23 Makanan Khas Batam Ini Rugi Kalau Tak Dicoba!

23 Makanan Khas Batam Ini Rugi Kalau Tak Dicoba! image

Perkembangan Kota Batam memang luar biasa, apalagi lokasinya yang strategis sebagai daerah industri membuatnya banyak dilirik sebagai tempat bisnis hingga liburan.

Apalagi di kota berpenduduk 1,03 juta jiwa tersebut, banyak terdapat makanan khas Batam yang sudah tersohor hingga mancanegara.

Anda juga wajib mencicipinya kalau berkunjung kesana.

1. Nasi Lemak

makanan khas batam

foto: kompasiana.com

Makanan khas melayu yang satu ini juga punya ciri khas berbeda di Batam, karena nasi yang diolah menggunakan santan terasa sangat legit dan gurih.

Kemudian dipadukan dengan lauk berupa ikan teri yang sudah ditumbuk hingga halus, lengkap dengan irisan telur dadar atau rebus,timun, dan sambal khas Batam.

Penyajiannya biasanya menggunakan daun pisang dan dijual dengan harga super murah yaitu berkisar Rp.5.000/bungkus. Orang

Batam biasa menikmatinya sebagai sarapan atau makan siang, terutama para pekerja pabrik. Tapi banyak juga yang menjadikannya hidangan untuk acara tertentu.

Mungkin bagi Anda yang pernah ke Bali, sudah hafal dengan yang namanya nasi jinggo, nasi lemak Batam ini memiliki kemasan yang mirip dengan nasi tersebut.

Jadi tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, memang pas untuk dijadikan sarapan pagi.

2. Nasi Dagong

makanan khas batam

foto: liputan6.com

Ini adalah versi lain dari nasi lemak Batam, dimana nasi yang dimasak dengan santan gurih, dipadukan dengan lauk gong-gong yang menyerupai siput.

Biasanya dikonsumsi sebagai sarapan atau makan malam, karena proteinnya cukup lengkap. Tapi kalau memilih porsi kecil Anda juga bisa menjadikannya snack sore.

Berapa harganya? Nasi Dagong ini dijual dengan harga super murah yaitu Rp.10.000/porsi.

Jadi kalau uang Anda pas-pasan tak masalah jika ingin mencoba nasi ini saat berada di Batam.

3. Bak Kut Teh

makanan khas batam

foto: trover.com

Mirip dengan sop, makanan yang satu ini jadi kuliner andalan Batam karena menampilkan sisi lain dari sop khas Tionghoa yang disebut Rou Gu Cha.

Terdiri dari daging sapi bagian tulang sapi yang dibalut daging empuk, ada yang digoreng terlebih dahulu sebelum jadi sop dan ada pula yang langsung direbus bersama rempah dan kuah.

Anda bisa mendapatkan makanan khas Batam ini di restoran yang tersebar di Kota Batam dengan harga berkisar Rp.30.000/porsi.

Enaknya makanan ini disajikan dengan nasi hangat dan sambal ekstra pedas, jadi perut bisa kenyang maksimal.

4. Otak-otak

makanan khas batam

foto: cookpad.com

Kuliner yang berbahan dasar daging seafood seperti udang, cumi, atau ikan ini memang sangat terkenal di Batam.

Bahkan biasanya dijadikan oleh-oleh wajib bagi para pendatang, karena sangat mudah dijumpai di sejumlah sudut kota. proses pembuatannya yang dibakar membuat rasa otak-otak semakin nikmat.

Penyajiannya biasa dicocol dengan saus kacang atau cabe, tergantung selera. Harganya juga sangat terjangkau yaitu berkisar Rp.500/buah.

Kalau mau dijadikan oleh-oleh sebaiknya beli yang masih mentah saja, agar bisa diolah sendiri. Anda bisa memesan di toko oleh-oleh atau di pasar tradisional Batam.

5. Mie Kacang Selat Panjang

makanan khas batam

foto: gotravelly.com

Sekilas mirip dengan gado-gado karena berupa mie kuning yang diberi timun, telur lalu disiram dengan kuah kacang.

Tapi saat dicoba akan sangat berbeda, sebab menggunakan rempah asli Batam khususnya daerah Selat Panjang. untuk mendapatkan satu porsi mie ini Anda cukup membayar Rp.20.000 saja.

