga. jam bukanya Senin hingga Minggu maksimal pukul 22.00 WIB.

2. Taman Suropati (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: jejakpiknik.com

Taman di Jalan Taman Suropati Menteng ini, merupakan ruang terbuka hijau yang jadi favorit warga Jakarta Pusat.

Karena selain bisa bersantai, juga bisa menikmati pagelaran seni gratis dari berbagai komunitas. Baik itu musisi jalanan atau para seniman yang mau menampilkan kebolehannya.

3. Taman Menteng (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: travel.detik.com

Taman ini menawarkan beberapa spot olahraga gratis yang sangat diminati, ditambah pula banyak spot foto kekinian.

Wajar kalau pengunjungnya kebanyakan anak muda milenial, dan selalu ramai setiap hari hingga pukul 22.00 WIB. Anda juga bisa bergabung di sana dan nikmati juga wifi gratis, jadi setelah foto bisa langsung upload ke media sosial.

4. Taman Ismail Marzuki (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: wisataterdekat.com

Sudah terkenal sejak tahun 1968, taman yang menyajikan berbagai pementasan seni gratis ini bisa Anda kunjungi kapan saja.

Tanpa biaya masuk Anda tinggal datang ke Jalan Cikini Raya Nomor 73 Menteng dan lihatlah keindahan seni rupa, teater, hingga drama yang disajikan oleh penggiat seni Jakarta dan sekitarnya.

5. Miniapolis (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: travelspromo.com

Adalah pusat permainan anak-anak yang wajib dikunjungi bersama si kecil.

Terletak di Plaza Indonesia level 3, MH Thamrin Nomor 28-30, Anda bisa menemaninya bermain crick’s Garden, hideout dan masih banyak lagi. Biaya masuknya berkisar Rp.250.000/orang.

6. Planetarium Jakarta (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: travelspromo.com

Masih satu kompleks dengan Taman Ismail Marzuki, buat yang suka ilmu astronomi bisa belajar di Planetarium Jakarta ini.

Ada pertunjukan tentang dunia perbintangan yang akan membawa Anda ke luar angkasa dengan visualisasi luar biasa, ada juga informasi lengkap tentang rasi bintang. Tiket masuknya hanya maksimal Rp.12.000/orang saja!

7. Grand Indonesia Mall (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: id.wikipedia.org

Ada juga mall legendaris yang cocok untuk berkumpul keluarga, atau teman di malam hari.

Karena Anda bisa berbelanja kebutuhan, sambil menikmati keindahan arsitektur mall yang buka hingga pukul 22.00 WIB tersebut. Kalau lapar juga bisa tinggal makan di berbagai restoran yang tersebar di sana.

8. The Awan Lounge (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: therooftopguide.com

Mengusung konsep cafe rooftop Anda bisa menikmati berbagai menu dari ketinggian gedung, sehingga suasana Jakarta bisa sangat terlihat jelas.

Dengan harga menu berkisar Rp.50.000- ratusan ribu, rasanya cocok untuk mengisi perut kosong usai menjelajahi Jakarta. Anda bisa mampir ke Jalan KH. Wahid Hasyim Nomor 127 Tanah Abang.

9. Plaza Indonesia (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: gpswisataindonesia.info

Salah satu pusat perbelanjaan elite yang ada di Jakarta ini sudah eksis sejak 1990 silam. Dengan tujuh lantai yang terdiri dari ratusan kios, Anda bisa belanja produk apapun sesuai kebutuhan.

Lokasi strategisnya di Jalan MH Thamrin Kavling 20-30 Gondangdia Menteng ini, membuat akses Anda sangat mudah dari berbagai lokasi di Jakarta Pusat.

10. Thamrin City (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: tripadvisor.co.id

Ada pertemuan dengan klien di kawasan Thamrin? Anda bisa memilih Thamrin City sebagai tempat bertemu, karena selain jadi pusat perbelanjaan banyak restoran yang menyediakan tempat meeting.

Jika saatnya istirahat tinggal booking hotel yang juga menyatu dengan Thamrin City,  jadi semua kegiatan bisa dilakukan di satu tempat bukan?

11. Taman Situ Lembang (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: ihategreenjello.com

Mau lihat taman tertua yang ada di Jakarta? Datang saya ke Taman Situ Lembang di Jalan Lembang Terusan D-59 Menteng. Disana Anda akan melihat langsung rimbunnya pepohonan, dan taman yang asri.

Cocok untuk istirahat sambil piknik bersama orang tersayang, karena buka 24 jam jadi bisa datang kapan saja Anda mau.

12. Bundaran HI (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: puricasablanca.com

Kalau Anda mau melihat langsung tempat demonstrasi terbesar di Jakarta bisa langsung datang ke kawasan ini.

Pengunjung yang datang ke Kawasan Menteng ini biasanya menghabiskan waktu untuk melihat lalu lintas Jakarta dan spot foto di pinggir kolam yang sangat ikonik.

13. Wisata Kuliner Pecenongan (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: saranwisata.com

Saatnya untuk mencicipi kuliner khas Jakarta di Pecenongan, yang buka dari sore hingga pukul 02.00 WIB.

Terletak di Jalan Pecenongan Sawah Besar Anda bisa memilih kuliner yang cocok di lidah, mulai dari masakan Indonesia hingga negara lain dan makanan pedas hingga dessert super yummy. Harganya juga sangat bersahabat, dijamin ketagihan.

14. Kuliner BSM (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: nyolongkuota.blogspot.com

Berkonsep food court wisata kuliner lainnya di Jakarta Pusat ini, juga sangat ramai pengunjung.

