23 Rekomendasi Makanan Khas Tangerang yang Wajib Dicoba

23 Rekomendasi Makanan Khas Tangerang yang Wajib Dicoba image

Indonesia memang terkenal akan kekayaan kuliner yang dimiliki oleh setiap kotanya, termasuk di Kota Tangerang.

Banyak sekali makanan khas Tangerang yang siap menggugah selera, apabila anda berkunjung ke kota tersebut. Penasaran apa saja makanan itu? Simak pembahasan lengkapnya disini.

1. Garang Asem

makanan khas tangerang

foto: kopisusu.id

Kalau ingin mencoba kuliner Tangerang yang memiliki rasa menyegarkan dan cocok untuk dimakan saat panas, maka garang asem adalah pilihannya.

Dengan daging ayam atau daging bebek yang bisa dipilih sesuai selera, lalu nantinya kedua daging tersebut disiram saus khas yang memiliki cita rasa pedas, dan asam. 

Sekilas memang terasa seperti rujak, namun rasa dari garang asem ini jauh lebih kuat di bagian rempah. Sehingga akan sangat nikmat jika disajikan dengan nasi panas.

Bagi anda yang ingin mencicipi makanan yang satu ini tidak perlu mencari susah-susah karena sudah tersedia hampir di penjuru kota Tangerang.

2. Nasi Sumsum

makanan khas tangerang

foto: ihategreenjello.com

Sumsum memang sudah biasa disajikan sebagai lauk, maupun sebagai campuran nasi seperti makanan yang satu ini.

Namun di Tangerang ini sumsumnya terdapat dua pilihan yaitu sumsum kerbau dan juga sumsum sapi. Untuk menghilangkan bau tidak sedap, biasanya pedagang mengakalinya dengan rempah. 

Walaupun mengandalkan banyak rempah, tapi rasanya akan tetap ringan dan tidak menyengat.

Sehingga cocok dijadikan sebagai menu makan siang anda, ketika anda berkunjung ke Tangerang.

Tidak usah khawatir kalau soal harga, sebab makanan ini memiliki harga yang bisa dibilang terjangkau.

3. Laksa Tangerang

makanan khas tangerang

foto: indonesia.go.id

Hal yang menjadi ciri khas dari laksa Tangerang ini adalah mie yang digunakannya.

Makanan ini menggunakan mie putih layaknya bihun namun memiliki ukuran yang besar, seperti pasta spaghetti. Mie nya juga tidak lentur seperti kebanyakan lainnya, dan justru sedikit kasar pada teksturnya. 

Mie ini nantinya akan disajikan dengan kuah santan yang gurih, lalu ditambahkan taburan daun kucai dan juga kacang hijau.

Selain itu pada laksa Tangerang ini nantinya akan ditambahkan telur ayam dan juga daging ayam. Sehingga rasa yang dihasilkan akan jauh lebih nikmat, dan mampu memanjakan lidah anda.

4. Bebek Sate

makanan khas tangerang

foto: merahputih.com

Bagi pecinta bebek, wajib banget untuk mencoba makanan yang satu ini karena ini akan membuat lidah anda bergoyang.

Dengan rempah yang kuat untuk menghilangkan bau amis dan juga membuat daging bebek menjadi empuk. Namun begitu saat dimakan, rempah ini tidak terlalu menyengat dan tetap sederhana. 

Untuk harganya juga terjangkau karena harga termahalnya saja hanya Rp 50ribu, jadi masih cocok digunakan sebagai rekomendasi makanan siang.

Cara pengolahannya juga berbeda dengan sate pada umumnya. Sehingga jangan sampai melewatkan makanan khas Tangerang ini saat sedang singgah.

5. Gecom

makanan khas tangerang

foto: ihategreenjello.com

Kalau yang satu ini banyaknya terletak di Kabupaten Tangerang, tapi tidak menutup kemungkinan anda akan menemukannya di Kota Tangerang.

Nama makanan Tangerang ini sebenarnya merupakan singkatan dari dua bahan baku utamanya yakni toge dan oncom. 

Keduanya akan diaduk bersamaan lalu setelahnya sebagai bumbu, makanan yang satu ini akan menggunakan kecap manis.

Disinilah letak keunikan makanan yang satu ini, dimana kecap yang digunakan adalah kecap asli Tangerang. Sehingga tentu rasa yang dihasilkan akan berbeda.