6. Mie Lendir

makanan khas batam

foto: travel.detik.com

Jangan ngeres dulu karena namanya agak aneh, tapi soal rasa jangan ditanya karena dijamin super enak.

Perpaduan mie putih plus kuning yang diberi irisan cabe hijau, toge dan telur menjadikannya sempurna di lidah saat sudah terkena sentuhan kuah kental kaya bawang goreng dan seledri.

Kuah inilah yang membedakannya dengan mie lain, karena terbuat dari kacang tanah tumbuh yang dicampur tepung kanji sehingga menghasilkan tekstur yang kental dan cepat membuat kenyang.

Mau coba? Sisihkan uang Rp.10.000 saja untuk menyantap satu porsi mie lendir ini.

7. Sop Ikan Batam

makanan khas batam

foto: sajiansedap.grid.id

Orang yang sudah sering ke Batam pasti familiar dengan sop yang satu ini, karena bahan utamanya bukan daging sapi melainkan fillet daging ikan tenggiri yang super empuk, dipadu dengan kuah beraroma seafood dan kunci utamanya adalah kesegaran dari tomat hijau dan daun selada.

Harganya juga sangat murah yaitu sekitar Rp.18.000/porsi.

Sop ikan ini juga sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sudah jadi makanan khas Batam hingga mancanegara.

Tapi kalau mau rasa asli dan original Anda wajib mencoba sop ikan langsung di restoran yang ada di Kota Batam.

8. Mie Sagu

makanan khas batam

foto: budaya-indonesia.org

Kalau biasanya mie kuah terbuat dari tepung terigu, maka mie yang satu ini dibuat dari sagu asli. Sehingga aromanya sangat berbeda, dengan tekstur yang juga lebih besar dari mie biasa.

Soal rasa pastinya sangat lezat, karena diberi rempah khas yang hanya ada di Batam.

Mie ini sangat identik sebagai sarapan, apalagi kalau Anda pilih mie rebus rasa pedas dijamin mata akan melek seharian dan perut kenyang.

Harganya juga sangat terjangkau, hanya kisaran Rp.15.000/porsi.

9. Bilis Molen

makanan khas batam

foto: zonamakan.com

Beralih ke makanan yang sering dijadikan cemilan, molen ini sukses jadi oleh-oleh favorit.

Karena isinya adalah ikan bilis yang sudah digoreng renyah, beda dengan molen pada umumnya yang berisi pisang yang diberi coklat atau keju.

Alhasil perpaduan rasa gurih bilis dan manis asin pada kulit molen akan membuat Anda tak berhenti mengunyah.

Di berbagai pusat oleh-oleh makanan khas Batam, bilis molen ini dijual dengan seharga Rp.30.000/untuk ukuran 300 gram.

Tapi kalau beli satuan Anda bisa mencarinya di pasar tradisional Batam.

10. Bingka Bakar

makanan khas batam

foto: indonesiakaya.com

Mau mencari cemilan sore untuk teman minum teh?bingka bakar adalah jawabannya, karena bisa membuat kenyang dengan tekstur padat di luar dan lembut di dalam.

Namanya mungkin mirip dengan bingka yang populer di Ambon, tapi bedanya terletak pada proses pembuatan yang menggunakan teknik bakar.

Konon katanya bingka ini berasal dari kerajaan melayu, namun karena banyak orang melayu yang menetap di Batam akhirnya dimodifikasi menjadi bingka bakar yang saat ini sudah mendunia tersebut.

Apalagi sudah banyak varian rasa yang bisa dipilih, mulai dari original, pandam coklat wijen hingga jagung dengan harga Rp.25.000/bungkus.

11. Luti Gendang

makanan khas batam

foto: idntimes.com

Sepintas mungkin sulit membedakannya dengan telur ayam, karena bentuk oval dari roti goreng ini.

Makanan khas Batam luti gendang ini memiliki tekstur renyah diluar dan super lembut di dalam, apalagi dengan tambahan abon ayam kaya rasa atau abon ikan tuna yang super yummy membuatnya jadi incaran pelancong dan warga Batam sendiri.

Wajar saja kalau cemilan ini mudah ditemukan di warung hingga restoran berbintang, dengan harga super murah yaitu berkisar Rp.4.000/buah.

Tapi rasanya Anda tak akan cukup makan satu saja, perlu beberapa buah luti gendang untuk meresapi kenikmatan di setiap gigitannya.