Dibuka setiap hari dari pukul 09.00 WIB-22.00 WIB, Anda bisa menikmati kuliner khas Indonesia seperti soto, berbagai jenis nasi dan lauknya, hingga kue kering dan basah yang enaknya maksimal.

15. Museum Nasional RI (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: sejarahlengkap.com

Di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12 Gambir terdapat Museum, berisi peninggalan sejarah eksistensi Indonesia. Termasuk di dalamnya sejumlah pemberian pemimpin berbagai negara di masa lalu.

Museum ini termasuk Wisata Jakarta murah, cukup bayar tiket masuk berkisar Rp. 5.000/orang, Anda bisa menambah wawasan sejarah dengan lengkap disana.

16. Museum Kebangkitan Nasional (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: liputan6.com

Ada juga museum yang memperlihatkan jejak-jejak perjuangan pemuda Indonesia, dalam merebut kemerdekaan.

Anda bisa lebih paham bagaimana perjuangan mereka di masa itu, lewat berbagai bukti sejarah yang tersimpan rapi pada museum, yang terletak di Jalan Abdul Rachman Saleh Nomor 26.

17. Museum Joang 45 (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: sejarahlengkap.com

Untuk melihat bukti sejarah kemerdekaan Indonesia, Anda bisa datang ke museum yang alamatnya di Jalan Menteng Raya Nomor 31 Kebon Sirih ini.

Dari dokumentasi tulisan hingga foto otentik ada disana, ditambah lagi di museum yang buka Selasa hingga Minggu ini Anda bisa nonton berbagai video dokumenter di ruang bioskop khususnya.

18. Museum Tekstil (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: m.tribunnews.com

Suka dunia jahit menjahit? Tak salah jika datang ke museum tekstil yang sudah ada sejak 1976.

Berbagai alat pembuat kain yang sering dipakai masyarakat Indonesia ada disana, Anda juga dimanjakan oleh video dokumenter proses pembuatan kain tradisional dari zaman dulu. Tinggal datang ke Jalan Aipda KS Tubun antara hari Selama hingga minggu.

19. Monumen Nasional (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: bensradio.com

Siapa tak kenal Monas yang tingginya menjulang hingga 132 meter itu, sebagai ikon Kota Jakarta Anda wajib berkunjung kesana.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana, mulai dari olahraga hingga bersantai di sekitar area monumen yang terletak di Gambir ini. Untuk masuk ke area Monas Anda harus bayar Rp.20.000/orang.

20. Balai Kota Jakarta (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: republika.co.id

Kalau Anda mau lihat dari dekat tempat bertugas Gubernur DKI Jakarta, bisa mengunjungi Balai Kota Jakarta yang memang terbuka untuk umum di akhir pekan.


Wisata Jakarta yang sudah buka beberapa waktu lalu ini tak perlu tiket masuk, Anda bisa eksplorasi bangunan dan mengabadikan momen di spot-spot terbaiknya.

21. Gedung Kesenian Jakarta (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: backpackerjakarta.com

Para pecinta seni bisa memanfaatkan gedung ini sebagai tempat wisata bermanfaat, karena memiliki nilai sejarah tinggi dan banyak kegiatan seni yang bisa dilihat setiap hari.

Setiap pertunjukan biasanya memiliki harga tiket berbeda, yang pasti gedung yang terletak di Jalan Gedung Kesenian Nomor 1 Sawah Besar ini buka setiap hari.

22. Masjid Istiqlal (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: dream.co.id

Siapa tak kenal Masjid Istiqlal, yang dinobatkan sebagai masjid nasional kebanggaan Indonesia. Selain tempat ibadah, masjid yang buka setiap hari ini juga jadi objek wisata religi paling lengkap di Jakarta.

23. Gereja Katedral (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: travel.kompas.com

Wisata religi umat kristiani di Jakarta adalah gereja Katedral, yang sudah berdiri sejak awal abad ke-20 silam. Arsitekturnya yang mengadopsi gothic khas Eropa klasik, juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jadi orang yang beribadah di gereja ini, bisa sekaligus berwisata dan menikmati bukti sejarah kristen pada museum yang tersedia disana.

24. Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: anekatempatwisata.com

Dibangun di atas tanah seluas 150 hektar, TMII boleh disebut miniatur Indonesia, karena semua budaya daerah ada disini.

Rumah adat, atraksi seni, hingga tempat bermain yang fenomenal bukan sekedar mengisi waktu libur Anda bisa menambah banyak wawasan tentang nusantara.

Berlokasi di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00-22.00.

Anda cukup membayar tiket berkisar Rp.15.000/orang usia di atas tiga tahun, kemudian menikmati berbagai wahana yang tersedia. Untuk mencapai lokasi ini juga cukup mudah, bisa dari naik kereta, angkutan umum atau pribadi.

25. Snowbay Waterpark ( Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: travelspromo.com

Masih bertema air objek wisata Jakarta Timur ini punya tampilan beda, karena mengusung imajinasi gunung salju dengan sejumlah wahana unik.

Ada kolam ombak hingga seluncuran kembar, Anda bisa datang antara Senin hingga minggu kesini dan siapkan biaya tiket antara Rp.140.000 – Rp. 180.000 untuk satu orang.

26. Taman Legenda Keong Mas (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: jurnaland.com

Bertandang ke kawasan Jakarta Timur wajib mampir ke taman ini, jangan lupa bawa buah hati tercinta.

Banyak wahana edukasi dan imajinatif yang tersedia, seperti petualangan Dinosaurus, kolam renang, hingga bianglala. Untuk memasukinya Anda harus bayar Rp.20.000, tapi kalau mencoba wahana perlu bayar biaya tambahan.

27. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara (Jakarta Timur)
wisata jakarta

Tak ada yang lebih bermanfaat dari mengajarkan anak berbagai hal ke tempat yang tepat, tanpa membuatnya bosan.

