25 Makanan Khas Sukabumi yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

25 Makanan Khas Sukabumi yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang image

Bagi Anda pecinta kuliner Nusantara pasti mengenal bubur ayam yang merupakan makanan khas Sukabumi, bubur ayam banyak dijumpai di mana-mana.

Tapi selain bubur ayam kota Sukabumi juga memiliki banyak makanan khas yang tak kalah lezatnya dengan makanan khas daerah lain. Simak ulasannya berikut ini:

1. Nasi Uduk Ungu

makanan khas sukabumi

foto: travelounge.co

Selain di Jakarta ternyata Anda juga dapat menemui nasi uduk di kota Sukabumi.

Yah Sukabumi juga memiliki nasi uduk sebagai makanan khasnya, namun nasi uduk khas Sukabumi ini berbeda dengan nasi uduk umumnya, nasi uduk ini berwarna ungu. 

Tapi Anda tidak perlu khawatir warna ungu pada nasi uduk Sukabumi bukan dibuat dari campuran bahan kimia tapi melainkan dengan menggunakan ubi ungu dan buah bit sebagai campurannya untuk menghasilkan warna ungu tersebut.

Nasi uduk ungu ini dilengkapi dengan ayam, tahu, tempe dan telur dadar, lalapan segar dan juga sambal untuk menambah kelezatannya.

Rasanya pun dijamin menggoda, gurih dan khas.

2. Sate Aci

makanan khas sukabumi

foto: 7terbaik.com

Dari namanya saja pasti sudah dapat diduga sate ini terbuat dari tepung kanji atau biasa juga disebut aci.

Cara membuat sate aci ini adalah dengan mengolah tepung kanji yang telah dicampur penyedap rasa menjadi adonan lalu masak diatas kompor dengan api kecil, aduk perlahan jangan sampai adonan tersebut menggumpal. 

Setelah mendidih angkat dan tuang pada cetakan yang telah ditusuk lidi, bila sudah dingin angkat dari cetakan dan beri bumbu kacang, cukup mudah bukan cara membuatnya?

3. Roti Priangan

makanan khas sukabumi

foto: travel.tribunnews.com

Makanan khas yang berasal dari Sukabumi lainnya adalah roti priangan, sebagai makanan legendaris kota Sukabumi roti priangan banyak diburu wisatawan luar kota yang ingin mencicipi kelezatan roti yang satu ini. 

Roti priangan  dibuat tanpa zat pengawet, roti yang menjadi andalan dan ciri khas dari produk roti priangan adalah roti tanduk yang dibuat menyerupai tanduk dan diisi dengan mentega dan susu. 

Tak hanya roti tanduk ada juga roti manis dan roti kepang yang juga tiada duanya dalam hal rasa.

Roti priangan pertama kali dibuat pada tahun 1943 dengan nama Oey Tjiang Lie dan sampai saat ini roti priangan menjadi salah satu oleh-oleh khas Sukabumi yang tak dapat dilupakan kenikmatannya dalam memanjakan lidah Anda. 

4. Mie Sukabumi

makanan khas sukabumi

foto: merdeka.com

Bila Anda pecinta makanan mie, Anda wajib coba mie khas Sukabumi yang memiliki rasa yang khas tiada duanya.

Mie khas Sukabumi biasanya di jual dengan berbagai porsi mulai porsi normal dengan harga Rp. 15.000 dan porsi jumbo dengan harga Rp. 25.000.

5. Bandros

makanan khas sukabumi

foto: dapurzahira.blogspot.com

Kue Bandros adalah salah satu makanan khas sukabumi yang terkenal enak dan cocok disantap saat malam hari bersama segelas teh hangat.

Bandros menjadi makanan primadona bukan hanya bagi masyarakat Sukabumi tapi juga para wisatawan luar kota juga.

Hanya dengan uang lima ribu rupiah saja Anda sudah bisa menikmati kue bandros yang dijual dipinggir jalan sambil menikmati suasana malam bersama teman-teman Anda.

6. Geco (Toge - Tauco)

makanan khas sukabumi

foto: tribunnews.com

Geco atau tauge tauco adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kota Sukabumi, makanan ini berisi ketupat, toge, mie, tahu dan tauco.

Bagi masyarakat Sukabumi biasanya menyantap geco untuk menu sarapan. Biasanya makanan ini dijual dipinggir jalan saat pagi hari dan akan habis terjual sebelum siang hari.