6. Emping Menes

makanan khas tangerang

foto: genpibanten.com

Makanan khas Tangerang yang selanjutnya adalah emping menes yang tidak hanya bisa langsung makan di tempat, tapi juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Hal yang membedakan emping ini adalah cita rasa yang dimilikinya serta cara pengolahannya. 

Emping yang satu ini menggunakan tangan-tangan terampil saat pengolahan, dan pastinya menggunakan bumbu yang sudah turun-temurun.

Pengolahannya yang masih menggunakan alat tradisional juga membuat emping ini memiliki cita rasa yang khas dari dahulu.

7. Sayur Besan

makanan khas tangerang

foto: lensabanten.com

Mengapa sayur ini dinamakan sayur besan, hal ini juga menjadi keunikan yang dimilikinya. Jadi sayur ini hanya akan disajikan saat orang tua mempelai laki-laki berkunjung ke mempelai wanita.

Rasanya sangat luar biasa, sehingga membuat banyak rumah makan memutuskan untuk menyajikan sayuran ini. 

Bahan bakunya pembuatan ini juga tidak biasa yakni menggunakan bunga tebu, atau bunga lainnya yang biasa disebut bunga tubruk.

Selain itu di makanan ini juga terdapat bihun, petai, kentang, terubuk, dan akan dicampur dengan bahan dan bumbu lainnya.

8. Sate dan Pindang Bandeng

makanan khas tangerang

foto: kulinerkita77.wordpress.com

Apabila anda termasuk pecinta makanan laut utamanya ikan bandeng maka wajib sekali untuk mencoba makanan yang satu ini.

Pada makanan ini ikan bandeng akan diolah menjadi sate dan juga pindang dengan bumbu khusus. Selain itu pada olahan satenya duri bandeng sudah dihilangkan. 

Sebagai pendamping, maka pindangnya akan menjadi pilihan yang tepat sebab rasa asam dan manis yang dimilikinya.

Hal ini dikarenakan penggunaan belimbing sayur dan juga asam Jawa pada makanan ini. Jadi sangat cocok untuk mendampingi sate sambil dimakan dengan nasi panas.

9. Kue Apem

makanan khas tangerang

foto: kulinerkota.com

Memang kue apem ini sudah banyak tersebar di kota-kota lain di Indonesia, namun kue apem Tangerang ini mempunyai cita rasa yang berbeda.

Hal ini dikarenakan kue ini terbuat dari tape singkong yang dipadukan dengan tepung beras. Sehingga rasanya akan menjadi lebih legit, dan teksturnya khas. 

Biasanya kue ini akan disajikan dengan siraman kuah gula merah ataupun sirup untuk menambahkan cita rasa manisnya.

Kue yang satu ini akan sangat cocok untuk dimakan bersama dengan teman, sambil minum secangkir teh menikmati keindahan kota Tangerang.

10. Kue Jojorong

makanan khas tangerang

foto: abouttng.com

Memiliki cita rasa yang manis dan teksturnya yang kenyal namun tidak terlalu lengket membuat kue ini mempunyai tempatnya sendiri di hati masyarakat Tangerang.

Bahan-bahan yang ada di dalam kue ini diantaranya adalah tepung kanji, tepung beras, serta gula merah. 

Untuk mematangkan semua bahannya nantinya adonan kue akan dikukus selama beberapa menit.

Pada beberapa tempat, cara pengukusan ini masih menggunakan metode lama sehingga rasanya tidak akan berubah dari yang otentiknya.

11. Sambel Godok

makanan khas tangerang

foto: budaya-indonesia.org

Ingin mencoba makanan pedas, namun memiliki cita rasa unik berbeda dari yang lainnya, maka wajib untuk mencoba makanan yang satu ini.

Dulunya makanan ini hanya bisa ditemukan ketika ada upacara sembahyang yang dilakukan oleh orang-orang dari Etnis Tionghoa. 

Tapi kini makanan yang biasanya akan lebih nikmat jika disajikan dengan ketupat ini sudah bisa ditemukan dalam berbagai kesempatan.

Cita rasanya khas dengan pedas yang luar biasa, tapi tidak menyengat. Sehingga tetap memberikan rasa nikmat ketika dikonsumsi.

12. Pecak Gabus

makanan khas tangerang

foto: pelitabanten.com

Mungkin banyak yang ingin mengkonsumsi ikan gabus, namun bingung ingin dijadikan olahan seperti apa.

Apabila seperti itu, maka wajib untuk mencoba makanan khas Tangerang yang satu ini karena olahan gabusnya sangat nikmat, dan pastinya ikan sudah terhindar dari bau amis. 