Salah satunya adalah taman perkenalan aturan lalu lintas yang terletak di Bumi Perkemahan Cibubur ini, yang akan mengajarkan banyak hal tentang rambu lalu lintas hingga aturan berkendara.

28. Cibubur Garden Dairy (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: jejakpiknik.com

Siapa bilang Jakarta tidak punya kawasan bernuansa peternakan? Di Kompleks Peternakan DKI Pondok Ranggon Cipayung, ada tempat wisata yang bisa dimanfaatkan mengajarkan anak mengenal hewan ternak.

Termasuk belajar memberi makan, hingga memerah susu sapi. Dengan Rp.65.000/orang si kecil bisa main sepuasnya di sana.

29. Monumen Pancasila Sakti (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: rappler.com

Monumen yang satu ini bisa jadi objek wisata Jakarta Timur, yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Sekaligus mengenang kejadian mengerikan G 30 S/PKI, yang menewaskan tujuh pahlawan revolusi.

Terletak di Jalan Raya Pondok Gede Lubang Buaya Cipayung, Anda bisa datang antara Senin hingga Minggu.

30. Taman Wisata Lebah (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: aroengbinang.com

Di lokasi wisata ini Anda bisa melihat berbagai jenis lebah yang diternakkan, bahkan ikut dalam proses pengambilan madu dari sarang lebah madu. Mau beli madu asli? Anda tinggal pilih madu kapuk hingga super.

Datang saja ke Komplek Wiladatika Cibubur dan eksplorasi semua tentang lebah disana.

31. Museum Prangko Indonesia (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: jejakpiknik.com

Museum ini memamerkan prangko yang pernah ada di Indonesia dan dunia, letaknya di Komplek TMII Cipayung.

Bahkan jika beruntung bisa melihat langsung, cara membuat perangko. Tiket masuknya hanya Rp.2000/orang dan buka setiap hari, dari pukul 08.00-16.00.

32. Flight Experience (Jakarta Timur)
wisata jakarta
foto: traveloka.com

Terletak di Jalan Rawa Domba Duren Sawit, destinasi wisata edukasi yang satu ini akan memberikan banyak wawasan bagi anak-anak tentang dunia pesawat terbang.

Bahkan mereka diberi kesempatan untuk jadi pilot lengkap dengan pakaian yang super keren.

33. The Wave Pondok Indah Waterpark (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: travellumy.com

Bagi yang kangen ke pantai tapi belum kesampaian, ajak saja keluarga ke wahana yang ada di objek wisata kawasan Pondok Indah Mall ini.

Karena ada wahana selancar dengan ombak tiruan seperti pantai sungguhan, ada pula wahana aquaplay dan lzy water yang tak kalah seru. Mau kesana? Datang saja antara Senin hingga Minggu atau hari libur.

34. Kidzania (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: explorewisata.com

Ini adalah objek wisata yang akan membuat anak-anak ketagihan, karena banyak wahana edukasi menarik.

Dari bermain profesi, membuat makanan, atau racing menggunakan go kart. Lokasinya di Pacific Place lantai 6 Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Selatan, tiket masuknya berdasarkan umur mulai dari Rp.50.000 saja.

35. Playparq Bintaro (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: liburananak.com

Sangat cocok untuk menguji adrenalin buah hati Anda, karena objek wisata Jakarta Selatan ini memiliki berbagai olahraga ekstrim aman untuk anak-anak.

Mulai dari wall climbing, bungee trampoline, flying fox, hingga wall climbing, dijamin buah hati akan sangat suka petualangan berbagai wahana yang buka dari pukul 10.00 WIB-18.00 WIB itu.

Soal tiket masih relatif murah, kalau Anda datang ke lokasi di Jalan Bintaro Taman Barat Kavling 10 ini hari Rabu biasanya harga tiket Rp.35.000.

Sedangkan Kamis sampai Jumat harganya Rp.60.000/orang, dan weekend atau hari libur Rp.100.000/orang.

36. Pandora Experience Escape Adventure (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: liputan6.com

Bermain di kotak Pandora sangat seru, karena Anda diberi waktu 120 menit untuk mencari jalan keluar dari kotak tersebut.

Objek wisata ini sangat populer di Jakarta Selatan, tepatnya di Ruko Puri Britania Blok T7 Nomor 7. Harganya tiket murah meriah hanya Rp.90.000/orang, Anda bisa main sepuasnya hingga pukul 21.00 WIB.

37. The Escape Hunt Experience ( Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: reddoorz.com

Mau yang lebih seru untuk menguji kemampuan Anda memecahkan misteri, datang saja ke destinasi ini.

Ada lima tema misteri yang bisa dipilih untuk Anda pecahkan, diantaranya kidnapping in the study room dan ransom at Borobudur. Mau coba? Datang saja ke Jalan Kemang Raya Nomor 15 Mampang, bawa teman sebanyak-banyaknya. 

38. Freedom Library (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: goodnewsfromindonesia.id

Lain lagi objek wisata Jakarta Selatan yang satu ini, bagi pecinta buku dan membaca sepertinya ini akan jadi surga mereka.

Karena bisa membaca berbagai judul buku di perpustakaannya, dengan berbagai view menenangkan. Ada sofa santai dan taman hijau, Anda bisa datang ke Wisma Bakrie Jalan HR. Rasuna Said Kavling B-1 Menteng.

39. Cutie Cats Café (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: pegipegi.com

Bagi pecinta kucing yang melancong ke Jakarta, wajib coba menu yang ada di café ini. Tapi yang lebih menyenangkan adalah Anda bisa bermain langsung, dengan berbagai jenis kucing yang dibiarkan berkeliaran bebas di area café.

