20 Makanan Khas Garut Terpopuler yang Wajib Anda Coba

20 Makanan Khas Garut Terpopuler yang Wajib Anda Coba image

Bagi Anda pecinta jalan-jalan, tak lengkap rasanya jika Anda tak mencoba kuliner khas di tempat tujuan. Ini bisa dibilang syarat wajib bagi traveler.

Termasuk, jika Anda kebetulan berkesempatan datang ke Kota Garut, Jawa Barat. Anda perlu tahu bahwa ada banyak makanan khas Garut yang bisa Anda coba.

Berbagai makanan yang menjadi keunikan dari kota ini juga tak terlepas dari kekayaan alamnya yang melimpah. Sehingga banyak hal yang bisa diolah dan dijadikan bahan makanan atau minuman.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda melewatkan 23 aneka makanan khas Garut ini. Apa saja? Yuk kita santap satu persatu.

1. Dodol Garut

makanan khas garut

foto: indonesiakaya.com

Sengaja kami menjadikan dodol makanan khas Garut yang pertama dibahas. Hal ini karena berdasarkan pengamatan kami, makanan inilah yang paling identik dengan Garut.

Dodol ini terbuat dari bahan-bahan yang sebenarnya tidak terlalu sulit ditemukan. Seperti tepung ketan, santan, gula pasir, gula merah, serta garam. 

Dari waktu ke waktu, semakin banyak variasi rasa yang dapat Anda jumpai.

Harganya yang relatif ekonomis, membuatnya banyak dijadikan pilihan buah tangan bagi para wisatawan yang datang kesini.

2. Burayot

makanan khas garut

foto: makandaerah.blogspot.com

Burayot dalam bahasa Sunda adalah istilah yang merujuk kepada arti sesuatu yang menggantung. Namun, sebenarnya ada juga makanan yang dinamakan burayot.

Makanan ini banyak dijual di Garut. Bahkan menjadi salah satu makanan khas garut favorit dari kota ini.

Terbuat dari gula merah, kacang tanah, minyak kelapa, serta tepun beras, makanan ini enak untuk Anda santap. Bisa menjadi teman Anda ngopi atau minum teh manis. Mantap kan?

3. Dorokdok

makanan khas garut

foto: id.quora.com

Lucu ya namanya? Ya, memang lucu. Bagi Anda yang berasal dari luar Sunda, pasti terheran-heran dengan nama makanan ini. 

Namun tahukah Anda, makanan ini rasanya sungguh lezat.

Dorokdok adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Sangat gurih dan memberi kesan yang mendalam di lidah.

Maklum, jika Anda menelisik dapurnya, pembuatannya memakan waktu yang tidak sebentar.

Bisa mencapai lima hingga tujuh hari. Tak heran jika rasanya juga tak semurah kerupuk yang bisa Anda temukan di warung-warung umum.

Biasanya, rasanya berkisar pada manis dan pedas. Cocok untuk menambah selera makan Anda.

4. Sambal Cibiuk

makanan khas garut

foto: makanajib.com

Bagi Anda pecinta kuliner pedas, Anda wajib coba sambal khas Garut. Namanya adalah sambal Cibiuk. Diambil dari nama salah satu daerah yang ada di Garut.

Rasanya sangat pedas. Namun tenang saja, umumnya ia tidak terlalu membuat rasa panas yang bisa mengganggu perut Anda. Karena biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang segar.

Campuran sambal ini umumnya berupa surawung, tomat hijau, cabe hijau, serta beberapa rempah lainnya. 

Konon katanya, resepnya berasal dari Arab. Tapi Anda tak perlu pusing  dengan itu. Yang terpenting, ini bisa jadi teman santap lauk pauk Anda yang maknyus!

5. Bacil (Bakso Aci)

makanan khas garut

foto: idntimes.com

Bagi Anda pecinta kuliner bakso, Anda juga tak perlu khawatir makanan favorit Anda sulit dicari. Di Garut, Anda bisa menemukannya bahkan dengan harga yang lebih murah. Bakso aci namanya.

Bakso aci adalah bakso yang terbuat dari aci. Jika Anda tidak akrab dengan istilah aci, mungkin Anda familiar dengan tepung kanji. Ya, keduanya merujuk kepada bahan makanan yang sama. 

Rasa dari Bacil ini mirip-mirip dengan cilok. Biasanya ada isiannya, sehingga kandungan gizinya tidak kosong-kosong amat. Umumnya isinya daging. 