12. Gong Gong

makanan khas batam

foto: liputan6.com

Kalau Anda mau coba cemilan tak biasa di Batam, cobalah cari gong gong. Sepintas mirip dengan siput, namun memiliki daging lebih tebal dan kenal serta bagian kaki lebih tajam.

Orang Batam biasa mengkonsumsi gong gong rebus dengan cara mencongkelnya dari cangkang atau disedot langsung.

Untuk teman makan gong gong ada saus khusus yang dibuat dari campuran cabe dan rempah lainnya.

Anda bisa merasakan sensasi makan gong gong hanya dengan harga Rp.15.000/porsi dijamin kenyang.

13. Tapis

makanan khas batam

foto: budaya-indonesia.org

Mungkin bagi yang agak geli makan gong gong bisa beralih ke tapis, karena masih sama-sama berupa cemilan berbahan utama kerang-kerangan, hanya saja rasa tapis lebih mudah dikunyah dan bumbunya lebih meresap.

Kalau Anda jalan-jalan ke daerah Piayu Laut, coba cari makanan ini di restoran ternama kawasan tersebut.

14. Kerapu Steam

makanan khas batam

foto: budaya-indonesia.org

ini adalah olahan ikan kerapu yang jadi salah satu hasil laut utama Kota Batam, ikan tersebut diolah dengan cara steam.

Kemudian dilanjutkan dengan memasaknya bersama bumbu asam pedas sehingga rasanya semakin gurih, pedas, dan daging ikannya benar-benar kaya bumbu.

Di berbagai restoran, makanan khas Batam yang enak ini jadi menu favorit bukan saja karena rasa, tapi juga pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Harganya pun tak mahal, hanya berkisar Rp.20.000/porsi, sudah bisa makan untuk tiga orang. jangan lupa pesan nasi putih dan sayuran untuk melengkapi  kekenyangan Anda.

15. Mie Tarempa

makanan khas batam

foto: batam.tribunnews.com

Kalau Anda belum sempat ke Aceh untuk menikmati mie Aceh yang fenomenal itu, ketika ke Batam cukup cari Mie Tarempa yang rasanya cukup mirip dengan mie tersebut.

Dengan kuah kental kaya bumbu, tekstur mie lebar yang kenyal dan gurih akan membuat wisata kuliner Anda di kota industri Batam jadi lebih sempurna.

Ditambah pula harganya sangat bersahabat di kantong, yaitu berkisar Rp.8.000/porsi saja. 

Jadi tak masalah memesan beberapa porsi untuk sekali makan, dijamin membuat kenyang dan ketagihan apalagi sensasi kacang tanah dan aneka seafood yang ditebar di dalam mie.

16. Sate Jumbo

makanan khas batam

foto: joekogaul.blogspot.com

Kenapa harus makan sate ini? Karena porsinya jumbo, mulai dari ukuran daging ayamnya yang lebih besar dari sate pada umumnya, hingga kuah kacang kecap yang melimpah.

Anda bisa pesan sate saja atau disajikan dengan nasi atau lontong sesuai selera. Harganya juga sangat murah hanya berkisar belasan ribu saja.

17. Brownies Lava

makanan khas batam

foto: facebook.com

Ini adalah oleh-oleh kekinian dari Batam, bedanya dengan brownies biasa adalah cara pembuatannya dibakar dengan ekstra coklat lumer di bagian tengah.

Sekali gigit Anda akan dibuat melayang karena sensasi coklat maksimal. Buat para pecinta coklat, cemilan ini jangan sampai lupa dicoba.

Kalau awalnya hanya ada varian rasa coklat, sekarang sudah ada beberapa pilihan rasa  super enak.

Mulai dari cheese, kacang, hingga blackforest, dengan harga terjangkau untuk ukuran satu cup brownies yaitu Rp.35.000 saja.

18. Cake Pisang

makanan khas batam

foto: berempat.com

Memang di berbagai daerah banyak yang menyediakan cake pisang, tapi Anda harus coba oleh-oleh dari Batam yang satu ini. karena punya banyak pilihan topping sesuai selera Anda.

Ada coklat, kacang hingga keju yang akan membuat Anda menyesal jika hanya membeli satu loyang saja.

Salah satu tempat yang sangat terkenal dengan cake pisangnya adalah Pisang Villa yang terletak di Batam Centre tepatnya di Komplek Citra Buana Industrial Park.

Anda bisa pilih cake pisang sepuasnya, bahkan bisa langsung makan disana kalau sudah tak sabar mencoba bagaimana lembut dan enaknya cake terkenal di Batam ini.