Letaknya di Jalan Kemang I nomor 12-29 Bangka, Anda bisa datang setiap hari maksimal jam 21.00 WIB ya!

40. Taman Langsat (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: tempatwisataseru.com

Taman ini banyak dimanfaatkan warga Jakarta Selatan, untuk olahraga ringan di pagi dan sore hari. Karena kawasannya yang rimbun, nyaman, dan banyak fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan.

Terletak di Jalan Langsat Nomor 1 Kebayoran Baru, taman ini juga menjadi tempat pameran hewan dan tumbuhan dan cocok untuk sarana edukasi anak.

41. Taman Ayodya (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: dolanyok.com

Capek belanja di Blok M? Saatnya istirahat di Taman Ayodya yang terletak di Jalan Mahakam Kebayoran Baru, di taman ini Anda bisa santai sambil melihat danau buatan yang indah.

Jika lapar tinggal beli jajanan tradisional yang berjejer di sepanjang taman, Anda tak perlu bayar tiket masuk manfaatkan saja keindahannya selama yang Anda mau.

42. Taman Hutan Tebet (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: id.wikipedia.org

Taman yang satu ini sangat lengkap fasilitas olahraganya, dari lapangan futsal, bulu tangkis, reflexology hingga arena jogging.

Makanya banyak orang Jakarta yang datang kesana, untuk menghabiskan waktu istirahat sambil olahraga. Biasanya  tempat wisata Jakarta Selatan ini ramai di akhir pekan atau hari libur, Anda mau kesana?

43. Taman Tabebuya (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: dolanyok.com

Beda dari taman lain di Jakarta, keunikan Taman Tabebuya terletak pada tanaman tabebuia yang menghiasi sepanjang kawasan.

Ditambah pula pemandangan danau buatan yang indah, menjadikan waktu istirahat dan bersantai Anda disana jadi lebih berkesan. Tinggal datang ke Jalan Moh. Kahfi nomor 1 Ciganjur Jagakarsa kapanpun Anda mau.

44. Taman Anggrek Indonesia Permai (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: travelingyuk.com

Bagi Anda pecinta Anggrek bisa berkunjung ke taman, yang berlokasi di Jalan Pinang ranti 2 Nomor 78 Makasar.

Banyak jenis anggrek yang dibudidayakan di sana, jadi dipastikan puas melihat keindahan Anggrek warna warni. Anda bisa datang antara hari Senin hingga Jumat maksimal pukul 17.00 WIB, dijamin liburan jadi berkesan.

45. Taman Pendidikan Pinisi (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: jakarta.panduanwisata.id

Di Jalan Sultan Hasanuddin Melawai Kebayoran Baru, Anda bisa menemukan taman edukasi anak yang super lengkap. Mau mengajarkan budaya, sains, atau seni tinggal manfaatkan wahana yang ada disana.

Dengan harga tiket Rp.115.000/orang, Anda juga bisa memperkenalkan rasi bintang yang indah pada wahana planetariumnya.

46. Bricks4Kidz (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: merahputih.com

Mau mengasah kreativitas anak bermain lego? Saatnya mencoba berbagai wahana edukasi di tempat wisata Jakarta Selatan ini, bahkan tersedia kelas belajar untuk anak pra sekolah di masa liburan.

Anda bisa datang hari Senin hingga minggu maksimal pukul 18.00 WIB, dan biarkan buah hati Anda mengeksplorasi kepintarannya menyusun lego.

47. Kebun Binatang Ragunan (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: ayojakarta.com

Terletak di kawasan seluas 147 hektar, kebun binatang di Jalan Harsono Nomor 1 Ragunan ini memiliki koleksi mencapai 2.000 hewan dari ratusan spesies.

Anda bisa puas melihat semua hewan hanya dengan tiket masuk sekitar Rp.4.000/orang saja. Disana juga terdapat beberapa wahana tambahan yang tak kalah menggelitik untuk dicoba.

48. Setu Babakan (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: nativeindonesia.com

Objek wisata Jakarta Selatan ini memberikan nuansa lain liburan Anda, karena semua tentang suku Betawi ada disini.

Anda bisa menambah wawasan tentang pakaian adat, kesenian hingga ciri khas suku asli orang Jakarta tersebut. Alamatnya di Srengseng Sawah Jagakarsa, dan bisa dikunjungi tiap hari tanpa tiket masuk sepeserpun.

49. Pasar Taman Puring (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: tempatwisataseru.com

Jakarta Selatan juga punya pasar dengan harga barang murah meriah, namanya Taman Puring. Anda bisa berbelanja baju dan perlengkapan fashion kekinian, dengan harga miring.

Bahkan jika jeli membeli, bisa dapat produk luar negeri dengan harga lokal, datang saja ke Jalan Kyai Maja Kebayoran Baru antara hari Senin hingga Minggu.

50. Pasar Santa (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: kadekarini.com

Kalau Anda mau nongkrong dengan teman-teman sambil ngopi di sore hari, bisa menjadikan Pasar Santa yang terletak di Jalan Cisanggiri 2 Kebayoran Baru sebagai pilihan.

Banyak café berjejer dengan berbagai menu khas Jakarta hingga dunia dengan harga nyaman di kantong, Anda cukup atur pertemuan maksimal jam 22.00 WIB.

51. Museum Satria Mandala (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: liburananak.com

Perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) patut diapresiasi, Anda bisa melihat bagaimana upaya mereka dari dulu hingga sekarang dalam menjaga Indonesia.

Museum yang terletak di Jalan Gatot Subroto Nomor 16 Kuningan Barat ini, jadi saksi perjuangan tersebut, Anda bisa lihat berbagai bukti sejarah TNI disana.