Ketika disajikan, ia tak berdiri sendiri. Tapi kerap disantap dengan kuah dan berbagai komponen makanan lain yang membuat orang semakin bersemangat makan makanan khas Garut ini.

Misalnya dengan tulang atau ceker. Hmm..lezat ya kayaknya dimakan siang-siang?   

6. Awug

makanan khas garut

foto: gosipgarut.id

Awug adalah kuliner yang bahannya mirip dengan putu. Rasanya juga mirip-mirip sebenarnya.

Dibuat dari tepung beras, gula merah, dengan wangi yang berasal daun pandan, serta bahan pelengkap lainnya. 

Hanya saja, berbeda dengan putu. Penyajian awug biasanya dibuat dalam bentuk kerucut.

Mirip dengan nasi tumpeng atau nasi kuning yang biasa dijadikan makanan untuk momen-momen spesial.

Karena penyajiannya yang bisa dalam bentuk besar, awug cocok untuk jadi cemilan yang bisa disantap bersama dalam jumlah yang banyak.

Bersama keluarga, tetangga, atau sahabat-sahabat tercinta. Awug bisa jadi teman bersantai Anda.

7. Nasi Liwet

makanan khas garut

foto: food.detik.com

Meskipun sebenarnya nasi liwet adalah makanan yang jamak ditemukan di berbagai wilayah di Jawa Barat, namun nasi liwet Garut punya nama tersendiri di hati pecinta nasi liwet.

Di Garut, banyak rumah makan yang menyediakan menu ini.

Salah satu yang menjadikan nasi ini sebagai andalan adalah rumah makan Astro alias Asep Stroberi. Di Garut, ada beberapa cabang dari rumah makan ini.

Bagi Anda yang belum tahu, nasi liwet adalah nasi yang diberi campuran rempah-rempah tertentu agar ketika dimakan ada rasa gurih dan wangi yang sedap.

Sehingga yang menyantapnya timbul sensasi nagih dan tak mau berhenti.

Selain nasi, biasanya disajikan juga dengan lauk pauk yang beragam. Umumnya dengan sambal, ayam goreng, tahu, tempe, dan berbagai macam lalapan seperti bonteng.

Kalau Anda lagi benar-benar merasa lapar, Anda bisa memuaskan hasrat Anda dengan makan salah satu makanan khas garut terenak yang satu ini. Tertarik?

8. Emplod

makanan khas garut

foto: jelajahgarut.com

Namanya mungkin terkesan aneh. Namun Anda harus tahu, ini adalah salah satu camilan yang ngeunah. Begitu kalau kata orang Sunda.

Emplod merupakan camilan ringan yang bisa Anda temukan di Garut. Sentranya terletak di daerah yang bernama Lewo.

Bentuknya bulat seperti telur.dengan bahan utama singkong. Mengolahnya sebenarnya sederhana. Tambahan-tambahan bahan lainnya juga tidak sulit ditemukan di pasaran.

Seperti kelapa parut, tepung tapioka, garam, daun bawang, serta berbagai bumbu penyedapnya.

Mulanya, rasanya terbatas hanya asin dan pedas. Namun dalam perkembangannya, banyak yang berinovasi dengan rasa yang lebih variatif seperti keju, balado, jagung manis, dan lainnya.

Jika Anda butuh teman makan ketika mengobrol santai dengan teman, coba deh beli makanan yang satu ini. Jangan lupa sisakan buat oleh-oleh yang di rumah ya!

9. Moring (Cimol Garing atau Kering)

makanan khas garut

foto: cookpad.com

Selain emplod, cemilan yang rasanya maknyus dan berasal dari Kota Dodol ini juga adalah Moring.

Moring merupakan akronim. Dari dua kata yakni cimol dan garing (dalam bahasa Indonesia kering). Cimol itu apa? Cimol juga akronim. Dari dua kata yakni aci yang di emol-emol.

Dalam bahasa Indonesia, tepung kanji yang di pijat-pijat supaya bentuknya bulat.

Wah, Sunda banyak akronimnya ya? Ya begitulah. Kreatif namanya.

Sesuai namanya, moring ini terbuat dari aci. Digoreng dengan campuran bahan-bahan lainnya hingga kering dan teras nyakruk ketika digigit.

Biasanya, penyajiannya dipadukan dengan berbagai bumbu penyedap rasa.

Persis sama dengan emplod. Bahkan, cocok juga jika Anda sajikan moring dan emplod dalam satu meja. Misalnya yang satu rasa asin, satunya lagi pedas.

Wah, menggoda ya?