Selain itu karena ikan yang digunakan merupakan ikan segar, maka daging ikan ini masih memiliki rasa yang manis.

Rasa manis ikan bercampur dengan rasa pedas dan juga gurih yang dimiliki oleh kuah pecak ini membuatnya menjadi special, dan sangat enak jika disajikan dengan nasi dingin.

13. Kue Gipang

makanan khas tangerang

foto: lensabanten.com

Sedari tadi pembahasan makanan khas Tangerang lebih banyak membahas tentang makanan gurih, maka kali ini akan diberikan rekomendasi kuenya.

Adalah kue gipang yang memiliki bahan baku sederhana berupa ketan, dan juga air gula namun rasa yang dimiliki oleh kue ini sangat luar biasa. 

Meskipun saat dimakan akan terasa lengket, namun tidak mengurangi cita rasa manis yang dimilikinya.

Malahan semakin banyak yang mengkonsumsi kue ini sebagai camilan di saat sore ataupun sebagai teman saat sedang menikmati kopi ataupun teh.

14. Ceplis

makanan khas tangerang

foto: topijelajah.com

Masih berupa kue, kali ini kuliner khas Tangerang  yang bernama kue ceplis dengan bentuk lonjong layaknya pilus. Kue ini merupakan kue kering berwarna cokelat dengan taburan wijen di atasnya.

Memiliki cita rasa yang gurih membuat kue ini cocok digunakan sebagai cemilan untuk sore hari sembari minum teh. 

Untuk harganya sendiri ceplis ini memiliki harga yang terjangkau dan bisa ditemukan dengan mudah di toko manapun.

Sehingga bagi yang ingin menikmatinya, tidak perlu merasa bingung ingin membeli dimana karena sudah tersebar di banyak toko di penjuru kota Tangerang.

15. Bontot

makanan khas tangerang

foto: putratravel.net

Namanya sangat unik bukan? Makanan ini terbuat dari campuran bahan tepung aci yang nantinya ditambahkan dengan terasi ataupun ikan.

Sehingga sudah bisa dipastikan jika rasa dari makanan ini adalah gurih, dengan sedikit cita rasa ikan yang khas di dalamnya. Tidak jarang warga setempat mengkonsumsi makanan ini untuk sarapan. 

Jadi bisa dibilang jika jajanan yang satu ini sangat populer baik itu sebagai makanan cemilan, pendamping, maupun sebagai lauk.

Bagi yang ingin mencobanya, maka hanya tinggal mengunjungi toko oleh-oleh saja. Karena makanan khas Tangerang ini sudah tersedia banyak di semua toko di Tangerang.

16. Kental Bintul

makanan khas tangerang

foto: koranbanten.com

Di kalangan masyarakat Tangerang, makanan yang satu ini memang sangat populer namun untuk pendatang ada beberapa yang masih merasa asing.

Cemilan ini berbahan dasar ketan,dan sekilas terlihat seperti ketupat ataupun lontong. Namun saat dicoba teksturnya sedikit berbeda dengan kedua makanan tersebut. 

Biasanya makanan yang satu ini lebih banyak dijumpai pada pagi hari, sebab masyarakat Tangerang lebih suka untuk mengkonsumsinya saat sarapan.

Nantinya diatas ketan ini akan ditaburkan semacam taburan seperti abon ataupun bumbu seperti kremesan dengan rasanya yang unik saat dimakan.

17. Ondar Andir

makanan khas tangerang

foto: javatravel.net

Makanan khas Tangerang yang satu ini sekilas memiliki bentuk dan tekstur seperti telur dadar Padang, namun ternyata rasanya berbeda.

Hal ini dikarenakan bahan baku yang digunakan untuk pembuatan kuliner khas yang satu ini bukanlah telur, melainkan menggunakan tepung terigu. 

Nantinya tepung terigu akan dicampur dengan potongan daun bawang, lalu sebagai tambahan rasa akan dicampurkan dengan beberapa bumbu lainnya.

Saat semua adonan sudah tercampur dengan rata barulah adonan tersebut akan digoreng hingga kering. Sehingga sekilas seperti gorengan bakwan namun lebih kuat rasanya.

18. Kacang Cisoka

makanan khas tangerang

foto: javatravel.net

Sepertinya makanan yang satu ini sangat populer, bahkan bisa dibilang bahwa makanan ini merupakan ikon makanan khas Kabupaten Tangerang.

Sebenarnya kacang ini hanya kacang kulit biasa, apabila dilihat secara sekilas sehingga tidak ada yang spesial dari kacang yang satu ini. 

