Inilah 20 Rekomendasi Makanan Khas Thailand yang Patut Dicoba

Inilah 20 Rekomendasi Makanan Khas Thailand yang Patut Dicoba image

Setiap negara memiliki beragam makanan khas yang lezat salah satunya ialah makanan khas Thailand.

Tidak hanya terkenal akan tempat wisatanya, Thailand juga memiliki banyak makanan khas yang enak dan patut Anda coba.

Karena hal tersebut tak heran jika banyak wisatawan yang senang berkunjung ke Thailand guna mencicipi kuliner khas negara gajah putih tersebut.

Mulai dari yang pedas, manis maupun asam bisa Anda rasakan di kuliner khas Thailand. Penasaran seperti apa? Berikut ini ada beberapa makanan khas negara gajah putih yang banyak digemari.

Lezat dan Unik, Inilah Makanan Khas Thailand yang Wajib Dicoba

Selain menikmati kuliner negara sendiri, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner negara tetangga.

Thailand termasuk salah satu negara yang memiliki banyak makanan khas yang enak. Ada beragam makanan khas negara Thailand yang bisa Anda coba. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Phad Thai

makanan khas thailand

foto: hot-thai-kitchen.com

Makanan khas yang pertama ada phad thai. Phad thai sendiri merupakan salah satu makanan thailand yang terkenal.

Phad thai adalah sajian kuliner berupa mie gepeng atau biasa Anda kenal dengan kwetiau yang khas dari Thailand.

Mie tersebut terbuat dari beras, asam, cabai, saus ikan, tauge dan gula. Kwetiau ini biasanya disajikan dengan daging sapi, ayam, udang dan tahu.

Jika Anda merupakan pecinta mie maka makanan ini bisa Anda coba. Phad thai sendiri sangat populer dan mudah sekali dijumpai baik di restoran maupun pedagang kaki lima.

2. Tom Yum

makanan khas thailand

foto: thespruceeats.com

Kedua ada makanan khas bernama Tom yum. Tom yum adalah makanan berkuah yang berisi dengan berbagai seafood dengan rasa yang pedas.

Dengan kuah yang pedas dan asam membuat makanan ini digemari oleh banyak orang. Ada beberapa tempat makan yang menyajikan tom yam dengan ikan, udang atau jenis seafood yang berbeda tergantung pilihan Anda.

Untuk bumbu tom yum sendiri biasanya terbuat dari daun jeruk, cabai, serai, bawang dan jeruk nipis yang membuat kuahnya terasa sedap.

Anda juga bisa menjumpai makanan ini di beberapa tempat makan di Indonesia.

3. Som Tum

makanan khas thailand

foto: importfood.com

Selanjutnya ada masakan sayur Thailand yaitu som tum.

Som tum adalah salad dari pepaya yang dicampur dengan bumbu seperti bawang, garam, gula, cabai, kacang, tomat dan saus ikan. Selain itu, biasanya som tum juga dihidangkan dengan seafood.

Makanan ini merupakan makanan sehat yang bisa Anda coba untuk mengganti makanan berat Anda. Dengan rasanya yang asam dan manis sangat cocok untuk Anda nikmati di siang hari.

4. Nasi Goreng Khao Phad

makanan khas thailand

foto: food.detik.com

Untuk makanan selanjutnya yaitu ada khao pad.

Khao pad adalah nasi goreng khas negeri Thailand yang terbuat dari nasi, garam, telur, bawang, kecap, gula, saus ikan dan dihidangkan dengan potongan daging, udang dan sayuran seperti timun, tomat, paprika dan jeruk.

Sedikit berbeda dengan nasi goreng khas Indonesia yang biasanya disajikan dengan toping yang lebih sederhana.

Jika Anda merupakan pecinta nasi goreng bisa sesekali mencoba salah satu makanan pokok Thailand tersebut. Nasi ini biasanya tidak berasa pedas dan mudah ditemukan di berbagai tempat makan di Thailand.

5. Gaeng Daeng

makanan khas thailand

foto: in-culinary.blogspot.com

Selanjutnya ada gaeng daeng yang merupakan makanan berupa kari ayam yang memiliki rasa kuah gurih yang terbuat dari berbagai rempah.

Gaeng daeng terdiri dari potongan daging sapi atau ayam dengan potongan nanas dengan bumbu seperti gula, pasta kari, udang, cabai, santan dan saus ikan. Kari ayam merah ini akan sangat lezat dinikmati ketika masih hangat.

6. Khanom Chin Nam Ya

makanan khas thailand

foto: cooktube.in

Selanjutnya ada khanom chin nam ya yang merupakan hidangan khas Thailand berupa mie putih yang disajikan dengan kari ikan pedas.

Makanan dengan nama yang cukup panjang ini memang tidak sepopuler makanan khas yang lain namun perpaduan antara mie putih dengan kari ikan yang pedas dan gurih patut untuk Anda coba.

Selain rasanya yang enak ternyata makanan ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp30.000 per porsinya.