10. Angleng atau Wajit Garut

makanan khas garut

foto: twitter.com

Jika Anda senang dengan makanan yang berbahan dasar ketan hitam, Anda bisa coba wajit garut. 

Camilan satu ini dapat Anda temukan di Garut. Namun, ia akan menjadi sangat mudah ditemukan manakala Anda datang ke Garut ketika masa-masa hari raya Idul Fitri. 

Biasanya, jika Anda bertamu ke rumah seseorang, wajit garut ini menjadi salah satu suguhan yang hampir pasti ada di rumah-rumah.

Bahan utamanya sendiri adalah ketan hitam, dengan campuran bahan pilihan lainnya yang membuat teksturnya legit ketika di makan.

Harganya tak terlalu mahal kok. Anda bisa membawanya sebagai buah tangan keluarga dan rekan-rekan selepas pulang dari Garut.

11. Chocodot

makanan khas garut

foto: jabar.antaranews.com

Sunda memang terkenal dengan kreatifitasnya membuat istilah yang unik namun menarik. Termasuk, untuk makanan yang satu ini. Namanya chocodot. 

Pada dasarnya, ia adalah inovasi dari chocolate atau coklat. Makanya terselip choco pada kata chocodot.

Namun, makanan khas Garut yang unik ini mencampurkan coklat dengan unsur-unsur lain yang mungkin unik bagi sebagian dari Anda. Misalnya dodol, kacang, buah, hingga cabe.

Alasan mengapa makanan ini laris diburu pembeli, selain enak, kemasannya juga menarik dan kekinian. Dengan mudah Anda dapat menemukannya di berbagai toko oleh-oleh.

12. Kue Balok Maranti

makanan khas garut

foto: oleholehdarigarut.blogspot.com

Jika Anda bosan sarapan dengan nasi ketika berjalan-jalan di Garut, Anda bisa menemukan alternatif lain. Salah satunya, adalah Kue Balok Maranti.

Kue Balok bentuknya mirip dengan pukis. Teksturnya cenderung padat, namun tetap lembut ketika masuk ke mulut Anda.

Bukan hanya pendatang, orang-orang asli Garut juga gemar dengan panganan ini. Mereka sering memakannya untuk sarapan. Selain enak, juga mengenyangkan.

Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Cari saja ya!

13. Keripik Kentang Cikajang

makanan khas garut

foto: zonamakan.com

Satu lagi camilan ringan yang tidak boleh Anda lewatkan. Keripik Kentang Cikajang namanya. 

Sesuai namanya, keripik ini adalah makanan khas salah satu daerah di Garut yang bernama Cikajang. Wilayah Cikajang ini letaknya ada di kaki gunung Cikuray. 

Latar belakang wilayahlah yang membuat masyarakatnya kreatif menghasilkan makanan seperti keripik ini. Dengan iklim yang dingin, masyarakat Cikajang banyak yang bertani kentang.

Nah, Keripik Kentang Cikajang ini menjadi salah satu produk yang menjadi bagian dari siklus pembangun suburnya budidaya kentang di Cikajang.

Sama seperti camilan nyakruk pada umumnya. Banyak varian rasa yang menjadi pelengkap kenikmatannya. Gak kalah deh dengan produk keripik kentang buatan luar negeri!

14. Jeruk Garut

makanan khas garut

foto: garutnews.com

Bagi Anda pecinta buah-buahan, Anda bisa juga menemukan buah khas Garut. Buah yang dimaksud adalah Jeruk Garut.

Garut nyatanya memiliki buah-buahan khas yang bahkan kegiatan produksinya diberi perhatian oleh pemerintah.

Menteri Pertanian, pada tahun 1999 sempat menerbitkan surat keputusan bahwa jeruk ini termasuk salah satu varietas unggulan.

Jeruk Garut memiliki perbedaan dibanding jeruk pada umumnya. Rasa yang khas dalam kandungan jeruk ini adalah manis dengan sensasi kecut yang mengguncang mulut.

Anda bisa menemukannya dengan mudah di pinggir jalan.

Namun, sebaiknya pilih-pilih ya? Hal ini karena tidak semuanya sama kualitasnya. Carilah yang kualitasnya bagus. Oke?

15. Ladu

makanan khas garut

foto: gastronomiindonesia.mik.upi.edu

Jika Anda suka dengan dodol, maka Anda juga sebaiknya mencoba makanan yang bernama Ladu.

Makanan khas Garut berbahan tepung ketang ini juga memiliki karakter tekstur yang kenyal. Persis dengan dodol yang namanya lebih terkenal.