Harga geco pada tiap penjual bervariasi ada yang menjual 1 porsi hanya Rp. 7000 saja ada juga Rp. 9000 atau Rp. 10.000.

Dengan harga yang relatif murah dan terjangkau itu Anda sudah dapat menikmati kelezatan geco yang disajikan dalam keadaan baru dibuat. 

Makanan ini sangat laku dan diburu di pasaran bagi mereka yang membutuhkan sarapan praktis nan lezat serta mengenyangkan dengan harga merakyat.

7. Nasi Hijau

makanan khas sukabumi

foto: putratravel.net

Selain memiliki nasi uduk yang berwarna ungu kota Sukabumi juga memiliki makanan nasi yang berwarna lainnya yaitu nasi hijau.

Warna hijau yang dihasilkan dari nasi ini berasal dari campuran bayam dan bahan-bahan lainnya yang dapat menambah nafsu makan bagi Anda yang menikmati sajian ini.

Rasanya pun tak kalah nikmatnya dengan nasi kuning, nasi ungu atau nasi berwarna lainnya dan yang pasti bergizi dan menyehatkan karena dicampur dengan bahan alami yang mengandung gizi tinggi seperti bayam.

Nasi hijau disajikan bersama berbagai macam lauk pauk seperti telur dadar, tahu, tempe dan ayam goreng ditambah taburan bawang goreng yang menambah gurih dan lezatnya makanan ini.

Bagi Anda yang suka pedas bisa tambahkan pula dengan sambal.

8. Surabi Sukabumi

makanan khas sukabumi

foto: javatravel.net

Surabi adalah salah satu makanan yang paling populer di Jawa Barat dan bisa dijumpai hampir di semua kota di Jawa Barat.

Namun untuk kota Sukabumi memiliki surabi yang khas dan berbeda dengan surabi yang berasal dari daerah lain.

Surabi khas kota Sukabumi ini terbuat dari durian yang membedakannya dengan surabi dari daerah lain.

Bagi Anda pecinta durian harus coba kelezatan surabi durian khas Sukabumi yang dijamin bikin lidah Anda bergoyang.

9. Leor Daging

makanan khas sukabumi

foto: javatravel.net

Leor Daging merupakan makanan khas Sukabumi yang mirip semur, masyarakat Sukabumi menyebutnya juga dengan gajih jando.

Masakan ini dibuat dari campuran daging sapi pipi dengan rempah - rempah pilihan. Leor daging dibuat dengan rasa manis dan pedas, sehingga cocok disantap bersama nasi hangat saat udara dingin.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa Anda praktekkan sendiri dirumah yaitu daging sapi pipi yang dipotong dadu rebus hingga empuk lalu tiriskan dan tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, merica, garam dan pala. 

Kemudian masukkan daging yang sudah direbus tadi beri kecap dan aduk hingga rata tambahkan tomat masak hingga matang, lalu angkat dan taburi bawang goreng agar lebih lezat rasanya.

Cukup mudah bukan cara membuatnya?

10. Bubur Ayam Bu Nut

makanan khas sukabumi

foto: ikutilangkahkaki.com

Bubur ayam memang sudah terkenal salah satu makanan khas Jawa barat salah satunya kota Sukabumi.

Namun bagi masyarakat sukabumi bubur ayam yang paling terkenal dan enak adalah bubur ayam Bu Nut, bubur ayam Bu Nut berbeda dengan bubur ayam lainnya.

Bubur ayam Bu Nut menggunakan risoles dan suwiran daging ayam kampung sebagai pelengkap topingnya.

Itulah yang membedakan bubur ayam ini dengan bubur ayam lainnya. Rasanya dijamin gurih dan menggugah selera Anda pastinya.

11. Kue Jahe

makanan khas sukabumi

foto: masakandapurku.com

Namanya juga kue jahe pastinya terbuat dari jahe. Kue jahe adalah kue yang dibuat dari parutan jahe, tepung terigu, mentega, telur, garam, kayu manis dan  gula, bisa juga tambahkan madu pada bahan - bahan tersebut.

Rasanya yang manis dan hangat membuat kue ini begitu istimewa bagi masyarakat Sukabumi dan juga wisatawan luar kota Sukabumi.

Karena itulah  kue jahe ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi bagi mereka wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut.