19. Stik Buah Naga

makanan khas batam

foto: batam.tribunnews.com

Berkunjung ke Rempang Galang Kota Batam Anda jangan lupa membeli stik buah naga yang sangat terkenal itu.

Sebab langsung diolah dari buah naga segar produksi daerah tersebut, rasanya renyah, manis dan pastinya sehat.

Anda bisa menjadikannya cemilan untuk buah hati tercinta karena aman dan bebas pengawet.

Mau bawa pulang satu pack makanan khas Batam Riau ini? Anda cukup bayar Rp.10.000 saja, tapi disarankan beli beberapa pack karena tak akan Anda temukan di daerah lain.

Selain stik naga, Anda juga bisa beli berbagai olahan buah naga di Rempang Galang. Mulai dari jus, kerupuk, hingga makanan lainnya yang tak kalah nikmat.

20. Rocklate

makanan khas batam

foto: makananoleholeh.com

Bagi pecinta coklat rasanya tak lengkap tanpa membawa pulang rocklate dari Batam ini, karena dijamin beda dengan coklat yang ada di daerah lain.

Coklat yang dijadikan bahan utamanya sangat berkualitas, ditambah pula kelembutan dari marshmallow yang sudah terkenal itu pastinya akan membuat Anda tergoda.

Tak hanya itu ada tambahan kacang panggang renyah dan biskuit yang menjadikan tekstur coklat sangat kaya. Bukan hanya lembut, namun juga garing dan renyah dalam sekali gigit.

Anda tak akan rugi untuk membelinya dengan harga Rp.70.000/pack. Cocok untuk oleh-oleh atau untuk dimakan sendiri selama perjalanan pulang.

21. Keripik Kari

makanan khas batam

foto: dapuranggi.id

Pembedanya dari keripik lain adalah daun kari yang dijadikan bahan utama bersama tepung terigu.

Sebab di pesisir pantai Kota Batam sangat mudah ditemukan daun kari ini, makanya banyak yang mengolahnya menjadi keripik dengan cita rasa unik namun tetap enak maksimal.

Karena berada di wilayah perairan, keripik ini punya varian rasa seafood yang lengkap. Mulai dari udang, kerang, cumi, hingga gong gong, Anda tinggal pilih mau mencoba rasa apa dan bayar Rp.20.000/kemasannya.

Buat pecinta pedas juga ada rasa pedas dengan level yang lengkap, serta rasa manis yang juga tak kalah enaknya.

22. Layer Cake

makanan khas batam

foto: horizonfastferry.com.sg

Pernah dengan lapis legit atau lapis Surabaya? Batam juga punya cemilan kue kekinian berlapis yang sangat disukai anak kaum milenial.

Di setiap lapisnya kaya akan cream dengan bahan original yang khas. Anda akan puas menikmatinya hingga gigitan terakhir.

Soal rasa ada rasa original, pandan, keju, stroberi, hingga coklat, Anda juga bisa request perpaduan rasa di setiap layer cake tersebut.

Rasanya akan lebih terasa familiar di lidah dan tentunya tidak membuat cepat bosan. Soal harga berkisar puluhan ribu rupiah saja, dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah.

23. Prata Batam

makanan khas batam

foto: pojokcerita.com

Memang awalnya merupakan makanan khas India, tapi di Batam makanan yang satu ini sudah sangat melekat sebagai kuliner khasnya.

Tentu dengan cara pembuatan dan bahan yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Batam. Ada beberapa pilihan prata, yaitu prata polos yang hanya menggunakan tepung dan prata telur.

Biasanya disajikan dengan kuah kari kental, tapi ada juga yang lebih suka menyantapnya hanya dengan gula pasir saja.

Bahkan dimakan polos saja sudah sangat enak sebagai menu sarapan pagi, karena rasa empuk dan renyahnya sangat sempurna membuat perut kenyang. Soal harga juga sangat terjangkau hanya sekitar Rp.10.000/ buah.

Itulah daftar makanan khas Batam yang wajib Anda coba, mulai dari makanan berat untuk sarapan dan makan malam hingga cemilan dengan rasa khas kota industri tersebut.

Sepertinya Anda juga perlu tas tambahan untuk membawa beberapa makanan tersebut sebagai buah tangan, karena tak akan puas jika hanya makan sendiri tanpa ditemani orang tersayang.