52. Museum Layang-layang (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: jakarta.panduanwisata.id

Anak kekinian mungkin tak kenal layang-layang. Tapi kalau datang ke museum yang terletak di Jalan Haji Kamang Nomor 38 Pondok Labu ini, wawasan tentang mainan tradisional itu akan bertambah.

Ada 600 layang-layang dari berbagai negara, yang bisa dilihat langsung. Penasaran? Datang saja hari Senin-Minggu sebelum jam 16.00 WIB.

53. Artha Gading Bowling Centre
wisata jakarta
foto: tripadvisor.com

Buat Anda para pecinta olahraga bowling, saatnya untuk mencoba keseruannya di arena bowling Mall Artha Gading Lantai 6 ini.

Cukup dengan tiket masuk sekitar Rp.50.000 an, Anda bisa mengasah kemampuan bermain bowling 10 kali lemparan.

54. Dunia Fantasi (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: balebengong.id

Ini adalah tempat wisata Jakarta yang paling lengkap untuk keluarga, karena banyak tema wahana yang tersedia.

Ada wahana permainan, edukasi, hingga wahana ekstrim Terletak di Jalan Lodan Timur Nomor 7 Pademangan Jakarta utara, objek wisata ini buka Senin hingga jumat antara pukul 10.00-19.00, dengan tiket mulai Rp.190.000/orang

55. Seaworld Ancol (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: tiket.com

Mau melihat kehidupan bawah laut dari dekat tanpa harus berenang? Anda bisa datang ke destinasi wisata yang buka tiap hari dengan tiket antara Rp.85.000 hingga Rp.105.000 ini.

Disana bisa dilihat ratusan spesies ikan berenang alami di habitatnya, bahkan ada feeding show yang memperlihatkan penyelam hebat memberi makan hewan laut.

56. Atlantis Water Adventure ( Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: ancol.com

Kalau Anda mau uji adrenalin dengan meluncur dari ketinggian 22,8 meter menuju air, bisa mencoba datang ke destinasi wisata yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol ini.

Masih banyak wahana air seru lain, siapkan saja uang tiketnya sekitar Rp.95.000/orang untuk hari biasa dan Rp.130.000/orang untuk weekend dan hari libur.

57. Ocean Dream Samudra (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: m.ayojakarta.com

Masih di kompleks yang sama dengan Atlantis Water Adventure, Anda juga bisa melihat beberapa atraksi hewan laut yang unik dan menggemaskan. Mulai dari anjing laut hingga lumba-lumba.

Juga ada cinema empat dimensi dengan special effect menakjubkan, seolah Anda berada di bawah laut dan sedang berpetualang. Dijamin seru!

58. WaterBoom (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: tripjalanjalan.com

Dengan tema outdoor urban cool beberapa wahana ekstrimnya, mampu membuat ketagihan. Ada yang namanya twizter yang merupakan seluncuran dengan bentuk mangkuk raksasa, kemudian seluncuran dengan banyak jenis lintasan.

Jika ingin mengarungi sungai, juga bisa memilih wild river atau the lagoon .

Penasaran? Tinggal datang saja ke Jalan Pantai Indah Barat nomor 1 Penjaringan Jakarta Utara, dan bayar tiket masuknya antara Rp.120.000 hingga Rp.220.000. Anda bisa menikmati semua wahana sepuasnya bersama keluarga.

59. Ocean Ecopark (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: tripadvisor.com

Satu lagi tempat wisata yang mengedepankan edukasi untuk anak-anak, di Komplek Taman Impian Jaya Ancol Pademangan Jakarta Utara. 

Tiket masuk gratis setiap hari, hanya saja Anda perlu bayar jika ingin mencoba berbagai wahana yang ada disana. Ada rumah energi, belajar memanah, outbond, dan berlayar di sungai menggunakan kano.

60. Epic Cable Park (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: nasionalisrakyatmerdeka.wordpress.com

Mau uji keberanian main air menggunakan skateboard? Datang saja ke Epic Cable Park, karena Anda bisa mencoba wahana wakeboarding yang sedang viral itu.

Objek wisata ini terdapat di Jalan Lodan Pademangan dengan tiket masuk antara Rp.180.000 hingga Rp.500.000, dan buka setiap hari sampai pukul 18.00 WIB.


61. Kampung Luar Batang (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: bujangmasjid.blogspot.com

Wisata religi yang satu ini cukup terkenal di Jakarta, Anda bisa menikmati arsitektur Masjid Luar Batang yang populer di kawasan Jakarta Utara.

Banyak juga wisatawan yang datang untuk berziarah ke makam beberapa orang penting, dalam kemajuan Islam yang dimakamkan di komplek masjid.


62. Bounce Street Asia (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: hargatiket.net

Destinasi yang terletak di Jalan Sentra Bisnis Artha Gading Blok D Kavling 8 ini, cocok untuk Anda yang mau relaksasi dengan main trampolin. Disana terdapat wahana freedom jump yang keren, dan berbagai wahana lainnya.

Siapkan saja uang tiket masuk Rp.110.000 sampai Rp.135.000/orang, bawa teman-teman untuk adu lompatan tertinggi.


63. Totem Room Escape (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: tripadvisor.com

Gathering kantor atau keluarga besar sangat cocok untuk mencoba wahana wisata di Pantai Indah Kapuk Kamal Muara ini.

Anda akan ditempatkan di dalam ruangan tertutup bersama tujuh orang lainnya, temukan puzzle dan carilah jalan keluar sesuai petunjuk yang diberikan. Soal harga tiket mulai Rp.260.000/orang tergantung jumlah tim Anda.