12. Nasi Tutug Oncom

makanan khas sukabumi

foto: senengpiknik.com

Makanan khas sukabumi selanjutnya adalah nasi tutug oncom yang menjadi makanan primadona karena rasanya yang enak dan harganya yang murah.

Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur oncom ditambah bumbu lainnya dan rasanya dijamin dapat menggugah selera Anda.

13. Mochi Lampion

makanan khas sukabumi

foto: nationalgeographic.grid.id

Mochi mungkin sudah tidak asing lagi  bagi Anda namun mochi yang berasal dari sukabumi adalah mochi lampion yang dibuat sejak tahun 1983.

Mochi lampion dibuat dari tepung ketan yang dibaluri tepung tapioka

Mochi lampion ini memiliki rasa yang kenyal dan manis dengan variasi rasa ada rasa durian, rasa original, rasa blueberry, rasa kacang hijau, kombinasi dan banyak lagi rasa lainnya. 

14. Sagon Bakar Ciaul

makanan khas sukabumi

foto: keluyuran.com

Makanan khas kota Sukabumi lainnya adalah sagon bakar ciaul, makanan ini terbuat dari bahan aci, kelapa dan bahan - bahan lainnya.

Sagon bakar ciaul memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan variasi rasa kopi, coklat, keju, original dan masih banyak lagi berbagai rasa lainnya.

15. Pisang Coklat Cakra

makanan khas sukabumi

foto: abowlofclover.com

Makanan khas kota Sukabumi yang satu ini terbuat dari pisang dan coklat yang dibungkus kulit lumpia dengan bentuk pipih memanjang.

Rasanya yang gurih dan manis serta lumer di mulut ini dijamin membuat Anda ngiler saat melihatnya. Pisang coklat rasa dikemas cantik dan cocok sebagai oleh - oleh khas Sukabumi.

16. Pepes Ikan

makanan khas sukabumi

foto: ragamblogku.blogspot.com

Pepes ikan adalah salah satu kuliner khas Sukabumi, pepes ikan khas Sukabumi dibuat dari ikan mas duri lunak.

Jadi Anda tidak perlu repot saat menyantapnya karena durinya pun aman untuk dikonsumsi. Kelebihan pepes ikan Sukabumi ini tahan hingga 1 minggu walaupun tanpa bahan pengawet, dan tidak berbau amis atau lumpur.

17. Coklat Unaichoco

makanan khas sukabumi

foto: blog.elevenia.co.id

Kota Sukabumi juga memiliki coklat sebagai makanan khasnya.

Coklat khas Sukabumi diolah dari 100 % coklat asli dengan menggunakan teknik khusus dan dengan berbagai variasi rasa seperti coklat blueberry, coklat keju, coklat mete, coklat permen dan coklat strawberry. 

Coklat unaichoco dikemas dalam toples menarik yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sukabumi dan dibanderol dengan harga Rp.35.000 hingga Rp. 50.000.

Coklat ini juga dapat dijadikan sebagai souvenir pernikahan karena tidak mudah meleleh dan tahan lama.

18. Sekoteng Singapore

makanan khas sukabumi

foto: r2haw.blogspot.com

Sekoteng Singapore juga menjadi salah satu kuliner khas Sukabumi, konon menurut cerita penjual sekoteng ini memang asli orang Singapura karena itulah dinamakan sekoteng Singapura.

Dan satu -satunya sajian minuman di dunia karena pedagangnya yang orang Singapura itu tidak buka cabang sama sekali. 

Sekoteng ini cocok dikonsumsi saat malam hari untuk menghangatkan tubuh, berisi kacang hijau, kacang tanah, agar-agar, pacar cina dan potongan roti ditambah biskuit dan buah lengkeng.

Selain lezat minuman tradisional sukabumi ini juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tambahan buah lengkeng dan biskuit inilah yang membuat sekoteng ini berbeda dengan sekoteng lainnya.

Sekoteng singapore ini ada sejak tahun 2002 dan buka pada pukul 16.30-24.00 WIB.

19. Ciuk

makanan khas sukabumi

foto: tempatwisataindonesia.id

Ciuk adalah kuliner khas Sukabumi yang jenisnya makanan ringan yang biasa disantap ketika bulan puasa.

Ciuk dibuat dari bahan dasar aci atau tepung kanji ditambah bawang yang membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih. Cara menyajikannya dengan menyiramkan bubur kacang tanah pada ciuk.