Dalam proses pembuatannya, dicampurkan juga bahan-bahan lain seperti parutan kelapa serta gula aren. 

Perbedaan yang mungkin paling mencolok antara Ladu dengan dodol adalah teksturnya yang kasar. Selain itu, meskipun kenyal, Ladu juga cenderung lebih keras.

16. Soto Garut

makanan khas garut

foto: merahputih.com

Soto memang makanan yang bisa dibilang mudah ditemukan di seluruh penjuru mata angin Nusantara. Mulai dari barat, timur, utara, hingga selatan.

Namun, jika Anda datang ke Garut, tak ada salahnya Anda datang mencicipi soto khas Garut.

Sekaligus tentunya mendapatkan gambaran serta sensasi berbeda dengan soto-soto di wilayah lain yang pernah Anda kunjungi.

Soto Garut ini umumnya menggunakan santan dan paduan taburan dari kedelai goreng. Enak sekali jika dimakan hangat-hangat dengan nasi. Apalagi siang-siang. Uh, laper ya?

17. Opak

makanan khas garut

foto: refibezk.blogspot.com

Opak merupakan kerupuk khas Garut lain selain dorokdok. Ada satu daerah di Garut yang terkenal menjadi sentra opak. Yakni Bungbulang. Letaknya ada di wilayah Selatan.

Opak dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti gula dan garam.

Proses pembuatannya cukup panjang karena perlu dijemur di bawah terik matahari lalu dibakar diatas arang. Tak heran jika rasanya juga khas dan enak. 

Meskipun sentranya ada di selatan Garut, namun Opak Bungbulang ini mudah juga kamu temukan di daerah perkotaannya. Banyak toko khusus oleh-oleh yang menjualnya.

18. Rengginang

makanan khas garut

foto: cookpad.com

Orang Sunda pasti akrab dengan rengginang. Jika Anda punya teman asli Sunda, tanyakanlah. Mereka pasti tahu.

Nah, Garut juga nyatanya merupakan salah satu daerah yang memproduksi rengginang.

Sejenis kerupuk juga yang dibuat dari beras ketan dan dikeringkan dengan cara dijemur sebelum akhirnya digoreng.

Warnanya biasanya macam-macam. Ini memberikan daya tarik tersendiri tentunya.

Jika Anda ingin membawanya untuk oleh-oleh, Anda bisa memilih dua jenis. Yakni yang sudah matang dan yang masih mentah. Tentu saja ini masalah selera ya. Kamu mau yang mana?

19. Tumpeng Cikajang

makanan khas garut

foto: tempatwisataseru.com

Garut juga nyatanya memiliki tumpeng yang berbeda dari tumpeng biasanya.

Yakni tumpeng Cikajang. Sesuai namanya, ini juga adalah makanan khas Cikajang Garut. Salah satu daerah di Kabupaten Garut.

Karakter yang membedakannya dari tumpeng lainnya adalah penyajiannya. Ia disajikan dengan tampilan bentuk mirip bacang.

Di dalamnya terdapat aneka makanan yang menggugah dan sunda banget.

Misalnya ikan teri asin dan pindang atau peda. Sebagai tambahan, disajikan juga labu siam, tempe, serta cabe yang besar ukurannya.

Anda bisa dengan mudah menemukannya di Garut. Harganya murah meriah, mulai dari 500 perak.

20. Es Goyobod

makanan khas garut

foto: kumparan.com

Bicara kuliner, tak lengkap bila tidak membicarakan minuman. Mengingat dari awal sampai ujung, yang dibicarakan hanya makanan. Padahal, Anda juga butuh minum kan? Hehe..

Nah, bicara minuman khas Garut, Anda dapat mencoba mencari es goyobod. Es ini tentu saja menyegarkan.

Sebenarnya, bahannya mirip dengan es campur yang mungkin lazim Anda coba. Hanya saja, letak perbedaannya ada pada campuran tepung kanji.

Sensasi dari tambahan bahan inilah yang membuat level enaknya bertambah. 

Tentu saja, ini cocok diminum jika Anda sedang berlalu lalang di jalanan kota Garut ketika matahari sedang terik-teriknya. Seger.

Namun karena isinya ada buah-buahan yang terkategori makanan, ya cocok juga sih ini masuk kategori makanan khas dari Garut. Maksa ya.

Nah, itulah 20 makanan khas Garut yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke daerah ini. Atur-atur keuangan Anda agar hasrat kuliner Anda terpenuhi. Oke?