64. Pantai Ancol (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: mytrip123.com

Berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, jangan lupa mampir di pantai ini. Sunset di sore hari bisa jadi pemandangan menakjubkan bagi Anda, usai mencoba wahana yang ada disana.

Selain itu wisata kuliner di kawasan pantai juga akan sangat mengenyangkan. Soal jam buka, Anda bisa datang kapan saja dengan tiket masuk Rp.25.000/orang saja.


65. Kepulauan Seribu (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: goodnewsfromindonesia.id

Di kepulauan ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas air yang menyenangkan, pantai yang masih bersih jadi daya tarik tersendiri untuk menghabiskan waktu liburan.

Untuk mencapai lokasi di Teluk Jakarta ini Anda bisa menggunakan kapal laut, dengan harga tiket Rp.15.000/orang.


66. Pulau Semak Daun (Kepulauan Seribu Utara)
wisata jakarta
foto: wiyata-island.com

Terkenal sebagai pulau perairan dangkal, Semak Daun banyak didatangi orang yang mau berkemah di bibir pantainya.

Tapi beberapa kegiatan lain yang bisa dicoba, mulai dari  diving hingga melihat penangkaran sejumlah hewan laut terutama hiu dan penyu. Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa reservasi keberangkatan di pelabuhan Muara Angke.


67. Pulau Tidung (Kepulauan Seribu Selatan)
wisata jakarta
foto: seribuharapan.com

Merupakan salah satu pulau di gugusan Pulau Seribu yang paling ramai pengunjungnya, karena berada paling dekat dengan pusat Kota Jakarta Utara.

Beberapa olahraga air juga bisa dilakukan, plus mengitari lautan menggunakan kano yang bisa disewa dengan harga murah.


68. Pulau Bidadari (Kepulauan Seribu)
wisata jakarta
foto: pulauseributraveling.com

Mirip dengan kawasan cottage terapung di Bali atau Pangandaran, Pulau Bidadari juga menyediakan hal serupa. Anda bisa berkunjung pagi hari antara pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB, dan menginap dengan pemandangan sekeliling pulau yang menakjubkan.

Cocok untuk momen liburan keluarga atau honeymoon di ibukota.


69. Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu)
wisata jakarta
foto: pulau-seribu.com

Mau Snorkeling di pusat kota? tinggal datang ke Pulau Pramuka saja, karena Anda bisa melihat barisan terumbu karang yang indah tak kalah dengan pulau lain di Indonesia.

Untuk mencapai pulau ini Anda bisa pakai beberapa pilihan kapal, seperti kapal Feri, KM Kerapu, atau kapal tradisional dengan harga tiket berkisar Rp.40.000/orang.


70. Pulau Sepa (Kepulauan Seribu)
wisata jakarta
foto: nusatour.co.id

Ini salah satu pulau yang terkenal cukup mewah di gugusan Kepulauan Seribu, karena selain menikmati keindahan pulau Anda juga bisa menginap di resort dan gazebo yang tersedia.

Juga tersedia wahana olahraga air hingga permainan anak, jadi mau berwisata Jakarta sendiri atau bersama keluarga akan sama-sama menyenangkan.


71. Pulau Onrust (Kepulauan Seribu)
wisata jakarta
foto: kataomed.com

Berdekatan dengan Pulau Kelor Anda bisa langsung mampir ke pulau ini, pesonanya tak kalah menawan apalagi di pagi dan sore hari.

Anda juga bisa melihat beberapa bukti sejarah seperti museum peninggalan Belanda dan benteng di kawasan bibir pantai, yang dulu berfungsi sebagai pelabuhan.


72. Pulau Kelor (Kepulauan Seribu)
wisata jakarta
foto: idntimes.com

Wisata pulau sekaligus sejarah bisa Anda nikmati di pulau ini, karena pemandangan indahnya dibalut beberapa penampakan sisa kolonialisme di Indonesia.

Seperti benteng VOC di salah satu sudut pulau, Anda bisa menggunakan kapal laut untuk bisa mencapai pulau ini dengan harga tiket Rp.100.000/orang.


73. Pulau Pari (Kepulauan Seribu Selatan)
wisata jakarta
foto: explorewisata.com

Bentuk pulau ini yang menyerupai ikan pari, menjadikan nama pari makin melekat. Ditambah pula kejernihan airnya yang masih terjaga, sehingga melakukan aktivitas bawah laut jadi sangat puas.

Mau kesana? Anda bisa pakai kapal tradisional dari Pelabuhan Kaliadem, hari Senin sampai Jumat pada pukul 07.00 WIB.


74. Pantai Pelabuhan Marina (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: pantainesia.com

Anda yang mau bersantai di pantai sambil menikmati aneka makanan berbahan seafood, tinggal datang ke pantai ini. Tiket masuknya sangat murah hanya Rp.25.000/orang, dan Anda jadi bisa berada disana sepuasnya.

Biasanya lokasi ini ramai di hari libur atau akhir pekan, terutama oleh penduduk Jakarta yang punya waktu libur terbatas.


75. Kawasan Kota Tua ( Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: hipwee.com

Salah satu bukti sejarah kolonial Belanda di Jakarta ada di kawasan kota tua, disana masih dilestarikan berbagai bangunan zaman Belanda yang kini beralih fungsi jadi tempat penting bagi pemerintah setempat.

Ada juga tur wisata sejarah yang bisa Anda pilih saat berkunjung kesana, dijamin semua gratis!


76. Pantai Marunda (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: jejakpiknik.com

Dibanding Pantai Ancol, destinasi wisata yang satu ini masih terbilang sepi, jadi cocok untuk Anda yang mau wisata pantai yang tenang. Anda bisa menikmati pemandangan pantai seharian, lalu sewa kapal nelayan untuk menelusuri kawasan pantai hingga tengah laut.