7. Khao Tom

makanan khas thailand

foto: seriouseats.com

Selanjutnya ada bubur yang terbuat dari nasi dengan campuran bumbu dan potongan daging seperti ayam atau daging babi maupun seafood.

Bubur nasi ini sering dikonsumsi orang Thailand untuk sarapan dan mereka juga biasa mengonsumsi ini ketika sakit atau untuk menghangatkan tubuh.

Namun Anda harus hati hati ketika memesan karena khao tom sendiri dibagi menjadi dua, yaitu khao tom goong yang dicampur dengan udang dan khao tom moo yang dicampur dengan daging babi.

8. Minuman Cha Yen

makanan khas thailand

foto: cooking.nytimes.com

Selanjutnya ada minuman khas dari Thailand yang sudah sangat populer yaitu cha yen atau lebih dikenal dengan thai tea. Minuman ini terbuat dari teh yang dicampur dengan biji asam, susu dan es batu.

Minuman ini sangat cocok untuk menemani makanan Anda ataupun untuk penyegar dahaga di siang hari.

Di Indonesia sendiri minuman ini sudah terkenal dan Anda bisa mencobanya di beberapa tempat kuliner terdekat Anda.

Namun jika Anda berwisata di Thailand jangan lupa untuk mencicipi thai tea asli Thailand yang pastinya memiliki rasa yang lebih enak.

9. Gai Yang

makanan khas thailand

foto: seriouseats.com

Untuk Anda yang suka kuliner ayam maka makanan ini adalah makanan yang perlu Anda coba.

Gai yang adalah makanan khas berupa ayam bakar utuh dimana Anda tidak bisa memesan beberapa bagiannya saja. Sebelumnya, ayam ini akan diolesi bumbu bumbu sebelum akhirnya dibakar.

Begitu selesai dibakar, ayam ini akan dihidangkan dengan dipotong potong.

Rasanya yang lezat dan porsinya yang besar bisa Anda nikmati bersama baik dengan teman maupun keluarga Anda. Gai yang sendiri biasanya dijumpai di daerah Chiang Mai, Thailand.

10. Khao Soi

makanan khas thailand

foto: herbivoracious.com

Kembali dengan hidangan kuliner berupa mie yaitu khao soi.

Khao soi adalah makanan khas berupa mie beras kuning dengan kuah santan dan diberi campuran seperti acar, bawang, jeruk nipis, cabai dan potongan daging seperti ayam atau babi yang bisa Anda pilih.

Kuah santannya sendiri tidak sekental kari namun rasanya sangat gurih dan cocok dengan campuran mie kuningnya.

11. Mango Sticky Rice

makanan khas thailand

foto: eatingthaifood.com

Selanjutnya ada makanan unik yang sudah populer di Indonesia yaitu mango sticky rice.

Mango sticky rice sendiri tergolong kuliner unik yaitu dimana sajiannya berupa mangga kuning yang dipotong dengan ketan dan santan.

Untuk penyajiannya yaitu sekepal ketan yang ditambah dengan mangga dan untuk menyantapnya Anda bisa menyiram santan di atasnya.

Beberapa tempat makan juga ada yang menyediakan makanan penutup khas Thailand ini dengan es krim sebagai topping. Rasanya yang manis bisa Anda jadikan sebagai hidangan penutup Anda.

12. Tom Kha Kai

makanan khas thailand

foto: fooby.ch

Selanjutnya ada makanan berkuah yang gurih dan pedas yaitu tom kha kai. Untuk Anda yang penikmat makanan pedas bisa coba tom kha kai ini.

Tom kha kai adalah sup ayam berwarna putih dengan irisan ayam yang kuahnya terbuat dari santan yang tidak terlalu kental dengan rempah rempah seperti jeruk nipis, laos, serai dan cabai yang banyak.

Makanan ini cukup terkenal di Thailand. Namun karena rasanya yang pedas sebaiknya makanan ini dikonsumsi untuk Anda yang merupakan penyuka pedas.

13. Tod Man Pla

makanan khas thailand

foto: hot-thai-kitchen.com

Selanjutnya ada makanan yang dibuat dari daging dengan bentuk seperti perkedel atau kroket yaitu tod man pla.

Tod man pla sendiri merupakan olahan daging ayam atau ikan khusus yang memiliki daging berwarna putih. Selain daging, makanan ini juga biasa disajikan dengan acar dan kari merah yang pedas.

Perpaduan antara olahan daging yang gurih dan kari yang pedas membuat cemilan ini memiliki rasa yang sedap. Anda perlu mencoba cemilan yang satu ini ketika berkunjung ke Thailand.

14. Nai Mong Hoy Tod

makanan khas thailand

foto: timeout.com

Anda adalah pecinta tiram atau kerang? Jika iya maka makanan ini patut Anda cicipi. Hoy tod adalah makanan khas Thailand berupa campuran antara tiram dengan telur yang dimasak dengan cara dipanggang.