Namun begitu yang menjadi keunikan dari kacang ini adalah, sebelum disajikan kacang ini akan disangrai terlebih dahulu.

Sehingga akan menimbulkan bau asap khas makanan disangrai, namun tidak menyengat dan menyakiti hidung. Bagi anda yang ingin membelinya segera saja kunjungi daerah Cisoka yang merupakan pusatnya.

19. Sirup Rosela

makanan khas tangerang

foto: javatravel.net

Ingin mencoba minuman sirup dengan cita rasa yang berbeda, maka sirup yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Hal ini dikarenakan sirup ini terbuat dari bunga rosella sebagai bahan baku utamanya.

Tentu saja rasa yang ditawarkan pada sirup ini akan berbeda dengan rasa sirup lainnya yang banyak tersebar di pasaran. 

Minuman yang satu ini memiliki warna yang merah pekat, dan itu merupakan warna alami yang berasal dari bunganya.

Saat disajikan minuman ini tidak perlu ditambahkan gula lagi, karena sudah manis dari sananya.

Sehingga minuman ini akan jauh lebih sehat jika dibandingkan sirup yang ada di pasaran, dan pastinya enak.

20. Kecap SH

makanan khas tangerang

foto: bacatangerang.com

Pada pembahasan sebelumnya dibahas bahwa ada makanan Khas Tangerang yakni gecom, yang disajikan dengan kecap manis.

Biasanya masyarakat Tangerang akan menggunakan kecap SH ini yang merupakan kecap asli dan otentik yang berasal dari Tangerang. Sehingga rasa yang dihasilkan akan berbeda. 

Kecap SH Tangerang ini memiliki cita rasa manis, namun manisnya sangat pas dan tidak membuat eneg jika dikonsumsi terlalu banyak.

Rasa dari kecap yang unik membuat siapapun yang mencicipinya akan selalu penasaran dan ingin mencoba lagi. Karena itu kecap yang satu ini sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

21. Es Kuwut

makanan khas tangerang

foto: aiwaitsuwamo.wordpress.com

Saat melihat minuman ini, pasti akan langsung merasakan kesegaran yang ditawarkan meskipun belum mencobanya. Hal ini dikarenakan minuman yang satu ini memiliki perpaduan warna yang cantik dan juga menyegarkan.

Dengan perpaduan warna putih dari es, dan juga hijau dari isiannya membuat es ini menggugah selera.

Terbuat dari air kelapa muda sebagai bahan utamanya lalu kemudian ditambahkan biji selasih, melon, dan kemudian ditambahkan sedikit perasaan jeruk nipis.

Bisa dibayangkan betapa segarnya es ini saat dikonsumsi. Apalagi meminumnya disaat Kota Tangerang sedang panas, pasti akan sangat nikmat.

22. Bir Pletok Bang Pletok

makanan khas tangerang

foto: javatravel.net

Jangan salah sangka dengan namanya, karena nyatanya minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bisa dibilang bahwa bir pletok bang pletok ini merupakan makanan khas Tangerang yang sudah melegenda.

Karenanya tidak heran jika untuk menemukan kuliner ini bukanlah hal yang sulit. 

Minuman itu terbuat dari rempah-rempah alami sehingga saat dikonsumsi akan menimbulkan efek hangat. Minuman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Kota Tangerang.

Tenang saja, untuk harga yang ditawarkan minuman ini sangat terjangkau sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak.

23. Kue Keranjang

makanan khas tangerang

Sebenarnya bagi pecinta kuliner pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini, karena makanan merupakan modifikasi dari makanan khas Betawi.

Rasa aslinya tetap sama dengan rasanya yang otentik. Sehingga tidak akan jauh berbeda dengan rasa aslinya yakni manis, dan juga legit.

Untuk kuliner Tangerang ini berupa kue keranjang yang sudah jadi kemudian dibalurkan dengan tepung untuk kemudian digoreng.

Pada saat gigitan pertama, anda akan merasakan tekstur yang kenyal namun sedikit garing. Tidak hanya itu saja makanan ini juga memiliki tambahan rasa yakni gurih saat dimakan.

Itulah tadi semua rekomendasi makanan khas Tangerang yang banyak ditemukan dan merupakan makanan populer dari Kota Tangerang.

Sehingga saat berkunjung ke Tangerang anda tidak perlu pusing lagi untuk mencari makanan apa yang ingin dibeli dan juga ingin dikonsumsi.