Lokasinya berada di Gang VII Marunda Cilincing, yang bisa dikunjungi kapan saja.


77. Taman Angke Kapuk (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: jakartamangrove.id

Taman bakau di Jalan Garden House Kamal Muara Penjaringan ini, merupakan salah satu objek  wisata Jakarta Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Karena selain melihat langsung bibit bakau, bersepeda di kawasan taman juga sangat menarik untuk dicoba. Apalagi tiket masuknya sangat murah dan buka setiap hari!


78. Pasar Tanah Abang (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: roe99.weebly.com

Sebagai salah satu ikon belanja di Jakarta, pasar Tanah Abang wajib masuk daftar lokasi dikunjungi saat berada di ibukota. Semua jenis barang kebutuhan ada disini, tentunya dengan harga super murah.

Letaknya di Jalan KH Mas Mansyur Kelurahan Kampung Bali, disarankan untuk datang pagi agar tidak harus berdesakan dengan pengunjung lain.


79. Rumah Si Pitung (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: megapolitan.kompas.com

Kalau Anda pernah melihat film Si Pitung yang terkenal di era 1980an silam, pastinya penasaran seperti apa kehidupan legenda Betawi tersebut.

Untuk mengobati kangen bisa datang ke Jalan Kampung Marunda Pulo Cilincing, disana terdapat rumah yang sangat identik dengan Si Pitung begitu juga sejumlah ikon sang pendekar yang ada di dalamnya.


80. Alive Museum Ancol (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: wisataterdekat.com

Museum yang ada di Lantai 3 Ancol beach city mall ini, bisa jadi salah satu tempat favorit Anda yang ingin berfoto dengan patung lini artis dunia. Selain itu berbagai karya seni juga ditampilkan, dalam galeri yang buka setiap hari hingga pukul 19.00 WIB ini.

Untuk menikmati isi museum, Anda harus bayar tiket masuk sekitar Rp.100.000/orang.


81. Kelenteng Jin De Yuan (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: heikaku.com

Merupakan kelenteng paling tua di Jakarta, didirikan abad ke-17 tahun 1650. Anda bisa melihat langsung dekorasi khas Tionghoa yang didominasi warna merah.

Orang banyak datang ke Jalan Kemenangan 3 Petak Sembilan Nomor 19 Glodok ini, untuk mencari spot fotografi unik terlepas dari beribadah dan melihat sejarah Tionghoa di Indonesia.


82. Kawasan Pecinan Glodok (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: id-blog.zenrooms.com

Jakarta juga punya Kampung Cina yang terkenal namanya Pecinan Glodok, disana Anda akan menemukan banyak toko elektronik dan restoran dengan menu khas masing-masing.

Kawasan di Jalan Kemenangan Nomor 40 Glodok Taman sari ini, Anda juga bisa melihat bangunan khas Cina seperti Vihara dan Kelenteng.


83. Sky Rink (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: skate74.wixsite.com

Merupakan wahana ice skating yang paling luas di Asia, jadi Anda tak perlu libur ke luar negeri untuk menikmati salju dan berselancar.

Tinggal kunjungi Sky Rink  yang terletak di Mall Taman Anggrek lantai 3, Anda bisa mengasah kemampuan menaklukkan wahana es raksasa dengan biaya cukup murah hanya berkisar Rp.90.000/orang saja.


84. Taman Cattleya (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: nativeindonesia.com

Untuk Anda yang ingin mengajak keluarga jalan pagi gratis, dengan disuguhi taman bunga dan pepohonan rindang, bisa datang ke kawasan Wisata Jakarta new normal Slipi Palmerah.

Karena di taman dengan luas tiga hektar ini banyak aktivitas keluarga yang bisa dilakukan, mulai dari olahraga sampai piknik.


85. Taman Kalijodo (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: liputan6.com

Di Jalan Kepanduan II Angke Tambora terdapat sebuah taman terbuka hijau yang baru buka tahun 2017 silam. Fasilitas di taman ini cukup lengkap, mulai dari skatepark, hingga arena jogging.

Jadi kalau mau refreshing sambil olahraga di kawasan Jakarta Barat, bisa memanfaatkan taman Kalijodo yang akses masuknya gratis setiap hari.


86. Hutan Kota Srengseng (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: liputan6.com

Ternyata Jakarta masih punya hutan tengah kota yang asri, terletak di Jalan Haji Kelik  Srengseng Anda akan melihat rimbunnya pepohonan yang katanya mencapai 4000 batang.

Lengkap dengan 63 varietas tanaman yang sengaja dibudidayakan disana, cocok untuk wisata keluarga karena ada area sepeda dan bermain anak.


87. Central Park Jakarta (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: centralparkjakarta.com

Di Jakarta Barat ada lokasi shopping lengkap namanya Central Park Jakarta, disebut juga extraordinary shopping icon di Asia.

Karena di kawasan tersebut selain berbelanja ada pertunjukan air mancur bermusik, di taman shopping center tersebut. Jika ingin menginap juga ada hotel di sekitar lokasi, sehingga belanja dan istirahat lebih maksimal.


88. Masjid Kebon Jeruk ( Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: kontraktorkubahmasjid.com

Keunikan masjid ini terletak dari bangunanny,a yang memadukan arsitektur Tionghoa dan  Timur Tengah. Sebagai salah satu masjid tertua di Jakarta yang dibangun tahun 1786, banyak orang ingin melihat langsung keindahan interiornya.

Kalau Anda mau mampir silahkan datang ke Jalan Hayam Wuruk Nomor 85, Kelurahan Maphar Taman Sari.


89. Magic Art 3D Museum Jakarta (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: travel.detik.com

Mau berfoto dengan hasil tiga dimensi? Anda bisa datang ke Jalan Kali Besar Timur Pinangsia Taman Sari.