Bentuknya seperti telur dadar dan biasanya dibuat dengan minyak babi. Jadi untuk Anda yang muslim patut berhati hati karena biasanya hoy tod dimasak dengan minyak babi.

Perpaduan antara telur dan tiram menghasilkan cita rasa yang gurih dan cocok dinikmati dengan saus atau nasi.

15. Massaman Curry

makanan khas thailand

foto: connoisseurusveg.com

Selanjutnya ada kari khas Thailand yang disebut massaman curry atau kaeng matsaman.

Makanan khas ini merupakan campuran antara daging ayam atau sapi, sayuran seperti wortel, kentang, daun salam, kayu manis dan kapulaga. Kari ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Dengan kuahnya yang gurih membuat makanan ini sangat digemari banyak orang.

Makanan ini merupakan salah satu makanan Thailand halal yang bisa dinikmati juga oleh Anda yang beragama islam. Jadi Anda bisa mencicipi makanan ini tanpa rasa khawatir halal atau tidaknya.

16. Kaeng Phet

makanan khas thailand

foto: tripadvisor.com

Masih dengan hidangan kari, makanan khas selanjutnya ada kari merah pedas yaitu kaeng phet.

Kari pedas ini menyajikan daging ayam, sapi maupun daging babi yang diberi bumbu seperti lada, serai, cabai, garam, terasi, lengkuas yang dihaluskan dan santan serta dilengkapi dengan tahu, labu dan terong.

Campuran rempah rempah dan daging yang pas membuat makanan ini terasa sedap dan banyak digemari wisatawan. Kari merah ini bisa Anda coba ketika berkunjung ke Thailand.

17. Kai Phad Med Ma Muang

makanan khas thailand

foto: ucan-thaifood.blogspot.com

Selanjutnya ada makanan dengan nama yang cukup panjang yaitu kai phad med ma muang.

Makanan tersebut adalah makanan khas berupa tumis ayam dan campuran bumbu bumbu seperti kacang mete, bawang, cabai, paprika, dan masih banyak lagi.

Campuran bumbu dan kacang metenya membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih nan lezat.

Untuk Anda yang menyukai kuliner ayam maka bisa mencicipi hidangan ini.

Anda bisa menikmati kuliner ayam dengan kacang mete ini dengan sepiring nasi hangat yang akan mengenyangkan perut Anda.

18. Kanom Krok

makanan khas thailand

foto: rachelcooksthai.com

Selanjutnya ada hidangan penutup favorit yaitu kanom krok. Kanom krok adalah kue atau sejenis pancake yang terbuat dari campuran tepung beras dengan kelapa, gula, garam dan memiliki cita rasa yang manis.

Kanom krok biasanya diberi topping seperti ubi, jagung, taro, daun bawang atau ayam. Kanom krok sendiri sedikit mirip serabi di Indonesia namun memiliki rasa yang berbeda.

Rasanya yang manis dan gurih membuat makanan ini sangat cocok untuk menjadi cemilan. Jadi ketika Anda berada di Thailand jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

19. Kaeng Khiao Wan

makanan khas thailand

foto: 123rf.com

Selanjutnya ada salah satu jenis kari khas negara Thailand yaitu kaeng khiao wan atau kari hijau. Hampir sama dengan kari merah, kari ini dibuat dengan cita rasa yang pedas.

Kari ini dibuat dengan menggunakan ika, daging babi atau sapi yang dicampur dengan bahan bahan seperti terong, santan, cabai, kecap, gula, garam dan sayuran.

Biasanya kari ini dihidangkan dengan nasi atau roti. Untuk Anda yang suka makanan pedas bisa mencoba makanan khas yang satu ini.

20. King Mango Tea

makanan khas thailand

foto: mamikos.com

Terakhir ada minuman khas Thailand yaitu king mango tea. Tidak hanya thai tea, negara gajah putih memiliki beragam minuman khas salah satunya king mango tea.

Minuman ini adalah jus mangga yang diatasnya diberi whipped cream, susu dan potongan buah mangga. Rasanya sangat manis dan segar sangat cocok dinikmati untuk melepas dahaga di siang hari.

Minuman ini sangat populer baik di Thailand maupun di Indonesia.

Untuk menikmati king mango ini Anda bisa memesan di beberapa tempat kuliner di Indonesia atau Thailand. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Itulah beberapa makanan khas dari negara gajah putih yang bisa Anda coba.

Ada yang berasa gurih, manis maupun pedas. Makanan di atas adalah makanan khas Thailand selatan dan bagian lain yang sangat terkenal baik di Thailand maupun di luar negeri.

Anda bisa mencicipi makanan tersebut saat berjalan jalan di Thailand maupun membuatnya sendiri.

Namun ada yang harus diperhatikan jika Anda beragama islam karena beberapa makanan Thailand mengandung bahan seperti babi.

Anda bisa memilih makanan yang halal dan bertanya pada penjual mengenai bahan yang digunakan. Itulah beberapa makanan khas Thailand yang wajib Anda coba baik bersama teman maupun keluarga Anda.