20. Bolu Pisang

makanan khas sukabumi

foto: dimanaja.com

Bolu pisang merupakan salah satu kuliner khas Sukabumi yang sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Sukabumi.

Bolu pisang Sukabumi populer berkat Ibu Onih yang pertama kali menyulap bolu pisang menjadi sajian yang bercita rasa sangat lezat dan enak sehingga banyak dicari para pecinta kuliner.

Bolu pisang khas Sukabumi tersedia juga dalam berbagai variasi rasa bolu pisang blackforest, bolu pisang keju, bolu pisang original, bolu pisang vanila, bolu pisang choco cheese, bolu pisang meses dan masih banyak rasa lainnya.

Biasanya bolu pisang khas Sukabumi ini dijual dengan harga mulai dari  Rp. 30.000.

21. Deblo

makanan khas sukabumi

foto: topijelajah.com

Deblo adalah kuliner khas sukabumi yang berjenis kudapan

Deblo terbuat dari bahan dasar singkong yang dicampur kunyit, bawang putih, daun bawang, merica dan garam yang ditumbuk halus kemudian digoreng sampai kering, rasanya gurih dan asin.

Namun kini seiring perkembangan zaman deblo sulit didapatkan.

22. Mie Goreng Sukabumi

makanan khas sukabumi

foto: merdeka.com

Bagi Anda penikmat mie tidak ada salahnya mencicipi kuliner legendaris ini.

Mie goreng Sukabumi hanya dijual di satu tempat di kota Sukabumi yaitu di jalan Cimandiri, mie ini memiliki rasa yang sangat khas yang tidak akan Anda temui di daerah lain walaupun dengan olahan mie yang sama. 

Mie goreng Sukabumi ini di jual dengan porsi jumbo yang mengenyangkan dengan rasa yang dijamin bikin lidah Anda bergoyang dan ketagihan untuk menikmatinya. 

23. Wedang Ronde

makanan khas sukabumi

foto: reresepan.com

Wedang ronde juga merupakan salah satu kuliner Sukabumi. Biasanya wedang ronde ini bisa Anda jumpai di kawasan kuliner tempat nongkrong dan makan anak muda yang ada di pinggir jalan.

Minuman penghangat tubuh ini cocok diminum malam hari bersama bandros sebagai kudapannya. 

24. Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i

makanan khas sukabumi

foto: panduanwisata.id

Mie bakso memang makanan yang ada di setiap kota, namun mie bakso yang berasal dari Sukabumi ini sangat legendaris dan terkenal kelezatannya hingga keluar kota Sukabumi yaitu mie bakso super H. Achmad Sudja’i. 

Tempat makan mie bakso yang strategis dan berada di tengah kota Sukabumi ini membuat warung bakso ini mudah dijangkau dari segala arah penjuru wilayah Sukabumi.

Warung bakso H. Achmad Sudja’i ini sama terkenalnya dengan warung makan bubur ayam bu Nut yang terkenal ke mana-mana hingga luar kota Sukabumi.

25. Bubur Ayam

makanan khas sukabumi

foto: travelounge.co

Bubur ayam memang terkenal salah satu khas makanan Sukabumi yang banyak dijual pedagang keliling asal kota Sukabumi.

Bahkan di kota besar  seperti Jakarta dan sekitarnya pun banyak pedagang yang menjual bubur ayam khas Sukabumi ini. 

Bubur ayam biasa khas Sukabumi ini berbeda dengan bubur ayam Bu Nut yang  telah masuk ke resto-resto atau rumah makan besar, bubur ayam khas Sukabumi banyak dijual oleh pedagang keliling atau pedagang kaki lima saja. 

Yang menjadi ciri khas bubur ayam Sukabumi dengan bubur ayam dari daerah lainnya adalah tambahan jeroan ayam, potongan telur rebus, emping, kerupuk dan bawang goreng serta bumbu khas Sukabumi yang menambah kelezatan bubur ayam ini.  

Itulah 25 Makanan khas Sukabumi yang dijamin menggugah selera Anda dan akan membuat lidah Anda bergoyang saat menikmatinya.

Jadi bila Anda berkunjung ke kota Sukabumi  jangan lupa untuk mampir dan merasakan nikmatnya berbagai makanan khas asal kota Sukabumi tersebut.