Ada sekitar 100 spot foto yang bisa Anda coba, masing-masing dibagi atas beberapa zona seperti satwa, petualangan hingga horor. Biaya masuknya berkisar Rp.60.000-Rp.80.000.


90. Museum Wayang (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: museumjakarta.com

Di museum ini Anda bisa melihat banyak koleksi wayang, dari berbagai daerah di dalam dan luar negeri.

Mulai dari wayang kulit, wayang golek, hingga boneka. Anda juga bisa ikut kursus membuat wayang di museum yang terletak pada Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27 Pinangsia tersebut.


91. Museum Bank Indonesia (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: bi.go.id

Terletak di Jalan Pintu Besar Nomor 3 Kawasan Kota Tua, Anda bisa melihat koleksi mata uang yang pernah berlaku di Indonesia dari dulu hingga sekarang lengkap dengan sejumlah diorama tokoh sejarah.


92. Jembatan Kota Intan (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: jejakpiknik.com

Dulunya kawasan wisata Jakarta Barat di Pinangsia ini dijadikan penghubung warga yang mau ke Kali Besar, tapi sekarang sudah disulap sebagai objek wisata sejarah yang sangat menarik.

Dengan ukuran panjang mencapai 30 meter dan lebarnya 4,3 meter, banyak yang memanfaatkannya sebagai lokasi fotografi kaya arti.


93. Toko Merah (Jakarta Barat)
wisata jakarta
foto: kumparan.com

Anda juga bisa mampir ke situs peninggalan Belanda, yang pernah jadi rumah Gubernur Batavia Gustaaf Willem Baron van Imhoff.

Diberi nama Toko Merah karena ornamen bangunan yang terletak di Jalan Kali Besar Barat Nomor 11 Tambora ini berwarna merah bergaya baroque. Tiket masuknya hanya Rp.10.000/orang, dan bisa dikunjungi tiap hari.


94. Soto Betawi Haji Ma’ruf (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: tasteatlas.com

Bicara soal wisata kuliner, Jakarta juga menyimpan sejumlah kuliner tradisional yang siap menggugah selera Anda.

Ada Soto Betawi yang khas dengan kuah santannya, salah satu yang paling terkenal terletak di Jalan Cikini Raya Nomor 73 Jakarta Pusat. Untuk satu porsinya dihargai Rp.44.000 dan pastinya sangat enak.


95. Bakmi Gang Kelinci (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: travel.kompas.com

Buat Anda yang suka bakmi, wajib mampir ke Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3 Jakarta pusat.

Disana ada bakmi yang perpaduan rasanya sempurna di lidah, dari gurihnya bumbu hingga manis yang pas. Satu porsi bakmi ini bisa Anda cicipi dengan harga Rp.24.000 saja.


96. Jimbaran Outdoor Lounge
wisata jakarta
foto: jakarta.panduanwisata.id

Buat yang belum sempat ke Bali tapi mau berada di lokasi bernuansa pulau Dewata, bisa mampir ke resto di Jalan Jenderal Sudirman Kav-10-11 Karet Tengsin ini.

Siapkan anggaran maksimal Rp.200.000/orang untuk mencicipi berbagai menu andalan yang rasanya super yummy. Nuansa outdoor di taman atau sungai buatan akan membuat Anda betah berlama-lama disana.


97. Sate Maranggi Ibu Yayah (Jakarta Selatan)
wisata jakarta
foto: gembeltraveller.com

Pecinta sate harus mencoba salah satu sate fenomenal sebagai kuliner saat berwisata Jakarta. Ada pilihan sate ayam, sapi, atau kambing yang dibakar dan diberi kuah kecap lengkap dengan sambal khususnya.

Soal harga Anda cukup bayar Rp.32.000/porsi dan bisa datang Jalan Mustika Jaya Duren Tiga tiap hari sebelum pukul 22.00 WIB


98. Kerak Telor (Jakarta Pusat)
wisata jakarta
foto: id.wikipedia.org

Saat ini sangat sulit menikmati kerak telor yang jadi ikon kuliner Jakarta. Kalau beruntung ketika ada acara di kawasan Monas atau tempat umum lain, maka penjual kerak telor bisa ditemukan.

Terbuat dari beras yang dimasak kering dengan telur dan bumbu kelapa ini, punya rasa unik. Harganya juga murah berkisar Rp.5.000/porsi saja.

99.  Asinan Betawi Nyonya Isye (Jakarta Utara)
wisata jakarta
foto: zomato.com

Asinan Betawi memang terkenal dengan citarasa segar, perpaduan sayuran, tahu, dan kerupuk yang diberi kuah berbumbu khusus serta taburan kacang.

Jika Anda ingin  menikmati asinan ini dengan harga terjangkau, langsung saja datang ke Jalan Kamboja Nomor 12.


100. Kue Pancong dan Kue Ape
wisata jakarta
foto: kabarsidia.com

Selain wisata ke berbagai lokasi unik di Jakarta, Anda juga perlu wisata kuliner makanan tradisional khas Jakarta ini. Tinggal datang ke berbagai pasar tradisional untuk mendapatkannya, atau di daerah wisata yang ramai dikunjungi warga.

Kue berbahan tepung dan telur ini sangat enak dan cocok dijadikan cemilan sore.


101. Es Ragusa Italia
wisata jakarta
foto: ultimagz.com

Beralamat di Jalan Veteran 1 Nomor 10 Gambir, Anda bisa menikmati es legendaris Jakarta yang sudah ada sejak tahun 1938. Berbagai jenis es krim khas Italia ada disini dengan harga sangat terjangkau. Mau coba?